Stasiun Shinjuku

Home / Shopping Center / Stasiun Shinjuku
Item image

Stasiun Shinjuku Tokyo Jepang. Distrik dan stasiun ini mulai berkembang sejak Olimpiade Tokyo 50 tahun lalu pada 1964. Distrik Shinjuku (artinya pemukiman baru dalam bahasa Jepang) dibuat untuk mengurangi kepadatan di pusat kota Tokyo. Distrik yang berada di sebelah barat kota Tokyo ini menjadi tempat trasit orang-orang dari luar daerah Tokyo yang bekerja di pusat kota. Kita bisa melihat orang banyak lalu-lalang tak henti selama 24 jam. Shinjuku adalah distrik terbesar kedua di Prefektur Tokyo setelah distrik Tokyo. Shinjuku adalah kota bisnis komersil di mana gedung-gedung perkantoran dan hotel-hotel mewah ada, juga pusat hiburan dan belanja. Di bagian utara ada Takadanobaba tempat mahasiswa dari Waseda mengisi waktu luangnya. Di bagian timur ada daerah perumahan Yotsuya dan Ichigaya, lengkap dengan restoran kecil dan supermarket.

Stasiun Shinjuku Tokyo adalah stasiun terbesar di seluruh Jepang dan stasiun tersibuk di dunia. Gedung stasiun bersambungan dengan gedung-gedung sekitar dan juga dengan jalur-jalur bawah tanah. Lebih dari 200 pintu masuk dan keluar di sekelilingnya dan total 53 peron kereta, Stasiun Shinjuku menjadi tempat yang wajib dikunjungi sewaktu liburan ke Jepang. Teman-teman juga bisa ke Stasiun Bus terbesar di Jepang yakni Bus Terminal Shinjuku atau sering disingkat BASTA. Terminal bus Shinjuku menjadi pusat transit dan keberangkatan bus-bus antar kota, seperti bus ke Fuji-Kawaguchiko, bus ke Takayama dan Shirakawago, dan bus-bus malam yang lainnya. Teman-teman silakan mencari pintu keluar selatan atau SOUTH EXIT Shinjuku Station, dan terminal bus Shinjuku berada di seberang jalan (silakan cek bangunan 4 lantai di seberang jalan).

Kalau teman-teman pergi ke Shinjuku, teman-teman akan dengan mudah menemukan objek wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari restoran untuk wisata kuliner, mal dan pusat perbelanjaan, hingga toko-toko elektronik ketika ingin membeli oleh-oleh sebelum kembali ke tanah air. Tapi kita mesti siap-siap saat pergi ke Shinjuku. Dengan begitu banyaknya pertokoan dan pusat belanja, tentu ada banyak orang yang mengunjungi Shinjuku. Kalau teman-teman tidak tahu cara perginya, saya sarankan untuk pergi bersama dengan seorang teman lain yang tahu Shinjuku, supaya jangan tersesat. Berikut objek-objek wisata di sekitar Stasiun Shinjuku Tokyo yang wajib dikunjungi oleh Anda, rangkuman Tim Info Jepang.

Peron-peron di Stasiun Shinjuku

1. Area JR East

Peron-peron di area JR East ini semuanya di atas permukaan tanah, seperti layaknya stasiun di Indonesia. Total ada 8 platform peron yang melayani 16 rute kereta JR East.

  • Peron 1-4 melayani kereta-kereta Saikyō Line (ke Ikebukuro, Omiya, dan Kawagoe), Rinkai Line (ke Shibuya, Odaiba dan Shin-Kiba), dan Shōnan-Shinjuku Line (menuju ke Yokohama dan Kamakura di Kanagawa dan ke Utsunomiya dan Takasaki di Saitama).
  • Peron 5-6, melayani kereta Narita Express ke Bandara Narita, Limited Ekspress Nikko dan Limited Ekspress Kinugawa ke Nikko dan Kinugawa Onsen, serta kereta Super View Odoriko ke Atami, Ito, dan ke Semenanjung Izu.
  • Peron 7-8, melayani kereta Chuo Line Rapid ke arah Stasiun Tokyo dan Chiba.
  • Peron 9-10, melayani kereta Limited Ekspress Chuo Line ke Kofu, Matsumoto, dan Gunung Takao.
  • Peron 11-12, melayani kereta Chuo Line Rapid ke Nakano, Tachikawa, dan Takao.
  • Peron 13, melayani kereta Chuo-Sobu Line ke Suidobashi (Tokyo Dome) dan Akihabara.
  • Peron 14, melayani kereta JR Yamanote Line menuju ke Harajuku, Shibuya, Shinagawa, dan Tokyo.
  • Peron 15, melayani kereta JR Yamanote Line menuju ke Ikebukuro, Nippori, dan Ueno.
  • Peron 16, melayani kereta Chuo-Sobu Line ke Nakano dan Mitaka.

2. Area Odakyu

Area Odakyu ini bersebelahan dengan area JR East di sisi barat. Terdiri dari 6 jalur (Peron 1-6) di permukaan tanah dan 4 jalur tambahan (Peron 7-10) di bawah tanah. Area inilah yang teman-teman akan banyak lalui kalau mau ke Odawara, atau daerah pegunungan Hakone dan Gunung Fuji.

  • Peron 1 tidak digunakan.
  • Peron 2-3, melayani kereta Limited Ekspress Romance Car ke Odawara, Hakone Yumoto
  • Peron 4-5, melayani kereta semi-ekspress, ekspress, dan rapid-ekspress ke Odawara, Katase-Enoshima, dan Hon-Atsugi.
  • Peron 6 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.
  • Peron 7 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.
  • Peron 8-9 digunakan untuk kereta lokal ke Shin-Yurigaoka, Sagami-ono dan Hon-Atsugi.
  • Peron 10 digunakan untuk perpindahan jalur kereta.

4 Tempat Wajib Dikunjungi Waktu Pergi ke Stasiun Shinjuku Tokyo

1. Dek Observasi Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Tempat terkenal di Shinjuku adalah Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan atau Tokyo Tocho. Gedung setinggi 243 meter ini merupakan gedung pusat pemerintahan Tokyo. Kita dapat masuk gratis ke dalamnya dan naik lift sampai ke tingkat paling atas. Dari sana kita bisa ke dek observasi dan melihat panorama kota Tokyo 360 derajat.

Gedung Tokyo Metropolitan di Stasiun Shinjuku Tokyo

2. Taman dengan Bunga Sakura terindah di Tokyo

Selain itu ada pula Shinjuku Gyoen, yang merupakan salah satu taman terbesar di Tokyo dan tempat terbaik melihat bunga sakura di Tokyo di saat musim semi. Jutaan pengunjung datang dan melihat keindahan bunga sakura di taman yang dekat sekali dengan Shinjuku Station. Selain saat musim semi, taman seluas 58 hektar ini banyak dikunjungi oleh keluarga dan pasangan yang sekedar ingin berekreasi, piknik, atau melepas lelah sepanjang tahun. Kita bisa mengunjungi rumah kaca atau greenhouse, museum tumbuh-tumbuhan, teahouse atau rumah tempat minum teh Jepang, dan restoran. Khusus untuk rumah tempat minum teh, dengan membayar 700 Yen kita dapat mencoba mencicipi teh Jepang dalam upacara chadou.

Taman Shinjuku Gyoen

3. Jajanan khas Jepang di Gang Kenangan Stasiun Shinjuku Tokyo

Kita juga bisa mampir ke gang kenangan atau Omoide Yokocho. Kawasan ini merupakan sebuah gang di barat laut Shinjuku Station dan dipenuhi dengan warung-warung kecil yang menjual ramen, soba, sushi, yakitori (ayam goreng), dan kushiyaki (sate Jepang) dengan harga miring.

Gang Kenangan di dekat Stasiun Shinjuku Tokyo

4. Membeli oleh-oleh di Mal sekitar Stasiun Shinjuku Tokyo

Selain itu, kita dapat puas berkeliling dan berbelanja oleh-oleh, suvenir khas Jepang, aksesoris dan kosmetika Jepang, serta barang elektronik khas Jepang. Kita bisa pergi ke Bic Camera, Yodobashi Camera Shinjuku, Takashiyama, Don Quixote, dan mal-mal terkenal di sekitar Stasiun Shinjuku lainnya.

Yodobashi Kamera di Stasiun Shinjuku Tokyo

Janjian bertemu (Meeting Point) di Stasiun Shinjuku

Stasiun Shinjuku merujuk pada stasiun yang cukup luas dan dipenuhi dengan banyak orang. Total ada 53 peron kereta dengan 200 pintu masuk dan keluar. Pintu keluar utara (North Exit) dan pintu keluar selatan (South Exit) saling berjauhan, dan akan sangat membuang waktu jika kamu membuat janji bertemu di Stasiun Shinjuku.

Salah satu tempat bertemu (meeting point) yang Tim Info Jepang sarankan adalah di pintu keluar selatan (South Exit). Di dekat pintu keluar ini, ada banyak loker penitipan stasiun yang cukup “eye-catching“. Selain itu, terminal Bus kedatangan Willer Bus juga berada di seberang jalan South Exit. Atau jika ingin menjemput teman atau orangtua yang tiba di Stasiun Shinjuku (belum pernah ke Shinjuku sebelumnya), kamu sebaiknya membeli platform ticket, yakni karcis masuk peron/ platform (bukan tiket naik kereta ya!). Jadi kamu bisa langsung bertemu di peron kereta yang dinaiki. Tentu jauh lebih mudah ketimbang membuat janji di tempat yang luas dan baru pertama kali dikunjungi. Harganya platform ticket ini 130 yen, dan dijual di semua vending machine.

Mandi/ Shower di sekitar Stasiun Shinjuku

Buat teman-teman yang naik bus malam dari Osaka/ Kyoto atau kota-kota lainnya, tentu ingin badan kembali segar setelah semalaman berada di dalam bus malam. Di Shinjuku ada beberapa public bath atau onsen umum yang lokasinya dekat dengan terminal bus malam stasiun Shinjuku. Tim Info Jepang hanya bisa merekomendasikan public onsen Thermae. Public Onsen Thermae juga menjadi opsi pilihan tambahan bagi pengguna layanan willer bus (bisa dicek kalau reservasi online). Perlu dicatat ini adalah onsen umum, jadi ada beberapa etika yang perlu diperhatikan.

Cara Menuju ke Shinjuku

Teman-teman bisa naik kereta Keisei Skyliner dari Narita Airport menuju ke stasiun Shinjuku. Kereta ini paling cepat hanya perlu 65 menit namun biayanya cukup mahal sekitar 2600 yen. Ada juga pilihan lain, yaitu naik JR Narita Express (NEX). Waktunya 85 menit, biayanya 3110 yen, namun space tempat duduknya luas sehingga teman-teman bisa beristirahat dengan tenang dalam kereta. NEX tercover dengan NEX Pass, JR Pass, maupun Tokyo Wide Pass.

Bagi teman-teman yang ingin menghemat biaya, bisa naik kereta Keisei Line Local dan Commuter Line. Biarpun waktu tempuhnya sedikit lama (105 menit) namun biayanya setengah dari kereta express, yakni sekitar 1200 Yen. Ada juga bus airport bagi teman-teman yang malas untuk transfer kereta, dengan 3000 yen bisa mencapai Tokyo dalam 2 jam.

Bagi teman-teman yang datang dari Haneda Airport, teman-teman bisa naik Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu transfer ke Yamanote Line menuju stasiun Shinjuku dengan 590 Yen atau naik Airport Limousine Bus dengan 1.200 Yen.

Stasiun Shinjuku terhubung dengan Stasiun Tokyo, Stasiun Hamamatsucho, Stasiun Ueno, Stasiun Shinagawa dan Stasiun Shibuya dengan jalur kereta JR Yamanote Line.

Akses ke Stasiun Shinjuku Tokyo

DARI NARITA AIRPORT

  1. Narita Airport Terminal – Nippori Station dengan Keisei Line Express (1400 Yen) Nippori Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  2. Narita Airport Terminal – Nippori Station dengan Sky Liner (2400 Yen) Nippori Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  3. Narita Airport Terminal – Shinjuku Station dengan JR Narita Express (3110 Yen)
  4. Narita Airport – Shinjuku Station West Exit dengan Bus Bandara (3000 Yen)

DARI HANEDA AIRPORT

  1. Haneda Airport Terminal – Shinagawa Station dengan Keikyu Airport (400 Yen) Shinagawa Station – Shinjuku Station dengan Yamanote Line (190 Yen)
  2. Haneda Airport Terminal – Hamamatsucho Station dengan JR Tokyo Monorail (470 Yen) Hamamatsucho Station – Daimon Station dengan jalan kaki 9 menit Daimon Station – Shinjuku Station dengan Toei Oedo Line (210 Yen)
  3. Haneda Airport – Shinjuku Station West Exit dengan Bus Bandara (1200 Yen)

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tokyo Business Hotel
1 km away
Tokyo Business Hotel
from ¥12500/night
Hikarihouse
1 km away
from ¥4000/night
Sheena To Ippei
4 km away
from ¥4104/night
Holiday View Inn
7 km away
from ¥3300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Hie
4 km away
Suasana Kuil Hie di Tokyo
Tsukiji Market
7 km away
Barang jualan di Tsukuji Market Tokyo
Taman Ueno
7 km away
Rainbow Bridge
8 km away
Rainbow Bridge

Sumber gambar : Flickr nAok0, Agustin Rafael Reyes, Jason Arney, haribote, jpellgen


Recommended for you


Last modified: November 19, 2017 by

Close Comments

Comments (82)

  1. halo kak, mau minta masukkan donk dari kak Nugroho, menurut kakak biar berurutan saya kemana dulu ya??
    1. Ginza
    2. Shinjuku
    3. Akihabara
    4. Asakusa
    5. Odaiba (Odaibakaihin Koen Park , Drivercity Tokyo Plaza, Palette Town)
    6. Roppongi + Tokyo Tower

  2. siang Pak,, saya menginap di YUmi House (169-0073 Tokyo Prefecture, Shinjuku-ku Hyakunincho 1-8-1, Japan) kalau alamat itu stasiun terdekatnya apa ya..? apakah tepat kami menginap letaknya dekat dengan terminal keberangkatan willer buss di Shinjuku?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah tepat, namun ibu harus berjalan cukup jauh ke arah selatan menuju Shinjuku, lalu ada terminal bus dekat Stasiun salam.

    • Pagi pak… trima kash sdh menjawab.

      Sya mau bertany kembali. Untuk nama stasiun kereta trdekatnya apa ya pak?baik JR ataupun subway?

      Trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Apartemen ibu dekat dengan Stasiun Seibu Shinjuku, di jalur kereta Seibu Railway ke arah Kota Tua Kawagoe. Untuk ke Shinjuku, bisa berjalan kaki saja bu. Salam.

    • terima kasih atas infonya pak,

      apakah st,seibu shinjuku itu hanya ada subway? jadi kalau saya menggunakan Tokunai pass yg hanya cover kereta JR saja, berarti saya harus ke St.Shinjuku(JR) ya pak..?

    • Nugroho Christian  |  

      Bukan fitri, itu kereta Seibu, beda lagi. Iya, silahkan jalan kaki dari Stasiun Shinjuku, jaraknya sekitar 400 meter di sisi utara stasiun shinjuku kok. Salam

    • Maaf pak sya masih kurg paham.

      U/prtanyaan.nya sya ulngi

      1. Penginapan di Yumi house. Jika sya menggunakan Tokunai pass atau Tokyo Metro sya bisa memulai perjalanan mulai dri Stasiun mana ya pak…?

      2. Jika Saya ke Kawaguchiko/Fuji…sya naik Highway buss. Itu sya lihat ada keberangkatan dri Shinjuku. Bisa info letak atau nama tempat naik buss trsebut?

      Trima kasih..

    • sore pak,

      mohon maaf saya masih kurang paham, Jadi kalau saya mau memulai perjalanan (saya menggunakan tokyo metro atau Tokunai pass) berarti saya lebih baik naik kereta dari st.shinjuku atau st.seibu shinjuku…?

      untuk pertanyaan ke2,

      saya akan mengunjungi kawaguchiko dengan bus dari Shinjuku, apakah bus tersebut dekat dengan penginapan kami?(Yumi House)

      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Apakah ibu sudah cek lokasi penginapannya? Sebab jaraknya jauh kalau memang ingin jalan ke Shinjuku Station untuk menggunakan Tokunai Pass.
      Kalau mau ke Seibu Shinjuku, stasiun ini tidak tercover oleh Tokunai Pass.
      Ibu bisa ke Shin Okubo Station. Shin Okubo Station ini juga masuk dalam coveran Tokunai Pass.
      Kalau mau ke terminal bus Shinjuku, ibu juga bisa naik kereta sekali dari Shin Okubo ke Shinjuku Station, keluar di South Exit, lalu jalan ke terminal bus Shinjuku. Salam

  3. pak, mohon info nya
    saya dan keluarga akan tiba di jepang/ haneda airport sekitar jam 11 malam,
    membutuhan kurang lebih 1 jam utk ambil bagasi dsb…jadi kami ready jam 12 malam
    mohon petunjuknya utk dapat mencapai daerah HIGASHI IKEBUKURO, TOSHIMA KU TOKYO, sebaiknya menggunakan public transport apa yah pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Sepertinya tidak ada lagi transportasi yang sampai ke Higashi Ikebukuro di atas jam 12 malam.
      Bapak bisa naik kereta Keikyu sampai ke Shinagawa (pukul 00.01), kemudian naik JR Yamanote Line di Shinagawa Station pukul 00.38 sampai ke Ikebukuro Station pukul 01.09.
      Dari Ikebukuro Station bisa naik taksi sampai ke penginapan di Higashi Ikebukuro. Salam

  4. MALAM PAK NUGROHO….
    BISA BANTU KASI MASUKAN KESAYA KEMANA SAYA HARUS PERGI SELAMA DIJEPANG? TIKET SAYA PP JAKARTA HANEDA JAKARTA TGL 12 SEPT-19SEPT 17. DAN DIMANA KAMI HARUS MENGINAP? INI PERTAMA KALI SAYA DAN SUAMI AKAN KEJEPANG.
    TERIMAKASIH ATAS INFONYA

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail perjalanan di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi layanan berbayar Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti, termasuk jenis-jenis pass kereta yang tepat dipergunakan. Salam

  5. Hai pak Nugroho..
    Saya ingin bertanya
    Bagaimana cara yg paling cepat tapi cukup ekonomis menuju ke Narita airport
    Saya nginap di hotel sekitar Higashi Shinjuku
    Dan kira2 membutuhkan waktu berapa lama
    Terimakasih atas infonya

    • Nugroho Christian  |  

      IR bisa naik kereta Tokyo Metro sampai Stasiun Tokyo (transit di Stasiun Shinjuku Sanchome), dilanjutkan dengan kereta Narita Ekspress sampai Bandara Narita. Lama perjalanannya sekitar 90 menit. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!