Istana Nijo

Home / Castle / Istana Nijo
Item image

Istana Nijo di pusat kota Kyoto. Dengan tembok luar yang tinggi dan megah, kolam air penjaga berlapis, dan keindahan arsitektur istana, kita bisa membayangkan kehebatan perwira Jepang yang membangunnya yaitu Shogun Ieyasu Tokugawa. Istana Nijo dibangun tahun 1603 oleh Tokugawa Ieyasu penguasa yang berpengaruh besar pada masa pemerintahan Edo. Istana Nijo selain menjadi tempat tinggal para dinasti Tokugawa, juga menjadi tempat peristirahatan para shogun atau prajurit yang datang ke Kyoto. Istana yang menjadi warisan dunia UNESCO sejak 1994 ini memiliki luas 8 ribu meter persegi dan terdiri dari dua bangunan utama Ninomaru dan Honmaru. Kita bisa mengelilingi ruangan-ruangan di dalam Istana Nijo ini, juga menikmati panorama taman yang ditata dengan rapi dan indah serta terpelihara dengan baik. Letaknya yang berada di tengah-tengah kota Kyoto membuatnya sangat praktis dan strategis untuk dikunjungi ketika berkeliling objek wisata kota Kyoto.

3 Kegiatan Wajib di Istana Nijo Kyoto

1. Berfoto dengan latar belakang Istana Ninomaru dan taman Ninomaru yang indah

Setelah masuk lewat pintu gerbang, kita akan melihat kolam air penjaga yang besar. Kolam ini jaman dahulu digunakan untuk meredam kekuatan musuh dan menambah waktu persiapan untuk bertempur.

Setelah melewati kolam ini, kita dapat melihat bangunan Istana Nijo dengan taman-taman bercorak shoin-zukuri yang indah. Taman yang hijau, asri, dengan pepohonan yang tumbuh rapi dan terawat membuat kita pasti terkagum-kagum. Teman-teman jangan lupa untuk berfoto di tempat ini!

Halaman dalam Istana Nijo Kyoto

2. Ikut tur dan melihat bagian dalam Istana Nijo

Kita juga bisa masuk ke dalam Istana Nijo. Setelah membayar biaya masuk di bagian pintu masuk, kita dapat melihat arsitektur dan interior istana di Jepang dari dalam. Kita dapat melihat lukisan-lukisan, pintu geser, dan lantai tatami khas Jepang. Sungguh suatu pengalaman tak terlupakan!

Interior dan lukisan di dalam Istana Nijo

3. Menyaksikan keindahan taman samping Istana Nijo

Bangunan utama Istana Nijo (Honmaru) dan bangunan pendukung (Ninomaru) dipisahkan dengan rute jalan dan pepohonan yang lebat. Di musim semi (pertengahan bulan April), kita dapat menyaksikan bunga sakura mekar di rute ini. Tidak hanya itu, ada juga bunga plum (ume dalam bahasa Jepang) yang mekar sekitar bulan Februari hingga Maret. Ada juga pohon ginkgo dan pohon maple, pohon yang daunnya berubah warna menjadi merah dan kuning saat musim gugur (pertengahan bulan November). Kita dapat menyaksikan keindahan alam khas Kyoto di taman Istana Nijo ini.

Taman di Istana Nijo Kyoto

Informasi dan Akses ke Istana Nijo

Pintu masuk Istana Nijo berada sangat dekat dengan stasiun kereta bawah tanah Nijojo-mae. Dari Stasiun Kereta Kyoto, kita dapat naik kereta bawah tanah Karasuma Subway Line sampai Stasiun Karasuma-Oike, dan berpindah ke kereta Tozai Line hingga ke stasiun terdekat Nijojo-mae. Durasinya sekitar 15-20 menit dengan ongkos 260 yen.

Kita juga bisa pergi dengan bus kota Kyoto nomor 9, 50, atau 101 dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dan ongkos 230 Yen. Biaya masuk ke Istana Nijo adalah 600 yen.

Pintu gerbang lain di Istana Nijo Kyoto Pintu masuk Istana Nijo Kyoto

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Suasana Gion di Kyoto Jepang

Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Kuil Kinkakuji di Kyoto

Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night
Almont Hotel Kyoto
4 km away
from ¥13800/night
Kyoto Guesthouse
5 km away
from ¥8000/night
Kyoto Plaza Hotel
4 km away
from ¥8800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Toei Kyoto Studio Park
4 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park
Kuil Ninnaji
4 km away
Pemandangan taman di Kuil Ninnaji Kyoto
Sungai Kamogawa
2 km away
Pemandangan senja hari di sungai Kamogawa Kyoto
Kifune Jinja
12 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto

Sumber gambar : Flickr  Vanessa Smith, kristisan, Gnurou, Chee Kweng Teoh,Terry Yeung, Mitch


Recommended for you


Last modified: January 3, 2017 by

Close Comments

Comments (8)

  1. met malam..
    pak, saya rencana ke jepang tgl 25/4 – 2/5

    itinerary :
    1. 25/4 : haneda-kyoto dg shinkansen, tiba di kyoto sore ke Arashiyama, malam masuk hotel di Ekimae
    2. 26/4 : Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion – Nijo Castle – Kyoto Tower – kembali ke hotel
    3. 27/4 : Kyoto-Tokyo : stasiun tokyo – akihabara – ueno park – odaiba – menginap di ochanimizu
    4. 28/4 : Tokyo Institute – Shinjuku
    5. 29/4 : Shibazakura – Gotemba
    6. 30/4 : Asakusa – Tokyo skytree/tokyo tower
    7. 1/5 : Shibuya – Harajuku
    8. 2/5 : Kembali ke Jkt

    1. Mohon saran apa itinerary tsb sdh efektif ?
    2. Mohon info dari itinerary tsb kira2 mana saja yg tidak tercover JR Pass

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Sudah efektif bu.
      2. Yang tidak tercover/ sebagian saja adalah day-2 (Gion), day 5, dan day 6

    • Pagi, saya ada rencana ke jepang untuk tanggal 9-15. berikut adalah itinerary nya:

      9: Osaka ( Kansai airport- osaka castle-umeda sky build-osaka station- check in hotel di shinsaibashi/shinosaka – Shinsaibashi Suji – Dotonbori)

      10: Kyoto (Kyoto Station – Kuil Sanjusangendo – Kuil Kiyomizudera – Distrik Higashiyama – Gion – Nishiki Market-Kuil Kinkakuji – kembali ke hotel)

      11: OSAKA (Universal studio, osaka aquarium, taman tempozan)

      12: Osaka – Tokyo (masih bingung mau kemana)

      13: TOKYO ( Asakusa, Gerbang Kaminarimon, Kuil Sensoji, Nakamise Street, lalu mencoba naik kapal Sumida River Cruise, Tokyo Sky Tree, dan kembali ke hotel malamnya.)

      14: TOKYO (Museum Doraemon, Tokyo Tower (tidak naik, hanya foto-foto di bawah saja), Istana Kaisar – Odaiba Decks – Rainbow Bridge.)

      15: Checkout hotel di shinjuku / shibuya ke bandara haneda

      Pertanyaan:
      1. Apakah Itinerary yang saya buat sudah bagus? sebenarnya saya juga ingin mengunjungi kawaguchiko dan ingin ke fuji Q highland. cuma tidak tahu mau pergi di hari apa. mungkin ada saran kapan saya bisa kesana dan apakah dengan saya pergi ke kawaguchiko kyoto harus dihilangkan atau saya bisa tetap ke kyoto juga

      2. apakah kalau saya ke kawaguchiko harus menginap atau bisa pulang pergi dalam sehari?

      3. Tiket kereta apa saja yang saya perlukan untuk itinerary diatas? mengingat saya cuma di tokyo dan osaka jadi tidak perlu membeli JR PASS ya? cuma butuh tiket sekali dari osaka ke tokyo saja. dan dimana saya beli nya apakah dijepang atau bisa di indonesia

      4. Tempat untuk menginap di daerah osaka dan tokyo selain di Shinjuku dan Shinosaka di daerah mana lagi ya yang strategis?

      mohon saran dan bantuannya untuk melengkapi itinerary saya pak. terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah yang Ibu maksud Kawaguchiko sama dengan Fujikyu Highland? Kalau begitu bisa ke Fujikyu Highland dari perjalanan Osaka-Tokyo, dan membeli tiket khusus (bukan tiket full day). Kalau hanya ke Fujikyu Highland bisa kok malamnya menginap di Tokyo. Namun kalau ingin jalan-jalan ke tempat wisata lain di Fuji Kawaguchiko, sepertinya tidak bakal sempat. Kalau dipaksakan nantinya hanya akan terburu-buru saja.
      Ibu juga tidak perlu membeli JR PASS sebab tidak akan balik modal. Ibu cukup membeli tiket shinkansen saat akan berangkat.
      Tim Info Jepang menyarakankan untuk mengambil hotel di daerah sekitar Takadanobaba Station (beda 2 stasiun dengan Shinjuku) atau Otsuka Station (beda 6 stasiun dari Shinjuku). Berikut adalah beberapa hotel yang berada dekat dengan stasiun:
      1. Hotel Bellclassic Tokyo (stasiun terdekat Otsuka)
      2. R&B Hotel Otsukaeki-Kitaguchi (stasiun terdekat Otsuka)
      3. Otsuka City Hotel (stasiun terdekat Otsuka)
      4. Hotel Sunroute Takadanobaba (stasiun terdekat Takadanobaba)
      Selain dekat hotel, harga per malamnya juga lebih murah dan terhubung juga dengan jalur kereta JR. Untuk di daerah Osaka bisa membaca Rekomendasi Hotel Murah di Osaka. Salam

  2. Pak,

    saya planing mau ke kyoto dengan tujuan wisata sbb:
    arashiyama,kiyomizudera,fushimi inari,nishiki market, gion, nijo castle, dan lanjut ke Nara. sebaiknya rutenya gimana dan tolong bantuan untuk transportasinya ya pak.

    thanksss

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk rute arashiyama, kiyomizudera, fushimi inari, nishiki market, gion bisa dibaca di bagian komentar-komentar.
      Untuk ke Nijo Castle bisa naik bus nomor 12 dari Pasar Nishiki (halte Shijo Kawaramachi) sampai halte Nijojo Mae.
      Pulang dari Nijo Castle bisa naik bus nomor 101 sampai Kyoto Station.
      Perjalanan dari Kyoto Station ke Nara Station bisa dibaca di Informasi wisata ke Nara. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!