Itinerary Mengunjungi Kuil di Kyoto dan Arashiyama

You are here Home  > Itinerary Perjalanan >  Itinerary Mengunjungi Kuil di Kyoto dan Arashiyama

Itinerary Mengunjungi Kuil di Kyoto dan Arashiyama. Itinerary ini kami buat setelah melihat banyaknya pertanyaan mengenai rute wisata di Kyoto untuk mengunjungi kuil-kuil terkenal yang ada dan juga kawasan wisata di barat Kyoto yakni Arashiyama. Itinerary perjalanan ini akan dimulai dari Stasiun Kyoto.

  • Mengunjungi Kuil Fushimi Inari Taisha

    Perjalanan dimulai dari Stasiun Kyoto, di mana kita akan membeli tiket bus terusan Kyoto. Lalu dari Stasiun Kyoto, kita akan menuju Kuil Fushimi Inari dengan naik kereta JR Nara Line. Fushimi Inari Taisha begitu terkenal dengan toriinya yang berjejer, dan disebut senbon torii atau seibu torii. Kita bisa ambil banyak foto di sini dan mengabadikan kenangan saat liburan di Kyoto.

    Jam buka: 08.30 – 16.30
    Tiket masuk: gratis/free
    URL: http://inari.jp
    [Cara pergi ke Fushimi Inari]

  • Pergi ke Kuil Kiyomizudera

    Dari Kuil Fushimi Inari, kita bisa naik bus minami-5 (arah balik) dan turun di Halte Tokufuji. Selanjutnya, kita naik bus Nomor 202/207/208 sampai halte Kiyomizuchi dan jalan menuju Kuil Kiyomizudera. Seluruh ongkos bus ini tercover dengan tiket bus terusan Kyoto. Kuil Kiyomizudera (Kuil air suci) merupakan warisan budaya dunia UNESCO dan termasuk salah satu kuil paling terkenal di Kyoto dan Jepang. Terletak di atas gunung yang tertutupi pohon-pohonan di sebelah timur kota Kyoto, Kuil Kiyomizudera sungguh megah. Kualitas kayu dan teknik pembangunan Kuil Kiyomizudera inilah yang membuat kuil ini tetap berdiri dengan gagah di ketinggian.

    Jam buka: 06.00-18.00
    Tiket masuk: 300/200 yen
    URL: http://www.kiyomizudera.or.jp/
    [Cara pergi ke Kuil Kiyomizudera]
    Kuil Terindah di Kyoto Kiyomizudera di musim panas
    Kuil Terindah di Kyoto: Kiyomizudera di musim panas

  • Ke Distrik Gion Kyoto

    Dari halte Kiyomizuchi, kita bisa naik bus no 100 atau 206 sampai ke halte Gion yang ada di pintu masuk area Gion. Jalan utama di kawasan Gion di Kyoto adalah Jalan Shijo, yang terbentang tepat diantara Kuil Yasaka dan sungai Kamogawa. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan. Suasana di sini akan membawa kita ke setting drama tradisional, karena jalan ini dipenuhi oleh berbagai bangunan dengan arsitektur tradisional khas Jepang.

    Jam buka: buka 24 jam
    Tiket masuk: gratis/free
    URL: http://www.gion.or.jp/
    [Cara pergi ke Gion Kyoto]

  • Lanjut ke Kuil Shimogamo

    Setelah makan siang dan beristirahat sejenak di Gion, kita akan melanjutkan perjalanan ke Kuil Shimogamo di Kyoto utara. Dari halte Gion kita bisa naik bus No. 46 berhenti di halte Shimogamo-mae. Kuil Shimogamo adalah salah satu dari Kuil Shinto tertua yang ada di Jepang, dan terletak di muara sungai Kamo yang membelah kota Kyoto. Kuil ini sering disebut sebagai kuil misterius karena tidak tampak dari jalanan utama karena tertutupi pepohonan lebat. Karena itulah, suasana kuil ini amat tenang, dan cocok sekali untuk berdoa atau sekadar merenung sejenak.

    Jam buka: 05.30 – 18.00
    Tiket masuk: 500/250 yen
    URL: http://www.shimogamo-jinja.or.jp/english.html
    [Cara pergi ke Kuil Shimogamo]
    sungai kamogawa dari kuil shimogamo
    Sungai Kamogawa dari Kuil Shimogamo

  • Mengunjungi Kuil Kinkakuji

    Kuil Kinkakuji bisa dibilang hampir selalu ada dalam iklan wisata Kyoto. Kita akan melanjutkan perjalanan ke Kuil Kinkakuji atau yang lebih dikenal dengan kuil paviliun emas. Dari halte shimogamo-mae naik bus no 205 menuju halte kinkakuji-michi di dekat pintu masuk Waktu pergi ke sini, kamera harus selalu siap di tangan. Jumlah pengunjung yang banyak, membuat kita hanya bisa melakukan satu kali perjalanan tanpa memutar balik. Jadi tiap ada spot bagus untuk mengambil foto, segera jepret dan jangan sampai menyesal melewatkan spot foto di sini.

    Jam buka: 09.00 – 17.00
    Tiket masuk: 400 yen
    URL: http://www.shokoku-ji.jp
    [Cara pergi ke Kuil Kinkakuji]
    [Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto
    Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto

  • Mengunjungi Arashiyama

    Dari Halte Kinkakuji-michi kita naik bus nomor 102/204/205 sampai halte Kitano Hakubai-cho, lalu naik kereta keifuku line sampai ke Arashiyama. Arashiyama di pegunungan barat Kyoto yang memiliki segudang tempat wisata. Mulai dari jembatan Togetsubashi yang terkenal, pegunungan Iwatayama, atau hutan bambu Arashiyama. Selain itu, masih ada Kuil Tenryuuji dan Villa Okochi Sanso yang punya pemandangan langsung ke arah Kyoto dari ketinggian. Letaknya yang ada di sisi barat Kyoto memberikan kita kesempatan menutup hari dengan melihat pemandangan sore hari dan matahari terbenam yang indah di sini.

    Jam buka: 24 jam (beberapa tempat wisata tutup lebih cepat)
    Tiket masuk: bervariasi
    URL: –
    [Cara pergi ke Arashiyama]

Akhirnya berakhir juga perjalanan kita berkeliling kuil-kuil terkenal di Kyoto dan juga Arashiyama. Buat teman-teman yang masih bingung, bisa menanyakannya langsung di kolom komentar. Beberapa bahan bacaan lain yang bisa menjadi referensi liburan teman-teman selama di Kyoto antara lain:

  1. Free Pass di Kyoto
  2. Membeli tiket terusan bus di Kyoto
  3. Info lengkap jalur bus di Kyoto
  4. Liburan murah di Kyoto, Osaka, dan Kobe dengan Hankyu Tourist Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Almont Hotel Kyoto
from ¥13800/night
Ryokan Izuyasu
from ¥27287/night
Sakura Terrace The Galler
from ¥10589/night
Sakura Terrace
from ¥7331/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Alex Chen


Recommended for you

Last modified: July 11, 2017

Comments (99)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Yang bisa dijangkau dengan kereta yang tercover dengan JR Pass hanya Arashiyama bu. Tiket terusan bus Kyoto harganya hanya 500 yen bu, dan memberikan keuntungan hemat ongkos yang cukup besar jika Juni mengikuti contoh itinerary saya. Salam.

  1. Viryana Agustriani  |  

    Selamat malam pak Nugroho
    Jika saya ingin ke Kawaguchiko dari Tokyo dari station apa.. Mana yg lebihbrecomended dgn bus atau kereta mohon info dan sarannyab

  2. Sore mas..
    Kalau di kyoto rencana mau ke fushimi inari,arashiyama dan gion..lalu saya rencana beli one day pass buss..kira2 dr stasiun kyoto kemana dulu ya?? Tx

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau memang hanya ingin fushimi inari,arashiyama dan gion, sepertinya tidak perlu membeli One Day pass karena semua bisa dicapai dengan naik kereta. Ibu bisa ke Stasiun Inari (Kuil Fushimi Inari) dahulu dengan kereta JR, lalu kembali ke Kyoto, naik JR Sagano Line ke Arashiyama, lalu naik kereta Hankyu sampai Stasiun Kawaramachi dan jalan kaki ke Gion. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hanya ada kereta JR saja Rita, ongkosnya hanya 560 yen, dengan lama perjalanan 560 yen. Salam.

  3. Malam Pak Nug,
    membantu sekali contoh itinerary nya, apakah untuk jalan-jalan di 1 hari di Osaka ada link yang seperti ini?
    saya menginap di dekat area osaka castle (hotel keihan tenmabashi), jika rencana ke
    – osaka castle
    – Dotonbori
    – Sumiyoshi Taisha
    – Shinsekai market
    – Namba
    – Shinennoji Temple
    apakah boleh advise rute terbaik dan transportasi yang bisa yang digunakan. saya memiliki JR Pass.
    thanks pak tolong dibantu

  4. Pak Nugroho
    Saya akan ke Kyoto selama 2 hari tapi home basenya di Osaka jadi setiap hari Osaka-Kyoto pp. Obyek apa saja yag wajib di kunjungi dalam 2 hari itu dan rutenya yang efektif Pak beserta transportasinya yang pasti diakhiri dengan pulang ke Osaka. Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Mohon maaf, kami tidak melayani pembuatan itinerary melalui kolom komentar karena akan sangat panjang dan membingungkan para pembaca lainnya, Silahkan bapak membaca tempat wisata yang sudah saya tuliskan, aksesnya juga sudah lengkap. Acuannya, bapak bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka sampai Stasiun Kyoto, lalu memulai perjalanan ke tempat-tempat wisata.

  5. pagi pak nugroho, mau tanya lagi.
    saya ingin wisata ke kyoto pp 1 hari. rutenya mirip di atas tapi di skip kiyomizudera:
    – fushimi inari
    – gion
    – nishiki market
    – kinkakuji
    – arashiyama
    pertanyaannya:
    1. kira2 gimana transportnya ya? karna agak beda dengan penjelasan di atas.
    2. kalau 1 hari bisa di tambah dgn 1 wisata lagi atau sudah cukup?
    3. kalau tambah 1 wisata lagi, kira2 apa yg bagus n disisipkan dmn?? bisa minta penjelasaan transportasinya lagi??
    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, bisa dipertimmbangkan bu. Karena JR Pass tidak mengcover ongkos bus di Kyoto. Kalau ibu ingin naik bus di Kyoto, ongkosnya 220 yen sekali naik, kalau berpindah 3 kali saja sudah akan balik modal. Salam.

  6. Pak Nugroho, saya mau tanya dong,
    1. Rute saya dlm 1 hari: ShinOsaka – Kyoto Station – Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Kyoto Station – Osaka Castle – Sinsaibashi – Dotonbori – ShinOsaka, saya ada JR Pass,
    Yg mau saya tanya dr shinosaka ke Kyoto station kan pake JR pass, sampe Kyoto Station lbh ekonomis beli Kyoto One Day Bus Pass atau ketengan pak? Lalu ke Fushimi naik bus Minami-5, baliknya bus minami-5 lagi lalu pindah bus 202/207/208 di halte tofukuji utk ke Kiyomizudera (turun di halte kiyomizumichi), dr kiyomizudera jalan kaki ke Yumeyakata apa bisa? Lalu jalan lagi ke Gion/Nishiki, pulang ke Kyoto Station naik bus 100/206 lagi , sampai Kyoto station pk JR Pass kembali ke Osaka
    2. Dr Shin Osaka mau mengunjungi Osaka Castle & Shinsaibashi & Dotonbori baru balik lagi ke Shin Osaka, itu sebaiknya naik apa transportasinya ? Apa bisa naik free dgn JR Pass ?
    3. Apakah ada kapal yg bisa dinaiki dr Osaka Castle ke Shinsaibashi pd tgl. 26 Maret ?

    Mohon infonya krn sangat saya butuhkan utk menyusun itinerary, terima kasih.

    • – Kalau JR Inari Line dr Kyoto Station ke Fushimi tercover JR Pass ga pak?

      – Dr Shin Osaka ke Osaka Castle naik JR Osaka Loop Line turun di Osakajokoen Station apakah tercover JR Pass ?

      – Dr Osaka Castle ke Namba Station tidak seluruhnya tercover JR Pass ya? Jadi saya harus ke Osakajokoen Station naik JR Osaka Loop Line (tercover JR Pass) turun di Tsuruhashi Station, lalu wajib beli tiket ketengan subway Sennichimae Line turun di Namba Station, apa sudah betul begitu pak?

      – Dr Namba Station mau pulang ke Shin Osaka ga tercover JR Pass juga ya pak? Jadi wajib beli tiket subway Midosuji Line saja ya?

      – Dr Shin Osaka ke Kyoto Station yg tercover JR Pass hanya JR Kyoto Line ?

      – Jadi apakah sudah balik modal jika beli Osaka One day Pass agar lebih ekonomis jika rute hanya Shin osaka – Osaka castle – Namba station – Shin osaka saja , karena saya juga ingin masuk ke Osaka Castle (bayar tiket 600 yen) + naik Tonbori River Cruise (bayar tiket 900 yen) ? Hotel saya di Shin Osaka.

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ya, tercover dengan JR Nara Line
      2. Ya, Siska bisa ke Stasiun Osaka dahulu naik JR Kyoto Line, baru naik Osaka Loop Line sampai Osakajokoen
      3. Ya, benar. Hanya tercover sebagian.
      4. Ya, jauh lebih mudah naik midosuji line, ongkosnya 280 yen.
      5. Ibu bisa naik kereta Shinkansen, limited ekspress, atau kereta lokal ke Kyoto.
      6. Sepertinya belum akan balik modal dengan Osaka Amazing Pass, sebaiknya ibu beli tiket ketengan saja atau gunakan kartu ICOCA saja.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Ya, kalau memang rutenya mau ke Kiyomizudera dan Gion, sebaiknya beli kyoto one day bus pass saja. Rutenya juga sudah benar. Bisa jalan kaki dari Kiyomizudera ke Yumeyakata.
      2. Untuk ke Osaka Castle free dengan JR Kyoto Line ke Osaka, lalu Osaka Loop Line ke Osakajokoen. Namun, untuk ke Namba, Shinsaibashi tidak tercover, sebaiknya naik midosuji line subway saja.
      3. Tidak ada bu. Lengkapnya bisa dibaca di Aqua Bus Osaka.

    • Makasih Pak informasinya utk pertanyaan kedua saya, untuk pertanyaan pertama saya yg ini apakah bisa dibantu (sudah saya tulis diatas sih sebelum postingan ini hihi), saya copas ya pak:

      1. Rute saya dlm 1 hari: Kyoto Station – Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Kyoto Station , saya ada JR Pass, yg mau ditanyakan lebih ekonomis beli Kyoto One Day Bus Pass atau Ketengan aja ya pak? Lalu ke Fushimi naik bus Minami-5, baliknya bus Minami-5 lagi lalu pindah bus 202/207/208 di halte Tofukuji utk ke Kiyomizudera (turun di halte kyomizumichi), dr kiyomizudera jalan kaki ke Yumeyakata apa bisa? Lalu jalan lagi ke Gion/Nishiki, pulang ke Kyoto Station naik bus 100/206 lagi, sudah benar begini kan pak?
      2. JR Inari Station dr Kyoto Station ke Fushimi tercover JR Pass ga pak? Kalo ga tercover saya naik bus saja
      3. Apakah Aqua Mini beroperasi tgl. 26 Maret?

      Terima kasihhhhhh banget

    • Waduh ternyata sudah dijawab juga, terima kasih jawabannya cepat sekali pak, utk pertanyaan no. 1 & 3 sudah terjawab, tinggal pertanyaan no.2 : JR Inari Station dr Kyoto Station ke FUshimi tercover JR Pass ga pak? Kalo tidak tercover saya naik bus Minami-5 saya, thanks ya pak , sangat membantu sekali informasinya .

  7. Selamat siang pak Nugroho,
    Mohon sarannya , kalau kami ingin mengunjungi Kyoto akhir November, yang akan dikunjungi
    – Fushimi Inari
    – Kuil Kiyomizudera
    – Gion
    – Nishiki market
    – Kuil Kikakuji
    – Kuil Ginkakuji
    – Sanjusangendo
    – Kuil nanzenji
    – Arashiyama
    – Sungai Hozukawa

    Baiknya rute darimana dulu? Kami punya waktu 1 1/2 hari. Apa seperti contoh pak Nugroho? yang tidak dalam contoh bapak saya sisipkan dimana? hari 1 sebaiknya apa dulu?
    Kalau waktu tidak mencukupi yang skip mana ya?
    – Dari Tokyo rencana pagi tgl 30 November pagi
    – Menuju Osaka tgl 1 sore / malam

    Untuk menghemat waktu sebaiknya saya beli pass apa, saya tidak pakai JR pass.
    Mohon infonya juga untuk hotel sebaiknya di daerah mana?

    terima kasih sebelumnya

  8. Hallo mas Nugroho
    Mau tanya lagi nih.utk bulan september nanti (sept 2017) sdg musim.apakah di Kansai dan juga Tokyo?
    Dan saya ada rencana jua ke tateyama lbj dekat manakah? Osaka/kyoto/Tokyo?
    Rencana perjalanan kami adlh
    16-18 sept 2017 :Osaka
    18-22 sept 2017 : Kyoto Nara Kobe
    (ada saran lainnya?)
    22-25 sept 2017 : Tokyo (ingin ke mount fuji dan tateyama)
    Mohon info dan saran nya
    Terima.kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Di bulan September ada di awal musim gugur Ninis. Tateyama Kurobe Alpine bisa dicapai dari Osaka/ Kyoto atau juga dari Tokyo, karena letaknya ada di tengah-tengah Osaka/Kyoto dan Tokyo. Sebaiknya, Ninis juga membeli JR Pass. Salam.

  9. Hi Pak Nugroho, Kuil Kiyomizudera sedang direnovasi ya? Apakah kuil ini ditutup atau hanya dibatasi sampai tempat tertentu? apakah tetap menarik untuk dikunjungi di akhir November nanti?
    Terimakasih, Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, sedang di renovasi bu, namun tidak keseluruhan kompleks kuilnya, hanya bangunan utama saja. Biasanya saya menyarankan untuk melihat sekilas saja dari jalanan masuk, karena daya tarik utama Kiyomizudera adalah bangunan utama kuilnya.

  10. Hi Pak Nugroho, tanggal 21 November saya akan berada di Kyoto, bermaksud ke Fushimi Inari dan area Arashiyama lalu kembali ke Tokyo dengan Shinkansen. Mohon advice, untuk lebih praktisnya, sebaiknya saya ke Fushimi Inari atau ke Arashiyama terlebih dahulu. Dan apakah Bapak rekomen untuk mencoba Sagano Scenic Train di tanggal tersebut. Terimakasih banyak, Pak Nugroho.

  11. Hi pak Nugroho,
    1.kalau sdh ada Keihan seesight pass apa perlu beli bus terusan kyoto lagi? Atau sebenernya Keihan tdk perlu krn tdk efektif?
    Sy wisata kyoto dan arashiyama (1day-pp osaka) krn penginapan di osaka
    2. Kalau kita skip kuil shimogamo dan ganti dgn nishiki market, bagaimana sebaiknya rute yg pas? Lunch di gion atau nishiki?
    Lalu makan malam apakah keburu di osaka atau arashiyama,dimana yg pas utk makan malam pak?
    Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin skip Kuil Shimogamo tidak masalah, bisa pilih makan siang di Gion atau Nishiki Market. Kedua tempat ini lokasinya relatif dekat. Untuk makan malam bisa di Osaka bisa juga di Arashiyama Ibu, disesuaikan dengan waktunya saja, daripada nanti kelaparan.

      Kalau ingin membeli Keihan Sightseeing Pass sebenarnya belum balik modal sih bu, ditambah kalau naik kereta Keihan langsung ke Fushimi Inari, itu berarti tidak bisa ke Kyoto Station untuk membeli Tiket terusan bus Kyoto. Saran saya dari Osaka ibu bisa naik JR Kyoto Line sampai ke Kyoto station, beli tiket terusan satu hari, lalu naik kereta JR start dari Fushimi Inari. Sebab kalau melihat rutenya, tiket terusan bus Kyoto sangat menguntungkan bu, karena memang ibu akan beberapa kali naik bus. Salam

  12. Selamat sore bpk. Saya ingin mengunjungi kuil kodaiji, arashiyama, kuil kifune jinja, ryoanji, tenryuji dalam satu hari bisakah pak? Urutannya bagaimana ya pak dari stasiun kyoto?

  13. Selamat pagi Pak Nugroho, mohon bantuannya untuk urutan perjalanan terbaik dalam 1 hari apakah memungkinkan apabila ingin mengunjungi Arashiyama, Fushimi Inari, Nishiki Market dan Gion. Apakah semua lokasi tersebut tercover Kyoto bus pass, terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa James, semuanya tercover dengan Kyoto Bus Pass. Rutenya bisa begini James, Fushimi Inari, lalu ke Nishiki Market, Gion, lalu ke Arashiyama.

    • FITRI  |  

      saya sudah baca itinerary saat di kyoto sangat lengkappppp,

      berarti walau kami membeli tiket terusan bus kyoto, tdk semua tercover ya pak..? dan saat ada panduaan menggunakan kereta JR(seperti JR Nara line dari st.kyoto ) berarti kami cukup membeli dgn uang cash ya…?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya benar bu. Tidak semua tercover, tapi kalau dihitung-hitung, itu adalah cara termurah dan paling praktis. Kalau ibu mau, bisa menyelipkan atau mengurangi tempat wisata lainnya juga. Salam.

    • FITRI  |  

      sisore pak,

      saya akan mengikuti ittinerary bpk di kyoto(ada 2tempat yg kami skip). urutannya 1. Fushimi innari 2.kiyomuzidera 3.Gion(Higashiyama) 4.Arashiyama(bamboo grove dan sagano train).

      dari Gion ke Arashiyama bagaimana caranya ya pak..?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik bus rute nomor 100 kembali ke Stasiun Kyoto, baru naik JR Sanin Line/Sagano Line sampai Stasiun Saga-Arashiyama. Salam.

    • maaf pak, mungkin bpk salah ketik ya. maksudnya St.Kyoto. benar begitu?

      lalu, apakah benar dari Gion ke Arashiyama bisa jalan kaki ke arah stasiun kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai arashiyama(via st.katsura)..?

    • FITRI  |  

      dari Gion ke Arashiyama lebih murah dan mudah mana ya pak..?

      1. Gion naik bus 100 ke St.Kyoto(lalu dari ST.Kyoto naik JR Sanin/sagano.
      2. jalan kaki ke arah halte kawaramachi lalu naik Hankyu sampai Arashiyama(via St.Katsura)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tanpa JR PASS dan Bus Pass, ongkos bus dari Gion ke Kyoto Station adalah 220 yen, lalu ongkos kereta dari Kyoto hingga ke Saga Arashiyama 240 yen.
      Sementara kalau naik kereta hankyu dari Kawaramachi-Katsura-Arashiyama ongkosnya 220 yen. Salam

  14. Thanks for Reply,
    Saya mau tanya lagi min tenting transportasi kereta,ketika dari satu stasiun ingin ke station lain terkadjang harus pindah kereta sebelum sampai stasiun tujuan,disaat pindah kereta itu kita harus pindah ke jalur lain tau di jalur yang sama ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, silakan dicek kereta berikutnya berada di jalur yang sama atau platform yang berbeda. Sebab tidak semuanya sama, tergantung keretanya. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kevin bisa naik JR Sanin Line dari Stasiun Arashiyama, ke Stasiun Kyoto, lalu naik kereta Shinkansen ke Tokyo. Salam.

  15. Malam pak nugroho kalau dari station kyoto terus ke nishiki market uda banyak yg buka atau belum ya pak…rencana cari makan disitu sebelum keliling ke kuil2? abis itu ke fushimi inari – arashiyama – kiyomizudera – kinkakuji dan gion….gimana urutan yg searah ya pak? seperti apa yang uda sy baca kan beli one day bus pass setelah itu malam sy balik ke tokyo dgn JR PASS…tolong dibantu pak…makasih ya pak sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Setelah dari Gion, ibu tinggal jalan kaki ke arah barat kok, sekitar 1 kilometer (15 menit) sampai Nishiki Market. Nanti pulangnya tinggal ke stasiun Shijo, lalu naik kereta Karasuma Subway Line sampai Stasiun Kyoto. Salam.

  16. Selamat siang pak,

    Tks atas jawaban2 sebelumnya, fast response dan sangat bermanfaat. Saya mau tanya mengenai daerah di Kyoto. Rencananya saya akan tiba di Kyoto pada hari Selasa siang dan menetap disana sampai Rabu sore. Berikut ini adalah pertanyaan saya:
    1. Saya ingin mengunjungi
    -Nijo Castle,
    -Kinkakuji,
    -Arashiyama,
    -gion,
    -kiyomizudera,
    -fushimi inari,
    -shimogamo,
    -sanjusangendo (optional),
    -eikando, dan
    -genkoan.

    Dalam waktu 2 hari apakah memungkinkan? Jika iya gambaran besar pembagian itinerary ya bagaimana ya?

    2. Enaknya saya menginap di daerah mana ya agar bisa leluasa mengunjungi kedua daerah itu?

    Terima kasih banyak pak Nugroho.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Wilayah timur itu maksudnya adalah Kyoto sebelah timur pak, meliputi wilayah sisi timur Stasiun Kyoto, antara lain Kiyomizudera, Gion, Sannenzaka-Ninenzaka, Kuil Yasaka, Kuil Chionin, dan Kuil Ginkakuji. Beberapa Itinerary Santai Kyoto Timur

    • Muhammad Nabil Musyaffa  |  

      Selamat pagi pak mau tanya,

      Rencananya saya akan sampai di Stasiun Kyoto dan ini tempat2 yang akan saya kunjungi:

      Hari 1 (Sampai Di St Kyoto Jam 12.00)
      Tempat yg ingin dikunjungi:
      -Arashiyama
      -Kinkakuji Temple
      -Genkoan Temple

      Hari 2 (Dari pagi)
      Tempat yang ingin dikunjungi:
      -Fushimi Inari
      -Kiyomizu Temple
      -Gion
      -Shimogamo Temple (Optional)

      Yang mau saya tanyakan:
      1. Apakah one day bus pass berlaku 24 jam? Jika tidak, sebaiknya di hari 1 atau 2 saya membeli tiket busnya?
      2. Untuk hari pertama apakah bisa dikunjungi semua half day? Jika bisa, itinerarynya seperti apa?
      3. Untuk hari kedua juga itinerarynya seperti apa supaya dalam sehari bisa dikunjungi semua?

      Terima kasih banyak pak

    • Muhammad Nabil Musyaffa  |  

      Oh iya pak, lalu mau tanya lagi:
      1. Kalau menuju Genkoan bagaimana caranya? Apakah perjalanan menuju ke Takagamine Genkoan Mae tercover one day bus pass? Atau harus naik bis lain dan beli tiketnya dimana?
      2. Kalau dari Arashiyama ke Genkoan bisa? Apa sebaiknya dipindah ke hari ke 2?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. One Day Bus Pass nya bisa dibeli untuk hari pertama dan hari kedua. Kemudian perjalanan bus ke Genkoan tidak tercover oleh one day bus pass, jadi harus membayar sendiri dengan kartu suica/pasmo atau uang tunai.
      Dari Arashiyama bisa naik bus nomor 11 sampai Yamagoe Nakacho, pindah ke bus nomor 59 sampai Senbon Kitaoji. Kemudian lanjut naik bus sampai ke Takagamine Genkoan Mae. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Harganya tiketnya 230 yen dengan waktu perjalanan 5 menit Pak. Salam

  17. Selamat malam pak. Saya ingin ke fushimi inari dan arashiyama dan tempat2 yg bapak tulis diatas.tetapi start nya dari Hostel ginkakuji daerah ginkakuji. Darimana saya harus memulainya pak?
    Trimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Yang paling mudah adalah, pertama ibu naik bus nomor 204 sampai ke halte bus Marutamachi Keihanmae. Lalu kemudian naik kereta Keihan sampai ke Fushimi Inari Station. Nah dari Fushimi Inari nya bisa mengikuti rute perjalanan di atas. Salam

    • Slmt siang pak..maaf saya mau tanya lagi..krn saya 3 hari di kyoto, maka arashiyama saya kunjungi dihari kedua saja.
      Bagaimana cara mengunjungi arashiyama jika start saya dr ginkakuji? Lalu stlh dr arashiyama saya ingin ke kyoto imperial palace pak.
      Trimakasih pak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari halte Ginkakuji-michi bisa naik bus nomor 5 sampai ke halte shijo kawaramachi, kemudian jalan kaki ke stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu Kyoto sampai ke Arashiyama Station.
      Pulangnya bisa naik kereta yang sama dari Arashiyama sampai ke stasiun Kawaramachi. Jalan kaki ke halte shijo kawaramachi, dan naik bus nomor 4/17/59/205 sampai ke halte Kawaramachi Marutamachi. Kemudian tinggal jalan ke Kyoto Imperial Palace. Salam

    • Trimakasih atas infonya pak…sangat bermanfaat dan membantu.
      Mohon maaf jika saya bertanya lagi, apakah dari kyoto imperial palace ke kyoto st bisa menggunakan transportasi bus? Bus no.brp pak?
      Trimakasih pak atas semua infonya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu bisa jalan kaki sebentar sampai halte Kawaramachi Marutamachi, kemudian naik bus nomor 4 atau 205 sampai ke Kyoto Station. Salam

  18. terima kasih mas…
    saya tidak balik tokyo, tetap di nagano selama 1 bulan.. hehehe…
    klo seperti itu, rugi ga yaa? atau ada pilihan lain?? thx

  19. Selamat malam mas, mau bertanya.. saya rencana pergi ke jepang tgl 29 april sampai 7 mei, saya rencana ke tokyo, nagano, kyoto, nara, dan osaka.. seandainya saya membeli JR pass, apakah lebih menguntungkan atau tidak mas? Rencana JR pas saya gunakan 7 hari untuk perjalanan dari tokyo –> nagano –> kyoto –> nara –> osaka –> nagano.. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Dari Nagano apakah kembali ke Tokyo?
      Kalau melihat rute perjalanan bapak, JR PASS seharga 29.110 yen, sudah bisa balik modal kok Pak. Salam

  20. Pagi pak,

    1. ICOCA berlaku juga di Kyoto kan ya pak? apakah bisa direfund di Kyoto Station?

    2. Kalau mau naik willer bus ke Tokyo, belinya di mananya Kyoto Station dan menunggu bis nya dimana? apakah bisa membeli di loket di hari yang sama?

    3. Kalau saya ingin keliling Kyoto dengan one day bus pass, apakah bisa hop on hop off dengan 1 pass itu saja untuk rute bis yang berbeda pak? Dengan traffic yg dimiliki Kyoto biasanya berapa obyek wisata yg bisa kita kunjungi dari siang sampai malam?

    4. Dari Shin Imamiya Station itu harus ke Shin Osaka dulu untuk naik shinkansen ke Kyoto ya pak? bagaimana rute keretanya? apakah harus transit di Namba Station dulu atau ada yang langsung ke Shin Osaka?

    Terima kasih pak Nugroho

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. ICOCA memang berlaku di daerah Kansai (Osaka, Kyoto, Kobe, Nara).
      Kalau ibu mau naik bus willer, silakan beli via online dari internet. Nah, nanti ada kok petunjuk mengenai halte keberangkatan plus peta lengkapnya.
      Lalu dengan One day bus pass Kyoto, bisa menggunakan semua bus dalam kota Kyoto Ibu. Beberapa contoh trayek bus penting di Kyoto sudah dirangkum oleh Tim Info Jepang: Info Lengkap Jalur Bus Kyoto. Kalau ibu memperhatikan komentar-komentarnya, rata-rata objek wisata yang dikunjungi adalah 4-5 buah per hari.
      Kalau mau naik shinkansen berarti harus ke Shin Osaka Station. Nah, cara perginya ada dua: dengan kereta JR (gratis kalau punya JR PASS), dan kereta subway Non JR.
      Tapi bisa juga kok Ibu naik kereta biasa, waktunya tidak jauh beda dengan naik shinkansen. Ibu bisa naik kereta JR Yamatoji Rapid dari Stasiun Shinimamiya sampai Stasiun Osaka, lalu naik kereta JR Kyoto Line atau JR Special Rapid Service sampai Stasiun Kyoto. Semuanya tercover dengan JR Pass.

  21. Pagi pak Nugroho, terima kasih untuk itinerary Kyoto nya.
    Kalau misalnya saya ingin menghilangkan kunjungan ke Kuil Shomogamo di Itinerary ini, bisakah? Apakah ada jalur bus langsung dari Gion area ke Kinakuji?
    Oh ya saya juga mau memasukkan itinerary nya ke Nishiki Market. Sebaiknya diletakkan setelah darimana ya? Terima kasih.

  22. Rina Susilawaty  |  

    Malam pak Nug, mau tanya lagi nih, kami kan akhirnya putuskan tinggal di Khaosan Kyoto Guest House seperti saran bapak, saya mau tanya apa itinerary diatas cocok untuk saya ikuti? atau ada cara yg lebih mudah untuk mengunjungi objek2 wisata diatas? mohon advisnya pak, trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Itu adalah itinerary termudah bu Rina. Silahkan ikuti atau kalau mau mencoba sendiri atau mau padu padan dengan tempat wisata lainnya., boleh saja, nanti mungkin bisa di sharing ceritanya kepada kami sehingga bisa berguna bagi para pembaca lainnya.

  23. Pak Nugroho, apakah untuk wanita jika sedang menstruasi boleh tetap mengunjungi kuil/shrine di Jepang? Atau ada larangannya? Trims.

  24. Rina Susilawaty  |  

    Oh ya pak, mau tanya juga, kalo saya dari Gion mau langsung ke Kuil Kinkakuji tanpa ke kuil Shimagamo, dari Gion naik bis nomor berapa ya pak? Mohon advis nya,pak, trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Rina bisa naik Bus Kyoto #12 dari halte Gion (dekat Taman Maruyama) ke Kuil Kinkakuji. Salam.

  25. Rina Susilawaty  |  

    Maaf pak tanya lagi, ini kereta keretanya pakai Suica aja ya? ga perlu beli Kansai pass ato apa gitu pak supaya lebih murah? Mohon infonya,pak,trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kansai Pass akan sulit balik modal bu kalau hanya jalan-jalan di dalam kota Kyoto. Dan saya juga sudah merekomendasikan untuk menggunakan Kyoto Bus Pass dan tiket ketengan untuk kereta atau dengan SUICA/Pasmo/ICOCA.

  26. Malam Pak, untuk pemegang JR Pass apakah perlu membeli tiket bus terusan Kyoto jika hendak keliling? Saya rencananya pp Kyoto kembali ke Osaka, berarti dengan mengikuti itinerary diatas sudah cukup keliling Kyoto tanpa perlu menginap ya, atau sebaiknya menginap di Kyoto?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak/Ibu. Biar enak jalan-jalan di Kyoto, bisa pakai one day bus pass Kyoto (500 yen). Ini karena tempat-tempat wisata di Kyoto (misalnya Fushimi Inari, Kuil Kiyomizudera, Kuil Shimogamo, Kuil Kinkakuji) jauh-jauh dari stasiun, dan lebih enak dan dekat bila naik bus sampai stasiun terdekat. Salam

    • Rina Susilawaty  |  

      Rencana mua tinggal daerah Dotonbori,pak, infonya apartment 7 menit dari Namba station di Osakanya,pak, trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu bisa naik JR San-in Main Line dari Saga Arashiyama Station sampai ke Kyoto Station, kemudian naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Kyoto ke Stasiun Osaka. Dari Osaka Station kemudian naik subway midosuji line sampai ke Nanba Station. Salam

  27. Rina Susilawaty  |  

    Malam pak, mau tanya kalo saya dari Arashimaya mau langsung ke Osaka bisa tolong bantu
    guide harus naik apa dan bagaimana? thanks sebelumnya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Osaka nya di stasiun apa ya? Atau kalau boleh tahu kembali ke penginapan di mana? Supaya Tim Info Jepang bisa memberikan saran tepat sasaran. Salam

  28. Ervina nuraeni  |  

    Makasih min infonya.. mau tanya lg, dr arashiyama ke saga arashiyama brp lama? Naik apa? Lalu byr kereta san-in Main Line bs pake suica/pasmo? Mhn informasinya. Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu ke Arashiyama mau ke mana saja?
      Objek wisata yang paling jauh pun bisa ditempuh 15 menit jalan kaki ke Saga Arashiyama Station. Ongkos keretanya juga bisa dibayar dengan suica/pasmo. Salam

  29. Ervina Nuraeni  |  

    min mau tanya, saya rencana balik ke tokyo tgl 29 Maret 2017 naik willer bus di Kyoto station G2 platform, kira2 perjalanan dari arashiyama sampai Kyoto Station G2 Platform berapa lama? naik apa dari arashiyama sampai ke Kyoto station G2 platform? mohon pencerahannya min… arigatou

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!