Museum Shigureden Arashiyama

Home / Attraction / Museum Shigureden Arashiyama
Item image

Arashiyama kini sudah semakin terkenal bagi para wisatawan yang berkunjung di Kyoto. Saya masih ingat, tahun 2016 lalu, hanya sedikit pembaca yang menanyakan Arashiyama. Namun setelah lebih dari setahun, pertanyaan tentang Arashiyama sangat banyak. Beberapa kisah saya berkunjung ke tempat wisata di Arashiyama termasuk contoh Itinerary Mengunjungi Arashiyama banyak dijadikan rujukan oleh teman-teman yang ingin berwisata ke Jepang. Nah, ada satu spot wisata tersembunyi di Arashiyama. Namanya Museum Shigureden Arashiyama. Tenang…tenang…letaknya tidak jauh dari spot-spot wisata di Arashiyama, seperti Hutan Bambu, Jembatan Togetsu, dan Kuil Tenryuuji. Apa yang bisa kita lihat ya di Museum Shigureden Arashiyama? Simak kisah perjalanan saya keliling Museum Seni paling modern di Jepang.

Kegiatan Seru di Museum Shigureden Arashiyama

Museum Shigureden adalah museum tempat di mana Ogura Anthology of One Hundred Tanka (Ogura Hyakunin Isshu), sebuah karya sastra klasik Jepang disusun oleh Fujiwara no Teika. Karya klasik ini sebenarnya terdiri dari 100 buah puisi yang digabungkan oleh Fujiwara dan keturunannya pada masa Edo. Ogura Anthology kini tercermin dalam sebuah permainan kartu khas Jepang bernama karuta atau utagaruta. Permainan kartu dari jaman Edo yang sering dimainkan dalam acara perayaan tahun baru.

Pendopo utama Museum Shigureden Arashiyama

Pendopo utama Museum Shigureden Arashiyama

Mengunjungi Museum Shigureden akan membawa kita kepada pengalaman menikmati sisi lain Arashiyama yang belum banyak diketahui orang. Selain pemandangan dataran tinggi, sungai, serta Jembatan Togetsu yang keren, area taman terbuka dan bangunan museum juga cocok dijadikan latar belakang foto yang keren.

Atraksi Museum Shigureden Arashiyama

Atraksi Museum Shigureden Arashiyama

Satu lagi yang membuat mengapa museum ini sayang untuk dilewatkan karena kita bisa merasakan pengalaman bermain dan belajar dengan teknologi canggih di sini. Jangan heran! Karena pendiri Museum Shigureden ini adalah pemilik perusahaan Nintendo DS, sebuah permianan konsol yang sangat terkenal.

Di lantai pertamanya kita bisa menikmati area presentasi seluas 350 meter persegi yang mengisahkan sejarah Kota Kyoto dari dahulu sampai sekarang. Mulai dari jaman Heian, Tokugawa, Edo, hingga periode modern sekarang. Perubahan kota dan bangunan-bangunan kuil di Kyoto bahkan ditampilkan dengan sangat detail. Terakhir, kita bisa mencoba bermain kartu utagaruta, bahkan kalau beruntung, kita bisa memperoleh versi digital dari karya Ogura Anthology.

Informasi Tiket Masuk

Tiket masuk Museum Shigureden adalah 500 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak dan pelajar.

Akses menuju Museum Shigureden

Dari halte bus kota Arashiyama, kita bisa berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit sampai ke Museum Shigureden.

Dari Kyoto Station

Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan kereta lokal JR Sanin. Lama perjalanannya sekitar 16 menit dengan ongkos 230 Yen.

Selain itu juga bisa dengan Trem Keifuku Arashiyama Line dari Stasiun Shijoomiya di pusat kota Kyoto sampai Stasiun Arashiya. Lama perjalanan sekitar 20 menit, dengan ongkos 200 yen.

Dari Osaka Station

Osaka Station – Kyoto Station dengan JR Sanyo Main Line, dilanjutkan dengan kereta JR Sanin Main Line sampai Stasiun Saga Arashiyama (48 menit, ongkosnya 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line, dilanjutkan dengan kereta Hankyu Arashiyama Line sampai Stasiun Arashiyama. Lama perjalanan sekitar 41 menit dengan ongkos 390 Yen dan tercover semuanya dengan Hankyu Tourist Pass.

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station (tercover dengan Hankyu Tourist Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Century Hotel
9 km away
from ¥10487/night
Hotel New Hankyu
8 km away
from ¥13643/night
Sakura Terrace The Galler
8 km away
from ¥10589/night
Green Rich Hotel Kyoto
8 km away
from ¥7900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Arashiyama
1 km away
Arashiyama waktu musim panas
Kuil Ryoanji
5 km away
Taman Kuil Ryoanji di Kyoto
Amanohashidate
76 km away
amanohashidate
Gion di Kyoto
9 km away

Sumber gambar: Flickr tablexxnx, Yusuke Kawasaki, Keita Mori, ORAZ Studio, Tsai Wei-Kang


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Close Comments

Comments (6)

  1. Selamat sore pak Nugroho…
    Saya rencana berangkat ke Jepang 16 Nov – 29 Nov 2017. Sy akan stay 3 hr di Tokyo, 3 hari di Odawara untuk explore Hakone, Kawaguchiko Lake dan sekitarnya, 3 hr di Kyoto explore Arashiyama dan sekitarnya dan terakhir 3 hr di Osaka. Mohon bantuan infonya tiket kereta apa saja yg baiknya saya beli? Apa sy perlu membeli JR Pass mengingat perjalanan sy satu arah Tokyo-Odawara-Kyoto-Osaka. Terimakasih seblmnya ya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Sore Titin, tidak perlu membeli JR Pass sepertinya. Ibu bisa membeli Fuji Hakone Pass saja untuk keliling Hakone, Kawaguchiko, dan Gotemba. Serta menggunakan salah satu dari Pass di Tokyo serta untuk di Kyoto dan Osaka bisa menggunakan kartu SUICA/ Pasmo atua ICOCA saja. Kalau di Osaka, ibu bisa menggunakan salah satu dari Free Pass di Osaka juga. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!