Narita Airport

Home / Airport / Narita Airport
Item image

Narita Airport adalah bandar udara yang terletak 60 kilometer di timur kota Tokyo dan menjadi bandar udara utama di kota Tokyo selain Haneda Airport. Narita Airport awalnya dibangun untuk mengatasi kepadatan penumpang di Haneda Airport yang letaknya lebih dekat ke pusat kota Tokyo. Tim Info Jepang menerima banyak pertanyaan mengenai Narita Airport dan bagaimana cara menuju ke kota Tokyo dan daerah-daerah wisata Tokyo sekitarnya seperti AsakusaTokyo Sky Tree, Shibuya, Shinjuku, Tokyo Disneyland & Disneysea dan Tokyo Station. Kali ini Tim Info Jepang sudah merangkum dengan ringkas akses transportasi kereta dari Narita menuju ke Tokyo.

Di Narita, Anda bisa menukar JR PASS atau membeli JR Pass Area untuk naik kereta di seluruh Jepang, lalu membeli kartu SIM Docomo atau menyewa mobile Wi-Fi Pupuru untuk bisa menggunakan internet dengan murah di Jepang. Jika ribet membawa koper yang banyak bisa juga memanfaatkan layanan antar barang Takyuubin sampai ke hotel tempat menginap. Selain itu, ada ratusan toko oleh-oleh di Bandara Narita yang mayoritas menyediakan oleh-oleh khas di Jepang. Bagi teman-teman umat Muslim yang bepergian ke Jepang melalui Narita International Airport, bisa merasa tenang, karena bandar udara ini mulai berbenah untuk menerima kedatangan wisatawan Muslim yang jumlahnya semakin meningkat, yang dapat dilihat dengan adanya fasilitas tempat ibadah dan juga restoran yang menyediakan menu makanan Halal yang tersedia di dalam bandara. Fasilitas prayer room di Narita Airport dapat ditemukan di area publik Terminal 1, di lantai 5, dan juga gedung utama Terminal 2 di lantai 1. Selain itu juga, Terminal 3, juga memiliki fasilitas yang sama.

Prayer room di Narita Airport

Prayer room di Narita Airport

1. Sarana Transportasi Antar Terminal

Narita Airport kini memiliki 3 terminal: terminal 1 dan 2 untuk kedatangan dan keberangkatan domestik dan internasional, sementara terminal 3 yang relatif baru melayani pesawat low cost carrier (LCC). Terminal 1 berada agak jauh di selatan, sementara terminal 2 dan terminal 3 letaknya berdekatan. Jalur kereta JR dan Keisei memiliki stasiun di terminal 1 dan terminal 2, sehingga Anda harus berjalan kaki atau naik bus dari terminal 3 menuju ke terminal 2 jika ingin naik kereta menuju ke Tokyo. Denah transportasi bus antara terminal adalah seperti di bawah ini.

 

2. Sarana Transportasi Menuju atau dari Tokyo

Berikut daftar lengkap sarana transportasi menuju Tokyo dan stasiun-stasiun besar lainnya beserta ongkos perjalanan.

1. Kereta Narita EXpress (NEX)

Narita Express (NEX) menghubungkan Narita Airport dengan stasiun-stasiun besar di daerah Metropolitan Tokyo. Berangkat setiap 30 menit sekali pada jam sibuk pagi dan sore hari, dan 1 jam pada siang hari. Ongkosnya sedikit mahal, tapi kita tidak perlu pindah kereta untuk dapat mencapai Tokyo atau stasiun besar lainnya. Kereta NEX memiliki ciri khas warna merah hitam. Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk naik kereta ini bila kamu tinggal di hotel yang berdekatan dengan stasiun-stasun JR atau kamu yang berlibur bersama dengan keluarga besar. Untuk kamu yang memiliki JR PASSTokyo Wide Pass, atau NEX Round Trip Ticket bisa mengaktifkan pass tersebut di kantor informasi turis di dalam Airport, dan ongkos kereta JR dibawah ini akan tercover semuanya oleh JR Pass atau Tokyo Wide Pass.

Rincian Tiket Kereta NEX (warna merah-hitam)

  • JR Tokyo Station 1 Jam 2,940 Yen
  • JR Omiya Station (Saitama) 1 Jam 50 menit 3,740 Yen
  • JR Ikebukuro Station (Tokyo) 1 Jam 25 menit 3,110 Yen
  • JR Shinjuku Station (Tokyo) 1 Jam 20 menit 3,110 Yen
  • JR Takao Station (Tokyo) 2 Jam 8 menit 4,500 Yen
  • JR Shibuya Station (Tokyo) 1 Jam 15 menit 3,110 Yen
  • JR Shinagawa Station (Tokyo) 1 jam 10 menit 3,110 Yen
  • JR Yokohama Station (Kanagawa) 1 jam 30 menit 4,180 Yen

Beberapa kereta NEX adalah gabungan kereta yang akan ke arah Shinjuku dan Omiya di utara dan Yokohama dan Ofuna di selatan. Kereta NEX akan dipisah di Tokyo Station. Buat teman-teman yang ingin menuju ke Shinjuku/ Shibuya bisa naik kereta NEX di gerbong agak belakang dari arah kereta berjalan di Narita Airport Station.

2. Kereta Keisei Skyliner

Keisei Skyliner adalah kereta dari Keisei (berbeda dengan JR) dan punya lintasan sendiri. Stasiun terakhirnya adalah Nippori Station di bagian utara kota Tokyo. Keisei Skyliner pada dasarnya sama seperti Narita Express namun kita punya ruang untuk barang yang lebih besar serta rute perjalanan yang lebih pendek. Perjalanan dari Nippori Station di Tokyo ke Narita pun yang paling cepat, hanya dalam 36 menit saja. Bandingkan dengan Kereta NEX yang semuanya diatas 1 jam. Kereta Keisei Skyliner juga berangkat setiap 40 menit. Kita pun bisa masuk ke dalam kereta sambil menunggu kereta berangkat. Kereta ini memiliki ciri khas bewarna biru dan kecoklatan. Pintu masuk stasiun dan peronnya juga berbeda, sehingga tidak perlu takut sewaktu ingin naik kereta. Perlu diperhatikan bahwa jalur kereta ini tidak tercover oleh JR Pass dan Tokyo Wide Pass.

Rincian Tiket Kereta Keisei Skyliner (warna biru-coklat)

  • Nippori Station (Tokyo) 36 menit 2400 Yen
  • Ueno Station (Tokyo) 43 menit 2400 Yen

Beli Online Tiket Kereta Keisei
Skyliner Narita-Nippori/ Ueno

3. Kereta Lainnya (Kereta Listrik Biasa)

Dua kereta di atas adalah kereta ekspress yang menghubungkan Narita Airport langsung dengan stasiun-stasiun besar di kota Tokyo. Namun bagi kamu yang ingin berhemat, ada juga kereta biasa yang ongkosnya lebih murah. Kereta ini semuanya bisa diakses dari Narita Airport langsung dan berangkat setiap 20 menit sekali. Bedanya kereta ini dengan kereta ekspress adalah berhenti di lebih banyak stasiun, sehingga penduduk di daerah Narita dan Chiba juga akan naik ke kereta. Dibandingkan kereta NEX atau Keisei Skyliner yang cepat dan nyaman, bila naik kereta ini maka ruang menaruh barang akan lebih sempit dan suasana dalam kereta akan lebih ramai. Menurut pengalaman Tim Info Jepang kereta-kereta di bawah ini lebih cocok buat kamu yang backpacker ke Jepang atau keluarga dengan anggota keluarga sedikit antara 2-6 orang.

Beberapa contoh kereta lain yang bisa digunakan menuju ke atau dari Narita Airport di Chiba.

Rincian Tiket Kereta JR Biasa (warna biru)

  • JR Tokyo Station 1 jam 20 menit 1,280 Yen
  • JR Shinagawa Station (Tokyo) 1 jam 30 menit 1,450 Yen
  • JR Yokohama Station (Kanagawa) 1 jam 50 menit 1,890 Yen
  • JR Chiba Station (Chiba) 40 menit 650 Yen

Toei Asakusa Line (Bisa langsung ke Tokyo Sky Tree)

  • Tokyo Sky Tree Station 1 jam 30 menit 950 Yen
  • Haneda Airport Station 2 jam 1560 Yen

Kereta Ekspress Keikyu

  • Tokyo Sky Tree Station 1 jam 30 menit 950 Yen
  • Haneda Airport Station 2 jam 1560 Yen

PROMO HOTEL DI DEKAT NARITA AIRPORT/ NISHI NIPPORI (Naik kereta Keisei ke Narita)
(Diupdate otomatis)

Booking.com
Booking.com

4. BUS CEPAT ATAU HIGHWAY BUS

Selain itu, buat teman-teman yang ingin berhemat sekaligus gak mau ribet pindah-pindah kereta saat datang atau ingin pergi ke Narita, bisa juga mencoba naik Bus Highway Keisei dari Stasiun Tokyo. Haltenya bus highway ini berwarna merah muda/ pink dan ada di seberang pintu keluar sisi utara Stasiun atau gerbang Yaesu (ada pusat perbelanjaan Daimaru).

Ongkos tiket naik bus ini juga murah banget. Cukup dengan 900 yen (jika melakukan reservasi terlebih dahulu) atau 1.000 yen (tanpa reservasi), atau 950 yen jika menggunakan kartu SUICA/ PASMO. Lama perjalanannya juga cuma 1 jam karena melalui akses tol dari Tokyo sampai ke Bandara Narita, ya seperti jalan Tol Sedyatmo yang ada di Jakarta gitu deh.

Untuk melakukan reservasi atau membeli tiket secara online (mulai dari 1 bulan sampai 2 hari sebelum rencana naik bus). Reservasi ini bisa dilakukan dengan mengunjungi website seperti J-Bus dan Rakuten (website dalam bahasa Jepang dan Inggris). Pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara online dengan kartu kredit.

5. Layanan Penjemputan dari atau ke Bandara Narita

Bisa juga dengan naik mobil sewaan yang lebih praktis buat teman-teman yang datang dalam rombongan atau keluarga besar. Tersedia layanan penjemputan Bandara Narita ke Tokyo dan sebaliknya.

Hotel-hotel di dekat Narita

Jika teman-teman mendarat di Narita tengah malam atau berangkat pagi hari, Tim Info Jepang menyarankan untuk menginap di hotel-hotel dekat Bandara. Meskipun Bandara beroprasi selama 24 jam, namun transportasi dari/ ke Narita tidak 24 jam. Biasanya hanya sampai tengah malam, dan baru mulai kembali sekitar jam 05.00 pagi.

Saat malam hari, jika ingin ke Tokyo dengan menggunakan taksi biayanya sangat mahal (bisa mencapai 2.500-3.500 yen). Lebih baik untuk mengambil kamar hotel baru berangkat pagi harinya. Jika mengambil penerbangan pagi, harap diperhatikan bahwa bus/ kereta biasanya baru tiba di Narita mulai jam 05.00 pagi. Berikut ini hotel-hotel di sekitaran Bandara Narita yang bisa menjadi pilihan teman-teman.

  1. Narita Rest House (100 meter dari Narita dan terhubung dengan Terminal 1, reguler)
  2. Narita Tobu Hotel Air Port (800 meter dari Narita, naik taksi sekitar 1.000 yen)
  3. Hotel Nikko Narita (Ada layanan shuttle bus gratis: cek jadwal shuttle busnya di website Hotel Nikko Narita)

Berburu Oleh-Oleh di Bandara Narita

Kita juga bisa membeli oleh-oleh seperti Tokyo Banana, Coklat Shiroikoibito, Coklat Royce, termasuk kentang goreng Jaga Pokkuru yang terkenal di Fa-so-la Tax Free Akihabara. Selain itu, ada banyak toko pakaian seperti UNIQLO yang menyediakan pakaian dan beragam aksesoris sebagai oleh-oleh.

Informasi Lebih Lanjut

Website Offisial Bandara Narita www.narita-airport.jp/en/index.html

Sumber gambar: Website Narita Airport, Narita Airport Access


Recommended for you


Last modified: June 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (267)

  1. Pak, mau tanya kalau saya hanya 6 hari termasuk pulang pergi dari dan ke bandara narita, apakah worth it beli JR Pass? rute saya hanya hari ke 3 ke osaka besoknya ke kyoto sebentar dan pulang ke tokyo lagi.
    Atau mending beliTokyo Wide Pass aja?

  2. Selamat siang Pak Nugroho.
    Sy minta saran & bantuannya untuk perjalanan sy ke Jepang bln Januari nanti.

    Berikut rute perjalanan saya :
    Day 1 : Narita – Shinjuku – Okubo (Shinjuku ke Okubo station pk Sobu Line)
    Day 2 : Shibuya, Harajuku, Shinjuku
    Day 3 : Tsukiji, Asakusa, Ginza, Odaiba
    Day 4 : Fuji Kawaguchiko (JR Pass aktif)
    Day 5 : Tokyo – Kyoto
    Day 6 : Osaka
    Day 7 : Kyoto – Kanazawa
    Day 8 : Kanazawa – Shirakawago
    Day 9 : Shirakawago – Takayama
    Day 10 : Takayama – Tokyo
    Day 11 : Tokyo – Narita

    Sy akan membeli JR Pass & akan diaktifkan di hari ke 4-11. Pertanyaan saya :

    1. Dari Narita ke Shibuya station lebih baik & hemat naik apa ya Pak? Apakah naik Bus Keisei / Bus Limousine / Keisei Skyliner? Mengingat penginapan sy ada di daerah Okubo.
    2. Untuk mengcover rute perjalanan sy diatas, sebaiknya sy memakai Kartu / Pass apa yaa Pak yg hemat & menjangkau semua? (Selain JR Pass & Suica/Pasmo)
    3. Dari Tokyo ke Narita, pulangnya sy akan naik NEX (dicover JR), sebaiknya sy menginap di daerah Tokyo station / Shibuya station supaya memudahkan ketika pulang?

    Mohon bantuannya ya Pak. Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk penggunaan JR Pass nya sudah tepat pada day 4-10, untuk day 11, saran saya, ibu bisa ke Shinjuku atau Tokyo dahulu, baru naik JR Narita Line ke Bandara Narita.
      2. Untuk day 3, ibu bisa menggunakan Tokyo Subway Pass serta untuk day 2 bisa gunakan Tokunai Pass. Di Osaka, Kyoto, bisa juga gunakan kartu Suica/ Pasmo ibu.
      3. JR Pass ibu hanya berlaku sampai day 10 (7 hari start dari day 4), supaya gampang, saran saya ibu bisa menginap di sekitaran Stasiun Tokyo (setidaknya di Kanda, atau Ueno supaya harga hotel atau penginapannya lebih murah). Salam.

  3. Halo . Apakah tiket nex menuju narita bisa di beli on the spot di terminal ikebukuro ? Atau transportasi apa saja dari ikebukuro menuju narita ? Besok pagi saya mau balik ke narita . Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya tiket NEX menuju ke Narita bisa dibeli langsung sebelum keberangkatan.
      Transportasi lainnya bisa dengan Limousine Bus. Salam

  4. Kereta ekspress keikyu itu sama dgn kereta acces ekpress ya pak? Bisa sampe asakusa ya pak, tanpa ganti kereta? Itu di asakusa stasiunnya sama dgn stasiun subway asakusa? Kalo kereta tokyu ekpress dari nippori ke narita ,tiketnya bisa dibeli di mesin tiket stasiun nippori?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Mohon maaf kelewatan pertanyaannya. Total ada 3 kereta Keikyu dari Narita; Kereta ekspress Keikyu namanya skyliner, kereta access express, dan limited express. Kalau mau yang langsung ke Asakusa naik yang kereta access express.
      Kalau mau yang dari Nippori ke Narita bisa naik skyliner atau limited express, khusus untuk skyliner tiketnya bisa dibeli di stasiun Nippori. Salam

  5. Pagi pak. Rencananya saya akan ke jepang bersama teman, namun berbeda jadwal kedatangannya. Saya datang sore di hari pertama dan teman saya datang pagi di hari selanjutnya. Yg saya ingin tanyakan, untuk menghemat biaya, apakah saya bisa tidur di bandara narita? Apakah di bandara tsb dilarang untuk menginap?

    Lalu, apakah toei asakusa line dari narita sudah tercover jika kita membeli tokyo subway pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bisa menginap pak di Narita Airport, Narita Airport buka 24 jam.
      Tokyo Subway Pass tidak mengcover ongkos kereta ke Narita Line pak, hanya cover ongkos Toei Asakusa Line sampai ke Oshiage Station. Salam

    • Jadi maksudnya “Tokyo sky tree station 1 jam 30 menit 950 yen” itu yg narita line ya pak?
      Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang pak. Ya maksudnya adalah bila naik kereta dari Narita Airport dengan Toei Asakusa Line/ Keisei Line, waktu perjalanan 1 jam 30 menit dan ongkosnya 950 Yen.
      Bukan Narita Line ya pak. Narita Line menunjuk pada jalur JR, sementara tidak ada jalur JR ke Tokyo Sky Tree. Salam

  6. Winda Destiana P  |  

    Halo pak saya sudah naik skyliner tujuan nippori. Dari nippori ke shinjuku beli tiket lagi untuk JR Yamanote line nya ya? Saya gak punya suica.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya bu, kalau tidak punya SUICA harus beli lagi setiap naik kereta. Salam

  7. Winda Destiana P  |  

    Salam pak
    Pindah kereta dari Skyliner di Nippori ke JR Yamanote apakah kena biaya lagi? Berapa harga tiket JR Yamanote untuk ke stasiun menuju penginapan sy di The Global Hotel Tokyo pak? Itu berapa stasiun lagi ya pak kira2? Pakai suica atau karcis? Maaf pak sy perdana ke jepang dan seorang diri.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, ibu pindah ke jalur JR Yamanote Line dan turun di Shin Okubo. Ongkosnya 170 yen. Salam

  8. Winda Destiana P  |  

    Beli langsung tiket di stasiun Nippori ya pak? Itu dalam bentuk voucher? Kemudian ditukar lagi atau sy sudah dapat dlm bentuk berupa tiket? Maaf ya pak banyak bertanya, takut tersesat .

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau sudah di Nippori, akan langsung mendapatkan tiket bu. Tidak bentuk voucher. Voucher itu kalau membelinya online. Salam

  9. Winda Destiana P  |  

    Pagi pak, saya mau bertanya lagi. Saya sudah beli tiket skyliner untuk menuju ke pusat kota, tapi sy baru ngeh, sy hrusnya beli dua ya skalian untuk pulang dri nippori ke narita. Begitu bukan pak? Mohon koreksi bila salah…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau pulangnya dari Narita juga harus membeli dua. Tapi belinya nanti saat hari H juga tidak masalah bu. Salam

  10. Winda Destiana P  |  

    Malam pak, mau bertanya lagi, Keisei Skyliner harus reservasi atau bisa membelinya saat tiba di Narita ya? Kemungkinan dapat kah? Saya mau pesan, tapi tidak ada kartu kredit, jadi sy batalkan. Bagaimana baiknya ya pak? Terimakasih banyak :)

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!