Kuil Shimogamo

Home / Temple / Kuil Shimogamo
Item image

Kuil Shimogamo adalah salah satu dari Kuil Shinto tertua yang ada di Jepang. Lokasinya ada di bagian utara Kyoto, di muara sungai Kamo atau Kamogawa, sungai yang mengalir di pusat kota Kyoto. Kuil Shimogamo ini sudah berdiri sejak tahun 678. Sekitar 100 tahun kemudian (sekitar tahun 794), Kyoto kemudian menjadi ibukota Jepang. Pemindahan ibukota Jepang ke Kyoto dalam rangka menghambat perkembangan agama Buddha menjadikan Kuil Shimogamo menjadi pusat pengajaran Shinto saat itu. Nah, berikut ini liputan Tim Info Jepang ke Kuil Shimogamo atau Shimogamo Shrine. Check it out!

Bangunan utama Kuil Shimogamo yang dibangun tahun 1629. Meskipun begitu, wilayah kuil ini memiliki sejarah panjang lebih dari 1500 tahun. Kuil ini dikelilingi oleh hutan Tadasu no Mori (hutan untuk perbaikan diri dalam bahasa Jepang) dengan dua sungai di Takano dan Kano di kanan dan kirinya. Hutan Tadasu no Mori sendiri dipercaya oleh masyarakat Kyoto sebagai pelindung Kyoto dari kuasa jahat.

Karena dikelilingi oleh pepohonan, suasana kuil ini amat tenang, dan cocok sekali untuk berdoa atau sekadar merenung sejenak. Tidak heran, ada banyak warga Kyoto yang datang ke tempat ini untuk berdoa, begitu pula dengan wisatawan asing. Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo (sekitar 3 kilometer ke sisi utara Kuil Shimogamo) dikenal sebagai Kuil Kamo di Kyoto. Kedua kuil ini diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Suasana hutan di Kuil Shimogamo

Suasana hutan di Kuil Shimogamo

3 Kegiatan Seru di Kuil Shimogamo Kyoto

1. Menyaksikan Festival Aoi atau Aoi Matsuri

Aoi Matsuri (lebih dikenal dengan Hollyhock Festival) adalah salah satu tiga festival besar di Kyoto, bersama dengan Gion Matsuri dan Jidai Matsuri. Festival ini diadakan di Kuil Kano (Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo)  dan Istana Kekaisaran Kyoto. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei.

Saat Aoi Matsuri, penduduk Kyoto akan berpakaian seperti layaknya seorang pejabat di masa Periode Heian (periode kejayaan Kyoto sebagai ibukota Jepang), kemudian akan berjalan dalam parade besar dari Istana Kekaisaran Kyoto, kemudian Kuil Shimogamo, dan berakhir di Kuil Kamigamo. Parade ini biasanya dimulai sekitar pukul 10.30 di Istana dan berakhir di Kuil Kamigamo sekitar jam 15.30.

Aoi sendiri adalah bahasa Jepang dari daun hollyhock (daun besar dengan warna cerah), yaitu daun yang biasa digunakan oleh penduduk Kyoto selama matsuri ini. Selama matsuri ini, teman-teman bisa bebas berfoto atau bergabung dalam parade di barisan belakang. Namun, pastikan untuk datang agak pagi agar bisa memperoleh spot yang bagus untuk mengabadikan momen.

2. Naik Kereta Kuda

Di Kuil Shimogamo, sebelum Aoi Matsuri diadakan, biasanya diantara tanggal 3 sampai 5 Mei diadakan Yabusamesinji (dimana seorang ksatria akan menaiki kuda yang berlari dalam jalur pepohonan Kuil Shimogamo sambil melepaskan 3 kali panah). Karena tanggal itu adalah Golden Week atau hari liburan panjang di Jepang, biasanya akan banyak seklai orang datang untuk melihat festival ini sambil memohon keamanan dan kesuksesan Aoi Matsuri. Namun, tidak hanya saat Yabusamesinji saja, di hari-hari biasa kita tetap bisa juga menaiki kereta kuda menyusuri jalur Yabusamesinji. Coba deh, dijamin tidak menyesal!

3. Melihat pemandangan salju di Kuil Shimogamo

Kuil Shimogamo yang terletak di lereng perbukitan utara Kyoto memiliki hutan dengan pepohonan yang tinggi sehingga terasa sangat teduh. Di musim dingin saat salju turun, kita bisa melihat pemandangan menakjubkan di mana pepohonan dan bangunan kuil, jembatan, dan pagar-pagar bewarna merah diselimuti salju putih. Jika teman-teman datang ke Kyoto saat turun salju, Kuil Shimogamo ini harus dikunjungi.

Kuil Shimogamo saat salju turun

Kuil Shimogamo saat salju turun

Akses dan Informasi

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Local Nara sampai Stasiun Tofukuji (sekitar 3 menit, dengan ongkos 140 yen). Lalu naik kereta Keihan Main Line sampai Stasiun Demachiyanagi (sekitar 10 menit, dengan ongkos 270 yen). Setibanya di Stasiun Demachiyanagi, teman teman-teman bisa berjalan kaki 10 menit ke arah utara.

Bisa juga dengan naik bus wisata kota Kyoto nomor 4 langsung dari Stasiun Kyoto atau juga nomor 46 yang berjalan memutari objek wisata terkenal seperti Gion, Higashiyama, Kyoto Imperial Palace, dan Istana Nijo yang terkenal. Teman-teman bisa turun di halte atau perhentian Shimogamojinja-mae di samping Kuil Shimogamo.

Biaya masuk ke dalam Kuil Shimogamo ini 500 Yen dan 250 Yen untuk anak SD kebawah.

Dua hotel yang berada di sekitaran Kuil Shimogamo (rekomendasi Tim Info Jepang), di mana harganya terjangkau dan dekat dengan Kuil) adalah Nashinoki Inn dan Guesthouse Hyakumanben Cross.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Hana Hostel
5 km away
from ¥2540/night
Capsule Ryokan Kyoto
6 km away
from ¥5200/night
Ryokan Inn Yoshida-sanso
2 km away
from ¥50049/night
Rangetsu
9 km away
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fushimi Inari Taisha
8 km away
Seribu Torii di Fushimi Inari Taisha
Okochi Sanso
10 km away
Panorama musim gugur di Okochi Sanso Arashiyama
Toji Temple
7 km away
Mengunjungi Kuil Toji Kyoto di malam hari
Kifune Jinja
9 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto

Sumber gambar: Flickr Rosewomanshinji_wMikel Lizarralde


Recommended for you


Last modified: July 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (20)

  1. Siang Pak, saya dan teman-teman (7 orang) berencana ke Jepang bulan April tahun 2018 dari tanggal 25 April hingga 3 Mei, Saya berencana jalan-jalan terakhir di Tokyo sekitar 2 hari 1 malam, karena kami memilih lebih lama di Osaka dan Kyoto.
    Dalam waktu 2 hari 1 malam tersebut apakah bisa diberikan masukan saya dapat kemana saja Pak di Tokyo karena saya akan ke Indonesia dari Narita Airport jam 11-an tanggal 3 Mei.

    • Pak terima kasih atas masukannya, saya ada bebebrapa pertanyaan lagi:
      – Pak bagaimana perkiraan suhu selama saya di Jepang 25 April-3 Mei 2018, sehingga saya mengetahui pakaian yg sesuai?
      – Saya akan 3 hari di osaka dan 3 hari di kyoto lalu ke tokyo, apakah perlu JR Pass waktu jalan selama di osaka dan kyoto?
      – Pak saat tiba di kansai osaka airport (8.30-an) apakah bisa saya langsung ke universal studio dan menitip koper di loker yang sudah disediakan sesuai dengan informasi dari infojepang.net, apabila bisa kendaraan apa yg saya bisa gunakan dan kapan JR Pass dapat mulai diaktifkan?
      – apakah memungkinkan kami untuk dapat ke Mount Fuji dan Nagoya Castle, bila memungkinkan hari keberapa bisa saya sisipkan di itinerary dan menggunakan transportasi apa?

      Maaf atas banyaknya pertanyaan yang saya ajukan karena kami benar-benar pertama kali ke jepang dan takut dengan jalur2 perjalanan di sana karena menurut kami membaca rute di Jepang cukup membingungkan.

    • Nugroho Christian  |  

      Sekitar 16-22 derajat bu. Mohon ibu berikan gambaran singkat itinerary ibu. Tiba di kansai, pulangnya dari mana ya bu? Terus urut-urutan kota yang mau dikunjungi misal 2 hari do Osaka, dsb, jadi saya bisa memberikan rekomendasi dengan lebih akurat. Nagoya Castle bisa dikunjungi saat perjalanan Osaka/Kyoto ke Tokyo (berangkat pagi, mampir di Nagoya dahulu, baru sorenya ke Tokyo). Gunung Fuji bisa jadi day trip dari Tokyo. Salam.

    • Steffany  |  

      Saya Tiba di Kansai airport jam 8.30 dan akan balik ke Indonesia tanggal 3 dari Tokyo, sehingga saya pilih Tokyo sebagai tujuan terakhir.
      Tujuan saya ingin di Osaka 2 Hari:
      Hari 1. Osaka Castle, Umeda Sky Building, Osaka Aquarium Kaiyukan, dan Dotombori
      Hari 2. USJ full day (Kecuali hari pertama bisa langsung ke USJ jadi rencana hari pertama jadi rencana hari ke dua)
      KYOTO:
      Hari 3. Sesuai dengan itinerary di infojepang.net yang dilakukan dalam 1 hari yaitu ke fushimi inari, kizomizudera, gion distrik, kuil shimogamo, kuil kinkakuji, dan arashiyama.
      Hari 4 saya ingin ke sannenzaka, ninezaka, yakusa shrine, maruyama park, nishiki market, philosopher path.
      Untuk di Kyoto ini saya tidak tau urutan yang benar agar searah dan tidak bolak balik.
      Hari ke 5-6 ini saya ingin menuju Fuji dan Nagoya (bila bisa)
      Hari ke 7 di tokyo ke tokyo skytree, kuil sensoji, tokyo station, dan taman odaiba (di tokyo ini juga saya tidak tau urutannya) tapi apabila tidak bisa ke seluruhnya tidak apa.
      Hari ke 8 langsing menuju airport dan tidak kemana lagi karena takut ketinggalam pesawat jam 11.

    • Steffany  |  

      Maaf yang saya ingin tanyakan lebih ke masalah transportasi.
      1. Untuk hari ke-3 di Kyoto saya mungkin akan menggunakan Kyoto One Day Bus Pass, sesuai dengan itinerary infojepang.net mengunjungi kuil di Kyoto dan Arashiyama, namun apakah semua tujuan wisata saya di kyoto termasuk hari ke-4 seluruhnya bisa dicover oleh Kyoto One Day Bus Pass?
      2. Perjalanan saya setelah dari kyoto, lebih baik saya ke Fuji atau ke Nagoya dulu?
      2a. Bila yang baik adalah ke nagoya dulu, transportasi apa yg baik saya gunakan dari kyoto-nagoya-fuji?
      2b. Bila yang baik adalah fuji dulu, transportasi apa yg baik saya gunakan dari ktyoto-fuji-nagoya?
      3. Saat di Fuji apakah harus membeli Fuji Hakone Pass, dimana saya hanya 1 hari di Fuji dan tanpa menginap, karena saya liat Fuji Hakone Pass keberangkatannya dari Shinjuku Tokyo, padahal saya dari Kyoto atau mungkin dari Nagoya.
      4. Selama di jepang saat di Osaka apakah saya lebih baik membeli Osaka Amazing Pass?
      5. Atau untuk di Osaka dan Kyoto saya beli Kansai Thru Pass, krn KTP saya liat dapat tiket terusan bus Kyoto juga jadi osaka hingga kyoto sepertinya dapat dicover seluruhnya oleh KTP, tapi apakah bisa bapak berikan masukan yang lebih sempurna untuk masalah transportasi selama saya di Jepang, karena saya sudah baca tapi masi bingung harus membeli pass yang mana agar sesuai dengan itinerary saya.
      Mohon bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya silahkan, memang itu solusi terbaik dan paling murah.
      2. Keduanya sama sulitnya dan ribet karena ibu akan kesulitan untuk menaruh koper. Saran saya, dari Kyoto-Nagoya-Tokyo. Lalu perjalanan ke Fuji Kawaguchiko jadi day-trip saja dari Tokyo. Bisa dengan naik kereta atau bus saja.
      3. Tidak perlu membeli Fuji Hakone Pass karena akan sulit balik modal jika ibu tidak mau eksplor Hakone juga.
      4. Selama di Osaka mau kemana bu, silahkan baca penggunaan Osaka Amazing Pass.
      5. Kansai Thru Pass harganya cukup mahal 4000 yen, kalau hanya ingin Kyoto-Osaka saja, rasanya akan sulit balik modal. Ibu harus pergi juga ke tempat yang agak jauh seperti Nara, Kobe, Himeji, atau Amanohashidate.

    • Steffany  |  

      Pak maaf saya tanya lagi:
      1. Saat dari kuil kinkakuji menuju Arashiyama bila setelah naik bus 205/204/102 lanjut naik kereta keifuku line lewat stasiun mana dan berapa biaya untuk sampai ke arashiyama? apakah lebih baik saya pakai bus 59 lanjut bus 11 saja? mohon dipilihkan.
      2. Dari arashiyama balik ke Kyoto bagimana caranya?
      3. Perjalanan antar Osaka-Kyoto-Nagoya-Tokyo dapat tercover oleh JR Pass, apakah perlu membeli JR Pass?
      Bila tidak perlu JR Pass bagaimana
      – Dari Osaka ke Kyoto apa beli one way lewat jalur kereta JR Kyoto Line?
      – Dari Kyoto ke Nagoya apa yang perlu saya beli kereta one way saja seharga 5070 yen?
      – Dari Nagoya ke Tokyo bagaimana jalurnya dan berapa biayanya?
      -Dari Tokyo ke Fuji saya hematnya naik apa karena saya tidak membeli Tokyo Wide pass karena berlaku 3 hari, sedangkan saya hanya sebentar di Fuji dan Tokyo.

  2. pagi paka, kalau saya dari halte shijo kawaramachi mau ke kuil shimogamo itu menggunakan jalur 205 dan langsung berhenti di halte shimogamo mae bisa tdk ya?

    apakah bus jalur no 205 hanya berhenti di shinaoibusi dan kita harus jalan lagi?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      RUtenya Kyoto Station – Taman Shoseien (halte Kawaramachi Shomen) – Pasar Nishiki (halte Shijo Kawaramachi) – Kyoto Imperial Palace (halte Kawaramachi Marutamachi) – Kuil Shimogamo Jinja (halte Shimogamo-mae). Regina tinggal jalan kaki saja dari halte Shimogamo-mae. Salam.

  3. Pak nug, kalau dari kuil shimogamo mau ke kinkakuji benar ngga ya lewat halte shimogamo-mae dg bus no 205 berhenti di halte kinkakuji michi? Setelah itu apa masih harus jalan lagi?

    • Dan kalau dari kinkakuji station mau ke arashiyama apakah benar dg menggunakan jalur 205 lagi sampai ke statiun kyoto dan dari stasiun kyoto menggunakan bus no 28 baru setelah itu bisa memasuki kawasan arashiyama?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tidak perlu kembali sampai ke Kyoto Station.
      Pulangnya jalan ke halte Kinkakuji Michi, naik bus 102/204/205 sampai ke Halte bus Kitano Hakubai-cho. Lalu naik kereta Keifuku Line sampai ke Arashiyama. Pulangnya dari Arashiyama bisa kembali ke Kyoto Station naik kereta. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, dari halte Shimogamo-jinja Mae sampai ke Kinkakuji Michi.
      Dari halte Kinkakuji Michi kemudian jalan kaki sampai ke Kuil Kinkakuji. Salam

    • wah terima kasih pak penjelasannya. berarti rangkuman saya

      1. Fushimi inari: dari kyoto station menuju ke inari station
      2. Kiyomizudera: daru fushimi inari naik bus minami-5 balik arah dan turun di halte tokufuji lalu naik bus no. 202/207/208 sampai halte kiyomizuchi dan jalan menuju kuil.
      3. GION: dari halte kiyomizuchi naik bus no 100 atau 206 sampai ke halte gion
      4. Shimogamo: dari halte gion naik bus no. 46 berhenti di shimogamo-mae
      5. Kinkakuji: dari halte shimogamo-mae naik bus no 205 menuju halte kinkakuji-michi
      6. Arashiyama: Dari halte kinkakuji-michi naik bus nomor 102/204/205 samapi halte kitano hakubai-cho, lalu naik kreta keifuku line sampai ke arashiyama

      Apa rangkumannya sudah benar?
      apakah halte hakubai-cho terhubung dg stasiun? atau kita harus mencari stasiun terdekatnya ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya benar bu. Halte Hakubai Cho itu dekat Stasiun Kitano Hakubaicho yang melayani rute ke Arashiyama.

  4. kalau berkunjung di bulan januari akir apakah masih rekomen utk pemandangan saljunya? dan ke tempat kuil ini dari halte gion bisa ngga ya? atau harus dari halte lain?
    untuk stopnya di halte shimogamo-mae atau di halte hyakumanben?
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Januari akhir salju masih cukup tebal di Kyoto. Dari Gion, kamu bisa naik bus wisata kota Kyoto nomor 4 yang berangkat dari Stasiun Kyoto atau juga nomor 46 yang berjalan memutari objek wisata terkenal seperti Gion, Higashiyama, Kyoto Imperial Palace, dan Istana Nijo yang terkenal sampai ke Kuil Shimogamo (di halte Shimogamojinja-mae). salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!