Gion di Kyoto

Home / Attraction / Gion di Kyoto
Item image

Dari Kuil Nanzenji, kita bisa naik kereta Tozai Line di Keage Station dan menuju Sanjokeihan untuk pergi ke Gion. Gion di Kyoto sangat terkenal sebagai distrik Geisha atau penari di Jepang. Gion adalah distrik khusus Geisha (penari Jepang) yang terkenal. Terletak di sebelah timur sungai Kamo atau Kamogawa, suasana di Gion sangat berbeda dengan tempat lain di Kyoto. Bangunan tradisional di kanan kiri masih sangat terawat, menambah kesan antik dan tradisional wilayah Gion ini. Sambil menikmati panorama kota Kyoto jaman lalu, kita bisa mengambil foto-foto di jalan Hanami-koji dan Shirakawa-minami Dori, lalu beristirahat makan siang di sini. Kita bisa menyantap masakan tradisional khas Kyoto di sini dengan harga terjangkau.

6 Kegiatan Seru di Gion Kyoto

1. Ikut Festival Gion Matsuri

Suasana Festival Gion Matsuri

Anak-anak berpartisipasi dalam Gio Matsuri

O ya, tiap tahunnya di musim panas, diadakan festival Gion Matsuri yang sangat terkenal dan ramai. Kita dapat mengikuti festival ini secara gratis waktu berkunjung ke Kyoto. Festival tradisional yang telah berlangsung selama 1000 tahun lebih ini dimulai dengan tujuan menghilangkan penyakit wabah jaman itu. Dan hingga kini, festival ini terus diadakan setiap tahunnya.

Festival Gion Matsuri biasanya diadakan dari tanggal 1 hingga 31 Juli di distrik Kawaramachi dan Karasuma di timur kota Kyoto. Puncak perayaannya pada tanggal 14-16 Juli di mana bakal diadakan parade sekeliling kota.

2. Berfoto bersama Geisha

Gion terkenal sebagai distrik Geisha dan para penari di Kyoto. Kita dapat bertemu dengan para geiko dan maiko (geisha muda) di jalan-jalan kota Kyoto saat petang hari. Di saat bersamaan, kita dapat pula melihat polisi mulai berjaga untuk mengamankan para geisha dari orang jahat atau mereka yang memaksa meminta foto. Jadi, bagi teman-teman yang berkunjung ke Kyoto, jangan mengambil foto para geisha sembarangan ya!

Geisha terlihat sedang berjalan di Gion malam hari

Geisha terlihat sedang berjalan di Gion malam hari

Geisha adalah pekerjaan dengan level tinggi yang melayani di toko-toko, restoran, rumah teh, dan menari tarian Jepang bagi para tamu. Kebanyakan dari mereka bisa bernyanyi, menari, atau berpuisi sehingga bayarannya sangat mahal. Jadi jangan lupa pergi ke Gion di Kyoto ya!

Pesan Paket Tour
Geisha District di Kyoto

3. Menikmati sajian khas Kyoto

Jalan utama di kawasan Gion di Kyoto adalah Jalan Shijo, yang terbentang tepat diantara Kuil Yasaka dan sungai Kamogawa. Di sepanjang Shijo Avenue terdapat bermacam toko yang menjual aneka produk lokal, mulai dari cemilan hingga kerajinan tangan.

Ada juga Hanami-koji, atau jalan melihat bunga. Jalan ini terbentang diantara Jalan Shijo dan Kuil Kenninji yang berada di sisi selatan Gion.

Di sinilah tempatnya berbagai ryoutei, yaitu restoran khas Jepang yang menyediakan aneka kaiseki (makanan lengkap khas Jepang yang terkenal mahal) serta beberapa tempat minum teh. Suasana di Hanami-koji ini akan mengingatkan pengunjung akan setting drama tradisional Jepang, karena jalan ini dipenuhi oleh berbagai bangunan dengan arsitektur tradisional. Teman-teman bisa coba makan siang atau makan malam di Gion Hanamikoji juga.

4. Mengunjungi Pertunjukan Budaya di Gion Corner

Pertunjukan budaya di Gion Corner

Bangunan Gion Corner

Di ujung jalan Hanami-koji, kita dapat menemukan bangunan Gion Corner. Di sini kita dapat melihat upacara minum teh, ikebana, bunraku (pertunjukan boneka Kyoto), pertunjukan Gagauku Court Music, alat musik Koto, atau permainan komedi kyogen dan pertunjukan Tarian Kyo-Mai. Website Gion Corner tersedia dalam 10 bahasa dan menjadi tempat hiburan  dan seni paling terkenal di Kyoto.

5. Membeli oleh-oleh di Jalan Shijo

Di jalan Shijo, kita dapat menemukan sederetan toko yang menjual kue-kue tradisional Jepang dan juga kerajinan tangan khas Kyoto. Tidak ada salahnya mampir dan melihat-lihat oleh-oleh di sini. Setelah puas berkeliling Gion, teman-teman bisa lanjut berjalan kaki mengunjungi Distrik Higashiyama, yang meliputi kawasan kota tua Sannenzaka dan Ninenzaka, Kuil Yasaka, dan juga Kuil Kiyomizudera.

Suasana Gion di malam hari

Suasana Gion di malam hari

6. Pergi ke Ryozen Kannon di Gion

Dari distrik Gion di Kyoto, kita juga dapat mengunjungi patung Budha terkenal setinggi 24 meter yakni Ryozen Kannon. Patung ini dibangun untuk mengingat para serdadu dan prajurit yang meninggal dalam Perang Dunia kedua.

7. Mengunjungi Kuil Kenniji

Kuil Kenniji adalah salah satu Kuil Zen dari sekte Buddha Rinzai. Kuil ini terletak di sisi selatan kawasan Gion dan tercatat sebagai Kuil Zen tertua di Kyoto. Kita bisa mengunjungi kuil ini dengan gratis, namun harus membayar 500 yen untuk masuk ke bangunan utama seperti Dharma Hall. Para turis bisa melihat beberapa benda peninggalan Buddha Zen, termasuk lukisan naga di atas atap di Dharma Hall.

Akses Menuju ke Gion

Dari Kyoto Station kita bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan berhenti di halte Gion (waktunya sekitar 20 menit dengan ongkos 230 yen). Kalau mau balik malam hari dari Gion dimana bus kota Kyoto sudah berhenti beroperasi, bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line sampai ke Karasuma Station, jalan kaki menuju ke Shijo Station (kedua stasiun tersambung di bawah tanah), kemudian lanjut naik subway Karasuma Line sampai ke Kyoto Station.

Kalau teman-teman naik kereta Hankyu Kobe Line dari Kobe Sannomiya atau Umeda Osaka, bisa turun di Stasiun Kawaramachi (melalui Stasiun Juso di Osaka). Lama perjalanannya sekitar 1 jam dengan ongkos 620 yen (dari Sannomiya) atau 43 menit dengan ongkos 400 yen dari Umeda. Setibanya di Stasiun Kawaramachi, kita tinggal berjalan kaki ke Gion.

Buat kamu yang ingin mengunjungi wilayah Gion dan dan Distrik Higashiyama Kyoto, Pasar Nishiki, Arashiyama di Kyoto lalu Umeda Osaka, Gunung Rokko dan Sannomiya Kobe, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Gion Matsuri

Gion Matsuri merupakan salah satu festival terbesar di Jepang yang diadakan di kawasan Gion, lebih tepatnya di Kuil Yasaka. Dapatkan kursi terbaik untuk menyaksikan penampilan Yamahoko Junko dengan English Audio Guide yang akan menjelaskan sejarah Gion Matsuri. Reservasi online bisa dilakukan langsung di Website Gion Matsuri.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Almont Hotel Kyoto
2 km away
from ¥13800/night
Hotel Excellence Kyoto Ek
2 km away
from ¥5000/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
3 km away
from ¥11200/night
Kyoto Plaza Hotel
3 km away
from ¥8800/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kodaiji
1 km away
Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto
Kuil Genkoan
7 km away
Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan
Museum Manga Kyoto
1 km away
Rak buku di Museum Manga Kyoto
Kuil Kiyomizudera
2 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto

Sumber gambar : Flickr junog007, John Weiss, David OfffBermi Ferrer


Recommended for you


Last modified: May 16, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Siska
2016-05-26 10:48:17
Kyoto dan Gion harus dikunjungi!
queun
2016-03-28 14:05:58
Festival Gion Matsuri! :)

Close Comments

Comments (120)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik bus nomor 100,110,202,206,207 dan turun di halte bus Kiyomizumichi, kemudian berjalan kaki menuju ke Kuil Kiyomizudera. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Itu dalam 1 hari yang sama ya? Bapak menginapnya di mana ya? Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!