Info Wisata di Nara

You are here Home  > Wisata Jepang >  Info Wisata di Nara

Nara pernah menjadi ibukota Jepang kuno, sebelum kota Tokyo dan Kyoto. Meskipun namanya kurang tenar dibanding kota Tokyo, Yokohama, Osaka, dan Kyoto, namun Nara menjadi prefektur dengan kuil atau objek wisata lain terbanyak yang terdaftar dalam Warisan Budaya Dunia UNESCO. Ada bangunan arsitektur kayu tertua yang masih berdiri hingga kini yakni Kuil Horyuji, lalu Kuil Todaiji, Kasuga-Taisha, Kofukuji, Yakushiji, Toshodaiji dan Gangouji di kompleks Taman Nara yang termasuk Warisan Budaya Dunia: Peradaban Nara Kuno, lalu juga jalan setapak suci para pendeta jaman dulu yang melintasi Gunung Yoshino di Nara hingga ke prefektur Wakayama dan Mie. Perusahaan kereta JR West juga sering menampilkan panorama kota Nara dalam iklan liburannya tiap tahun. Misalnya saja, tahun lalu, motto iklannya adalah “Futatabi Nara he“, atau berlibur kembali ke Nara dalam bahasa Indonesia. Letak prefektur Nara yang diapit Osaka di sebelah barat dan Kyoto di sebelah utara membuat para wisatawan merencanakan perjalanan dengan matang. Meskipun begitu, akses ke Nara dan banyak objek wisata Nara sangat mudah. Berikut info wisata di Nara, rangkuman khas Tim Info Jepang.

  • Tempat Wisata di Nara

    1. Taman Nara

    Taman Nara yang terletak di tengah kota Nara sangat mudah diakses dari Kyoto dan Osaka. Taman Nara adalah taman terbesar di kota dan penuh sejarah. Banyaknya pohon dan lokasinya yang berada di kaki Gunung Wasakusa membuat taman ini terasa sejuk bahkan di saat siang hari yang terik. Di areal taman ini kita bisa mengunjungi sekaligus kuil-kuil bersejarah seperti Kuil Todaiji, Kuil Kasuga-Taisha, Kuil Tamukeyama Hachimangu, dan Museum Nasional Nara. Juga bisa bertemu si rusa-rusa yang hidup bebas di areal taman.

    2. Melihat Patung Budha Terbesar Dunia di Todaiji

    Patung Daibutsu/ Patung Budha di kuil Todaiji setinggi 15 meter (49 kaki) dengan berat mencai 250 ton ini menjadi ikon dari Kuil Todaiji, dan menjadi Patung Buddha terbesar di dunia. Patung ini dibuat dari perunggu yang dilapis dengan emas. Patung ini ditempatkan di bangunan setinggi 48 meter (157 kaki) bernama Daibutsu-den di dalam kompleks Kuil Todaiji. Kepengen melihatnya?

    todaiji daibutsu

    3. Hanami di Gunung Yoshino

    Lebih dari 30.000 pohon sakura yang tersebar di seluruh area Gunung Yoshino siap menyambut Anda. Jika teman-teman datang ke daerah Kansai di musim semi, kita bisa melihat keindahan bunga sakura sambil menyusuri jalan mendaki gunung, mengambil foto-foto dari spot yang terkenal. Tidak perlu kuatir karena ada cable car, sehingga kita bisa menghemat tenaga ketika mendaki Gunung Yoshino.

    Sakura dari atas Gunung Yoshino Nara

    4. Menyaksikan Festival “Bakar Gunung” Wakakusa

    Festival “Bakar Gunung” Wakakusa Yamayaki adalah festival tahunan yang biasanya diadakan di minggu ke-empat bulan Januari, yakni sengaja membakar rerumputan yang tumbuh di seluruh Gunung Wakakuka yang diawali dengan festival kembang api. Festival ini menjadi destinasi wisata di Nara saat musim dingin.

    5. Mengelilingi Kuil-Kuil Warisan Budaya Dunia

    Nara adalah satu-satunya prefektur yang memiliki kuil terbanyak yang terdaftar di Warisan Budaya Dunia UNESCO. Kita bisa dengan mudah mengunjungi Kuil Todaiji, Kasuga-Taisha, Kofukuji, Yakushiji, Toshodaiji dan Gangouji yang ada satu kompleks dalam Taman Nara. Aksesnya yang mudah juga membuat kuil-kuil ini menjadi tujuan wisata utama wisata di Nara.

  • Tempat Wisata Terkenal di Nara

    • Gunung Wakakusa

      Gunung Wakakusa di Nara

      Gunung Wakakusa atau Wakakusayama adalah gunung yang terletak di kota Nara, tepat di belakang Kuil Todaiji dan Kuil Kasuga Taisha. Kita bisa mencapai puncaknya dengan berjalan kaki sekitar 45 menit dari kaki gunung. Dari puncak gunung kita bisa melihat pemandangan kota Nara termasuk Nara Park dan Ku...


    • Kuil Kofukuji

      Kuil Kofukuji di Nara

      Bersama dengan Kuil Todaiji dan Kuil Horyuji, Kuil Kofukuji menjadi pusat perkembangan agama Buddha di Jepang. Karena arsitektur bangunan yang indah serta memiliki banyak artefak bersejarah, seluruh kompleks kuil ini diakui sebagai bagian dari situs warisan dunia. Kuil Kofukuji dikenal karena pagoda...


    • Kuil Horyuji

      Gerbang masuk Kuil Horyuji

      Kuil Horyuji adalah Kuil Buddha di Kota Ikaruga Prefektur Nara dan sudah ada sejak tahun 607. Meskipun sudah berusia lebih dari 1400 tahun, namun bangunan salah satu kuil tertua di Jepang ini masih gagah berdiri. Bangunan kuil ini bersama dengan Kuil Todaiji menjadi pusat pengajaran agama Buddha di...


    • Kuil Todaiji

      todaiji

      Kuil Todaiji adalah kuil Buddha terbesar yang berada di Kota Nara, Prefektur Nara. Kini, Todaiji yang termasuk situs warisan dunia menurut UNESCO kini menjadi objek wisata terfavorit di Nara. Todaiji yang berarti Kuil besar di Timur dibangun pada tahun 743, di masa puncak kejayaan Buddha di Jepang. ...


    • Gunung Yoshino

      Sakura dari atas Gunung Yoshino Nara

      Gunung Yoshino sudah lama dikenal sebagai tempat terbaik di Jepang untuk menikmati hanami. Dengan lebih dari 30.000 pohon sakura yang tumbuh mulai dari kaki gunung hingga ke daerah puncak Gunung, kita bisa melihat bunga sakura sejauh mata memandang....


    • Museum Nasional Nara

      Gedung Museum Nasional Nara

      Masih berada di kawasan Nara Park, kita bisa mengunjungi National Museum Nara atau Museum Nasional Nara. Di dalam museum ini, kita dapat melihat beragam benda seni Buddha, seperti patung, arca, lukisan, tulisan atau kaligrafi, berbagai pajangan dinding, dan alat-alat yang digunakan dalam upacara kea...


    • Kasuga Taisha

      Gerbang utama Kasuga Taisha di Nara

      Masih berada di kawasan Taman Nara bersama dengan objek wisata lainnya seperti Kuil Todaiji dan Kuil Tamukeyama Hachimangu, Kuil Kasuga Taisha tidak boleh terlewatkan. Kuil ini menjadi salah satu kuil Shinto tertua yang ada di Jepang....


    • Nara Park

      Bunga sakura di Nara Park

      Nara Park atau Taman Nara adalah taman terbesar di kota penuh sejarah Nara. Banyaknya pohon dan lokasinya yang berada di kaki Gunung Wasakusa membuat taman ini terasa sejuk bahkan di saat siang hari yang terik. Terletak di jantung kota Nara, taman ini dikelilingi oleh Kuil Todaiji, Kuil Kasuga-Taish...



  • Akses Wisata di Nara

    Tiga kota utama, Kyoto, Osaka, dan Nara dihubungkan dengan kereta JR dan kereta Kintetsu. Disamping kereta lokal JR, ada JR Yamatoji Rapid Train yang menghubungkan stasiun JR Tennoji/Osaka dengan stasiun JR Nara. Lalu kereta JR Miyakoji Rapid Train yang menghubungkan kota Kyoto dan Nara. Kita bisa naik semua kereta ini GRATIS jika memiliki Japan Rail Pass (JR PASS), JR West Kansai Area Pass dan JR Kansai Wide Area Pass, semua tiket terusan yang dikeluarkan JR.

    Ada juga jalur kereta perusahaan swasta bernama Kintetsu Line yang menghubungkan kota-kota besar di Kansai. Perlu dicatat, kereta Kintetsu Line tidak termasuk dalam berbagai jenis JR PASS (karena ini milik perusahaan swasta), jadi JR PASS, JR West Kansai Area Pass dan JR Kansai Wide Area Pass tidak bisa digunakan di kereta ini. Kereta Kintetsu punya tiket terusan sendiri bernama Surutto Kansai atau Kansai T.

    Kereta Yamatoji (jalur JR) Osaka-Nara

    Kereta Yamatoji Rapid Train bermula dari Tennoji berjalan melawan arah jarum jam Jalur Loop JR Osaka, ke Tsuruhashi, ke Kyobashi, Osaka, kembali lagi ke Tennoji, baru ke Nara. Kereta rapid ini tersedia tiap 15 menit sekali, dan kita bisa naik dari stasiun utama: Osaka.

    Kereta Miyakoji (jalur JR) Kyoto-Nara

    Kereta Yamatoji Rapid Train menghubungkan Kyoto Station dan JR Nara Station dengan durasi perjalanan 45 menit. Jika Anda memiliki JR PASS, JR West Kansai Area Pass atau JR Kansai Wide Area Pass, kereta ini bisa dinaiki gratis. Tapi ingat, ambil kereta rapid yang tercepat dan bukan kereta lokal yang bakal menambah 30 menit waktu perjalanan. Kereta Yamatoji Rapid Train tersedia tiap 30 menit sekali.

    Kintetsu Nara dan Kyoto

    Perusahaan kereta Kintetsu adalah perusahaan kereta swasta terbesar di Jepang yang menyambungkan kota-kota di daerah Kansai: Osaka, Kyoto, Nara, Yoshino, Ise hingga ke Nagoya. Bila pergi ke Nara, jalur kereta Kintetsu lebih favorit dibanding jalur JR, karena tarifnya lebih murah, frekuensi kedatangan kereta yang lebih banyak, dan lokasi stasiunnya yang lebih dekat ke tempat-tempat wisata di Nara. Dengan naik kereta Ekspress Kintetsu dari Kyoto sampai Nara, kita hanya perlu membayar 610 yen dalam waktu perjalanan 50 menit. Apabila dengan kereta JR, kita perlu membayar 690 yen dengan waktu perjalanan 45 menit. Mengenai lokasi stasiun kereta Kintetsu dan JR, teman-teman tidak perlu kuatir karena letaknya bersamaan dalam satu gedung. Kita hanya perlu melihat papan penanda nama jalur kereta.

    Kintetsu Nara dan Osaka

    Kereta Kintetsu Osaka memiliki 3 stasiun, Osaka-Namba, Osaka-Uehonmachi, dan Tsuruhashi. Jadi jika teman-teman bermain di daerah Namba Osaka seperti Shinsaibashi, jalur kereta Kintetsu lebih praktis karena bisa langsung menuju ke Nara. Jika menggunakan JR, harus transfer sekali di Stasiun Shin-Imamiya atau Tennoji. Ongkos perjalanan kereta dengan naik Kintetsu yang hanya 480 yen juga lebih murah dibanding kereta JR yang ongkosnya 690 yen dari Osaka sampai ke Nara.

    Khusus buat teman-teman yang ingin mengunjungi Nara, Kyoto, dan Osaka, kami sarankan untuk menggunakan Kintetsu Rail Pass. Kintetsu 1 Day Pass mencakup ongkos seluruh kereta Kintetsu di Osaka, Kyoto,  dan Nara, ditambah ongkos naik Nara Kotsu di Nara selama 1 hari kalender. Sementara Kintetsu 2 Day Pass mencakup ongkos seluruh kereta Kintetsu di Osaka, Kyoto, Nara dan Gunung Yoshino, ditambah ongkos naik bus Nara Kotsu di Nara selama 2 hari kalender. Sebagai catatan, objek wisata Taman Nara, Kuil Todaiji, Kasuga-Taisha, <Kofukuji, Yakushiji, Toshodaiji lebih dekat dicapai dari Stasiun Kintetsu Nara.

Cheap Hotels in Nara[More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guesthouse Iki
from ‎¥6800/night
Guesthouse Nara Backpacke
from ‎¥3000/night
Comfort Hotel Nara
from ‎¥8500/night
Guesthouse Naramachi
from ‎¥2298/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Tatters ❀, Aki Sasakifortherock


Recommended for you

Last modified: April 7, 2017

TAGS  :

Comments (36)

  1. Hai Pak Nugroho, saya ada plan ke jepang dgn rute kansai-osaka-nara-kobe-kyoto-osaka-tokyo-mt. fuji – tokyo-narita, apakah kalau beli JR pass sudah balik modal? terima kasih.

  2. Salam kenal pak nugroho. Saya ita.
    Kalau saya membeli 2 days OAP apakah itu juga bisa digunakan untul kereta menuju Nara?
    Jika tidak bisa moda transport apa ya pak yang baik dan ekonomis untuk menuju Nara dari Osaka? Tks bnyk sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Osaka Amazing Pass versi 2 hari tidak mengcover ongkos kereta sampai ke Nara.
      Untuk perjalanan ke Nara, yang paling praktis ibu bisa naik kereta Kintetsu seperti dijelaskan di artikel di atas. Salam

  3. Salam kenal. Mau nanya..Kalau dari Kansai Airport ke Nara seharian trus balik ke Kansai lagi pake apa yg paling minim budget Pak?
    Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Yang paling murah adalah naik Limousine Bus PP dari Kansai Airport ke Nara. Salam

  4. Selamat Malam Pak Nugroho,

    Saya berencana pergi ke Jepang selama 11 hari dari tgl 16 mei – 26 mei.
    Saya mau tanya pendapat bapak ttg itinerary saya.
    Day 1: Berangkat ke Osaka
    Day 2: Tiba di Osaka. Menggunakan 2 days Osaka Amazing Pass
    Day 3: Osaka Amazing Pass
    Day 4: Kyoto
    Day 5: Nara atau Shirakawa-go
    Day 6: Berangkat ke Tokyo
    Day 7: Tateyama Kurobe Alpine Route
    Day 8: Mt. Fuji
    Day 9: Keliling Tokyo
    Day 10: DisneySea
    Day 11: Back to Indo

    Saya akan pergi dengan orang tua saya dan saya memakai JR Pass.
    Menurut bapak, melihat kondisi waktu tgl berpergian saya, bapak lebih menyarankan saya ke Nara atau shirakawa-go? Karena saya dengar2 Kyoto & Nara sama2 familiar tempatnya (yaitu temple), dan orang2 menyarankan pergi ke Kyoto saja sdh cukup. Saya juga ingin bertanya, apa saja wisata2 di Shirakawa-go? Apakah hanya pemandangan rmh2 pedesaan yg unik utk wisatanya pak?
    Dan untuk tateyama kurobe alpine route, saya mau tny pak, untuk bulan Mei ini, wisata yg bisa dilihat cuman Snow Wall yg berada di Murodo. Saya mau tny, apakah saya hrs membeli Tateyama Kurobe Option Ticket (one way pass) yg hrs digunakan untuk tourist seharga 9000 yen (Dentetsu-Toyama Station ke JR Shinano-Omachi Station/Nagano Station, atau saya bisa membeli tiket ala carte dari detentsutoyama ke murodo saja seharga 6710 yen (round trip)? Setahu saya, melihat map Jepang, kita masih bisa kembali ke Tokyo lewat detentsu-toyama maupun nagano station.
    Dan pertanyaan terakhir saya, utk internet di Jepang, utk 2 hari pertama (osaka amazing day pass) saya mendapatkan wifi diseluruh osaka, bagaimana pendapat bapak untuk hri berikutnya? Mohon bapak bisa memberikan solusi untuk internet yg murah utk hri berikutnya, dan solusi untuk hal2 yg di atas.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau bulan Mei sepertinya Shirakawago sudah tidak ada salju lagi, yang mana salju adalah ciri khas sekaligus ikon Shirakawago. Nara itu sedikit berbeda dengan Kyoto, terutama Nara Park, dimana kita bisa menikmati pemandangan taman yang luas dan bertemu dengan rusa-rusa jinak yang bebas di pinggir jalan. Objek wisata Kuil di Nara juga terpusat dan tidak tersebar begitu jauh. Sementara Kyoto hanya bangunan-bangunan kuil yang tersebar agak jauh, dan harus naik transportasi bus. Objek wisata di Shirakawago adalah rumah-rumah, jembatan gantung Deaibashi, beberapa museum, dan pemandangan dari atas bukit.

      Kemudian kalau Ibu hanya ingin melihat tembok salju di Murodo, berarti bisa memilih antara opsi keduanya.. Mau melanjutkan perjalanan sampai ke Nagano atau kembali ke Toyama, lalu naik shinkansen menuju ke Tokyo (shinkansen nya juga melewati Nagano). Saran Tim Info Jepang, untuk mengambil round trip saja, dan lumayan menghemat ongkos.

      Untuk internet di Jepang, memang tidak bisa mengandalkan free wifi, sebab kita tentu akan lama di perjalanan (baik naik transportasi atau jalan kaki) yang mana tidak ada jaminan ketersediaan free wifi. Ibu bisa pilih wifi seperti Pupuru atau membeli Wifi Info Jepang. Salam

    • Felicia  |  

      Terima kasih untuk info dan bantuannya Pak Nugroho. Kalau menurut Bapak, opsi mana yg bapak pilih apabila travelling dengan orang tua, lebih enak pilih Nara atau Shirakawa-go? Sebab saya masih ada free 1 hri di osaka, dan saya bingung enak pilih Nara atau Shirakawa-go. Dan memang Shirakawa-go lebih cepat apabila lewat Tokyo, tetapi itinerary saya di Tokyo sdh full dan hanya tersisa 1 hri free di Osaka. Mohon bantuaanya. Terima Kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Shirakawago itu jauh dari Osaka dan Kyoto (3 jam perjalanan) ditambah dengan mesti naik bus lagi 1 jam. Jadi total sudah 4 jam perjalanan atau 8 jam PP. Nara jauh lebih dekat dari Osaka (30-45 menit saja). Namun memang keduanya berbeda, dan jauh lebih beken Shirakawago. Shirakawago paling mudah dijangkau dari Kanazawa, yang letaknya ada di tengah-tengah Kyoto/Osaka dan Tokyo. Jadi sama saja. Ada baiknya ibu membaca mengenai Shirakawago, dan juga Info Wisata di Nara. Semoga bisa membantu untuk memutuskan.

  5. selamat sore pak.

    kalau saya ingin main di nara hanya daerah deer park, kuil todaji, kuil kofukuji dan kuil kasuga taisha. dari osaka-namba, sebaiknya akses ke sana yang efisien bgmn y pak?

    dan jika ingin menggunakan kintetsu 1 day pass ke nara, rute yang efektif seperti apa?

    terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tempat wisata yang Rin sebutkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Stasiun Nara atau Stasiun Kintetsu Nara. Kalau hanya Osaka-Namba ke Nara, bisa menggunakan kereta Kintetsu, namun Kintetsu 1-day pass tidak akan balik modal. Rin harus ke tempat wisata lainnya juga. Silahkan baca penggunaan Kintetsu Rail Pass.

  6. selamat pagi pak.

    saya mau ke nara (deer park) dari osaka-namba menggunakan kintetsu 1 day pass.
    apakah betul seperti ini ruteny:

    naik kereta Kintetsu Nara Line (warna orange) ke Stasiun Yamato-Saidaiji Sta (5x pemberhentian) ?
    dari Sta. Yamato-Saidaiji ke deer park kalau berjalan kaki jauh tidak pak? dan mudah tidak mencari jalan ke deer park-ny?

    Terima kasih.

    • Kalau saya ingin main d nara hanya ke daerah deer park, kuil todaji, kuil kofukuji dan kuil kasuga taisha dari osaka-namba. Sebaikny akses ke sana yang efisien bgmn y pak?

      Dan jika ingin menggunakan kintetsu 1 day pass ke nara, rute yg efektif seperti ap?

      Terima kasih.

  7. Pak,
    Kalo saya menginap di Osaka, lalu berencana seharian ini mengunjungi tempat2 dibawah ini dgn JR Pass :
    1. Kyoto : Arashimaya ( foto2 di bagian depan ), Naik Sagano, Fushimi Inari ( cuma foto di depan nya saja, gak keliling )
    2. Nara : Kuil Todaiji, Kasuga Taisha, Taman Nara ( cuma foto2 sebentar saja )
    3. Kobe : Harborland dan makan steak untuk dinner

    Yang ingin saya tanyakan :
    1.Apakah semua tempat bisa dilakukan dalam seharian?
    2. Apakah rute diatas sudah efisien, atau mana yang lebih dulu harus saya kunjungi kalo dari Osaka, saya pengguna JR Pass.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Osaka berada di tengah-tengah Kyoto, Nara, dan Kobe. Jadi mau mengunjungi yang mana pun mudah dan efisien Ibu.
      Ibu bisa kok mengunjungi semuanya dalam satu hari. Salam

  8. Agustina halim  |  

    Selamat malam. Mau tny jika sy mau ke osaka-kyoto apakah 5hari cukup? Apakah bisa memberikan saya info atau itineary utk 4 atau 5hari?

  9. Siang pak,

    Saya ada rencana ke nara-kyoto

    Saya dr shin- osaka- nara , ini yg tercover JR pass naik yg apa?

    Saya rencana ke todaiji temple, kasuga-taishu, hachimangu dan museum nasional nara, lalu ke gunung yoshino, sebaiknya ke gunung yoshino dulu atau ke todaiji temple, dll?

    Kemudian bagaimana cara dr todaiji temple ke gunung yoshino?

    Thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta JR Nara Line dari Stasiun Kyoto sampai Stasiun Nara. Tempat wisata taman nara, todaiji temple, kasuga-taisha, hachimangu dan museum nasional nara berada dalam satu area di sekitaran Taman Nara dan Stasiun Nara, sebaiknya dikunjungi dahulu. Semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Untuk ke Gunung Yoshino, ibu bisa jalan kaki ke Stasiun Kintetsu Nara lalu naik kereta Kintetsu sampai stasiun Kashiharajingu-Mae, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kereta Kintetsu Yoshino Line sampai Stasiun Yoshino.

    • Lebih baik kalau dari shin osaka saya ke nara / kyoto dulu ?
      Utk di nara hanami di mana ya? Kecuali yoshino
      Kalau di kyoto hanami di area apa?

      Utk ke gunung yoshino setelah saya baca dr artikel bapak sepertinya mirip dgn di shibazakura festival ya pak? Krn saya ada rencana ke shibazakura, apabila sama yg yoshino saya hilangkan krn makan wkt hampir 2-3 jam

      Kemudian LTD exp haruka dan semua yg ada depannya tulisan JR ( kecuali nozomi) ini tercover JR pass ya pak?
      Cara gampang nya lihat yg warna hijau berarti tercover JR ?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Yah Pak, informasinya semua sudah ditulis di bagian Akses dan Hotel Pak.
      Bapak bisa jalan kaki lebih dulu sampai ke Stasiun JR Nara, kemudian naik Kereta Miyakoji sampai ke Kyoto. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa Bu Yenny, kamu bisa naik kereta JR Nara Line dari Stasiun Kyoto selama 60 menit sampai Nara. Ongkosnya 710 yen. Atau dari Osaka bisa naik kereta JR Yamatoji Line sampai Stasiun Nara selama 60 menit dengan ongkos 800 yen. Salam.

    • Yongky  |  

      Pak Nug, kalau saya tinggal disekitar dotonbori, saya ingin ke Nara, lbh baik naik kereta apa dan melalui stasiun mana yg terdekat?
      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa jalan kaki lebih dahulu sampai ke JR Namba Station, kemudian naik kereta ekspress Yamatoji sampai Nara Station (untuk pemilik JR PASS).
      Namun seperti keterangan artikel di atas, dari stasiun JR Nara lumayan jauh jaraknya ke tempat-tempat wisata di Nara.
      Bapak bisa naik kereta Kintetsu Line, jalan kaki ke stasiun Osaka Namba kemudian naik Kintetsu Line sampai Kintetsu Nara Station.
      Salam

  10. Rangga Pratamaputra  |  

    Hi Admin.

    Saya sudah book tiket untuk ke Jepang pada tanggal 26 April sampai 10 Mei. Iten yang saya rencanakan adalah:
    Narita > Osaka > Kyoto > Nara > Gotemba > Tokyo

    Nah apakah waktunya cukup untuk iten tersebut ya, tentunya karena saya bersama anak-anak, Universal Studio, Aquarium di Osaka serta DisneyLand&Sea jadi jadwal wajib untuk kami. Dengan Iten tersebut juga, apakah JRPass berguna? Karena lumayan juga harganya untuk kami semua, jadi saya tidak mau salah langkah nih, hahahaha…

    Terimakasih admin sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau ingin naik PP shinkansen Tokyo-Osaka, maka JR Pass sudah balik modal.
      Salam

  11. Saya rencana tinggal didekat stasiun JR Inari (Dekat dengan Fushimi Inari), kalau ke Nara naik kereta yang mana dan harganya berapa ya pak?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa naik kereta JR sampai stasiun JR Nara Line, itu yang paling praktis. Tiketnya 670 yen dengan waktu perjalanan 1 jam 10 menit.
      Kalau mau lebih cepat bisa naik sampai Uji Station, pindah kereta JR Miyako Ekspress sampai Nara. Ongkosnya sama dengan waktu perjalanan 20 menit lebih cepat.
      Salam

  12. Pak,
    Di Nara, saya rencana ingin ke Todaiji Temple, Nara Park, Kohfukuji Temple, Kasuga Taisha Shrine, dan Naramachi. Sebaiknya apa saya perlu membeli 1 day Nara Bus Pass untuk menjangkau objek2x tersebut atau bagaimana ya pak?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Hai, selamat pagi Visca.
      Untuk mengunjungi Kuil Todaiji, Taman Nara, Kuil Kofukuji, dan Kuil Kasuga Taisha kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun Nara. Areanya semua berdekatan dengan Stasiun Nara.
      Untuk Naramachi itu kamu mau kemananya ya? Kalau naik kereta cuma beda 1 stasiun juga, jadi tiketnya paling dibawah 200 yen.

      Salam dan selamat liburan di Nara.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!