Stasiun Nagoya

Home / Stations / Stasiun Nagoya
Item image

Stasiun Kereta Nagoya adalah stasiun kereta terluas di Jepang sekaligus di dunia, dengan dua buah menara setinggi hampir 250 meter sebagai ikon stasiun yang dapat terlihat dari jarak yang jauh. Stasiun ini juga adalah stasiun kereta utama di Nagoya dan Prefektur Chubu, dan terletak hampir di tengah jalur kereta Shinkansen antara Tokyo dan Yokohama di timur Jepang dengan Kyoto dan Osaka di barat Jepang. Jadi, saat teman-teman bepergian dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka dan melihat dua buah menara Stasiun Nagoya, berarti teman-teman sudah mencapai setengah perjalanan sampai ke tujuan. Selain berfungsi sebagai stasiun kereta, Stasiun Kereta Nagoya juga adalah pusat perkantoran dan bisnis di Nagoya. Mari simak perjalanan Tim Info Jepang mengelilingi stasiun kereta Nagoya.

Informasi penting Stasiun Kereta Nagoya

Di Jalur kereta di stasiun ini terbagi menjadi tiga bagian besar, yakni jalur kereta JR, jalur kereta Aonami Line, dan jalur kereta subway Nagoya. Kereta dalam kota Nagoya dilayani oleh kereta Aonami Line dan subway Nagoya.

Kereta Shinkansen (Nozomi, Hikari, dan Kodama) yang menuju Tokyo atau Yokohama di jalur kereta JR, di peron 14 atau 15, sementara Shinkansen yang menuju ke Kyoto atau Osaka berada di peron 16 dan 17. Peron jalur 1-4 digunakan untuk kereta JR Tokaido menuju Toyohashi (selatan Nagoya), lalu peron jalur 5-10 untuk kereta Tokaido dan Chuo Line yang menuju Hida dan Gifu (utara Nagoya), dan kereta Kansai Main Line menuju Yokkaichi di Prefektur Mie (barat laut Nagoya) ada di jalur 11-13.

Buat teman-teman yang ingin naik Shinkansen, pastikan menyediakan waktu spare 10-15 menit. Jalur kereta Shinkansen berada di paling jauh atau ujung dari pintu masuk stasiun, ditambah dengan para penumpang kereta lainnya, teman-teman akan sedikit kesulitan menuju peron Shinkansen.

Kegiatan seru di Stasiun Nagoya

1. Mengunjungi toko dan restoran terlengkap di Nagoya

Di atas bangunan stasiun, dibangun dua buah tower berlantai 51 dan 52, masing-masing berfungsi sebagai pusat perkantoran dan Hotel Nagoya Marriott Associa, lengkap dengan 10 lantai pusat perbelanjaan dan restoran dengan menu makanan lezat khas Nagoya, seperti Ramendori (ramen namun lebih kenyal), Tebasaki (ayam goreng pedas khas Jepang), unagi, dan miso nikomi udon yang terkenal. Selain itu, ada beragam toko oleh-oleh yang menjual pakaian, sepatu, tas dari merek ternama dunia. Tenang, buat kita wisatawan asing Indonesia, tentu ada barang bebas pajak kok.

Selain pusat perbelanjaan di dalam Stasiun Nagoya, ada juga Meitetsu Department Store Nagoya yang terletak di atas bangunan Stasiun Meitetsu Nagoya, di seberang Nagoya. Meitetsu ini adalah surganya belanja pakaian wanita dan anak-anak, kosmetik, dan perhiasan. Nah, di sini mayoritas barang yang dijual adalah produk-produk dalam negeri Jepang dengan harga yang tentu jauh lebih murah. Jika teman-teman ingin mengunjunginya, tinggal berjalan ke arah selatan dari pintu keluar Stasiun Nagoya. Bangunan Meitetsu Department Store ini menjulang 11 lantai dan berada di hook (sudut jalan).

2. Menikmati keindahan tower garden

Di area pintu masuk stasiun, kita bisa  menikmati keindahan Nagoya Tower Garden. Ada ratusan pohon dengan bunga-bungga yang indah, lengkap dengan jalan setapak dan bangku-bangku taman. Tempat ini menjadi tempat favorit orang-orang untuk menunggu teman/ saudara yang akan datang ke Nagoya. Jika teman-teman sedang mengunjungi Nagoya, bisa mampir ke taman ini. Kita bisa duduk santai sambil menikmati hembusan angin dan pemandangan kota Nagoya di malam hari dan tentunya menara Stasiun Nagoya seperti di bawah ini.

3. Menyaksikan keindahan iluminasi musim dingin

Banyak yang bilang, musim dingin adalah musim yang paling membosankan karena kita terbatas melakukan aktivitas dan hampir semua objek wisata ditutup untuk sementara. Namun, jangan salah, musim dingin juga memberikan kesempatan kepada kita untuk menikmati iluminasi yakni permainan cahaya permainan lampu. Sepanjang musim dingin (mulai bulan Desember sampai Januari), suasana di stasiun Nagoya akan dipenuhi dengan berbagai ornamen hiasan Natal dan dan lampu-lampu yang indah.

iluminasi di stasiun nagoya

4. Melihat Pemandangan Kota Nagoya dari Sky Street

Sky Street adalah salah satu tempat di mana kita bisa melihat pemandangan malam kota Nagoya secara gratis. Sky Street ini sebenarnya jembatan transparan yang menghubungkan Lobi Hotel di gedung JR Central Towers (masih satu tempat dengan Stasiun Nagoya) lantai 15 ke Lobi Kantor yang berada di sebelahnya. Dari lantai 15 di ketinggian 70 meter, kita bisa melihat Kastel Nagoya dan pemandangan malam kota metropolitan Nagoya. Karena merupakan jalan penghubung utama, pencahayaannya lumayan terang, sehingga kontras pemandangan luar jendela agak terganggu, namun banyak orang yang mengunjungi tempat ini karena biayanya yang gratis. Sky Street di gedung JR Central Towers Stasiun Nagoya buka setiap hari mulai dari jam 07.00-24.00.

Akses menuju Stasiun Nagoya

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 100 menit, dengan ongkos 10.070 Yen. Jika naik kereta Nozomi lama perjalanan sekitar 85 menit namun kita tidak dapat menggunakan JR Pass. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

2. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 37 menit, dengan ongkos 5.070 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

3. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Kyoto Line sampai Stasin Shin-Osaka, selama 4 menit dengan ongkos 160 yen. Setibanya di Stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik kereta JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan 53 menit, dengan ongkos 5.830 Yen. Untuk kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass, sehingga kita tidak perlu membeli tiket lagi.

4. Dari Bandara Chubu

Dari Bandara Chubu, kita bisa naik kereta Meitetsu sampai ke kota Nagoya. Tersedia kereta ekspress atau kereta lokal Meitetsu dengan tiket seharga 870 yen sampai ke Stasiun Meitetsu Nagoya, tapi dengan waktu perjalanan yang lebih lama. Catatan: JR PASS tidak bisa digunakan di jalur kereta Meitetsu.

5. Dari Takayama dan Shirakawago

Dari Stasiun Takayama, kita bisa naik kereta JR Takayama Main Line sampai Stasiun Nagoya (sekitar 4 jam, dengan ongkos 3.350 yen) atau dengan kereta limited ekspress Hida selama 2,5 jam. Total ongkosnya 9.180 yen. Semuanya gratis jika memiliki JR Pass atau Takayama Hokuriku Pass. Dari Shirakawago, kita bisa ke Takayama dahulu dengan naik bus Nohi/ Hokutetsu.

Cheap Hotels near Nagoya Central Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
0 km away
Hotel Trusty Nagoya Sakae
2 km away
from ¥8255/night
Best Western Hotel Nagoya
3 km away
from ¥6960/night
Nishitetsu Inn Nagoya Nis
2 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Kereta Nagoya
14 km away
Koleksi kereta-kereta Museum Kereta Nagoya
Osu Kannon
2 km away
world custome play osu kannon
Nagashima Spa Land
21 km away
pintu masuk nagashima spa land
Nagoya Castle
2 km away
Kastil Nagoya

Sumber gambar: Flickr Shubert CienciaCatherine


Recommended for you


Opening Hours 04.00 - 00.30 untuk Stasiun Nagoya
Last modified: November 19, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!