Kuil Sensoji

Home / Shopping Center / Kuil Sensoji
Item image

Kuil yang dibangun abad ke 6 ini menjadi kuil tertua sekaligus kuil yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kuil Sensoji di Asakusa ini juga sering disebut Kuil Kannon Asakusa. Kita bisa pergi ke Kuil Sensoji dengan naik kereta bawah tanah (chikatetsu) dari semua stasiun terkenal di Tokyo. Akses yang mudah dari seluruh penjuru kota, ditambah adanya toko oleh-oleh terkenal di Nakamise Dori, menjadikan area Asakusa objek wisata paling ramai di Tokyo.

Keluar dari Stasiun Asakusa kita bisa belok kanan dan berjalan kaki sekitar 50 meter sampai ke Kaminarimon (Gerbang Halilintar) yang terkenal. Kemudian kita bisa masuk ke dalam dan menyusuri pertokoan Nakamise Street (Jalan Nakamise). Kita bisa membeli oleh-oleh, aksesoris, dan barang-barang unik Jepang yang lainnya. Di akhir jalan Nakamise Street kita bisa melihat Kuil Sensoji yang megah. Dengan warna merah yang mencolok di antara gedung-gedung lainnya, Kuil Sensoji tetap tegak berdiri. Kita bisa merasakan atmosfir kejayaan Jepang saat jaman Edo dari bangunan-bangunan bersejarah yang tetap megah dan kokoh berdiri hingga sekarang.

Puas berbelanja dan foto-foto di Kuil Sensoji di Asakusa, kita bisa masuk ke jalan kecil yang berada pararel dengan Nakamise Street dan makan makanan khas Jepang dengan harga terjangkau. Berikut rangkuman kegiatan menarik yang bisa dikerjakan di Asakusa Tokyo, rangkuman Tim Info Jepang.

  • Berikut 8 Kegiatan seru yang harus dilakukan di Kuil Sensoji di Asakusa.

    1. Naik Jinrikisha (tugtug Jepang)

    Kita bisa berkeliling daerah Asakusa dengan naik tugutug Jepang yang terkenal! Penarik jinrikisha akan membawa kita mengelilingi seluruh objek wisata di Asakusa, mulai dari Kuil Sensoji hingga ke Tokyo Sky Tree. Tempat duduk jinrikisha yang sedikit lebih tinggi membuat kita dapat melihat pemandangan yang berbeda dibanding bila berjalan kaki. Di samping itu, ada juga beberapa penarik Jinrikisha yang bisa berbahasa Inggris, sehingga kita dapat mengelilingi objek wisata sambil mendengarkan penjelasan yang menambah wawasan tentunya.

    Prinsipnya sebetulnya hampir sama dengan becak di Indonesia yang juga menggunakan tenaga manusia sebagai penggeraknya. Bedanya, jika pengemudi becak berada di belakang sambil mengayuh untuk menjalankan becaknya, pengemudi jinrikisha berada di depan dan menarik/mendorong pegangan becak dengan tangannya. Jinrikisha pun hanya memiliki 2 roda, dan keseimbangan di bagian depan dijaga oleh pengemudi jinrikisha.

    Naik Jinrikisha di Asakusa

    Untuk ongkos naik Jinrikisha, bisa dibilang cukup mahal untuk kantong orang Indonesia. Untuk durasi perjalanan 12 menit, ongkosnya berkisar antara 3000-6000 Yen berdasarkan jumlah penumpang yang naik. Ongkosnya akan naik seiring dengan bertambahnya durasi perjalanan jinrikisha.

    INFO LEBIH LANJUT TENTANG TUGTUG/ JINRIKISHA

    Kaminarimon menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi dan difoto! Saran saya, datanglah lebih pagi sehingga bisa lebih lega berfoto tanpa terganggu orang banyak yang lewat.

    Kaminarimon di Asakusa

    3. Belanja aksesoris di Nakamise Street

    Nakamise-dori sebenarnya adalah jalan utama menuju Kuil Sensoji di Asakusa. Nakamise-dori menghubungkan Kaminarimon di jalan utama dengan Kuil Sensoji di bagian dalam. Dengan panjang sekitar 200 meter, Nakamise-dori tersusun lebih dari 80 toko yang menjual pernak-penik dan oleh-oleh khas Jepang, seperti kipas Jepang atau Yukata dan kimono. Satu hal yang mesti dicoba di Nakamise-dori adalah sembei atau kerupuk beras yang rasanya unik. Selain itu, kita bisa menemukan gelas dan piring dengan ukiran huruf Jepang, kaos dengan tulisan kanji, hiasan gantung, gantungan kunci, dan semua aksesoris lainnya. Rahasia: Belilah barang di barisan toko agak depan, sebab harganya lebih murah.

    Belanja oleh-oleh di Asakusa

    4. Melihat panorama Kuil Sensoji di Asakusa yang terkenal

    Kuil Sensoji megah berdiri diantara gedung-gedung tinggi kota Tokyo. Jangan lupa ambil foto juga disini!

    Kuil Sensoji di Asakusa

    5. Wisata kuliner di Asakusa

    Wisata kuliner juga menjadi pilihan asyik ketika berkunjung ke Kuil Sensoji di Asakusa. Kita bisa makan sushi, gyudon, ramen, soba dan makanan khas Jepang lainnya dengan harga miring. Restoran-restoran ini bisa kita temukan di sepanjang jalan Stasiun Asakusa sampai ke Gerbang Kaminarimon.

    Wisata kuliner di Asakusa Tokyo

    6. Berfoto di tepi Sungai Sumida berlatar belakang Tokyo Sky Tree

    Selesai membeli oleh-oleh, kembalilah ke arah Asakusa Station ke arah jembatan. Kita bisa berfoto di pinggir jembatan dengan latar belakang sungai Sumida dan Tokyo Sky Tree

    Tokyo Skytree dan Sumidagawa

    7. Belajar menyeduh teh hijau Jepang

    Di halaman depan kuil Sensoji, di taman sebelah kanan, kita bisa juga mengikuti seminar gratis tentang bagaimana menyeduh teh hijau (matcha) Jepang. Kita bisa melihat secara langsung staf-staf yang mempraktekkan cara menyeduh teh atau juga melihat dari selebaran atau pamflet yang tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Tidak hanya melihat praktek proses membuat teh hijau saja, kita juga dapat mencicipi teh hijau Jepang atau membeli bubuk teh pilihan di tempat ini.

    Seminar membuat teh Jepang

    8. Lihat festival musim panas

    Kalau pas datang musim panas, jangan lupa untuk melihat festival musim panas Sanja Matsuri yang diadakan sepanjang Nakamise dan Kuil Sensoji di Asakusa.

    Festival Kuil Sensoji di Asakusa

  • Akses Menuju Kuil Sensoji di Asakusa

    Dari Stasiun Tokyo naik JR Yamanote Line dengan membayar 140 Yen selama 2 menit menuju Kanda Station, lalu transit dan dilanjutkan menggunakan Ginza Subway Line menuju Stasiun Asakusa selama 10 menit dengan membayar 170 Yen.

    Dari Stasiun Shinjuku menggunakan JR Chuo Line dengan membayar sebesar 170 Yen menuju Stasiun Kanda selama 10 menit. Kita lalu transit dan melanjutkan menggunakan Ginza Subway Line menuju Stasiun Asakusa selama 10 menit dengan membayar 170 yen.

    Tour di Tokyo

    Tokyo Sky Tree di malam hari

    Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


    Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


    Pergi ke Tokyo Tower

    Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


    Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

    Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


    Tour malam di Tokyo

    Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


    Pergi ke Tokyo Tower

    Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.


Cheap Hotels in Asakusa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Palace Japan
2 km away
from ¥3800/night
Hotel Nihonbashi Villa
2 km away
from ¥2300/night
Belmont Hotel
2 km away
from ¥7000/night
Hako Hostel And Bar
1 km away
from ¥3300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stadion Sumo
2 km away
Suasana pertandingan di Stadion Sumo Ryogoku Tokyo
Istana Kekaisaran Jepang
5 km away
Istana Kekaisaran Jepang dari Meganebashi
Mori Garden
9 km away
Light up di Mori Garden Roppongi
Harajuku
10 km away
Stasiun JR Harajuku

Sumber gambar : Flickr Danny ChoojpellgenAntonio TajueloAgustin Rafael ReyesMika UenobotterliYoshikazu TAKADA, mcha.jp


Recommended for you


Last modified: September 12, 2017 by

Close Comments

Comments (42)

  1. Hi Pak.. mau tanya dong, tau tempat persewaan kimono/ yukata di Tokyo/ Kyoto, trus bisa berkeliling make kimono itu ga ya?? Rencana mau ke jepang pas musim semi nanti.
    Makasi Pak

  2. Pak saya mau tanya sy renc ke jepang mendarat haneda pukul 7 pagi renc lgs ke asakusa tempel dan odaiba kira2 sy pakai tiket kreta apa pak..metro atau tokyo subway dan rutenya bagaimana. Trus koper kami 4 di titipkan dimana dan bgmn caranya ke sana

    • Halo pak, saya rencana mau ke jepang tgl 23 okt – 3 nov mendarat di haneda, 4 hari di tokyo lalu ke kyoto.
      mau tanya pak di tokyo senaiknya nginep dimana yah, saya rencana pakai airbnb, saya bawa 2 anak, jadi ingin daerah yang banyak jual makanan.
      apakah tanggal 24 okt fall nya sdh bagus di tokyo?

      terima kasih pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Saya kurang tahu bu untuk Air BnB, karena itu personal sekali. Tapi ibu bisa langsung cek dan lihat testimoni saja. Silahkan cari di sekitaran Ueno atau asakusa. Tanggal 24 baru awal musim gugur di Tokyo, ibu bisa pilih ke salah satu Tempat Momiji di Tokyo

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Rena Suprihantono
2016-03-28 11:08:54
Anak-anak ingin ke Asakusa karena ada di komik mereka, terpaksa ikut deh. Tapi lumayan bisa beli beberapa souvenir unik di sini.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!