Free Pass Kyoto

You are here Home  > Center Town, Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Free Pass Kyoto

Ada begitu banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kyoto, mulai dari taman dan kuil-kuil bersejarahnya yang ada di lebih dari 1000 tempat. Tapi dibandingkan dengan kota Tokyo yang aksesnya mudah dengan kereta atau subway, lebih dari setengah tempat wisata di Kyoto hanya bisa dikunjungi oleh transportasi umum seperti bus. Jika dipaksakan naik kereta maka jarak perjalanan sampai ke tempat wisata akan sangat jauh sehingga sangat menguras tenaga. Informasi mengenai transportasi umum di kota Kyoto ini yang paling banyak ditanyakan via Tour Guide Online Info Jepang. Kali ini kami sudah merangkum 5 free pass Kyoto yang sangat bermanfaat dalam liburan di Kyoto. Selain mendapatkan keuntungan berupa potongan harga, perjalanan juga akan jadi praktis tidak perlu membayar sana-sini dengan free pass Kyoto dalam genggaman.

1. Kyoto Sightseeing Card (One Day: 1200 Yen, Two Days : 2000 Yen)

Kita bisa naik bus kota Kyoto dan 2 kereta subway (Karasuma Line dan Tozai Line) dengan cuma-cuma menggunakan Free Pass Kyoto ini. Bisa dibeli di mesin penjual tiket di seluruh stasiun subway kota Kyoto, pusat informasi bus kota Kyoto, atau di beberapa hotel terkenal di Kyoto. Tiket Kyoto Sightseeing Card ini telah mencakup juga Kyoto One Day Bus Card nomor 2.

Saran dari Tim Info Jepang: Tidak perlu membeli free pass Kyoto ini karena harganya yang mahal dan susah untuk balik modal tanpa perhitungan yang ketat. Free Pass Kyoto ini juga lebih terasa manfaatnya bila pergi naik bus ke arah utara atau barat laut kota Kyoto, daerah-daerah yang jarang dikunjungi wisatawan.

2. Kyoto One Day Bus Card (500 Yen untuk dewasa, 250 Yen anak-anak)

Free Pass Kyoto ini hanya berlaku untuk bus wisata dalam kota Kyoto. Harganya adalah yang termurah dibandingkan free pass Kyoto yang lainnya. Tim Info Jepang sangat menyarankan untuk membeli free pass bus ini supaya dapat menghemat biaya perjalanan ketika mengelilingi tempat-tempat wisata di Kyoto.

Hitung-hitungan Tim Info Jepang: Free pass bus kota Kyoto harganya 500 yen untuk dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Bila dibandingkan dengan satu tiket bus kota seharga 230 yen untuk jarak jauh dekat, tentu sangat menguntungkan jika kita mengunjungi dua atau tiga objek wisata di Kyoto. Misalnya dalam satu hari akan mengunjungi 3-4 tempat dan kembali ke hotel, misalkan dari hotel ke tujuan A ongkosnya 230 Yen, dari tujuan A ke tujuan B ongkosnya 230 Yen, dari tujuan B ke tujuan C ongkosnya 230 Yen, dari tujuan C ke tujuan D ongkosnya 230 Yen dan dari tujuan D kembali ke hostel ongkosnya 230 Yen. Total pengeluaran seharian adalah 1150 Yen, bandingkan dengan tiket terusan bus yang hanya 500 Yen per hari.

Tapi perlu diingat bahwa tiket ini hanya berlaku di wilayah bus kota Kyoto saja, dan tidak untuk wilayah lainnya. Jadi jangan lupa mengeceknya terlebih dahulu. Tiket terusan bus kota Kyoto bisa didapatkan di pusat informasi bus kota dan kereta subway atau di Kyoto Station. Kita juga bisa membelinya langsung di dalam bus. Namun menurut pengalaman, kebanyakan tiket sudah habis terjual dalam bis, jadi lebih baik langsung membeli tiket terusan bus kota Kyoto langsung setelah tiba di Kyoto Station. Informasi mengenai lokasi pembelian Tiket Bus di Kyoto bisa dibaca di halaman berikut. Beberapa contoh trayek bus wisata kota Kyoto beserta objek wisata terdekat sudah dirangkum dalam: info lengkap jalur bus Kyoto.

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Shinkansen Terbaru dengan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass adalah salah satu pass (tiket kereta multi jalur) yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Tokyo-Osaka dengan kereta Shinkansen Hokuriku.

jr-pass

JR Pass adalah cara paling murah untuk berkeliling Jepang dengan naik kereta, khususnya jika ingin ke kota-kota selain Tokyo. Dengan JR Pass, wisatawan asing bisa bepergian ke kota manapun secara gratis.

Gambar kartu suica dan pasmo di Tokyo Jepang

Suica atau Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) paling berguna saat kita liburan di Jepang untuk naik bus atau kereta, atau membayar barang.

Tohoku Shinkansen dengan JR East Tohoku Pass

Salah satunya adalah wilayah Tohoku yang meliputi 6 buah prefektur di timur Pulau Honshu. Mau keliling Tohoku dengan murah? Baca dulu panduan lengkap mengenai JR East Tohoku Pass.

Foto Kereta Detective Conan

Kereta Detective Conan ini dijalankan oleh JR West di Prefektur Tottori, menghubungkan dua kota besar di sana yakni Tottori di sebelah timur dan Yonago di sebelah barat. Kereta Detective Conan ini menghubungkan kedua kota tersebut dengan Stasiun Detective Conan (dulu bernama Stasiun Yura).

Pemandangan Gunung Fuji Hakone

Fuji Hakone Pass adalah pass paling tepat buat kamu yang ingin berkeliling tempat wisata di Gunung Fuji dan 5 danau sekitarnya. Berikut tips hemat berkeliling Gunung Fuji Hakone rancangan Tim Info Jepang.


3. Kyoto Subway One Day Card (600 Yen)

Free pass Kyoto ini hanya bisa digunakan untuk dua jalur subway kota Kyoto (jalur Karasuma yang membentang dari utara ke selatan, dan jalur Tozai yang membentang barat ke timur Kyoto). Penggunaan free pass Kyoto ini sangat terbatas, karena hanya sedikit objek wisata yang bisa diakses via subway line. Beberapa diantaranya adalah Kuil Nanzenji, Kuil Eikando, Tetsugaku no Michi, Kuil Chionin dan Kuil Yasaka (agak jauh dari stasiun), Museum Manga Kyoto, Istana Nijo. Meskipun begitu, bus kota wisata Kyoto juga bisa digunakan untuk pergi ke tempat-tempat wisata ini. Free pass Kyoto jenis ini bisa dikombinasikan dengan free pass bus kota untuk waktu-waktu tertentu seperti musim semi atau musim gugur di Kyoto, saat bus kota Kyoto penuh sesak.

Beberapa objek wisata di Kyoto yang lebih dekat dari Stasiun kereta subway adalah Taman Botani Kyoto, Kyoto Imperial Palace, Museum Manga Internasional Kyoto, Pasar Nishiki, Kuil Nanzenji, dan Istana Nijo.

Baca juga: Panduan Wisata Terlengkap di Kyoto

4. Kansai Thru Pass

Kereta yang bisa dinaiki GRATIS: seluruh kereta non-JR yang menghubungkan Kansai Airport, Wakayama, Nara, stasiun Demachiyanagi, Gion, Kawaramachi, Kurama, Arashiyama di prefektur Kyoto, Umeda, Namba di prefektur Osaka, Kobe dan Himeji di prefektur Hyogo. Kansai Thru Pass mencakup juga Kyoto One Day Bus Card seperti tertulis di nomor 2.

Beberapa objek wisata terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari. Juga pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo. Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji. Bisa juga digunakan untuk tempat-tempat wisata di Arashiyama seperti Kuil Tenryuuji, Kuil Jujakukoji, Kuil Hokyoin, Okachi Sanso, Jembatan Togetsubashi, Kuil Kokedera. Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kansai Surutto Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Beli Online
Kansai Thru Pass

Free Pass Kyoto: Kansai Thru Pass

Free Pass Kyoto: Kansai Thru Pass

5. Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass

Free Pass ini dikeluarkan oleh perusahaan kereta Keihan, yang menghubungkan kota Osaka dan Kyoto dari jalur timur. Ada dua jenis yang pertama tiket terusan Osaka-Kyoto (1 atau 2 hari) dan tiket terusan wilayah Kyoto saja (1 hari). Beberapa objek wisata kota Kyoto terkenal yang bisa dikunjungi dengan free pass Kyoto ini antara lain: Taman Sewaritei dengan pemandangan bunga sakura terkenal, Kuil Kiyomizudera, Kuil Tofukuji, Kuil Ginkakuji, Kuil Fushimi Inari (tidak perlu pindah-pindah naik bus, bisa dengan kereta dan stasiunnya sangat dekat dengan kuil tersebut). Lalu ke pusat kota Gion atau ke Kuil Kifune Jinja atau Kuil Shimogamo (dekat dengan stasiun terakhir Keihan: Demachiyanagi). Untuk jalur kereta Uji sangat praktis jika ingin pergi ke Kuil Byodoin, kuil megah di kota Uji.

Contoh penggunaan Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass ke Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, dan Arashiyama

Kereta keihan di Osaka berangkat dari Kyobashi Station (3 stasiun setelah Osaka Station), dan masuk ke Kyoto dari sebelah timur. Alias tidak lewat Kyoto Station. Dengan kata lain, jadi ribet kalau ingin membeli Kyoto Bus Pass yang loketnya di Kyoto Station.

Dengan Kereta Keihan Line, bisa ke Fushimi Inari (jalan kaki dari Fushimi Inari Station di jalur kereta Keihan), ke Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan), dan kemudian ke Gion (jalan kaki 5 menit dari Gion-Shijo Station di jalur kereta Keihan).

Kalau mau ke Arashiyama (baca itinerary perjalanan ke Arashiyama), dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama. Ongkos kereta PP ke Gion (Kawaramachi Station ke Arashiyama) ini tidak tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass. Untuk perjalanan kembali ke Osaka, rutenya: Gion Shijo-Kyobashi-Osaka.

Informasi selengkapnya mengenai Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Recommended Hotels near Kyoto Station [More Hotels]

Green Rich Hotel Kyoto
from ¥7900/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
from ¥7800/night
Sakura Terrace
from ¥7331/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
from ¥11200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Chionin
Suasana Kuil Chionin di musim gugur
Kuil Tofukuji
Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji
Sannenzaka Ninenzaka
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di senja hari
Kuil Yasaka
kuil yasaka kyoto

Sumber gambar: girlstravel, surutto.com


Recommended for you

Last modified: August 11, 2017

Comments (142)

  1. selamat siang pak, saya berencana liburan ke osaka – kyoto pada bulan februari 2018 dengan itinerary dan pass berikut. apakah pilihan passnya sudah tepat?
    Day 1: dari KIX ke kaiyukan (osaka kaiyu ticket)
    Day 2: Fushimi inari taisha – arashiyama – resort ski hirogawara – gion (kyoto – osaka sightseeing pass)
    Day 3 dan 4: jalan2 di osaka (osaka amazing pass)

    apakah untuk perjalanan ke kyoto perlu membeli icoca? terima kasih

  2. Halo pak, saya ingin bertanya sedikit mengenai ticket pass. itinerary saya dlm 1 harian penuh seperti ini:

    1. Osaka – Kyoto (dicover JR Pass)
    2. Sampai di Kyoto, menuju Nishiki Market (google maps menggunakan Karasuma Line 210 yen)
    3. dari Nishiki Market Kyoto menuju Arashiyama Bamboo (google maps menggunakan Karasuma Line 210 yen)
    4. dari Arashiyama Bamboo menuju Fushimi Inari (dicover JR Pass, JR San In dan JR Nara)
    5. dari Fushimi Inari to Gion Geisha Street (google maps menggunakan Keihan Main Line 210 yen)
    6. Kyoto – Osaka (dicover JR Pass)

    yang ingin saya tanyakan pak kalau saya hanya menggunakan Karasuma line dan keihan line apa ada day pass ticket yang cocok untuk saya? karena saya hanya di kyoto 1 hari saja. atau kah lebih baik tidak membeli day pass ticket?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada bu pass kereta yang pas dan ekonomis yang mengcover seluruh rute kereta di atas. Salam

  3. Malam pak…

    Mohon bantuannya, saya ke jepang dgn initerary sbb :
    Day 1 : haneda – shinjuku jr
    Shinjuku jr – ueno park – ginza – harajuku
    (baiknya mana dulu ya, ginza atau harajuku dulu?) – kembali ke shinjuku jr

    Day 2 : shinjuku jr – asakusa – tokyo skytree – imperial palace? – shibuya – shinjuku jr

    Day 3 : shin jr – tsukiji market – imperial? – ikebukuro – shin jr

    Day 4 : to kawaguchiko – gotemba

    Day 5 : to kyoto – fushimi inari – nishiki – kyotoshiyakusayomae station

    Day 5 : kyotoshi station – bambok forest – golden temple – gion

    Day 6 : to osaka ( mau ke osaka castle – umeda – dotonbori

    Baiknya pake pass apa ya?

    Di tokyo apa sebaiknya pake tokyo 3 day pass yg sdh includ train haneda-tokyo 1way?

    Utk kyoto apa rute ini sdh efisien?

    Terimakasih atas bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau melihat rute perjalanannya selama di Tokyo tidak perlu pass apapun bu, masih lebih murah membeli tiket satuan atau menggunakan Pasmo/ Suica.
      Begitu pula dengan di Kyoto dan Osaka. Salam

    • Tokyo pass 3 day + 1way ticket Haneda tokyo udah ga ada kah?

      Dr saya browsing, harganya ¥1.900, klo dihitung2 lebih hemat banyak dibanding beli satuan ya?

  4. Siang Pak, mohon masukannya untuk tiket yang harus dibeli untuk perjalanan di kyoto dan osaka.
    itinerarynya sbb :
    kyoto :
    Kuil Kiyomizudera
    Sannenzaka Ninenzaka
    Kuil Sanjusangendo
    Fushimi Inari Trail
    Gion
    Pasar Nishiki
    Arashiyama Bamboo Grove
    Nijo Castle
    Imperial Palace
    Kuil Ginkaku
    Heian Shrine
    Gion dan Nishiki

    Osaka :
    Osaka Castle
    Umeda Sky Building
    Tempozan Market Place
    Kanzai Airport

  5. Pak Nugroho,
    Saya akan mengunjungi Jepang pada Januari 2018.
    Day 1&2 Osaka dan sekitarnya
    Day 3&4 kyoto
    Day 5&6 kanazawa
    Day 7&8 tokyo
    Day 9 back to indonesia via tokyo

    Saya berencana membeli JR pass 7 hari. Apakah ada saran untuk membeli pass jenis lain yg lebih murah sehingga saya bisa menjangkau semua kota tersebut?

    Terimakasih

  6. Siang Pak.
    Akomodasi saya di sekitar Ebisucho St. Rencananya itinerary saya sbb:
    1. KIX (landing pagi) – Namba – Osaka Castle – Dotonburi – America Mura
    2. Osaka naik shinkansen ke kyoto (keliling kyoto ke fushimi inari, arashiyama, sagano train, kiyomizudera, kodaiji temple, gion, nishi market, kinkakuji)
    3. Seharian di USJ
    4. keliling sekita Osaka (belom ada ide)

    Kira2 pass yang cocok apa ya pak. mohon bantuannya.
    Terima kasih

  7. Dear Pak Nugroho, mohon info untuk pass perjalanan yang cocok untuk saya,
    Day 1 Osaka – OSaka Castle, Osaka Bay area, Nakanoshima, Dotonburi
    Day 2 Osaka – Tennoji Area
    (Day1 dan 2 menggunakan osaka amazing pass)
    Day 3 Nara dan Kobe
    Day 4 Kyoto : east side
    Day 5 Kyoto : west side
    (Day 3,4,5 ; pakai pass apa ya pak?
    Day 6 Tokyo : Shibuya, harajuku, asakusa, shinjuku
    Day 7 Hakone
    Day 8 Mount Fuji
    (Day 7 dan 8 ; Fuji Hakone free pass)
    Day 9 Tokyo : Pesawat sore balik JKT

    *tambahan pertanyaan pak, apa memungkinkan mount fuji dan hakone dilakukan dalam satu hari tanpa menginap?

    Terima kasih atas jawabannya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, sudah tepat untuk penggunaan Osaka Amazing Pass untuk hari 1 dan 2. Lalu untuk day 3, 4, dan 5 silahkan menggunakan Kartu ICOCA saja pak.
      Untuk perjalanan Gunung Fuji Kawaguchiko-Hakone bisa saja, namun tidak akan maksimal dan tidak efektif penggunaan Fuji Hakone Pass. Sebaiknya day 4 atau 5 yang mengunjungi Kyoto dijadikan sehari saja, supaya ada spare waktu untuk keliling Kawaguchiko dan Hakone. Salam.

  8. Pak Christian, saya ingin konsultasi untuk jenis pass yg cocok di Osaka dan Kyoto,
    Jadwal wisatanya sbb:

    Hari 1 :
    Nishiki Market,Fushimi Inari Taisha Shrine, Todai-ji Temple (Giant Budha), Nara,
    Umeda Sky Building, Shinsaibashi, Dotonburi

    Hari 2:
    Arashiyama , Kiyomizudera Temple, Gion Area : Hanami Koji, Shijo Kawaramachi

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada pass yang cocok pak hendra, bapak bisa menggunakan kartu ICOCA saja untuk mengcover seluruh ongkos selama keliling di Osaka, Kyoto, dan Nara. Salam.

    • Pak, kalau dari obyek wisata yg ada dalam 2 hari tsb apakah bisa diatur jadwalnya lagi agar bisa dijangkau dgn salah satu jenis pass yg tersedia ? Terima kasih.

    • Pak, kalau dari obyek wisata di tokyo :
      Haneda, ueno, asakusa, odaiba, ginza bisa memakai pass yg mana? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan gunakan kartu SUICA/Pasmo saja pak, tidak ada pass kereta yang menguntungkan.
      Untuk pertanyaan sebelumnya, kalau bapak bisa mengatur kunjungan ke tempat-tempat wisata di Kyoto saja dalam 1 hari, mungkin bisa mempertimbangkan One Day Kyoto Bus Pass. Sisanya memang paling baik hanya dengan kartu ICOCA/ SUICA/ Pasmo saja.
      Salam.

  9. Selamat malam tim info jepang…
    Sy akan bepergian ke jepang pp melalui kansai thl 27sept sampai 3 okt. Kita menginap di kobe dan akan melakukan wisata kobe, osaka, kyoto masing” satu hari.
    Kemudian kita melanjutkan ke Tokyo selama 2 hari dan kembali lagi tgl 3 ke kansai.
    Utk kartu yg sebaiknya kita beli apa saja ya? Utk wisata kobe sy baca memakai bus , bgmn uyk osaka, kyoto dan tokyo nya ya? Pastinya sy harus membeli JR pass dan apalagi? Terimakasih banyak sebelumnya atas informasinya

  10. hilda situmorang  |  

    mohon bantuannya
    jika tujuan saya seharian arashiyama-fushimi inari- nishiki market-kyomizudera-gion-osaka
    1. dengan asumsi menghemat waktu, saya mau mengkombinasikan penggunaan subway dan bus, free pass apa yang cocok dengan rute itu? dan stasiun dan halte bus apa dan no berapa perhentian tiap rute itu?
    2. apakah hankyu pass bisa digunakan dari kyoto ke osaka?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Di Osaka nya lebih tepatnya di stasiun apa ya? Sebab ini juga mempengaruhi start awal dan perjalanan akhirnya. Mohon informasinya lengkap. Salam

    • hilda situmorang  |  

      untuk ke osakanya ngak masalah turun di stasiun shin osaka atau osaka atau umeda, yang penting cari hematnya kombinasi free pass yang mana bagusnya. karena rute di kyotonya lumayan jauh dan padat, saya kepingin tahu adakah kombinasi free pass bus dan subway yang bisa dipakai sekalian buat ke osaka dalam 1 hari

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Karena ibu mau ke Kiyomizudera yang harus naik bus (jalan kaki 25-30 menit dari stasiun kalau dipaksakan) dan start dari Shin Osaka/ Osaka (yang terhubung dengan Kyoto Station), maka ibu harus membeli One Day Bus Pass Kyoto. One Day Bus Pass ini tidak bisa dibeli di tempat lainnya selain di Kyoto Station. Kesimpulannya, ibu silakan naik kereta JR Kyoto Line menuju ke Kyoto, beli bus pass, dan memanfaatkan bus pass untuk keliling tempat wisata di atas. Salam

    • hilda situmorang  |  

      maksudnya begini pak…apakah hankyu tourist pass one day bisa dipakai untuk saya ke arashiyama dr kyoto station pp dan dari kyoto ke osaka(untuk hemat waktu dan biaya) karena saya tau kalau pakai bus ke arashiyama dari kyoto station bisa sejam-an dan bus sering penuh? apakah kyoto line yang dimaksud dicover hankyu apakah bisa digunakan untuk ke fushimi inari,kyomizudera,nishiki market,gion? apakah perlu saya kombinasi dengan bus pas one day? rutenya sebaiknya bagaimana?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Hankyu Tourist Pass tidak bisa dipakai dari Arashiyama ke Kyoto Station.
      Dari Umeda Osaka, misalkan ibu membeli Hankyu Tourist Pass. Ibu harus menambah 240 yen sampai ke Kyoto Station. Membeli one day bus pass. Lalu naik bus ke Fushimi Inari, lanjut ke Kuil Kiyomizudera, Gion, dan Nishiki Market. Kemudian bisa jalan ke Kawaramachi Station, untuk kemudian naik kereta Hankyu sampai ke Umeda lagi.
      Yang saya bilang adalah JR Kyoto Line, masuk ke jalur JR, dan tidak tercover oleh Hankyu Pass. Opsi ini khusus bagi yang memiliki JR PASS. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, bisa naik bus 203 atau 102 dari halte Kinkakuji-michi sampai ke Halte Demachiyanagi Eki Mae. Salam

  11. Dear Pak Nugroho,

    Saya ingin ke Kyoto 1 hari dengan rute Arashiyama – Fushimi Inari – Kiyomizudera – Gion.
    Pertanyaan saya, apakah rute tersebut sudah efektif? Lalu apakah bisa tercover semua dengan Kyoto Bus Pass? Dan bus mana yang digunakan untuk rute tersebut? Terimakasih Pak..

  12. Malam Pak,
    Infojepang benar-benar membantu saya dalam menyusun itinerary saya untuk perjalanan ke Jepang pada tgl 28 September – 7 October 2017 ini.
    Hanya sedikit konfirmasi saja untuk itinerary saya sbb :
    28 Sept ; Tiba di Narita, beli JR Tokyo Wide Pass + SUICA / PASMO. Lanjut flight ke Kansai, beli Osaka Amazing Pass, Osaka Kaiyu Ticket, Hankyu Pass dan Chikatoku Pass. Menuju Apt di daerah Dotomburi dengan Chikatoku Pass.
    29 Sept ; SUICA/PASMO, exploring USJ
    30 Sept ; Hankyu Pass + One Day Pass Kyoto Bus, exploring Kyoto dengan rute (Fushimi Inari – Nishiki Market – Gion – Nijo Castle – Kinkakuji Temple – Arashiyama)
    01 Oct ; Osaka Amazing Pass + Osaka Kaiyu Ticket, exploring Osaka dan ke Osaka Aquarium
    02 Oct ; Shinkansen ke Mishima + Bus ke Kawaguchiko, check in di Oike Hotel explore Fuji (Yagishaki Park – Kawaguchi Music Forest – Kachi kachi ropeway – Gotemba).
    03 Oct ; Menikmati sunrise di Kawaguchiko Lake, check out dan menuju Tokyo. Activekan JR Tokyo Wide Pass – D1. Drop koper di Apt, explore Odaiba dan dinner di sekitar sana.
    04 Oct ; JR Tokyo Wide Pass – D2 + Disney Resort Line, exploring Disneysea. Sebelum ke Apt, mampir ke Ginza utk Shopping dan Dinner (Opt)
    05 Oct ; JR Tokyo Wide Pass – D3 + Bus ke Hitachi Park, explore Hitachi Seaside Park stgh hari. Sorenya mampir ke Shibuya (Hachiko Statue dan Shibuya Crossing Street), dan ke Harajuku (Omotesando).
    06 Oct ; SUICA / PASMO atau Tokunai Pass, explore Sanrio Puroland sampai sore. Mampir ke Roppongi (Opt)
    07 Oct ; SUICA / PASMO, langsung check out dan muter2 di sekitar Tokyo St sebelum sekitar jam 1 siang ke Narita untuk flight balik ke Indo.
    Dengan itinerary saya spt di atas, apakah pass yang saya pilih sudah oke? saya hanya ragu untuk di tgl 30 Sept, dengan rute saya better saya pilih Hankyu Pass atau Keihan – Kyoto Pass? selain itu di tgl 6 Oct, perlukah saya beli Tokunai Pass lagi atau dengan SUICA / PASMO sbnrnya sudah balik modal?
    Terima kasih sebelumnya pak, Yiska.

    • Nugroho Christian  |  

      Terima kasih bu untuk respon nya, senang bisa membantu teman-teman dari Indonesia dari cerita dan pengalaman saya.
      1. Untuk tanggal 30, sepertinya cukup dengan Suica/ Pasmo (untuk naik kereta) kombinasi dengan One Day Pass Kyoto Bus untuk naik bus. Hankyu rasanya kurang tepat dipakai.
      2. Tokunai Pass tidak mengcover full rute ke Sanrio Puroland dan Roppongi, mungkin lebih baik manfaatkan saja Suica/Pasmo nya bu.
      Salam.

    • Yiska  |  

      Terima kasih atas responnya pak,
      1. Noted pak, akan saya coba cek tiket satuan dan rute bus nya dulu, jika memang lebih irit ketengan spt yg bapak infokan akan saya coret option beli Hankyu Pass
      2. Noted juga untuk infonya pak. Saya lupa infokan untuk lokasi alamat apt saya di Tokyo, saya akan tinggal di daerah Shinjuku (tepatnya di dkt Shinjuku St – JR). Mungkin spt yg bapak infokan, akan saya coba maksimalkan Suica / Pasmo nya karena jika saya cek ke Sanrio Puroland itu starting pointnya dari Shinjuku.
      Terma kasih sekali lagi, Yiska

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kyoto Bus Pass bisa dibeli di kantor tiket di stasiun subway Sanjo. Salam

  13. Christian Gunawan  |  

    Selamat malam pak Nugroho,
    Kalau JR Pass apakah bisa digunakan untuk keliling kota di Osaka dan Kyoto untuk mengunjungi tempat2 wisata?
    Apakah sy harus membeli lagi pass untuk 2 kota tsb?
    Terima kasih.

  14. Hi Pak Nugroho,

    setelah baca beberapa artikel di situs ini, saya susun rencana perjalanan musim gugur selama di Kyoto seperti ini:
    Day 1 Kyoto:
    – Fushimi Inari
    – Kiyomizudera
    – Nishiki Ichiba Market
    – Kinkakuji
    – Gion
    transportasi: Kyoto One Day Bus Card (500 yen)

    Day 2 Kyoto + Kobe:
    – Arashiyama
    – Umeda Osaka
    – Gunung Rokko
    – Sannomiya Kobe
    transportasi: Hankyu Tourist Pass (700 yen)

    pertanyaan saya:
    1. Apakah Pass yang saya pilih sudah tepat? dan destinasinya tercover semua ?
    2. Jika saya ingin ke Kuil Nanzenji (katanya bagus saat musim gugur), baiknya saya selipkan dimana ya?
    3. Apakah rencana perbaikan Kuil Kiyomizudera sudah selesai sekitar Oktober akhir tahun ini ya Pak? Kali belum selesai, apa sebaiknya di-skip saja?

    Terima kasih sebelumnya Pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya sudah tercover semua Dara
      2. Kuil Nanzenji memang terkenal, kamu bisa skip Kiyomizudera (renovasi sampai tahun 2020) dan meletakkan kunjungan ke Kuil Nanzenji setelah dari Gion dan Nishiki Ichiba Market.
      3. kamu bisa skip Kiyomizudera (renovasi sampai tahun 2020)

  15. Selamat Malam pak.
    Kita sekeluarga mau pergi ke Jepang bulan Mei ini. Kebykan tmpt2 yg mau dikunjungi sih udh terencana, tp kepikir mau squeeze in naik SL (Steam Locomotive) di Oigawa Railway di Shizouka Prefecture (dan klo msh sempet) ke Nagoya mau visit Toyota. Klo yg SL utk anak sih soalnya suka bgt ama kereta apalagi yg kereta api uap, ga mesti Oigawa bisa di tmpt lainnya yg sejalan. Ini pilih Oigawa krn byk review katanya one of the best SL di Jepang. Cmn baca schedule nya agak ga gitu ngerti. Jadi Oigawa Line Kanaya-Senzu ini sepertinya rute loop ya, jadi klo saya berangkatnya dari Kanaya, pas nanti sampe Senzu atau stasiun sblm Senzu, sy harus balik ke Kanaya lagi kan ya? Timetable: http://oigawa-railway.co.jp/en/ft_timetable.html

    Jadi yg saya ingin tanya:
    1. Sy tetap perlu beli JR pass kan?
    2. Kira2 bisa di squeeze dimana yg visit ke SL nya ya supaya perjalanannya efisien secara waktu dan uangnya?
    3. Ada ide tempat wisata lainnya yg mgkn bisa disuggest?

    Berikut adalah gambaran kasar iternirary kami:
    Hari ke 1: sampe pagi jam 7 tokyo explore
    Hari ke 2: Tokyo explore
    Hari ke 3: Tokyo – Yokohama explore – Tokyo
    Hari ke 4: Tokyo -Osaka Explore & Stay
    Hari ke 5: Osaka explore
    Hari ke 6: Osaka – Kyoto Explore & Stay
    Hari ke 7: Kyoto Explore
    Hari ke 8: Kyoto – Kobe Explore – Kyoto
    Hari ke 9: Kyoto Explore – Tokyo
    Hari ke 10: Tokyo – Gotemba – Tokyo
    Hari ke 11: Tokyo Explore
    Hari ke 12: Tokyo Explore – Jakarta

    Rencana pergi utk 12 hari, Keliatannya banyak di Tokyo nya. Kira2, ada yg perlu dirubah ga nih itinerary nya supaya bisa mengakomodir SL (lbh penting) dan klo bisa ke Nagoya ny (ga pergi ga apa2).

    Kita masuk ke Jepangnya lewat Haneda dan keluarnya jg lewat Haneda lagi. Emank agak wasted sih tapi katanya Tokyo byk banget yg bisa dijalanin jadi 1-2 hari aja ga cukup.

    Terima kasih atas masukannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Karena ada perjalanan PP dari Tokyo-Kyoto/Osaka-Tokyo, maka JR PASS sudah pasti balik modal.
      Untuk perjalanan ke SL bisa dilakukan di hari keempat, bisa berangkat pagi-pagi, kemudian naik kereta SL, kembalinya malamnya ke Osaka. Salam

  16. selamat pagi Pak. saya dari osaka-namba mau ke kyoto (tgl 4 mei 2017) untuk mengunjungi:

    1. taman sewaritei
    2. fushimi inari, kiyomizudera, ginkakuji, kinkakuji
    3. philosopher path
    4. arashiyama
    4.1 togetsu bridge
    4.2 kuil tenryuuji
    4.3 hutan bambu
    4.4. saga no train

    transportasi yang cocok dari namba ke kyoto (PP) untuk itnry di atas apa y pak? (saya tidak memiliki JR Pass)
    urutan terbaik di kyotony sprt ap?
    apakh keihan kyoto sightseeing 1 day pass sudah ccok untuk rncana di atas? (sudah tercover semua?)

    terima kasih sebelumnya.

  17. selamat malam Pak. saya mau main ke kyoto 1 hari dan ke kobe 1 hari.

    di kobe saya mau main ke flower clock, kobe port tower, kobe chinatown, kobe gaslight street
    di kyoto saya mau main ke taman sewaritei, kuil kiyomizudera, kuil tofukuji, kuil ginkakuji, kuil fushimi inari, gion dan arashiyama.

    lebih baik saya menggunakan pass ap y?
    hankyu tourist pass? atau keihan kyoto sightseeing pass?

    terima kasih

    • pak, kalau di arashiyama, saya mau ke
      togetsu bridge
      kuil tenryuuji
      hutan bambu arashiyama
      naik kereta wisata sagano

      apakah semua sudah tercover dari hankyu pass?
      terima kasih

    • selamat pagi Pak. saya dari osaka-namba mau ke kyoto (tgl 4 mei 2017) untuk mengunjungi:

      1. taman sewaritei
      2. fushimi inari, kiyomizudera, ginkakuji, kinkakuji
      3. philosopher path
      4. arashiyama
      4.1 togetsu bridge
      4.2 kuil tenryuuji
      4.3 hutan bambu
      4.4. saga no train

      transportasi yang cocok dari namba ke kyoto (PP) untuk itnry di atas apa y pak? (saya tidak memiliki JR Pass)
      urutan terbaik di kyotony sprt ap?
      apakh ad pass yg ccok untuk rncana di atas? apakah keihan kyoto sightseeing pass bisa mengcover semuany?

      terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Bisa naik bus Minami-5 dari Fushimi Inari Jinja,, turun di halte Tofukuji-michi, pindah ke halte Tofukuji dan naik bus 202/207 sampai halte Gion. Salam

  18. Malam Pak, saya Fero, mau tanya apakah itinerary saya berikut ini sudah oke dan pass yang saya pakai itu menguntungkan:

    hari 1: sampai kansai intl, beli icoca + jr haruka single trip menuju kyoto (sampai kemungkinan siang). di kyoto, beli tiket ketengan. rencana ke 2-3 tempat wisata
    hari 2: masi di kyoto, beli kyoto day pass. rencana ke 4-5 tempat wisata (kiyomizudera, kinkakuji, fushimi inari, imperial palace, arashiyama) malam memakai willer bus dari kyoto ke tokyo
    hari 3-4: di tokyo, beli tokunai pass. per hari ke +/- 4 tempat wisata (shibuya, shinjuku, harajuku, akihabara, meiji jingu, ueno)
    hari 5: pakai bis highwaybus (roundtrip) dari shinjuku ke kawaguchiko. malam memakai willer bus dari tokyo ke osaka
    hari 6: USJ, beli tiket ketengan. malam ke dotonbori
    hari 7: pakai osaka amazing pass. mengunjungi +/- 5 tempat wisata
    hari 8: beli tiket JR kansai airport rapid ke kansai intl airport

    yang ke kawaguchiko nya masih belum pasti si Pak, entah mau tetap 3 hari di Tokyo atau 2 hari Tokyo dan 1 hari ke kawaguchiko. soalnya saya rasa kalau hanya di Tokyo 3 hari mungkin terlalu lama.

    mohon bantuannya ya Pak.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Itinerary perjalanannya sudah baik, dan pass yang direncanakan dibeli juga sudah tepat. Salam

  19. pagi pak

    rencana 31 dec dr osaka ke kyoto mlm balik lagi ke osaka, rencana mo beli kyoto osaka sighteeing pass, tapi keihan railways kereta nya lama tidak ya perjlnan nya ? sebab saya liat kereta keihan itu sama seperti jakarta kereta api biasa ya ..buang waktu tidak klo saya beli kyoto osaka sighteeing pas yang hanya bisa di cover or keihan railways. thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Waktu tempuh dengan kereta JR maupun kereta Keihan sama saja. Sebab jarak Osaka dan Kyoto memang tidak terlalu jauh.
      Salam

  20. selamat siang, mohon informasinya

    saya rencana ke kyoto (1 hari) – nara – dan osaka (4 hari)
    tujuan di kyoto adalah ke kiyomizudera, fushimi inari, gion, hannoji temple
    tujuan di nara adalah todaiji temple, naramachi, dan tanize no tsuribashi (bila memungkinkan)
    tujuan di osaka adalah universal studio, osaka castle, dotonburi, kaiyukan aquarium, tsutekanku, dan area entertain lain di osaka

    saya ingin tanya, untuk pass yang terbaik, apa ya ? awalnya saya terpikir untuk kyoto buss pass 1 hari dan osaka amazing pass 2 hari serta icoca untuk berikutnya

    mohon pencerahannya

    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu menginap di mana ya sewaktu ke Kyoto dan Nara? Lalu bagaimana plannya di Osaka?
      Kalau masih belum pasti silakan dibaca-baca dulu free pass di Osaka dan contoh penggunaannya. salam

  21. Maaf Pak dgn ini sy kirimkan itinerary kami sbb :
    Tgl 18 may jkt narita
    Tgl 19 may disney
    Tgl 20 may rencana mau ke yokohama dan ashikaga flower park
    Tgl 21 may tokyo explore ( belum disusun )
    Tgl 22 may kawaguchi – shibazakura nginap di gotemba.
    Tgl 23 may gotemba Mr Fuji 5th -hakone – toyama
    Tgl 24 may toyama – alpine route nginap toyama.
    Tgl 25 may toyama-shirakawago- osaka
    Tgl 26 may universal
    Tgl 27 may )nginap osaka
    Tgl 28 may )nginap osaka
    Dari tgl 27 sd Tgl 29 may )rencana explore kyoto-nara- kobe.
    Tgl 29 nya balik tokyo rencana sore naik shinkansen
    Tgl 30 may tokyo (belum susun mau kemananya)
    Tgl 31 may tokyo dan pesawat sore jam 6 via narita balik jkt.

    JR pass akan kami aktifkan tgl 23 may dr gotemba menuju toyama.

    Demikian itinarary kami Pak,.mhn advice nya. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk perjalanan ke Yokohama, Ashikaga Flower Park, dan Kawaguchiko/ Gotemba, bisa menggunakan Tokyo Wide Pass, dan kombinasikan dengan Fuji Hakone Pass yang mengcover ongkos perjalanan selama berkeliling tempat wisata di Kawaguchiko, Gotemba, dan Hakone.
      Untuk perjalanan ke Kyoto, Nara, dan Kobe: plannya bisa dibuat 1,5 hari ke Kyoto, 0.5 hari ke Nara, dan 1 hari ke Kobe.
      Perjalanan dari Osaka-Kyoto ke Arashiyama, Gion, Kinkakuji (daerah sebelah barat Kyoto), dan Osaka-Kobe bisa menggunakan Hankyu Tourist Pass. Baru setengah hari di Kyoto berikutnya bisa ke sebelah timur Kyoto (Kiyomizudera atau Fushimi Inari) lanjut siang harinya ke Nara, dan menggunakan Kintetsu Rail Pass 1 Day Pass. Salam

  22. Pak Chris selamat pagi,
    Pak , kami.rencana akan nginap di osaka 4 malam 5 hari diosaka ( dari shirakawago dan balik ke tokyo).
    Selama di osaka.kami rencana mau.ke nara,.kobe,.kyoto,osaka (universal 1 hari).
    Mhn advice dr.Pak Chris rute.yg sejalan utk 4 kota tsb dan lebih baik pakai.pass.apa.
    Kami ada JR Pass.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Mohon informasi lengkapnya mengenai jadwal perjalanannya. Di Osaka dari tanggal berapa?
      Lalu kapan ke Shirakawago nya, ke Gotemba/ Hakone? Lalu apakah sudah membeli JR PASS? Yang berapa hari?
      Tim Info Jepang sulit memberikan informasi kalau informasi dari Ibunya setengah-setengah.. Malah hanya akan membuat bingung pembaca website lainnya.
      Salam

  23. Hi,

    saya akan ke Kyoto dan menginap di daerah dekat fushimi inari. Saya sudah mempunyai JR pass apakah JR pass ini bisa digunakan untuk kereta menuju fushimi inari dan arashiyama?

    Apabila tidak bisa, free pass kyoto apa yang perlu saya beli?
    terima kasih

  24. Maaf kak mau tanya. Ini ama temen ada rncana buat ke osaka 1 hari bulan septmber. Tpi kita baru pertama kali kejepang. Kita mau coba beraniin ke jepang. Padahal blm ada yg tau daerahnya. Rencana menginapnya di shin imamiya . Osaka. Sampai kansai air portnya jam 7:00 wib.
    1. Perbedaan waktu Indonesia dan osaka berapa jam?
    2. Kasih tips dong kak kita hrus ambil one day pass2 buat kereta itu buat keliling osaka dan ngelewatin lokasi hotel supaya siang bisa chek in/ gimana?
    3. Sbnernya kita pengen lihat musim saljunya. Tapi mngkin ntar bakal ngulang ke jepang lagi dan gk ragu buat ambil paket guide karena waktuny pastiny gk sesingkat yg pertama ini. Bisa ga disekitaran osaka kita ngelihat gunung fuji meskipun dari jauh. Gk papa sih walaupun cman sedikit lokasinya asal gak tersesat 😅🙏.. makasih kak.

  25. Halo Tim info Jepang,
    mau Tanya, saya ada rencana ke Jepang selama 8 hari.
    Day 2-4: saya mau langsung ke Sapporo pagi hari (dgn pesawat)
    Day 5: saya balik ke Tokyo. keliling sekitar Tokyo dan menginap semalam
    Day 6: saya menuju ke Osaka
    Day 7: saya menuju ke Kyoto
    Day 8: kembali ke Tokyo untuk terbang ke Jakarta.

    Apakah sya perlu membeli JR Pass?
    Jika tidak, sebaiknya Ticket/pass apa yg hrs sya beli?

    mohon infonya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada rute PP Tokyo-Osaka/Kyoto, sudah balik modal dengan JR Pass. Sebenarnya PP Tokyo-Sapporo juga tercover dengan JR Pass kalau Afina mau.

    • Iya, tapi terlalu bnyak wkt terbuang kalau naik kerete ke Sapporo :(
      Kalau sya beli Free Pas Tokyo-Osaka/Kyoto, bagaimana?

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan saja, namun free pass di dalam kota ya hanya bisa digunakan untuk berkeliling di dalam kota tersebut. Dan sebagai perbandingan, ongkos kereta perjalanan Tokyo-Osaka harganya sudah 13.620 yen untuk sekali trip. Ditambah dengan jalan-jalan di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka yang juga gratis dengan JR Pass, sudah pasti balik modal. Salam:)

    • Pak Nugroho, sya mau tanyalagi. Menurut bpk, itinerary sya yg di post sblmnya, apakah memungkinkan utk dilakukan? Minta saran ha pak :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau melihat itinerary nya, sepertinya memungkinkan Ibu. Sebab mayoritas orang-orang Indonesia juga memiliki itinerary yang sama.
      Saran dari Tim Info Jepang, ibu silakan merinci tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, sebab tanpa detail itinerary kami tidak bisa memberikan detail. Salam

    • Berikut itinerary sementara yg sdh sya buat:
      Day 1: tiba di bandara Haneda pukul 16.30 LT. tmpat yg akn sya kunjungi, discovery museum, dek observasi dan toko 100Yen. lalu ke hotel (Prefektur Aichi).
      Day 2: berangkat pagi dari Narita menuju Sapporo dgn pesawat. tiba di Sapporo pukul 9.50 LT. lgsg menuju ke tmn Maruyama. lanjut ke mt. okura skyjump observatory. stelah itu berbelanja di sekitar stn. Sapporo. lalu menuju ke mt. Moiwa utk melihat pemandangan Sapporo di malam hari.
      Day 3: sya rencana pagi2 ke Hakodate (transportasi apa ya?), siang sekitar pukul 2/3 bergkt menuju ke bandara CTS menuju ke Osaka (sya mempersingkat wkt di Sapporo). tiba jam 8 malam di Osaka.

      utk saat ini, baru smp situ saja Pak hehe. mohon bantuannya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Siang ibu.
      Untuk day 1, discovery museum mana ya? Dan hotelnya apa benar di Prefektur Aichi? Karena itu letaknya di dekat Nagoya bu.
      Untuk day 2, dari stasiun Sapporo atau Taman Odori di pusat kota, naik kereta subway Tozai Line ke arah barat dan turun di stasiun Maruyama Koen. Keluar di pintu nomor satu, dan dari stasiun, kita bisa berjalan kaki 3 menit sampai ke Taman Maruyama.
      Untuk ke Gunung Moiwa, dari Stasiun JR Sapporo atau Odori kita bisa berjalan kaki sampai ke halte tram Nishiyonchome. Dari halte Nishiyonchome, naik tram Sapporo Shiden sampai ke Halte Ropeway Iriguchi. Dari halte itu bisa jalan kaki 5 menit sampai ke stasiun ropeway Gunung Moiwa.
      Day 3, dari Sapporo bisa ke Hakodate dengan kereta limited ekspess Hokuto. Tapi perlu dicatat, perjalanan Sapporo ke Hakodate sudah 3,5 jam sendiri. Jadi rasanya tidak mungkin bisa berangkat pagi, dan kembali ke Bandara Shin-Chitose jam 2 atau 3.

    • 1. Discovery museum itu terdapat di dalam bandara Haneda, Pak. sya lihat infonya di tripadvisor.
      2. Kalau sya lihat di petanya, hostel tujuan sya berada di Obukita JHS (dkt st. Kyowa). saya menggunakan airbnb utk penginapan.
      3. Kalau begitu, selain berkeliling Sapporo, wilayah mana lagi yang baiknya sya kunjungi supaya bisa tepat waktu?

      Mohon infonya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Mohon dicek lagi penginapan AirBnB nya, silakan pilih di Tokyo. Kyowa Station itu letaknya di Nagoya. Jangan sampai pengunjung web lainnya bingung membacanya.
      Ibu lebih baik menginap di Tokyo, daripada membuang-buang waktu dan ongkos shinkansen (ada satu hari yang tidak tercover JR PASS 7 hari). Salam

    • Malam. Oh maaf, iya barusan sya cek dan sya baru tau. mohon maaf, krn sya blm pernah ke Tokyo :) kalau di Kawaguchi atau Adachi-ku bagaimana?? apakah itu termasuk Tokyo?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, letaknya masih di sekitaran Tokyo. Pertimbangkan juga jarak dari stasiun ke tempat penginapannya, juga ongkos PP ke Haneda Airport nya. Jangan hanya cek harga per malam nya saja.
      Salam

  26. Pak mau tanya lagi , apa JR pass mengcover semua jalur metro dan toei subway juga? Dan apa setiap pemakaian hrs pesan tempat duduk dahulu ? Saya dengar kalo tidak resev dulu nanti duduknya bisa terpisah dgn keluarga? Misal ke disneyland, gotemba dll hrs pesan tempat dulu kah ? Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. JR Pass hanya mengcover kereta JR, kereta subway Metro dan Toei Subway tidak tercover oleh JR PASS.
      Kalau untuk jarak dekat seperti ke Disneyland dan Gotemba, kereta tidak ada kursi reservasi.
      Yang ada reservasi itu kereta limited ekspress seperti Azusa ke Otsuki atau Odoriko ke Kawazu. Salam

  27. Pak kalo dr mishima – tokyo ke kyoto kan naik shinkansen pakai JR pass, itu saya harus booking seat dahulu atau tidak perlu ya ? Booking seat tinggal kasi liat JR pass nya ya pak ? Di stasiun tokyo sebelah mana posisi loket utk booking seat JR pass ? Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Pemesanan tiket shinkansen bisa dilakukan sekalian saat waktu menukar JR PASS di kantor Turis JR (ruangan dengan nuansa warna hijau).
      Percuma Tim Info Jepang memberitahu lokasinya di Tokyo Station, sebab stasiun ini sangat luas. Salam

  28. Halo pak mau tanya karena saya bimbang harus beli JR pass atau JR wide pass saja. Saya dr jkrt – haneda dan pulang dari kansai. Selama 10 hari di jepang . Tempat yg saya ingin kunjungi sbb :
    Hari ke 1-3 : explore tokyo
    Hari ke 4 :gala yuzawa / karuizawa ski
    Hari ke 5: gotemba / kawaguchiko
    Hari ke 6: disneysea ( nginap semalam)
    Hari ke 7: dari mishima ke kyoto
    Hari ke 8: kyoto- osaka setelah itu pulang dari kansai ke jakarta
    Menurut bapak lbh baik saya beli JR pass atau tidak ? Rencana saya hanya mau beli JR pass yg utk 7 hari ( saya mulai pakai di hari ke 2) tks sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan membeli JR PASS, sebab dengan ongkos PP shinkansen ke Gala Yuzawa/ Karuizawa, lalu ke Kawaguchiko, dan shinkansen dari Mishima ke Kyoto, sudah balik modal JR PASS. Salam

  29. Siang mas N,
    Alhamdulillah saya dan kel sudah kembali dari Japan dan ingin sedikit berbagi info mengenai KANSAI TRHU PASS, untuk Edisi baru KTP berlaku dari 13-12-2016 sampai dengan 30-4-2017, saya membelinya di pusat informasi kansai di bandara KANSAI, saya membeli yg utk 3 hari, dan pemakaiannya tidak harus tgl berurutan, semisal tgl 12,13,15, atau 12,14,16, asalkan di tanggal yg tidak kita pakai kartu pass tidak dimasukan ke mesin check in di stasiun, jadi kita bisa menjadwalkan KTP utk pemakaian ke kota yg jauh seperti 1 hari ke kyoto, 1 hari ke osaka, 1 hari ke Kobe or Nara, penggunaannya menjadi sangat efektif.
    Oya ada juga Osaka Visitor Pass seharga 550 Yen , lebih hemat dr Osaka 1 Day Pass seharga 800 Yen (600Yen weekend), namun hanya dapat dibeli di Bandara Kansai.
    Terimakasih utk Mas Nugroho yang sudah memberikan jawaban di setiap pertanyaan saya, sehingga saya bisa membeli Pass yg bisa menghemat biaya transportasi selama disana.
    Salam

  30. Hai Mas N,
    Maaf mau tanya lagi, saya baca ada HANKYU TOURIST PASS 1day/2day,, jika kita beli pass ini apakah kita bisa menggunakan kereta hanyku di daerak kyoto..? karena apartemen tempat saya menginap yg terdekat jalur kereta hankyu.. terimakasih
    Salam

  31. Hai team Info Jepang,

    Saya mau tanya kalau di jadwal saya ada ke Kibune di Kyoto Utara sebaiknya saya menggunakan bus pass atau kyoto pass ya? Hari selanjutnya saya keliling kyoto dan ke Ibaraki selanjutnya dari Ibaraki ke Osaka. Lebih baik saya menggunakan yang mana ya? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tidak ada pass untuk 2 hari. Kalau memang perlu dipakai untuk 2 hari perjalanan wisata di Kyoto, bisa membeli pass nya 2 lembar untuk dipakai di hari pertama dan kedua. Salam

  32. Kalau sudah punya JR pass apa bisa digunakan di Kyoto untuk akses bus, sebagai penganti pembelian atau daripada membeli One Day Pass di kyoto

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada Pak. Tidak ada alternatif lain selain One Day Pass Bus di Kyoto.
      Salam

  33. sore mas N saya sudah baca panduan perjalanan dari bandara kansai ke kyoto dengan menggunakan Nankai Express, namun ada kalimat yg kurang saya pahami, ” dari stasiun Tengachaya pindah ke Sakaisuji Subway line dan kereta Hanyku ke pusat kota” yang ingin saya tanyakan :
    1. setelah ke ke Sakaisuji Subway Line apakah kita naik kereta subway kah..? lantai pindahnya ke kereta Hankyu di statiun mana,
    2. Dengan harga tiket 680 Y utk Kereta hanyku dan berpindah di st awaji, ibaraki shi apakah bisa lgs ke matsua taisha tanpa membeli tiket lagi atau bagaimana mas, maaf gagal paham nih.. hehehe.. tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ya, subway Sakaisuji Line itu menyatu dengan kereta Hankyu Kyoto Line ke Arashiyama. Nah stasiun tempat menyatunya kereta itu ada 3: Stasiun Awaji, Ibaraki Shi, atau Takatsuki tergantung jam keretanya. Jadi bisa disesuaikan di mana kereta Sakaisujinya berhenti/ habis untuk balik arah.
      Lalu 680 yen itu adalah ongkos sampai ke pusat kota Kyoto (stasiun Kawaramachi di Gion). Kalau sampai Matsuo Taisha station ongkosnya 650 yen Ibu. Salam

  34. Oya Mas Nugroho, saya masih bingung dan belum paham mengenai JR lokal/Rapid yg termasuk kedalam JR Kansai Pass, apa tulisan petunjuk yg harus saya cari hanay JR Local/JR Rapid saja mas, bukan seperti nama JR Hankyu/ JR Keihan, mohon petunjuknya, tks

    • Nugroho Christian  |  

      Hankyu, Hanshin, Keihan, Kintetsu Line bukan termasuk jalur JR, jadi tidak tercover oleh JR Kansai Pass dan pass-pass lain yang dikeluarkan JR.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Hanshin hanya menghubungkan kota Osaka dan Kobe, tidak ada ke arah Nara. Untuk ke arah Nara keretanya ada 2: JR dan Kintetsu Nara.
      Di halaman website yang saya berikan tertulis jelas kok “extra fares apply for Kintetsu Railway Lines”. Mohon dibaca dengan seksama. Salam

  35. terimakasih mas atas respon cepatnya, maaf masih ingin bertanya mas, jika saya membeli JR Kansai Pass, apakah utk memasuki obyek2 wisata yang ada free atau tetap membayar tiket masuknya, atau ada Pass lain yg bisa dibeli yang sudah bisa free masuk ke obyek wisata, tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau Kansai Pass hanya mencover ongkos perjalanan kereta saja.
      Tidak ada pass lain untuk masuk ke tempat wisata di Kyoto, hanya ada Osaka Amazing Pass di Osaka. Salam

  36. Sore Mas Nugroho, saya baca utk Kansai Through Pass (KTP) penjualan berakhir 30 0ktober 2016, jadi kalau saya berangkat bulan februari sudah tidak bisa membeli lagi ya mas, apakah ada Pass mengganti yg fungsinya sama dgn KTP, mengingat jika memakai pass seperti ini kita bisa gratis masuk ke beberapa objek wisata. oya untuk pass yg hemat yg bisa saya gunakan jika baru tiba di bandara Osaka Kansai lgs menuju Kyoto apa hanya JR Kansai Pass saja. terimakasih, salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, bisa membeli JR Kansai Pass sebab sangat menguntungkan jika dipakai dari Kansai Airport.
      Salam

  37. pak saya tanya

    Kyoto:
    H1: fushimi inari, sanjusangendo, kiyomizudera, higasiyama district, gion district
    H2: arashiyama, kinkakuji, nishiki market, kyoto tower

    kyoto menuju osaka

    H3: osaka castle, shitennoji temple, national museum art osaka, tempozan giant wheel, osaka universal studio (photo saja)
    h4: osaka aquarium, st. marie cruise, umeda sky building, nakanoshima park, kita, namba-dotonbori

    sebaiknya pakai pass apa ya pak..? khusus d kyoto

    khusus d osaka?..

    atau ada yang cover semuanya pak…

    mohon info

  38. Terima kasih atas infonya pak…..untuk di osaka kyoto yang paling baik saya gunakan free pass apa ya pak?apakah kansai thruu pass?terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk hari pertama Bapak bisa menggunakan Osaka Amazing Pass untuk mengelilingi objek wisata di Osaka, karena pass ini sangat menguntungkan dan pasti balik modal. Lihat hitung-hitungannya di Osaka Pass. Lalu untuk hari ketiga dan keempat karena selalu PP Osaka-Kyoto, mungkin bisa membeli Kansai Through Pass. Beli saja yang 2 hari seharga 4.000 yen. Kalau bapak bisa mengunjungi banyak objek wisata (lihat objek wisata yang tercover oleh Kansai Through Pass) maka akan bisa balik modal, mengingat ongkos PP Osaka Kyoto untuk 2 hari sudah 560yenx4 = 2.240 yen. Salam

    • halo Pak Nugroho, tadi saya sempat baca kalau untuk Osaka-Kyoto one way pakai shinkansen di harga 1400 Yen dg durasi 15 menit saja. Kalau untuk yang 560 yen untuk one way itu pakai kereta apa atau pakai bus apa ya dan durasi nya berapa lama ya?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau naik kereta biasa (JR Tokaido Line) ongkosnya 560 yen durasi 28 menit, sedangkan dengan shinkansen harganya 3.010 yen durasinya sama 30 menit karena harus transfer di Shin Osaka Station.
      Salam

  39. Esther Roosmiati  |  

    Met sore Pa… mau tolong tanya. Saya akan tiba di bandara Kansai tg12 November 2016. Rencana langsung ke Kyoto Station untuk taro koper di loker. Kemudian ke Arashiyama dan sorenya ambil koper di Kyoto Station kemudian ke Karasumaoike Station untuk menginap di BnB.
    Besoknya tgl 13 November pagi akan ke Kinkakuji kemudian meninggalkan Kyoto untuk ke Odawara. Selanjutnya akan beli Fuji Hakone Pass di Odawara.
    Yang ingin sy tanyakan … apakah untuk dari bandara Kansai ke Kyoto dan selama jalan2 di Kyoto saya sebaiknya membeli tiket satuan atau Pass tertentu ?
    Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu pass ibu, karena lebih murah membeli tiket satuan.
      Itu karena Ibu juga hanya mengunjungi Arashiyama dalam satu hari. Salam

    • Esther Roosmiati  |  

      Met siang Pa… mau tanya lagi. Kalo beli tiket satuan itu maksudnya kita juga bisa pakai PasmoCard ? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, tiket satuan sama artinya dengan bayar pakai Pasmo/ Suica Card.
      Salam

  40. Jadi rute yg saya harus ambil dari osaka stasiun yodoyabashi lgs ke kyoto fushimi inari lanjut ke kiyomizu gozo station ( kiyomizudera) lalu ke gion shijo untuk area gion dan pasar nishiki yah pak?? Dari stasiun nya jalannya jauh gak pak kalau dibanding naik yg JR line? Karena saya bawa 2 anak kecil jadi repot klo pake acara nyasar hehehe

    • Nugroho Christian  |  

      Gak musti dari Yodoyabashi Ibu, bisa dari Kyobashi yang akses keretanya lebih banyak, termasuk JR. Yang penting naik kereta Keihan.
      Jauh gak nya dari stasiun tergantung Ibu menginap di hotel di mana.
      Sebenarnya Tim Info Jepang menyediakan layanan bagi yang ingin liburan dengan tenang tanpa nyasar-nyasar di Jepang. Liburan cuma satu kali, terus nyasar-nyasar yah sayang liburannya. Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang. Ibu bisa langsung tanya via whatsapp/line, dan bisa langsung dijawab. Kami akan membantu perjalanan ibu dari membuat jadwal, kasih tips-tips praktis, sampai pas liburan di Jepang ada hal-hal mendadak, tidak perlu tulis-tulis komentar dan tentu lebih praktis.
      Salam

  41. Ok mulai paham jadi kesimpulannya tidak perlu pake kyoto bus pass ya pak cukup pake kyoto osaka sightseeing pass aja + pass osaka nya . Terimakasih banyak pak

  42. Jadi kyoto osaka sightseeing pass 1 day 700 yen bisa mengcover kereta dari osaka ke kyoto bolak balik dan kereta di dalam kota kyoto ya pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, stasiun terdekat kuil Fushimi Inari, Kuil Kiyomizudera, dan Gion tercover oleh Kyoto osaka sightseeing pass.
      Nama jalur keretanya adalah Keihan Line.
      Salam

  43. mohon infonya kalau saya dari osaka ke kyoto dan mau ke fushimi inari,kuil kiyomizudera,nishiki market,gion. lebih baik beli tiket pass yg mana?? kalau naik bus takut lama di perjalanannya dan waktu nya terbuang untuk tunggu bus berikutnya. (tidak secepat kereta) sedangkan kalau kyoto subway free pass bisa langsung menuju ke lokasi yg saya sebutkan tadi gak?? thank u

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!