Informasi Kartu Suica atau Pasmo

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Informasi Kartu Suica atau Pasmo

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang. Kartu Suica dan Pasmo bisa dipergunakan untuk ketika naik bus atau kereta, atau membayar barang ketika membeli di minimarket dan mesin penjual otomatis. Ketika membayar, kita hanya perlu menyentuhkannya ke sensor terdekat. Selain itu, kita dapat dengan mudah mengisi kembali kartu Suica atau Pasmo di mesin yang terdapat hampir di seluruh stasiun.

1. Apa Kegunaan Kartu Suica atau Pasmo?

Kartu Suica atau Pasmo ini prinsipnya sama dengan kartu elektronik di KRL Jabodetabek. Pertama kali tiba di Tokyo (Narita dan Haneda Airport), Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli kartu Suica atau Pasmo ini karena sangat praktis ketika naik bus atau kereta di Jepang. (Catatan: kartu Suica dan Pasmo hanya bisa dicetak di Tokyo). Sistem kereta di Jepang sangat rumit, ada banyak jenis kereta dan perusahaan kereta. Jadi kalau punya kartu suica atau pasmo, kita tidak perlu repot membaca kanji dan mencari biaya kereta ke stasiun tujuan, hanya tinggal menyentuhkannya saja di pintu tiket. Catatan: Bagi teman-teman yang tiba di Kansai Airport atau Chubu Airport tidak bisa mencetak kartu suica/pasmo. Kartu yang bisa dicetak adalah ICOCA atau KiTaPa card. Kedua kartu ini sama fungsinya dengan kartu suica/pasmo, bisa dipakai di seluruh Jepang. Hanya perlu dicatat: jika menginginkan refund, maka hanya bisa direfund di daerah Kansai (tempat dimana kartu dicetak). Harap hal ini diperhatikan karena berdasarkan info yang dihimpun Tim Info Jepang, banyak yang bingung mengenai kartu suica/pasmo ini. Uang yang dikembalikan adalah sisa saldo di dalam pasmo/suica plus deposit 500 yen dikurangi biaya pengurusan 220 yen.

Selain itu, sejak April 2014, pengguna kartu suica atau pasmo bisa mendapatkan potongan harga tiket. Tiket kertas biasanya mengenakan pembulatan ke atas untuk harga tiket kereta, sedangkan dengan kartu harga tiket tetap. Contohnya, kalau membeli tiket kertas harganya 210 Yen, namun dengan kartu suica atau pasmo harganya 206 Yen.

Daerah pemakaian kartu suica atau pasmo

Kartu suica atau pasmo juga sangat membantu kita ketika salah keluar stasiun. Kalau pakai tiket kertas, kita harus membeli tiket lagi ketika salah keluar stasiun. Namun dengan kartu suica atau pasmo, kita tinggal bilang ke petugas jaga, “Sumimasen, sen wo machigaemashita” (Maaf salah ambil jalur kereta), dan uang kita akan dikembalikan lagi dalam bentuk deposit kartu.

Pertama kali membeli, kita diwajibkan memasukkan uang 2000 yen. 500 Yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1500 Yen sisanya menjadi deposit kartu. Kita dapat menggunakannya sepuasnya dan tidak perlu repot berurusan dengan kanji dan uang recehan Jepang. Ketika akan kembali ke tanah air, kartu Suica atau Pasmo dapat diuangkan kembali. Cukup datang ke midori madoguchi atau tempat informasi di stasiun-stasiun besar, dan kita dapat menukarkan deposit dengan uang tunai kembali. Sangat mudah dan praktis bukan!

Membeli kartu suica atau pasmo

Membeli kartu suica atau pasmo

2. Bagaimana cara mengisi kartu Suica atau Pasmo?

Kita dapat mengisinya di minimarket dan seluruh stasiun di kota Tokyo. Masukkan kartu itu ke dalam mesin, dan pilihlah nominal uang yang ingin dimasukkan. Ada pilihan 500 Yen, 1000 Yen, 2000 Yen, atau 5000 Yen. Setelah memilih nominal uang, kita tinggal memasukkan uang ke dalam mesin, dan pip kartu Suica atau Pasmo sudah terisi kembali.

Mesin penjual otomatis dengan kartu suica atau pasmo

Mesin penjual otomatis dengan kartu suica atau pasmo

3. Tempat Kartu Suica atau Pasmo dapat Dipergunakan

  1. Seluruh stasiun kereta JR dan swasta, kereta bawah tanah, dan bus di kota Tokyo. Kini Suica dan Pasmo dapat digunakan hampir di seluruh kota Jepang, seperti Osaka, Kyoto, dan Hakone. Khusus bagi Kyoto dan Hakone, kartu Suica atau Pasmo Tim Info Jepang rekomendasikan, karena akan memudahkan kita menggunakan bus kota ke tempat-tempat wisata (mayoritas tempat wisata di Kyoto dan Hakone dicapai dengan menggunakan bus).
  2. Seluruh taksi yang beroperasi di Tokyo dan sekitarnya
  3. Untuk membayar minuman atau makanan kecil di mesin penjual otomatis
  4. Untuk membayar biaya penggunaan loker di stasiun-stasiun besar
  5. Untuk membayar belanja di kios, minimarket (Seven Eleven, Lawson, Family Mart), Toko suvenir, toko buku dan lainnya.
  6. Ketika bakal di restoran Matsuya (nasi daging), Tenya (nasi tempura), restoran keluarga seperti Gusto, Jonathan, dan Royal Host, dan restoran lainnya.
  7. Berbelanja di Yodobashi Camera, Big Camera dan toko retail elektronik besar.
  8. Ketika pergi ke karaoke di kota Tokyo.

4. Suica dan Pasmo untuk Anak-Anak

Ketika berlibur ke Jepang bersama keluarga, kita bisa membeli kartu Suica atau Pasmo untuk anak-anak. Kartu ini sangat menguntungkan bagi teman-teman yang memiliki anak dibawah umur 12 tahun, karena akan mendapatkan potongan harga tiket 50%. Dulu, ketika kartu suica untuk anak-anak belum ada, Tim Info Jepang selalu mengusulkan agar membeli tiket satuan untuk anak-anak supaya dapat potongan harga. Namun, semenjak April 2014, operator kereta JR sudah menjual kartu suica dan khusus untuk anak-anak. Mohon diperhatikan, kartu Suica TIDAK BISA DIBELI DI MESIN (seperti gambar panduan di bawah), namun bisa dibeli di kaunter penjualan tiket bewarna hijau (MIDORI NO MADOGUCHI dalam bahasa Jepang). Sementara itu, kartu Pasmo hanya bisa dibeli di semua loket tiket Stasiun non-JR. Saat pembelian, teman-teman harus menunjukkan paspor si anak dan kartu identitas lainnya yang menujukkan umur si anak. Harga tiketnya, deposito awalnya, dan cara pengembalian uangnya sama dengan suica biasa, jadi bisa dilakukan berbarengan dengan suica milik Suami/Istri. Bedanya, pas naik kereta, kartu suica untuk anak-anak akan dipotong dengan tiket 50%. Praktis bukan?

Liburan di Tokyo? Pergi kemana ya bagusnya? Lihat artikel-artikel tentang liburan di Tokyo.

5. Kapan menggunakan Suica dan Pasmo? Kapan menggunakan JR Pass? Mana yang lebih baik?

Suica dan Pasmo secara umum memiliki fungsi yang sama dengan JR Pass (Japan Rail Pass, atau tiket terusan kereta Jepang). Namun penggunaan keduanya berbeda fungsi. Suica dan Pasmo digunakan untuk perjalanan dalam kota (baik dengan kereta atau bis), sementara JR Pass digunakan untuk bepergian ke kota lain, seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Tokyo-Sapporo. Keduanya bisa dipadukan agar dapat bepergian dengan lebih mudah dan murah. Misal teman-teman ada di Tokyo dan ingin berkeliling objek wisata di Kyoto-Nara selama 3 hari. Teman-teman bisa membeli JR Pass untuk perjalanan Tokyo-Kyoto, lalu untuk berkeliling objek wisata di Kyoto seperti Kuil Kiyomizudera atau Kuil Heian Jingu atau ke Kuil Todaiji di Nara dengan menggunakan kartu suica untuk membayar bus.

6. Informasi tambahan tentang Kartu Suica atau Pasmo

Kartu Suica atau Pasmo bisa diberikan/ dijual kepada orang lain setelah Anda memakainya. Berbeda dengan Japan Rail Pass di mana orang yang menggunakan harus mendaftarkan diri dengan identitas resmi (tanpa diwakilkan), kartu suica atau pasmo tidak mencatat identitas kita. Selain itu, jumlah saldo atau uang yang tersisa di dalamnya tetap dapat digunakan hingga batas waktu 10 tahun dari waktu pembelian. Jadi, bagi teman-teman yang berencana liburan di tahun berikutnya, tetap dapat membawa dan menggunakan kartu Suica atau Pasmo di Jepang.

Pesan JR Pass online

7. Panduan Cara Mendapatkan Kartu Suica atau Pasmo

Cara mendapatkan Suica atau Pasmo adalah dengan membelinya di mesin otomatis penjual tiket yang tersebar di seluruh stasiun Jepang.

1. Setelah menemukan mesin otomatis penjual tiket yang berada di dekat pintu karcis, perhatikan layar mesin. Tekan tombol “English” di kanan atas untuk mengubah bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris.

2. Seperti gambar di bawah, kita bisa memilih antara karcis biasa dan pilihan kartu Suica atau Pasmo. Pilih menu kanan yakni Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

3. Setelah selesai memilih opsi Suica atau Pasmo, di layar akan muncul tiga kolom pilihan. Ada pilihan “Charge/Balance History” di mana kita bisa mengisi ulang Suica atau Pasmo atau melihat pemakaian. Ada juga opsi “Purchase New Pasmo”, di mana kita bisa mendapatkan kartu Suica atau Pasmo baru. Atau opsi ketiga “Change Personalized PASMO” di mana kita bisa mencetak nama sendiri di kartu Suica atau Pasmo. Untuk membuat yang baru silakan pilih menu tengah “Purchase New Pasmo”.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

4. Pilih salah satu jenis PASMO yang akan dibeli karena terdapat dua pilihan. Pertama, “Personalized PASMO”, PASMO yang mengharuskan kita mengisi kolom data diri. Dengan demikian, saat kartu ini hilang, dapat dicetak kembali tanpa kehilangan deposit uang didalamnya. Yang kedua “Blank Pasmo”, silakan memilih berikut. Selain tidak perlu repot mengisi data diri, kita dapat dengan cepat memperoleh kartu Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

5. Setelah memilih opsi “Blank Pasmo”, di layar akan mucul angka berupa uang dalam Yen yang akan didepositkan PASMO. Pilihannya terdapat 1,000, 2,000, hingga 10,000 Yen. Ada baiknya mengisi 2000 atau 3000 Yen. Perlu diketahui biaya deposit awal termasuk pada biaya registrasi sebesar 500 Yen. Jadi kalau memilih 1000 Yen, maka deposit yang bisa digunakan hanya 500 Yen.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmo

6. Masukkan uang sesuai dengan nominal deposit yang dipilih. Dan kartu Suica atau Pasmo akan dicetak dan keluar dari mesin bersamaan dengan kuitansi tanda pembayaran. Simpan kuitansi tersebut hingga hari terakhir liburan di Jepang supaya kita bisa mendapatkan pengembalian uang deposito 500 yen dan sisa uang dalam Suica atau Pasmo.

Cara mendapatkan kartu Suica atau Pasmotour online ads NEW1


Sumber gambar : Joey Rozier, Suhanna ♥, TokyoViews, JR East Website


Recommended for you

Last modified: June 14, 2018

Comments (444)

  1. Selamat siang bapak/ibu saya mau bertanya bagaimana cara mendaftar/mendapatkan kartu SUICA CARD tersebut , mohon bantuanya saya OBATI LAIA dari indonesia . terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa membelinya di mesin atau di loket ticket office di stasiun-stasiun di Jepang. Salam

  2. Selamat malam Pak..Saya pergi tanggal 22-31 December..Tanggal 22 -26 saya di Tokyo keliling sekitar shibuya,Sky Free,Tokyo tower,Ginza,Koreatown…Tanggal 26-27 saya mengikuti tour mt.fuji & Shirakawago selama 2 hari dijemput di Tokyo pake BIs dan dianter ke Osaka..Tanggal 27 saya Nyampe di Osaka malem..Tanggal 28 saya ke Osaka castle,Umeda sky building,Dotonbori..Tanggal 29 saya ke Kyoto ke Fushimi Indri,Arashiyama..Tanggal 30 saya ingin ke shinsaibashi suji..Menurut bapak saya di Tokyo cukup suicca saja kah biar sekalian ke gotemba premium outlet karena setelah itu saya balik ke Tokyo dan besoknya saya dijemput naik BIs ke mt.fuji dan dianter in ke Osaka..Lalu di Osaka,kartu apa yang harus saya beli?Saya ingin bertanya apakah tanggal 29 Desember di sana hari libur?Biasanya libur di Jepang bilang Desember kapan aja dan apa pengaruhnya (Toko yang tutup yang mana)…Dari kansai ke Tokyo pake apa ya Pak?Apakah bisa langsung pake suicca? Terima kasih sebelumnya Pak…

  3. Selamat malam Pak..Saya ingin bertanya katanya 29-30 itu public holiday &Toko-toko tutup ya?Toko dan tempat apa saja ya Pak?Saya juga ingin bertanya bagaimana dan dimana refund kartu Suicca? Kartu suicca dipakai di Tokyo,Bisa dipakai untuk ke Gotemba Premium Outlet ga ya?Saran jumlah uang yang digunakan untuk 5 malam di Tokyo berapa ya untuk kartu UI a?Jika di Osaka pakai kansai amazing pass bisa sekalian ke Kyoto ga ya?Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. 29-30 bulan apa ya bu?
      Suica bisa direfund di ticket office stasiun JR. Suica bisa digunakan untuk ke Gotemba Premium Outlets.
      Ibu di Tokyo kemana saja? Lalu yang ibu maksud itu Osaka Amazing Pass kah? Osaka Amazing Pass tidak mengcover ongkos ke Kyoto. Salam

  4. Selamat malam pak…Saya ingin bertanya..Saya berencana untuk pergi ke Jepang bulan Desember..Saya mendarat di Narita airport (Tokyo) dan kembali ke Jakarta lewat Kansai airport(Osaka)..Saya berencana untuk 4 hari di Tokyo,Hari ke 5 ke gotemba premium outlet dan balik ke Tokyo..Lalu hari ke 6 ke Mt.Fuji dan menginap di daerah Takayama..Hari ke 7 ke Shirakawago dan perjalanan ke Osaka di malam hari ..Hari ke 8 saya keliling Osaka..Hari ke 9 ke Kyoto..Hari ke 10 saya ke Osaka lagi..Menurut bapak,apa kartu yang saya perlukan selama di Jepang? Bisa tidak jika kita ke mt.fuji & shirakawago sendiri tanpa lokal tour Jepang?Kalau bisa,boleh tolong dikasih tau cara transportasi selama saya di Jepang?Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat rute perjalanannya, Ibu bisa menggunakan JR PASS.
      Kalau ibu perlu, Tim Info Jepang menyediakan layanan Tour Guide Online yang membantu persiapan itinerary, sampai bantuan chat selama liburan di Jepang. Informasi lengkapnya bisa dibaca Seperti apa sih Tour Guide Online itu? Salam

  5. Selamat sore pak,

    Saya berencana ke Jepang bulan Okt nanti, mendarat di Narita dan balik ke Jkt dari Narita juga.
    Rencananya akan ke Osaka, Kyoto, Toyama, Alpine Route (atau ke Hakone masih bingung pilihnya), Kawaguchiko, Gotemba, Hitachi seaside park dan Tokyo (Shibuya,Shinjuku,Asakusa, Tokyo Skytree, Odaiba).
    Saya berencana pakai JR Pass dan masih perlukah beli pasmo/suica juga?

    Berikut Itinerary nya :
    Day 1 : Landing Narita jam 9 pagi langsung menuju Osaka (stay di Namba) > Dotonburi, Shinsaibashi
    Day 2 : Osaka Bay Area, Osaka Caste, Umeda Tower, perahu di Dotonburi ( perlu beli OAP kah?)
    Day 3 : Osaka – Kyoto( Arashiyama, Fushimi Inari dan Gion) lanjut ke Toyama (menginap)
    Day 4 : Alpine Route/ Hakone 1 day pass lanjut ke Tokyo (menginap di Ueno)
    Day 5 : Kawaguchiko, Gotemba, Shibuya, Shinjuku
    Day 6 : Hitachi sea side park, Asakusa, Tokyo Skytree, Odaiba
    Day 7 : Back to Jakarta

    Apakah dengan itin saya diatas saya perlu tambahan Suica/ pasmo dan OAP disamping JR Pass yang sudah pasti harus saya beli?

    Terima kasih

  6. Pagi pak, jika saya mau explore tokyo osaka kyoto apa cukup membeli JR pass regional tokyo osaka hokoriku arch pass atau sebaiknya JR ordinary?

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi bu, boleh tahu ibu mendarat dan kembalinya melalui bandara mana ya? Supaya kami bisa menyarankan pass yang paling baik. Salam.

  7. Selamat siang Pak,

    Says Mau bertanya..Minggu depan sy dan 1 teman saya kami 2org pertama kalinya mengunjungi Jepang….
    Mungkin bisa dibantu infonya Pak…

    Dari bandara Narita mau keSinjuku enaknya naik apa ya?misal bus atau kereta?saya lihat busnya terlalu mahal….Kalau kereta takut gak ngerti harus yang mana..karena byk pilihannya…bagusnya kami menggunakan suica kartu juga atau apa Ada Info?saya dan teman saya hanya mengexplore kota shinjuku,shibuya akihabara…suica kartu beli dimana dan berapa kira2 saldonya untuk 2 orang,,,,

    Mohon masukan dan infonya pak…

    Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Narita ke Shinjuku bisa naik bus atau Narita Express, keduanya ongkosnya juga sekitaran 3000 yen. Kalau mau hemat bisa naik kereta Keisei sampai ke Nippori, lanjut naik JR Yamanote Line sampai ke Shinjuku. Bapak bisa membeli kartu Suica. Kalau hanya ke Shinjuku, Shibuya, Akihabara, saldonya bisa diisi 2000 yen. Salam

  8. Sisca Hastori  |  

    Selamat sore pak…

    Apabila kami menginap di Minato ( sengakuji St) apakah kami bisa menggunakan Passmo atau Suica card ? Kami hanya ingin ke area tokyo ( shinjuku, shibuya, asakusa)

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa menggunakan Pasmo dan Suica Card. Keduanya sama fungsinya, hanya berbeda namanya. Salam

  9. Siang pak, saya mau tnya
    jika saya sudah memiliki JR Pass, ic card apa yg lebih menguntungkan antara pasmo dan suica?
    dengan itinenary Tokyo-hakone-osaka-kobe-kyoto-nara-tokyo
    Terima kasih

  10. Kalau saya hanya berencana keliling Tokyo dan Hakone, kira2 lbh hemat mana ya? Dgn suica/pasmo saja atau dicombine dgn Tokyo subway ticket?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau PP Tokyo-Hakone, ibu bisa pertimbangkan Hakone Free Pass, lalu untuk di Tokyo, ibu mau kemana saja? Bisa mempertimbangkan salah satu dari Pass Kereta di Tokyo. Salam.

  11. Selamat siang Pak,
    Kalau dari Kansai mau ke Tsuruhashi Station saya lihat di google maps menggunakan Nankai Limited Express, apakah kartu SUICA bisa di gunakan disini?
    dan untuk pembelian SUICA untuk anak2 dibawah 12 tahun apakah bisa dilakukan di area Nankai Limted Express?

    Mohon bantuannya.

    Thanks,
    Jimmy

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa pak Jimmy, mungkin lebih tepatnya dengan kartu ICOCA (yang dijual di daerah Kansai). Untuk kartu ICOCA anak-anak dijual di Kantor JR Tiket Office. Salam.

  12. Selamat sore pak. Saya ingin bertanya, apakah suica/pasmo bisa digunakan untuk jalur2 kereta2 yg menuju Odaiba dan Disneyland?
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Seluruh rute kereta di Jepang (ke Odaiba dan Disneyland) bisa dibayar dengan kartu SUICA atau Pasmo. Salam.

  13. Selamat sore pak. Apakah dari Ueno mau ke Odaiba dan ke Disneyland bisa menggunakan pasmo/suica untuk semua jalur2 keretanya? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Seluruh rute kereta di Jepang bisa dibayar dengan kartu SUICA atau Pasmo. Salam.

  14. Selamat siang Pak,
    Terimakasih untuk informasih sebelumnya. Apakah untuk anak usia dibawah 6 tahun perlu membeli kartu SUICA juga?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Jika dibawah 6 tahun, pada dasarnya anak-anak tidak perlu membeli/ membayar tiket kereta, jadi tidak perlu juga membeli kartu SUICA. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa pak, dari Ueno bapak bisa naik kereta JR Yamanote Line ke Staisiun Tokyo, lalu berpindah ke kereta JR Keiyo Line atau Musashino Line sampai Stasiun Maihama, di pintu masuk Tokyo Disneyland. Semuanya adalah kereta JR, yang tidak tercover dengan Tokyo Subway Pass. Salam.

  15. Siang Pak,
    Saya akan sampe di Osaka tgl 27 juni jam 11 siang dan pulang dari Tokyo 6 juli jam 8 pagi.
    Rute saya
    1. 2 hari keliling Osaka
    2. 1 hari keliling Kyoto ke Fushimiinari, Arashimaya dan Gion
    Apakah cukup di Kyoto ke bbrp tempat tsb dlm 1 hari
    3. Sisa nya di Tokyo.

    Terima kasih Pak

  16. Selamat siang pak. Apa beda SUICA dan Tokyo subway pass. Mana yg lebih menguntungkan untuk jalan2 di tokyo. Makasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      SUICA itu hanya kartu pengganti cash saja bu, seperti e-money. Kalau Tokyo Subway Pass adalah pass kereta, di mana ibu bisa naik kereta sepuasnya dalam masa berlaku pass. Kalau ibu hanya mengunjungi sedikit tempat di Tokyo, sebaiknya menggunakan kartu SUICA saja, sementara kalau ingin berkeliling Tokyo (minimal 3 tempat), sudah akan balik modal dengan Tokyo Subway Pass.

  17. Siang mau tny..
    Bagaimana mengisi kartu icoca di tokyo? Apa bisa di mesin passmo yg di tokyo? Karena sy dr kansai airport ke osaka kyoto baru ke tokyo.
    Utk beli tokyo subway pass apa bisa di station yg ada di tokyo?

  18. Malam Pak..
    Menurut anda mana yg lebih bagus, Kanazawa or Takayama?
    Kalo hrs menginap salah satu pilih yg mana?
    Tq Pak . Salam

  19. Halo Pak On Dec 2018 saya rencana 15 hari di Jepang.
    Berikut rutenya:
    19: tiba pagi hari d Kansai~> hotel Karaksa Namba

    20: USJ
    21: Nara dan Kobe
    22: Kyoto-> Fushimi In, Arashiyama dan Pake kimono —> apakah bisa dlm 1 day?
    23: pulang pergi dr Osaka -Kanazawa -Osaka
    24: hari ini mau ke Takayama, singgah Shirakawago dan bermalam d Takayama
    25: Dari Takayama menuju Tokyo
    26: sanrio puroland
    27: karuizawa
    28: jalan sekitar Tokyo
    29: Disneyland
    30: jalan sekitar Tokyo
    31:gotemba
    1 Jan 19: Disneysea
    2: Tokyo
    3 : back to Indonesia

    Pertanyaannya:
    1.saya hrs beli JR Pass atau Hokuriku Pass
    2.Lalu apa ada pass2 lain yg hrs dibeli?
    3.Apakah rute saya ada yg salah

    Makasih Pak Nugroho 🙏🏻

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan membeli JR PASS. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos ke Takayama Station.
      Kalau memang hanya menginap di Takayama dihapus saja Takayama, hanya membuat rutenya berputar-putar.
      Ibu bisa atur rutenya OsakaKanazawa-PP ke ShirakawagoKaruizawa-Tokyo. Salam

  20. Selamat sore, saya berencana untuk pergi ke Jepang dengan rute Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo,serta berkeliling kota di masing-masing kota yang saya tuju. Apakah penggunaan JR PASS lebih baik daripada SUICA atau PASMO? Apakah JR PASS juga bisa dipakai di dalam kota? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, JR Pass bisa dipakai di dalam kota Anna, dan karena ada rute PP Tokyo-Kyoto/Osaka, sudah akan balik modal dengan JR Pass. Salam.

  21. Pak Nugroho, minta tolong tanya.
    1. Saya tiba di Tokyo, pulang dari Osaka. Apakah kartu Suica yg dibeli di Tokyo bisa dikembalikan di
    Osaka?
    2. Kalau di dekat bandara Kansai, kartu Suica bisa dikembalikan di mana ya?
    Terima kasih, Tuhan memberkati

    • Nugroho Christian  |  

      Kartu SUICA tidak bisa diuangkan atau dikembalikan di wilayah Kansai. Ibu bisa pakai saja sampai habis (bisa dengan membeli makanan, naik kereta, atau bus di Osaka), atau dibawa pulang saja ke Indonesia. Saldonya masih bisa digunakan untuk 10 tahun kalau balik ke Jepang lagi. Salam.

  22. Selamat siang pak.. Saya rencana ke jepang, landing di Narita, lanjut ke Kyoto, balik lewat Narita lagi.
    1. Apakah saya perlu membeli JRPass?
    2. Apakah saya bisa langsung menuju Kyoto dari bandara Narita? Ato harus ke pusat kota terlelbih dahulu?
    3. Untuk cara naik subway/kereta di Jepang, apakah ada link penjelasannya? Krn ini pertama kalinya saya pergi ke Jepang
    Terima Kasih :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau ada rute PP dari Tokyo-Kyoto sudah akan balik modal dengan JR Pass.
      2. Bapak bisa naik kereta Narita Ekspress dari Bandara Narita sampai Stasiun Tokyo, lalu lanjut naik kereta shinkansen sampai Stasiun Kyoto.
      3. Semua jalur dituliskan dalam bahasa Inggris, dan bapak bisa memadukan penggunakan aplikasi Hyperdia untuk jalu kereta yang diinginkan. Selain itu, website ini juga sudah menyediakan panduan akses dan transportasi yang cukup lengkap. Jika bingung, bapak bisa bertanya saja langsung melalui kolom komentar. Salam.

  23. Selamat siang pak,
    Saya rencana ke Jepang akhir Mei. Saya landing di Kansai, pulang juga lewat Kansai. Rute saya Osaka- Kyoto-Tokyo-Osaka.
    21 Mei – lokasi yg dicover Osaka amz pass
    22 Mei – USJ
    23 Mei – Kyoto fushimi inari n arashiyama
    24 Mei – kinkakuji temple, Kiyozumidera – Gion (ini pake Kyoto day pass)
    25 Mei – shibuya – Harajuku – akhihabara
    26 Mei – Alpine route /shirakawago
    27 Mei – Ueno asakusa balik Osaka
    28 Mei – pulang penerbangan pagi
    Nah dari rute d atas sudah tepat kah saya beli Osaka amz day pass 2hr, one day Kyoto pass utk tgl 24 Mei, dan JR pass? Untuk jalur yg g dicover 3 pass d atas saya rencana beli icoca/ pasmo/suica, Baiknya saya beli yg mana ya? Yg bisa direfund di Kansai dan dibeli di Kansai dan bisa digunakan sampai Tokyo?
    Mohon bantuannya.
    Terimakasih

  24. Malam, saya mau nanya sudah ada bbrp jawaban di comment sblmnya tapi cuman make it clear aja boleh ya

    Trip saya
    Landing di Osaka – Kyoto – Osaka- Tokyo
    dan saya tidak beli Pass apapun sebelumnya

    1. Apakah setiba saya di Osaka sebaiknya
    a. Beli Suica/Pasmo di Osaka, kemudian bisa saya pakai juga dan refund di Tokyo?
    b. Beli ICOCA di Osaka kemudian refund di Osaka + Beli Suica/Pasmo di Tokyo kemudian refund di Tokyo
    c. Atau saran yg lainnya?

    2. Apakah ICOCA, SUICA, Pasmo sama sama bisa dipakai belanja di sebagian besar mini market?

    3. Apakah ketiga kartu tsbt bisa saya pakai juga untuk trip ke Kawaguchiko + Gotenba Prem Outlet?

    4. Masih lanjut pertanyaan no.1 dari opsi tsbt saya bisa beli di Kansai di mana ya?

    Terima Kasih sebelumnya, mohon maaf kalau kayak kuis. Semoga amal baiknya senantiasa dibalas lebih oleh Yang Maha Kuasa.

    • Nugroho Christian  |  

      Dear Deniar, ini awabannya ya pak
      1. a) Di Osaka itu tidak tersedia kartu SUICA/ Pasmo, hanya bisa beli kartu ICOCA.
      b) Ya bisa juga.
      c) Saran saya, beli saja kartu ICOCA, nanti di Tokyo bisa diisi dan dipakai juga. Lalu kalau ada sisa ya dibeli saja makanan/ minuman di supermarket, atau digunakan untuk trip berikutnya ke Jepang.
      2. Ya sama saja, ketiganya sama pengguanaannya, seperti kartu E-Money di Indonesia.
      3. Bisa pak, kartu ini bisa digunakan untuk naik bus, kereta, dan belanja.
      4. Bapak bisa beli di JR Ticket Office di Kansai Airport. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Judulnya itu kartu suica atau pasmo pak, cukup membeli salah satunya saja. Kalau beli di loker JR yang tercetak adalah kartu suica, kalau belinya selain di stasiun JR yang tercetak adalah kartu pasmo. Salam

  25. siang admin…
    saya mau tanya apakah pasmo/suica untuk ANAK bisa saya beli langsung di bandara haneda? Kalau bisa, loket atau counter tempat jual pasmo/suica ANAK buka sampai jam berapa ya? karena saya mendarat di haneda jam setengah 10 malam

    Selanjutnya pada hari ke-5 saya akan menuju osaka, sedangkan saya ingin refund kartu pasmo/suica saya, apakah bisa dilakukan di stasiun shinjuku/shibuya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Loket ticket untuk membeli SUICA buka sampai sekitar pukul 23.30 sampai jam kereta terakhir.
      Refund Pasmo/ Suica bisa dilakukan di Shinjuku/ Shibuya bu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, semua ongkos kereta tercover kok dengan Kartu SUICA/ Pasmo ini. Salam.

  26. Siang pak..Tlg tanya. Saya ingin membeli kartu SUICA di klook, yg nantinya e vouchernya hrs ditukarkan di kansai airport. Berdsrkan jawaban cs klook kartu tidak bisa di refund dan hanya bisa digunakan di kyoto dan osaka saja. Jd untuk di Tokyo disarankan beli suica card. Apakah kalau beli di stasiun JR bisa direfund kartunya?Saya sd punya JR pass 7 hari.Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Mungkin itu ketentuannya, namun, ibu bisa membeli kartu SUICA langsung kok di mesin atau loket dekat pintu karcis kereta. Salam.

  27. Pagi Admin, mau tny Awal Okt18 saya ber6 ke tokyo-MT.Fuji-osaka-kyoto(plan 6hr),sebaiknya saya membeli suica/pasmo&apa perlu juga membeli JR-Pass,saya juga mau tny saat itu musim apa di Jepang.thx

  28. Halo! Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan:

    1. Apa perbedaan suica dengan pasmo? Apa cuma beda perusahaan aja?
    2. Kalau saya membeli suica/pasmo dan pada akhir perjalanan saya mau dapat refund, jumlah yg tidak dikembalikan ke saya ibaratnya sebagai harga kartunya itu sendiri apakah sebesar 220 yen?
    3. Apakah suica/pasmo bisa dipakai di seluruh jepang termasuk Osaka dan Kyoto?
    4. Kalau misalnya saya memiliki JR Pass, ketika saya ingin pergi ke tempat yang rutenya dilalui oleh kereta JR dan Non JR, apakah untuk berpindah kereta dari kereta aqnon JR ke kereta JR di station yg sama, saya harus tap kartu suica/pasmo kita dulu dan masuk lagi menggunakan JR pass atau tidak perlu tap lg?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, hanya beda perusahaan saja. Kalau mau refund kartu, ibu hanya rugi 220 yen. Suica bisa dipakai di seluruh Jepang (sudah tercantum di artikel di atas).
      Setiap pindah jalur kereta antara non JR dan JR ibu pasti melewati 2 pintu karcis. Tunjukkan JR PASS di pintu masuk karcis kereta JR. Salam

  29. Halo pak saya mau nanya mengenai pass ini soalnya masih bingung ada beberapa poin:
    (Rute saya osaka, kyoto, tokyo)
    1. Saya landed di kansai langsung ke osaka (pakai osaka amazing pass) hari ke 3 saya ke kyoto beli kyoto bus pass yg harian. Tapi hanya 2 hari aja pakai bus pass nya karena selebhinya hanya naik bus sekali dan aja juga yg naik JR 2 atau 3 kali. Awalnya mau bayar ketengan aja sisanya itu tapi kok takut ribet dengan recehan dan kembalian. Saya di tokyo nanti mau pakai pasmo. Maksudnya biar sekalian beli pasmo aja gitu utk kyoto dan tokyo. Tapi di kyoto ga bisa cetak pasmo ya pak. Jadi saya harus beli kartu apa menurut bapak? Btw, saya pulang ke indo dari haneda tokyo, jadi ga balik ke kansai lagi
    2. Anak saya umur 5 tahun setau saya bus dan kereta JR/swasta masih gratis jadi saya hanya cukup beli pasmo untuk saya dan suami saja kan pak? Kartu pasmo anak itu kan start dari umur 6tahun ya pak?
    Terima kasih banyak pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau mendarat di Osaka, namanya kartu ICOCA, sama persis fungsinya dengan Pasmo atau Suica.
      ICOCA ini bisa dipakai juga di bus kota Kyoto dan di Tokyo. Untuk anak dibawah 6 tahun, gratis bu, asalkan tidak duduk.
      Untuk anak 6-11 tahun, bisa pakai ICOCA anak yang otomatis dapat diskon. Salam

  30. Halo pak, sy rcn di jepang 4 hr, apa kartu pasmo bisa digunakan ke stasiun kawaguchiko ya? Rcn hr pertama dr narita lsg liat mt. Fuji en kalo pake wtp aja apa gak balik modal ya? Itinx yg jauh cuman ke mt fuji hr kedua sterusx cuman dlm tokyo aja,, menurut bpk apa saya pake suica aja to WTP pak? Trims sbelumx🙏

    • Nugroho Christian  |  

      Tokyo Wide Pass (TWP) ya bu maksudnya? Kalau hanya ke Kawaguchiko dan keliling Tokyo, rasanya akan sulit untuk balik modal. Saran saya, bisa beli tiket ketengan saja dengan bus atau kereta, sisanya dengan menggunakan kartu SUICA/ Pasmo saja seperti rencana ibu. Salam.

  31. Halo pak.saya tiba di narita trus naik pesawat ke kansai.sampai osaka saya rencana mau ke kobe dan kyoto. trus nti balik ke tokyo mau ke yokohama dan fuji. pak sebaiknya pass apa aja yg saya harus beli.bungung banget. ada jr pas ada icoca ada suica dan pasmo. saya harus beli yg mana pak. thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau rutenya seperti itu, Ibu sepertinya cukup membeli ICOCA saja. Sebab JR PASS tidak akan balik modal kalau melihat rutenya ibu. Salam

  32. halo pak, mau tanya pak. saya ada trip ke jepang selama 6 hari 5 malam. rencana tripnya hari pertama sampai ketiga/keempat utk keliling tokyo dan ke disneysea, kemudian hari keempat sampai keenam saya mau ke kawaguchiko melihat gn fuji dan ke osaka utk universal studio. untuk trip dari tokyo ke kawaguchiko lanjut osaka apakah bisa menggunakan pasmo saja pak agar lebih hemat? dan transportasi kembali dari osaka ke tokyo selain dg shinkansen bisa kah dengan kereta biasa?

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa dengan kereta biasa, namun perjalanan nya harus pindah pindah, dan memakan waktu 7-8 jam, lebih baik naik bus malam kalau begitu. Untuk penggunaan kartu Pasmo, rasanya tidak praktis, ibu harus isi dahulu, baru pakai pasmo 13.000 yen (ongkos kereta Shinkansen Tokyo-Osaka). Mending langsung bayar tunai saja kan beli tiket keretanya? Salam.

  33. Selamat pagi. Saya dan keluarga berencana akan pergi liburan ke Jepang in syaa Allah Juni nanti. Mengenai kartu suica atau pasmo, apakah itu artinya saya tidak perlu membeli JR pass di Jakarta? Apakah klu saya tidak membeli JR pass di Jakarta, hanya dengan mengandalkan suica atau pasmo, biaya transportasi yg hrs saya keluarkan akan menjadi lebih mahal dibandingkan saya membeli JR pass di Jkt? Mohon infonya. Sebelum sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tim Info Jepang perlu rute perjalanan ibu selama di Jepang, mau ke mana saja, tiba dan kembali dari bandara apa, baru bisa memberikan rekomendasi perlu tidaknya membeli JR PASS.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, sama persis fungsi dan cara top up nya, hanya berbeda namanya saja Pak. Salam

  34. Sore Pak, saya mau ke Jepang 10 hari, 5 hari pertama hanya muter di Tokyo, lalu ke Osaka, dan mau ke USJ. itu kira2 lebih baik beli JR pass atau nggak ya Pak?

  35. Permisi. Begini, saya telah membaca bahwa JR pass dapat digunakan untuk keperluan bepergian kekuar kota. Tapi tidak bisa untuk kereta Nozomi. Lalu bagaimana apabila saya hendak ingin pergi ke universal city station Osaka? yg kalau saya liat jadwalnya semua menggunakan kereta nozomi. Apabila pergi ke luar kota hanya ke osaka, yg harus bayar lagi untuk naik nozomi, apa kegunaan JR pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Shinkansen Hikari atau Kodama, rutenya sama dengan Nozomi, namun sedikit lebih lama dan tercover dengan JR Pass. Salam.

  36. halo pak,,
    apakah saya bisa minta email ato kontak lain biar bisa lebih detail nanya soal itinery dan hotel buat saya.
    terima kasih

  37. tolong tanya nih apakah benar jalur narita sky access /acces express /keikyu lie dari bandara narita terminal 2 ke asakusa itu direct ?
    Rencana brangkat dari narita T2 ke Asakusa jam 12;00……mohon infonya terima kasih.mas

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, ada rute kereta langsung dari Narita Airport Terminal 2 ke Asakusa. Salam

  38. Halo pak…maaf saya mau tanya pak.. saya rencana mau beli tokyo subway pass dan pasmo. Saya pergi ber4 dengan anak dan suami. Apa saya dan suami boleh pakai 1 kartu aja pak?kalo anak2 kan ada kartu pasmo anak itu kan?apa kalau pergi ber4 beli kartu juga harus 4?
    Tq pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Sarah, untuk kartu SUICA/ Pasmo, hanya bisa digunakan 1 orang 1 kartu bu. Jadi, ibu harus membeli sejumlah dengan orang yang ingin menggunakannya. Fungsinya sama persis dengan e-money yang ada di Indonesia bu. Salam.

  39. Halo pak Nugroho sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih untuk informasi yg bapak share mengenai penggunaan suica sungguh sangat bermanfaat bagi saya dan kawan” yg masih awam mengenai tokyo jepang :)

    Saya pertama kali traveling selama 6hr ke tokyo dgn start awal dr Narita, tujuan wisata di daerah shinjuku, shibuya, harajuku, tsukiji, asakusa, ueno, akihabara, ginza dan tokyo disney sea
    yg ingin saya tanyakan:
    1. Apakah semua daerah yg saya kunjungi tsb cukup membeli 1x suica pass saja?
    2. Apakah kereta dr Narita ke Shibuya(tempt saya akan menginap) menggunakan suica pass atau hrs membeli pass lain?

  40. Halo kak mau tanya kalo saya mau pakai untuk jalur JR saja pakai pasmo atau Suica ? Dan uang kartu dan deposito sebesar ¥2000 apa di balikin semua? Atau hanya harga kartu saja ? . Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, kartu SUICA Pasmo bisa digunakan untuk membayar ongkos semua kereta (tidak hanya JR saja, tapi bisa untuk non-JR). Uang depositonya bisa dikembalikan dengan biaya handling fee. Saran saya, habiskan saja saldonya untuk naik kereta atau membeli makanan. Salam.

    • afrida  |  

      Halo Pak Nugroho, terima kasih atas infonya di atas. Saya ingin ke Jepang tanggal 11 april – 19 april (sampai Narita 16.00) karena beli tiket pp Narita, berikut itin saya:
      day 1 Jkt-Narita-Nginap dl di Tokyo
      day 2-4 berangkat ke Osaka-Kyoto
      day 5-9 Tokyo
      saya rencana beli JR-PASS untuk 7 hari dan mengaktifkannya pada day 1, dan 2 hari terakhir rencananya ingin memakai Suica. Untuk pulang (day 9), saya rencana ingin menggunakan Bus Be.Transse Group karena murah dan saya membawa 2 orgtua agar tak pindah2 kereta. Apakah sudah benar?

      -Menurut Bapak kalo ke fuji/Kawaguchiko untuk 1 day trip akan kah terlalu capek? karena sudah terlanjur beli airbnb di osaka saja dan tokyo. Jadi kyoto hanya 1 day trip juga. Apakah Suica bs digunakan di tmpt2 wisata kyoto dan osaka atju sebaiknya beli Pass sesuai kota?
      Mohon pencerahannya Pak, Terima kasih banyak..

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya sudah benar untuk itinerary dan pengaturan JR Pass serta bus ke Airport nya.
      2. Tidak bu, orang-orang biasanya memang ke Fuji-Kawaguchiko sebagai day-trip bu, nanti cukup ke beberapa tempat, disesuaikan saja dengan kekuatan dan waktu yang tersedia.
      3. Untuk kartu SUICA/ Pasmo bisa digunakan di seluruh wilayah di Jepang. Salam.

  41. Saya mendarat di haneda bulan maret dan mau langsung ke fujigotemba.. naik apa kesana dan digotemba sebaiknya beli pass tidak? Kalau iya kartu pass apa ? Kemudian setelah stay bbp hari di gotemba saya balik ke tokyo. Naik apa ke tokyo dan dari mana? Terima kasih penjelasannya

  42. Saya mau tanya . min. Saya arrival di narita. Nah dr narita mau ke tokyo itu baiknya apa ya? Soalnya plgan kita mau ke disneyland, dan tempat2 wisata sekitar narita – tokyo

  43. Saya ke tokyo 22-2 sd 27-2 ikut TokyoMarathon 25-2, tempat wisata apa saja yg keburu bisa dikunjungi di tgl tsb dan kartu apa yg perlu saya beli, kedatangan di narita, pulang dr haneda. Terima kasih.

  44. Hai Pak .. saya kejepang 7hari. Rute saya tokyo-osaka-kyoto-osaka.. apakah saya perlu bl jr pass? Trs kalau mao liat mount fuji, bisa pake kartu suica aja?

  45. Pak, saya plan di tokyo itu 2 hari, ingin ke daerah asakusa, ueno,tsukiji,akihabara,ginza,imperial east palace,shibuya,roppongi,shinjuku..baik nya saya beli Suica, pasmo or metro pass yah? Saya akan meningap di daerah misato chuou station. Thanks

  46. Hilda Situmorang  |  

    mau tanya mas..
    1. baby dibawah 2 tahun apakah gratis naik metro atau jr? apakah disamakan dengan pasmo n suica card buat anak?
    2. untuk pembelian pasmo/suica card anak anak bagaimana? tarif metro atau jr antar station untuk anak2 apakah diskon 50% juga? misal kalau dr asakusabasi ke akihabara 170y ,anak2menjadi 85y?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk anak di bawah 6 tahun itu pada dasarnya tidak perlu membeli tiket kereta, jadi tidak perlu membeli pass apapun. Kalau ingin duduk, paling membeli tiket buat anak-anak atau menggunakan Pasmo/ Suica buat anak-anak.
      2. Pembelian kartu Pasmo/ SUICA untuk anak-anak bisa dilakukan di loket tiket. Dengan pasmo/ Suica anak, setiap kali tap sudah otomatis yang terpotong setengah harga. Salam.

  47. Hi, Pak Nugroho,
    Kalau saya dari kobe mau ke kyoto, bagusnya saya ambil train apa?
    Apakah pasmo berlaku untuk train kobe ke kyoto?

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik JR Kobe Line dari Kobe Station terus sampai ke Kyoto Station. Waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos 1080 yen dan bisa dibayar dengan Pasmo. Salam

  48. Halo, saya pergi ke Jepang selama 10 hari..
    Rute Osaka – Kyoto – Tokyo, kira” saya beli JR Pass tdk yah?
    karena saya pulang Tokyo – Jakarta

    Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau tiba di Osaka lalu kembali dari Tokyo, berarti menggunakan shinkansennya paling hanya satu kali. Tidak perlu membeli JR PASS bu, tidak balik modal soalnya. Salam

  49. sore pak nugroho,

    bagaimana dengan tiket untuk sekali perjalanan pak? apakah di mesin ada pilihan tiket anak – anak supaya dapat harga lebih murah?

    Terima kasih

    Salam

    Hana

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa membeli kartu Suica/ Pasmo versi anak-anak di loket tiket. Otomatis nanti tiket kereta yang terpotong adalah untuk tiket anak-anak (setengah harga)

    • Dear Pak Nugroho,

      berarti harus menggunakan kartu suica atau pasmo ya pak? yang harus isi saldo, bukan yg utk sekali pakai per perjalanan.

      saya mau bertanya lagi, jiak saya membawa suica atau pasmo saya ke osaka dan kyoto, dimanakah tempat untuk top-up kartu tersebut jika saya ingin isi di daerah osaka kyoto? apakah mesin tiket di stasiun sana bisa utk isi suica dan pasmo juga?

      Terima kasih sebelumnya.

      Hana

    • Nugroho Christian  |  

      Iya bisa di semua stasiun bu di Kyoto atau Osaka. Kalau mau yang sekali perjalanan, silahkan beli di vending machine atua loket tiket, namun ya jadi lebih lama dan harus mengantri. Salam.

  50. selamat siang Pak
    saya berencana ke jepang 10 hri dengan tujuan tokyo-hakone, hakone-kyoto, kyoto-nara, nara-osaka , osaka-kansai airport. menurut hasil perhitungan JR rail pass calculator , doesn’t paid off krn kisaran yen 19,000 aja tuk area di atas. jadi saya tidak berencana beli JR pass 7 days itu.. apakah ada JR pass lain yg cover area itu ? krn untuk dalam kota , kami berencana memakai SUICA aja.
    thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bu, silahkan membeli tiket kereta ketengan saja. Untuk rute Hakone-Kyoto, bisa naik kereta Shinkansen dari Stasiun Odawara. Salam.

  51. Siang Pak,

    Kalau sudah punya Suica card, apakah masih perlu beli Tokyo Subway Pass? Apakah fungsi keduanya sama atau beda?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Fungsinya sama yakni untuk membayar kereta, namun Tokyo Subway Pass itu adalah pass kereta sepuasnya. Sementara itu, kartu suica/ pasmo itu seperti e-money, hanya memudahkan pembayaran saja. Salam.

  52. selamat malam Pak,
    Apakah kita masih perlu membeli tokyo subway pass jika sudah punya suica card?
    rute perjalanan saya: tokyo-osaka-kyoto-galayuzawa-tokyo. Terima kasih ya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ada rute PP Tokyo Kyoto, sebaiknya membeli JR Pass saja bu. Untuk Tokyo Subway Pass, bisa saja, namun baru akan balik modal kalau ibu mengunjungi tempat-tempat wisata yang dilalui kereta subway. Silahkan baca panduan saya di sini. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Haneda bisa naik kereta Keikyu Main/Airport Line Rapid sampai Stasiun Sengakuji, dilanjutkan dengan Toei Subway Asakusa Line sampai Stasiun Asakusa. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa pak, itu seperti E-Money di Indonesia, bisa digunakan untuk bayar kereta, bus, atau belanja di minimarket juga. Salam.

  53. Indra Cahya Putra  |  

    Selamat Sore Pak, sy akan ke jepang tgl 18 januari – 26 januari 2018 besok, nah saya mendarat di kansai, apa bisa cetak suica / pasmo card karna sy sangat bingung masalah transportasi di jepang. atau bagi teman-teman yang tau silahkan kirim jawaban di email sy , [email protected]
    Terimakasih Mohon di Balas :)

  54. selamat siang Pak Nugroho. saya mau bertanya, kalo kita di sapporo pakainya kitaca atau sapica ya yang lebih menguntungkan?dan apakah lebih baik beli one day pass?thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, silahkan ke JR EAST Travel Service Center – Haneda Airport International Terminal (Tokyo Monorail), yang beroperasi dari jam
      6:45 sampai 18:30. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Dibawah lima tahun itu tidak perlu membeli tiket yang berarti tidak perlu kartu SUICA. Namun, anak ibu tidak bisa duduk (harus dipangku). Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. 1 kartu pasmo hanya bisa dipergunakan untuk 1 orang saja. Kalau sudah ditap dan digunakan lagi untuk orang lainnya, kartu akan error dan tidak bisa lewat. Salam

  55. selamat pagi pak. tolong tanya:
    1. apa beda suica dan pasmo dr segi kegunaannya?
    2. knp orang memilih menggunakan suica dibanding pasmo (dan sebaliknya)?
    3. saat pembelian suica/pasmo di mesin, harus pakai uang pas ato bisa dpt kembalian dr mesinnya?
    4. utk refund jika masih ada saldo. ada yg bilang kalo pasmo tdk kena biaya admin, tapi suica kena 220 yen. apakah benar?
    terima kasih infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tidak ada perbedaan.
      2. Sama saja, hanya SUICA bisa dibeli di Stasiun kereta JR, sementara Pasmo belinya di Stasiun kereta non-JR. Mana yang paling dekat dan mudah dicapai, ya itu yang dipilih.
      3. Masukkan uang sesuai dengan nominal deposit yang dipilih.
      4. Ya, akan tetap kena biaya handling fee. Salam.

    • pak, brarti kalo beli nominal 5rb, harus masukkan uang 5rb ya?
      kalo saya masukkan 10rb, ga diksh kembalian gt ya?
      karena kuatirnya tidak ada uang pecahan. trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tenang saja. Jepang teknologinya canggih. Kalau memang ada kembaliannnya, maka uang kembalian akan keluar dari mesin. Salam

  56. Selamat malam pak. Tolong advise nya pak :
    1. Kalau kita beli Suica di Haneda apa bisa dikembalikan di Osaka ?
    2. Apa pengembaliannnya harus di stasiun ? Tidak bisa dibandara?
    3. Keuntungan yg personalize apa cuma kalau hilang bisa kembali ?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tidak bisa bu, SUICA/ Pasmo hanya bisa dikembalikan/ diuangkan di wilayah Tokyo saja
      2. Bisa di stasiun dan stasiun di dalam bandara.
      3. Tidak ada, ibu bisa gunakan kembali kok kalau ke Jepang (saldonya tetap ada selama 10 tahun). Saran saya, habiskan saja saldonya dengan belanja di minimarket, lalu dijadikan kenang-kenangan saja. Salam.

  57. Sore Pak… mau nanya yah.
    1. Apabila saya beli suica, apakah bisa digunakan di jalur tokyo metro? demikian pula sebaliknya.
    2. Apakah suica juga bisa digunakan di toei line?
    3. Apakah baik suica maupun pasmo bisa digunakan di yamatoe line?
    4. Bagaimana rute menggunakan suica dan pasmo dari Ueno ke Gotemba?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa
      2. Bisa
      3. Bisa
      4. Bisa bu, SUICA dan Pasmo bisa digunakan untuk membayar semua ongkos kereta. Untuk ke Gotemba, saya sarankan dengan naik bus saja, lebih praktis dan tidak perlu transit atau berpindah kereta. Salam.

  58. Salam, saya rencana berdua dengan pasangan membeli satu kartu suica, bisakah digunakan berdua? Ketika masuk di gerbang stasiun, teknis penggunaan kartu tsb bagaimana? Trims.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa, satu kartu hanya bisa digunakan untuk 1 orang saja. Teknisnya kamu tinggal tap di pintu putar otomatis, kalau pernah naik KRL Commuter Line di Jabodetabek, akan sama persis. Salam.

  59. Dear Pak Nugroho,
    Mohon informasinya :
    1. Apakah pasmo dapat digunakan untuk masuk ke toei line dan metro line di tokyo
    2. Apakah pasmo dapat digunaka juga di kyoto dan osaka untuk bus dan subway
    3. Apakah pasmo dapat digunakan untuk pembelian kesei line
    4. Apakah pasmo dapat untuk membeli tiket shinkansen dari osaka ke tokyo

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pasmo bisa digunakan untuk naik kereta lokal (nomor 1-3), namun untuk shinkansen, tidak bisa. Harga shinkansen itu lebih dari 12.000 yen, tidak praktis kamu isi dulu kartunya, lalu dipakai untuk beli shinkansen (dua kali kerja). Lebih baik langsung beli dan bayar saja tiket shinkansen di loket. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kartu SUICA atau Pasmo bisa dipergunakan di seluruh rute kereta dan bus di Jepang, termasuk di JR Yamanote Line. Salam

  60. Slmt sore pak Nugroho, mohon penjelasan kartu pasmo/ suica jika pindah dari kota tokyo langsung kita refund? Karna itinerary: tokyo, hakone, kyoto & pulang dari osaka. Dengan pemikiran bisa beli kartu semacam yg dikeluarkan kota setempat apakah betul begitu? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa saja secara teori, namun praktiknya sulit, karena kamu harus mengisi kartu sampai lebih dari 10.000 yen. Lalu langsung dipakai kembali. Lantas, kenapa tidak langsung bayar saja daripada 2 kali kerja? Salam.

  61. Pak Nugroho,

    Untuk kartu suica/pasmo masing2 org harus punya ya? Kl saya pergi dgn suami dan 2 org anak umur 12 dan 9 thn, berarti saya, suami dan anak2 masing2 harus punya satu ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa bu, 1 kartu hanya bisa untuk 1 orang. Ya, masing-masing harus punya, untuk anak ibu yang usia 9 tahun, bisa beli kartu SUICA untuk anak-anak supaya dapat potongan setengah harga tiket kereta nya. Salam.

  62. Dear Pak Nugroho

    Saya punya kartu Icoca, beli waktu di Osaka. Nah, pertanyaan saya, apakah saya bisa recharge kartu ini di Tokyo juga? di mesin yg sama utk pasmo atau suica?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, SUICA/ Pasmo bisa digunakan untuk membayar semua rute kereta di Jepang. Salam.

    • hilda situmorang  |  

      maksud saya suica dan pasmo mana yang untuk jalur jr dan mana yang untuk jalur metro? apa bisa dipakai kedua jalur kartu itu? kalau kita ke kyoto dan osaka,bisakah direfill disana pake mesin?

    • Nugroho Christian  |  

      Semua kartu SUICA/ Pasmo bisa digunakan di semua kereta atau bus, juga untuk berbelanja, bentuknya seperti e-money di Indonesia. Bisa direfill juga di Osaka/ Kyoto. Salam.

  63. malam pak, kalau beli kartu suica baru menggunakan pecahan 10.000 yen apa bisa? kebetulan saya tidak ada pecahan yang lebih kecil. mohon infonya

    • mislanya beli yg nominalnya 5000 menggunakan uang 10000 bisa tidak? biar dapat kembalian pecahan kecil

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bisa Dea. Seperti membeli kartu saja, maksimal nominal yang diterima mesin kan 10.000, kalau kamu membeli 5000, ya tentu akan dikembalikan sisanya. Maksudnya pecahan kecil itu bagaimana ya? Di Jepang (khususnya di kota) kamu tidak perlu takut soal uang kembalian. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu Endah. Anak usia diatas 6 tahun baru diharuskan membeli tiket (harganya setengah harga tiket dewas). Namun kalau di kereta duduknya harus dipangku.

  64. pak nugroho.. sy akan pergi 28jan – 3 feb 2018. sy hanya akan liburan di tokyo saja. tidak akan ke osaka atau kyoto. kalau saya menggunakan tokyo wide pass untuk 6hari (beli 2x),efektif tidak ya pak? sepertinya memakai suica agak membingungkan bagi saya hehehehe.. terima kasih..

    • giska risalia  |  

      hanya sekitaran tokyo saja pak. tp kn tokyo wide pass cm bs 3 hari? atau bs sampai 6 hari? klo tokyo wide pass hny bisa 3 hari, sisa 3 hariny pakai apa pak baiknya?

      kalo pakai jr pass untuk keliling jepang kn ada pilihannya. 7hari, 14 hari, dn strsny…tapi krn saya hny di tokyo, syg kalo beli jr pass.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya pergi di dalam kota Tokyo, dan mengunjungi dibawah 3 tempat per hari, tidak perlu pass apapun, cukup membayar tiket satuan atau pakai Pasmo/ Suica.
      Tokyo Wide Pass cocok untuk pergi PP ke luar kota Tokyo. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau di stasiun besar, loketnya menerima pembayaran dengan kartu kredit. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ibu mendarat di Haneda, Suica bisa dibeli di ticket office Tokyo Monorail. Pasmo bisa dibeli di ticket office Keikyu Line. Salam

  65. Siang, saya berencana 5 hari di jepang, hari ke 1-3 di tokyo hari ke 4 ke kyoto tp malamnya balik lg ke tokyo, apa perlu menggunakan JR PASS? mohon pencerahan terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ada perjalanan PP dari Tokyo-Kyoto-Tokyo, JR Pass sudah balik modal ibu. salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, Pasmo bisa dipakai di seluruh kota di Jepang termasuk Kyoto dan Osaka. Dipakai artinya bisa ditap dan diisi ulang. Salam

  66. Mas Nugroho, kalo anak di bawah 6 tahun memang tidak perlu tiket ya? apakah berlaku di semua moda transportasi? kereta, subway, bus dll? klo memang gratis nanti masuk gatenya bagaimana? apa digendong? sebaiknya apakah beli saja mas dengan suica anak2? anak saya umur 4,5 tahun

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk anak di bawah 6 tahun, sesuai peraturan memang tidak diperlukan tiket. Tiket untuk anak-anak diperlukan kalau umurnya 6-11 tahun.
      Untuk masuk gate nya, kalau anaknya memang tidak bisa digendong, bisa lewat gate tanpa pintu otomatis di dekat loket karcis (biasanya ada penjaga). Salam

  67. Dear Pak Nugroho,

    saya masih butuh penjelasan nih mengenai penggunaan JR Pass.
    Apakah JR Pass hanya bisa digunakan untuk naik kereta keluar kota saja? (Tokyo-Kyoto/Osaka-Tokyo)
    Apakah bisa digunakan untuk perjalanan dalam kota ?

    Jika bisa digunakan dalam kota, ada beberapa rute yang 1/2 perjalanannya tidak dioperasikan oleh JR, apakah 1/2nya lebih baik menggunakan SUICA atau beli ketengan saja pak?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. JR PASS juga bisa dipakai di dalam kota asalkan namanya JR Line. Hanya biasanya perjalanan keluar kota harganya 50 kali lipat dibandingkan perjalanan dalam kota, sehingga ongkos ini yang akan menentukan perlu tidaknya membeli JR PASS. Tim Info Jepang tidak bisa memberikan rekomendasi, perlu tidaknya membeli JR PASS, tanpa mengetahui jadwal perjalanan Ibu di Jepang. Salam

  68. Malam mau tanya apabila ingin naik shinkansen bisa pakai PASMO atau tetap harus pakai JR Pass? Apakah ada petunjuk di Pasmo mengenai kapan hangusnya deposit di dalam pasmo? Apabila deposito hangus apakah bisa di reload seperti biasa? Apakah bisa digunakan di kereta JR dan bus JR?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk naik shinkansen, ibu perlu memesan tiket tersendiri, tidak bisa masuk dengan pasmo/ suica seperti kalau naik kereta biasa.
      Untuk deposit nya sendiri tidak akan hangus bu, tapi bisa habis. Ibu bisa mengeceknya sewaktu menge-tap kartu pasmo/ suica di pintu masuk otomatis.
      Kartu pasmo/ suica bisa dipergunakan di seluruh kereta di Jepang dan juga bus JR. Salam

  69. Hi, terima kasih tulisannya sangat membantu dan saya akan pergi ke tokyo – osaka – kyoto dan berniat membeli suica di narita.. ada beberapa hal yang ingi saya tanyakan :

    1. karna saya banyak menggunakan bus dan kereta apakah 2000 yen sudah cukup untuk perjalanan selama 7 hari di jepang dan jika ternyata kurang apa kartu bisa di top up di osaka / kyoto?

    2. yang saya baca suica mengcover semua jenis perjalanan kecuali shinkansen dan bus jarak jauh seperti willer express saja. apakah itu benar?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa Ayu.
      2. Kalau untuk bayar Shinkansen rasanya sulit, karena maksimal hanya bisa di top-up sampai 10.000 yen, padahal tiket shinkansen Tokyo-Kyoto sudah 13.000 yen. Untuk bus malam Willer, metode pembayarannya juga langsung melalui internet (kartu kredit). Salam.

  70. Hi..salam kenal pak.. sy mau tanya apakah kartu Icoca yg dibeli di Kansai Airport, bisa digunakan utk Kansai Airport Limousine bus?
    Terimakasih,,,

    • Nugroho Christian  |  

      Saya kurang tahu Raida, namun kamu bisa lihat kalau busnya ada lambang IC-card, berarti kartu ICOCA bisa. Kalau tidak ada, nanti bisa membayar secara tunai saja. Salam.

  71. halo, untuk deposit suica/pasmo 2000 yen itu bisa cukup berapa hari ya? atau tergantung jarak dan tujuan? terimakasih sebelumnya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. 2000 yen itu adalah deposit paling kecil. Biaya transportasi memang tergantung jaraknya.
      Ibu bisa top up deposit suica/pasmo seperlunya. Salam

  72. Dear infojepang, mau tanya apa kartu Suica atau Pasmo ini bisa dibawa ke Kyoto dan Osaka? Tapi tidak bisa direfund selain di Tokyo ya?
    Apa sebaiknya setelah jalan2 di Tokyo dan akan berangkat ke Osaka/ Kyoto, kartu ini direfund di Tokyo dan kemudian berangkat ke Osaka/Kyoto dan beli ICOCA disana? ICOCA bisa direfund di Osaka/Kyoto kan ya? Makasih..

  73. Makasih banyak infojepang.net admin-adminnya baik sekali selalu jawab pertanyaan-pertanyaan saya, alhamdulillah dapet banyak info dari web ini yang membatu perjalanan saya selama di Jepang, mulai dari wisata-wisatanya, transportasinya (JR Pass, ICOCA, dll), tips ke amusement park nya juga berguna sekali (beli tiket online, dapetin fastpass, dan gunain single rider) jadi bisa naik semua wahana rekomendasi infojepang di USJ, Disneysea, dan Disneyland. Terima kasih banyak!

    • Nugroho Christian  |  

      Baik, terima kasih buat responnya salma. Kami tunggu di liburan ke Jepang selanjutnya ya!

  74. Malam mas.
    Kl kartu SUICA nya error karena pas kluar dari Maihama Station tidak di tap. bagaimana cara memulihkan nya? tolong dijawab secepatnya krn kami mau pindah kota. Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa ke loket kereta terdekat atau yang berjaga dekat pintu karcis, bilang lupa (forget to tap suica). nanti akan segera diurus. Salam.

  75. Selamat siang pak, saya akan pergi ke jepang tanggal 12-19 juli. Kedatangan saya di osaka (kix), dan akan balik ke jakarta lewat Haneda airport. Saya berencana untuk tinggal di osaka selama 3 hari (tetapi hari ke1 sy berencana untuk pergi ke kyoto dan kobe Menggunakan jr kansai area pass dari kansai airport) dan saya akan pergi ke tokyo dr osaka menggunakan bis.
    1. Travel pass mana yg harus saya gunakan selama 2 hari untuk jalan2 di osaka? Spt dotonburi, usj, osaka castle
    2. Travel pass nama yang harus saya gunakan selama di tokyo? Spt disneysea, harajuku, dll
    3. Berapakah biaya yg harus sy keluarkan dr tokyo station ke haneda airport?

    Terimakasih banyak

  76. Halo, saya sekeluarga 3 dewasa 1 anak Akan ke jepang 10 hari, sampai di haneda jam 22.30 apakah masih bisa beli suica yg untuk anak? Soalnya kan gak bisa beli di mesin? Buka sampai jam brp loketnya?

    Kan gak bisa refund suica di Osaka, sedang kan saya balik dari Osaka, kalau untuk pemakaian normal Dalam kota Tokyo, Osaka, Kyoto kira2 butuh saldo brp agak tidak terlalu banyak lebih nya?

    Satu lagi, tiket Shinkansen Tokyo Osaka apa bisa beli langsung on the spot? Atau harus bbrp hr sebelum nya?

    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      SUICA untuk anak sayangnya hanya tersedia di loket tiket, dan rasanya sudah tidak ada yang buka sampai jam 22.30. Biasanya loket tiket tutup jam 7 malam bu Vero. Untuk saldonya tergantung bu, patokannya, sekali naik kereta biasanya 200-300 yen. Kalaupun saldonya sisa, ibu nanti bisa belanja saja jika sisa. Tiket shinkansen Tokyo-Osaka sebaiknya dipesan 1 hari sebelum keberangkatan, apalagi kalau ibu mau reservasi bangku (supaya duduknya berdekatan), kami sarankan sudah membeli sebelum keberangkatan. Salam.

  77. Halo pak saya mau bertanya. Biaya pembuatan kartu 500 yen dan ada biaya kepengurusan 220 yen. Jadi totalnya 720 yen atau 500 yen itu sudah termasuk biaya kepengurusan? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      500 yen bu, tapi ibu maksimal hanya bisa refund sampai sisa 220 yen (tidak bisa dikosongkan). Cara mengosongkannya, ibu bisa belanja atau bayar tiket kereta. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah di bawah 6 tahun? Atau sudah 6 tahun ke atas? Kalau di bawah 6 tahun, tidak perlu membeli suica atau tiket.
      Sementara kalau sudah di atas 6 tahun, bisa membeli kartu suica untuk anak-anak dengan diskon 50%. Salam

    • Pak Nugroho, saya berencana travelling saat usia anak saya 5 thn 11 bulan. berarti tidak perlu beli tiket suica/pasmo yaa? tks

  78. selamat malam Pak, saya ingin bertanya , saya pergi 2 dewasa 2 anak
    mendarat di HANEDA pukul 22.30malam, yg ingin sya tanyakan?

    1. membeli PASMO atau SUICA card itu letak loket atau pembeliannya di daerah mana ya Pak?
    lalu untuk anak harus beli di kaunter Midori no madoguchi apakah konternya buka 24jam?

    2. depositnya 500Yen, misal saya lalu ke osaka dan memakai kartu tsb misal saldonya tinggal 550yen, apakah bisa dipakai untuk belanja 300yen dan atau dihabiskan sejumlah depositnya tersebut?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Vending machinenya ada di dekat pintu masuk peron Tokyo Monorail atau Kereta Keikyu. Loket tiket kereta tidak buka 24 jam.
      2. Kalau saldonya tinggal 550 yen, ibu bisa habiskan sampai 0 dengan belanja atau naik kereta. Masalahnya hanya terletak pada refund kartunya saja yang tidak bisa dilakukan di Osaka.

    • ita santosa  |  

      kalau MIDORI NO MADOGUCHI nya selain di haneda airport, ada di mana lagi ya pak Nugroho? karena kami tiba malam sekali di haneda? kalau pagi harinya apakah ada info pak kaunter tsb buka jam berapa ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Midori no Madoguchi atau ticket office ada di seluruh stasiun JR Ibu. Jadi bisa pergi besoknya ke stasiun JR terdekat dari hotelnya.
      Ibu tinggal di mana? Supaya bisa dicarikan waktu buka ticket office nya. Salam

    • Ita santosa  |  

      Kami tiba pukul 22.30 (landing) dan blm memutuskan apakah ingin ke kota atau lbh baik bermalam di haneda ya Pak?
      Lalu malam berikutnya kami tinggal di area Ryogoku.
      Kami berencana menggunakan tokyo 72jam subway pass dan suica-pasmo utk jalur yg tdk tercover oleh pass tersebut.
      ada saran lbh baik pak?
      Salam, GBU

  79. Pak Nugroho , tanya lagi dong
    Jika sudah punya suica/pasmo, masih perlu beli Tokyo Metro Pass utk keliling bbrp obyek di Tokyo dan Osaka Kaiyu Tiket utk di Osaka?
    Terima kasih

  80. Selamat Pagi Pak, Saya Berencana Berangkat Ke Jepang Dengan Kawan” Total 4 Orang Maret 2018, Prakiraan Itinerary Saya Sbb : Total Keberangkatan- Pulang 15 Hari, 3 Hari Di Tokyo Karena Ingin Menjelajah Semua Destinasi Wisata Disana, Selanjutnya Hari 4 Saya Ke Nara Lalu Osaka Sampai Akhir Batas Waktu Liburannya. Pertanyaan Saya :
    1. Lebih Menguntungkan Mana, Saya Dan Kawan” Membeli Tiket Dengan Suica/Pasmo Atau Membeli Free Pass, Untuk Menghabiskan Destinasi Wisata Di Tokyo, Kyoto Dan Osaka Masing” Waktu 3 Hari?
    2. Apakah Kami Membeli 1 Suica/Pasmo Saja Untuk Semua Biaya Tiket Kami, Atau Sebaiknya Masing” Memiliki 1 Kartu Suica/Pasmo
    3. Tolong Berikan Saran Kami Harus Menggunakan Transport Dan Tiket Yang Mana Jikalau Pergi Dari Tokyo-Kyoto Dan Kyoto-Osaka..

    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Mengenai mana yang lebih untung, itu tergantung itinerary dan tempat wisata yang ingin bapak kunjungi. Bapak silakan membaca cara penggunaan free pass harian di Osaka dan free pass kota Kyoto. Lalu, kartu suica/pasmo itu hanya bisa digunakan untuk satu orang Pak. Kalau sudah ditap di pintu karcis dan dipakai orang yang lain maka akan eror (sama seperti kartu KRL Jabodetabek), jadi Bapak harus membeli suica/ pasmo untuk tiap-tiap orang. Untuk perjalanan Tokyo-Kyoto, bapak bisa naik shinkansen atau naik bus malam. Untuk perjalanan Kyoto-Osaka, pilihan transportasinya tertulis di bagian Akses dan Info Wisata di Kyoto. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, Tokyo Monorel hanya menghubungkan Haneda Airport dan Hamamatsucho di Tokyo.
      Ada juga Yurikamome Monorel ke Odaiba. Semuanya bisa bayar dengan kartu Suica/ Pasmo. Salam

  81. Halo.. mau tanya, apa bila ingin dari matsumoto ke kawaguchi bagaimana ya? lalu juga kawaguchi ke hakone dan terakhir hakone ke tokyo. Apa perlu menggunakan suica/JR Pass atau bisa beli manual di konter?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, Suica bisa digunakan di jalur kereta Keikyu Train. Salam

  82. DANIEL MULIAWAN  |  

    selamat sore pak Nugroho, apakah suica bisa dipakai utk naik shinkansen? kalau ya, bagaimana caranya? soalnya shinkansen kan harus reserved seat? thanks sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Untuk pembelian tiket shinkansen, bisa langsung reservasi ke kaunter tiketnya. Tiket shinkansen berbeda dengan tiket kereta biasa, karena memerlukan 2 lembar tiket. Salam

  83. Maaf pak mau nanya. Sy sdh beli hokurika pass. Yg sy agak bingung. Katanya klo kartu JR bs dipake utk naik kereta/bus dlm kota yg penting ada tulisan JR.
    Nah skrg ada saran utk beli suica / pasmo.
    Mhn penjelasannya. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, silahkan gunakan Hokuriku Pass nya untuk naik kereta/ bus dalam kota. Lalu, saran kammi untuk menggunakan suica/pasmo adalah untuk membayar ongkos-ongkos bus/kereta yang tidak tercover oleh Hokuriku Pass. Ibu kan bertanya apa Tokyo Metro Pass bisa dipakai di kereta JR, ya jawabannya tidak. Jalur kereta Tokyo Metro yang tidak tercover dengan Hokuriku Pass atau JR Pass inilah yang target penggunaan SUICA/Pasmo. Salam.

  84. malam, jika saya sampai dijepang di bandara kansai osaka, ingin membeli suica/pasmo kan tidak bisa jadi harus icoca/kitapa card ya? untuk membeli kartu baru itu dimana ya? dan icoca/kitapa card itu juga bisa dipakai saat saya pergi ke tokyo dan kawaguchiko? karena saya ke tokyo hari terakhir jadi tidak bisa membeli suica/pasmo

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau di Bandara Kansai/ Osaka, mau beli kartu yang ada hanya ICOCA atau KITAPA.
      Kartunya bisa dibeli di mesin penjual tiket atau ke loket tiket/ kaunter informasi turis. ICOCA atau KITAPA bisa dipakai juga kok di seluruh Jepang termasuk di Tokyo dan Kawaguchiko. Salam

  85. halo kak Nugroho, mau tanya apa bedanya SUICA dan PASMO? bagusan mana SUICA apa PASMO? apakah ada perbedaan pd saat refundnya? atau bedanya dmn?

    thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Dhani. Bedanya hanya di mesin pencetaknya, sedangkan fungsinya dan cara refundnya sama. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya, kartu suica bisa digunakan di seluruh kota di Jepang termasuk Hamamatsu. Salam

  86. Malam Pak. Kalau saya membeli suica di haneda, apakah bisa saya refund di osaka? krn saya kembali lwt kansai. sedangkan kami ber 4. lumayan kalau bisa direfund. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      SUICA atau Pasmo hanya bisa di-refund di wilayah Tokyo pak. Yang bisa direfund di Kansai hanya kartu ICOCA. Sebaiknya sebelum ke Osaka di-refund saja, atau nanti dihabiskan (dengan membeli minuman/makanan) di Osaka, dan kartunya bisa dijadikan kenangan atau digunakan kalau ke Jepang lagi. Salam.

    • Pagi Pak. Sy akan ke jepang tgl 4-15july. Tgl 4-5 osaka, tgl 6-7 kyoto, tgl 8 hakone, tgl 9 kawaguci, tgl 10-15 tokyo (shibuya, odaiba, omotesando, disneyland, asakusa etc). Boleh tlg dibantu pa, pass apa yg sebaiknya sy pakai untuk perjalanan sy. Terima kasih

    • drake  |  

      Saya ada.bbrapa hal yg ingin dikonfirmasih
      1. Apakah icoca bisa dibeli bandara osaka?
      2. Apakah pasmo/suica bisa dibeli di stasiun tokyo?
      3. Apakah deposit 500 di dalamnya bisa dihabiskan dengan belanja?

    • Nugroho Christian  |  

      1. ICOCA tentu bisa dibeli di Bandara Kansai.
      2. Suica dan Pasmo bisa dibeli di Stasiun Tokyo.
      3. Bisa dihabiskan, sifatnya seperti e-money, bisa dihabiskan namun tidak bisa diuangkan (sampai minimum 500 yen).
      Salam.

  87. selamat siang admin, saya mau tanya, kan nanti rencananya saya tiba di bandara KIX atau kansai airport, nah kartu yang saya butuhkan itu suica/pasmo atau icoca ya? disitu tulisannya pakai icoca, tapi admin merekomendasikan suica/pasmo untuk daerah kyoto. saya rencana hanya berkeliling di daerah osaka dan kyoto saja. terima kasih sebelumnya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau mendarat di Kansai Airport, hanya bisa memiliki kartu ICOCA. Maksud pernyataan di atas adalah bahwa kartu suica/ pasmo yang dicetak di kawasan Tokyo juga bisa dipakai di Osaka dan Kyoto. Salam

  88. Saya akan ke Jepang (Tokyo-Osaka-Kyoto-Tokyo) selama 7 hari. Rencananya saya akan membeli 7-day JR Pass. Apa hanya membeli JR Pass sudah cukup untuk berkeliling di masing-masing downtown? Apakah saya masih perlu membeli Suica/Pasmo?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. JR PASS hanya mengcover ongkos perjalanan kereta JR saja. Untuk kereta swasta dan kereta subway bisa menggunakan Suica/ Pasmo supaya lebih praktis.
      Salam

  89. Selamat sore tim info jepang..mhn info saya berencana ke jepang untuk bln mei 5d 4n, dan itineary city tour jepang, mt. Fuji, disney land, sebaiknya menggunakan transportasi apa selama disana untuk menjangkau destinasi tujuan saya?

  90. Halo, saya ingin berlibur di osaka dan kyoto.
    Apakah kartu ICOCA bisa digunakan untuk perjalanan dari Osaka ke Kyoto?

    Dan saya juga ingin berlibur dari Tokyo ke Fuji, apakah JR Pass biasa bisa digunakan dari tokyo ke fuji? atau harus menggunakan Tokyo wide pass?

    terimakasih :)

  91. Halo Info Jepang,
    Mau tanya mengenai Suica/Pasmo ini, apakah bisa digunakan untuk naik kereta dari dan ke Narita Airport? Kalo bisa, apakah semua jenis kereta. Makasih infonya.

  92. Halo saya Rosa,

    Tlg dibantu, saya sudah beli JR Pass , saya diinfo oleh staff salah satu travel terkenal di Jakarta, katany kalau cek di Hyperdia.com kereta yang berwarna pink (spt. Tokyo Metro Tozai Line) tidak bisa menggunakan JR Pass, apakah benar ? Di informasi lain, JR Pass hanya tidak bisa menggunakan kereta Nozomi & Mizuho. Terima kasih sebelumnya, yah.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, betul. Namanya juga JR PASS, hanya bisa digunakan di jalur kereta JR PASS. Jalur kereta subway dan lainnya tidak bisa.
      Lalu shinkansen Nozomi dan Mizuho tidak bisa dipakai. Ibu bisa menggunakan shinkansen yang lainnya.
      Salam

  93. Selamat siang pak, untuk beli kartu suica / pasmo apakah harus masukin nominal yang sesuai? Kalau saya cuma isi 2000 / 5000 saja, dan uang pecahan saya 10.000 yen, mesin bisa mengeluarkan kembalian nggak?

  94. pak mau tanya… kalau bulan desember saya mau ke jepang tujuan ke: lake kawaguchi(tidak menginap), gala yuzawa(1malam), kyoto(2malam), osaka (2malam) dan tokyo(4-5malam). mohon saran: 1) urutan yang baik seperti apa? dengan catatan minimal 3malam di tokyo sebagai hari terakhir.
    2)apakah perlu membeli JR pass ( 2dewasa dan 2 anak usia 6th dan 10 th)
    3)kalau misal membeli JR pass apakah juga perlu membeli Suica untuk berkeliling di tokyo,osaka,kyoto?
    Terima kasih.

    • jonhan  |  

      saya rencana berangkat dari jakarta pak…untuk turunnya dari mana ya itu pak saya minta sarannya..apakah turun ke bandara narita/haneda atau ke bandara kansai untuk rute yang saya tulis diatas. terima kasih infonya.

  95. Info ini sangat membantu saya.
    Jika kami membeli SUICA/PASMO di Haneda, lalu hari ke5 kami akan pindah ke Osaka dan Kyoto, apakah lebih baik :
    1. SUICA tsb kami pakai selama di Kyoto dan Osaka
    Atau
    2. Kami refund di Tokyo dl. Kemudian selama di Kyoto dan osaka menggunakan day pass lainnya? Untuk refund do Tokyo, dimana ya bs merefundnya? Tks bnyk atas pencerahannya..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tim Info Jepang pikir, lebih baik dipakai saja terus SUICA/ PASMO nya selama di Kyoto dan Osaka.
      Sebab kalaupun direfund di Tokyo dan Osaka, akan kena biaya pengurusan 2×220 yen, hanya beda 60 yen dengan deposit di dalam kartu (kalau tidak direfund).
      Kalau hanya beda 60 yen, mending SUICA/ PASMO nya dibawa pulang untuk oleh-oleh atau siapa tahu ke Jepang lagi. Salam

    • jonhan  |  

      saya rencana berangkat dari jakarta pak…untuk turunnya dari mana ya itu pak saya minta sarannya..apakah turun ke bandara narita/haneda atau ke bandara kansai untuk rute yang saya tulis diatas. terima kasih infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      Sama saja pak, tapi kalau tiba dari Haneda atau Narita (Tokyo) dan pulang dari Kansai (Osaka) atau sebaliknya, bapak tidak perlu membeli JR Pass. Lalu, kalau tiba atau pulang dari tempat yang sama Kansai/Haneda, sebaiknya membeli JR Pass.

  96. Malam pak mau tanya begitu saya sampai Haneda, saya akan membeli Suica, lalu pertanyaan saya apakah Suica bisa digunakan utk membayar tiket Keikyu Airport yg menuju Shinagawa Station? Dan apakah Suica bisa digunakan utk transport bus selama di Kyoto dan Osaka utk membeli keperluan di minimart/vanding machine sedangkan utk transportnya saya menggunakan JRPass di Osaka..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, kartu suica bisa dipakai untuk membayar tiket kereta Keikyu Line dan juga trasnportasi di Kyoto dan Osaka.
      Juga bisa dipergunakan di minimarket dan vending machine. Salam

  97. Halo selamat malam,
    mau tanya, kalau seibu railway bisa bayar menggunakan pasmo/suica ini? atau kalau sebelumnya sudah beli tokyo subway 24 hours apakah tokyo subway ini dapat dipergunakan untuk seibu railway? terimkasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Pass kereta Tokyo subway 24 hours hanya untuk subway di kota Tokyo.
      Seibu Railway bukan subway dan tidak tercover oleh pass kereta ini, jadi bisa menggunakan pasmo/suica untuk membayar ongkosnya. Salam

  98. Siang Pak. Saya mau tanya kartu Suica/Pasmo bisa di pakai di JR line enggak? untuk anak umur 4 tahun masih free enggak ya?
    saya rencana 2 hari hanya muter2 di sekitar tokyo aja. Hari ke 3 ke Heneda balik ke jkt. lebih cocok pakai pass apa ya?

    Thanks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Suica/ Pasmo bisa digunakan di seluruh rute kereta di seluruh Jepang termasuk kereta JR.
      Lalu untuk anak umur 4 tahun, tidak perlu membeli suica/pasmo dan tidak perlu membayar ongkos kereta.
      Untuk pass saat jalan-jalan di Tokyo, silakan disesuaikan dengan free pass kota Tokyo.
      Salam

  99. Pagi Pak. Tanya dong, untuk kartu Pasmo/suica ini bisa gak digunakan lebih dari 1 orang selama saldo mencukupi?
    Atau 1 kartu hanya untuk 1 orang? Thanks Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kartu suica atau pasmo hanya bisa dipakai oleh satu orang.
      Kalau sudah ditap di pintu karcis, maka datanya akan tercatat. Dan kalau dipakai untuk orang lain, akan eror dan tidak bisa lewat pintu karcis.
      Salam

    • pg pak…perlukah saya membeli Jr pass karena di osaka menginap 3 mlm kemudian kyoto 3 mlm dan tokyo 3 mlm sudah melebihi 7 hari plg melalui narita airport dan saya belum tau mau kemana saja.
      kalau saya membeli Jr pass dan diaktifkan pada saat di kyoto ke tokyo mubazir kah?dan masih perlukah membeli kartu suica / pasmo?terima kasih.

  100. Pagi Pak Nug, saya ingin bertanya ttg bbp pass & suica/pasmo.
    1. Apakah Pasmo jg ada versi anak ? Apak hanya suica yg ada versi anak?
    2. Apakah Suica/pasmo bisa untuk bayar beberapa moda transportasi yg ada di hakone ? (Togendai cruise, cable car,..)
    3. Dimana tempat beli :
    a. Tokyo subway pass 72hr (1500y)
    b. Osaka 1 day pass (800 y)
    c. Shizuoka mini pass (4500y)
    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kartu Pasmo juga tersedia untuk anak-anak. Tinggal mengisi formulir dan menunjukkan dokumen tanda pengenal anak (dibawah 12 tahun) dan kartu pasmo untuk anak-anak bisa dicetak. Suica dan Pasmo juga bisa digunakan di transportasi di Hakone seperti Hakone Tozan Bus, dan kapal wisata Hakone di Danau Ashinoko.

      Lokasi pembelian Tokyo Subway Pass bisa dicek di Free Pass Harian Tokyo (di Bandara Narita dekat loket tiket Keisei atau Haneda di Pusat Informasi Turis), Osaka One Day Pass (di semua stasiun subway di Osaka. Utamanya bisa dibeli di Umeda atau di Namba). Sedangkan Shizuoka Mini Pass bisa dibeli di travel agent di Indonesia. Atau bisa dibeli online melalui link berikut, nanti ditukarkan setibanya di Jepang. Salam

  101. Dear, Info jepang.net

    Setelah saya baca artikel suica, sepertinya lebi untung beli suica, daripada beli Tokunai pass..
    karena :
    – utk keliling naik kereta /monorail apa saja bisa… (keliling kota wisata di tokyo) / belanja
    rasanya lebih hemat, krn suica dpt diskon dari harga normal tiket dari pada beli Tokunai pass 750yen.

    Apakah benar ? menurut info jepang lebih hemat mana? atau ada tergantung ?

    Thank You

    • Nugroho Christian  |  

      Tokunai Pass baru akan balik modal jika setidaknya mengunjungi 2 atau 3 buah tempat wisata di jalur kereta JR Yamanote Line berikut ini. Alias 4-5 kali naik kereta PP dari hotel.
      Kalau tempat wisata yang dikunjungi kurang dari itu, atau tidak ada stasiun kereta JR di dekatnya, maka lebih bagus membeli suica.
      Salam

  102. Siang pak, saya rencana beli kartu suica di bandara Haneda.
    1. Apakah bisa top up di Minimarket? hanya minimarket di Tokyo atau osaka & kyoto juga bisa?
    2. untuk refund, apakah harus di tempat asal beli Haneda, atau bisa di stasiun tokyo?
    3. Apakah di refund 100% atau ada handling fee.
    4. Apakah bisa saya habisin saldo Yen 0 di minimarket? jadi tidak perlu repot urus refund.
    5. Jika sy sudah habisin saldo, kartu ini apakah akan ditarik kembali oleh mesin? apakah bisa saldo nol namun saya ubah personalize, menjadi cetak nama untuk di bawa ke Indonesia sebagai kenangan.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau menurut pengalaman tidak semua supermarket bisa top up suica/pasmo. Namun, yang bisa Tim Info Jepang katakan: top up bisa dilakukan di semua stasiun di Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Soal refund bisa dilakukan di seluruh stasiun di kawasan Tokyo, bisa di Haneda Airport atau Tokyo Station. Uang yang dikembalikan adalah sisa saldo+deposit 500 yen dikurangi biaya pengurusan 220 yen. Kalaupun dihabiskan saldonya di supermarket, deposit 500 tidak kembali. Kalau saldonya 0, tidak akan ditarik oleh mesin. Kemudian selama kartu tidak direfund/ dikembalikan ke stasiun, maka kartu suica bisa dipakai kenang-kenangan pulang ke Indonesia. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Cara mendapatkan Suica atau Pasmo adalah dengan membelinya di mesin otomatis penjual tiket yang tersebar di seluruh stasiun Jepang. Suica dijual di Stasiun JR, dan Pasmo hanya bisa dibeli di semua Stasiun non-JR.

  103. hi mas mau tanya
    jika saya datang dari osaka, dan ingin membeli kartu semacam pasmo/suica, itu di sebut icoca.
    1. Apakah nanti jika sy di Kyoto dan Tokyo juga bisa menggunakan icoca spt layaknya suica dan pasmo utk pake subway dan jr?
    2. Saya tadi baca beberapa balasan komen mas nugroho katanya pasmo/suica bs di refund di seluruh jepang. sedangkan saya jg pernah bca di komen mas nugroho bahwa pasmo/suica hanya bs direfund di tokyo saja. Mana yang benar?
    3. Jika memang suica/pasmo bs digunakan utk jr dan subway di osaka dan kyoto, Apakah seperti itu juga fungsi icoca utk jr dan subway di osaka,kyoto dan tokyo? sebab saya ingin membeli kartu itu utk kemudahan ditiga kota tsb.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, kartu ICOCA bisa dipakai di seluruh kota di Jepang, dan di jalur subway dan kereta di Tokyo.
      Pasmo bisa digunakan di seluruh kota di Jepang sama seperti ICOCA, namun hanya bisa direfund di tempat dimana kartu dicetak. Pasmo/ Suica adalah kartu yang dibuat di kawasan Tokyo dan hanya bisa direfund di Tokyo, begitu juga ICOCA hanya bisa direfund di kawasan Kansai (Kyoto/ Osaka).
      Kartu ICOCA, pasmo, suica hanya berbeda nama saja, namun fungsinya sama.
      Salam

    • oktiara  |  

      jika sya membeli icoca
      lalu ingin menambah lagi uang nya, apakah dimesin suica/pasmo juga bs untuk isi ulang icoca?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, kartu ICOCA bisa ditopup di mesin pasmo/suica, begitu pula sebaliknya.
      Salam

  104. Terimakasih atas informasinya.
    Saya dan beberapa teman saya akan pergi berlomba di Akasaka, Tokyo, Jepang selama 7 hari pada tanggal 19 feb 2017.
    Di hari ke 6 dan 7 sebelum pulang kami akan sempatkan mengunjungi beberapa tempat di Tokyo,
    hari ke-6 akan ke disneyland dan hari ke 7 ke beberapa tempat mungkin harajuku, shinjuku, asakusa atau shibuya.
    1. sebaiknya saya membeli suica atau free pass tokyo metro atau free pass tokyo subway?
    2. jika dari Akasaka menuju disneyland menggunakan kereta yang apa?
    3. apakah free pass tiket dapat saya pakai untuk menuju ke Narita Airport? jika tidak, apakah kereta yang harus saya naiki jika saya dari Asakusa?
    4. apakah ada aplikasi yang dapat saya pakai untuk menunjukan rute yang harus saya lewati apabila ingin berkeliling tokyo?
    terimakasih atas informasinya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat dalam sehari tidak perlu membeli free pass, cukup beli tiket satuan atau pakai suica/pasmo.
      Jika mengunjungi 4-5 tempat bisa menggunakan free pass harian kota Tokyo. Untuk pergi ke Tokyo Disneyland dari Akasaka, pertama bisa naik kereta Tokyo Metro Chiyoda Line sampai Hibiya, ganti ke Tokyo Metro Hibiya Line sampai Hatchobori, kemudian naik JR Keiyo Line sampai Maihama Station (Tokyo Disneyland).

      Untuk pergi ke Narita tidak ada passnya. Dari Asakusa bisa naik kereta Keisei sampai ke Narita Airport.
      Aplikasi untuk menunjukkan rute selama di Jepang misalnya google maps.
      Salam.

  105. Selamat siang pak nugroho,
    Saya berencana ke Jepang April 2017 dengan anak saya (usia 1 tahun dan 3 tahun), apakah perlu membeli kartu suica? apakah kena biaya sewaktu naik bis ataupun kereta?
    Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Bapak/ Ibu. Tiket kereta, shinkansen dan bus, kartu suica untuk anak-anak berlaku dari anak umur 6-11 tahun (harga diskon 50%).
      Kalau umur 1-3 tahun, ongkosnya gratis. Salam

  106. Hi .. mau tanya nih, saya berencana k jepang tnggal 31 januari..
    Saya berencana tnggal di tokyo 4 hari . Di tokyo saya berencana k shibuya, shinjuku, akiharaba, asakusa, ginza, dan roppongi .. saya pun berencana ke gotemba outlet pada hari terakhir ..
    Selanjutnya, saya pergi k osaka untuk 3 hari. Di osaka saya berencana k dotonburi dan namba .. dan pulang ke jakarta dari osaka..
    Saya mau tanya :
    – apakah saya sebaiknya membeli suica?
    -bagaimana cara dari tokyo ke gotemba?
    -di osaka, saya pakai transportasi apa ya?
    – sebaiknya dari tokyo ke osaka, pakai shinkansen atau pesawat saja? Lebih hemat yang mana ya?
    Thanks ..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk perjalanan di Tokyo bisa menggunakan kartu suica/pasmo supaya lebih praktis daripada membeli tiket ketengan. Lalu informasi perjalanan ke Gotemba bisa dibaca di info wisata Gotemba. Untuk perjalanan dari Tokyo ke Osaka, silakan bisa dibandingkan sendiri biayanya. Jika dengan shinkansen ongkosnya sekitar 13.000 yen, sedangkan dengan naik pesawat totalnya ongkos pesawat+3000 yen ongkos dari Tokyo-Narita dan Kansai-Airport ke Osaka. Salam

  107. selamat sore pa Nugroho, saya kalau naik Tokyo Monorel dari Bandara Haneda ke Hamamatsucho stasiun, apakah bisa pakai JR Pass? Kalau pakai JR Yamanote dari hamamatsucho ke stasiun Tokyo pasti bisa pakai JR pass kan? thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, ongkos kereta Tokyo Monorel dari Haneda Airport ke Hamamatsucho tercover oleh JR Pass.
      Salam

  108. Selamat malam pak,

    Apakah 1 kartu suica/pasmo bisa digunakan oleh lbh dr 2 org?
    Krn berdasarkan articel diatas disampaikan bahwa suica/pasmo “tidak mencatat identitas”.

    Mohon pencerahaannya

    Terimaksh

    • Nugroho Christian  |  

      Memang tidak tertulis nama atau identitas diri di kartu suica. Saat membeli pun tidak ada pengecekan identitas (kecuali untuk versi anak-anak).
      Namun kalau sudah ditap di pintu karcis, maka datanya sudah tersimpan di dalam kartu. Jadi kalau dipakai tap untuk orang lain lagi, akan eror dan tidak bisa lewat. Salam

  109. haloo..
    kalo suica yang dibeli dari bandara bisa dipake di osaka/kyoto ga ya? apa saya harus beli lagi kartu di osaka/kyoto ya? makasihh..
    saya masih agak bingung, maf yaa :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, kartu suica bisa dipakai di seluruh kota di Jepang termasuk Osaka dan Kyoto.
      Hanya tidak bisa direfund lagi.
      Bisa dibaca keterangannya di artikel di atas. Salam

  110. Malam Pak ,

    Saya mau tanya, SUICA dikeluarkan oleh Japan Train, apakah SUICA bisa di gunakan pada saat kita naik tokyo Metro untuk di dalam kota ? Atau sebaliknya apakah PASMO yg dikeluarkan oleh Tokyo Metro apa bisa digunakan di japan train ? Apakah disemua station di tokyo menjual SUICA atau PASMO ini ?
    Terimakasih infonya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Pasmo/ Suica itu hanya berbeda nama saja Ibu. Fungsi dan jangkauan area pemakaiannya sama, bisa dipakai di seluruh jalur kereta baik JR maupun subway, bus kota di Tokyo dan sekitarnya. Ibu tidak perlu mengkuatirkan soal ini. Salam

  111. selamat malam, saya berencana ke jepang pertengahan maret ini. hari ke 2-4 saya sdh membeli paket kanto buffet untuk wisata di jepang ( untuk 3 hari) . Untuk hari ke 1 dan ke 5 saya berencana keliling tokyo, kartu apa yang sesuai untuk saya gunakan selama keliling di tokyo? ( apakah Tokyo metro subway, atau Suica/Pasmo ) thanks atas jawabannya.

  112. Halo mas, mau nanya sy berencana ke jepang dengan anak saya berumur 2 th dan 4 tahun. Tiket kereta di jepang itu dikenakan anak mulai umur brp ya? Krn sy pernah baca untuk tiket anak2 itu mulai umur 6-11 th, artinya yg under 6 th itu free kah? Gak perlu beli tiket?
    Terima kasih sblmnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, kalau di bawah 6 tahun bisa gratis, selama tidak duduk di bangku (dipangku). Tapi ini biasanya hanya berlaku jika kereta penuh. Salam.

  113. selamat siang.. sangat berguna sekali tulisan mengenai pasmo/suica ini. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :
    1. Pasmo/Suica itu jenis kartu yg sama?
    2. Saya tiba di Haneda dan balik dari Osaka. Artinya sy bisa beli kartu suica/pasmo di Haneda Airport?
    3. Saya berencana tidak membeli JR PASS karena sy hanya akan melakukan perjalanan 1x menggunakan Shinkansen, yaitu dr Tokyo ke Kyoto, apakah dengan membeli Pasmo/Suica adalah cara paling tepat?
    4. Kalau untuk tiket Shinkansen itu pembeliannya beda dengan tiket Suica/Pasmo ya?
    5. Saya akan pergi bertiga (Saya, Suami dan anak usia 4 tahun), maka saya tetap harus membeli 2 kartu Suica/Pasmo yang dewasa dan Suica/Pasmo untuk anak2? Pembelian nya di Haneda Airport?
    6. Untuk Refund kembali kartu Pasmo/Suica apakah ada biaya yang dipotong? tadi sy baca ada deposit 500 Yen, apakah ini akan dibalikin semua 500 Yen? dan untuk Refund kartu Pasmo/Suica ini hanya di Airport Haneda? atau di Kansai Airport bisa?
    7. Tadi ada pilihan untuk menuliskan nama dan mengisi identitas diri di kartu Suica/Pasmo, kalau saya memilih pilihan ini apakah menunggu dengan lama?

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Frisca, berikut ini jawaban saya ya:)
      1. Sama untuk penggunaannya. Namun, SUICA dijual di mesin SUICA (ada di stasiun kereta JR)dan PASMO dijual di mesin PASMO (mayoritas di stasiun kereta non-JR).
      2. Ya, di Haneda tersedia mesin untuk membelinya.
      3. Tidak perlu, kamu sebaiknya membeli shinkansen dengan tunai/ cash. Jadi 2 kali kerja, isi ke SUICA/PASMO, lalu dipakai lagi untuk membayarnya.
      4. Ya, shinkansen belinya di loket pembelian di stasiun kereta JR.
      5. Ya, bisa dibeli di Haneda atau di stasiun kereta JR manapun (lihat no.2)
      6. Ya dikembalikan semua bu, jika saldo lebih dari 220 yen, maka akan dikenakan handling fee 220 yen.
      7. Ya, harus menunggu lebih lama dan memerlukan identitas resmi seperti Paspor. Kalau tokh berniat akan di refund, pilih yang umum saja (tanpa nama). Orang-orang ingin SUICA dengan nama biasanya untuk kenang-kenangan (kartu dibawa pulang ke Indonesia).
      Salam.

    • terima kasih penjelasannya

      berarti untuk nomer 3. Saya beli tiket shinkansenya secara Cash saja ya di Stasiun JR.
      Iya kalau untuk kenang2 an saya akan mengukir nama di kartu nya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, betul. Itu yang sering dilakukan orang-orang. Lagipula bisa disimpan siapa tahu ke Jepang lagi.
      Salam dan selamat liburan di Jepang.

  114. Halo Pak Nugroho.

    Rencana trip saya akan berangkat ke Osaka dan pulang dari Narita.
    Dengan rencana seperti itu, saya hanya akan 1x menggunakan shinkansen jarak jauh (Osaka-Tokyo).
    Menurut anda apakah saya perlu membeli JR Pass?
    Jika tidak, berarti saya harus membeli ICOCA Card di Kansai, dan jaminan sebesar 500Yen tidak dapat dikembalikan ya?

    Mohon bantuannya. Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau memang hanya sekali naik shinkansen, berarti tidak perlu membeli JR Pass.
      ICOCA card tidak bisa dikembalikan di Tokyo, alias rugi 500 yen-22 yen (biaya administrasi pengembalian) untuk kartu ICOCA. Tapi banyak rekan-rekan yang menyimpan kartu ICOCA sebagai kenangan pergi ke Jepang atau disimpan suatu saat pergi ke Jepang lagi. Salam

  115. Halo mau tanya, saya sampai hari 1 di Osaka, hari ke 2 Kyoto, hari 4 Kawaguchi, hari Tokyo.
    Kartu IC yang digunakan apa yah? Terutama untuk hari 1-4 karena kalau saya baca icoca harus refund di kota tujuan.

    Thanks..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Karena mendarat di Kansai Airport di Osaka, berarti kartunya ICOCA dan hanya bisa direfund di Kansai, tidak bisa di Tokyo.
      Bapak bisa habiskan deposit di ICOCA dengan berbelanja makanan atau minuman di mesin penjual otomatis atau minimarket. Salam

    • Thanks untuk info nya.

      Refund hanya bisa di Kansai yah? Di stasiun2 kereta di Osaka tidak bisa?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk vending machine SUICA ada di sebelah kanan pintu kedatangan. Kalau sulit, silahkan tanya kepada petugas, katakan saja SUICA, mereka akan mengerti dan segera menunjukkan lokasi vending machinenya. Salam.

  116. Halo infojepang mohon info, saya rencana akan liburan ke Jepang (7 hari) dan stay di Tokyo namun akan menyisihkan 2 hari di tengah trip untuk berkunjung ke Kyoto (pulang tetap dari NRT). Lebih baik beli JR PASS atau beli tiket satuan aja ya? JR PASS juga bisa dipakai di dalam kota kan ya? Oh ya, dalam 2 hari itu, lebih baik saya full di Kyoto atau mampir ke Nara juga?

    Kemudian, di Tokyo jika ingin membeli oleh2 dengan harga murah bisa beli dimana ya? Karena saya dengar2 di Asakusa (CMIIW) harga oleh2 di mark up sangat tinggi

    Thanks in advance!

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Bella. Karena ada PP Tokyo-Kyoto, jika memang ingin naik shinkansen PP silakan membeli JR Pass karena sudah balik modal.
      Kalau ingin menghemat dengan naik bus malam, tidak perlu dibeli JR Pass nya. Pilihan antara pergi ke Kyoto dan Nara, tergantung musim Ibu. Kalau musim gugur mungkin lebih baik pergi ke Kyoto saja. Namun jika musim semi silakan mampir juga ke Nara, karena relatif lebih sepi dibanding Kyoto yang sangat ramai di musim bunga sakura. Untuk oleh-oleh murah bisa juga dibeli di Daiso Harajuku untuk aksesoris, lantai 2 Tokyo Tower untuk kaus-kaus Jepang, nah Asakusa lebih banyak menjual suvenir seperti gantungan kunci dan sebagainya.

  117. makasih buat infonya, oh iya untuk pengisian / top untuk kartu tsb apakah mesinnya berbeda atau bisa menggunakan mesin yang sama? misal saya bisa top up ICOCA di mesin pasmo atau sebaliknya? kalau tidak bisa apakah mesin pengisian keduanya ada di semua station di tokyo osaka airport dan sekitarnya ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Semua mesin sama Ibu, bisa ditop up di seluruh mesin di seluruh stasiun di Jepang.
      Mohon dibaca dengan seksama artikel di atas, sebab semuanya sudah tertulis lengkap. Salam

    • maria ft  |  

      hi pak…dr narita ke apartemen higashi-shinjuku… yg murah naik apa?saya rencana hanya keliling di tokyo,sebaiknya pake suica/pasmo atau tokyo metro line atau yr yamanoto line atau toei line?… makasih …

    • Nugroho Christian  |  

      Maria bisa naik Narita Ekspress atau kereta JR Narita Line sampai Tokyo, lalu naik kereta Tokyo Metro sampai Stasiun Higashi-Shinjuku. Untuk naik bus bisa saja naik Airport Limousine ke arah Shinjuku. Salam.

  118. Siang Pak Nugroho, salam kenal, bulan januari nanti saya akan berangkat ke jepang untuk pertama kalinya (Tokyo selama 7 hari), jadi sekarang lagi rajin-rajinnya mencari informasi, terutama tentang transportasinya, terima kasih untuk info tentang kartu suica dan pasmo, kalo boleh dibilang fungsi kedua kartu ini sama ya untuk mempermudah pembayaran transportasi untuk jalur Tokyo metro dan Toei subway lines, ada lagi yang namanya kartu Tokyo subway pass 24, 48 dan 72 jam, apakah fungsi kartu ini sama saja dengan Suica/Pasmo yang berlaku untuk Tokyo metro dan Toei subway lines? dan kalo jalur Keikyu lines, apa tersedia kartu pass tersendiri? dan mengingat saya akan di Tokyo selama 7 hari, menurut Pak Nugroho, sebaiknya kartu pasmo/suica atau kartu Tokyo subway pass untuk saya gunakan? terima kasih sebelumnya untuk informasinya.

    • Nugroho Christian  |  

      Suica/Pasmo adalah pengganti tiket satuan/ ketengan. Sedangkan Tokyo Subway Pass atau free pass Tokyo lainnya bisa dipakai sepuasnya dalam satu jalur kereta. Bagaimana cara penggunaannya, tergantung objek wisata yang Bapak kunjungi (lihat daftar tempat wisata di Tokyo). Kalau mengunjungi 3-4 wisata sehari, mungkin lebih menguntungkan bila pakai free pass Tokyo. Kalau kurang dari itu, lebih untung membeli tiket satuan atau bayar pakai Suica/ Pasmo.
      Silakan dibaca-baca lebih dahulu mengenai macam-macam free pass di Tokyo serta stasiun yang tercover. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Victor, salam kenal. Bisa, nanti uang kembalian tersedia di semua mesin pembeli kartu SUICA/PASMO.

  119. Dear Mas Nugroho,

    saya rencana untuk keliling tokyo +/- 5 hari terdiri dari ( 3 Dewasa + 1 Anak )
    1. Apakah lebih baik beli One day pas JR/Metro atau Suica ?
    2. Di mesin Suica saya lihat ada pilihan pembelian kartu suica untuk 2 dewasa /3 dewasa / 2 dewasa + 1 anak , apakah lebih baik beli yg 2 Dewasa + 1 anak ? atau beli masing saja sehingga ada 4 kartu Suica ?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak.
      Mengenai pass atau suica yang tepat tergantung tujuan bapak selama berkeliling di Tokyo. Bapak bisa baca pass-pass yang ada di Tokyo beserta dengan objek wisata yang tercover.
      Untuk pembelian suica di mesin, tidak ada pilihan menu untuk anak-anak. Mungkin yang bapak lihat menu membeli tiket satuan/ ketengan.
      Kalau membeli suica via mesin, hanya bisa yang versi dewasa saja. Sedangkan anak-anak bisa dibeli di kaunter tiket (ruangan bewarna hijau). Ini karena suica untuk anak-anak perlu dicek apakah anaknya betul-betul di bawah 12 tahun.
      Lalu suica tidak bisa dipakai untuk dua orang pak, sebab akan eror. Prinsipnya sama kok seperti tiket elektronik KRL Jabodetabek.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya kartu Suica/ Pasmo bisa digunakan di kereta Keikyu Line. Salam

  120. pagi mas nugroho..

    saya mau tanya beberapa hal :)

    1.saya rencana akan menggunakan Suica/Pasmo untuk jalan jalan di tokyo dan osaka. Rombongan akan berjumlah 5 dewasa dan 5 anak di bawah 9 tahun, Tiket Suica yang dibeli sebaiknya berapa ya mas? saya baca kalau tiket anak beda dengan dewasa. Pembelian tiket Suica di stasiun monorail di Haneda Airport?

    2. intinerary saya :
    – 1 hari jalan jalan kota tokyo
    – ke disneyland
    – Osaka dengan naik shinkansen
    -jalan jalan di Osaka 2 hari dan ke Universal Studio
    Apakah semua bisa menggunakan Suica/Pasmo?saya juga rencana mau beli Osaka Amazing Pass

    Terima kasih infonya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bisa membeli Pasmo sejumlah orang dewasa dan anak-anak (Pasmo/suica tidak bisa dipakai oleh dua orang karena akan error). Harganya sama seperti tertulis di artikel di atas. Namun tiket pasmo untuk anak-anak akan otomatis mendapatkan potongan 50% ketika digunakan.
      Ya, seluruh tempat wisata di itinerary ibu tercover oleh pasmo/ suica. Untuk info penggunakan Osaka Amazing Pass bisa dibaca di artikel ini. Salam

  121. Lanjut jawaban td jd sy ga usah beli pasmo unk keliling tokyo(shinjuku,shibuya,ueno,odaiba)?dr asakusa ke odaiba bila memakai kapal himiko bs memakai pasmo?trimakasih…unt guide ol brp ?sy sdh wa blm ada jwban

    • Nugroho Christian  |  

      Pasmo bisa dibeli untuk memudahkan pembayaran saja, supaya tidak perlu mengantri setiap kali pergi. Maksud saya untuk ke Fuji atau Tateyama, silahkan beli ketengan. Naik kapal himiko tidak bisa memakai pasmo, silahkan membeli tiketnya dengan uang tunai. Untuk Guide Online harganya mulai dari 2 juta, info lengkapnya bisa langsung dibaca di Tour Guide Online Info Jepang.

  122. Selamat pagi..pa maaf sy mau tanya lg msh bingung nih…sy tiba d haneda 13 nov stay d hotel mystays kanda slm 12 hr krn suami akan berkunjung ke universitas juntendo.apakah hotel tsb dekat dgn univ tsb?at ada pilihan lain yg lbh dkt dgn jl kaki?slm d sana sy palingkeliling tokyo,fuji dan pengen nya ke tateyama.spy tiket lbh irit apa sj yg hrs sy beli? Pasmo unt keliling tokyo.apa pl sy bl lg fuji hakone pass?berarti sy hrs nginap d srkitar fuji?at lbh murah bl tiket biasa?kl mau ke kyoto tanpa nginap bs?at ke tayeyama ranpa nginap?apakah transf akan lbh mhal? Sy rcn 11 hr tg 25 balik dr haneda.km b3 jl2 tampa laki2.aman kah?trimakasih…

    • Nugroho Christian  |  

      Hotelnya sudah cukup dekat, hanya tinggal naik kereta saja. Fuji Hakone Pass baru akan untung kalau ibu berkeliling area Fuji dan Hakone 2-3 hari. Di luar itu, silahkan beli tiket ketengan saja. Jika mau ke Tateyama tanpa menginap, silahkan baca itinerary 1 hari Tokyo-Tateyama yang pernah saya buat. Negara Jepang aman, kriminal hampir tidak ada, tenang saja.

  123. Selamat sore pak, saya dan keluarga berencana ke Jepang pertengahan maret 2017. Rute kami dtg via haneda, keliling tokyo 4 hari, kemudian ke kyoto hanya ke kiyomizudera, lanjut ke osaka selama 3 hari. Dari Tokyo ke Kyoto kami naik Willer Bus. Rencana saya akan membeli SUICA selama di Tokyo. Yang ingin saya tanyakan, apabila saya bawa kartu SUICA tsb ke Kyoto dan Osaka, apakah nantinya bisa direfund di Bandara Kansai Osaka? Kalau tidak bisa, apakah saya bisa refund SUICA di stasiun seperti Inaricho atau Maihama.
    Untuk Willer Express apakah kita harus booking beberapa hari sebelumnya atau bisa di tempat pada saat kita akan berangkat ke Kyoto. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      SUICA atau PASMO hanya bisa di refund di Tokyo dan sekitarnya. Solusinya, ibu bisa membeli makanan/minuman di minimarket untuk menghabiskan saldo. Atau dibawa pulang ke Indonesia sebagai kenangan. Bus willer untuk bulan maret 2017 kemungkinan “penuh” dan tidak bisa duduk berdekatan karena masuk dalam waktu liburan favorit di Jepang. Silahkan pesan/ booking bus 1 bulan sebelumnya. Salam.

    • Endah Rofiq  |  

      Wah?? Terimakasih infonya pak, spy kami pikirkan alternative transportasi dr Tokyo ke Kyoto.

    • Endah Rofiq  |  

      Selamat pagi…pak tanya lagi dunk hehe.. kalau utk akses internet di sana sebaiknya bagaimana ya. apakah kita sewa portable wifi dari Indonesia , atau sewa di sana? terimakasih

  124. Saya masih bingung penggunaan antara PASMO/SUICA dengan Tokyo Subway Ticket saya berencana 3 hari di tokyo kemudian ke Kyoto selama 5 hari (mengunjungi Osaka, Kobe, Nara), apakah saya harus memiliki kedua kartu tersebut. Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Malam Hendriani, Tokyo Subway Tiket ini adalah pass yang bisa digunakan untuk membayar semua kereta subway di Tokyo tanpa perlu membayar lagi. Sedangkan, SUICA atau PASMO ini sejenis kartu berbayar elektronik (seperti e-money/ harus diisi ulang) yang bisa digunakan untuk naik KRL Jabodetabek atau beli makanan. Kartu ini tidak meng-gratis-kan tiket, hanya mempermudah saja karena tidak perlu mengantri tiap kali pergi. Salam.

  125. siang pak nugroho,
    saya mau nanya donk malam ini saya terbang ke haneda lalu dilanjutkan ke osaka menggunakan JR pass karena plg ke jkt melalui haneda juga. minggunya saya ingin jalan2 ke kyoto seharian.. apabila saya ada JR pass apa perlu saya beli one pass lagi buat selama di kyoto?

    • Nugroho Christian  |  

      Siang pak budi, di Kyoto kebanyakan objek wisatanya ditempuh dengan naik bus. Bapak bisa membeli Kyoto Bus Pass yang lebih hemat untuk berkeliling. Salam.

    • selama saya di osaka karena letak penginapan saya di dekat stasiun nishikujo.. selama saya di osaka apa perlu membeli pass selama di osaka atau menggunakan JR uda tercover semua? karena renacanya mau ke dontonburi, USJ, namba dll

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya pergi ke 3 tempat itu silakan bisa pakai JR Pass+ tiket suica/pasmo atau beli tiket satuan. Tidak perlu membeli Osaka Pass.
      Salam

  126. Selamat malam mas saya berencana ke jepang awal maret 2017 dgn suami dan anak umur 4 tahun rencana saya akan ke tokyo osaka kyoto dan pulang lewat osaka. Dan kyoto pp saja dr osaka. Saya ingin menanyakan
    1. hotel yg startegis dN dekat station kereta di tokyo dan osaka
    2.tiket mana yg saya harus beli jrpass atau suica.
    3.saya berencana ingin melihat salju. Dan ingin tahu tempat yg ada salju pada awal maret
    Terima kasih atas bantuannya mas

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Boleh tahu rencana di Tokyo dan Osakanya seperti apa? Biar Tim Info Jepang bisa kasih rekomendasi hotel yang lebih detail.
      Kemudian, karena Ibu datang dari Tokyo dan kembali pulang via Kansai Airport, sepertinya tidak perlu membeli JR Pass.
      Tempat untuk main salju yang mudah diakses antara lain Gala Yuzawa, Resort Ski Fujiten, atau Snow Resort Yeti.
      Bisa dibaca-baca terlebih dahulu.
      Salam

  127. Selamat malam, saya berencana Januari 2017 ke biwako valley untuk main ski, di web tertulis rutenya naik JR Tokaido-Sanyo line dan Kosei Line. Apakah kedua line itu bisa menggunakan suica untuk pulang pergi atau saya perlu membeli JR Pass, dan apakah ada JR Pass yang bisa dipakai hanya untuk satu kali rute pulang pergi Osaka-Shiga? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Vanessa, Biwako (Danau Biwa) bisa kamu capai dengan naik kereta dari Kyoto/Osaka. Harganya juga murah. Rasanya bisa dengan suica atau beli tiket ketengan pun tidak apa-apa. JR Pass harganya 29.020 yen, dan baru akan untung kalau ada perjalanan Tokyo-Kyoto/Osaka PP. Salam.

  128. Hi,
    mau tanya dari kansai airport, rencana saya langsung ke hotel di daerah namba, apakah icoca bisa didapat di airport kansai? sebelum kita keluar dari bandara dan naik train ke namba? tks

  129. Hallo.
    boleh saya minta infonya, kalau kita punya kartu suica tapi mau isi tambahan dananya ke kartu apa bisa di lakukan di stasiun osaka?

    thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Gowi, kalau untuk isi tambahan (top-up) bisa dilakukan di mana saja. Salam dan selamat liburan di Jepang!

  130. Halo..saya mau tanya, kalo dr haneda airport jam 21.30 ke hotel tmpt saya menginap ( Keisei Hotel Marimare)lebih praktis naik apa?krn kita traveling b4, dg 2 anak usia 5 th dan 9th…apakah dg train or airport limousine bus?jika dg train harus naik apa dan turun dimana?jika bus naik yang apa?trus dr hotel Keisei ke tokyo disneyland naik subway apa aja rute nya dan station nya?thxu..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Narita Airport bisa naik kereta JR Rapid ke arah Tokyo dan turun di Stasiun Chiba. Dari Chiba kemudian bisa berjalan kaki sampai ke Keisei Hotel Mira Mare. Ini adalah yang paling murah dan praktis Ibu. Untuk ke Tokyo Disneyland, bisa ke Chiba Station, ganti kereta Keiyo Line di Soga Station sampai ke Maihama Station (stasiun terdekat Tokyo Disneyland).
      Salam

  131. Sore paK… saya berencan ke Jepang tgl 5-12 November Landing dan Take off dr bandara Haneda, rencananya saya akan ke Kyoto, osaka, Kobe dan sekitarnya ( saya belum riset lebih jauh dan belum membuat itinery yg fix juga ) rencana menginapnya di rumah saudara di Tokyo.. saya mau tanya jika saya PP one day dari Tokyo ke Osaka/Kyoto menggunakan JR apa memungkinkan? kalau emmang bisa seperti itu JR pass tentunya sangat bermanfaat ya, dan untuk keliling dalam kotanya rencana saya akan membeli Suica/Pasmo

    Terima Kasih atas jawabannya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau memang berencana mau naik Shinkansen Tokyo-Osaka PP, maka JR PASS adalah pilihan yang sangat tepat.
      Perjalanan shinkansen Tokyo-Shin Osaka sekitar 3 jam dengan shinkansen Hikari (paling cepat jam 06.26 sampai jam 09.30)
      Jadi cukup kalau memang ingin berkeliling kota Osaka saja. Namun kalau ingin ke Kyoto juga rasanya kurang kalau hanya satu hari.
      Kartu Suica/Pasmo bisa dipergunakan sebagai pelengkap JR Pass untuk stasiun-stasiun yang tidak tercover JR PASS.
      Salam

  132. siang, mo tanya lagi Kalau saya dari narita airport arrival pk.20.15 mau lanjut ke osaka naik bis malam untuk biaya yang paling minim naik bis apa ya willer/nankai? lalu naik busnya dari terminal bus mana shinjiku/tokyo/narita lgsg? kemudian ke terminal keberangkatan bis itu perlu biaya berapa kalau keluar dari airport narita? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Jika naik bus Nankai dari Narita, berangkat jam 21.40 tiba di Osaka 07.30 dengan biaya 7,760-9,060 Yen tergantung peak/tidak peak.
      2. Jika naik bus dar Shinjuku/Tokyo maka mempertimbangkan perjalanan kereta dari Narita (biaya termurah naik kereta Keisei Ekspress 1430 yen), lebih baik pilih jam diatas jam 24.00. Biayanya sekitar 2900-8500 yen tergantung hari peak/tidak peak.
      Dari Narita, cukup jalan kaki ke halte busnya. Di Shinjuku, bus-bus malam biasanya berangkat dari Bus Terminal di dekat pintu keluar selatan. Sedangkan Tokyo Station, bus malam berangkat dari pintu keluar Yaesu atau parkir Kajibashi.
      Salam.

  133. siang, mo tanya:
    1. kalo naik bis willer dari narita ke osaka, osaka ke narita ada? kalau ada dari narita terminal brp?
    2. kemudian kalo dari narita saya lanjut ke hotel dekat subway ningyoco bisa pakai JR wide pass atau perlu tiket tambahan? terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu
      1. Dari Narita Airport tidak ada bus Willer menuju ke Osaka, namun bisa naik bus Nankai yang berangkat dari terminal 1 dan terminal 2.
      2. Dari Narita bisa naik Narita Ekspress ke arah Tokyo Station dan turun di Bakurocho Station. Sedikit jalan sampai ke stasiun subway Ningyochou namun semuanya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

  134. Kalo boleh tau JR wide pass kan hanya 3 hari, berarti sebaiknya kapan saya mulai gunakan? Kalau merujuk ke itinerary saya, Dan bisa digunakan utk moda trip transportasi di tgl brp saja, terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu silakan baca link mengenai hitung-hitungan Info Jepang mengenai JR Tokyo Wide Pass.
      Dan JR Tokyo Wide Pass bisa digunakan di hari 1 (tiba di Narita) sampai hari ke 3.
      Salam

  135. Nugroho Christian  |  

    Ya Ibu jika naik kereta JR semuanya bisa tercover oleh JR Pass.
    Kereta terakhirnya adalah jam 23.16 jadi kami rasa cukup kalau mendarat di Narita jam 20.00.
    Jika mau cepat bisa naik Narita Express dari Narita Airport langsung ke Shinjuku. Kereta berangkat jam 20.44 dan 21.44.

  136. Nugroho Christian  |  

    Kalau berencana ingin ke Tokyo-Osaka-Kyoto, dan ingin cepat (dengan naik kereta) jauh lebih menguntungkan membeli JR Pass. Kalau mau murah, bisa coba naik bus malam. Sebagai perbandingan, kereta Tokyo-Kyoto harganya 13.080 durasi 2 jam, naik bus 4.000 yen durasi 8 jam. Apalagi Devi mau ke Gala Yuzawa. Ada baiknya beli JR Pass, karena ke Gala Yuzawa naik bus cukup merepotkan dan lama. Ada shinkansen langsung dari Tokyo sampai Gala Yuzawa.

    Daerah Koenji cukup dekat dengan Stasiun Shinjuku, namun kami butuh alamat apartemen yang lebih lengkap.

    Salam.

  137. Hai mohon info sy akan liburan ke tokyo saja.. Hotel sy di shinjuku.. Jika sy mau ke odaiba.. Sy mnggunakan monorel yurikamone dan turun di daiba station.. Apakah kartu pasmo sy bisa dgunakan untuk naik monorel? Atau harus beli tiket lain?

    • Nugroho Christian  |  

      Kartu pasmo bisa digunakan Hestytia, untuk membayar semua tiket kereta, bus, atau berbelanja di supermarket.
      Salam.

  138. Hi,

    Untuk kartu suica/pasmo bisa digunakan di Toei Line dan Tokyo Metro line ya? dan bila saya ingin ke haneda airport menggunakan keikyu apakah bisa menggunakan suica/ pasmo?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Benar, kartu Suica atau Pasmo bisa digunakan untuk naik kereta Toei Line dan Tokyo Metro line, termasuk juga untuk kereta Keikyu (Haneda-Shinagawa).
      Salam :)

  139. Selamat siang. Pada keterangan diatas ditulis bahwa kartu suica dan pasmo hanya bs dicetak di tokyo. Trip yg akan saya lakukan adalah tiba di kansai (osaka) – kyoto- tokyo. Jadi lebih baik saya beli kartu apa ya? Dan saya baca di kansai tidak bisa beli juga. Kalo utk perjalanan antar kota saya rencana pakai bus malam saja biar lbh hemat. Apakah bus malam bisa dibayar dengan suica juga? Thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Jika dari Kansai maka kartunya bernama ICOCA (sama seperti kartu suica/pasmo) hanya beda nama saja.
      Untuk bus malam, bisa dibayar pakai uang tunai Pak langsung pas naik bus ke supirnya/ yang menjaga halte.
      Itu lebih praktis daripada topup kartu di stasiun untuk bayar ongkos bus malam.
      Salam

    • Thanks respond nya. Kemudian untuk icoca apakah bisa digunakan juga di tokyo dan kyoto untuk kereta dan belanja di marketnya? Karena yang saya perhatikan bahwa di jepang banyak line dan dikelola oleh perusahaan2 berbeda. Jika bisa, mungkin begitu sampai di kansai kami langsung beli icoca dan digunakan sampai pulang nanti di tokyo. Thanks in advance.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak Edy. Kartu ICOCA itu sama persis dengan SUICA/ PASMO dari sisi penggunaannya. Bapak bisa pakai ICOCA untuk naik kereta JR, kereta swasta, dan bus (utamanya di Kyoto). Selain itu, bisa dipakai buat membeli barang di Lawson, Family Mart, Seven Eleven juga.

      Salam dan selamat liburan!

  140. selamat malam, bulan desember saya akan ke jepang turun di narita tgl 22 des, 5 hari di tokyo, kemudian ke rencana ke hakone, gotemba dan mt fuji, setelah itu lanjut osaka, dan pulang ke indo tgl 2 jan dari osaka. mohon sarannya kami ber 4 dewasa semua pakai kartu apa. terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi Pak Handoko, saya lihat rencananya cuma Tokyo-HakoneGotembaGunung FujiOsaka. Bapak paling hanya perlu membeli Hakone Free Pass saja untuk perjalanan Tokyo-Hakone-Gotemba. Sisanya bisa menggunakan kartu SUICA/PASMO saja supaya tidak perlu mengantri saat membeli tiket kereta. Melihat dari rencana perjalanan bapak sekeluarga, jangan membeli JR Pass juga.

      Salam dan selamat liburan Pak!

  141. malam, bulan desember saya akan ke jepang turun di narita tgl 22 des, 5 hari di tokyo, kemudian ke rencana ke hakone, gotemba dan mt fuji, setelah itu lanjut osaka, dan pulang ke indo tgl 2 jan dari osaka. mohon sarannya kami ber 4 dewasa semua pakai kartu apa. terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Hakone sepertinya memang tidak ada. Tapi dari Odawara (dekat dengan Hakone di jalur Tokaido Line) ada satu bus, yakni Kinki Bus.
      Bisa dilihat di sini.
      Salam

  142. hi, salam kenal, saya ada rencana ke jepang, yang saya mau tanya adalah apa perbedaan tiket tokyo subway dan pasmo/suica? bila saya berencana liburan di jepang selama 7 hari, tiket mana yang lebih baik saya beli?

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Angie, salam kenal juga.

      Tiket tokyo subway itu cuma bisa dipakai untuk naik kereta Tokyo Metro dan Toei Subway saja, itupun dengan masa berlaku 1-3 hari saja. Sementara untuk Suica/Pasmo bisa digunakan untuk naik semua jenis kereta. Saran Tim Info Jepang, Anggie lebih baik membeli Pasmo/Suica saja di mana tidak ada batasan masa berlaku tiket. Selama saldo masih mencukupi, Anggie bisa naik kereta sepuasnya di seluruh Jepang.

      Btw, liburan di Jepang selama harinya mau kemana aja? Kalau Tokyo-Kyoto atau Osaka, mungkin bisa dipertimbangkan membeli Japan Rail Pass/ JR Pass.

      Salam.

  143. hallo selamt sore, sy tgl 29 mau jepang
    kota yg sy kunjungi adalah tokyo dan yokohama
    sy mau tny apakah suica/pasmo bisa digunakan di yokohama?
    dan apakah suica/pasmo bisa digunakan di seluruh jenis kereta di jepang (termasuk JR)?

    • Nugroho Christian  |  

      Sore juga Alex,
      Semua kota sekarang sudah menerima kartu Suica/ Pasmo, dan kita bisa menggunakan kartu Suica/ Pasmo untuk naik semua kereta termasuk bis kota

      Salam

    • Oh berarti smua kereta dan bus bisa ya? Krn sy ad smpt baca artikel. Kalo pasmo ga bs yg JR. Ok kalo bgt, thanks bgt infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      Halo galih, sepertinya bisa. Kartu Suica/Pasmo itu sebagai pengganti tiket saja. Intinya gak perlu membeli tiket setiap kali naik kereta. Namun, kalau galih mau, bisa beli tiket terusan/ langganan untuk 1 jalur di Stasiun Kereta kok (untuk pemakaian 1 bulan atau 6 bulan). Ada potongan harganya juga. Kalau suica/pasmo gak ada potongan harganya

      Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Yang kami maksudkan dalam artikel ini adalah kartu suica/pasmo hanya untuk wisata di Jepang. Namun, tersedia juga kartu pasmo/suica khusus teikiken (berlangganan). Kamu bisa pergi ke stasiun terdekat, memberitahu pemakaian antara stasiun apa dan stasiun apa, dan pemakaian berapa bulan (1, 3, 6 bulan). Kalau mahasiswa bisa mendapatkan potongan asal ada surat dari kampus. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Pada dasarnya seluruh kartu suica bisa dipakai di seluruh kota di Jepang, jadi tentu bisa ditopup dimana pun.
      Salam

  144. bagaimana kalau mengenai perjalan osaka-kyoto?
    apakah juga memerlukan jr pass atau bisa menggunakan suica saja?
    terima kasih

    • Info Jepang  |  

      Halo, sepertinya ingrid belum paham perbedaan penggunaan JR Pass dan suica.
      JR PASS adalah tiket terusan, harganya mahal (paling murah 3 juta). Cocok digunakan jika kamu pergi berkeliling 3-4 kota di Jepang selama liburan. Mengapa dibilang cocok? Karena jika harus membeli tiket kereta shinkansen antar kota harganya jauh lebih mahal dibandingkan bila pakai JR PASS.
      Suica hanyalah kartu pengganti uang membayar tiket, sehingga kita tidak perlu beli tiket tiap naik kereta, cukup pip saja. Suica cocok untuk berkeliling dalam 1 kota, misalnya berkeliling kota Tokyo atau berkeliling kota Osaka atau Kyoto.

      Kalau hanya dari Osaka ke Kyoto, cukup beli tiket/ suica. Tidak perlu JR PASS

  145. Halo, saya mau nanya, sy berencana ke jepang, lwt Haneda, krn saya akan ke Osaka lalu balik lagi ke Tokyo makanya saya membeli JR Pass yg seharga 29.000 yen, apakah saya juga bisa memakai JR pass utk keliling Tokyo juga tanpa saya harus membeli Suica/Pasmo?
    Terima kasih atas infonya.

    • Info Jepang  |  

      Jika sudah memiliki JR Pass, tidak perlu lagi membeli Suica/ Pasmo karena fungsinya sama. Selama JR Pass masih aktif (masa aktif kartu 7 hari), Lydia bias menggunakannya sebagai pengganti karcis kereta. Cukup tunjukkan kepada petugas di stasiun yang berjaga dekat pintu manual.

      Salam dan selamat liburan di Jepang :-)
      Tim Info Jepang

    • Info Jepang  |  

      Hallo stella,

      Kartu suica atau pasmo bisa direfund di seluruh kota di Jepang, termasuk Kyoto atau di Narita (sebelum kembali ke Indonesia)

  146. stella belinda  |  

    halo.
    saya sedang di tokyo dan saya tidak tahu kalo membeli shinkansen tiket tidak bisa menggunakan suica. saya sudah terlanjur mengisi saldo sesuai dengan harga tiket shinkansen. Bisa saya merefund kembali isi yg di dalam suica card saya? di mana saya harus merefund nya? dan kira-kira apa yang harus saya katakan kepada mereka? terimakasih. sangat perlu bantuannya karena uang cash saya sangat terbatas.

  147. Rika Yuliawati Yusuf  |  

    yg sy agak bingung ada ya kartu suica untuk anak?apa pd saat beli di mesin ada pilihan kartu suica yg buat anak?thanks

    • Info Jepang  |  

      Mulai dari april 2014, suica untuk anak dibawah 12 tahun sudah bisa dibeli di kaunter/meja informasi turis bewarna hijau (midori no madoguchi dlm bahasa Jepang). Tiket suica ini memang tidak dijual di mesin.

  148. Rika Yuliawati Yusuf  |  

    halo kalau untuk anak 11 tahun apakah perlu kartu suica/pasmo?atau lebih baik beli tiket kereta untuk 1x pemakaian saja?krn katanya kalau anak yg masih SD harga tiket kereta bisa setengah harga org dewasa

    • Info Jepang  |  

      Untuk anak kecil di bawah sekolah dasar tidak dikenakan biaya. Benar, pelajar SD (anak 11 tahun masuk ke sini) dikenakan tiket anak yang harganya setengah harga tiket dewasa, sehingga saldo kartu SUICA akan terpotong setengahnya. SUICA sangat berguna jika hendak berjalan-jalan di sekitar Tokyo, selain tidak perlu mengatri setiap kali naik kereta, ada potongan yang diberikan juga. Kalau ada sisa saldo, bisa diuangkan juga.

      Semua tergantung rencana liburan, kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat saja, tidak perlu membeli suica. Namun, jika banyak tempat, lebih bagus membelinya.

      Selamat liburan, salam.

  149. Hallo….
    Mau tanya untuk pengembalian suica …saya sedang di tokyo…semisal kartu suica saya masih 700¥..apakah saat mengembalikan suica ke loket penjualan di bandara bisa dikembalikan semuanya termasuk depositnya 500¥..jadi total yg dikembalikan 1200¥…

    Terimakasih.

    • Info Jepang  |  

      Jika Anda mengembalikan kartu suica/ pasmo ke kantor stasiun JR terdekat, maka uang yang dikembalikan adalah deposito 500 Yen+ sisa saldo kartu suica (700 Yen)-biaya pengurusan 220 Yen. Sekian.

  150. Saya ingin menanyakan jalur arah kereta di Tokyo apakah seluruh kereta menyediakan rute bolak-balik misal dr poin A ke poin E (A-B-C-D-E dan E-D-C-B-A) atau bergerak hanya searah jarum jam saja arah keliling nya? Spt JR Yamanote line yg arahnya berputar di pusat kota Tokyo apakah kereta hanya bergerak searah saja dan berputar mengikuti arah tsb atau juga bisa bolak-balik sesuai kebutuhan kita utk rute terdekat?
    Mohon infonya.

    • Info Jepang  |  

      Yamanote Line selain melingkar, namun juga memiliki rute bolak-balik, tidak hanya searah jarum jam.
      Semua rute kereta lainnya juga memiliki rute bolak-balik, sama seperti kereta KRL di Jakarta.

  151. Hallo, saya Lisna.
    saya akan ke Kanazabunko dari Haneda, setelah dari Kanazabunko saya ke Kohoku Ward. apakah saya bisa menggunakan Suica/Pasmo untuk ke tujuan tersebut? saya juga akan berkeliling dengan JR Tokyo Wide Pass . bagaimana sebaiknya saya membeli JR Tokyo wide, apakah dari Haneda, atau sekembali dari Kohoku? Sebab di Kanazabunko dan Kohoku saya hanya urusan pekerjaan . trims^^

    • Info Jepang  |  

      JR Tokyo Wide Pass bisa digunakan berkeliling Tokyo, hingga ke prefektur sekitar yakni Saitama, Kanagawa, bahkan sampai ke Gunung Fuji dan kebanyakan memiliki waktu berlaku yakni 3 hari. Jika urusan pekerjaan berlangsung hanya satu kali lebih baik membeli tiket seperti biasa, namun jika berlangsung dalam tempo waktu yang cukup lama bisa membeli tiket terusan pulang pergi dimana kita bisa menentukan stasiun asal dan stasiun tiba.

  152. Apa benar deposit yg 500 yen dalam kartu bisa digunakan untuk belanja sampai habis??
    Jadi tidak perlu pengembalian deposit yg, katanya akan dikenakan biaya!?
    Terima kasih.

    • Info Jepang  |  

      Deposit tidak bisa dipergunakan. Misalnya Anda membeli kartu suica atau Pasmo dan memasukkan 2000 Yen ke dalam mesin pencetak kartu.
      Saldo yang tertera hanyalah 1500 Yen (yang bisa dipakai), sedangkan 500 Yen adalah deposito dan tidak bisa dipakai dalam berbelanja.
      Jika Anda mengembalikan kartu suica/ pasmo ke kantor stasiun JR terdekat, maka uang yang dikembalikan adalah deposito 500 Yen+ sisa saldo kartu suica-biaya pengurusan 220 Yen. Sekian, semoga bermanfaat

    • Info Jepang  |  

      Penukaran deposit dapat dilakukan di Midori Madoguchi atau tempat informasi yang ada di seluruh stasiun di kota-kota besar.
      Para petugas akan senang hati memberikan petunjuk

  153. klo mau dipake untuk keliling jepang & masuk ke tmpat2 wisata (temple,shrine,museum,dll) sebaiknya pilih suica/pasmo atau one day ticket (kanto pass, kansai pass,dll)???

    • Info Jepang  |  

      Mengenai pilihan antara Pasmo atau One Day Ticket (Tiket Terusan Harian) sebenarnya tergantung pada tujuan/ objek wisata yang ingin dikunjungi.
      One day ticket jauh lebih murah jika semua objek wisata yang mau dikunjungi bisa dijangkau oleh jalur kereta dalam satu kota. Namun, sistem kereta di Jepang sangat rumit dan membutuhkan pengetahuan khusus mengenai jalur kereta. Untuk Anda yang baru pertama mengunjungi Jepang, dan ingin mengunjungi objek wisata di berbagai kota, kami menyarankan untuk menggunakan kartu Suica/Pasmo.

  154. halo,
    terima kasih atas info kartu SUICA. sangat bermanfaat. namun saya ada beberapa pertanyaan. mohon berkenan untuk membalasnya.
    1. saya akan membawa anak saya yang berumur 3 tahun apakah di kerta api dijepang dia akan dikenakan charge? i mean. apakah saya juga harus membeli kartu SUICA untuk dia?

    2. saya akan travel ditokyo saja. seperti disneyland disneysea, asakusa temple. apakah SUICA card sangat berguna?

    3. saya akan tiba di haneda airport apakah bisa langsung membeli kartu SUICA disana?

    thanks,
    diana.

    • Info Jepang  |  

      Untuk anak kecil di bawah sekolah dasar tidak dikenakan biaya. Pelajar SD dikenakan tiket anak yang harganya setengah harga tiket dewasa.
      SUICA sangat berguna jika hendak berjalan-jalan di sekitar Tokyo
      Setibanya di Haneda Airport, kartu suica/pasmo bisa dibeli di mesin penjual tiket di stasiun kereta.
      Jika kesulitan, minta tolong saja kepada petugas yang berjaga dan mereka akan dengan senang hati menolong

    • Info Jepang  |  

      Kalau hanya berjalan-jalan di kota Tokyo lebih baik menggunakan SUICA.
      Suica digunakan sebagai pengganti uang kertas dan dapat dipergunakan di seluruh jalur kereta dan bus dalam kota.
      Deposit dalam suica dapat diisi ketika habis dan dapat diuangkan kembali ketika meninggalkan Jepang.
      Sedangkan JR Pass lebih tepat ketika dipakai berkeliling kota di Jepang (antar kota dan antar prefektur), karena dengan menggunakan JR PASS ongkos kereta akan jadi lebih murah. Namun perlu dicatat, JR PASS harganya jauh lebih mahal (paling murah 10 ribu Yen) dan tidak dapat diuangkan ketika meninggalkan Jepang.

      Kalau Dewa hanya ingin berkeliling kota Tokyo cukup dengan SUICA saja

  155. tgl 20 feb sd 26 feb 2016 apakah msh msm dingin? dan kalau sdh membeli kartu suica/pasmo apakah kt msh perlu kartu 1 day pass u d kyoto?thx

    • Info Jepang  |  

      Akhir bulan Februari masih musim dingin, suhu udara juga masih cukup rendah sekitar 10 derajat celcius.
      Kartu suica/pasmo sangat bermanfaat ketika naik bus/ kereta karena tidak perlu menyiapkan uang kecil, tapi ongkos yang dibayar tetap sama.
      Kartu 1 day pass itu fungsinya berbeda dengan suica/pasmo karena membuat ongkos jauh lebih murah.
      Jadi kesimpulannya, 1 day pass digunakan untuk berkeliling kota Kyoto sedangkan suica/pasmo untuk pindah antar kota

    • Info Jepang  |  

      Ya sekarang kartu suica bisa digunanakan hampir di seluruh wilayah Jepang

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!