Kuil Tenryuuji

Home / Temple / Kuil Tenryuuji
Item image

Kuil Tenryuuji adalah Kuil Buddha paling terkenal di Arashiyama, di sisi barat kota Kyoto. Lokasinya tidak jauh dari jembatan bulan Togetsu yang terkenal. Bangunan kuil Tenryuuji yang dibangun tahun 1339 oleh Ashikaga Takauji ini sudah masuk dalam situs warisan dunia, melengkapi deretan kuil-kuil di Kyoto lainnya seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Fushimi-Inari Taisha, dan Kuil Heian Jingu yang lebih dulu diakui oleh UNESCO. Selain bangunan kuil yang bersejarah, yang membuat kuil ini terkenal adalah taman dengan pemandangan musim gugur yang memukau. Menjadikan kuil ini objek wisata yang harus dikunjungi saat di Kyoto. Simak liputan Tim Info Jepang di Kuil Tenryuuji.

Kegiatan Seru di Kuil Tenryuuji

1. Mengunjungi bangunan-bangunan di kompleks kuil

Kompleks kuil terdiri dari beberapa bangunan. Ada bangunan Hatto atau Dharma Hall yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan. Di langit-langit bangunan ini, kita bisa melihat lukisan naga terkenal lkarya Suzuki Shonen. Selain itu, di area altar, kita juga bisa melihat lukisan Buddha bersama dua pengikutnya Manjusri and Samantabhadra.

Selain itu, kita juga bisa ke bangunan Kuri yang adalah ikon atau simbol dari Kuil Tenryuuji. Bangunan kuil yang unik dengan warna dasar putih dan blok-blok kayu berwarna merah ini berada di tengah-tengah komplek bangunan kuil. Di dalam bangunan ini, kita bisa melihat lukisan Bodhidharma yang berusia 1.500 tahun. Lalu kita juga bisa melanjutkan wisata kita ke Bangunan Hojo (Daihojo dan Kohojo) yang terhubung dengan Kuri. Kohojo adalah bangunan berukuran kecil yang biasa digunakan oleh para pendeta atau relawan menjelaskan sejarah dan bangunan-bangunan kuil. Sementara itu Daihojo yang adalah bangunan terluas di area Kuil digunakan sebagai tempat upacara keagamaan sekaligus penghormatan kepada Buddha Shakyakyamuni.

Ada juga restoran Shigetsu di dalam kompleks Kuil Tenryuuji yang meneydiakan menu vegetarian (shojin ryori), makanan khas para pendeta Zen. Kita bisa menikmati makanan lezat itu sambil melihat pemandangan Kuil Tenryuuji dan taman yang indah. Harga menu makanan terbagi menjadi tiga jenis: paket 3000 yen, 5000, dan 7000 yen. Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa mengeceknya di halaman berikut.

Bangunan di kompleks Kuil Tenryuuji

2. Menikmati Taman Sogenchi Teien

Taman Sogenchi Teien atau Taman Kolam Sogen adalah daya tarik utama Kuil Tenryuuji. Taman ini adalah taman Zen pertama yang memperoleh pengakuan dari Pemerintah Jepang sebagai taman sejarah. Letaknya di samping Daihojo dan area meditasi Zen. Spot terbaik untuk menikmati pemandangan taman beserta kolam Sogen adalah dari teras samping bangunan Daihojo. Kita bisa turun dan berjalan ke tepi kolam taman dan melihat keindahan taman dari beberapa titik, termasuk pantulan pepohonan di permukaan air kolam yang indah. Ada juga bebatuan yang tersusun rapi sesuai kisah sejarah ikan yang berubah menjadi naga dan melindungi kompleks kuil Tenryuuji.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Tenryuuji adalah di puncak musim gugur, di mana pepohonan maple mulai berubah warna menjadi kuning dan merah, memberikan pesona pemandangan musim gugur yang indah.

Suasana taman di Kuil Tenryuuji

3. Menikmati bunga-bunga di Hyakka-en

Di sisi utara kompleks bangunan kuil, kita bisa mengunjungi kebun bunga Hyakka-en. Ada ratusan bunga cantik yang tumbuh di kebun yang bisa kita nikmati. Dari pintu keluar sisi utara, kita sudah dekat dengan hutan bambu Arashiyama yang terkenal.

Suasana Taman Sogenchi Teien di Kuil Tenryuuji

4. Menyusuri Kimono Forest Arashiyama

Tidak jauh dari jalanan utama menuju Kuil Tenryuji, kita bisa menemukan Kimono Forest. Disebut hutan kimono karena jalanan ini diapit oleh 600 tabung berisikan kimono berbagai jenis dan warna. Spot ini sebenarnya keren buat kamu pecinta fotografi, namun sering dilewatkan oleh wisatawan. Tunggu sampai hari gelap, maka lampu-lampu di Kimono Forest akan menawarkan pemandangan super keren yang tidak ada duanya di Jepang.

Akses menuju Kuil Tenryuuji

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Sagano Line dan turun di Stasiun Saga-Arashiyama (lama perjalanan 15 menit, dengan harga tiket 240 yen). Dari Stasiun Arashiyama, kita tinggal berjalan kaki 5 menit (400 meter) ke arah selatan untuk sampai di Kuil Tenryuuji.

Informasi Tambahan

Untuk memasuki kompleks kuil, kita dikenai biaya tiket masuk sebesar 600 yen. Selain itu, jika ingin masuk ke bangunan Hatto (tempat lukisan naga berada), dikenai tambahan biaya 500 yen. Kuil buka setiap hari dari jam 08.30-17.30, namun saat ada upacara keagamaan, kuil akan ditutup untuk umum.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakura Terrace
9 km away
from ¥7331/night
APA Hotel Kyoto-eki
8 km away
from ¥7534/night
Hotel Excellence Kyoto Ek
8 km away
from ¥5000/night
Hotel Keihan Kyoto
9 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Istana Nijo
7 km away
Keindahan Istana Nijo di Kyoto
Arashiyama
1 km away
Arashiyama waktu musim panas
Sungai Kamogawa
9 km away
Suasana malam hari Sungai Kamogawa Kyoto
Kuil Ryoanji
5 km away
Taman Kuil Ryoanji di Kyoto

Sumber gambar: Flickr Peter Enyeart, paranda☆UP DATE, tfkt12tfkt12


Recommended for you


Last modified: September 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (19)

  1. pak, kalo saya mau keliling osaka-kyoto selama 2 hari lebih hemat menggunakan pass atau beli tiket ketengan dg pasmo/suica ya?krn sy tidak memakai JR Pass.
    rute sy hari pertama pagi di osaka ke osaka castle kemudian lanjut ke kyoto mengunjungi fushimi inari, arashiyama, dan gion. setelah itu bermalam di kyoto dan paginya menuju USJ.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau rutenya seperti itu, sepertinya masih lebih murah menggunakan IC Card Pasmo/ Suica, sebab tidak ada pass kereta yang cukup efektif untuk rute perjalanan Ibu. Salam

  2. sore, sy mau tanya untuk itin saya lebih cocok pass apa ya? suica, jr pass, atau yg lain?
    day 1: KIX osaka – osaka castle – umeda building – dotonbori – aquarium kaiyukan – tempozan
    day 2 : kyoto, kuil tenryuuji, hutan bambu arayishama, gion, malam back to osaka
    day 3 & 4: USJ – dotonbori
    day 5-7: tokyo
    day 8: jakarta (antara dari airport di osaka atau tokyo)

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu Feni pulangnya dari Kansai Osaka juga, lebih baik membeli JR Pass, namun jika pulangnya dari Haneda atau Narita, silahkan gunakan kartu ICOCA saja dipadukan dengan kereta shinkansen dari Osaka ke Tokyo. Salam.

    • JR pass full atau cukup dengan hokuriku arch pass?kalau pass ini bs mengcover semua train, jr, shinkansen dari Osaka dan Tokyo?

  3. Pagi mas N..
    Saya berencana pergi ke Jepang dr jakarta lgs ke osaka itami..selama 9 hari disana.. Rencana perjalanan.. Osaka -kyoto – tokyo – osaka.. saya berencana membeli JR pass 7hari.. Pertanyaannya
    1. Apakah ada nama tersendiri utk JR tujuan osaka-kyoto-tokyo..
    2. saya baca utk osaka-tokyo kita bisa pakai tokaido shinkansen di shin-osaka ..apakah JR tsb mencakup tokaido shinkansen.
    3. Apakah JR tsb bisa saya pakai ke fushimi inari dan arashiyama bamboo forest..?
    4. Jika saya dr osaka ke kyoto di stasiun JR mana saya bisa naik kereta JR utk ke kyoto
    5.Jika saya dr osaka ke tokyo di stasiun mana saya bisa naik kereta JR nya..
    6. Apakah JR tsb mencakup kereta subway utk di osaka kyoto dan tokyo atau kita bisa naik kereta apa yg masuk dlm JR pass tsb
    7. JR pass tsb berlaku utk PP osaka-tokyo?
    Mohon pencerahannya mas N..
    Terimakasih..

    • Nugroho Christian  |  

      1. Osaka Kyoto bisa dengan kereta lokal, sementara kereta shinkansen Kyoto-Tokyo bisa dengan kereta Tokaido Shinkansen Hikari.
      2. Ya, ongkos kereta nya tercover dengan JR Pass.
      3. Bisa, dengan JR Nara Line dan JR Sagano/ Sanin Line, keduanya dari Stasiun Kyoto.
      4. Bisa dari Stasiun Osaka, Shin-Osaka, Tennoji
      5. Bisa dari Stasiun Osaka, Shin-Osaka
      6. JR Pass hanya akan mengcover ongkos kereta JR saja, kereta subway tidak tercover. Ibu bisa menggunakan kartu SUICA/ Pasmo atau kartu ICOCA saja untuk mengcover ongkosnya.
      7. Ya, ibu bisa naik kereta JR sepuasnya.
      Salam.

  4. malam Mas, saya mau tanya, kalau saya dari shin-osaka mau ke kyoto dengan Jr pass, nanti di kyoto perlu beli bus terusan kyoto?
    Tujuan saya fushimi inari, arashiyama, kinkakuji, kiyomizudera, gion, nishiki market, bagaimana saya bisa tau nomor bus berapa
    Untuk sampai ke tujuan-tujuan tersebut? Terima kasih

    • Terima kasih mas infonya,
      Mau tanya kalau dari shin-osaka mau ke shirakawago lewat kanazawa, apakah pulangnya keburu untuk ke namba dotonbori, shinsaibashi? Bagaimana pengaturan waktunya sebaiknya?
      Terima kasih

    • Malam Mas,
      Mau tanya kalau dari shin-osaka mau ke shirakawago lewat kanazawa, apakah pulangnya keburu untuk ke namba dotonbori, shinsaibashi? Bagaimana pengaturan waktunya sebaiknya?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Perjalanan dari Shin Osaka menuju ke Shirakawago PP lewat Kanazawa sendiri sudah memakan waktu kurang lebih 8 jam, ditambah jalan-jalan di Shirakawago 2 jam, sudah habis 10 jaman. Kalau berangkat pagi-pagi sekali sepertinya masih bisa malamnya ke Namba Dotonbori/ Shinsaibashi. Salam

  5. Selamat siang pak , itenerary saya adalah osaka – kyoto – tokyo
    osaka – shinsaibashi , dotonbori , horie , americamura
    osaka – universal
    osaka – kyoto – fushimi inari , arashiyama – gion – tokyo
    tokyo – shinjuku – shibuya – ginza – harajuku – akihabara
    tokyo – disney
    tokyo
    tokyo – haneda
    dengan perjalanan seperti itu apakah perlu membeli jr pass?
    untuk pengiriman koper osaka – haneda apakah boleh setelah 4 hari baru diambil di airport?
    boleh info mengenai kereta malam kyoto – tokyo pak?
    terima kasih banyak sebelumnya…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau hanya Osaka dan Tokyo dan hanya sekali naik shinkansen dari Kyoto ke Tokyo, sepertinya JR PASS tidak akan balik modal.
      Kemudian saat mengirim koper, Ibu bisa tulis kok tanggal berapa ingin barangnya tiba di Haneda Airport.
      Untuk perjalanan Kyoto-Tokyo, ibu bisa naik shinkansen (paling malam sekitar jam 21.00 dengan waktu perjalanan 2,5 jam) atau naik bus malam dengan waktu perjalanan 8-9 jam. Salam

  6. hai mas nugroho!
    kalau kita pilih itinerary ini kira2 bagaimana mas : halte arashiyama-bamboo forest-togetsukyo bridge-tenryuji temple-saga arashiyama station?
    karena saya lihat kalau naik bus jalannya gak terlalu jauh kebamboo forest dan naik bus dari penginapan kami lebih dekat lihat dimaps sih. tp infonya kalau naik bus penuh dan macet ya?
    jadi sebaiknya bagemana ya? apakah itin kami salah…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Semua tempat di itinerary di atas memang bisa ditempuh jalan kaki. Maksud nya naik bus adalah naik bus dari Kyoto Station atau Gion. Jalannya sering macet dan busnya selalu penuh. Nah, penginapan ibu di mana ya? Salam

    • hallo mas nugroho
      penginapan saya di daily apartment house gojyo ivy, dekat nishi honganji temple. lebih baik naik bus atau JR ya? klo bus sdh tercover kyoto bus pas kan?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau naik bus sudah tercover kyoto bus pass, kalau mau naik kereta dari Kyoto Station sampainya lebih cepat, namun ongkosnya tidak tercover oleh kyoto bus pass. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!