Kawaguchiko Station

Home / Stations / Kawaguchiko Station
Item image

Stasiun Kawaguchiko adalah jantung transportasi wilayah kawasan wisata Fuji-Kawaguchiko. Kereta maupun bus dari Tokyo semuanya akan berakhir atau transit di Stasiun Kawaguchiko terlebih dahulu, baru melanjutkan perjalanan ke masing-masing arah dan tujuan. Ada lebih dari 20 tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan semuanya bisa dicapai dengan naik bus atau kereta dari Stasiun Kawaguchiko. Dari Kawaguchiko Station, kita bisa jalan kaki menuju ke dermaga kapal En-Soleil untuk mengelilingi Danau Kawaguchiko, maupun ke terminal bus retro, bus Fujikyu, maupun bus-bus lainnya yang menghubungkan kawasan Kawaguchiko dengan Hakone, Gotemba, Mishima, Takayama, Tokyo, hingga ke Kyoto dan Osaka. Berikut adalah informasi lengkap mengenai akses bus dan kereta di Stasiun Kawaguchiko.

Apa saja sih yang bisa kita lihat di Kawaguchiko? Baca panduan terlengkap Tim Info Jepang di tempat-tempat wisata di Fuji Kawaguchiko

objek wisata di fuji kawaguchiko

Objek Wisata di Fuji Kawaguchiko

1.Dengan Retro Bus

Untuk berkeliling tempat wisata di sekitaran Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus retro. Jalur Retro Bus memiliki 3 trayek penting dan keduanya bermula dari Stasiun Kawaguchiko. Jalurnya adalah Kawaguchiko Line (red line), Saiko Line (green line), dan Narusaka/Motosuko/Shojiko Line (blue line). Info lengkap rute Bus Retro bisa dibaca dalam Bus di Kawaguchiko Gunung Fuji GotembaBus ekspress menuju ke tempat Festival Shibazakura juga berangkat dari halte bus Kawaguchiko Station.

Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko

Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko

2. Dengan Fujigoko Line

Beberapa objek wisata penting yang dilalui antara lain
Stasiun Fujisan – Oshino Shinobi no Sato (taman bermain alam Ninja) – Oshino HakkaiTaman Bunga Hananomiyako – Teddy Bear World Museum – Taman Asahiokakohan RyokuchiPelabuhan Bus Amfibi Kaba – mengelilingi Danau Yamanaka

3. Fujikyu Bus Kawaguchiko-Gotemba/ Gotemba Premium Outlets PP

Jika teman-teman ingin melanjutkan perjalanan ke Hakone, atau ke arah Gotemba, maka Gotemba adalah stasiun transit yang harus teman-teman ingat. Dari Stasiun Kawaguchiko, teman-teman bisa naik bus Fujikyu sampai ke Gotemba. Gotemba Station ini jadi pusat transit bus-bus penghubung ke Gotemba Premium Outlets, Snow Town Yeti, Fuji Safari Park, Fuji Flower Village Grinpa dan tempat-tempat wisata di Hakone.

4. Akses bus lainnya

5. Bus dari Kawaguchiko ke Kyoto/Osaka

Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan dari Kawaguchiko ke Kyoto/ Osaka, bisa naik Fujiyama Liner dengan ongkos 6.200 yen ke Kyoto dan 6.700 yen ke Osaka. Sedikit lebih mahal, bila dibandingkan dengan naik bus kembali ke Tokyo dulu, baru naik bus malam dari Tokyo-Osaka/Kyoto, namun bisa menghemat waktu perjalanan.

Pembelian tiket bus malam dari Osaka/ Kyoto ke Kawaguchiko bisa dibeli langsung di Mt. Fuji station, Kawaguchiko station, Fujikyu highland, Fujinomiya station, dan Fuji station di sekitaran Kawaguchiko, di Kintetsu Bus Ticket Counter di Osaka Uehonmachi Station lantai 2, Osaka City Air Terminal di lantai 2, atau reservasi online J-Bus via internet (bahasa Jepang).

6. Bus dari Kawaguchiko ke Takayama/Shirakawago

Buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan dari Kawaguchiko ke Takayama atau Desa Shirakawago (terkenal dengan desa wisata dunia UNESCO), bisa naik bus yang menghubungkan Takayama Station dan Kawaguchiko Station. Ongkosnya 5.000 yen. Dengan jam keberangkatan 08.00 dari Kawaguchiko Station, tiba 12.43 di Takayama Station.serta jam keberangkatan balik pukul 15.30 dari Takayama tiba pukul 20.13 di Kawaguchiko Station.

Loker di Kawaguchiko Station

Di Kawaguchiko station tersedia 20+10 loker berukuran besar dan 3 loker berukuran jumbo, 18 loker berukuran sedang, dan 50 loker ukuran kecil. Lokasinya ada di dekat pintu keluar tiket. Untuk biayanya mulai dari 400 yen/ hari untuk ukuran kecil, 600 yen/hari untuk ukuran sedang, dan 800 yen/hari untuk ukuran besar. Untuk ukuran loker bisa dicek informasinya di Menggunakan Loker Stasiun di Jepang. Catatan: di akhir pekan maupun liburan, loker di Stasiun Kawaguchiko biasanya penuh. Kalaupun ingin menitip loker, teman-teman harus sudah sampai sebelum jam 9 pagi.

Informasi dan Akses ke Danau Kawaguchiko

Stasiun Kawaguchiko adalah jantung transportasi baik bus maupun kereta ke seluruh tempat wisata di kawasan Fuji Kawaguchiko, Gotemba, hingga Hakone. Bus-bus retro dengan rute berkeliling area Danau Kawaguchiko dan ke arah Danau Saiko juga bisa ditemukan di dekat pintu keluar stasiun Kawaguchiko. Sementara itu, teman-teman bisa naik bus Fujikyu jika ingin mengunjungi Gotemba atau Hakone (dilanjutkan dengan bus Odakyu atau Hakone Tozan dari Gotemba).

Dengan kereta

Dari Shinjuku Station mengambil kereta ekspress menuju Kofu dan turun di Otsuki Station. Kemudian pindah kereta Fuji Ekspres sampai di Kawaguchiko Station. Total biayanya sekitar 3.400 Yen dengan waktu perjalanan 2 jam 10 menit. Jika memiliki JR Pass maka perjalanan sampai ke Otsuki Station akan tercover JR Pass, sedangkan dengan JR Tokyo Wide Pass, seluruh ongkos kereta (dari Shinjuku sampai Kawaguchiko) akan tercover.

Dari Bandara Narita, tersedia kereta Narita Ekspress sampai ke Kawaguchiko setiap hari sabtu dan minggu pada bulan November-Februari. Kereta berangkat dari Bandara Narita jam 12.43, dan untuk arah sebaliknya berangkat jam 14.20.

Dengan bus

Kita juga bisa naik bus ekspres dari terminal bus ekspres di Shinjuku Station. Biaya perjalanan sekitar 1.750 sampai 2.700 yen (tergantung jenis dan fasilitas bus) dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Informasi lengkap tentang ongkos dan tempat keberangkatan bisa dibaca di Bus ke Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko.

Kita dapat melanjutkan perjalanan dengan bus lokal rute Kawaguchiko yang mengitari daerah timur laut danau dan rute Saiko-Aokigahara yang mengitari bagian selatan danau.

Selain itu, tersedia bus langsung dari Bandara Haneda sampai ke kawasan Danau Kawaguchiko, Fujikyu Highland, dan Gunung Fuji. Kita bisa naik bus Keihin Kyuko (tersedia keberangkatan pada jam 6:55,10:05, 12:25, dan 14:40), dengan lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Harga tiket busnya 2.000 yen untuk sekali perjalanan. Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Danau Kawaguchiko bisa dilihat di halaman berikut.

Dari Stasiun Gotemba atau Gotemba Premium Outlet, teman-teman bisa naik bus Fujikyu sampai Stasiun Kawaguchiko. Busnya berangkat dari jam 07.40 dan ada setiap 30 menit. Harganya 1.510 yen.

Stasiun Kawaguchiko

Stasiun Kawaguchiko

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)

Hanabi Festival di Danau Kawaguchi di musim dingin

Daftar festival di Danau Kawaguchiko dan Gunung Fuji yang sangat terkenal, ada festival musim semi, musim panas, dan musim dingin loh! Catat dulu tanggalnya ya supaya jangan terlewat!

Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

Dengan menggunakan Fuji Hakone Pass ini, kita bisa mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Gunung Fuji dan Hakone dengan lebih nyaman dan murah dari Tokyo seperti Danau Kawaguchiko, Saiko, Yamanakako

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.

Gunung Fuji dan Danau Motosuko

Mau keliling objek wisata Fuji Kawaguchiko murah dan praktis? Kini telah hadir Mount Fuji Pass buat kamu para pecinta keindahan Gunung Fuji. Baca panduan lengkap objek wisata dan transportasi yang tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Gunung Fuji dari Pantai Shimizu Shizuoka

Pemandangan hamparan kebun teh sepanjang perjalanan Shinkansen sampai ke arah Nagoya adalah wajah prefektur Shizuoka yang sebenarnya, penghasil bubuk teh dan teh hijau nomor satu di Jepang.

Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko

Kawasan Fuji-Kawaguchiko bisa dibilang adalah kawasan wisata non-kota paling terkenal di Jepang. Berikut adalah daftar rekomendasi tempat wisata di Fuji-Kawaguchiko.


Pass-pass yang bisa dibeli untuk berkunjung ke kawasan Kawaguchiko Station

  1. Mt. Fuji Pass, bisa digunakan bagi teman-teman yang mau mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitaran Fuji Kawaguchiko untuk 2 hari atau 3 hari.
  2. Fuji Hakone Pass, pass yang mengcover seluruh ongkos perjalanan di Fuji Kawaguchiko, Gotemba, Hakone, termasuk ongkos kembali ke Tokyo (untuk versi keberangkatan Shinjuku).
  3. Tokyo Wide Pass, digunakan untuk mengunjungi Kawaguchiko dari Tokyo, ditambah dengan rencana keliling tempat wisata lain di wilayah Kanto untuk 2 hari lainnya. Seluruh ongkos perjalanan kereta dari Tokyo hingga ke Otsuki dengan kereta JR, lalu dari Otsuki menuju ke Kawaguchiko Station tercover oleh Tokyo Wide Pass. Baca hitung-hitungan Tim Info Jepang tentang penggunaan JR Tokyo Wide Pass supaya lebih pasti lagi.
  4. JR Pass, mengcover ongkos kereta dari Tokyo sampai ke Otsuki, di mana kita tinggal lanjut naik kereta Fujikyu sampai ke Stasiun Kawaguchiko. Kalau mau naik shinkansen ke Tokyo atau Osaka, bisa naik dari Stasiun Mishima atau Stasiun Odawara, lanjut naik bus terlebih dahulu. Perlu dicatat, ongkos bus dan kereta Fujikyu nya sendiri tidak tercover oleh JR PASS.

Cheap Hotels near Kawaguchiko Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fuji Premium Resort
4 km away
from ¥8800/night
K’s House Fuji View
1 km away
from ¥4341/night
Yabuki
13 km away
from ‎¥8932/night
Yamanakako Shuzanso
14 km away
from ‎¥15952/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kebun Buah Fuefukigawa
24 km away
Pemandangan dari Kebun Buah Fuefukigawa
Resort Ski Fujiten
10 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji
Danau Saiko
7 km away
Gunung Fuji dari Danau Saiko
Kawaguchiko Station
0 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko

Sumber gambar : Flickr chichacha, tataquax


Recommended for you


Last modified: February 25, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (135)

  1. Min, saya ingin tanya, kalau saya hanya trip 1 day ke kawaguchiko trus naik retro bus nya kira2 butuh berapa yen ya? Soalnya kalo beli yg free pass untuk 2 hari sayang 1 harinya hangus 😂 atau malah lebih murah dengan free pass? Rencana saya ingin naik retro bus yg red line dan turun di setiap pemberhentian.. trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, kalau mau mengunjungi 3-4 tempat wisata, sudah akan balik modal dengan membeli Retro Bus Pass bu. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!