Gion Shirakawa

Home / Attraction / Gion Shirakawa
Item image

Gion Shirakawa adalah jalur pedestrian atau pejalan kaki di pinggiran kanal di sisi barat Kyoto. Kanal ini nantinya akan bergabung di Sungai Kamo (Kamogawa). Kita bisa menikmati suasana asri berjalan kaki sambil mendengarkan deru aliran sungai yang menentramkan, dengan kiri-kanan perpaduan pepohonan bunga sakura dan bangunan Kyoto bersejarah yang fotogenik. Ada toko, restoran, dan juga kedai untuk minum teh, dengan jalan paving blok yang rapi tersusun. Kita seperti terlontar ke masa lalu Kyoto, namun dengan sentuhan modern yang sangat pas. Penduduk lokal menyebut jalur pedestrian ini sebagai jalan terindah di Kyoto. Makanya jangan heran, kita bisa melihat banyak pasangan melakukan sesi foto pre-wedding di area ini. Simak perjalanan Tim Info jepang mengunjungi Gion Shirakawa.

Pengalaman ke Gion Shirakawa

Salah satu spot foto yang tidak boleh terlewatkan adalah jembatan Gion Tatsumi, Nasuari Jizo Bosatsu, dan Gion Shin. Perpaduan sungai, jembatan yang ikonik, serta bangunan kuno tentu jadi latar belakang foto yang keren. Teman-teman bisa melengkapinya dengan berpakaian khas Kimono atau Yukata dari toko-toko penyewaan kimono yang tersedia tidak jauh dari kawasan Gion Shirakawa.

Gion Shirakawa adalah tempat favorit masyarakat lokal di Kyoto, khususnya saat musim semi. Selain aksesnya mudah karena dekat dengan stasiun, lokasinya juga dekat dengan restoran-restoran (cocok buat tempat ketemuan), pemandangannya juga sangat menakjubkan dengan ratusan pohon bunga shidare zakura yang tumbuh di sisi jalan. Ketika malam, light up dari toko dan restoran menambah kesan keindahan dan romantisnya bunga sakura. Bangunan sekitarnya seperti restoran dan penginapan juga turut bekerjasama, dengan menyalakan lentera di depan pintu atau toko mereka, sehingga suasana lebih temaram. Light up (yozakura dalam bahasa Jepang) ini diadakan setiap malam selama musim bunga sakura dari akhir bulan Maret hingga awal bulan April, dari mulai jam 18.00-22.00.

Jika beruntung, kita bisa bertemu dengan geisha atau maiko ketika berjalan-jalan di tempat ini (baca Peraturan baru mengenai mengambil foto Geisha/ Maiko). Beberapa spot yang bagus pemandangannya adalah sekitar jembatan Tatsumi di atas kanal Shirakawa atau Kuil Tatsumi Daimyojin. Semua keindahan pemandangan ini dapat disaksikan gratis, tanpa perlu membayar biaya apa-apa.

Suasana Yozakura saat Gion Shirakawa Sakura 2020

Suasana Yozakura saat Gion Shirakawa Sakura 2020

Akses menuju Gion Shirakawa

Dari Kyoto Station kita bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan berhenti di halte Gion (waktunya sekitar 20 menit dengan ongkos 230 yen). Begitu turun, kita akan menemukan Kuil Yasaka, jalan ke arah sebaliknya menuju area Hanamichi terus sampai ke Shijo-dori.

Kalau teman-teman naik kereta Hankyu Kobe Line dari Kobe Sannomiya, bisa turun di Stasiun Kyoto Kawaramachi (melalui Stasiun Juso di Osaka). Kalau berangkat dari Umeda/ Osaka, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line dan turun langsung di stasiun terakhir Stasiun Kyoto Kawaramachi. Lama perjalanannya sekitar 1 jam dengan ongkos 630 yen (dari Sannomiya) atau 43 menit dengan ongkos 400 yen dari Umeda Station. Setibanya di Stasiun Kyoto Kawaramachi, kita tinggal berjalan kaki ke Gion.

Selain itu, kita bisa ke Gion dengan naik kereta Keihan. Kita bisa turun di Gion Shijo Station. Tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit sampai ke area Gion.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakura Terrace
3 km away
from ¥7331/night
Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night
Kyoto Plaza Hotel
3 km away
from ¥8800/night
New Miyako Hotel
3 km away
from ¥17000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kurama
12 km away
Pemandangan momiji musim gugur di Kuil Kurama
Museum Manga Kyoto
2 km away
Rak buku di Museum Manga Kyoto
Kifune Jinja
13 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto
Rokkakudo Temple
1 km away
Gerbang masuk Rokkakudo Temple Kyoto

Sumber gambar : Flickr John Weiss, Kyoto-Picture


Recommended for you


Last modified: April 15, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!