Liburan Hemat dengan Bus Malam di Jepang

You are here Home  > Center Town, Transportasi Jepang >  Liburan Hemat dengan Bus Malam di Jepang

Ada banyak pertanyaan yang masuk melalui email maupun layanan Tour Guide Online Info Jepang terkait cara atau tips liburan murah di Jepang. Mudah saja sebenarnya, pertama cari tiket pesawat promo ke Jepang, lalu tempat menginap/ hotel yang murah, dan tentu cari moda transportasi yang murah. Kalau hanya ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di satu kota saja mungkin kita tidak terlalu pusing, seperti mengunjungi objek wisata di Kyoto atau Tokyo. Namun, yang jadi masalah adalah kalau kita ingin mengunjungi beberapa kota sekaligus dengan jarak yang lumayan jauh. Naik kereta atau Shinkansen tentunya terasa berat, apalagi JR Pass 7 hari harganya 29.110 yen atau hampir 3,5 juta, itu baru satu orang. Kalau bepergian bersama keluarga? Wah, menguras isi kantong juga. Nah, Tim Info Jepang punya solusi yang bisa dicoba: dengan naik bus malam di Jepang.

Liburan di Jepang pasti tidak jauh dengan yang transportasi kereta. Kereta adalah moda transportasi utama di Jepang, termasuk bagi kita untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Kereta mungkin jadi solusi terbaik mengunjungi objek-objek wisata di dalam kota yang sama, atau setidaknya kota-kota yang berdekatan: seperti Tokyo, Yokohama, dan Chiba atau Kyoto, Osaka, dan Nara. Namun jika harus mengunjungi kota berbeda yang jaraknya cukup jauh seperti Tokyo Kyoto atau Tokyo Osaka dengan menggunakan kereta, harganya tentu akan mahal sekali.

Sebagai contoh, tiket Shinkansen Tokyo-Kyoto 13.080 yen (sekitar 1,6 juta) atau Tokyo-Osaka 13.620 yen (hampir 1,7 juta). Mungkin terlihat murah kalau 1 orang, namun kalau kita pergi sekeluarga? Apakah ada cara yang lebih murah?

Liburan Murah dengan Naik Bus Malam di Jepang

Mengapa naik bus malam bisa jadi pilihan? Ya tentu karena harganya yang jauh lebih murah daripada naik kereta Shinkansen, bahkan jika dibanding dengan kereta biasa. Salah satu penyedia jasa bus malam terbesar di Jepang adalah Willer dengan armada busnya Willer Express. Selain itu, karena ini adalah bus malam, maka kita akan melewati malam di dalam bus, jadi kita bisa menghemat pengeluaran 1 malam tanpa penginapan atau hotel. Wah makin penasaran kan?

Berapa harga tiket naik bus malam?

Harga tiket naik bus malam bervariasi, berikut ini Tim Info Jepang berikan beberapa tiket untuk rute penting dan paling banyak ditanyakan oleh para pembaca maupun pengguna jasa Tour Guide Online.

  1. Tokyo – Kyoto/ Osaka 3.200 yen
  2. Tokyo – Nagoya 2.100 yen
  3. Tokyo – Sendai 2.700 yen
  4. Kyoto atau Osaka – Hiroshima 3.360 yen

Nah, dari harga naik bus di atas, bisa dilihat kan perbedaannya hampir 4 kali lipat. Jika naik kereta dari Tokyo sampai Kyoto kita harus merogoh kocek sampai 13.000 yen lebih, dengan bus malam hanya 3.200 yen. Tentu berguna banget buat teman-teman yang ingin menekan pengeluaran atau memang merencanakan liburan murah di Jepang. Perlu dicatat, harga tiket diatas adalah harga termurah dan hanya untuk dijadikan patokan pembanding dengan naik shinkansen. Tiket bus berubah tergantung hari (akhir pekan harganya lebih mahal) atau jenis tempat duduk (ada tempat duduk biasa, tempat duduk lebih lapang dan lebih empuk, atau dengan gorden untuk menjaga privasi).

Berapa lama perjalanannya?

Lama perjalanan dari Tokyo – Kyoto sekitar 7 jam perjalanan dan Tokyo – Osaka sekitar 8 jam perjalanan. Tim Info Jepang menyarankan untuk memilih keberangkatan sekitar jam 10 atau 11 malam, sehingga kita bisa sampai di tempat tujuan kita keesokan paginya.

Di mana lokasi keberangkatannya?

Tempat atau lokasi keberangkatan bus malam ini mayoritas di dekat stasiun, terminal, dan halte bus di gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. Jika di Tokyo, kita bisa naik di depan Stasiun Tokyo, Shibuya, Akihabara, halte bus Tokyo Tower, terminal bus Hamamatsucho, halte bus Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea, dan juga Bandara Narita.

Baca juga: panduan lengkap mengunjungi Tokyo Disneyland dan DisneySea

Di Kyoto atau Osaka, lokasinya ada di Stasiun Kyoto, Stasiun Osaka di Umeda, dan Namba, atau di mayoritas halte bus di seluruh kota.

Untuk mengecek lokasi keberangkatan lainnya, teman-teman bisa mengunjungi website Willer Express.

Bagaimana membeli tiket busnya?

Kita bisa membeli tiket bus langsung melalui website Willer Express. Setelah memesan tiketnya, kita bisa membayarnya menggunakan kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, JCB, atau American Express. Ini kalau teman-teman mau memesan tiket sebelum berangkat di Jepang. Cara ini Tim Info Jepang sarankan, karena bus malam ini semakin populer di Jepang termasuk para wisatawan. Jadi ada kemungkinan tiket habis terjual apalagi untuk tujuan-tujuan yang ramai seperti Tokyo-Kyoto, Tokyo-Osaka, atau Osaka-Hiroshima, pada masa-masa puncak liburan (seperti musim semi atau musim gugur).

Selain itu, kita juga bisa membayarnya di toko-toko swalayan yang tersebar di seluruh Jepang, seperti Lawson, Family Mart, atau Seicomart. Teman-teman cukup membawa print-out dari email konfirmasi di mana ada kode pemesanan. Untuk pembayaran di toko swalayan ini hanya bisa dilakukan dengan tunai ya.

Apakah ada harga khusus anak-anak?

Bus di Jepang tidak mengenal perbedaan harga tiket antara anak-anak dan orang dewasa. Selama anak-anak bisa dipangku (biasanya yang balita atau batita) atau tidak duduk sendiri, maka tidak perlu membeli tiket tambahan. Namun, jika anak-anak cukup besar, maka teman-teman harus membeli tambahan satu kursi yang harganya sama dengan orang dewasa.

Seberapa besar ukuran koper yang bisa dibawa masuk ke dalam bus?

Saat naik bus, teman-teman bisa memilih membawa masuk  tas ke dalam kabin bus atau menaruhnya di dalam bagasi bus. Kalau dibawa ke dalam kabin, maka teman-teman bisa meletakkannya pada rak di atas kepala (catatan: tidak semua bus memiliki rak di atas kepala), pada bawah kursi, atau dipangku selama perjalanan. Ukuran maksimal tas atau koper yang dibawa masuk kabin adalah maksimal panjang x lebar x tinggi yakni 27.000 centimeter kubik, dengan berat kurang dari 10 kilogram. Sementara itu, koper ukuran besar, bisa dimasukkan ke dalam bagasi bus. Ukuran maksimal untuk 1 koper adalah panjang+lebar+tinggi = 155 centimeter dan untuk 2 koper panjang+lebar+tinggi = 240 centimeter. Koper atau tas yang masuk ke dalam bagasi bus tidak boleh berisi cairan, benda yang mudah pecah, atau benda yang mudah terbakar (akan dilakukan pemeriksaan sebelumnya).


Bus malam willer

Sejak tanggal 15 September 2016 kemarin, kumpulan operator bus-bus di Jepang mengeluarkan sebuah tiket terusan khusus bus bernama Japan Bus Line Pass atau lebih familiar dengan sebutan JBL Pass. Kalau


Liburan Hemat dengan Japan Bus Pass

Selain tiket harian biasa (sekali keberangkatan atau tiket pulang pergi), tersedia juga Japan Bus Pass. Sistemnya sama persis dengan Japan Rail Pass, di mana kita bisa bebas pergi ke mana saja tanpa perlu membayar tiket lagi, namun ya tentu hanya berlaku untuk bus.

Harga Japan Bus Pass adalah sebagai berikut.

Harga Japan Bus Pass

Jumlah hari di atas Selain memudahkan kita untuk bepergian di Jepang, terutama bagi teman-teman yang ingin berkeliling atau mengunjungi beberapa kota, Japan Bus Pass ini tentu jauh lebih murah. Dan satu keuntungannya lagi adalah, kita bisa bebas mengatur jadwal keberangkatan kita. Artinya, kita bisa singgah setengah hari di kota-kota yang kita lalui untuk sekadar berkeliling.

Misalnya, kita naik bus dari Tokyo-Osaka dengan menggunakan Japan Bus Pass 3 hari. Kita mulai perjalanan dan berangkat jam 12 malam dari Stasiun Shibuya. Kita akan tiba di Nagoya sekitar pukul 6 pagi.

Di Nagoya, kita bisa mengunjungi objek wisata Nagoya, seperti Nagoya Castle atau berbelanja di Sakae Nagoya yang terkenal dengan barang-barang murahnya. Lalu, jam 12 siang setelah makan siang di Stasiun Nagoya, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Kyoto dan tiba sekitar jam 3 sore.

Kita bisa mengunjungi Kuil Kiyomizudera yang indah di sore hari. Lalu mengunjungi Gion dan Philoshoper Path, dan Kuil Fushimi Inari yang megah keesokan harinya. Agar tidak perlu membayar hotel, teman-teman bisa menaruh barang bawaan di loker Stasiun Kyoto. Jam 5 sore, kita lalu bisa meninggalkan Kyoto menuju ke Osaka. Menghabiskan satu hari di Osaka, kita bisa kembali ke Tokyo malam harinya.

Itu cuma salah satu contoh perjalanan Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka yang murah dengan menggunakan Japan Bus Pass selama 3 hari. Bayangkan, cuma 10.000 yen, kita bisa berkeliling dan mengunjungi 3 kota tersebut.

  • Hari 1: Nagoya di pagi hari dan Kyoto sorenya.
  • Hari 2: Kyoto di pagi hari dan tiba Osaka sore.
  • Hari 3: Berkeliling di Osaka di pagi hari dan kembali menuju Tokyo di malam harinya.

Informasi penting terkait naik bus malam di Jepang

  1. Bus akan berhenti setiap 2 jam sekali selama 10-15 menit, baik di Rest Area (tempat istirahat di dalam tol) atau di pusat kota yang sedang dilewati. Ini dia salah satu keseruan yang bisa kita rasakan dengan naik bus. Kita bisa mengunjungi kota-kota yang kita lalui begitu saja jika kita naik kereta. Semisal kalau kita naik bus dari Tokyo ke Kyoto, kita akan melewati Yokohama, Shizuoka, dan Nagoya.
  2. Di dalam bus, kita harus menjaga ketenangan agar tidak menganggu para penumpang lainnya. Termasuk jika ingin mengatur posisi duduk, pastikan untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada penumpang di belakang.
  3. Untuk sampah, kita harus mengumpulkannya di dalam kantong dan membuangnya setiap kali bus berhenti di tempat beristirahat.

Bus langsung dari Kawaguchiko ke Kyoto dan Osaka

Ada banyak pembaca dan para pengguna Tour Guide Online yang bertanya perihal bus willer atau bus malam dari Fuji-Kawaguchiko menuju Osaka atau Kyoto. Nah, jawabannya, tersedia bus langsung dari Kawaguchiko ke Osaka atau Kyoto berangkat setiap hari pada pukul 20.52 dari Kawaguchiko Station. Ongkosnya sendiri mulai dari 6.700 yen untuk ke Osaka dan 6.200 yen untuk ke Kyoto. Pemberhentian busnya ada di depan Stasiun Kyoto, lalu di depan Stasiun Higashi-Umeda (dekat Stasiun Osaka), Kintetsu Namba West Gate (bangunan OCAT), dan Stasiun Abenobashi.

Sumber gambar: Wikipedia Commons, Wikipedia Commons


Recommended for you

Last modified: September 18, 2017

Comments (58)

  1. Selamat pagi mas nugroho..
    Saya tgl 22 sept ini rencana jalan2 ke kawaguchiko terus langsung ke osaka dengan bus malam.
    Kira2 beli tiket busnya dimana ya mas??
    Apa tiketnya selalu tersedia atau terbatas??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tiketnya bisa dibeli di loket tiket di Kawaguchiko Station. Tiketnya biasanya tersedia, sebab tidak banyak yang menggunakan jalur bus Kawaguchiko-Osaka. Salam

    • oh ia mas, nanya lagi..
      Busnya itu naik dr stasiun kawaguchiko ya???
      Terus di osaka pemberhentiannya dimana ya mas??

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya naik dari terminal bus di dekat Stasiun Kawaguchiko. Di Osaka, nanti akan berhenti di Namba OCAT. Ibu bisa langsung membelinya secara online melalui website berikut.

  2. Selamat malam PaK Nugroho,pak kalau dari bandara Haneda mau naik bus ini ke Osaka,naiknya darimana?sy tgl.17 Jan tiba di Haneda pk.16.00 dan mau keliling2 seputar Tokyo dulu baru malamnya ke Osaka naik bus ini utk menghemat hotel,bus termalam jam berapa ya pak? Dan dari keluar Bandara Haneda utk keliling2 Tokyo nya naik apa ya Pak? (JR Pass baru akan saya aktifkan tgl 18 Jan,soalnya saya 8 hari DiJepang,jd saya baru aktifkan tgl 18 nya) trimakasih Pak

  3. dear Pak Nugroho,
    Selamat pagi. Mohon bantu karena saya masih bingung pilih Japan Bus Pass ( yg Mon-Thu, 3, 5 atau 7 hari kah), atau Hokuriku Pass. Mohon sarannya, mana yang lebih ekonomis dan praktis, dan mana yang paling banyak cover rute saya. Ini itinerary saya :
    H1, Minggu malam: dari OSAKA ke TOKYO
    H2-H4. TOKYO
    H4,Rabu. dari TOKYO ke KANAZAWA, dan di hari yang sama dari KANAZAWA ke Shirakawago
    H5,Kamis. Dari Shirakawago ke KANAZAWA, dan di hari yang sama KANAZAWA ke KYOTO
    H6-9 : KYOTO
    H9: KYOTO ke KANSAI Airport.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Perjalanan dari Kanazawa ke Shirakawago PP, kemudian Kanazawa ke Kyoto tidak tercover oleh Japan Bus Pass.
      Salam

    • Dear Pak Nugroho,
      Terima kasih jawabannya.Kalau pake Tokyo osaka hokuriku arch pass apakah cover semua rute saya?
      Terima kasih.

  4. pak,brp lama perjalanan menggunakan bus malam dari kawaguchi ke kyoto/osaka? dan apakan harus memesan tiket dl di web sebelomnya atao bisa pesan langsung di stasiun kawaguchi,? trima kasih sebelomnya

  5. Pak, saya rencana ke ejapang tanggal 19 ~ 27 Juni 2018. kami 2 keluarga ber-9. 7 Dewasa dan 2 anak usia 5 dan 6 tahun. pertanyaannya :
    1.Penginapan /Apartment yang murah untuk kami ber-9 dimana?
    2. Kami sampai di narita pagi jam 8 bagaimana kami ke penginapan/tokyo mana yang lebih baik mengunakan kereta atau limosine. Bagaimana caranya
    3. Rencana kami di sekitaran Tokyo 4 hari dan sekitaran osaka 4 hari sisanya persiapan pulang kembali ke narita. Kemana saja baiknya
    4. Mana yang lebih baik menggunakan JR pass atau tokyo wide dan osaka wide jika kami ber-9
    5. Dan jika pesawat kami take off jam 8 pagi dari narita, dari penginapan jam berapa dan naik apa ke bandara?
    6. Mana wifi terbaik dan murah di sana
    Terima kasih pak
    salam

  6. Halo. Saya berencana beli japan buss pass (3hari) itu mengcover untuk perjalanan bus osaka/kyoto- kawaguchiko atau tokyo-kawaguchiko tidak?? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Japan Bus Pass tidak mengcover ongkos ke Kawaguchiko, paling hanya sampai Shizuoka saja. Jadi Osaka-Kyoto-Shizuoka dan Shizuoka-Tokyo yang tercover. Salam.

  7. kak saya mau bertanya, apakah boleh bila saya ke jepang pertama masuk lewat KIX airport dan pulang ke Indonesia lewat Haneda tokyo Airport ?
    apakah ada tujuan bus Kyoto ke Tokyo? bila ada dimana saya bisa naik bus tersebut?

    terima kasih kakak

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Tentu saja boleh. Untuk busnya ada, biasanya naiknya di depan Stasiun Kyoto. Untuk detailnya, bisa langsung di cek di website willer bus saja. Salam.

  8. Malem pak nugroho.
    Mau tnya apakah di osaka ada kamar mandi umum berbayar pak. Saya rencana dtg pagi di osaka dr tokyo. Dan tdk menginap di hotel krn itu hr terkahir kami. Sorenya kita balik di bandara.
    Jd ada wkt one day trip di osaka.
    Tp badan jelas gerah klu ga mandi.
    Apakah numpang mandi di toilet st diperbolehkan pak. Mohon infonya trima kasih

  9. Malam pak Nugroho. Saya cb cek beli tiket willer night bus dr kyoto-tokyo langsung utk 4 org. Namun harga utk org k2-k4 harga progresif meningkay. Apa begitu? Lalu utk mendapatkan harga yg flat utk 4org apa saya harus book per org? Memungkinkan utk beda bus ya kalau pesan per org?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya harganya memang meningkat seperti itu Irene berdasarkan pengalaman saya, karena resiko makin besar ditanggung oleh operator bus. Kalau booking setiap orang resikonya ya mungkin tidak berbarengan/ dalam satu bus.

  10. saya akan melakukan perjalanan ke tokyo dari kyoto dan berniat untuk menggunakan bus malam, dan saya mendapatkan info bahwa ada bus yang lebih ekonomis untuk jenis night bus yaitu sakura bus, namun web nya hanya tertulis huruf jepang semua, apakah turis asing bisa menaikinya? dan dapat dibeli dari indonesia ? terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa menggunakan willer express bus, layanan bus malam yang tersedia dalam bahasa Inggris layanannya. Pemesanannya juga bisa dilakukan dari Indonesia, sehingga lebih praktis. Salam.

  11. Selamat sore pak Nugroho. Kalau kami sampai di Narita atau Haneda jam 9 malam hari, apakah ada bus malam yang menuju ke Hakone atau Odawara ? Kalau ada naik bus apa?
    Atau sebaiknya baru keesokan harinya?
    Mohon sarannya.
    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sepertinya sudah tidak ada lagi Vincentia. Sebaiknya kamu stay di Tokyo dahulu baru lanjut ke Hakone atau Odawara keesokan harinya. Karena kereta yang ke Odawara atau Hakone berangkat dari Shinjuku, ada baiknya kamu stay di hotel-hotel dekat Shinjuku saja. Salam.

  12. Saya pernah ketinggalan shinkansen di Kyoto (salah saya sendiri sih tdk memeriksa jadwal kereta sebelumnya) lalu memutuskan naik willer bus ke Tokyo daripada bermalam di stasiun u/ menunggu kereta pertama di pagi hari keesokan lainnya. Karena dadakan kami ber4 tidak membeli tiketnya dr situs willernya. Tapi membayar lgsg ke supir bus nya. Walau agak lama jg menunggu konfirmasinya tp akhirnya bs naik jg. Saya baca di artikel diatas hanya bs memesan lewat website tp ternyata saya bs tuh. Apakah saya hanya beruntung malam itu? Hehehe..

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah ibu ingat itu benar Willer Bus? Kalau memang bisa membayar langsung kepada supir, berarti mungkin hanya kebetulan bu. Sebab pengalaman selama ini, supir bus selalu menyuruh untuk ke loket, memesan dan membayar tiket dulu sebelum naik bus. Salam

  13. Siang, maaf saya ingin bertanya,
    1.sayakan tidak punya credit card apakah tetap bisa memesan willer bus lewat websitenya?? pembayaran bagaimana jika tanpa mengunakan Credit card??
    2. jika mengunakan willer bus dari osaka ke tokyo pemberhentian mana yang lebih dekat dengan Kawazu izu??
    3. dari kawazu izu menuju kawaguchiko itu transportasinya bagaimana??
    4. lalu saya dengar katanya dari kawaguchiko bisa langsung ke osaka mengunakan willer bus kira-kira harga tiketnya berapa??
    maaf jika pertanyaanya terlalu banyak, terima kasih sebelumnya jika mau menjawab.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      1. Tidak bisa Ruby, pembelian hanya bisa dilakukan online engan menggunakan kartu kredit.
      2. Bapak bisa mengambil rute Osaka-Kawaguchiko saja, itu yang paling dekat, atau karena cukup sulit perjalanan dari Kawaguchiko ke Kawazu Izu, bapak bisa ambil rute ke Tokyo dahulu.
      3. Dari Kawazu bisa ke Stasiun Mishima, baru naik bus ke Kawaguchiko.
      4. Harganya sekitar 6000-7000 yen. Detailnya bisa di baca Bus Malam Kawaguchiko-Osaka. Salam

    • jika saya naik willer bus dan berhenti di tokyo kira-kira pemberhentian stasiun mana yang dekat dengan kawazu??
      apakah dari tokyo – kawazu – kawaguchiko dan kembali ke tokyo itu semua transportasinya tercover Tokyo wide pass??
      terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau naik bus malam Willer Bus hanya bisa berhenti di halte pemberhentian bus di Tokyo saja, tidak bisa turun di tengah jalan, seperti jalan ke Kawazu.
      Lalu seluruh ongkos kereta tokyo – Kawazu – kawaguchiko dan kembali ke Tokyo, semuanya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Silahkan minta yang turun di dekat Stasiun Tokyo, karena ada kereta dari Shinjuku atau Stasiun Tokyo menuju ke Kawazu Izu. Kalau menggunakan Tokyo Wide Pass, semua rute Kawazu dan Kawaguchiko serta Tokyo tercover sepenuhnya. Salam.

  14. halo kak, mau tanya, kalau route round trip naik bus ini dari tokyo ke osaka, kemudian selang berapa hari balik lagi dari osaka ke tokyo, itu kena berapa duit ya? night bus semua available gak ya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Silakan dicek saja langsung ke websitenya. Tim Info Jepang tidak tahu kapan Bapak pergi, jam berapa, dan mau berhenti di halte mana. Salam

  15. Siang pak, sangat membantu sekali artikelnya. Saya baru tau kalau ternyata ada Japan Bus Pass. Saya mau nanya misal seperti berikut itinerary saya( anggap saya membeli pass yang 5 hari yang dapat dipakai setiap hari)
    Tgl 14/1/2018: bus dari tokyo kawaguchiko (PP) lalu kembali dengan bus lagi di Tokyo pada sore harinya. Lanjut malam hari nya pukul 11malam naik bus menuju Kanazawa
    Tgl 15/1/2018 tiba di kanazawa, menginap 1 malam. Lalu mengunjungi Shirakawa Go dengan bus.
    Tgl 16/1/2018 naik bus pagi dari kanazawa menuju ke Osaka lalu menginap di Osaka sampai 21/1/2018
    Lalu tgl 17/1/2018 dari OSAka naik bus menuju Kyoto lalu malam hari kembali lagi ke Osaka. Apakah semua biaya bus saya ditanggung bila saya membeli Japan Buss Pass? Dan juga apakah jenis bus nya dapat digunakan untuk semua jenis Bus atau hanya misal bus Willer Express saja. Terimakasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu perlu perhatikan bahwa Japan Bus Pass ini hanya berlaku untuk jalur willer bus. Jadi bus menuju ke Kawaguchiko PP (bukan willer bus), Nohi Bus ke Shirakawago PP, lalu bus dari Kanazawa ke Osaka (bukan willer bus) tidak tercover oleh Japan Bus Pass. Salam

  16. sore pak, saya berencana akan naik bus malam dari tokyo ke osaka/kyoto.
    pertanyaan.nya…

    1. apakah ongkos dari kawaguchi-osaka/kyoto lebih murah dibandingkan kembali dulu ke Tokyo(Shinjuku) baru ke osaka/kyoto..?

    2. bus menuju osaka/kyoto dari kawaguchi, naiknya itu dari stasiun kawaguchi langsung ya pak..?. sama seperti rute Shinjuku-kawaguchi..?

  17. Sy mau berlibur ke jepang 14 hari dan mau ke hokaido .kalo dari tokyo ke kyoto ke osaka dan hokaido lebih baik pake JR Pass atau naek pesawat ya ? Lebih hemat mana ? Klo naek peswat dengan JR pass 14 hari thanks

    • selamat siang Pak . mohon tanya kalo bulan desember christmas wisata apa yang menarik di hokaido ? apakah sudah ada salju turun ? thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sudah turun salju bu, biasanya di bulan desember ada banyak iluminasi saja. Bus malam Tokyo-Osaka sekitar 7-8 jam (tergantung tipe bus). Salam.

    • selamat siang Pak . mohon tanya kalo bulan desember christmas wisata apa yang menarik di hokaido ? apakah sudah ada salju turun ? thanks .
      kalo dengan bus malam antara tokyo ke osaka berapa lama perjalanannya ya ?

  18. Siang..mohon saran, kami pergi dg 2anak usia 3th&10th. Saya lihat di web nya Willer ada potongan harga untuk anak skitar 40%. Tapi untuk tiket pass/terusan tidak ada potongan harga utk anak. Rencana kami beli JB pass yg 3hari utk dewasa dan yang utk anak beli tiket ketengan apa bisa begitu?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa saja, silahkan berhitung bu untuk ongkosnya. Hanya pengalaman saya, usia anak-anak apalagi yang 3 tahun mungkin akan lelah dan tidak nyaman naik bus lama. Salam.

  19. Malam Pak Nugroho. Saya mau tanya ttg Bus malam willer dari kyoto – tokyo.
    1. Bila saya pesan yg ada toilet di dlm bus apa akan berhenti juga setiap 2 jam?
    2. Saya cek k salah satu model bus malam willer ada keterangan no luggage. Itu maksudnya luggage barang bawaan yg di cabin atau no luggage utk koper2 yg di bagasi?
    Terima kasih pak bantuannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bus akan tetap berhenti per 2-3 jam, sebab itu memang sudah menjadi standar keselamatan dan kenyamanan bus malam di Jepang. No luggage itu menunjuk pada barang-barang koper di bagasi ibu. Salam

    • Irene  |  

      Terima kasih pak infonya. Untuk pemesanan bus malam willer harus dilakukan berala bulan sbelum y pak? Saya hari ini coba utk pesan utk keberangkatan di awal bulan Nov17 tapi tidak bisa. Terima kasih pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Iya ibu baru bisa memesan 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Salam.

  20. Malam Pak Nugroho, saya mau tanya ttg Bus malam willer ini kalau yg sudah ada wc di dalam bus nya apa juga bus akan berhenti setiap 2jam seperti cerita diatas?

  21. Halo Mas Nugroho,
    Mohon bantuannya, berikut adalah rencana saya selama di Jepang:
    Hari I : Tiba di Haneda. Saya berencana ke Narita, kemudian malamnya naik bis Willer ke Kyoto.
    Kira2 usulan naik kereta apa dari Haneda ke Narita, Mas?

    Hari II & III: Keliling kota Kyoto, karena hari ke-3 naik bis Willer kembali ke Tokyo.
    Rencana menggunakan Kyoto One Day Bus Card.

    Hari IV, V: Keliling kota Tokyo.
    Rencana menggunakan Tokyo Metro Hours.

    Mohon sarannya untuk transport yang sebaiknya saya gunakan.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Halo latersya, saya bingung kamu ngapain ya ke Narita? Apa mau naik bus willer? Bus tersedia juga kok di Stasiun Tokyo yang lebih mudah terjangkau dari Haneda dengan kereta Tokyo Monorail (sampai Hamamatsucho) dilanjut dengan JR Yamanote Line sampai Stasiun Tokyo.
      Saya lihat kamu ingin PP Tokyo/Kyoto, sebaiknya beli JR Pass saja, untuk mengcover naik shinkansen. Kalau hanya 5 hari, padahal naik bus itu 8 jam dan melelahkan, rasanya sudah tidak asyik lagi liburannya. Tapi kalau memang ingin berhemat sudah benar sih, selain itu kamu bisa baca Free Pass Kyoto dan Tiket Murah Kereta di Tokyo. Salam.

    • Ooo, gitu Mas.
      Responnya cepat sekali 😀
      Mau tanya lagi kalo saya mau ke Chureito Pagoda dari Haneda, biar hemat, transportnya apa ya, Mas? Kemudian dari Chureito tersebut, saya lanjut ke Kyoto, apa ada bus Willer yang night?
      Ya hitung2 lumayan buat hemat penginapan..hehehe..

      Thank you, Mas.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Perjalanan ke Pagoda Chureito bisa dibaca di Wisata ke Pagoda Chureito. Untuk perjalanan bus willer mungkin hanya tersedia di Yamanashi Station, jadi harus kembali naik Fuji Kyuko Line sampai Otsuki dan lanjut naik kereta sampai ke Yamanashi Station.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!