VR Zone Shinjuku

Home / Attraction / VR Zone Shinjuku
Item image

Ajakan seorang teman untuk mengunjungi VR Zone Shinjuku sore hari itu membuat saya harus mengangkat topi. Bagi saya, Jepang sudah menunjukkan satu langkah maju dalam dunia teknologi khususnya dalam menggabungkan dunia virtual reality (VR) dengan permainan dan wisata. Sejak dibuka musim panas tanggal 14 Juli 2017 di Kabukicho Shinjuku, tempat wisata futuristik ini sudah dikunjungi puluhan ribu orang setaip harinya. Waktu tunggunya bisa mencapai 90 menit untuk bermain 1 atraksi! What? Udah serasa bermain di Tokyo Disney Resort atau Universal Studio Osaka! Namun, ramainya VR Zone Shinjuku berarti satu hal: tempat ini worthy buat dikunjungi! Buat teman-teman yang berencana ke Jepang, silahkan masukkan VR Zone Shinjuku ke dalam itinerary, dan nikmati serunya atraksi permainan terbaru dan terkeren di Jepang!

Informasi Wahana di VR Zone Shinjuku

Wahana Dragonball VR Kamehameha di VR Zone Shinjuku

Wahana Dragonball VR Kamehameha di VR Zone Shinjuku

VR Zone Shinjuku dibuat dan dioperasikan oleh Bandai Namco. Letaknya masih di kawasan Kabukicho Shinjuku. Setelah melewati pintu masuk, kita akan melihat aula luas dengan pohon besar di tengah-tengahnya. Seluruh permainan terletak di sekeliling pohon besar di lantai 1F dan lantai 2F.

Untuk masing-masing tiket, berikut ini adalah list permainan VR yang bisa teman-teman coba:

  • Merah (bergenre horor): Test the limits of your courage! Hanechari (Winged Bicycle), Immersive Horror Room Hospital Escape Terror, dan Dinosaur Survival Run Jungle of Despair
  • Kuning (bergenre aktifitas sehari-hari): Mario Kart Arcade GP, Extreme Courage Test Machine-The Big Fear of Heights Experience, dan VR-AT Simulator Armored Trooper Votoms Battling Dudes
  • Hijau (bergenre olahraga): Fishing GIJIESTA, Interactive Cinematic Argyle Shift, Steep Downhill Ski Simulator Ski Rodeo
  • Biru (bergenre manga): Dragonball VR Kamehameha, Evangelion VR The Throne of Souls, dan Gundam Unicorn Daiba Aerial Clash
  • Semua warna: Trap Climbing, Niagara Falls, dan Panic Room Cube.
Wahana Mario Kart Arcade di VR Zone Shinjuku

Wahana Mario Kart Arcade di VR Zone Shinjuku

Tips dan Trik bermain di VR Zone Shinjuku

Seperti yang telah saya sampaikan ada banyak permainan di VR Zone yang bisa dicoba, namun tiket dan waktu kita terbatas. Beberapa trik yang bisa teman-teman coba:

  1. Jika waktu yang dimiliki terbatas, sebaiknya jangan membeli paket tiket masuk seharga 4.400 yen, teman-teman bisa membeli tiket masuk seharga 800 yen dan tiket bermain atraksi seharga 1.200 yen per atraksi.
  2. Jika ingin mencoba permainan favorit, ada ekspress pass seharga 1.000 yen untuk masing-masing atraksi. Saya menyarankan penggunaan ekspress pass ini khususnya untuk Mario Kart Arcade GP dan Dragonball VR Kamehameha yang biasanya disesaki pengunjung.
  3. Permainan dengan kartu merah (bergenre horor) cenderung lebih sepi daripada area lainnya. Logis sih, karena tidak semua pengunjung menyukai horor. Kalau tetap ingin bermain dan memaksimalkan tiket yang sudah dibeli, saya sarankan Hanechari (Winged Bicycle) untuk dicoba karena kadar horornya yang paling rendah. Immersive Horror Room Hospital Escape Terror biasanya tidak perlu mengantri, namun hati-hati malah bisa jadi fobia terhadap rumah sakit sehabis bermain, haha!
  4. Setelah makan siang, teman-teman bisa mencoba permainan VR yang paling santai, yakni dengan kartu hijau. Di sini, kita bisa merasakan pengalaman memancing atau bermain ski.
  5. Kita bisa menikmati permainan VR Trap Climbing, jatuh dari Air Terjun Niagara, dan juga panic room cube bisa kita nikmati dengan semua warna tiket. Namun, usahakan jangan menggunakan tiket berwarna untuk bermain di sini, karena kita akan rugi 200 yen. Habiskan tiket berwarna untuk bermain wahana, dan membeli tiket tambahan 1000 yen untuk bermain permainan di atas.

Informasi Tiket Masuk VR Zone Shinjuku

Untuk bisa masuk dan menikmati beragam permainan di sini, kita dikenakan biaya paket tiket masuk sebesar 4.400 yen (terdiri dari tiket masuk dan 4 tiket atraksi). Teman-teman bisa membeli tiketnya secara online melalui website. Kita akan memperoleh 4 jenis tiket berwarna merah, kuning, hijau, dan biru untuk menikmati 4 atraksi yang dibedakan berdasarkan genrenya.

Saat membeli tiket, kita akan diberikan piilihan kapan ingin masuk ke dalam. Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pengunjung di dalam area VR Zone. Sebagai catatan, kita baru akan diijinkan masuk 15 menit sebelum waktu yang kita pilih. Misal, saya kemarin memilih masuk jam 10 pagi, maka saya baru boleh masuk sekitar jam 09.45. Nah, kalau teman-teman membeli tiket masuknya online, tinggal menunjukkan QR-code voucher yang nanti akan di-scan oleh petugas. Pastikan sudah menyimpan screenshot nya saja supaya tidak kerepotan. Setelah masuk, kita bisa bertahan selama yang kita mau (alias sepuasnya!) namun maksimal hanya sampai jam 22.00 saat taman bermain ditutup.

Selain itu, kita bisa merasakan pengalaman Trap Climbing, jatuh dari Air Terjun Niagara, dan juga panic room cube bisa kita nikmati dengan semua warna tiket. Atau bisa dengan membayar tiket tambahan 1000 yen untuk setiap permainan.

  • Tiket masuk + 4 set tiket atraksi VR : 4.400 yen
  • Tiket masuk : 800 yen (dewasa) dan 500 yen (anak-anak, dibawah 13 tahun)
  • Tiket masuk set atraksi VR : 1.200 yen
  • Ekspress tiket untuk bermain atraksi VR : 1.000 yen
  • Tiket set atraksi Trap Climbing/ Niagara Falls, Panic Room : 1000 yen.

Akses menuju VR Zone Shinjuku

Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa berjalan kaki selama 5 menit melalui pintu keluar sisi timur sampai ke VR Zone Shinjuku di Kabukicho. Shinjuku adalah salah satu stasiun penting di Tokyo, yang terhubung dengan jalur kereta JR Yamanote Line serta menjadi tempat transit sebelum menuju kawasan Fuji-Kawaguchiko, Odawara, atau Hakone.

Dari VR Zone, teman-teman bisa mengunjungi Robot Restaurant yang juga sedang populer. Di sini, kita bisa menyantap makanan sambil melihat pertunjukan cahaya futuristik dan robot-robot yang menari. Teman-teman bisa lakukan reservasi tempat duduk secara online melalui website.

Reservasi Kursi Online
Robot Restaurant Shinjuku

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sheena To Ippei
4 km away
from ¥4104/night
APA Hotel Tokyo Itabashi
6 km away
from ¥7500/night
Holiday View Inn
7 km away
from ¥3300/night
Hotel Wing International
2 km away
Hotel Wing International Premium Tokyo
from ¥20300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Meiji Jingu
2 km away
Kuil Meiji Jingu Tokyo
Spa Laqua Tokyo
5 km away
Spa Laqua Tokyo
Shops and Restaurants Div
10 km away
Suasana Odaiba Diver City malam hari
Harajuku
3 km away
Stasiun JR Harajuku

Sumber gambar : Flickr Jason Tester Guerrilla Futures FJason Tester Guerrilla FuturesJason Tester Guerrilla Futures F


Recommended for you


Last modified: January 28, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Pagi pak christian, saya mau di Tokyo saya 4 hari kalau rute 1 Mt Fuji hakone, H2 asakusa, Tokyo sky tree, Harajuku, shibuya, h3 Saitama, Shinjuku odaiba, kalau rute nya ini saya perlu beli Tokyo wide pass apa pakai tokunai saja.makasih ya pak

  2. Halo, apabila saya mau ke tokyo tower, sensoji temple, tokyo imperial palace, odaiba, tsukiji fish market, VR zone shinjuku, tiket kereta api seperti apa yang harus saya beli ya? Apakah Tokyo Subway pass meng cover semua tiket kereta api untuk tempat wisata diatas?
    Selain itu, mohon info nya untuk VR Zone Shinjuku, kira-kira 1 permainan itu berapa lama ya? Jika saya membeli 1 day/4ticket, berapa lama waktu yang harus saya habiskan di VR Zone itu ya? Berhubung saya harus ke banyak tempat juga.
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Ya, bisa membeli Tokyo Subway Pass. Untuk VR ZONE shinjuku tiap aktivitas permainan itu sekitar 3-5 menit, namun waktu menunggunya cukup lama antara 15-30 menit. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!