Mobile Wi-Fi Pupuru

You are here Home  > Persiapan >  Mobile Wi-Fi Pupuru

Bagi teman-teman yang ingin liburan, tentu tetap ingin bisa berkomunikasi dengan orang rumah, pacar, atau teman yang ada di Indonesia kan? Atau tentu mau update status di Facebook atau Path bahwa sedang mengunjungi tempat-tempat wisata di Jepang. Tak lupa berbagi foto-foto paling gres di Instagram. Tapi, bagaimana caranya kalau gak ada internet. Gak mungkin kan roaming pake operator Indonesia? Mau berapa juta tagihannya cuma buka twitter? Atau apa harus ke restoran dulu sambil nebeng Wi-Fi gratis (di Jepang hampir semua restoran menyediakan Wi-Fi gratis bagi pengunjung). Atau nunggu pulang ke hotel dulu, baru update status? Yah, udah late post banget dong. Gak dapet lagi keseruannya…

1. Apa itu Wi-Fi Mobile Pupuru?

Selain menggunakan kartu SIM Docomo yang sudah dibahas oleh Tim Info Jepang di sini, teman-teman bisa juga mengakses internet dengan menggunakan Mobile Wifi Pupuru. Prinsip kerja Pupuru ini sama dengan kartu SIM Docomo yang hanya memberikan layanan komunikasi data saja. Teman-teman bisa mengakses internet dengan menghubungkannya dengan mobile Wi-Fi yang sudah disewa.

2. Berapa harganya?

Mobile Wi-Fi Pupuru tidak dijual, melainkan disewakan harian. Tersedia dua paket sewa Wi-Fi Mobile Pupuru, lebih lengkapnya bisa lihat di tabel berikut.

pupuru mobile wifi

Pesan Online 4G Mobile WiFi
Ambil di Bandara di Jepang

3. Apa saya harus membawa charger sendiri?

Tidak, saat teman-teman menyewa Mobil Wi-Fi Pupuru, kita akan memperoleh satu paket berisikan:

  1. Mobile Wifi
  2. Charger
  3. Kabel USB
  4. Tas/ pouch
  5. Buku Manual
  6. Amplop untuk pengembalian

Kotak Rental Mobile Wi-Fi Pupuru

4. Bagaimana cara membelinya?

Teman-teman bisa membelinya dengan kartu kredit melalui website Pupuru. Nanti teman-teman bisa mengambilnya Bandara Narita, Bandara Haneda, Bandara Chubu Centrair, Shin-Chitose di Sapporo, atau Bandara Kansai.

Rental Mobile Wi-Fi Pupuru di Bandara Haneda

5. Apa saya bisa menelepon menggunakan layanan Pupuru ini?

Tidak bisa. Mobile Wi-Fi ini khusus hanya untuk mengakses internet. Teman-teman tidak bisa menelepon atau mengirimkan SMS di Jepang. Selama ada Line/ Whatsapp/ Skype, Tim Info Jepang rasa cukup untuk bisa berkomunikasi selama di Jepang.

Namun, jika teman-teman memerlukan telepon selama berada di Jepang, Pupuru menyediakan paket penyewaan handphone juga. Berbeda dengan Mobil Wi-Fi yang disewa harian, handphone disewa per bulan dengan biaya 2.000 yen (tidak termasuk biaya panggilan telepon dan SMS).

6. Biaya tambahan untuk penyewaan Mobile Wi-Fi

Selain biaya sewa yang sudah ditampilkan di tabel sebelumnya, teman-teman dikenakan biaya tambahan penyewaan juga. Tambahan biaya ini termasuk uang jaminan/ garansi atau biaya aksesoris tambahan.

pupuru mobile wifi hitungan biaya

biaya total button7. Berapa biaya kompensasi yang harus saya bayar kalau unit yang saya sewa hilang tertinggal atau rusak?

pupuru mobile wifi biaya kompensasi

8. Bagaimana jika unit yang saya sewa hilang dicuri?

Teman-teman tidak perlu membayarkan biaya kompensasi atau penggantian, namun pelaporan unit yang hilang karena dicuri harus disertai dengan laporan dari kantor polisi.

Video Pengenalan Mobile Wi-Fi Pupuru

8. Bagaimana mengembalikan Wi-Fi Mobile Pupuru?

Teman-teman bisa mengembalikan modem Wi-Fi pupuru di Bandara Narita, Haneda, Kansai, atau Chubu. Lokasi atau tempatnya berada di terminal Internasional. Di Narita bisa mengembalikan di QL Liner (untuk Terminal 1 dan 2), lalu di Bandara Kansai dan Bandara Haneda bisa mengembalikan loket/ counter ABC. Atau tinggal memasukkan mobile wi-fi itu kedalam amplop kuning (yang didapat saat menerima pertama kali), dan tinggal memasukkannya ke dalam kotak pos.

9. Informasi Biaya Pemakaian WiFi Pupuru (Liputan Khas Info Jepang)

Berikut adalah contoh biaya sewa WiFi Pupuru yang didapatkan oleh Tim Info Jepang.

Seperti yang tertulis di dalam websitenya, biaya sewa WiFi Pupuru adalah 400 yen per hari. Untuk pemakaian 10 hari setelah mengecek via email biaya keseluruhannya adalah sebagai berikut.

  1. Biaya sewa WiFi Pupuru 400 yen × 10 hari = 4,000 yen
  2. PPN 8% × 4000 yen = 320 yen
  3. Biaya registrasi = 1,620 yen
  4. Biaya pengiriman ke Airport = 864 yen
  5. Biaya pengiriman kembali = 1,080 yen

Sehingga totalnya 7884 yen, dengan kata lain 788 yen / 80 ribuan perhari. Lumayan mahal jika dihitung pemakaian per orang, tapi jika dipakai bersamaan dengan keluarga/ kerabat maka akan terasa lebih murah. Catatan satu buah modem WiFi bisa dipakai hingga 10 orang.

Pesan Online 4G Mobile WiFi
Ambil di Bandara di Jepang

Aduh ribet musti daftar-daftar! WIFI Infojepang adalah pilihan tepat bagi kamu!

Internet murah di Jepang wifi infojepang

Sumber gambar: Mcha.jp
Sumber video: Youtube PuPuRu


Recommended for you

Last modified: July 19, 2017

Comments (39)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Bisa saja. Namun harus mengantri dan mengisi form dulu ibu. Salam

  1. halo pak, utk pemakaian di bln des, sebaiknya kita pesan dari sekarang apa bisa? lalu apakah waktu pengembalian ke kotak pos itu, dihitung juga brp hari sampe mereka terima kmbali modemnya? trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya dihitung pak. Biasanya pengiriman memakan waktu satu hari. Jadi kalau penerbangannya malam, tanggal pemesanan harus dilebihkan satu hari.
      Pemesanan bisa dari satu bulan sebelumnya. salam

  2. Min mau tanya , baiknya pmsanan wifi routernya brpa hri sblom kbrangkatan ya min? Misalkan saya kan brngkat tgl 24maret 17 smpai di haneda tgl 25maret , baiknya kapan saya pesan wifinya? Makasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sebenarnya semakin cepat semakin baik, apalagi kalau dilihat ibu Julyana datang di puncak kunjungan musim semi di Jepang. Karena sebenarnya bisa diatur kapan pengambilan mobile wifinya (misal setibanya di Haneda). Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat informasi websitenya, tidak ada prosedur untuk memperpanjang masa berlaku wifi. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat informasi websitenya, tidak ada prosedur untuk memperpanjang masa berlaku wifi. Salam

  3. Pak kalo minta di kirim ke haneda ambilnya dimananya? Oh iya di haneda jg ada yah tempat / counter penyewaan wiifi ? Apa harga sama ? Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau menyewa di Hanedanya langsung, malah jadi mengantri dan membuang-buang waktu.
      Lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan ke Jepang dan tinggal ambil nanti begitu tiba di Jepang.
      Salam

  4. Penyewaan Wifi, lebih baik via online atau langsung di airport?… Apakah aman dengan sistem online, karena tidak ada secure visa/master cardnya di web. pupuru…

  5. Selamat siang…. Boss saya ingin menyewa modem sebanyak 2 ea dari tanggal 17 des’16 s/d 6 jan’17. Bagaimana cara mekanisme penyewaannya yaa… Karena bukan saya sendiri yang berangkat. Tolong dibantu infonya yaa… Terima kasih….

  6. Saya dan Kel total 16 org, semua perlu wifi, baiknya beli yang seperti apa ya biar lebih murah. Mendarat di Narita, terbang ke Jakarta dari Haneda, apakah bisa ambil di Narita dan kembaliin di Haneda? Terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu membaca penjelasan di atas dengan seksama, pengembalian bisa dilakukan via kotak pos dan tidak musti ke Narita atau Haneda.
      Untuk detail pengembaliannya sendiri, bisa ditanyakan langsung ke pihak wifi Pupuru nya. Salam

    • mesel ghea  |  

      min kalau ngurusnya langsung di counter wifi apakah harganya sama? atau ada ketentuan lainnnya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Sama saja, namun kalau online (sebelum kamu berangkat) kamu hanya tinggal mengambilnya setibanya di jepang. Namun kalau mengurus di counter, kamu haru mengantri dan butuh waktu untuk registrasi. Untuk harganya setahu kami sama saja. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau sudah sampai di Kansai Airport bisa langsung mengurus di counter wifi rental di Kansai Airport. Ini hanya untuk wifi rental sebelum kepergian ke Jepang.
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak Sidik. 10 GB adalah kuota high speed 4G untuk per bulan.
      Jika sudah lebih dari 10 GB bukan berarti tidak bisa memakai internet, masih bisa dipakai, namun kecepatannya akan turun.
      Mayoritas tipe internet di Jepang adalah yang seperti ini.
      Salam

  7. Halo pak Nugroho, bagaimana dengan kualitas sinyalnya apakah OK?

    Oiya di contoh perhitungan Info Jepang ternyata ada biaya registrasi dan PPN ya? Tarifnya berapa jika hanya sewa 1 Mobile Wifi untuk 8 hari?

    Plus mau tanya di tabel biaya pengiriman itu 300 yen 1x, mengapa di contoh perhitungan jadi 864 dan 1080 yen ya?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Christian

      Kualitas untuk Wi-Fi Pupuru cukup baik dan cepat untuk download.
      Jika mau menyewa 8 hari, total harganya 7020 yen. Ini tanpa ekstra baterai dan asuransi.
      Yang 300 yen itu biaya tambahan kalau pengiriman ekspress (1 hari) atau istilahnya didahulukan. Sedangkan yang 864 dan 1080 yen biaya antar ke bandara. Untuk menekan harga, sebaiknya ibu minta pengiriman ke hotel/ penginapan saja, harganya bisa lebih murah.

      Salam.

  8. apa bisa saya pesan melalui team info jepang? saya akan berangkat dari jakarta tanggal 19 juli 2016, dan tiba di bandara kansai tanggal 20 juli jam 08.15 AM, rencana saya akan ambil di kantor pos bandara kansai, dan pada tanggal 26 juli 2016 saya akan kembali ke jakarta lewat bandara haneda, berarti saya kembalikan di kantor pos bandara haneda yah.

    terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Maaf tadi dicoba dan tidak bisa diwakilkan. Ibu bisa memesan sendiri dengan mendaftar dari internet, isi data2 yang diminta. Untuk pengembalian cukup masukkan ke dalam amplop dan masukkan ke kotak pos di pinggir jalan, tidak perlu ke kantor pos. Salam

  9. Berarti saat pengembaliannya,saya cukup masukan ke amplop yg di sedikan,dan bisa masukan ke kotak post mana saja yng terdekat dr lokasi kita berada di jepang ya?dan tdk ada biaya lg,karna sdh bayar di awal

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ya, masukkan ke kantong yang diberikan saat pengambilan, dan taruh di kotak pos mana saja. Tidak ada biaya lagi, hanya mengembalikan barang saja. Tapi mohon diingat/ dicatat durasi peminjamannya. Karena kalau melebihi, kita dikenakan biaya tambahan juga.

      Salam dan selamat liburan!

  10. Oh, okay. noted. saya juga baru cek barusan ternyata begitu. Untuk pengambilannya berarti memang harus diantar ya? Ga bisa misalkan kita yang ambil ke tempatnya?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Pupuru gak punya tempat/ toko Ibu. Hanya layanan pemesanan via internet, makanya harganya murah dibanding wi-fi lainnya yang punya toko/kaunter.
      Salam

  11. Min, Mau tanya. Kalau saya arrival di Haneda dan Departure di Osaka, PuPuRu ini apa punya cabang di Bandara Osaka sehingga saya tidak perlu balik lagi ke Bandara Haneda untuk mengembalikannya, dan bisa saya apakai di Osaka. Thanks.

    • Nugroho Christian
      Nugroho  |  

      Untuk mobile wifi Pupuru, Asri bisa mengembalikannya di Bandara Kansai di Terminal 1 dekat ABC Counter. Cukup menunjukkan struk atau bukti pembayaran awal bersama identitas passport. Atau, cara mudahnya cukup memasukkan semua modem+aksesorisnya ke dalam amplop dan masukkan ke kotak surat di seluruh Jepang. Tidak perlu perangko kok.

      Salam dan selamat liburan!
      Tim Info Jepang

    • Nugroho Christian
      Nugroho  |  

      Model peminjaman mobile wi-fi pupuru adalah daftar di internet, pilih waktu peminjaman, dan pilih tempat mengambil mobile wi-fi (bisa dikirim ke beberapa hotel dan airport seperti Haneda, Narita, Chubu, dan Kansai Airport). Untuk mengembalikannya, tinggal memasukkan mobile wi-fi itu kedalam amplop kuning (yang didapat saat menerima pertama kali), dan tinggal memasukkannya ke dalam kotak pos.

      Pupuru tidak punya toko/ kaunter khusus, jadi tidak perlu repot memikirkan cara mengembalikannya.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!