Shinjuku Gyoen

Home / Park / Shinjuku Gyoen
Item image

Taman Nasional Shinjuku Gyoen adalah salah satu taman favorit saya di Tokyo. Taman seluas 58 hektar ini selain letaknya yang sangat strategis, sangat dekat dengan Stasiun Shinjuku, Taman Nasional Shinjuku Gyoen juga punya segudang pemandangan indah. Kita bisa duduk tenang di bangku taman, menikmati sejuknya udara, sambil melihat pemandangan taman dengan gedung-gedung pencakar langit di belakangnya. Taman ini dibuat semenjak Jaman Edo ini dijadikan taman istirahat kaisar pada 1908, dan kemudian terbuka untuk umum sejak berakhirnya perang dunia kedua.

Taman Nasional Shinjuku Gyoen terbagi menjadi 3 bagian: taman Jepang tradisional, taman khas Prancis, dan panorama khas Inggris. Ketiga bagian ini memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Di Taman Jepang tradisional kita bisa menemukan kolam-kolam besar dan jembatan di atasnya, di taman khas Prancis ada kebun mawar dan bunga-bunga yang ditata rapi di sepanjang jalan. Yang terindah mungkin ada di bagian panorama khas Inggris, karena daerahnya yang luas dan sangat tertata rapi.

7 Pemandangan dari Shinjuku Gyoen

1. Gedung pencakar langit Tokyo Tocho. Gedung ini akan muncul dari balik pohon-pohonan dan memberikan pemandangan yang luar biasa. Jadi jangan lupa ambil fotonya ya.

Taman Shinjuku Gyoen di senja hari

2. Kyugoryotei atau paviliun Taiwan. Paviliun ini dibangun pada 1927 oleh komunitas Jepang di Taiwan sebagai tanda peringatan pernikahan kaisar Jepang Hirohito.

Pavilun Taiwan di Taman Shinjuku Gyoen

3. 1500 batang pohon bunga sakura yang mekar serentak pada musim semi. Bunga-bunga sakura yang terdapat di sini banyak jenisnya, sehingga kita bisa mendapatkan bunga sakura yang bewarna merah muda, putih, dan kuning. Namun, tentu saja karena letaknya yang sangat strategis, Taman Shinjuku Gyoen sangat penuh kala musim bunga sakura. Jadi mesti banyak bersabar ya! Oh ya, di Taman Shinjuku Gyoen tidak ada lapak atau yatai yang menjual makanan, letak minimarket juga agak jauh, sehingga lebih baik mempersiapkan bekal makanan yang cukup ketika hendak hanami.

Bunga sakura di Taman Shinjuku Gyoen

4. Melihat rumah kaca atau green house. Di sini kita bisa melihat bunga dan tanaman-tanaman yang berasal dari penjuru bumi yang lain. Semua tanaman dirawat dengan amat baik dan jadi kesempatan kita melihat bunga-bunga beraneka musim di dalam satu tempat. Keren!

Rumah kaca di taman shinjuku gyoen

5. Melihat 3 bagian taman taman Jepang tradisional, taman khas Prancis, dan panorama khas Inggris yang sangat menakjubkan. Tentu jangan lupa untuk mengambil fotonya ya!

Taman tradisional Jepang di Taman Shinjuku Gyoen

6. Ada pameran bunga krisan setiap awal bulan November. Kita bisa menyaksikan pameran bunga-bunga Krisan dari seluruh dunia di Taman Shinjuku Gyoen ini.

Bunga di taman shinjuku gyoen

7. Menyaksikan keindahan momiji di musim gugur. Letaknya yang dikelilingi oleh gedung-gedung bertingkat membuat Shinjuku Gyoen berbeda dengan taman-taman lain di Tokyo. Apalagi ketika musim gugur saat daun-daunan berubah warna menjadi kuning kemerah-merahan…sungguh indah.

Akses dan Informasi ke Shinjuku Gyoen

Informasi tentang Taman Shinjuku Gyoen

Taman Shinjuku Gyoen bisa dengan mudah diakses dari Stasiun Shinjuku pintu keluar selatan. Setelah keluar, belok kiri dan terus jalan mengikuti jalan besar. Setelah berjalan lurus kira-kira 10 menit, kita dapat menemukan Taman Shinjuku Gyoen di sebelah kanan jalan. Kita dapat masuk ke dalam taman dengan membeli tiket masuk 200 Yen untuk dewasa dan 50 Yen untuk anak-anak.

Taman ini buka sejak jam 9 pagi hingga 16.30. Tutup di hari Senin kecuali saat musim bunga sakura dari tanggal 25 Maret hingga 24 April dan musim bunga krisan dari tanggal 1 sampai 15 November.

Cara Menuju Taman Shinjuku Gyoen

1. Pintu masuk utama Shinjuku-mon

Dari JR Line, Keio Line, Odakyu Line, keluar dari Stasiun Shinjuku lewat pintu keluar selatan dan berjalan terus lewat jalan besar.

Dari Seibu Shinjuku Line, turun di Stasiun Seibu Shinjuku, belok kiri dan berjalan terus menuju jalan besar.

2. Pintu masuk Sendagaya-mon

Dari Jr Sobu Line, turun di Stasiun Sendagaya dan berjalan terus menuju pintu masuk Sendagaya-mon

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Shinjuku Gyoemm
0 km away
APA Hotel Shinjuku Gyoenmae
from ¥13000/night
Hotel Wing International
1 km away
Hotel Wing International Premium Tokyo
from ¥20300/night
Odakyu Hotel Century
1 km away
Odakyu Hotel Century Southern Tower
from ¥19805/night
Hikarihouse
2 km away
from ¥4000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sky Duck Tokyo
9 km away
Naik Sky Duck Tokyo
Yomiuri Land
19 km away
Iluminasi musim dingin di Yomiuri Land
Shinjuku Gyoen
0 km away
Panorama khas Inggris di Taman Shinjuku Gyoen
Kiyosumi Garden
8 km away
Bunga-bunga di Kiyosumi Garden

Sumber gambar : Flickr Yoshikazu TAKADA, Héctor García, Agustin Rafael Reyes, Alfonso Capilla, Ippei & Janine Naoi, blogspot, blogspot


Recommended for you


Last modified: July 16, 2018 by

Close Comments

Comments (23)

  1. Pak, saya mau tanya, apabila saya akan ke tokyo pada tanggal 19-22 April 2018, Apakah bunga sakura masih bermekaran? Setelah melihat jadwalnya juga, apakah mungkin dengan waktu yang singkat saya bisa ke Aomori, karena saya sampai bertepatan dengan tanggal yang ada di aomori. Terima Kasih

  2. Malam pak. Kalau saya hari pertama dari Narita Airport ingin ke shinjuku Gyoen, lalu ke harajuku, shibuya, akihabara. Hari kedua pengen ke Disneyland tokyo. Hari ketiga pengen ke Asakusa, Tsukiji dan Ginza. Transportasinya hemat dan baiknya beli kartu apa? Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Hari keempat bagaimana ibu ya? Lalu kembali dari Narita Airport juga kah? Kalau lihat rutenya sekarang, tidak ada pass yang cocok dan menguntungkan bu. Salam

  3. pagi Pak, saya mau one day trip, dari shinjuku – shibuya – asakusa – ginza – shinjuku. udah benar belum pak, jalurnya ? dan naik apa ya pak ? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Ya sudah benar pak, Shinjuku-Shibuya (JR Yamanote Line), lalu dari Shibuya ke Asakusa dengan Tokyo Metro Ginza Line, Asakusa-Ginza dengan Tokyo Metro Ginza Line, dan Ginza-Shinjuku dengan Tokyo Metro Marunouchi Line. Mungkin bapak bisa pertimbangkan membeli Tokyo Metro Pass.

    • pagi pak, mau tanya lagi, cara mengenal bus ato kereta tujuan, lihat dari mana ya pak ? di bus ato kereta pakai angka ato tulis bahasa jepang ? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Di halte bus maupun peron kereta biasanya ada tulisan bahasa Jepang dan bahasa Inggrisnya. Bus sendiri itu ada nomornya, sementara kereta dibedakan berdasarkan peron dan warna keretanya. Salam.

    • pagi Pak, saya mau tanya, naik JR yamato line dan tokyo metro, tempatnya naiknya sama ya pak ? cuma beda kereta saja ya? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Berbeda pak, satu di jalur kereta JR (biasanya JR Yamanote Line) di atas tanah, sementara kereta subway Tokyo Metro ada di bawah tanah. Salam.

  4. Mau tanya kalau dari bandara haneda mau langsung ke taman shinjuku gyoen naik apa ya? yang sedikit jalan kaki dan sedikit transfer ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Haneda Airport bisa naik limousine bus ke arah Shinjuku Station, dan turun di Shinjuku Bus Terminal. Dari situ bisa langsung jalan kaki sekitar 10 menit menuju ke Shinjuku Gyoen. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Cita bisa naik kereta Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu naik JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku. Sisanya tinggal jalan kaki ke Shinjuku Gyoen. Salam.

  5. Pak Nugroho & tim, sy sekeluarga (2 dewasa, 2 anak remaja) rencana ke jepang 13-19 Agustus nanti. Kami tiba di Bandara Haneda Tokyo tg 13 pagi , menginap di Toshima.
    Itinerary nya kira2 begini:
    Day 1 :Tokyo imperial palace-Akibahara-Ginza
    Day 2: Pasar ikan Tsukiji -Shinjuku gyoen -Harajuku-Tokyo tower -Museum national Tokyo
    Day 3: Pulau odaiba-Sumida river for river cruise- Tokyo toy museum-shibuya
    Day 4: Lake kawaguchi-Nakamise street,asakusa-Tokyo sky tree

    Day 5 pagi hari naik shinkansen ke Osaka: apartemen di Namba-Osaka castle-Denden town-Dotonburi
    Day 6:Osaka aquarium-Shinumeda city-Umeda sky building-Shinsaibashi suji-Namba walk
    Day 7: berangkat ke bandara Kansai dan pulang ke Jakarta
    Kira2 dari Itinerary ini sudah searah dan bisa dilakukan? Mengenai transportasi kereta sebaiknya menggunakan apa yang efisien dan bisa menjangkau semuanya? Baik di Tokyo dan Osaka
    Terima kasih sebelumnya

  6. selamat malam , mohon informasinya saya akan kejepang bulan Maret 2017 , ini itinerarynya..
    Tanggal 5 : Tiba di Haneda nginap di shinjuku (city tour)
    Tanggal 6 : Disney Sea ( full day )
    Tanggal 7 : Dari Shinjuku station mau ke kawaguchiko jalan2 di kawaguchiko langsung ke kyoto
    Tanggal 8 : City Tour di Kyoto
    Tanggal 9 : City Tour di kyoto
    Tanggal 10: kembali keTokyo dari Kyoto naik shinkansen
    Tanggal 11 : Balik ke Indonesia

    saya mau nanya ,
    1.dari shinjuku ke kawaguchiko terus langsung kekyoto naik apaya ?
    2. apakah Jr pass sdh cukup untuk city tour di tokyo atau saya harus membeli pasmo?

    makasih sebelumnya..

    • Nugroho Christian  |  

      Naik shinkansen adalah opsi paling praktis dan paling cepat dari Danau Kawaguchiko menuju ke Kyoto.
      Namun harus lewat jalur memutar sebab tidak ada jalur kereta dekat Danau Kawaguchiko yang langsung terhubung dengan Kyoto.
      Bapak bisa naik Fuji Kyuko Line (tidak tercover JR Pass) sampai Otsuki Station.
      Lalu lanjut naik kereta JR ekspress sampai ke Hachioji Station (tercover JR Pass).
      Transfer ke JR Yokohama Line sampai Stasiun shinkansen Shin Yokohama Station, dan kemudian naik shinkansen sampai ke Kyoto Station.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
mustafa atmadja
2017-02-08 17:53:24
we are visit in 28 Feb until 07 mar 2017 ,we are very like cultur and Panorama Of Japan ,Perhaps we can visit Japan More in another time ,Thankyou
Walter
2016-05-24 22:12:56
Setelah bingung mencari pintu keluar di Shinjuku, taman shinjuku jadi pengobat yang pas
Reza Adrian
2016-05-17 09:41:32
Keren tamannya! Iri gak ada di Indonesia
Dewi
2016-05-03 14:25:46
Taman di Tokyo banyak, tapi Shinjuku Gyoen harus jadi yang pertama dikunjungi

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!