Stasiun Kereta Kyoto

Home / Attraction / Stasiun Kereta Kyoto
Item image

Stasiun Kereta Kyoto menjadi tempat teramai di Kota Kyoto. Stasiun kereta megah di pusat kota Kyoto ini menjadi penghubung kereta lokal, shinkansen, dan bus-bus kota Kyoto. Stasiun ini amat besar (terbesar kedua setelah Stasiun Nagoya) dan mampu menampung total 44 juta penumpang dalam setahun. Stasiun kereta Kyoto juga menjadi salah satu objek wisata terkenal di kota Kyoto. Struktur kaca dan besinya yang kompleks menjadikannya mirip seperti bandara internasional yang modern. Sayang, desain yang modern ini sama sekali tidak berhubungan dengan arsitektur bersejarah dan historis kota Kyoto.

Kita dapat naik bus kota Kyoto untuk bepergian berkeliling objek-objek wisata kota Kyoto, seperti ke Kuil Kiyomizudera, kawasan Gion dan Higashiyama, Kuil Ginkakuji, dan juga Kuil Kinkakuji. Kalau mau ke Kuil Fushimi Inari, bisa naik kereta JR Nara Line, begitu juga kalau mau ke Arashiyama, bisa dengan naik kereta JR Sagano Line dari Stasiun Kyoto.

Selain itu ada juga kereta bawah tanah dan stasiun-stasiun kereta lain di pinggiran kota Kyoto yang menghubungkannya dengan kota lain seperti Osaka, Nara, dan objek wisata Danau Biwa di Prefektur Shiga. Teman-teman juga bisa ke Daiso Kyoto Avanti, bila ingin membeli oleh-oleh murah. Lokasinya di Kyoto Avanti seberang jalan Kyoto Station Hachijo Exit.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Beberapa tempat wisata di sekitar stasiun kereta Kyoto antara lain Kuil Tofukuji, Taman Shoseien, Kuil Higashi Honganji, Kuil Nishi Honganji, Kyoto Tower, Akuarium Kyoto, Museum Kereta Kyoto, Taman Umekoji Koen, dan Kuil Toji. Semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Kyoto.

Informasi Loker di Stasiun Kereta Kyoto

Banyak pertanyaan yang masuk ke website Tim Info Jepang perihal ketersediaan loker di Stasiun Kereta Kyoto, mengingat tempat ini sangat strategis untuk penitipan barang buat yang ingin berkeliling tempat wisata di Kyoto atau ke Arashiyama.

Di Stasiun Kereta Kyoto ada total 7 lokasi loker dengan total 250 lebih loker ukuran besar dan raksasa yang tersebar di dekat pintu keluar JR Tokaido Line, Shinkansen, dan Kansai Airport Line. Perlu diperhatikan bahwa loker-loker di Stasiun Kereta Kyoto selalu penuh setelah siang hari, kecil kemungkinan bisa menemukan loker yang kosong setelah pukul 11-12 siang. Jadi kalau begitu, lebih baik langsung ke arah Hotel dan menitipkan baramg-barang di hotel, mengingat hotel di Jepang menerima penitipan barang untuk yang akan menginap di hari yang sama.

Beberapa spot loker koin di Stasiun Kyoto antara lain:

  1. Dekat pintu keluar sisi utara, barat, dan selatan (menghadap jalan Hachijo) Stasiun Kyoto.
  2. Di sebelah kiri akses menuju Kyoto Theater dari Kantor Tiket Central Stasiun Kyoto.
  3. Sebelah kiri pintu keluar tengah Stasiun Kyoto, dekat pintu masuk Porta Shopping Mall.

Sekilas tentang Stasiun Kereta Kyoto

Stasiun Kyoto terdiri dari 14 jalur, dengan pembagian sebagai berikut:

  • Jalur 0, melayani kereta limited ekspress Thunderbird menuju Fukui dan Kanazawa. Selain itu juga melayani jalur Tokaido Line, Chuo Line, dan Takayama Line menuju Maibara, Nagano, dan Takayama.
  • Jalur 2-3, melayani Biwako Line dan Kosei Line menuju Hikone, Otsu, Maibara di Prefektur Shiga.
  • Jalur 4-5, melayani JR Kyoto Line menuju Osaka dan Kobe
  • Jalur 6-7, melayani Kansai Airport Line dan JR Haruka menuju Bandara Kansai, JR Hokuriku Line dan JR Tokaido Line yang menuju Osaka, Chizu Express ke Tottori, dan Kinokuni Line menuju Wakayama
  • Jalur 8-10, melayani Nara Line menuju Nara dan Uji Kyoto
  • Jalur 11-12, melayani JR Tokaido Line menuju Nagoya dan Tokyo
  • Jalur 13-14, melayani JR Tokaido Line menuju Shin-Osaka dan Fukuoka
  • Jalur 30, melayani jalur kereta JR Kansai Airport Line dan kereta ekspress Haruka
  • Jalur 30-34, melayani jalur kereta JR Sagano Line dan Sanin Main Line ke arah Kinosaki Onsen, Kameoka, Amanohashidate
  • Juga ada jalur subway menuju wilayah kota Kyoto

Foto Suasana Stasiun Kereta Kyoto

Iluminasi Natal di Stasiun Kereta Kyoto

Suasana Stasiun Kereta Kyoto

Akses ke Stasiun Kereta Kyoto

1. Dengan kereta Dari Tokyo

Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) semuanya tercover dengan  JR Pass.

2. Dengan pesawat Dari Tokyo

Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Kansai. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Kyoto dengan kisaran harga tiket 20.000-23.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 9.000-16.000 yen khusus wisatawan asing.

Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu ICOCA Haruka (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

New Miyako Hotel
0 km away
from ¥17000/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
0 km away
from ¥11200/night
Hotel Keihan Kyoto
0 km away
from ¥7000/night
Hotel Gran Ms Kyoto
3 km away
from ¥9774/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Hirogawara Kyo
31 km away
Tempat bermain anak-anak di Resort Ski Hirogawara Kyoto
Kuil Kurama
15 km away
Pemandangan momiji musim gugur di Kuil Kurama
Museum Nasional
1 km away
Museum National Kyoto
Kuil Heian Jingu
4 km away
Pintu masuk Kuil Heian Jingu

Sumber gambar : Flickr Yoohei Ogino, Japanexperterna.se, yorozuna


Recommended for you


Last modified: May 10, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Lilis
2018-10-05 08:36:23
Sangat baikk

Close Comments

Comments (98)

  1. sebelumnya terimakasih pak sudah membalas setiap pertanyaan.
    pak saya menginap di khaosan world namba, rencana akan naik Bus dari minato-machi (OCAT) ke Kyoto.
    1.apakah saya harus beli online atau bisa langsung beli di tempat ya pak?
    2. nama busnya apa ya?
    3. jam brpa awal keberangkatan ?
    4. pemberhentian busnya di kyoto namanya apa ya pak?

  2. Lenny Setiawan  |  

    Hallo pak Nugroho yang baik dan sabar.

    Kami sekeluarga akan pergi ke Jepang bulan Juni. Mendarat di Haneda airport. Rencananya setelah bbrp hari di Tokyo, kami akan ke Osaka, Kyoto, Nara dan Kobe dan kembali ke Jakarta dari Osaka. Dan jg perjalanan ke Kyoto Nara dan Kobe selalu dari Osaka karena kami menginap di Osaka.
    Ticket pass apa yg kami perlukan untuk naik train ? oh iya trip kami ini selama 8 hari.
    Dan untuk di kyoto apakah kami perlu tiket bus juga jika mau ke Nishiki market dan keliling temple ?
    Terima kasih banyak ya pak Nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu lokasi penginapannya di Osaka di mana ya? Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ongkos dari Gion Shijo Station sampai ke Tofukuji adalah 150 yen. Salam

  3. Hi..saya mo nanya. Say bulan juni ini akan ke jepang. Daftar kota yg mau dikunjungi : tokyo (7 hari), osaka (3 hari) dan kyoto (1 hari). Total sekitar 12 hari. JR Rail Pass mana yg cocok untuk dibeli? Apa benar kalo sudah tau pasti kota mana yg mau dikunjungi, sebaiknya jgn beli JR Rail yg bisa ke semua tmp krn harganya sangat mahal? Mending beli yg bisa dipake ke tokyo-osaka-kyoto saja?

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu tiba dan kembali dari Jepang itu dari bandara mana ya? Salam.

    • Halo. Saya tiba di Narita. Rencananya mau langsung ke Osaka pake shinkansen. Shinkansen yang mana ya yang harus kita pilih? Ohya, jadwal shinkansen (tokyo-osaka) itu adanya tiap 30 menit ya? terakhir jam berapa ya?
      trus besoknya ke kyoto (day trip), balik Osaka lagi, stay di Osaka 2 hari. Trus ke tokyo. Jadi enaknya beli JR Rail Pass yang mana ya?
      Selama di tokyo, apakah kita masih bisa pake JR Rail Pass? Kita akan stay di daerah Shinjuku. Rencananya selama di Tokyo, paling kita ke disneyland, ueno, akibahara, harajuku, shibuya.
      Perlu ga beli kartu SUICA?
      Thank you, Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Karena ada perjalanan shinkansen 2 kali Tokyo-Osaka, dan kemudian Osaka-Tokyo, maka JR PASS Ordinary 7 hari seharga 29.110 yen sudah efektif dan untung bu.
      Dari Narita Airport bisa naik kereta Narita Express sampai ke Tokyo Station. Kemudian lanjut naik Hikari Shinkansen dari Tokyo menuju ke Osaka. Jam keberangkatan shinkansen terakhir dari Tokyo Station adalah 20.03. Salam

  4. halo pak Christ. jika ingin mengunjungi tempat2 wisata di kyoto dalam waktu 1 hari saja (dari pagi hingga malam)…bgmn sebaiknya rutenya pak? Bisa tolong susunkan itenarinya. saya brangkat dari osaka. rencana kunjungan 10 jan 2019.

    Terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!