Kuil Yoshida

Home / Park / Kuil Yoshida
Item image

Kuil Yoshida adalah kuil Shinto yang terletak di sisi timur laut Kyoto, tidak jauh dari Gunung Yoshida. Letaknya yang di sisi timur Universitas Kyoto membuat kuil ini tidak pernah sepi pengunjung yang utamanya adalah para mahasiswa yang ingin berdoa atau sekadar menenangkan diri. Area kuil yang tenang lengkap dengan taman luas dengan pepohonan rindang jadi tempat favorit para penduduk untuk beristirahat. Kuil ini dibangun untuk menghormati Yoshida Kanetomo, pemimpin aliran Shinto Yoshida yang hidup di sekitar abad ke-15. Apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kuil Yoshida di Kyoto? Berikut liputan Tim Info Jepang.

Kegiatan seru mengunjungi Kuil Yoshida

1. Berkeliling area Kuil Yoshida

Mengunjungi Kuil Yoshida membawa kita merasakan pengalaman alam kuil-kuil Shinto yang sungguh menenangkan. Buat teman-teman yang ingin merasakan “suasana santai” atau ingin “merenung dan menyendiri” emang kuil-kuil di area utara dan timur Kyoto pas banget.

Kuil Yoshida ini punya torii (gerbang kuil) berwarna merah terang seperti Kuil Heian Jingu, yang memudahkan kita untuk menemukan kuil ini bahkan dari jarak yang cukup jauh sekalipun. Setelah melalui beberapa anak tangga, kita baru akan benar-benar tiba di Kuil Yoshida. Pertama kali tiba, kita bisa melihat monumen Kurenai Moyuru yang adalah monumen peringatan sekolah yang kini menjadi Universitas Kyoto. Salah satu bangunan yang paling terkenal di kuil ini adalah bangunan segi delapan Saijosho Daigengu yang dibangun sebagai tempat penghormatan untuk Kanetomo Yoshida. Bentuk segi delapan ini melambangkan semangat dan kegigihan Yoshida untuk terus belajar dan menyebarkan agama Shinto kepada penduduk Kyoto.

Bangunan utama Kuil Yoshida di Kyoto

Bangunan utama Kuil Yoshida di Kyoto

2. Ikut serta dalam Festival Setsubun

Pada tanggal 2-3 Februari setiap tahunnya, Festival Setsubun diadakan di Kuil Yoshida. Festival Setsubun begitu terkenal dengan seruan atau teriakan, “Si jahat pergi, keberuntungan datang!”–ini diadakan sebagai perayaan tahunan untuk menolak bala (hal buruk) dan berharap untuk keberuntungan dalam keluarga, pendidikan, maupun pekerjaan. Saat festival ini berlangsung, hampir seluruh area kuil dan taman Yoshida akan penuh dengna para penganut agama Shinto maupun penduduk kota.

Festival setsubun di Kuil Yoshida Kyoto

Festival setsubun di Kuil Yoshida Kyoto

3. Berkeliling dan menikmati keindahan musim semi dan musim gugur

Di sisi timur kuil, kita juga bisa mengunjungi Taman Yoshida yang terkenal dengan pemandangan hanami di musim semi dan juga momiji di musim gugur. Ratusan pohon sakura dan maple yang tersusun rapi di area taman ini adalah salah satu tempat favorit para wisatawan maupun penduduk kota untuk hanami dan momiji.

Bunga sakura di gerbang Kuil Yoshida Kyoto

Bunga sakura di gerbang Kuil Yoshida Kyoto

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk ke kompleks kuil, kita tidak dikenai biaya alias gratis.

Akses menuju Kuil Yoshida

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik bus kota nomor 203 dan turun di halte bus Kita-Shirakawa. Lama perjalanannya sekitar 8-10 menit.

Cheap Hotels near Yoshida Shrine [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Eco and Tec Kyoto
2 km away
click for detail
Heian Residence
1 km away
click for detail
Kyoto Travellers Inn
2 km away
click for detail
Ryokan Inn Yoshida-sanso
0 km away
from ¥50049/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Wisata Hozu River Arashiy
18 km away
Sungai Hozukawa di daerah wisata Arashiyama
Umekoji Park
6 km away
umekoji park flower
Museum Shigureden Arashiy
10 km away
Pemandangan malam Museum Shigureden Arashiyama
Museum Manga Kyoto
3 km away
Rak buku di Museum Manga Kyoto

Sumber gambar: Flickr PV9007 Photography, PV9007 Photography, PV9007 Photography, PV9007 Photography


Recommended for you


Last modified: March 7, 2017 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!