Distrik Kabukicho Shinjuku

Home / Attraction / Distrik Kabukicho Shinjuku
Item image

Distrik Kabukicho Shinjuku dikenal sebagai area red-district di Tokyo. Meskipun begitu, kita bisa merasakan suasana night life di salah satu kota tersibuk di dunia di sini. Ada banyak kafe dan bar yang selalu ramai dikunjungi oleh para muda-mudi Jepang dan wisatawan, termasuk juga beberapa restoran unik yang kini semakin dikenal, seperti Robot Restaurant, Cabaret, atau Drag Show. Sampai dengan hari ini, Kabukicho selalu jadi bahan perdebatan di grup-grup Backpacker Jepang maupun wisata atau traveler. Apakah Distrik Kabukicho Shinjuku itu patut atau sepadan untuk dikunjungi? Di satu sisi, ada yang beranggapan distrik merah ini harus dihindari karena berbahaya. Namun orang-orang di sisi lain beranggapan bahwa Kabukicho adalah tempat paling menyenangkan di Tokyo. Lantas, mana yang benar? Apakah Kabukicho wajib dikunjungi?

Kabukicho berasal dari nama teater tradisional Jepang–kabuki–yang menjadi ikon hiburan malam di masyarakat Jepang. Dikatakan hiburan, karena di Kabukicho kita bisa merasakan suasana “happy” dengan cahaya, musik, dan orang-orang yang berkerumun menikmati malam.

Cara menikmati Kabukicho Shinjuku adalah dengan berjalan terus menyusuri jalanan utama Kabukicho. Ada baiknya teman-teman tidak berhenti terlalu lama di depan suatu bar atau kafe karena mungkin saja akan menutupi jalan akses pengunjung lain. Di ujung jalan, kita bisa melihat Toho Cinema dengan ikon monster Godzilla di puncak bangunannya. Orang-orang biasanya banyak berfoto di sini. Jika beruntung, kita juga bisa melihat asap keluar dari hidung Godzilaa seakan-akan dia sedang marah.

Pintu masuk area Shinjuku Kabukicho

Pintu masuk area Shinjuku Kabukicho

Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah mencoba atraksi makan di Robot Restaurant. Kita bisa menikmati sajian makanan sambil melihat robot yang menari. Restorannya sangat catchy, dengan papan neon besar degan dua buah robot melengkapinya. Sambil menikmati makanan, kita bisa menikmati pertunjukan cahaya, tarian, dan alat musik yang begitu semangat, yang diadakan jam 16.00, 17.55, 19.50, dan terakhir 21.45, di mana kita harus sudah masuk dan reservasi kursi 30 menit sebelumnya. Selain itu, kita juga bisa menikmati tempat bermain baru yakni VR Zone Shinjuku.

Robot restaurant di Kabukicho Shinjuku

Robot restaurant di Kabukicho Shinjuku

Masih di area Kabukicho Shinjuku, teman-teman bisa juga mampir ke Restoran Maguro Shoten. Di restoran yang terletak di Daichi Metro Building ini, kita bisa melihat pertunjukkan pengolahan ikan tuna menjadi sashimi dan sushi (Tuna Demolition Show). Wah keren banget deh! Kita jadi tahu gimana proses seorang chef profesional memotong tuna raksasa, lalu mengirisnya menjadi irisan-irisan sushi yang segar dan lezat. Pertunjukkan ini dimulai jam 19.30 di hari kerja dan 18.30 di akhir pekan. Kita bisa juga menikmati makanan sushi atau sashimi mulai dari 1.000 yen.

Tips saat mengunjungi Kabukicho Shinjuku

  1. Mayoritas kafe dan bar di Kabukicho tidak melayani pembayaran non-tunai dengan menggunakan kartu kredit atau debit. Teman-teman sebaiknya membawa cukup banyak uang tunai, apalagi jika ingin menikmati suasana di Kabukicho Shinjuku sepanjang malam.
  2. Selain itu, biasakan untuk bertanya harga minuman atau meja sebelum menggunakannya. Jangan sampai kamu kehabisan uang karena tidak mengetahui ada biaya-biaya tambahan yang dibebankan kepada pengunjung.
  3. Cara mengetahui kafe atau bar mana yang “fair” alias “tidak melebih-lebihkan harga”, teman-teman bisa berjalan dan melihat kafe atau bar yang dipenuhi oleh orang lokal ketimbang oleh turis asing. Perlu teman-teman ketahui, meskipun dikenal sebagai red district, namun Shinjuku Kabukicho juga menjadi tempat favorit para penduduk lokal Tokyo yang ingin melepaskan penat.
  4. Kalau ada orang-orang yang mencoba mendekati dan mengajak berbicara, sebaiknya teman-teman hindari. Biasanya mereka nanti akan mengajak kita masuk ke bar kemudian menawarkan minuman dengan harga yang mahal.

Cara Menuju ke Kabukicho Shinjuku

Teman-teman bisa naik kereta Keisei Skyliner dari Narita Airport menuju ke stasiun Shinjuku. Kereta ini paling cepat hanya perlu 65 menit namun biayanya cukup mahal sekitar 2.600 yen. Ada juga pilihan lain, yaitu naik JR Narita Express (NEX). Waktunya 85 menit, biayanya 3110 yen, namun space tempat duduknya luas sehingga teman-teman bisa beristirahat dengan tenang dalam kereta. NEX tercover dengan NEX Pass, JR Pass, maupun Tokyo Wide Pass. Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa keluar dari pintu timur ke Kabukicho. Saat melihat gedung Studio Alta di depan, teman-teman tinggal menyeberang jalan ke Yasukuni Dori, lalu menyeberang sekali lagi saat melihat minimarket Family Mart, itulah Distrik Kabukicho.

Bagi teman-teman yang ingin menghemat biaya, bisa naik kereta Keisei Line Local dan Commuter Line. Biarpun waktu tempuhnya sedikit lama (105 menit) namun biayanya setengah dari kereta express, yakni sekitar 1.200 Yen. Ada juga bus airport bagi teman-teman yang malas untuk transfer kereta, dengan 3.000 yen bisa mencapai Tokyo dalam 2 jam.

Bagi teman-teman yang datang dari Haneda Airport, teman-teman bisa naik Tokyo Monorail sampai Stasiun Hamamatsucho, lalu transfer ke Yamanote Line menuju stasiun Shinjuku dengan 590 Yen atau naik Airport Limousine Bus dengan 1.200 Yen.

Stasiun Shinjuku terhubung dengan Stasiun Tokyo, Stasiun Hamamatsucho, Stasiun Ueno, Stasiun Shinagawa dan Stasiun Shibuya dengan jalur kereta JR Yamanote Line.

Cheap Hotels in Shinjuku [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Listel Shinjuku
1 km away
Hotel Listel Shinjuku
from ¥13580/night
Hikarihouse
1 km away
from ¥4000/night
Capsule Hotel Anshin Oyad
1 km away
Capsule Hotel Anshin Oyado Shinjuku
from ¥6600/night
Sheena To Ippei
4 km away
from ¥4104/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sky Bus Tokyo
6 km away
Ini dia Sky Bus Tokyo
Gedung Fuji Televisi
10 km away
Gedung Fuji Televisi dari kejauhan
Kiddy Land Omotesando
3 km away
Kiddy Land Omotesando
Akihabara
7 km away
Don Quijote Akihabara Tokyo

Sumber gambar : Flickr chinnian, Jason Tester Guerrilla Futures F


Last modified: June 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (27)

  1. Selamat Malam Pak Nugroho,
    Saya akan tokyo , Dari Haneda ke Odaiba beberapa hari di Odaiba, lalu beberapa hari akan menginap di daerah Ueno. Dari Ueno saya akan jalan ke daerah Shinjuku, Tsukiji, Gotemba, Shibuya, Yokohama.
    balik ke Indonesia melalui bandara udara Haneda lagi.
    pertanyaannya,
    1. Apakah saya cukup membeli Suica saja untuk keliling menggunakan kereta ke daerah daerah tersebut diatas.
    2. Apakah ada kereta yang langsung menuju Bandara Haneda?
    terimakasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya cukup kok pak. Untuk rute bapak tidak ada pass yang menguntungkan. Untuk ke Gotemba bisa dengan naik bus saja.
      2. Dari mana ya pak? Ada kereta Tokyo Monorail dari stasiun Hamamatsucho atau kereta Keikyu dari stasiun Shinagawa. Salam.

    • Selamat Malam PAk Nugroho,
      Terimakasih banyak informasinya.
      Untuk pertanyaan no 2 itu dari Ueno pak ke Haneda Airport?

      Pak Nugroho. jika kami ( saya dan istri) membawa koper yang cukup besar (30″), apakah memungkinkan transportasi kereta? jika saya lihat di web kereta di Jepang sangat padat di jam tertentu.
      Terimakasih sebelumnya Pak Nugroho.
      Salam- Bagus

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau dari Ueno, bisa naik JR Yamanote Line sampai ke Hamamatsucho lalu lanjut Tokyo Monorail sampai ke Bandara Haneda.
      2. Iya sangat padat, makanya kalau bisa hindari jam sibuk 6-8 pagi atau 6-8 malam. Namun biasanya kereta-kereta di Bandara cukup sepi kok, orang-orang juga mengerti turis/ wisatawan dateng untuk liburan. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      160-0021 itu ada di sekitaran Stasiun Shinjuku. Ibu bisa naik kereta Keisei sampai ke Nippori, lalu naik JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku. Atau bisa dengan naik kereta Narita Ekspress sampai ke Shinjuku. Salam.

  2. Saya sampai haneda pukul 10.30malam dan tidak ada bagasi dan saya mau langsung menuju ibis tokyo shinjuku, bagaimana kah caranya kesana, apakah bisa menggunakan limosin bus, dan berhenti dimanakah yang paling dekat dengan ibis shinjuku, karena saya lihat bus ini tidak berhenti dihotel ibis shinjuku? terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Tokyo Monorail dari Bandara Haneda sampai Stasiun Hamamatsucho, dilanjutkan dengan kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Shinjuku, tinggal jalan kaki ke hotel. Salam.

    • 1. Pak kalo saya dari bandara international osaka Itami Airport (Osaka International Airport) mau ke ibis osaka bagaimana pak?
      2. dan kalau saya dari Ibis Osaka mau ke osaka namba ocat bagaimana? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa dengan naik bus langsung menuju Stasiun Namba, nanti tinggal jalan kaki ke hotel.
      2. Bisa dengan berjalan kaki bu ke Namba OCATnya. Salam.

  3. Halo Pak Nugroho,

    Saya mau bertanya mengenai pass yg mesti saya beli untuk daerah tokyo, kyoto dan osaka
    Rute nya akan one way Tokyo-kyoto-osaka (tujuan terakhir di Osaka)
    Plan nya 11 hari

    Pertanyaan saya adalah :

    1. Tiba di Haneda Airport – Shinjuku (akan bermain2 di tokyo selama 5 hari) — utk ini saya cukup memakai suica card saja atau gimana? (kemungkinan akan berkunjung ke yokohama juga)

    2. utk 5 hari berikutnya, rencana ke tokyo – osaka — (apakah memakai willerexpress itu nyaman ya pak bawa anak2 dan orang tua?) atau ada ide lain pak utk berhemat?

    3. Selama saya berada di kota kyoto-nara-kobe-osaka…. apakah cukup dengan memakai suica card atau ada cara lebih hematnya pak?

    Terima kasih sekali Pak untuk bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau sudah ada tempat wisata yang dikunjungi, Tim Info Jepang bisa lebih spesifik memberikan saran mengenai pass kereta.
      Ibu bisa membaca dulu Pass kereta di Tokyo, Pass kereta di Osaka, pass kereta di Kansai dan mengecek tempat-tempat wisata mana yang tercover dan bisa dicocokkan dengan jadwal Ibu. Kalau ingin berhemat bisa naik bis malam (hemat penginapan 1 malam), cara lainnya adalah dengan naik pesawat. Salam

    • Terima kasih Pak untuk infonya…..btw untuk pertanyaan no 3, apakah lebih menguntungkan saya membeli Hankyu pass ya pa daripada memakai suica?

    • Nugroho Christian  |  

      Hankyu Pass baru akan untung kalau ibu ingin ke objek-objek wisata yang dilalui kereta Hankyu. Lengkapnya bisa langsung dibaca di tulisan saya tentang Hankyu Tourist Pass. Salam.

  4. Hesti Widiastuti  |  

    Selamat pagi Pak Nugroho
    Mau menanyakan apabila saya hanya keliling Tokyo + Gunung Fuji selama 6 hari, lebih baik membeli tiket pass apa yang paling tepat?
    Kami menginap di Shinjuku
    Bandara Haneda
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Siang ibu, hanya ingin Tokyo dan Gunung Fuji saja? Atau ingin ke wilayah lain seperti Ibaraki, Hakone, atau Kamakura? Kalau hanya di dalam kota Tokyo, bisa membeli Tokyo Metro Pass saja bu. Salam.

    • Hesti Widiastuti  |  

      Setelah melihat artikel Ibaraki dan Hakone, saya tertarik untuk mampir ke sana.
      Tepatnya membeli tiket apa, Pak?
      Terima kasih sebelumnya

  5. Malam pak Nugroho,
    Bila saya mau naik bus dr Shinjuku ke Kawaguchiko station pd tgl 12 Juni, apkh tiket bus harus reserve dr skg on line? atau bisa beli pas di shinjuku? Mana yg lbh efisien, beli on line ato on the spot di sana?
    Saya rencana di jepang tgl 9-18 Juni. Dgn itinerary sbb:
    9 jun haneda, shibuya, shinjuku, harajuku, meiji shrine
    10 jun tsujiki, imperial palace, ueno park
    11 jun asakusa dan sekitarnya, tokyo skytree, odaiba
    12 jun kawaguchiko, mt. fuji
    13 jun gotemba, hakone, kyoto
    14 jun explore kyoto
    15 jun kyoto ke osaka
    16 jun usj osaka, osaka aquarium
    17 jun explore osaka
    18 jun back to jakarta from kansai airport

    Apakah ada inputan utk transportasi pak? Begitu tiba di Haneda, tiket apa yg hrs sy beli terlebih dulu, bila sy tidak pakai Jr pass? Pasmo/suica, Metro Pass, tiket bus ke kawaguchiko hrs reserve? Dimana sebaiknya reserve shinkansen dr mishima ke kyoto. Kapan sebaiknya sy beli tiket2 tsb. Tiket Metro pass klu baru mau dipakai pd hari ke 3, apkh bisa dibeli dahulu tanpa diaktifkan?

    Trm kasih sblmnya utk penjelasan Bapak. Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk bus dari Shinjuku ke Kawaguchiko silakan reservasi online, bisa saja membeli di hari H namun ada kemungkinan bus nya penuh dan tidak tersedia.
      Lalu untuk pass-pass kereta seperti Tokyo Metro Pass dan lainnya atau SUICA/ Pasmo, bisa dibeli saat ketibaan di Jepang. Kalau Tokyo Metro Pass hanya bisa dipakai saat tanggal pembelian. Untuk reservasi tiket shinkansen dari Mishima ke Kyoto, bisa dilakukan setibanya di Haneda Airport ibu, tinggal memberitahukan tanggal dan jam keberangkatan shinkansen ke petugas maka bisa langsung reservasi.
      Maaf, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail nya di website, sebab akan sangat panjang dan membingungkan pembaca yang lainnya. Salam

    • Terima kasih pak, utk penjelasannya. Jadi Metro pass hanya bisa dibeli pas hari pemakaian? Tdk bs sehari sblmnya, tp menyebut tgl kita akan pakai?
      Thanks utk petunjuk2nya selama ini, pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tokyo Metro Pass hanya bisa dibeli dan dicetak pada hari H Ibu. Selamat berlibur di Jepang Ibu.
      Salam

    • Malam pak. Thanks banget utk penjelasan2nya. Maaf sy mau tanya lagi. Apakah Fuji Hakone Pass juga hrs beli pada hari H? atau bisa beli on line atau sehari sblmnya?
      Bgm dgn Shinkansen dr Mishima ke Kyoto, bisa dibook pas kedatangan di Haneda ya Pak?
      Dari Kyoto ke Osaka, bapak rekomendasi naik apa?

      Terima kasih sblmnya. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk Fuji Hakone Pass, pembelian bisa dilakukan pada hari H atau sebelumnya. Lalu untuk shinkansen dari Mishima ke Kyoto juga bisa dibook saat di Haneda Airport ibu, silakan sampaikan tanggal dan perkiraan jam keberangkatan, maka reservasi bisa langsung dilakukan. Untuk transportasi Osaka ke Kyoto, bisa dibaca di Info Wisata di Kyoto. Salam

  6. selamat malam mas..akhir january nanti saya dan keluarga akan ke jepang tiba di haneda 28jan pagi dan pulang dari kansai 4feb siang.rute perjalanannya 28-29-30-31 menginap di shinjuku dan 31-4 di umeda.berikut ini itinerary saya, dan beberapa pertanyaan sbb :
    1. tgl 28 atau 29 menghabiskan waktu untuk kawaguchiko-gotemba-hakone apakah bisa diexplore dalam 1 hari?apakah suica/passmo bisa digunakan untuk ketempat ini?jika ya mana lebih hemat dibandingkan membeli hakone pass atau pass yg lainnya ?karena sudah masuk winter apakah worthed kita ke kawaguchi diwaktu tsb?berapa kira2 suhu udara di sekitar lokasi ini ya mas?
    2. tgl 30-31 dihabiskan untuk explore disney resort. mengingat weekday akan lebih sepi
    3. tgl 31-1 menuju kyoto dengan JR Pass sampai kyoto
    4. tgl 1-2 explore kyoto/osaka
    5. tgl 3 usj
    6.tgl 4 back to jkt

    untuk tiket themepark apakah ada harga khusus untuk orang lanjut usia (55th keatas)
    terima kasih sebelumnya info dari mas akan sangat membantu saya merencanakan liburan hemat :)

    • Nugroho Christian  |  

      Dilihat dari rutenya, rugi membeli JR Pass, selain karena tidak ada perjalanan PP Tokyo-Kyoto/Osaka, tempat wisata yang ingin dikunjungi nampaknya juga sedikit. Cukup hakone pass saja untuk ke Hakone ditambah sedikit uang ke Gotemba dan Fuji-Kawaguchiko. Sebagai catatan, SUICA/PASMO tidak bisa digunakan di area Gotemba Kawaguchiko. Kawaguchiko selalu worthed karena tempat termudah dan terbaik melihat Gunung Fuji, apalagi musim dingin (sekitar 3-11 derajat).

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!