Stasiun Mishima

Home / Stations / Stasiun Mishima
Item image

Stasiun Mishima dan Stasiun Shizuoka adalah dua stasiun penting di wilayah Prefektur Shizuoka, Jepang. Prefektur Shizuoka sendiri terletak di tengah-tengah rute Tokyo dan Kyoto/ Osaka dan berbatasan langsung dengan kawasan Fuji Kawaguchiko dan Hakone. Nah, Mishima sendiri dikenal sebagai “Kota Air” karena terletak di tengah-tengah Semenanjung Izu yang dikelilingi oleh laut. Stasiun Mishima jadi stasiun sentral yang menghubungkan Tokyo dengan Kawaguchiko, Gotemba, dan kawasan wisata di Gunung Fuji, terutama karena dilalui oleh kereta Tokaido Shinkansen dan kereta JR Tokaido Line.

Seluruh kereta Tokaido Shinkansen Kodama dan beberapa kereta Hikari berhenti di Mishima. Di sekitaran Stasiun Mishima, ada taksi dan bus menuju Kawaguchiko dan Gotemba (dengan bus Fujikyu), bus menuju Mishima Skywalk dan Hakone-Machi di Hakone (dengan bus Tokai), dan juga bus menuju ke Snow Town Yeti dan Taman Bunga Grinpa.

Kalau teman-teman berencana mengunjungi tempat-tempat wisata seperti:

  1. Fuji-Kawaguchiko
  2. Gotemba
  3. Mishima Skywalk
  4. Hakone
  5. Snow Town Yeti
  6. Taman Bunga Grinpa

Saat menempuh perjalanan dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka atau sebaliknya, maka Stasiun Mishima adalah stasiun transit yang bisa teman-teman lewati, untuk kemudian berpindah transportasi dengan naik bus ke tempat wisata yang diinginkan.

Baca juga: Bus ke Kawaguchiko Fuji Gotemba

Tempat Wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Stasiun Mishima

1. Kuil Mishima (Mishima Taisha)

Terletak sekitar 10 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun Mishima. Kuil Mishima atau Mishima Taisha ini dibangun sekitar tahun 750-an pada saat Periode Nara. Sempat rusak, Minamoto no Yoritomo kemudian membangun lagi Kuil Mishima. Di depan kuil, kita bisa melihat berbagai barang kerajinan tangan yang unik.

2. Taman Rakujuen

Taman yang dibangun pada Periode Meiji ini air danaunya dipercaya berasal dari lelehan es Gunung Fuji. Selain keindahan pepohonan taman, ada juga kompleks taman bermain, dan kebun binatang kecil yang ramai dikunjungi oleh anak-anak. Taman Rakujuen bisa dicapai dengan berjalan kaki sebentar dari pintu keluar selatan Stasiun Mishima.

3. Sungai Genbee

Letaknya berada di pintu keluar selatan Taman Rakujuen. Sungai yang jernih dan dangkal adalah tempat favorit anak-anak di sekitaran Mishima untuk bermain. Di pagi-siang hari, kita bisa melihat ikan minnow, kepiting, atau capung yang hidup di sungai ini. Cocok buat kamu para pecinta pemandangan alam yang sedang mampir di Mishima.

Pemandangan Sungai Genbee di Mishima

Pemandangan Sungai Genbee di Mishima

Peron di Stasiun Mishima

Platform di Stasiun Mishima dibagi menjadi 6 peron seperti berikut:

  1. Platform 1, untuk kereta Izuhakone Railway Sunzu Line, ke arah Daiba, Izu-Nagaoka, dan Shuzenji, serta untuk kereta JR Tokaido Main Line ke arah timur menuju Stasiun Atami, Odawara, Yokohama, dan Tokyo
  2. Platform 2, untuk kereta Tokaido Main Line ke arah barat, menuju Stasiun Numazu, Fuji, dan Shizuoka
  3. Platform 3, untuk kereta JR Tokaido Main Line ke arah timur menuju Stasiun Atami, Odawara, Yokohama, dan Tokyo
  4. Platform 4, untuk kereta Tokaido Main Line ke arah barat, menuju Stasiun Numazu, Fuji, dan Shizuoka
  5. Platform 5, untuk kereta Tokaido Shinkansen ke arah barat menuju Stasiun Nagoya dan Shin-Osaka
  6. Platform 6, untuk kereta Tokaido Shinkansen ke arah timur menuju Stasiun Shin-Yokohama dan Tokyo

Akses ke Stasiun Mishima

Dari Stasiun Tokyo, kita bisa naik kereta Shinkansen Kodama atau Shinkansen Hikari sampai Stasiun JR Mishima. Lama perjalanan sekitar 45 menit dengan Hikari atau 55 menit dengan Kodama, dengan ongkos 4.000 yen (tercover dengan JR Pass). Bisa juga dengan kereta lokal JR Tokaido Main Line selama kurang lebih 2 jam, dengan ongkos 2.270 yen (perlu transit di Stasiun Atami).

Dari Stasiun Kyoto atau Shin-Osaka, kita bisa naik kereta Shinkansen Kodama atau Shinkansen Hikari sampai Stasiun JR Mishima. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan Hikari atau 2 jam 40 menit dengan Kodama, dengan ongkos 10.580 yen dari Kyoto atau 11.560 yen dari Shin-Osaka (tercover dengan JR Pass).

Cheap Hotels in Shizuoka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Seagrande Shimizu Station
40 km away
Seagrande Shimizu Station Hotel
from ¥6507/night
Kawazu Kaien
43 km away
Kawazu Kaien
from ¥13537/night
Izu Imaihama Tokyu Hotel
43 km away
Izu Imaihama Tokyu Hotel
from ¥7081/night
Hotel Vista Shimizu
40 km away
Hotel Vista Shimizu
from ¥5897/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gotenba
19 km away
Keindahan Gunung Fuji dari Gotenba
Danau Tanuki
40 km away
Fenomena Diamond Head Gunung Fuji dari Danau Tanuki
Atami Ropeway
16 km away
Melihat pemandangan kota dari Atami Ropeway
Pantai Miho
38 km away
Gunung Fuji dari Pantai Miho no Matsubara

Sumber gambar: Flickr Jaime PerezIzu naviHideyuki KAMON


Recommended for you


Last modified: October 2, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (28)

  1. Halo Pak Nugroho

    mau tanya kalau dari Station Mishima ke Kyoto Station itu kan naik Shingkansen Kodama ya Pak?
    nah apakah itu shingkansennya direct langsung ke kyoto station atau transit?harganya berapa pak?
    karena saya cek di hyperdia transit ke nagoya pindah ke shingkansen nozomi.

    mohon bantuannya pak. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa langsung pa, hanya saja lebih lama. Hyperdia atau aplikasi lainnya itu merekomendasikan rute tercepat, ya lebih cepat dengan transit di Nagoya, lalu naik Shinkansen Nozomi (shinkansen paling cepat). Kalau mau agak lama sedikit, bapak di kereta saja terus sampai di Kyoto. Salam.

  2. Halo Pak,

    Rute saya dari Kyoto Menuju Kawaguchi, jika saya telusuri rute terbaik adalah melalui JR Mishima lanjut dengan Bus, apakah Bus menuju Kawaguchi cukup memadai apabila saya travel dengan lugagge yang cukup besar?

  3. Pak maaf mau bertanya lagi kalau dari stsiun mishima naik bis yang lang sung ke snow yetii pakah di cover dg fuji hokone pass ? Trrimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bus ke Snow Town Yeti tidak tercover oleh Fuji Hakone Pass. Salam

    • Terimakasih pak. Kalau dari st gotemba ke yeti apakah di cover fuji hakone pass ? Akomodasi yg di cover fuji hakone pass ke yeti dg apa ya sebaiknya ? Trimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bus ke Snow Town Yeti dari mana pun tidak ada yang tercover oleh Fuji Hakone Pass. Salam

  4. Hi. Saya minta sarannya ya, Pak. Bingung mau beli Rail Pass yang mana.
    Rencana saya begitu sampai di Narita, kita mau melanjutkan perjalanan ke Kawaguchi dulu, kemudian lanjut ke Osaka-Kyoto-Osaka, lalu balik lagi ke Tokyo.
    Dengan rute perjalanan seperti itu, sebaiknya saya membeli tiket JR yang mana?
    Mending beli yang Japan Rail Pass atau Hokuriku Arch Pass yang dikombinasi dengan tiket Shinjuku ke Kawaguchi?
    Trus ntar dari Kawaguchi, apakah bisa melanjutkan perjalanan ke Osaka langsung dengan menggunakan JR Rail Pass? atau musti balik ke Shinjuku dulu?

    Thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau rutenya sepetti itu, silakan membeli JR PASS Ordinary yang harga 29.110 yen. Salam

    • ok. kalo pake JR Pass ordinary, bagaimana rute dari kawaguchiko ke osaka? Thank you.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik bus dari Kawaguchiko ke Stasiun Mishima (tidak tercover dengan JR Pass), dilanjutkan dengan kereta shinkansen sampai ke Stasiun Shin-Osaka (tercover). Salam.

  5. Halo Pak. Kami ada waktu 1 hari untuk wisata ke Mishima, sebelum kami mengikuti seminar di Shibuya.

    Mohon infonya, dari Narita (pagi, hari 1) akan ke Mishima, akan memakai Shinkanzen dari Tokyo. Mohon info itenerary nya bagaimanakah Pak, agar bisa maksimal. Juga kami di Mishima menginap di hotel manakah yang ekonomis, kami ber 6 , mahasiswa.
    Siang hari esoknya (hari 2), kami sudah harus kembali ke Narita , (pakai kereta) karena penjemputan dari univ pelaksana seminar, akan menjemput di Narita.
    Terimakasih Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Narita Airport, Ibu bisa naik narita express sampai ke Tokyo Station kemudian naik shinkansen sampai ke Mishima Station. Salam

  6. Halo Pak, dari Kawaguchiko saya berencana jalan” di Mishima sebelum ke Kyoto malam harinya. Apakah ada locker di St Mishima ? Terima kasih. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Ada bu, namun totalnya cukup sedikit, hanya 17 loker. Letaknya ada di dekat Pintu Utara dan Pintu Selatan di Stasiun Mishima. Salam.

  7. Halo pak nugroho saya mau tanya..

    Saya rencana dari kawaguchiko akan ke kyoto berangkat jam 6 sore..
    Rute apakah yang paling cepat??
    Apakah bus dan sinkanshen masih beroperasi sampai malam hari??

    Saya tertarik dengan rute kwaguchiko-mishima-kyoto.. apakah rute tersebut bisa menggunakan sinkanshen dari mishima ke kyoto??

    • Nugroho Christian  |  

      Rute yang paling cepat adalah dengan naik bus ke Mishima dilanjutkan dengan kereta shinkansen ke Kyoto. Bus di Kawaguchiko-Hakone hanya beroperasi sampai sore hari. Bapak harus sudah jalan maksimal jam 4 sore dari Kawaguchiko, sementara untuk kereta shinkansen Kodama ada setiap jam sampai jam 21.00. Salam.

    • Pak, tanya lagi kereta fujikyu yg rute the stasiun Mishima ato odawara, paling sore adanya jam brp ya? Klu shinkanzen kyknya smp malam jg masih ada ya?
      Bila hari 1 explore kawaguchiko dan hari ke 2 explore hakone, dari hakone klu berakhir di lake ashi, lbh cepat ke stasiun mana, odawara ato mishima? Tujuan ke Kyoto.

      Trimakasih pak Nugroho. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Mungkin maksud ibu bus Fujikyu. Bus Fujikyu tersedia sampai sore hari saja bu. Kalau rencana ibu terakhir di Danau Ashinoko saran saya bisa ke Hakone Machi atau Moto-Hakone lalu naik bus Tokai menuju Mishima saja. Nanti bisa naik Shinkansen Kodama ke Kyoto. Salam.

    • Malam pak, saya sudah di Tokyo. Berkat petunjuk bok, 3 hari di tokyo lancar jaya. Makasih banyak. Skg sy mau tanya, besok rencana sy mau ke Kawaguchiko dgn bus highway (tiket sdh beli dari on line), schedule jam 7.45 pagi. Tapi sy blm beli Fuji Hakone Pass krn dr kmrn setiap mampir Shinjuku station, odakyu sighseeing centernya sdh tutup. Apakah sy bisa beli pass itu via on line?
      Trm kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Pembelian online sepertinya tidak bisa ibu, kalau dicek via website nya. Ibu harus langsung ke Odakyu Sightseeing Center di Shinjuku Station (buka jam 08.00-18.00). Salam

  8. menurut pak nugroho lbh baik dan hemat biaya transportasi saya dari gotemba ke kyoto langsung saja dari stasion mishima ya ? atau lbh mudah dari kawaguchiko ke kyoto ? karena kondisi saya lagi hamil besar , mohon masukan yang memudahkan yg mana ya pak? oh iy pak kalo mau pesan on line bus willer saya isinya from shizuoka ya kalo naik dari mishima station? pak kalo boleh infonya berapa perkiraan biaya naik JR dari gotemba ke kyoto ? tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Maaf kami bingung dengan rencana Ibu..
      Awalnya ibu kan menanyakan bus malam dari Kawaguchiko atau Gotemba. Namun karena bus dari Kawaguchiko hanya berangkat 1 kali sehari, sedangkan ibu baru kembali dari Snow Town Yeti (Gotemba), maka kami menyarankan untuk naik bus dari Mishima yang lebih dekat dari Gotemba, juga lebih mudah aksesnya karena ada kereta. Sedangkan kalau ingin naik shinkansen satu-satunya cara adalah dari Mishima Station. Perjalanannya hanya 2 jam jika dengan Hikari Shinkansen dengan ongkos 10.580 yen. Salam

  9. Pertanyaan saya pak kalo dr gotemba bagaimana caranya sampai di station mishima? Supaya saya bisa naik willer bus menuju kyoto / osaka atau lebih mudah saya naik bus willernya di kawaguchiko? Mohon infonya. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa naik kereta lokal Gotemba Line sampai ke Numazu, balik ke Mishima, dan naik bus willer dari Mishima Station. Salam

  10. Mas kalo dari gotemba ke kyoto harus beli tiket on line bus willernya? Paling malam jam berapa ya keberangkatannya ? Saya nunggu bus willernya di station gotembanya? Jadi cara pesan in line nanti dari station gotemba ke kyoto station ya ? Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Silakan dicek Ibu, kalau ingin naik willer bus sepertinya ibu harus ke Mishima Station sebab tidak ada bus yang berangkat dari Gotemba.
      salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!