Tokyo Skytree

Home / Attraction / Tokyo Skytree
Item image

Tokyo Skytree menjadi simbol baru kota Tokyo. Tower tinggi yang berada di kota Sumida pusat kota Tokyo ini mulai dibangun pada tahun 2008, dan difungsikan sebagai menara pemancar sinyal televisi. Namun tidak hanya itu, tower berbentuk unik dengan pondasi segitiga dan berubah menjadi lingkaran di bagian atas ini juga berfungsi sebagai sarana hiburan dan komersial. Kita bisa naik ke atas Tokyo Skytree, melihat pemandangan kota Tokyo sambil menyantap masakan spesial tentunya.

Tinggi Tokyo Skytree adalah 634 meter. Terdengar tanggung, namun angka 634 ini melambangkan 6 (mu), 3 (sa), dan 4 (shi) atau musashi, yaitu nama lama dari daerah tempat Tokyo Skytree berdiri saat ini. Sejak dibuka untuk umum sejak 11 Juli 2012, Tokyo Skytree tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan dalam dan luar negeri berbondong-bondong datang dan menyaksikan sendiri panorama dari atas tower.

Tokyo Skytree tidak hanya terdiri dari tower saja, namun juga akuarium, pertokoan, serta sarana-sarana hiburan menarik yang ada di bawahnya. Tim Info Jepang sudah merangkum kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan di Tokyo Skytree! Let’s check them out!

1. Berjalan-jalan di Tokyo Solamachi

Pintu masuk Tokyo Solamachi

Tokyo Solamachi yang berada di kaki Tokyo Skytree adalah pusat perbelanjaan baru yang dibuka bersamaan dengan Tokyo Sky Tree. Dengan lebih dari 300 toko dan restoran yang ada, kita tentu dapat bersantai dan menikmati liburan di Tokyo. Di Tokyo Solamachi sendiri tersedia wi-fi gratis yang dapat digunakan sepuasnya. Kita dapat menikmati masakan di teras restoran di lantai tiga, berbelanja busana wanita dan item fashion, membeli oleh-oleh khas Jepang, melihat planetarium “Tenku” dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

2. Tamasya ke Akuarium Sumida

Akuarium Sumida

Di bagian bawah Tokyo Skytree ada pula Sumida Aquarium, sebuah akuarium unik yang berada di lantai 5 Tokyo Solamachi. Akuarium modern ini memiliki koleksi lebih dari 10 ribu hewan laut. Di bagian tengah akuarium ini, terdapat tangki besar berkapasitas 350 liter, yang merupakan tempat bagi pinguin dan anjing laut. Kabarnya, tanki ini merupakan tanhki indoor terbesar di Jepang. Tanki juga di desain khusus tanpa pembatas, sehingga kita dapat mengamati gerak-gerik hewan secara penuh tanpa terganggu dinding atau pembatas.

Aquarium ini tak hanya dilengkapi dengan tangki indoor terbesar. Terdapat berbagai kolam display lainnya, seperti tangki ubur-ubur yang dirancang menarik dan menggambarkan habitat dan varietas hewan yang ada di Teluk Tokyo. Jika tertarik mengunjungi Sumida Akuarium, tempat wisata ini buka setiap harinya mulai pukul 09.00-21.00 dengan harga tiket 2000 Yen.

Suasana Akuarium Sumida

3. Naik ke Tokyo Skytree

Untuk dapat masuk ke Tokyo Skytree kita dapat naik ke lantai 4 gedung Tokyo Solamachi dan menuju ke pintu paling ujung. Di sini kita dapat membeli tiket untuk naik ke 2 ruang observasi Tokyo Skytree. Yang pertama berada di ketinggian 350 meter dan yang kedua berada di ketinggian 450 meter. Teman-teman bisa memilih untuk naik ke ruang observasi yang mana saja. Saran dari kami, coba dulu naik ke ruang observasi di ketinggian 350 meter. Selain harga tiketnya yang lebih murah, lebih bagus mencoba dulu dari tempat yang agak rendah. Kalau sudah terbiasa dan tidak takut pada ketinggian, bisa membeli lagi tiket untuk ruang observasi di ketinggian 450 meter.

Kita bisa melihat panorama 360 derajat kota Tokyo dari ketinggian. Di hari yang cerah kita bisa lihat gedung-gedung pencakar langit kota Tokyo bahkan gunung Fuji di kejauhan. Tapi di hari mendung atau hujan, panorama bisa sama sekali tidak kelihatan. Bahkan jika angin bertiup cukup kencang, Tokyo Skytree bisa ditutup untuk umum. Jadi perlu sering-sering mengecek cuaca kota Tokyo sebelum merencanakan naik ke Tokyo Skytree.

Ruang Observasi Tokyo Skytree

4. Menikmati keindahan Tokyo Skytree di malam hari

Kalau tidak sempat untuk naik ke ruang observasi, jangan kecewa! Tokyo Skytree juga menawarkan objek wisata yang gratis bahkan di saat malam hari. Kita dapat pergi ke jembatan di kaki Tokyo Skytree dan berfoto dengan latar belakang Tokyo Skytree. Di malam hari, lampu LED akan dinyalakan dan menambah semarak dan kemegahan menara tertinggi di Jepang ini.

5. Berbelanja di Pokemon Center

Buat kamu yang gemar dengan pokemon, mulai bulan Juli 2016  Pokemon Center telah dibuka di Tokyo Solamachii lantai 5 di Tokyo Sky Tree. Kita bisa menemukan boneka karakter pokemon, pakaian, sarung tangan, kaus kaki, makanan ringan, dan aneka ragam pernak-pernik pokemon di tempat ini.

Pokemon center di Tokyo Skytree

Pokemon center di Tokyo Skytree


Naik kapal wisata Odaiba Tokyo Skytree

Ada dua rute kapal wisata Odaiba Tokyo Skytree yang menghubungkan Odaiba dan Asakusa, yakni jalur Sumida River Line dan Asakusa Odaiba Direct Line. Berikut laporan Tim Info Jepang setelah coba menaikinya.


Naik Sky Duck Tokyo

Berkeliling tempat wisata di Asakusa dan Tokyo Skytree dengan naik bus amfibi, yang bisa jalan di daratan dan juga di sungai sekaligus. Berikut informasi rute, jam keberangkatan, dan biayanya.


Informasi Mengenai Tokyo Skytree

Tokyo Solamachi buka setiap hari sepanjang tahun, sedangkan ada kemungkinan Tokyo Skytree tutup disaat cuaca buruk. Tokyo Skytree buka mulai jam 08.00 sampai 22.00. Untuk dapat naik ke ruang observasi di ketinggian 350 meter biayanya 2060 Yen untuk 18 tahun ke atas, 1540 Yen untuk pelajar SMP-SMA, 930 Yen untuk pelajar SD, dan 620 Yen untuk anak 4-5 tahun.

Sedangkan untuk naik ke ruang observasi di ketinggian 450 meter perlu biaya tambahan 1000 Yen untuk 18 tahun ke atas, 800 Yen untuk pelajar SMP-SMA, 500 Yen untuk pelajar SD, dan 300 Yen untuk anak 4-5 tahun.

Beli Online Tiket Tokyo
Skytree dan Sky Duck

Khusus untuk teman-teman dengan visa wisata/ liburan dari Indonesia, mulai 19 Februari 2015, Tokyo Sky Tree menyediakan “Fast Skytree Ticket”, tiket khusus sehingga kita tidak perlu mengantri lama untuk dapat naik ke dek observasi Tokyo Sky Tree. Tiket ini bisa dibeli untuk wisatawan asing dengan menunjukkan identitas diri atau paspor dan juga bagi teman/ kerabat yang menetap di Jepang yang ikut bersama dalam perjalanan. Tiketnya sedikit lebih mahal dari tiket biasa seperti yang dijelaskan di atas, namun kita tidak perlu menunggu lama dan bisa menghemat waktu untuk melanjutkan perjalanan ke objek wisata lainnya. Tiket ini bisa dibeli di lantai 4 dekat pintu masuk Barat atau West Entrance. Adapun rincian harga tiketnya adalah sebagai berikut: 2820 Yen untuk 18 tahun ke atas, 2260 Yen untuk pelajar SMP-SMA, 1580 Yen untuk pelajar SD, dan 1240 Yen untuk anak 4-5 tahun. Info lebih lanjut ke website official Tokyo Sky Tree.

Akses Menuju Tokyo Skytree

Untuk dapat mencapai Tokyo Skytree, kita dapat turun di Stasiun Oshiage melalui jalur Asakusa Subway Line, Hanzomon Subway Line, dan Keisei Oshiage Line. Anda juga dapat berjalan selama 20 menit dari stasiun Asakusa.

Akses Menuju Tokyo Skytree Akses kereta menuju Tokyo Skytree

Tour di Tokyo

Tokyo Sky Tree di malam hari

Berkendara dengan bus mengunjungi Taman Istana Kaisar, National Diet Building atau Gedung DPR Jepang, State Guest House, Ginza, dan Akihabara, Asakusa dan Kuil Sensoji serta berjalan di Nakamise-dori yang penuh dengan toko suvenir dan oleh-oleh. Terakhir, menikmati panorama kota yang indah dari Tokyo Skytree.


Tur berkeliling di pasar ikan terbesar di pusat kota Tokyo yakni Tsukiji Market. Selain itu, teman-teman bisa belajar cara membuat sushi langkah demi langkah bersama dengan koki terkenal dan menyantapnya untuk makan siang.


Pergi ke Tokyo Tower

Melihat pemandangan Kota Tokyo dari dek observasi di Tokyo Tower, makan siang dengan menu Jepang di restoran Chinzanso. Dilanjutkan dengan mengelilingi taman dan halaman luar Istana Kaisar Jepang (Imperial Palace), lalu menyusuri Sungai Sumida dengan kapal menuju Asakusa dan Kuil Sensoji. Di akhir tour mengunjungi pusat perbelanjaan dan hiburan Ginza.


Malam hari di Gedung Pemerintahan Tokyo Metropolitan

Menikmati pemandangan kota Tokyo dari Tokyo WTC, lalu menuju Tokyo Bay untuk kemudian naik perahu menyusuri Sungai Sumida sampai ke Asakusa dan mengunjungi Kuil Sensoji yang terkenal. Di akhir tour akan mengunjungi pusat perbelanjaan Ginza.


Tour malam di Tokyo

Mari coba merasakan kebiasaan pekerja atau karyawan di Tokyo malam hari atau selepas pulang kantor. Menikmati makanan-makanan pinggir jalan khas Jepang yang murah namun lezat yang dimasak di depan langsung di depan kita.


Pergi ke Tokyo Tower

Nikmati pemandangan pagi dari dek observasi di Tokyo Tower, lalu melanjutkan perjalanan ke Istana Kaisar Jepang, ke Asakusa dimana kita bisa berbelanja oleh-oleh dan suvenir, serta mengunjungi Kuil Buddha tertua Kuil Sensoji.

Cheap Hotels in Asakusa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Red Planet Asakusa
2 km away
Red Planet Asakusa Tokyo
from ¥9163/night
Hotel Palace Japan
2 km away
from ¥3800/night
Gate Hotel Asakusa
1 km away
The Gate Hotel Asakusa Kaminarimon
from ¥12116/night
Capsule and Sauna Century
12 km away
from ¥3300/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sunshine City Ikebukuro
9 km away
Pemandangan dari Sunshine City Ikebukuro
Shops and Restaurants Div
10 km away
Pintu masuk Diver City Odaiba
Palette Town
10 km away
Kincir Raksasa di Palette Town Odaiba
Tokyo Dome
5 km away
Tokyo Dome di malam hari

Sumber gambar: Flickr Dennis Amith, ★Kumiko★, Masayuki Igawa, IQRemix,tokyo-kanko-taxi.blogspot.jp, hans-Johnson, Tokyo Solamachi Homepage 1, 2


Recommended for you


Last modified: August 9, 2017 by

Close Comments

Comments (35)

  1. Pak, di itinery saya rencana dari hotel okura tokyo bay checkout pindah ke penginapan sekitar shibuya/shinjuku.Tapi sebelumnya saya pikir mampir dulu ke asakusa, jalan2 di nakamise street dan ke tokyo skytree — setelah itu baru ke penginapan daerah shibuya/shinjuku
    Apakah memungkinkan ya pak itinery seperti itu, sambil geret koper dan bawa 2 anak 6t dan 9t? Apakah sebaiknya saya sewa loker titip koper di statisun? Kalau iya, di stasiun mana pak sebaiknya saya sewa lokernya?

    Atau sebaiknya saya menuju penginapan di shibuya/shinjuku dahulu baru pergi ke asakusa+tokyo skytree ini?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, ibu bisa titip di Stasiun Asakusa saja. Setelah itu ke Oshiage (Tokyo Skytree), lalu ke Asakusa, dan naik kereta ke Shinjuku/ Shibuya. Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Namanya Tobu Skytree Shuttle Bus yang menghubungkan Taman Ueno–Asakusa–Tokyo Sky Tree.
      Bus ini berangkat tiap 20 menit sekali, kemudian bisa naik turun di tiap halte dan naik bus yang datang selanjutnya.
      Ongkosnya jauh dekat, dewasa 220 yen dan anak-anak 110 yen. Kalau memang ingin turun di lebih dari 1 tempat, seperti yang ibu bilang, bisa membeli one day pass seharga 420 yen (dewasa) dan 210 yen (anak-anak). One day bus pass ini bisa dibeli di dalam bus.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Hira
2016-05-28 04:25:10
Tokyo skytree jangan dilewatkan! Paling bagus dating jam 5 sore, bias lihat kota Tokyo malam hari. Ada took oleh-oleh juga di sini
Gradi
2016-05-27 12:20:46
Tokyo skytree bagus. Harus dikunjungi
James Ian
2016-03-28 11:17:14
Kunjungi Tokyo sky tree malam hari. Kerasa indah dan glamornya pemandangan Tokyo

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!