Gunung Wakakusa

Home / Nature / Gunung Wakakusa
Item image

Gunung Wakakusa atau Wakakusayama adalah gunung yang terletak di kota Nara, tepat di belakang Kuil Todaiji dan Kuil Kasuga Taisha. Meskipun dikenal sebagai gunung, namun tingginya hanya sekitar 350 meter atau seperti bukit di Indonesia. Kita bisa mencapai puncaknya dengan berjalan kaki sekitar 45 menit dari kaki gunung. Tidak perlu peralatan atau keahlian khusus karena jalur pendakian cukup landai untuk dapat didaki. Dan dari puncak gunung kita bisa melihat pemandangan kota Nara termasuk Nara Park dan Kuil Todaiji. Kita juga bisa menikmati pemandangan musim semi di sini karena ada sekitar seratusan pohon bunga sakura yang tumbuh di kaki gunung dan mekar di awal bulan April. Pemandangan senja-malam hari dari Gunung Wakakusa juga sangat terkenal di kalangan pecinta panorama malam, menjadikan Gunung Wakakusa salah satu dari 3 tempat dengan pemandangan terbaik di Jepang. Dari atas gunung kita bisa melihat kilauan lampu penerangan kota Nara, suatu pengalaman yang tidak terlupakan tentunya.

Yang menarik di Gunung Wakakusa

1. Menikmati pemandangan alam mempesona dari atas gunung

Gunung Wakakusa di Nara sudah terkenal sebagai objek wisata pegunungan dengan panorama unik, pepohonan yang tidak terlalu tinggi, sehingga kita bisa menikmati pemandangan kota Nara dari gunung yang terletak di sebelah timur pusat kota Nara ini. Di musim semi dan musim gugur, para wisatawan sering pergi ke sini untuk menikmati panorama bunga sakura dan momiji dalam suasana yang relatif tenang. Jadi bisa dibilang Nara sangat cocok bagi teman-teman yang ingin santai, tidak ingin buru-buru dan berdesak-desakan di saat mengunjungi objek-objek wisata.

Panorama dari atas Gunung Wakakusa

2. Menyaksikan Festival Yamayaki

Namun perlu diakui yang membuat Gunung Wakakusa bukanlah pemandangan kota Nara dari puncaknya, atau pemandangan bunga sakura yang mekar di musim semi, melainkan adalah Wakakusa Yamayaki. Festival ini biasanya diadakan di minggu ke-empat bulan Januari. Wakakuka Yamayaki adalah festival tahunan bakar gunung dalam artian harafiah, yakni sengaja membakar rerumputan yang tumbuh di seluruh Gunung Wakakusa yang diawali dengan festival kembang api. Tidak ada yang tahu asal muasal dimulainya festival bakar gunung ini. Namun beberapa cerita rakyat kuno menyebutkan bahwa membakar rerumputan supaya beruang atau hewan liar tidak turun gunung dan menuju kota Nara. Ada juga yang menyebutkan acara ini untuk meredakan konflik dari tiga kuil besar di Nara, di mana festival ini diadakan bersamaan di tiga kuil tersebut.

Festival ini dimulai dengan upacara keagamaan di Kuil Todaiji, Kuil Kofukuji, dan Kuil Kasuga-Taisha selepas jam makan siang. Setelah itu, sekitar jam 3 sore akan ada kraker beras raksasa yang berjalan di Taman Nara. Kemudian menjelang gelap, sekitar jam 5 sore, parade akan berkumpul di kaki gunung Wakakusa-yama. Kemudian sekitar pukul 18.00, beberapa orang terpilih akan menyalakan kembang api.

Setelah festival kembang api selama kurang lebih 15 menit, maka rerumputan di area gunung akan mulai terbakar. Gelapnya malam ditambah kontur gunung Wakakusa yang lebih tinggi daripada Kota Nara membuat para penduduk bisa menyaksikan gunung ini terbakar dari area sekitar Taman Nara bahkan dari Stasiun kereta Nara (hampir 2 kilometer).

Yamayaki Matsuri di Gunung Wakakusa Suasana Festival Yamayaki di Gunung Wakakusa

Akses ke Wakakusayama

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Nara Rapid Line (berangkat setiap 30 menit) sampai stasiun kereta Nara selama 44 menit dengan harga tiket 710 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 20 menit (1,1 kilometer) untuk sampai ke kaki Nara Park.

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Yamatoji Rapid Line (keberangkatan setiap jam) sampai stasiun kereta Nara selama 50 menit dengan harga tiket 800 yen atau gratis jika menggunakan JR Rail Pass. Dari Stasiun Nara, kita tinggal berjalan kaki 20 menit (1,1 kilometer) untuk sampai ke Nara Park.

3. Dari Tokyo

Jika teman-teman ingin ke Nara dari Tokyo, cara termudah dan termurah adalah dengan naik Shinkansen Nozomi ke Stasiun Kyoto (detailnya dapat dilihat di sini). Dari Kyoto, tinggal naik JR Nara Rapid Line seperti cara nomor 1 di atas.

Cheap Hotels in Nara [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Mikasa Ryokan
1 km away
from ‎¥11200/night
Comfort Hotel Nara
3 km away
from ‎¥8500/night
Guesthouse Naramachi
3 km away
from ‎¥2298/night
Guesthouse Nara Backpacke
2 km away
from ‎¥3000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Nasional Nara
2 km away
Museum Nasional Nara
Taman Yoshikien
2 km away
Taman Yoshikien Nara
Kuil Kofukuji
2 km away
Pagoda Kuil Kofukuji Nara
Nara Park
1 km away
Bunga sakura di Nara Park

Sumber gambar: Flickr Ian Hunter, nwhitely, nwhitely


Recommended for you


Tiket masuk 150 yen Areal gunung ditutup untuk pendakian di musim dingin (Desember-Maret)
Last modified: July 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!