Kuil Ninnaji

Home / Temple / Kuil Ninnaji
Item image

Kuil Ninnaji adalah salah satu dari situs warisan dunia UNESCO yang bisa kita kunjungi saat di Kyoto. Kuil ini adalah pusat Sekolah Omuro dari aliran Buddha Shingon selama lebih dari 12 abad sejak mulai dibangun di tahun 888 oleh Kaisar Uda. Walaupun Kuil Ninnaji sempat rusak parah akibat perang Onin di tahun 1467, Kaisar Go-Yozei bersama dengan Tokugawa Iemitsu membangun kembali Kuil Ninnaji yang bangunannya bisa kita lihat sampai dengan hari ini. Selain dari keindahan musim gugur dan musim semi di kuil ini, kita juga bisa melihat bangunan pagoda lima lantai dan lukisan bersejarah di dinding kuil.

Kegiatan Seru selama di Kuil Ninnaji

1. Mengunjungi Goten, bangunan tempat tinggal biksu

Berada di sisi barat daya kompleks kuil, jangan sampai melewatkan bangunan Goten, yang menjadi bangunan tempat tinggal biksu. Gaya bangunannya yang kental dengan nuansa kekaisaran Jepang, lengkap dengan koridor dengan lukisan-lukisan dinding yang indah. Selain itu, setiap ruangan juga dibatasi dengan pintu geser khas Jepang bernama Fusuma lengkap dengan pemandangan ke arah taman batu yang indah.

2. Berkeliling bangunan kuil

Kita bisa melihat bangunan Golden Hall atau Aula Emas yang menjadi warisan budaya nasional Jepang. Selain itu, ada juga warisan kebudayaan Jepang, seperti pagoda lima lantai Ninnaji, bangunan upacara minum teh Ryokaku dan Hito, gerbang depan Niomon, gerbang dalam Chumon, hiingga aula Omura Kaikan.

3. Menikmati pemandangan taman kuil musim semi dan gugur

Dengan ratusan pohon sakura Omuro, area taman Kuil Ninnaji masuk ke dalam jajaran spot hanami terbaik di Kyoto. Uniknya, jenis pohon sakura ini mekar belakangan sekitar 2 minggu dari jadwal hanami sakura umumnya di Kyoto. Jadi, buat teman-teman yang berencana liburan di Kyoto di pertengahan hingga akhir April, Kuil Ninnaji bisa jadi salah satu destinasi wisata.

Momiji musim gugur di Kuil Ninnaji Kyoto

Momiji musim gugur di Kuil Ninnaji Kyoto

Di musim gugur, keindahan pohon-pohon maple juga menawarkan pengalaman momiji yang juga indah. Berpadu dengan taman batu kuil dan bangunan kuil yang bersejarah, pengalaman unik momiji di Ninnaji dijamin tidak akan terlupakan.

Pemandangan Kuil Ninnaji Kyoto saat musim gugur

Pemandangan Kuil Ninnaji Kyoto saat musim gugur

4. Mau mencoba menginap di Kuil Ninnaji

Seperti di Gunung Koya di Wakayama, kita pun bisa mencoba pengalaman menginap di Kuil Ninnaji. Menginap di kuil dikenal dengan shokubo dalam bahasa Jepang, yang dapat dilakukan di Aula Omuro Kaikan di sisi barat kompleks kuil. Kita bisa merasakan pengalaman sehari menjadi biksu atau pendeta Buddha. Selain akan tidur di dalam bangunan kuil, kita akan makan menu tradisional Kyoto (Japanese Cuisine) dan juga ikut dalam kegiatan doa setiap malam dan pagi hari.

Sebagai catatan, layanan dalam bahasa Inggris sangat minimal selama menginap di Kuil Ninnaji. Aula Omuro Kaikan memiliki 12 ruangan dengan kapasitas 66 tempat tidur. Untuk harga menginapnya bergantung pada usia dan jumlah orang yang menginap, mulai dari harga 5.200 yen (biaya menginap semalam tanpa makan), 6.000 yen (menginap dan makan pagi), dan 9.500 yen (menginap, makan malam, dan makan pagi). Semua ruangan memiliki fasilitas televisi, lemari es/kulkas, pendingin/pemanas ruangan, dan brangkas, lengkap dengan satu set pakaian yukata dan perlengkapan mandi.

Informasi Tiket Masuk

Tiket masuk kuil dibagi menjadi tiga jenis tiket:

  1. Tiket masuk Goten dan area taman kuil sebesar 500 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak.
  2. Tiket masuk Reiho-kan Hall (hanya dibuka di bulan April-Mei dan Oktober-November) sebesar 500 yen untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak.
  3. Tiket masuk khusus saat hanami sakura (pertengahan April) sebesar 600 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak.

Akses ke Kuil Ninnaji Kyoto

Kuil Ninnaji bisa dicapai dengan naik bus JR dari Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 230 yen. Ongkos naik bus JR ini tercover dengan JR Pass, Kansai Area Pass, dan Kansai Wide Pass.

Kuil Ninnaji bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Stasiun Omuro Ninnaji yang dilayani dengan tram Keifuku Kitano Line (tram yang menghubungkan wilayah Arashiyama dengan area Kitano, di dekat Kuil Kitano Tenmangu.

Sumber gambar: Flickr Kyoto-Picture, Kyoto-Picture


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. Halo infojepang, mau tanya..
    saya berniat untuk travel ke jepang dengan rute tokyo-osaka-kyoto. yang jadi pertanyaan memungkinkan tidak ya ketika di osaka-kyoto saya memilih untuk menginap di Osaka (dekat dengan st. Kayashima) saja atau tidak pindah hostel ketika di kyoto. berikut list tempat yang saya ingin datangi : Kyoto (Kyoto – Philosopher’s Path, Arashiyama (Bamboo Groove), Daikakuji Temple, Ninna Ji Temple, Kinkakuji Temple,Fushimi Inari Taisha,Kiyomezudera Temple,Gion (Gionmachi Kitagawa, Yasaka Shrine),Imperial Garden)
    osaka (Shinsaibashi Street,Dotonbori,Umeda Sky Building, OSAKA Castle,USJ ,Nishinomaru Garden)
    apakah memungkinkan jika saya PP osaka-kyoto dengan list tempat yang ingin saya datangi tersebut. Mohon pencerahannya .Thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Harga hotel di Kyoto dan Osaka sebetulnya tidak berbeda jauh kok bu. Lalu untuk di Kyoto, untuk beberapa tempat wisata transportasi bus memang “lebih dekat” ke tempat wisata yang diinginkan, seperti ke GIon, Kinkakuji atau Kuil Kiyomizudera. Ibu bisa membeli tiket terusan bus Kyoto juga. Lalu untuk alternatif transportasi bisa naik kereta lokal yang beroperasi di Kyoto, seperti kereta subway atau kereta Keihan. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!