Stasiun Nagoya

Home / Stations / Stasiun Nagoya
Item image

Stasiun Kereta Nagoya adalah stasiun kereta terluas di Jepang sekaligus di dunia, dengan dua buah menara setinggi hampir 250 meter sebagai ikon stasiun yang dapat terlihat dari jarak yang jauh. Stasiun ini juga adalah stasiun kereta utama di Nagoya dan Prefektur Chubu, dan terletak hampir di tengah jalur kereta Shinkansen antara Tokyo dan Yokohama di timur Jepang dengan Kyoto dan Osaka di barat Jepang. Jadi, saat teman-teman bepergian dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka dan melihat dua buah menara Stasiun Nagoya, berarti teman-teman sudah mencapai setengah perjalanan sampai ke tujuan. Selain berfungsi sebagai stasiun kereta, Stasiun Kereta Nagoya juga adalah pusat perkantoran dan bisnis di Nagoya. Mari simak perjalanan Tim Info Jepang mengelilingi stasiun kereta Nagoya.

Informasi penting Stasiun Kereta Nagoya

Di Jalur kereta di stasiun ini terbagi menjadi tiga bagian besar, yakni jalur kereta JR, jalur kereta Aonami Line, dan jalur kereta subway Nagoya. Kereta dalam kota Nagoya dilayani oleh kereta Aonami Line dan subway Nagoya.

Kereta Shinkansen (Nozomi, Hikari, dan Kodama) yang menuju Tokyo atau Yokohama di jalur kereta JR, di peron 14 atau 15, sementara Shinkansen yang menuju ke Kyoto atau Osaka berada di peron 16 dan 17. Peron jalur 1-4 digunakan untuk kereta JR Tokaido menuju Toyohashi (selatan Nagoya), lalu peron jalur 5-10 untuk kereta Tokaido dan Chuo Line yang menuju Hida dan Gifu (utara Nagoya), dan kereta Kansai Main Line menuju Yokkaichi di Prefektur Mie (barat laut Nagoya) ada di jalur 11-13.

Buat teman-teman yang ingin naik Shinkansen, pastikan menyediakan waktu spare 10-15 menit. Jalur kereta Shinkansen berada di paling jauh atau ujung dari pintu masuk stasiun, ditambah dengan para penumpang kereta lainnya, teman-teman akan sedikit kesulitan menuju peron Shinkansen.

Kegiatan seru di Stasiun Nagoya

1. Mengunjungi toko dan restoran terlengkap di Nagoya

Di atas bangunan stasiun, dibangun dua buah tower berlantai 51 dan 52, masing-masing berfungsi sebagai pusat perkantoran dan Hotel Nagoya Marriott Associa, lengkap dengan 10 lantai pusat perbelanjaan dan restoran dengan menu makanan lezat khas Nagoya, seperti Ramendori (ramen namun lebih kenyal), Tebasaki (ayam goreng pedas khas Jepang), unagi, dan miso nikomi udon yang terkenal. Selain itu, ada beragam toko oleh-oleh yang menjual pakaian, sepatu, tas dari merek ternama dunia. Tenang, buat kita wisatawan asing Indonesia, tentu ada barang bebas pajak kok.

Selain pusat perbelanjaan di dalam Stasiun Nagoya, ada juga Meitetsu Department Store Nagoya yang terletak di atas bangunan Stasiun Meitetsu Nagoya, di seberang Nagoya. Meitetsu ini adalah surganya belanja pakaian wanita dan anak-anak, kosmetik, dan perhiasan. Nah, di sini mayoritas barang yang dijual adalah produk-produk dalam negeri Jepang dengan harga yang tentu jauh lebih murah. Jika teman-teman ingin mengunjunginya, tinggal berjalan ke arah selatan dari pintu keluar Stasiun Nagoya. Bangunan Meitetsu Department Store ini menjulang 11 lantai dan berada di hook (sudut jalan).

2. Menikmati keindahan tower garden

Di area pintu masuk stasiun, kita bisa  menikmati keindahan Nagoya Tower Garden. Ada ratusan pohon dengan bunga-bungga yang indah, lengkap dengan jalan setapak dan bangku-bangku taman. Tempat ini menjadi tempat favorit orang-orang untuk menunggu teman/ saudara yang akan datang ke Nagoya. Jika teman-teman sedang mengunjungi Nagoya, bisa mampir ke taman ini. Kita bisa duduk santai sambil menikmati hembusan angin dan pemandangan kota Nagoya di malam hari dan tentunya menara Stasiun Nagoya seperti di bawah ini.

3. Menyaksikan keindahan iluminasi musim dingin

Banyak yang bilang, musim dingin adalah musim yang paling membosankan karena kita terbatas melakukan aktivitas dan hampir semua objek wisata ditutup untuk sementara. Namun, jangan salah, musim dingin juga memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati iluminasi yakni permainan cahaya permainan lampu. Sepanjang musim dingin (mulai bulan Desember sampai Januari), suasana di stasiun Nagoya akan dipenuhi dengan berbagai ornamen hiasan Natal dan dan lampu-lampu yang indah.

iluminasi di stasiun nagoya

4. Melihat Pemandangan Kota Nagoya dari Sky Street

Sky Street adalah salah satu tempat di mana kita bisa melihat pemandangan malam kota Nagoya secara gratis. Sky Street ini sebenarnya jembatan transparan yang menghubungkan Lobi Hotel di gedung JR Central Towers (masih satu tempat dengan Stasiun Nagoya) lantai 15 ke Lobi Kantor yang berada di sebelahnya. Dari lantai 15 di ketinggian 70 meter, kita bisa melihat Kastel Nagoya dan pemandangan malam kota metropolitan Nagoya. Karena merupakan jalan penghubung utama, pencahayaannya lumayan terang, sehingga kontras pemandangan luar jendela agak terganggu, namun banyak orang yang mengunjungi tempat ini karena biayanya yang gratis. Sky Street di gedung JR Central Towers Stasiun Nagoya buka setiap hari mulai dari jam 07.00-24.00.

Akses menuju Stasiun Nagoya

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 100 menit, dengan ongkos 10.070 Yen. Jika naik kereta Nozomi lama perjalanan sekitar 85 menit namun kita tidak dapat menggunakan JR Pass. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

2. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 37 menit, dengan ongkos 5.070 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

3. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai Stasin Shin-Osaka, selama 4 menit dengan ongkos 160 yen. Setibanya di Stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 53 menit, dengan ongkos 5.830 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

4. Dari Bandara Chubu

Dari Bandara Chubu, kita bisa naik kereta Meitetsu sampai ke kota Nagoya. Tersedia kereta ekspress atau kereta lokal Meitetsu dengan tiket seharga 870 yen sampai ke Stasiun Meitetsu Nagoya, tapi dengan waktu perjalanan yang lebih lama. Catatan: JR PASS tidak bisa digunakan di jalur kereta Meitetsu.

5. Dari Takayama dan Shirakawago

Dari Stasiun Takayama, kita bisa naik kereta JR Takayama Main Line sampai Stasiun Nagoya (sekitar 4 jam, dengan ongkos 3.350 yen) atau dengan kereta limited ekspress Hida selama 2,5 jam. Total ongkosnya 9.180 yen. Semuanya gratis jika memiliki JR Pass atau Takayama Hokuriku Pass. Dari Shirakawago, kita bisa ke Takayama dahulu dengan naik bus Nohi/ Hokutetsu.

Cheap Hotels near Nagoya Central Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
0 km away
Best Western Hotel Nagoya
3 km away
from ¥6960/night
Hotel Sunroute Plaza Nago
0 km away
from ¥7000/night
Nagoya Marriott Associa H
0 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sakae Nagoya
2 km away
Nagoya TV Tower dari Oasis 21 di Sakae
Momiji di Korankei
39 km away
Iluminasi Momiji di Korankei
Taman Tokugawa
5 km away
Taman Tokugawa di tengah kota Nagoya
Nagashima Spa Land
21 km away
pintu masuk nagashima spa land

Sumber gambar: Flickr Shubert CienciaCatherine


Recommended for you


Opening Hours 04.00 - 00.30 untuk Stasiun Nagoya
Last modified: November 19, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (24)

  1. Halo, bisa saya tau cara ke mout fuji, danau kawaguchi dan gotemba jika berangkat dari nagoya? kami menggunakan JR Pass dan apakah membutuhkan kartu lain untuk transpotasti yang tdk tercover jr pass selama kesana? dan kami juga akan pulang pergi (PP Nagoya Fuji) dalam satu hari. mohon detailnya terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Shinkansen dari nagoya sampai ke Stasiun Mishima. Lalu naik bus rute Mishima-Kawaguchiko. Setelah berkeliling Fuji-Kawaguchiko, lalu naik bus Fujikyu ke Gotemba, dan dari Gotemba, bisa naik bus ke Mishima, lalu kembali naik kereta shinkansen ke Nagoya. Seluruh perjalanan bus tidak tercover dengan JR Pass bu.

  2. Dear Pak Nugroho

    Saya berencana ke Nagoya dari Osaka, pertanyaan saya.
    – Dari Osaka naik apa ke Nagoya dan apakah dicover oleh GR pass?
    – Untuk trainnya paling pagi jam berapa?

    Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya, ibu bisa naik Tokaido Shinkansen Hikari yang tercover dengan JR Pass, untuk keretanya paling pagi berangkat jam 06:08, dan 06:26. Salam.

  3. Pak Nugroho, sy akan tiba di Osaka tgl 31 Des’18 pagi , dr KIX saya berencana untuk langsung ke Rinku setelah dr Rinku, check in hotel, lalu keliling seputaran Namba (belum pasti).
    tgl 1 Jan’19 Kyoto (Arashiyama, Fushimi Inari, Kinkakuji)
    tgl 2 Jan’19 Nara
    tgl 3 Jan’19 Kobe
    (apakah Kobe dan Nara bisa di explore dlm 1 hari Pak?)
    tgl 4 Jan’19 Kanazawa- Shirakawago-Toyama-Takayama (menginap 2 malam)
    tgl 5 Jan’19 explore seputaran Takayama
    tgl 6 Jan’19 Nagoya (menginap semalam)
    tgl 7 Jan’19 kembali ke Osaka (menginap di Osaka)
    tgl 8 Jan’19 Hiroshima, Himeji (kalo keburu waktunya)
    tgl 9 Jan’19 KIX- Soetta

    yg mau saya tanyakan apakah itin di atas efektif ? atau malah berputar2? dan kira2 pass apa yg sesuai?

    terima kasih Pak Nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Secara rute sudah oke bu, tidak mutar-mutar. Untuk Nara dan Kobe bisa kok dalam 1 hari, ibu tinggal naik kereta sekitar 40 menit-1 jam dari Nara untuk ke Kobe. Untuk Pass kereta nya sendiri, bisa mencoba JR Pass.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Bapak bisa naik JR Kansai Airport Line atau Haruka sampai ke Shin Osaka Station, kemudian naik shinkansen sampai ke Nagoya Station. Salam

  4. Pak nugroho okt jadwal saya sek. Tokyo 10 hari di ahri ke 5 mau ke suzuka nonton f1. Rencana nginap di nagoya 3 hari krn dekat dgn suzuka. Sebaiknya tranaportasinya menggunakan.apa ya. Tokyo nagoya tokyo.
    Makasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta shinkansen saja, dari Stasiun Tokyo/ Stasiun Shinagawa sampai Sasiun Nagoya. Salam.

  5. Pak saya pke kintetsu pass… Klo dari nagoya menuju namba berrti pke kereta apa ya pak…. Dan perlu pindah kereta lg ato hisa langs ke namba… Mks

  6. Pak,tolong dbantu pake JR pass apabila itineary saya sbg dari tokyo-nagoya-kobe-nara-kmudian balik lagi ke tokyo.
    Tolong dbantu infonya,terimakasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon maaf kalau Tim Info Jepang tidak melayani pembuatan itinerary via website karena akan sangat panjang dan membuat para pembaca yang lain bingung. Silahkan menghubungi layanan Tour Guide Online untuk pembuatan itinerary dan guide selama di Jepang.
      Silakan dibaca info wisata Nagoya, info wisata Kobe, Info Wisata Nara.
      Salam

  7. Hai Mas Nugroho, saya punya itinerary begini:
    Day 1: INA – HANEDA (Tokyo city tour)
    Day 2: Tokyo Disneyland
    Day 3: Hakone (Mount Fuji) / Nagoya (tentative)
    Day 4: Kyoto Full day
    Day 5: Osaka Full day
    Day 6: Osaka – INA
    1. Waktu saya berkeliling di Tokyo apakah saya perlu menggunakan JR Pass? atau bisa menggunakan SUICA/Pasmo saja
    2. Dari Tokyo ke Kyoto sebaiknya saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass / Suica? mohon bantuannya
    3. Dari Kyoto ke Osaka sebaiknya saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass/ Suica? mohon bantuannya
    4. Jika saya mau ke Nagoya dari Tokyo saya menggunakan apa? kreta atau bus? menggunakan JR Pass/ Suica? mohon bantuannya
    5. Untuk berkeliling di dalam osaka / kyoto saya menggunakan apa ya enaknya? JR pass/suica? Trims :)

    • Nugroho Christian  |  

      Hai Nita, selamat malam.
      1. Rute perjalanan kamu tidak ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka, sebaiknya tidak membeli JR Pass.
      2. Kalau hanya mengunjungi 2-3 tempat, cukup menggunakan SUICA/PASMO, atau beli tiket ketengan.
      3. Kyoto ke Osaka bisa naik kereta. Bisa gunakan SUICA/PASMO/ICOCA, atau beli tiket ketengan. Harganya hanya 560 yen.
      4. Naik Shinkansen saja, cepat dan praktis.
      5. Silahkan baca free pass osaka dan free pass kyoto. Kalau masih bingung, silahkan tanya lagi kepada kami. Salam:)

    • Thank’s infonya mas Nugroho.. :)

      Untuk di kyoto dan osaka saya masih aga bingung dengan pass yang akan saya beli.
      sebenarnya itinerary saya di kyoto dan osaka sbb:
      1. Kyoto: kiyomizudera, fushimi inari, arashiyama
      2. Osaka: osaka castle, universal studio, nara park

      pertanyaannya:
      1. apakah waktu di kyoto lebih baik saya menggunakan kansai pass through?
      2. apakah di osaka lebih baik saya menggunakan Osaka amazing pass?
      3. saya baca untuk yang free pass osaka dan kyoto ini hanya bisa dibeli di airport, sedangkan saya kesini dari tokyo. Apakah bisa di beli di stasiun saja?

      Terima kasih. :)

    • Nugroho Christian  |  

      Dilihat dari rencana perjalanan Nita, tidak perlu membeli pass apapun, karena tidak akan balik modal. Cukup beli tiket bus atau kereta secara ketengan. Salam.

    • kalau boleh ikutan kasih saran untuk keliling Kyoto…
      seharian pake Bus Pass aja, cuma 500 yen (bisa dibeli di stasiun/penginapan sekitar Kyoto)
      mungkin pagi bisa diawali di Arashiyama dulu untuk dapat foto yg bagus, agak siang sangat ramai biasanya (bisa jg mampir ke Kinkakuji (kuil emas) kalau ga terlalu lama di Arashiyama), kemudian lanjut ke Fushimi Inari dan terus ke Kiyomizudera saat sore (view nya bagus saat sunset).
      klo mau lanjut bisa jalan kaki dr Kiyomizudera ke Gion menyusuri daerah Higashiyama yg banyak rumah2/kafe dg bangunan tradisional, banyak kuil2 juga di daerah ini (banyak juga geisha “kw” :D, wisatawan yg memakai kimono sewaan saat keliling higashiyama & gion)

    • Nugroho Christian  |  

      Terima kasih untuk komentarnya pak Ajun, Pasmo bisa digunakan di Kansai dan Chubu. Memang ada perubahan per 1 Oktober kemarin. Bapak harus memperhitungkan matang-matang juga, karena kereta semi ekspress atau lokal Kintetsu akan memakan waktu yang cukup lama, ketimbang naik kereta shinkansen atau limited ekspress. Salam.

  8. kesimpulannya begini nih :
    tinggal di Nagoya,
    arrival nya di Chubu,
    itinerary ada ke Shibuya, disneyland, dan universal
    jadi kalau pakai JR Pass kira-kira sudah bagus belum ya? atau ada yang lebih hemat dan efisien lagi?

    minta info untuk jam operasional Shinkansen nya juga dong
    terima kasih

  9. Nugroho Christian  |  

    Sekali naik shinkansen Nagoya Tokyo biayanya 11.290 yen. Ya silakan dihitung biayanya Pak. Kalau dibilang bagus atau tidak, maka plannya tidak bagus.
    Sebab PP Nagoya Tokyo hanya menghabiskan waktu, biaya, dan tenaga.
    Shinkansen berangkat dari jam 06.00 pagi sampai terakhir jam 21.23 dari Nagoya atau 22.00 dari Tokyo Station.
    Kalau mau jam operasionalnya silakan dicari di internet atau lihat yang bahasa Jepang. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!