Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

You are here Home  > Itinerary Perjalanan, Wisata Jepang >  Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Arashiyama di musim gugur tahun 2016 ini. Arashiyama memang tempat yang sangat indah dan wajib dikunjungi jika teman-teman berlibur di Kyoto. Lokasinya yang strategis dengan akses kereta dan bus yang mudah, membuat Arashiyama selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Sejarah Arashiyama dimulai dari sejak jaman Heian sekitar tahun 784-1185, di mana Arashiyama adalah pusat perdagangan pertanian dan hasil-hasil hutan ke penduduk kota Kyoto yang dulunya adalah ibukota Jepang. Makanya kita bisa menemukan banyak bangunan kuil bersejarah di Arashiyama lengkap dengan taman-taman khas Jepangnya yang memang ditujukan untuk para saudagar di jaman dahulu.

Foto-foto Arashiyama pasti selalu menghiasi iklan-iklan wisata Kyoto, bersama dengan terowongan torii Fushimi Inari Taisha, Kuil Kinkakuji, dan juga Kuil Kiyomizudera. Tim Info Jepang sudah merangkum itinerary perjalanan ke Arashiyama, lengkap dengan jadwal perjalanan, perkiraan waktu yang diperlukan, dan juga alternatif perjalanan wisata ke tempat-tempat wisata sekitar Arashiyama atau kota Kyoto. Jika teman-teman ingin memiliki pertanyaan, bisa menuliskannya di kotak pertanyaan di bawah. Tim Info Jepang akan segera menjawabnya.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

1. Naik kereta ke Arashiyama

Itinerary perjalanan ke Arashiyama ini sifatnya fleksibel, artinya teman-teman bisa menjalani itinerary ini pagi hari atau siang hari setelah berkeliling tempat-tempat wisata di Kyoto (baca Top 15 tempat wisata di Kyoto). Ada 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass, bisa naik kereta JR dari Kyoto Station sampai Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang datang dari Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, Nishiki Market, Gion, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik bus kota Kyoto plus kereta Keifuku Line (sebab bus menuju ke Arashiyama selalu penuh dan macet). Sedangkan teman-teman datang dari Gion atau Osaka bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line.

2. Pergi ke Jembatan Togetsubashi (sekitar 20 menit)

Kalau punya waktu lebih bisa mendaki gunung Iwatayama dan melihat taman kera Jepang yang terletak di puncak gunung. Perlu kira-kira 20 sampai 30 menit untuk dapat mencapai puncak gunung Iwatayama ini. Tim Info Jepang menyarankan untuk pergi ke tempat ini di musim gugur, atau bila punya waktu banyak berkeliling tempat wisata Kyoto dan Arashiyama. Khusus di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan pegunungan Arashiyama yang bewarna-warni momiji dari dekat sekaligu panorama kota Kyoto dari ketinggian.

Jika teman-teman tidak punya banyak waktu, cukup menyeberangi jembatan Togetsubashi atau berfoto dari pinggir sungai Hozukawa dengan latar belakang jembatan Togetsubashi. Setelah selesai kita bisa melanjutkan perjalanan kembali ke stasiun Arashiyama sambil melihat-lihat toko suvenir yang banyak di sepanjang jalan. Tenang saja, di akhir perjalanan kita bisa mampir untuk membeli oleh-oleh khas kota Kyoto atau mencicipi kuliner khas daerah sini.

Jalan menuju ke Jembatan Togetsubashi Arashiyama

Jalan menuju ke Jembatan Togetsubashi Arashiyama

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Jembatan Togetsubashi

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Jembatan Togetsubashi

3. Menuju ke ikon wisata Arashiyama: Kuil Tenryuuji (sekitar 30 menit, tiket masuk 600 yen)

Siapapun pasti akan terpukau melihat taman dan Kuil Tenryuuji di Arashiyama, yang juga termasuk warisan budaya dunia UNESCO. Namun sayang, banyak yang hanya mengunjungi Jembatan Togetsubashi atau hutan bambu Arashiyama, dan melewatkan Kuil Tenryuuji ini. Padahal kuil ini berada di antara Jembatan Togetsubashi, stasiun Arashiyama, dan hutan bambu Arashiyama. Kita dapat masuk ke kompleks Kuil Tenryuuji dan berfoto dengan latar belakang bangunan utama Kuil Tenryuuji dan pegunungan Arashiyama. Selain itu, kita juga bisa melihat Taman Sogenchi Teien atau Taman Kolam Sogen adalah daya tarik utama Kuil Tenryuuji. Kita bisa turun dan berjalan ke tepi kolam taman dan melihat keindahan taman dari beberapa titik, termasuk pantulan pepohonan di permukaan air kolam yang indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Tenryuuji adalah di puncak musim gugur (sekitar September-Oktober), di mana momiji mulai berubah warna menjadi kuning dan merah, memberikan pesona pemandangan musim gugur yang indah.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Kuil Tenryuuji

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Kuil Tenryuuji

4. Dari Kuil Tenryuuji lanjut ke Hutan Bambu Arashiyama (30 menit)

Sepulangnya dari Kuil Tenryuuji kita bisa masuk ke jalan di sebelah kanan kuil Tenryuuji. Setelah melewati pintu gerbang keluar kuil, maka teman-teman akan sampai di jalan setapak hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Meskipun suasananya agak sepi, teman-teman tidak perlu kuatir sebab tempat ini 100% aman. Hanya buat teman-teman yang berlibur bersama dengan anak-anak atau orangtua sebaiknya tidak memaksakan perjalanan menyusuri hutan bambu Arashiyama ini, sebab jalannya sekitar 300 meter agak menanjang. Teman-teman bisa jalan masuk sebentar, berfoto di hutan bambu Arashiyama, untuk kemudian berbalik arah kembali ke arah Arashiyama Station.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Hutan bambu Arashiyama

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Hutan bambu Arashiyama

Hutan Bambu Arashiyama ini bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Saga-Arashiyama (di jalur kereta JR Sagano Line) atau 15 menit dari Stasiun Arashiyama (di jalur kereta Hankyu).

5. Dari Hutan Bambu Arashiyama ke Villa Okochi Sanso (40 menit)

Setelah menyusuri hutan bambu Arashiyama, teman-teman akan sampai ke pertigaan. Jika belok ke kiri akan menuju ke Villa Okochi Sanso, dan jika ke kanan akan menyusuri jalan sampai ke Kuil Jojakukoji, kuil dengan pemandangan musim gugur nomor 1 di Arashiyama. Kali ini, Tim Info Jepang tidak ke Kuil Jojakukoji, namun ke Villa Okochi Sanso. Buat teman-teman yang ingin mengunjungi tempat wisata lain di Kyoto, bisa melewatkan itinerary perjalanan ke Arashiyama ini.

Villa Okochi Sanso tidak hanya menunjuk pada bangunan villa, namun juga taman Jepang atau Nippon Teien yang jadi ciri khas tempat ini. Taman ini luasnya mencapai 20 ribu meter persegi sehingga kamu mungkin akan tersesat bila tidak berhati-hati. Saran dari Tim Info Jepang, ikutilah penunjuk jalan yang tertulis juga dalam bahasa Inggris. Jangan lupa ambil booklet dan peta penunjuk taman yang tersedia di pintu masuk. Jika mengikuti penunjuk dengan tepat, kita dapat melihat pemandangan taman yang cantik, beberapa bangunan tua Jepang seperti pendopo belajar (Shoin), pendopo kuil (Jibutsudo) atau pendopo minum teh, pemandangan kota Kyoto dari ketinggian, dan juga pemandangan sungai Hozu di bagian selatan. Seluruh bagian taman juga dipenuhi oleh bunga-bunga cantik yang mekar setiap musimnya: ada bunga sakura yang mekar di musim semi, azalea di musim panas, atau pohon maple dan pinus yang berubah warna menjadi kekuningan di musim gugur.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Okochi Sanso

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Okochi Sanso

6. Kembali ke Arashiyama Station

Kita bisa kembali ke Arashiyama Station untuk melanjutkan perjalanan. Perlu teman-teman ingat, bahwa terdapat 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass atau ingin kembali ke Kyoto Station, bisa naik kereta JR dari Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang ingin ke Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik kereta Keifuku Line sampai ke Kitano Hakubaicho Station untuk lanjut naik bus kota Kyoto. Sedangkan teman-teman yang ingin ke Gion langsung atau kembali ke Osaka, bisa menyeberangi jembatan Togetsubashi untuk naik kereta Hankyu Kyoto Line dari stasiun Arashiyama di seberang sungai.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Arashiyama, Gion, atau Pasar Nishiki di Kyoto lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Akses Menuju Arashiyama di Kyoto

Karena terkenalnya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, maka akses pun bermacam-macam. Total ada 3 stasiun terdekat untuk mencapai tempat ini yaitu dengan JR San-in Main Line, Trem Randen, atau Arashiyama Station dengan Hankyuu Arashiyama Line.

Dari Kyoto Station

Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR Sanin Main Line Local atau JR Sagano Line (16 menit, ongkosnya 230 Yen)

Shijoomiya Station (Pusat kota Kyoto) – Arashiyama Station dengan Trem Keifuku Arashiyama Line (20 menit, ongkosnya 200 yen)

Dari Osaka Station

Osaka Station – Kyoto Station dengan JR San-yo Main Line
Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line (48 menit, ongkosnya 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line
Katsura Station – Arashiyama Station dengan Hankyu Arashiyama Line (41 menit, ongkosnya 390 Yen)

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station.

Recomended Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Binario Saga
from ¥21000/night
Guest House Atagoya
from ¥11347/night
Rangetsu
click for detail
Ranzan
click for detail

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr kelly reevesOame, A, Hiro KobashiAmber, Amber, Vanessaparanda☆UP DATE, ZEKKEI Japan


Recommended for you

Last modified: July 18, 2017

Comments (38)

  1. Sore Pak Nugroho, Mohon informasinya, saya berencana tour 1 hari di kyoto dan lanjut di Osaka. itinerary di kyoto adalah Arashiyama – bamboo forest – inari- gion – osaka. saya tidak pakai JR Pass, apakah perjalanan ini bisa menggunakan kereta atau subway?atau lebih mudah menggunakan bus one day tour?mohon rekomendasinya. terima kasih.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, ibu bisa menggunakan kereta dan subway. Dari Umeda bisa naik kereta Hankyu ke Arashiyama dan melihat hutan bambu Arashiyama, kemudian lanjut naik kereta Hankyu sampai ke Kawaramachi di Gion. Lalu naik kereta Keihan dari Gion menuju ke Inari (Kuil Fushimi Inari), dan lanjut naik kereta Keihan lagi kembali ke Osaka.
      Salam

    • 1 lg ya Pak Nugroho.. kalau rutenya dari Stasiun Kyoto (krn saya berangkat dr tokyo ke kyoto menggunakan shinkansen) baiknya saya menggunakan kereta / subway apa ya ke Arashiyama?
      Terima kasih 🙂

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Vira bisa naik kereta JR Sagano Line dari Stasiun Kyoto sampai Stasiun Saga-Arashiyama, yang tercover juga dengan JR Pass. Salam.

  2. Selamat malam Pak Nugroho…Saya rencana 3 hari di Kyoto dan menginap di daerah nishikujo inmachi minami ward dan tempat yang saya mau kunjungi Fusimi Inari, Kinkakuji, Gion, Arashima, Kiyomizu temple. Rute kemana baiknya yg saya pilih apakah lebih baik di pisah jadi bbrp hari dan transportasi nya saya pilih naik train. Tolong info JR PASS rute n hrgnya. Boleh juga Pak di info daerah wisata lainnya yang menarik. Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan dibaca rute Trayek Bus di Kyoto.
      Maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail perjalanan di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti, termasuk jenis-jenis pass kereta yang tepat dipergunakan.

  3. Hi Pak Nugroho

    Pak, saya ingin bertanya mengenai transport utk rute yang akan saya ambil
    1. Dr Inari ke Sagaarashiyama
    2. Dr Arashiyama ke Gion
    3. Dr Gion ke Kiyomizudera
    4. Dr Kiyomizu Gojo ke Shin-Osaka
    Apakah jalur saya bisa naik bus Pak? Mengingat di Kyoto ada one day pass utk bus
    Kalo bole, no bus berapa aj y Pak ?

    Terima kasih

  4. Hi Pak Nugroho

    Pak, maaf, seharusnya kuil Kinkakuji, kuil yg berwarna emas
    Jadi sebaiknya rutenya gimana y pak spy searah?
    Fushimi Inari, arashiyama, kinkakuji dan kiyomizudera ( kiyomizuderanya rencana sore menjelang malam pak)

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, rutenya bisa ditukar antara Kuil Ginkakuji (perak) dan Kuil Kinkakuji (emas). Salam

  5. Hi pak, saya mau bertanya mengenai rute di kyoto
    Saya berencana ke arashiyama, fushimi inari, ginkakuji dan kiyomizudera
    Tetapi saya ingin kiyomizudera di sore menjelang malam krn ada festival hanatoro. Sebaikny rutenya yg mana dulu y pak spy sejalur ?

  6. hi.. saya mau tanya mengenai itinerary ke arashiyama
    lebih baik naik kereta sagano (kereta uap) jj dulu & terakhir menuju bamboo forest?
    atau sebaliknya?
    karena saya baca dari info jepang ini.. naik kereta sagano jj keliling setelah selesai perjalanan mau balek lagi dan menuju ke bamboo forest.)
    menurut anda apakah lebih baik ke bamboo forest dulu baru lanjut naik kereta sagano jj siap itu balek ke station n pulang jj ke gion? (lebih mana efisien)

    thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pada dasarnya sama saja, sebab kereta wisata Sagano ini lokasinya menjauh dari stasiun Arashiyama.
      Jadi kalau dibuat rutenya:
      (1) JR Saga Arashiyama – JR Umahori – jalan ke Stasiun Torokko Kameoka – Stasiun Torokko Arashiyama – Hutan Bambu Arashiyama – Stasiun Arashiyama
      (2) Stasiun Arashiyama – Hutan Bambu Arashiyama – Stasiun Torokko Arashiyama – Stasiun Torokko Kameoka – kembali dari stasiun JR Umahori – JR Saga Arashiyama
      Kalau pulangnya ibu mau ke Gion, mungkin bisa mengikuti rute nomor (1)

  7. Nugroho Christian
    Nugroho Christian  |  

    Ani bisa naik JR Kobe Line dari Kyoto jam 11.30 sampai Stasiun Osaka (560 yen), lalu jalan kaki ke Stasiun Umeda, dan naik Midosuji Line sampai Namba. Kereta terakhirnya berangkat jam 12.02, ongkosnya 240 yen. Salam.

  8. Pak Christian,
    Saya bermaksud mengunjungi kyoto seharian aja, karena saya menginap di Namba Osaka.

    1. Transport apa yg saya gunakan dari Namba ke Kyoto, saya pengguna JR pass

    2. Jam berapa paling akhir saya harus balik lagi dari Kyoto ke Namba Osaka, supaya jalan2 saya maximal seharian di kyoto

    3. Tujuan saya di kyoto : arashimaya, fushimi inari, kiyomizudera, kinkakuji, ginkakuji, gion, nishiki market, potoncho,
    Apakah bisa dalam seharian, dan apakah urutannya sudah benar?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Ani bisa naik JR Kobe Line dari Kyoto jam 11.30 sampai Stasiun Osaka (560 yen)-tercover dengan JR Pass, lalu jalan kaki ke Stasiun Umeda, dan naik Midosuji Line sampai Namba. Kereta terakhirnya berangkat jam 12.02, ongkosnya 240 yen-tidak tercover.
      Urutannya sudah benar, namun rasanya sulit menyelesaikannya dalam sehari apalagi kalau Ani banyak berhenti dan molor waktunya. Ani bisa mengikuti contoh itinerary saya mengunjungi Kuil di Kyoto dan Arashiyama. Di mana arashiyama bisa diganti dengan nishiki market dan potoncho. Salam.

  9. Pak, kalau saya day tour dari osaka mau ke kyoto, niatnya mau naik sagano train, ke bamboo forest, ke kinkakuji temple, fushimi inari, philosopher path, gion, yang paling dan efisien rutenya gmna ya pak? Kalo saya pakai JR pass, saya harus combine dengan kyoto day pass juga untuk objek wisata yg saya sebut diatas ya?

  10. Selamat malam Pak Nugroho,
    mau tanya ya Pak, saya berencana ke arashiyama sore, kemudian dilanjutkan ke gion malamnya, apakah bisa menggunakan bus? Bus no berapa, dan turunnya di halte apa namanya?
    Kemudian apakah kalau jalan sekitar jam segitu masih macet jika menggunakan bus?
    Terimakasih sebelumnya Pak.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau naik bus, Ibu bisa naik bus nomor 11 sampai ke halte Shijo Keihan, kemudian jalan kaki ke Gion.
      Kalau ingin lebih cepat bisa naik kereta Hankyu, tukar di Katsura Station, kemudian naik kereta Hankyu Kyoto sampai Stasiun Kawaramachi di Gion.
      Salam

  11. Sore, kalau saya ke Kyoto dengan urutan Arashiyama-Inari-Kyomizudera-Gion pilihan lebih baik naik bus atau kereta? Pertimbangan kemacetan dan biaya.Thanks.

  12. Om Nugroho mau nanya ya…
    saya rencana ke sana sekitar bulan juni, and untuk menghemat tiket kereta JR Line mau naik bus malam aja hehehe
    garis besar itinerary saya sih : tokyo – kyoto (stay 2 – 3 hari), Kyoto – Osaka (2 – 3 Hari) Osaka – Tokyo (2 – 3 hari) karena balik ke Jakarta dari haneda.
    dgn rencana seperti itu memungkinkan gk naik bus malam? lalu apakah didalam bus ada toilet? mengingat bawa anak kecil. Tq Om

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bus malam memiliki toilet di bagian belakang, sama seperti bus antar kota di Indonesia.
      Rute bus malam yang bisa digunakan adalah antara Tokyo-Kyoto, kemudian Osaka-Tokyo. Harganya sekitar 3500-4500 per orang.
      Salam

    • Hallo Om,

      Tadi saya sudah browsing karena searching untuk bulan juni masih terlalu lama, saya coba searching untuk minggu ini. tapi harganya rangenya sekitar 8000 – 11.000 yen.

      Mohon sarannya.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. Harganya tergantung jenis bus juga, ada yang satu deret 3 bangku ada yang 4 bangku.
      Tentu yang 3 bangku ongkosnya lebih mahal. Salam

  13. hai mas nugroho!
    kalau kita pilih itinerary ini kira2 bagaimana mas : halte arashiyama-bamboo forest-togetsukyo bridge-tenryuji temple-saga arashiyama station?
    karena saya lihat kalau naik bus jalannya gak terlalu jauh kebamboo forest dan naik bus dari penginapan kami lebih dekat lihat dimaps sih. tp infonya kalau naik bus penuh dan macet ya?
    jadi sebaiknya bagemana ya? apakah itin kami salah…

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Semua tempat di itinerary di atas memang bisa ditempuh jalan kaki. Maksud nya naik bus adalah naik bus dari Kyoto Station atau Gion. Jalannya sering macet dan busnya selalu penuh. Nah, penginapan ibu di mana ya? Salam

    • hallo mas nugroho
      penginapan saya di daily apartment house gojyo ivy, dekat nishi honganji temple. lebih baik naik bus atau JR ya? klo bus sdh tercover kyoto bus pas kan?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau naik bus sudah tercover kyoto bus pass, kalau mau naik kereta dari Kyoto Station sampainya lebih cepat, namun ongkosnya tidak tercover oleh kyoto bus pass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka, Ibu bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.010 yen. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi. Kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass. Diambil dari Info Wisata di Kyoto.
      Salam

  14. Selmt sore pak ..apakah dari umeda hankyu bisa langsung ke Arashiyama ? bila sy langsung ke arashiyama apakah disana sy bisa beli tiket kyoto one day pass ? Trims

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu bisa pergi ke Kyoto Arashiyama dengan kereta Hankyu Kyoto Line. Dan sepertinya tiket one day pass bus Kyoto tidak bisa dibeli di Arashiyama. Silakan ibu naik kereta JR dari Osaka ke Kyoto, turun di Kyoto Station, beli tiket bus, lanjut lagi naik kereta JR dari Kyoto Station ke Arashiyama. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!