Kuil Heian Jingu

Home / Nature / Kuil Heian Jingu
Item image

Satu lagi bangunan kuil yang tak boleh dilewatkan waktu pergi ke Kyoto adalah Kuil Heian Jingu. Kamu pasti terpesona dengan gerbang Torri warna merah menyala di jalan utama pintu masuk kuil. Orang-orang akan berbaris dari seberang jalan, ingin memotret seluruh gerbang Torii raksasa ini. Jadi rasanya tidak sulit menemukan kuil ini. Kuil Heian Jingu dibangun kembali pada tahun 1985 sebagai replika istana kerajaan jaman Heian (794). Meskipun ukurannya hanya 5/8 ukuran istana kerajaan jaman dulu, kita bisa menyaksikan luas halaman dan kemegahan bangunan serta keindahan taman di kuil yang terletak di bagian timur Kyoto ini.

6 Kegiatan Seru di Kuil Heian Jingu

Berikut rangkuman 6 kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kuil Heian Jingu Kyoto Jepang.

1. Melihat keindahan bunga-bunga di taman sekitar kuil

Selain bangunan utama dan bangunan penunjang, kawasan kuil Heian Jingu juga punya taman yang tersohor seantero Jepang. Kita bisa menikmati keindahan bunga sakura di musim semi, lili di musim panas, dan momiji di musim dingin dalam taman seluas 3 hektar yang berada di barat, utara, dan timur bangunan kuil. Kita dapat masuk dengan membayar 600 yen dari pintu di sebelah barat dan menyusuri rute berputar dan keluar di bagian timur. So, siapkan kameramu!

Kita bisa masuk dari taman sebelah barat (Nishi Shin-en). Di Nishi Shin-en ini terdapat sebuah danau yang tenang bernama Byakko-ike, dan dipenuhi dengan bunga iris yang akan bermekaran di musim panas. Di area taman barat ini juga terdapat sebuah rumah minum teh bernama Choshin-tei.

Perjalanan berlanjut ke taman selatan. Di sini suasananya relatif lebih tenang. Sekedar informasi taman ini dirancang untuk digunakan sebagai tempat pesta kebun para bangsawan.

Di area ini terdapat bermacam pohon sakura yang akan berbunga Sakura di musim semi, serta berbagai tanaman lain yang akan mekar di luar musim semi seperti bunga Azalea (mekar di musim panas). Taman ini memiliki sebuah spot khusus dimana terdapat berbagai tanaman dan bunga yang biasa ditampilkan dalam literatur periode Heian, bernama Heian-no-sono.

Kita dapat melanjutkan perjalanan ke Naka Shin-en, atau taman tengah yang punya sebuah danau yang disebut Soryu-ike. Danau di taman tengah ini dilengkapi dengan batu-batuan berukuran besar yang dapat dimanfaatkan untuk menyeberangi danau.

Adapun taman timur atau Higashi Shin-en termasuk memiliki usia yang lebih muda dibanding taman lainnya karena baru dibangun pada tahun 1910. Di tengah area taman timur ini terdapat sebuah danau yang disebut Seiho-ike yang sangat indah.

Taman di Kuil Heian Jingu

2. Melihat Hanami sakura di musim semi

Meskipun memiliki koleksi bunga berbeda-beda tiap musim, taman di Kuil Heian Jingu terkenal dengan bunga sakura dan hanaminya. Kita bisa menyaksikan perpaduan serasi warna merah tua bangunan kuil dengan warna pink dari bunga sakura. Meskipun tempat ini bakal sangat ramai kala musim semi tiba, saya rasa tidak rugi melihat hanami dari sini. Tips dari Tim Info Jepang: datanglah pada pertengahan bulan April untuk melihat sakura mekar sempurna.

Kuil Heian Jingu di musim semi

3. Berfoto di Jembatan Taiheikaku

Di kompleks taman sebelah timur sebelum ke arah keluar taman, kita bakal melewati jembatan Taihekaku. Kita bisa melihat pemandangan menakjubkan pepohonan hijau dengan bunga-bunga bermekaran dan sungai yang mengalir tenang dari atas jembatan Taiheikaku. Keindahan jembatan dengan sungai dan pepohonan di sekitarnya tentu bisa jadi kenang-kenangan yang indah mengunjungi Kuil Heian Jingu.

Jembatan Taiheikaku di Kuil Heian Jingu

4. Melihat Festival Takibi atau membakar kayu

Pada tanggal 1-2 Juni kita bisa melihat festival takibi yang diadakan di halaman depan bangunan Kuil Heian Jingu. Datanglah pada sore hari setelah pukul 6 malam, dan kita bisa melihat nyala api menerangi kegelapan malam di kuil ini.

5. Menyaksikan Festival Jidai Matsuri

Tiap tahun pada tanggal 22 Oktober, kita bisa menyaksikan festival Jidai di halaman utama Heian Jingu. Orang-orang dari kota Kyoto akan datang dan berpakaian khas pakaian pada jaman keemasan Heian. Festival yang sayang sekali kalau terlewatkan.

6. Berfoto dengan latar belakang gerbang Torii

Jika datang dari persimpangan Jingu-dori dan Niomon-dori, maka kita dapat melihat sebuah torii (pintu gerbang kuil) warna merah berukuran besar. Torii ini terbuat dari beton dan dibangun pada tahun 1929. Tingginya mencapai 24,2 meter dengan lebar 33 meter, sehingga tak heran jika torii ini termasuk salah satu yang terbesar di Jepang.

Cobalah bersabar dan menunggu giliran untuk berfoto diri dengan latar belakang gerbang Torii. Berfoto di gerbang raksasa setinggi 24 meter dengan lebar 34 meter ini tentu menjadi kenangan tak terlupakan.

Gerbang Torii di depan Kuil Heian Jingu

Informasi dan Akses ke Kuil Heian Jingu

Waktu berkunjung ke taman kuil:
1 Januari- akhir Februari pkl: 08:30-16:30
1 Maret-14 Maret pkl: 08:30-17:00
15 Maret-30 September pkl: 08:30-17.30
1 Oktober-31 Oktober pkl: 08:30-17.00
1 November-31 Desember pkl: 08.30-16.30

Dengan bus

Naik bus kota Kyoto nomor 5, 32, 46,100 dan turun di Kyoto Kaikan Bijutsukan Mae (Museum Kota Kyoto). Dari sana berjalan kaki 5 menit ke arah torii raksasa.

Dengan kereta

Naik kereta Keihan Line dari Stasiun Kyoto dan turun di Jingu Marutamachi Station. Setelah keluar dari pintu keluar nomor 2 berjalan kaki sekitar 15 menit menuju Kuil Meiji Jingu.

Selain itu, Kuil Heian Jingu juga bisa dicapai dengan kereta subway sampai Stasiun Higashiyama (melalui area Sannenzaka dan Ninenzaka yang terkenal), dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 10 menit sampai pintu masuk kuil.

Tiket masuk taman: Dewasa 600 yen, anak-anak 300 yen
Tiket masuk halaman kuil : Gratis

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Suasana Gion di Kyoto Jepang

Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Kuil Kinkakuji di Kyoto

Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels near Heian Jingu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Heian Residence Gozan
0 km away
from ¥14152/night
Ryokan Inn Yoshida-sanso
1 km away
from ¥50049/night
Kyoto Travellers Inn
1 km away
click for detail
Eco and Tec Kyoto
1 km away
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Tenryuuji
10 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto
Kereta Wisata Sagano
9 km away
Jalur Kereta wisata Sagano
Resort Ski Hirogawara Kyo
28 km away
Bermain di Resort Ski Kyoto Hirogawara
Kuil Kiyomizudera
2 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto

Sumber gambar :  neepster, Annie Guilloret, neepster, Annie Guilloret, ORAZ Studio


Recommended for you


Last modified: April 19, 2017 by

Close Comments

Comments (2)

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Ryan
2016-05-03 14:23:10
Kuil Heian Jingu jangan sampai lupa dikunjungi pas ke Kyoto

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!