Berkeliling Kansai dengan Hankyu Tourist Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Berkeliling Kansai dengan Hankyu Tourist Pass

Jalur kereta Hankyu di wilayah Kansai menghubungkan kota Osaka, Kobe, dan Kyoto. Buat teman-teman yang berencana berkeliling ketiga tempat ini, Tim Info Jepang menyarankan untuk menggunakan Hankyu Tourist Pass. Harganya yang lebih murah ketimbang JR Kansai Pass memberikan kita kesempatan untuk berhemat. Berikut ini strategi dan tips perjalanan ke Osaka, Kobe, dan Kyoto dengan Hankyu Tourist Pass.

Hankyu Tourist Pass

Hankyu Tourist Pass adalah pass kereta yang bisa digunakan untuk naik jalur kereta Hankyu secara tak terbatas. Teman-teman tidak perlu repot-repot membeli tiket setiap kali bepergian. Cukup tunjukkan Hankyu Tourist Pass, maka kita bisa berkeliling Osaka, Kyoto, dan Kobe dengan mudah dan nyaman.

Di mana kita bisa membelinya?

Hankyu Tourist Pass bisa teman-teman beli di Pusat Informasi Turis Kansai di dalam Bandara Kansai, atau di Hankyu Tourist Center Osaka Umeda, lalu di hotel-hotel yang dioperasikan oleh operator Hankyu-Hanshin, seperti Osaka Shin Hankyu Hotel, Shin Hankyu Hotel Annex, Hotel Hankyu international, dan Kyoto Hankyu Hotel. Saat membeli pass kereta ini, teman-teman akan diminta menunjukkan paspor untuk membuktikan kunjungan singkat ke Jepang sebagai wisatawan. Pembayarannya hanya bisa dilakukan secara cash atau tunai. Pastikan teman-teman membawa uang tunai yang cukup. Untuk satu orang hanya bisa membeli 1 Hankyu Pass saja.

Berapa ya harganya?

  • Pass 1 hari: 700 yen (dewasa)
  • Pass 2 hari: 1.200 yen (dewasa)
  • Tiket ini terhitung perhari (tidak berurutan). Jadi kalau teman-teman membeli hankyu pass yang 2 hari, tidak harus memakainya berurutan. Hari pertama bisa berkeliling di Osaka. Lalu hari kedua bisa bermain di Universal Studio seharian. Di hari ketiga, bisa lanjut mengunjungi tempat-tempat wisata di Kyoto dan Kobe.

Rekomendasi Rute dengan Hankyu Tourist Pass

Masih banyak para pembaca yang bingung perbedaan Hankyu Tourist Pass dengan Osaka Amazing Pass dengan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Hankyu Tourist Pass ini mengcover ongkos perjalanan kereta Hankyu yang ada di Kobe, Osaka, hingga Kyoto. Sementara itu Osaka Amazing Pass mencover ongkos perjalanan kereta di dalam kota Osaka dan juga membebaskan atau menggratiskan tiket masuk tempat-tempat wisata di Osaka. Lalu Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ini mengcover ongkos perjalanan kereta Keihan yang ada di Osaka dan Kyoto, termasuk  Kuil Fushimi Inari, Kuil Tofukuji, Kiyomizu gojo (di dekat Kuil Kiyomizudera), Gion Shijo (dekat Gion Kyoto).

Stasiun Umeda di Osaka merupakan stasiun utama jalur kereta Hankyu. Kalau mau ke Kobe tinggal ambil kereta ke arah barat, atau kalau mau ke Kyoto bisa ambil kereta ke arah timur. Beberapa rute kereta rekomendasi yang menuju tempat-tempat wisata antara lain:

  1. Umeda ke Kawaramachi, tiketnya seharga 400 yen, selama 43 menit.
  2. Umeda ke Sannomiya Kobe, tiketnya seharga 320 yen, selama 27 menit.
  3. Umeda ke Arashiyama, tiketnya seharga 400 yen, selama 49 menit.
  4. Umeda ke Takarazuka, tiketnya seharga 280 yen, selama 33 menit.
  5. Kobe Sannomiya ke Kawaramachi, tiketnya seharga 620 yen, selama 60 menit.
rute kereta hankyu di kobe osaka kyoto

Rute kereta hankyu di Kobe Osaka dan Kyoto

Tempat wisata yang bisa dikunjungi

1. Umeda Osaka

Mengunjungi Umeda Osaka akan membawa kita kepada pengalaman kota modern dengan desain bangunan yang keren dan tertata rapi. Di sekitar Umeda, teman-teman bisa mengunjungi Umeda Sky Building, maupun pusat perbelanjaan khusus anak muda bernama HEP, dengan wahana HEP Ferris Wheel yang terkenal. Dari Stasiun Umeda, kita bisa naik kereta subway Midosuji Line menuju Namba.

Cheap Hotels in Umeda Osaka [More Hotels]

Hostel Mitsuwaya Osaka
from ¥3281/night
Shin Osaka Hotel
from ‎¥6680/night
Guesthouse Enn Nipponbash
from ¥12279/night
Hotel MyStays Sakaisuji-H
from ‎¥5839/night

(sponsored by Booking.com)

Hankyu Tourist Pass Umeda Station

Hankyu Tourist Pass: Umeda Station

2. Gunung Rokko

Pemandangan malam dari puncak Gunung Rokko adalah yang terindah di Jepang bersama dengan pemandangan langit malam Gunung Inasa di Nagasaki dan pemandangan malam Gunung Hakodate. Setibanya di Stasiun Rokko, teman-teman bisa naik bus kota Kobe Nomor 16 sampai ke stasiun kereta gantung Gunung Rokko yang akan membawa kita ke puncak Gunung Rokko.

3. Sannomiya Kobe

Sannomiya adalah area pusat bisnis, hiburan, dan belanja di Kobe. Wilayah Sannomiya membentang dari Stasiun Sannomiya ke arah Teluk Osaka, melewati jalan Flower Road, jalan utama kota Sannomiya. Di sekitaran Sannomiya Kobe, kita bisa mengunjungi monumen Flower Clock, Monumen Memorial Gempa Kobe, dan tempat-tempat wisata di daerah pelabuhan seperti Kobe Harbor Land, Museum Maritim Kobe, dan Kobe Port Tower yang terkenal.

Area Kobe Chinatown bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 800 meter dari Stasiun Sannomiya, atau dengan naik kereta lokal JR Kobe Line JR Gakkentoshi Line atau selama 1 menit dengan ongkos 120 yen.

Sementara itu area Kobe Harborland bisa dicapai dengan naik kereta yang sama selama 2 menit sampai Stasiun Kobe dengan ongkos 120 yen.

Cheap Hotels near Sannomiya Kobe [More Hotels]

Arima Hot Spring Ryokan K
Arima Hot Spring Ryokan
from ¥6790/night
Himeji 588 Guest House
Himeji 588 Guest House
from ¥2659/night
Arima Onsen Motoyu Ryuuse
Arima Onsen Motoyu Ryuusenkaku
from ¥6800/night
ANA Crowne Plaza Kobe
from ¥8900/night

(sponsored by Booking.com)

4. Karasuma

Karasuma adalah pintu masuk pusat kota Kyoto. Dari Stasiun Karasuma, kita bisa mengunjungi Pasar Nishiki yakni pusat jajanan dan restoran di Kyoto. Selain itu, teman-teman juga bisa melanjutkan perjalanan ke Istana Nijo dan Istana Kekaisaran Kyoto dengan berjalan kaki dari Stasiun Karasuma. Kalau teman-teman ingin ke Stasiun Kyoto, bisa naik kereta subway Karasuma Line selama 5 menit.

5. Kawaramachi

Kawaramachi adalah stasiun akhir jalur kereta Hankyu, dan menjadi pintu masuk utama wilayah Gion Kyoto. Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan Gion. Kawasan kota tua di Kyoto ini terkenal dengan bangunan-bangunan khas masyarakat Edo ditambah dengan kesempatan melihat geisha yang cantik. Jalan utama Gion terbentang dari Kuil Yasaka dan sungai Kamogawa. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan. Dari Gion, teman bisa lanjut berjalan kaki mengunjungi Distrik Higashiyama, yang meliputi kawasan kota tua Sannenzaka dan Ninenzaka, Kuil Yasaka, dan juga Kuil Kiyomizudera.

Cheap Hotels in near Gion [More Hotels]

Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night
APA Hotel Kyoto-eki
from ¥7534/night
Kyoto Century Hotel
from ¥10487/night
Kyoto Plaza Hotel
from ¥8800/night

(sponsored by Booking.com)

6. Arashiyama

Satu lagi tempat wisata yang tercover dengan Hankyu Tourist Pass adalah Arashiyama. Kereta Hankyu Kyoto Line adalah rute favorit para wisatawan yang berangkat dari Gion, Osaka, maupun Kobe karena langsung berhenti di tengah-tengah Arashiyama (tidak perlu berjalan jauh dibandingkan naik bus atau kereta yang berhenti di Stasiun Saga Arashiyama).

Hankyu Tourist Pass Arashiyama Station

Hankyu Tourist Pass: Arashiyama Station saat musim dingin

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di sini antara lain Jembatan Togetsubashi, lalu ke Kuil Tenryuuji yang masuk ke dalam warisan dunia UNESCO, dilanjutkan dengan Hutan Bambu Arashiyama, dan Villa Okochi Sanso dengan kebun bunga yang indah dan pemandangan Kota Kyoto dari ketinggian.

Recomended Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Arashiyama Benkei
click for detail
Guest House Atagoya
from ¥11347/night
Rangetsu
click for detail
Hotel Binario Saga
from ¥21000/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Ultra-marino, twinmount, yuwy*


Recommended for you

Last modified: April 11, 2017

Comments (39)

  1. Sore Pak Nug. Saya dan keluarga dari osaka mau ke kyoto 1 hari di arashiyama dilanjutkan ke kuil” fushimi, kinkakuji dan sekitarnya. Jika saya menggunakan hankyu tourist pass apakah sudah tercover seluruhnya? Atau ada pass yang lebih mendukung? Thx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dengan Hankyu Tourist Pass, hanya ongkos dari Osaka/ Umeda ke Arashiyama dan Kawaramachi (Gion) yang tercover.
      Ongkos ke Kuil Fushimi Inari dan Kinkakuji tidak tercover. Ibu bisa mengkombinasikannya dengan one day bus pass Kyoto.
      Salam

  2. selamat malam pak. mau nanya, saya dari osaka-namba mau ke kyoto 1 harian.
    Di kyoto tujuan saya:

    1. taman sewaritei
    2. kuil fushimi inari, ginkakuji, philosopher path
    3. arashiyama (togetsu bridge, bambu groove, saga no train)

    lebih baik menggunakan hankyu tourist pass? atau keihan sightseeing kyoto pass?

    Terima kasih

    • selamat pagi Pak. jadi jika saya dari osaka namba mau ke kyoto lebih baik membeli yg keihan kyoto-osaka sightseeing pass yg 1 hari 700 yen y pak?

      dan boleh tau pak rute yg benar dari osaka namba ke arashiyama lalu ke kyoto dan pulang lagi ke osaka bgmn?

      Terima kasih

  3. selamat malam pak. saya mau bertanya dan memastikan.

    saat kita menggunakan hankyu tourist pass, jika kita salah naik kereta yg bukan kereta Hankyu. Apa yang akan terjadi? pass tidak dapat digunakan? atau ttp bisa digunakan tetapi di pintu kluar kita akan dikenakan charge?

    dan kalau kita menggunakan hankyu tourist pass selama 2 hari. kita boleh kan tidak menggunakanny secara berturut”? (Hari pertama tgl 12, hari kedua tgl 15. tidak apa” kan y?)

    Terima kasih sebelumnya.

  4. selamat malam pak. saya mau bertanya dan memastikan.

    1. saat kita menggunakan hankyu tourist pass, jika kita salah naik kereta yg bukan kereta Hankyu. Apa yang akan terjadi? pass tidak dapat digunakan? atau ttp bisa digunakan tetapi di pintu kluar kita akan dikenakan charge?

    dan kalau kita menggunakan hankyu tourist pass selama 2 hari. kita boleh kan tidak menggunakanny secara berturut”? (Hari pertama tgl 12, hari kedua tgl 15. tidak apa” kan y?)

    2. kalau kita dari osaka mau ke kobe, kita harus melalui stasiun umeda ke stasiun Sannomiya Kobe?
    keluar dari sta sannomiya kobe, untuk ke flower clock, kobe port tower, kobe chinatown, kobe gaslight street. apakah jaraknya saling berdekatan dan mudah dicari?

    jika mau makan steak kobe, tmpt makan yg enak dan harga terjangkau dari ketiga tmpt ini ap y? (steakland kobe, kobe plaisir, tor road steak aoyama)

    3. kalau mau ke kyoto dari osaka, harus naik dari sta umeda ke sta arashiyama?
    dari arashiyama, kalau mau ke kuil fushimi inari, gion, apakah sudah dekat?

    dan jika menggunakan hankyu tourist pass ini hanya mengcover biaya kereta Hankyu saja y? untuk tempat wisata tidak tercover?

    terima kasih banyak.

  5. Selamat malam,
    Saya ingin bertanya.
    Saya akan sampai di Kyoto dengan Bus Willer pada jam 7 pagi.
    Hotel saya berada dekat Kyoto Station.
    Saya ingi bertanya,
    Saya hanya 1 hari saja berada di Kyoto karena keesokan harinya langsung menuju ke Osaka.
    Saya ingin pergi mengunjungi Arashiyama (Togetsu bridge, Kuil Tenryuuji, Bamboo Forest), lalu ke Kiyomizudera, Fushimi Inari, Gion (menyewa kimono), dan Nishiki Market.
    Menurut bapak alur yang efektif saya pakai harus pergi kemana dulu ya?
    Apakah memungkinkan saya pergi ke tempat tersebut dalam 2 hari?
    Apakah saya cukup memakai one day bus pass atau membeli Hankyu Pass mengingat keesokan harinya saya akan pergi ke Osaka dari Kyoto Station.
    Terima Kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Setibanya di Kyoto Station, bisa membeli One Day Bus Pass Kyoto.
      Untuk hari pertama rutenya bisa dibuat: Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, Nishiki Market. Ibu juga bisa membaca contoh itinerary teman-teman lain di artikel Info Lengkap Jalur Bus Kyoto. Baru hari keduanya bisa membeli Hankyu Tourist Pass yang mengcover ongkos kereta dari Osaka ke Arashiyama. Salam

    • Maaf Pak, saya salah ketik.
      Maksud saya apakah itin sy diatas bisa dilalui dalam waktu 1 hari?
      Jd keesokan harinya sy lgsg brgkt k Osaka tanpa k Arashiyama lg.
      Kalo memang cukup dgn memakai one day bus pass, apakah saya bisa minta penjelasan mengenai nomor bus yg harus sy pakai berpindah tempat?
      Makasih, Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silakan mengecek link di atas Ibu ya, sebab sudah pernah ditanyakan sebelumnya. Salam

  6. Selamat malam pak, untuk hakyu pass ini kira2 1org bisa langsung beli 2 pass ngga ya?

    Lalu kalau dari kawaramachi ke sannomiya kobe apa bisa memanfaatkan pass ini?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tidak bisa Regina, 1 orang hanya bisa membeli 1 pass saja. Ya, bisa, silahkan baca uraian penggunaan Hankyu Tourist Pass yang sudah disampaikan. Salam.

  7. Djohan Harginto  |  

    Selamat Pagi Mas Nugroho. Saya berangkat dari Tokyo ke Osaka dengan JR Pass. menginap di Shin Osaka selama 4 malam dan ingin mengunjungi daerah-2 wisata yang ada di Osaka, Kyoto dan Kobe Yang ingin saya tanyakan : Pass apa yang harus yang gunakan selama 4 malam tsb.? terima kasih. salam

  8. Selamat malak lagi pak nugroho, saya mau tanya ttg iti saya:
    1. Day 1: kansai, osaka, dotonbori, nipponbashi, shinsaibasi
    2. Day 2: osaka castle, aquarium kaiyukan, tempozan, shinsekai
    3. Day 3: kyoto mencakup fushimi inari, kiyomizudera, gion, nishiki market
    4. Day 4: shimogamo shrine, kinkakuji, arashiyama
    5. Day 5: pagi hari ke NARA, nara park dan todaji lalu sore ke KOBE ke arah kobe port tower / harborland
    6. Day 6: pagi hari di kobe ke gunung rokko, sore hari kembali ke osaka
    7. Day 7: saya pulang

    Rencananya saya akan membeli JR pass, kyoto bus pass pada saat di kyoto dan hankyu tourist pass.

    Apakah sudah cukup? Atau masih hrus ada pass yg saya beli lagi ya?

    Terima kasih

    • Terima kasih pak sudah memberikan penjelasan. Untuk JR pass nya kemungkinan saya akan membeli yg JR kansai pass
      Karena saya hanya berkeliling wilayah kansai apakah memungkinkan?

      Untuk ke arah kansai airport nya apakah bisa menggunakan JR kansai pass?

      Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, JR Kansai Pass bisa digunakan untuk berkeliling wilayah Kansai.
      Lalu ibu silakan menghitung mana yang lebih murah antara Kansai Pass dan membeli tiket satuan. salam

    • Regina Nathania  |  

      Baik pak nug terima kasih sekali infonya, akan saya hitung dulu penggunaanya. Kalau tiket satuan berarti menggunakan ICOCA itu ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      tiket satuan ya tiket ketengan bu, ICOCA itu e-money (kalau di Indonesia). Harganya tetap tiket ketengan (karena tidak ada potongan harga) namun Regina tidak perlu mengatri setiap kali membeli tiket. Salam.

    • Regina  |  

      oh berarti seperti kita mendeposit di dalam kartu ICOCA nya itu ya lalu pas mau masuk stationnya kita seperti tinggal tempelkan saja di mesin. seperti itukah?
      maaf pak nug bisa minta keterangan mengenai ICOCA nya ada di bagian mana ya? saya mau coba utk baca2.

      terima kasih

  9. Selamat Sore Pak..

    Mohon informasinya karena saya masih bingung dengan pemilihan Pass yang tepat dengan rute saya sbb :
    2 Nov Osaka Castle, Shitennoji, Umeda Sky building, Shinsaibashi, Dotombori
    3 Nov Fushimi Inari, Kiyomizudera, Kinkakuji, Arashiyama, Kyoto Imperial palace
    4 Nov Musium Takoyaki, Universal Studio Japan, Osaka Aquarium, Taman Tempozan

    Kira kira pass apa yang cocok untuk apakah Hankyu Tourist Pass atau Osaka Amazing Pass atau Kyoto bus card yah pak ?

    Terima kasih sebelumnya atas penjelasan bapak.

  10. Siang pak,

    Rencana ke Osaka dan Kyoto :
    1. Tgl. 26 Apr 2017 : Osaka Castle, Umeda Sky Building, Dotonburi, Shinsaibashi
    2. Tgl. 27 Apr 2017 : USS
    3. Tgl. 28 APr 2017 : Kyoto PP ( Fushimi inari, gion, kiyomizudera, kinkakuji, arashiyama )
    4. Tgl. 29 Apr 2017 : Osaka Aquarium, Tempozan Wheel, Tempozan market Place.
    Agak bingung nih mas, pass apa yah yang cocok untuk saya? pakah saya perlu membeli Hankyu Tourist Pass, atau Keihan Sightseeing Pass, atau Osaka Amazing pass atau Kyoto One day Pass?? Mohon infonya. Terima kasih

    • SYENNY PENDY  |  

      Pagi pak,

      Thanks atas infonya, sy mau nanya lagi neh, SUICA itu bisa dipake kan pak di Osaka juga tanpa hrs membeli lagi ICOCA??? Dan kalau bisa, apakah bisa top up di Osaka?

      Saya dengar kuil kiyomizuderma sdg di reno ya? Jadi tidak bisa dikunjungin pak di april ini??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, SUICA/ ICOCA itu hanya berbeda nama saja. Keduanya bisa dipakai dan ditop up atau diisi ulang di seluruh kota di Jepang.
      Lalu mengenai renovasi Kuil Kiyomizudera bisa dibaca di info wisata Kuil Kiyomizudera. Salam

  11. Halo mas, saya rencananya mau jalan2 di kyoto dan osaka selama 3 hari
    12 April: Osaka (Osaka Aquarium Kaiyukan, Umeda Sky Building, Dotonbori)
    13 April: Kyoto (Arashiyama, Kinkakuji, Kiyomizudera, Fushimi Inari kalau sempat)
    14 April: Osaka (Universal Studio, Namba Park, Shinsaibashi)
    kira2 perlukan osaka amazing day atau Hankyu Tourist Pass? Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal 12 April, kamu bisa beli Osaka Kaiyu Ticket saja.
      Lalu untuk tanggal 13 April, kamu bisa beli kyoto bus pass. Sementara tanggal 14, silahkan beli tiket ketengan saja. Rute kamu tidak perlu membeli Hankyu Tourist Pass. Salam.

  12. Malam Pak,
    Sepertinya saya byk bertanya di berbagai bahasan nih, makasih byk lho Pak inputnya.
    Kali ini saya ingin bertanya ttg pass2 yg bikin agak bingung. Saya sdh memiliki JR Pass.
    Saya ke Osaka melalui Tokyo, yg sampainya di Osaka siang menjelang sore, planning saya ingin ke Kobe utk jalan dan makan trs balik lg ke Osaka, bsk pagi nya baru saya berjalan ke Osaka Castle, Umeda, Shitennoji, dll. Apakah saya perlu membeli Osaka Amazing Pass 1 day dan Hankyu Tourist Pass 2 hari? (mengingat besok harinya saya menuju Kyoto)
    Terima kasih sebelum nya Pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pertama-tama, Osaka Amazing Pass itu harganya 2.300 yen. Kalau cuma mau keliling tanpa mengunjungi tempat wisata, silahkan beli tiket ketengan atau Hankyu Pass ini. Osaka Amazing Pass baru akan balik modal kalau kamu mengunjungi tempat wisata yang tercover. Tapi kalau hanya Osaka Castle rasanya tidak perlu. Hankyu ini mungkin bisa dipertimbangkan, namun kalau kamu punya JR Pass, tidak perlu lagi membeli pass ini.

  13. Malam pak, nanya lagi kalau di hari ke2 saya di kyoto akan ke nishiki market, arashiyama & Gion. apakah pakai hankyu tourist pass ini cocok dan menguntungkan??
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya, kalau ingin ke Nishiki Market, Arashiyama dan Gion, Hankyu Tourist Pass sudah tepat. Salam

  14. Selamat malam Pak..
    Setelah baca-baca artikel ini saya agak bingung dengan pass osaka. Kalau saya ada rencana untuk ke Kyoto sekitar 2 hari namun tidak menginap, sebaiknya apa tetap beli Hankyu Tourist Pass ini?
    Lalu, apa perbedaan antara Hankyu Tourist ini dengan Osaka Amazing Pass?
    Terimakasih ya Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hankyu Tourist Pass hanya mengcover tempat-tempat wisata yang dicapai dengan kereta Hankyu. Sementara Osaka Amazing Pass itu mengcover seluruh rute kereta di dalam kota Osaka dan juga menggratiskan tiket masuk tempat-tempat wisata di Osaka.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!