Shibuya Station

Home / Stations / Shibuya Station
Item image

Tempat lain yang tak kalah menarik di pusat kota Tokyo adalah Shibuya. Selain salah satu tempat asyik untuk nongkrong pemuda-pemudi Jepang, kawasan ini juga pusat belanja dan trend setter para kawula muda. Hampir setiap minggu, saya melintasi area Shibuya ini, dan saya mesti mengakui bahwa cewek-cewek di Shibuya seakan-akan berasal dari dunia yang lain. Bagaimana cara mereka berpakaian, contact lenses yang membuat mata terlihat lebih besar, begitu juga dengan kostum dan sepatu dengan berbagai warna mencolok. Inilah yang menjadi daya tarik utama Shibuya. Di Shibuya kita juga dengan mudah menemukan restoran dan toko brand terkenal yang tidak pernah sepi pengunjung.

Ikon Shibuya yang paling terkenal adalah gedung Tokyu atau 109 yang letaknya di tengah-tengah distrik Shibuya, di depan pintu keluar Stasiun Shibuya.

Di Shibuya kita bisa pergi ke Shibuya Senta-gai atay Shibuya Center Street, area tempat toko busana remaja, restoran cepat saji, dan pusat permainan. Sementara bila pergi ke Koen-dori Street kita bisa merasakan ketenangan dari bisingnya suasana kota. Kita bisa menikmati kicauan burung dan aliran arus sungai di Yoyogi-koen atau Taman Yoyogi yang letaknya tidak jauh dari Shibuya.

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Shibuya

1. Melihat orang-orang di Perempatan Shibuya

Banyaknya orang yang lalu lalang di perempatan Shibuya menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tampil di film “Lost in Translation” membuat perempatan Shibuya ini terkenal di seluruh dunia. Diterangi oleh ratusan lampu neon dari papan iklan, juga dentuman suara musik keras dari speaker di atas gedung, kita bisa menyaksikan orang berhenti dan menyeberang seirama dengan lampu lalu lintas yang berubah warna.

Anda bisa berhenti dan mengambil foto di tengah keramaian Shibuya atau menyaksikan lagu pop Jepang dan produk terbaru di Jepang lewat layar televisi besar. Atau masuk ke Starbucks Coffee di seberang jalan untuk melihat keramaian orang-orang di Shibuya.

2. Mengunjungi Taman Yoyogi dan Kuil Meiji Jingu

Shibuya tidak cuma perempatan yang ramai, ada pula taman kota yang tenang dan asri. Kita dapat berteduh dan istirahat sambil menyaksikan kuil Meiji Jingu dan berkeliling Taman Yoyogi. Kalau Anda datang tepat waktu, bisa juga mengikuti festival musik dan acara tahunan yang diadakan seperti Thailand Festival, Sri Lanka Festival, dan juga Indonesia Festival. Taman Yoyogi ini juga adalah salah satu spot hanami yang terkenal di Tokyo juga loh.

3. Berfoto bersama Patung Hachiko

Patung Hachiko adalah maskot Shibuya dan Jepang. Patung perunggu ini dibuat seluruhnya dari uang sumbangan para penduduk di sekitaran Shibuya. Hachiko ialah anjing setia yang menunggu tuannya pulang dari pekerjaannya. Namun, saat tuannya sakit dan akhirnya meninggal sekalipun, Hachiko tetap datang tiap hari dan menunggu tuannya. Hal ini terus dilakukannya hingga Hachiko meninggal. Kisah mengenai Hachiko bisa teman-teman baca lebih lengkap di Hachi’s Story.

Patung Hachiko di pintu keluar sisi timur Shibuya Hachiko-koen selalu ramai dan menjadi tujuan para wisatawan. Mungkin karena kisah kesetiaan hewan dengan manusia yang jadi latar belakangnya. Selain itu, karena letaknya ada di depan stasiun Shibuya, tempat ini selalu ramai dan menjadi tempat janjian untuk ketemu. Jadi, kita perlu menunggu untuk dapat mengambil foto bersama patung Hachiko. Tips dari Info Jepang, supaya tidak bingung dan tersesat, setibanyanya di Shibuya Station, keluar dari Hachiko Exit.

Patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya

Patung Hachiko di depan Stasiun Shibuya

4. Bergabung dalam acara Parade Halloween di Tokyo

Beberapa tahun terakhir acara Halloween di Tokyo semakin populer di mata para wisatawan dan penduduk lokal Tokyo. Acara yang berlangsung pada akhir bulan Oktober (biasanya 28-30 Oktober) ini diramaikan dengan beragam atribut khas Halloween seperti jack-o’-lantern, lomba costum Halloween, dan tentunya diskon besar-besaran di pusat-pusat perbelanjaan di sekitaran Tokyo. Acara Halloween dipusatkan di dua tempat di Tokyo, antara lain di Shibuya dan Roppongi. Kalau teman-teman sedang ada atau berencana di Tokyo pada akhir Oktober, bisa mampir dan merasakan suasana Halloween yang seru!

5. Serunya malam pergantian tahun di Shibuya

Pada pergantian tahun 2016 ke 2017 kemarin saya berkesempatan untuk merayakannya bersama dengan teman-teman di sekitaran Stasiun Shibuya. “Times Square”-nya Jepang ini begitu meriah menjelang malam pergantian tahun, dengan beragam festival kembang api dan tak lupa prosesi hitung mundur yang seru banget!

Akses menuju Shibuya Station

Akses menuju Shibuya sangat mudah, karena Shibuya terhubung dengan beberapa line kereta. Berikut adalah akses menuju Shibuya Station.

JR Line

  • JR Yamanote Line Shibuya station bagi teman-teman yang dari Shinjuku, Ueno, dan Tokyo
  • JR Saikyo Line Shibuya station, bagi teman-teman yang dari Ikebukuro atau daerah Saitama
  • JR Shonan Shinjuku Line Shibuya station, bagi teman-teman yang dari Yokohama dan Kawasaki

Shitetsu (Private Railway Company)

  • Tokyo Metro Ginza Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya dan Ginza)
  • Tokyo Metro Hanzōmon Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya dan Tokyo Skytree)
  • Tokyo Metro Fukutoshin Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya dan Ikebukuro Station)
  • Tōyōko Line Shibuya Station (menghubungkan Shibuya dan Yokohama Station)
  • Kereta Den-en-toshi Line menuju Shibuya.
  • Kereta Inokashira Line menuju Shibuya.

Cheap Hotels in Shibuya [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Tokyu Stay Shibuya Shin-M
1 km away
Tokyu Stay Shibuya Shin-Minamiguchi
from ¥11600/night
Dormy Inn Premium Shibuya
1 km away
Dormy Inn Premium Shibuya-jingumae
from ¥13383/night
Hotel Unizo Shibuya
1 km away
Hotel Unizo Shibuya
from ¥12020/night
Centurion Hotel Residenti
4 km away
from ¥4550/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Yomiuri Land
17 km away
Iluminasi musim dingin di Yomiuri Land
J-World Tokyo
8 km away
Ayo bermain di J-World Tokyo
Kiddy Land Omotesando
1 km away
Kiddy Land Omotesando
Spa Laqua Tokyo
7 km away
Spa Laqua Tokyo

Sumber Gambar : Flickr David Offf


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Close Comments

Comments (39)

  1. Pagi mas Nugroho,

    Jadwal perjalanan saya mengunjungi akihabara, shibuya, harajuku, shinjuku terjadwal di hari Minggu. Apakah tidak masalah? Atau tutup smua tokonya? Saya perlu geser hari ngga ya pak. Mohon info. Trima kasih sebelumnyaa ^^

    • Nugroho Christian  |  

      Rata-rata toko-tokonya masih buka kok pak hari minggu, malahan lebih ramai karena penduduk lokal juga ikut liburan, jadi silahkan saja. Salam.

  2. Hallo saya masih bingung untuk ke gunung fuji nya , saya rencana pengen dari hachiko statue ke gunung fuji , habis itu dari gunung fuji ke kyoto apa balik dulu ke tokyò baru naik pesawat ke kyoto ya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Total ada 75 loker berukuran besar di Shibuya Station.
      Lokasinya ada di Inokashira Exit ke sebelah kanan, turun tangga, dan loker ada di pertengahan tangga sebelah kanan. Salam

  3. Pak nugroho, saya tiba di haneda jam 7 pagi. Dan lgs ingin menuju fuji untuk bermalam di sana. Sebaiknya saya naik apa pak untuk ke fuji? Jr pass saya belum aktif pak. Apakah naik bus efisien? Kemudian besoknya saya kembali ke shibuya ( hotel saya di tokyo dekat stasiun shibuya) naik kereta apa ya pak dr kawaguchiko ke shibuya yg hemat? Naik bus atau kereta? Mengingat jr pass saya blm aktif. Mohon bantuannya pak, terima kasih

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Eli
2014-10-06 19:14:23
Foto2 nya keren bgt! jd pengen ke Jepang nih

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!