Museum Sains Nagoya

Home / Museum / Museum Sains Nagoya
Item image

Liburan ke Nagoya tapi melewatkan Museum Sains Nagoya? Sayang banget! Di samping tiket masuknya yang sangat murah, aksesnya yang cuma satu stasiun dari Nagoya Station, museum sains Nagoya terkenal sebagai museum dengan planetarium terbesar di dunia dan observatorium kelas wahid. Bangunannya juga sangat unik, berbentuk bola besar di bagian depannya. Kita bisa melihat sendiri bintang-bintang di langit dan hiburan astronomik di wahana hiburan planetarium. Tidak hanya itu, kita juga bisa mencoba masuk ke ruangan bertemperatur -30 derajat, menambah pengetahuan biologis tentang tubuh manusia, dan melihat koleksi-koleksi unik di dalam museum. Liburan ke museum sains Nagoya tidak hanya seru dan menyenangkan, namun juga menambah wawasan. Apa aja sih kegiatan seru di Museum Sains Nagoya?

5 Kegiatan Seru di Museum Sains Nagoya

1. Menyaksikan Planetarium Brother Earth

Planetarium Brother Earth dengan kubah berdiameter 35 meter di museum sains Nagoya adalah nomor satu di dunia dan menjadi ikon museum yang berada di tengah-tengah Taman Shirakawa, tenggara Stasiun Nagoya. Dengan detail video dan sound system terdepan, kita dapat menyaksikan pemandangan langit dan angkasa dengan detail gambar sejajar dengan bintang dan planet-planet sebenarnya.

Informasi penting mengenai Planetarium Brother Earth

Penayangan video diadakan dari jam 09.50 sampai 16.00 sebanyak 6 kali setiap harinya dengan durasi 50 menit. Jika ingin menonton bisa memesan via internet dengan biaya 800 yen untuk orang dewasa, 500 yen untuk mahasiswa atau siswa SMA, dan gratis untuk pelajar SMP ke bawah.

Percobaan ilmiah terbentuknya angin topan di Museum Sains Nagoya

Belajar mengenai terbentuknya angin topan

2. Menyaksikan percobaan sains di Science Stage

Di museum sains Nagoya, kita tidak cuma belajar teori dari fenomena alam saja, namun bisa merasakan dan melihatnya sendiri. Kita bisa merasakan dinginnya antariksa, proses terjadinya angin topan (seperti gambar di atas), proses siklus air, proses perubahan kimia dan proses terjadinya petir bertegangan 1,5 mega volt, dan 240 wahana sains lainnya di dalam museum sains Nagoya. Seperti motto museum ini, “Ayo lihat, ayo rasakan, ayo coba!” baik orang dewasa dan anak-anak pasti berteriak wahh dan terkejut dengan percobaan-percobaan sains di sini. Ada juga event-event tertentu yang diadakan di Science Stage ini misalnya seperti Pameran Coklat atau Pertunjukan fosil dinosaurus asal Mongol yang diadakan tahun 2014 lalu, atau stage khusus Pokemon Laboratory dari Desember 2015 hingga Maret 2016. Bagi teman-teman yang membutuhkan informasi mengenai event apa saja yang sedang dilangsungkan di museum sains Nagoya, bisa bertanya kepada Tim Info Jepang dan kami akan segera membantu!

Informasi penting mengenai Science Stage

Biaya gratis, sudah termasuk biaya masuk museum sains Nagoya. Di beberapa sudut pada jam tertentu: 11.00, 12.00, 14.00 ditambah jam 13.00, 15.00, 16.00 di hari libur para petugas akan memberikan penjelasan dalam bahasa Jepang.

Menyaksikan onderdil mobil di Museum Sains Nagoya

Belajar tentang onderdil mobil di Museum Sains Nagoya

3. Belajar Asal Usul Kehidupan di Life Museum

Di lantai 5 museum sains Nagoya, ada life museum, di mana kita bisa belajar tentang DNA, sel, jaringan, organ, hingga tubuh manusia dan hewan-hewan lainnya. Tidak hanya itu, kita juga bisa melihat penjelasan mengenai beberapa Biotechnology misalnya pembaruan varietas biji-bijian dan tumbuhan, teknologi regenerative untuk menyembuhkan jaringan atau organ yang luka atau cacat, dan beberapa mikroorganisme yang digunakan untuk menyuburkan tanah atau mencegah pencemaran minyak. Sangat cocok bagi teman-teman yang berlibur bersama dengan keluarga untuk mengasah dan menambah wawasan bagi anak-anak.

4. Teleskop Raksasa di Observatorium

Di dini kita bisa mencoba menggunakan teleskop untuk melihat bintang-bintang dan benda kosmik lainnya. Eits jangan pikir cuma main-mainan, ada teleskop raksasa berdiameter 80 centimeter dan beberapa teleskop lainnya yang berukuran lebih kecil. Untuk dapat menggunakan teleskop raksasa diperlukan pemesanan dan lisensi khusus, namun kita bebas menggunakan teleskop ukuran kecil untuk melihat benda-benda angkasa yang jaraknya relatif dekat dengan bumi.

5. Cek juga koleksi benda sains di halaman luar

Sudah berkeliling seluruh bagian dalam museum sains Nagoya? Tunggu dulu, masih ada koleksi benda-benda sains juga di halaman luar. Kita bisa melihat mesin uap, kincir air, pembangkit listrik tenaga angin, mesin penjelajah tak berawak, juga beberapa bagian sentral dari roket 100% buatan Jepang. Di sini kita bisa menyaksikan struktur dan cara kerja mesin-mesin yang jarang kita bisa saksikan.

Halaman luar Museum Sains Nagoya

Beragam koleksi di halaman luar Museum Sains Nagoya

Akses dan Informasi Museum Sains Nagoya

Museum sains Nagoya buka mulai dari pukul 09.30 sampai 17.00 dan tutup di hari Senin tiap minggu dan hari Jumat minggu ketiga setiap bulannya. Akses terdekat adalah stasiun Fushimi di jalur Subway Higashiyama (5 menit dari museum). Tiket masuknya 800 yen untuk orang dewasa, 500 yen untuk mahasiswa dan pelajar SMA, dan gratis untuk pelajar SMP ke bawah. Kita bisa menyaksikan percobaan sains dan alat-alat peragaan, belajar tentang luar angkasa dan tubuh manusia, dan mesin-mesin buatan manusia. Ada juga restoran dan toko suvenir yang menjual oleh-oleh khusus museum sains Nagoya.

Akses dari Nagoya Station

Naik kereta subway Higashiyama Line arah Fujigaoka Station dan turun satu stasiun setelah Nagoya yakni Fushimi Station. Durasi perjalanan 3 menit dengan ongkos 200 yen. Dari Stasiun Fushimi, kita tinggal berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit sampai ke museum.

Baca juga: Info Lengkap Wisata dan Akses ke Nagoya

Cheap Hotels near Toyota Museum [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nagoya Marriott Associa H
2 km away
APA Hotel Nagoya-Sakae
1 km away
from ¥6779/night
Hotel Trusty Nagoya Sakae
1 km away
from ¥8255/night
Nagoya Travellers Hostel
1 km away
from ¥4000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Nagoya
2 km away
Manara Stasiun Nagoya
Taman Shirotori
4 km away
Pendopo di Taman Shirotori Nagoya
Kuil Atsuta
4 km away
Kuil Atsuta di Nagoya
Pasar Yanagibashi Nagoya
1 km away
Salah satu sudut di Pasar Yanagibashi

Sumber gambar:Flickr Collin Grady, amanderson2, Yuya TamaiRobert Montgomery


Recommended for you


Last modified: February 24, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. 12-Apr-2019 (TOKYO ~ KAWAGUCHIKO)
    1. Check out hotel & Go to Hakone
    2. Odawara station (sewa loker & Breakfast di KFC)
    3. Hakone Shrine & Naik Hakone Ropeway
    4. Go langsung ke Kawaguchiko
    5. Check in hotel di Resort Inn Fujihashi (1malam)

    13-Apr-19
    1. Explore Danau Kawaguchiko
    2. Naik Ropeway di Kawaguchiko
    3. Chureito Pagoda & Lanjut kembali ke Hakone
    4. Mishima Sky Way PP kembali ke stasiun Odawara (ambil bagasi di loker)
    5. Lanjut Go ke Nagoya & check in hotel di Nagoya Travellers Hostel
    6. Nagoya Castle /Istana Kekaisaran Nagoya
    7. Nagoya city science museum
    8. Naik KA ke Nabana no sato (PP kembali ke Nagoya)
    9. OASIS 21
    10. Kembali kehotel & istirahat
    11. Hotel Nagoya Travellers

    #14-Apr-2019 (Hakone ~ Kyoto)
    1. Check out hotel & Lanjut ke Kyoto
    2. Arashiyama
    3. Sewaritei park (hutan bambu)
    4. Kyoto Castle /Istana Kekaisaran Kyoto
    5. Shopping di DAISO AEON Mall Kyoto
    6. Kyoto Tower
    7. Aqua Fantasy (malam)
    8. Diner
    9. Lanjut naik KA ke OSAKA
    10. Check in di HoteL di Kyoto
    11. Hotel WeBase Kyoto (1malam)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Koreksi untuk magian ini
      1. Ibu silakan hitung betul-betul mengenai rute perjalanan selama di Hakone dan Kawaguchiko.
      2. Perjalanan ke Nabana No Sato juga jauh lebih praktis bila menggunakan bus langsung dari Nagoya Station.
      3. Perjalanan dengan kereta shinkansen dari Odawara ke Nagoya, kemudian Nagoya ke Kyoto, dan Kyoto ke Osaka tercover dengan JR PASS.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!