Museum Manga Kyoto

Home / Museum / Museum Manga Kyoto
Item image

Museum Manga Kyoto adalah surga bagi teman-teman pecinta komik Jepang atau manga. Menggunakan bangunan bekas sebuah sekolah dasar di pusat kota, museum ini mulai dibuka tahun 2006 telah menjelma menjadi sebuah perpustakaan raksasa. Teman-teman bisa menemukan semua jenis komik Jepang, semua edisi (baik edisi biasa maupun edisi spesial), bahkan seluruh edisi terjemahannya. Museum ini adalah selalu penuh dengan anak-anak maupun orang dewasa yang ingin membaca komik terbaru atau sekadar bernostalgia. Tim Info Jepang juga bernostalgia dengan Komik Chibi-Maruko-Chan dan Ninja Hattori (dulu pernah dibelikan ayah di Indonesia).Ada juga loh komik Detective Conan dan Doraemon dalam bahasa Indonesia.

Apa yang bisa dilakukan di Museum Manga Kyoto?

1. Melihat koleksi manga terbesar di dunia

Di Museum Manga Kyoto ada lebih dari 350.000 buku, majalah, komik mengenai manga. Menjadikannya sebagai museum manga terbesar di Jepang dan di dunia. Di Museum Manga ini juga disimpan edisi-edisi khas dari komik, cerita sejarah dari Periode Meiji (1868-1912). Lebih dari 250.000 koleksi disimpan di Reference Room dan digunakan untuk riset atau penelitian. Teman-teman harus menjadi anggota jika ingi meminjam koleksi dari area Reference Room. Sisanya, sekitar 100.000 buku, disimpan di Wall of Manga, di mana orang-orang bisa bebas meminjam dan membacanya.

Interior Museum Manga Kyoto

Interior Museum Manga Kyoto

2. Belajar tentang manga di Wall of Manga, Norakuro, dan Children’s Library

Wall of Manga adalah ruangan tiga lantai di mana seluruh temboknya terpasang rak-rak buku. Ada area Manga Expo, di mana teman-teman bisa melihat komik-komik atau Manga Jepang yang sudah diterjemahkan ke bahasa asing, seperti Inggris, Korea, Mandarin, Jerman, Prancis, dan juga Indonesia! Kemudian ada area Norakuro, yang menjelaskan perbedaan manga Jepang, sebelum dan sesudah perang dunia kedua. Memang apa bedanya? Nah, lo, cari tahu deh langsung di sini! Dan terakhir ada Children’s library atau perpustakaan untuk anak-anak. Di sini ada 3.000 buku bergambar dan juga buku digital yang bisa kita gunakan untuk mengenalkan warna, tubuh manusia, atua lingkungan sekitar kepada anak-anak.

Tidak heran, hampir setiap hari museum ini dipenuhi oleh anak-anak, utamanya sepulang sekolah. Karena letaknya di pusat kota Kyoto, rasanya sayang jika teman-teman tidak mengunjungi tempat ini. Ah, gua kan udah gede! Masa baca komik? Jangan salah, ada banyak mahasiswa Jepang loh di sini, khususnya dari ilmu sastra dan budaya Universitas Kyoto Seika yang sering melakukan penelitian di sini. Siapa tahu bisa dapat kenalan baru? Atau setidaknya, bernostalgia dengan komik-komik di masa kecil.

3. Membaca buku di taman sambil menikmati sore hari yang cerah

Selain di dalam museum, teman-teman juga bisa membaca buku di taman di sekitar Museum. Di sore hari yang cerah, ada banyak anak-anak kecil yang membaca buku bersama dengan orangtua mereka. Sayang, Indonesia tidak punya museum seperti ini. Perpustakaan saja jarang apalagi museum buku-buku ya.

Taman Museum Manga Kyoto

Taman Museum Manga Kyoto

Informasi Tentang Museum Manga Kyoto

Biaya masuk ke museum ini adalah 800 yen. Dan di dalam museum teman-teman diharapkan untuk tidak berisik dan berteriak-teriak. Selain itu, di dalam museum juga tidak diperbolehkan mengambil foto.

Akses ke Museum Manga Kyoto

Dari Stasiun Kyoto teman-teman bisa mengambil kereta subway Kyoto City Karasuma Kokusaikaikan dan turun di Karasuma Oike Station (lama perjalanan 6 menit, dengan ongkos 210 yen). Dari Stasiun Karasuma Oike, teman-teman bisa berjalan kaki ke arah utara sekitar dua menit. Bangunan museum akan terlihat di sisi kiri jalan.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Excellence Kyoto Ek
3 km away
from ¥5000/night
Almont Hotel Kyoto
3 km away
from ¥13800/night
Kyoto Plaza Hotel
3 km away
from ¥8800/night
Hotel New Hankyu
3 km away
from ¥13643/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kyoto Tower
3 km away
Itinerary Tokyo Kawaguchiko Osaka Hari 6 Kyoto Tower
Kifune Jinja
12 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto
Kuil Heian Jingu
2 km away
Pintu masuk Kuil Heian Jingu
Imperial Palace Kyoto
2 km away
Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto

Sumber gambar: Flickr Peat BakkeTatyana TemirbulatovaSu–May


Recommended for you


Last modified: March 11, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (7)

  1. Pak saya pp dari jkt-narita tokyo

    Itinerarynya krg lebih sbagai berikut :

    1. Tokyo – lake kawaguchiko, tokyo sky tree, shibuya
    2. Disney sea
    3. Tokyo – shirakawago menginap di kyoto
    4. Kyoto – kiyomizudera, fushimi inari, arashiyama, gion
    5. Kyoto – manga museum internasional menuju osaka, dotonbori
    6. Osaka – akuarium kaiyukan, umeda sky building
    7. Universal studio jepang osaka
    8. Osaka – tokyo dan keliling kota tokyo akihabara, tokyo tower
    9. Bandara narita

    Mohon infonya apabila ingin menggunakan jr pass mencakuo smua tmpt wisata di itinerary saya ? Atau bisa hanya dgn menggunakan tokyo hokoriku arch pass ? Mohon infonya jga jarak tempuh tokyo – kyoto brp lama ? Jarak tempuh kyoto – osaka brp lama ? Jarak tempuh osaka – tokyo brp lama ? Jija smuanya menggunakan jr pass. Mohon tanggapannya. Terimakasih

    • Pagi Pak, jadi saya better pake jr pass atau tidak ya pak ? atau ada alternative lain ? Terimakasih pak ditunggu tanggapannya ya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya kami sarankan membeli JR Pass karena ada rute PP Tokyo-Kyoto. Silahkan dipadukan dengan kartu SUICA/ Pasmo untuk mengcover ongkos kereta yang tidak tercover dengan JR Pass, seperti ke tempat-tempat wisata yang tidak tercover ongkosnya yang saya sampaikan sebelumnya.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!