Kyoto Aquarium

Home / Aquarium / Kyoto Aquarium
Item image

Kyoto Aquarium atau Kyoto Suizokukan, termasuk salah satu atraksi baru di Kyoto dan diresmikan dan dibuka pada tanggal 14 Maret 2012. Pada awalnya memperoleh banyak penolakan termasuk dari penduduk kota Kyoto. Alasannya, karena area hijau Taman Umekoji berkurang hampir seperempat luasnya untuk dijadikan bangunan beton baru, yakni akuarium. Selain itu letak Kyoto yang tidak berada di pinggir laut menjadi pertanyaan, apakah akan ada banyak pengunjung akuarium? Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai menikmati akuarium ini karena di sini mereka bisa memperoleh hiburan dalam bentuk lain, tidak hanya pemandangan kuil yang menjadi daya tarik utama Kyoto. Apa saja yang bisa kita lihat di sini?

Hal-hal yang bisa dilakukan di Kyoto Aquarium

Daya tarik utama Kyoto Aquarium adalah pertunjukkan lumba-lumba dan Giant Salamander-salah satu dari spesies terancam punah di Jepang. Hewan laut dan ikan-ikan dapat dilihat berdasarkan tema atau lingkungan hidup mereka, seperti kehidupan di sungai Kyoto atau pedesaan Kyoto. Ada juga penguin, kura-kura, anjing laut, dan beragam jenis ikan dalam akuarium raksasa.

Pertunjukan lumba-lumba di Kyoto Aquarium

Pertunjukan lumba-lumba di Kyoto Aquarium

Ada 9 zona laut yang ada di Akuarium kota Kyoto. Zona pertama adalah zona sungai kota Kyoto dimana kita bisa menyaksikan variasi flora dan fauna yang ada di kota Kyoto, terutama di bagian hulu dan hilir sungai Yurakawa, sungai utama di Kyoto. Ada dua kolam yang isinya mendeskripsikan habitat asli Sungai Kamo dan Sungai Yura, sungai utama di kota Kyoto.

Zona kedua adalah zona hewan laut. Bentuk kolamnya dibuat seperti tapal kuda, sehingga jika masuk ke bagian tengahnya kita seperti dikelilingi lautan. Disini kita bisa melihat bermacam-macam hewan antara lain singa laut. Kita juga bisa melihat seluruh bagian kolam dari lantai dua Akuarium Kyoto.

Zona ketiga adalah zona pinguin. Di sini hidup pinguin yang hidup di daerah sub tropis dan tropis. Dengan kolam berpasir, kita bisa melihat puluhan pinguin hidup seperti di habitat aslinya.

Zona keempat adalah bagian kolam utama. Dengan ukuran berkapasitas 500 ton air, kolam raksasa ini menjadi tempat hidup bermacam-macam hewan laut seperti penyu, ikan pari manta ray, dan ikan-ikan kecil lautan lainnya.

Feeding time di Kyoto Aquarium

Feeding time di Kyoto Aquarium

Zona kelima adalah zona lautan di mana kita bisa melihat habitat laut air dangkal dengan koral dan pasir bewarna putih bersama dengan ribuan ikan koral kecil-kecil beraneka warna. Zona keenam adalah zona keindahan alam yang dipergunakan sebagai tempat konservasi spesies air langka, yang hidup di sungai Yura atau danau Biwa di daerah Shiga. Zona ketujuh adalah kolam pertunjukkan lumnba-lumba. Di sini kita bisa bersama-sama menyaksikan pertunjukkan lumba-lumba yang sangat disukai anak-anak.

Zona kedelapan adalah zona edukasi, di mana sering diadakan acara atau workshop, seperti membuat kerajinan tangan berbahan dasar laut, dan kegiatan-kegiatan edukasi bertemakan laut yang sangat cocok bagi edukasi anak-anak. Zona kesembilan atau zona terakhir adalah zona pinggiran Kyoto di mana kita bisa melihat suasana daerah desa pinggiran kota Kyoto. Kita bisa menyusuri area sawah, melihat sistem irigasi, dan melihat langsung ikan-ikan kecil berenang di saluran irigasi.

Akuarium Kyoto di kompleks Umekoji Park buka setiap hari sepanjang tahun mulai dari jam 09.00 hingga 17.00. Harga tiketnya 2.050 yen untuk dewasa, 1.500 yen untuk pelajar SMA, 1.000 yen untuk pelajar SD dan SMP, serta 600 yen untuk anak-anak. Mulai dari 29 April 2020, harga tiketnya mengalami kenaikan menjadi 2.200 yen untuk dewasa, 1.700 yen untuk pelajar SMA, 1.100 yen untuk pelajar SD dan SMP, serta 700 yen untuk anak-anak.

Beli Online Tiket Masuk
Kyoto Akuarium
Lumba-lumba di Kyoto Aquarium

Lumba-lumba di Kyoto Aquarium

Akses ke Kyoto Akuarium

Teman-teman bisa berjalan kaki sekitar 800 meter (15 menit) ke arah barat dari Stasiun Kyoto. Kyoto Akuarium letaknya di sisi utara taman, dan masuk dari jalan Kitsuya bashi-dori. Kalau teman-teman dari Stasiun Osaka, bisa naik kereta JR Kyoto Line selama kurang lebih 30 menit dengan ongkos 560 yen.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

New Miyako Hotel
1 km away
from ¥17000/night
Almont Hotel Kyoto
2 km away
from ¥13800/night
Kyoto Century Hotel
1 km away
from ¥10487/night
Ryokan Izuyasu
1 km away
from ¥27287/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Amanohashidate
82 km away
amanohashidate
Kuil Kodaiji
3 km away
Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto
Imperial Palace Kyoto
4 km away
Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto
Kuil Chionin
4 km away
Suasana Kuil Chionin di musim gugur

Sumber gambar: Flickr lasta29, Norihiro Kataoka, Norihiro Kataoka, t.shigesa


Recommended for you


Last modified: March 19, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!