Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

You are here Home  > Itinerary Perjalanan, Wisata Jepang >  Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Arashiyama di musim gugur tahun 2016, 2017, dan 2018. Arashiyama memang tempat yang sangat indah dan wajib dikunjungi jika teman-teman berlibur di Kyoto. Lokasinya yang strategis dengan akses kereta dan bus yang mudah, membuat Arashiyama selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Sejarah Arashiyama dimulai dari sejak jaman Heian sekitar tahun 784-1185, di mana Arashiyama adalah pusat perdagangan pertanian dan hasil-hasil hutan ke penduduk kota Kyoto yang dulunya adalah ibukota Jepang. Makanya kita bisa menemukan banyak bangunan kuil bersejarah di Arashiyama lengkap dengan taman-taman khas Jepangnya yang memang ditujukan untuk para saudagar di jaman dahulu.

Foto-foto Arashiyama pasti selalu menghiasi iklan-iklan wisata Kyoto, bersama dengan terowongan torii Fushimi Inari Taisha, Kuil Kinkakuji, dan juga Kuil Kiyomizudera. Tim Info Jepang sudah merangkum itinerary perjalanan ke Arashiyama, lengkap dengan jadwal perjalanan, perkiraan waktu yang diperlukan, dan juga alternatif perjalanan wisata ke tempat-tempat wisata sekitar Arashiyama atau kota Kyoto. Jika teman-teman ingin memiliki pertanyaan, bisa menuliskannya di kotak pertanyaan di bawah. Tim Info Jepang akan segera menjawabnya.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama

1. Naik kereta ke Arashiyama

Itinerary perjalanan ke Arashiyama ini sifatnya fleksibel, artinya teman-teman bisa menjalani itinerary ini pagi hari atau siang hari setelah berkeliling tempat-tempat wisata di Kyoto (baca Top 15 tempat wisata di Kyoto). Ada 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass, bisa naik kereta JR dari Kyoto Station sampai Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang datang dari Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, Nishiki Market, Gion, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik bus kota Kyoto plus kereta Keifuku Line (sebab bus menuju ke Arashiyama selalu penuh dan macet). Sedangkan teman-teman datang dari Gion atau Osaka bisa naik kereta Hankyu Kyoto Line (tercover dengan Hankyu Tourist Pass)

2. Pergi ke Jembatan Togetsubashi (sekitar 20 menit)

Kalau punya waktu lebih bisa mendaki gunung Iwatayama dan melihat taman kera Jepang yang terletak di puncak gunung. Perlu kira-kira 20 sampai 30 menit untuk dapat mencapai puncak gunung Iwatayama ini. Tim Info Jepang menyarankan untuk pergi ke tempat ini di musim gugur, atau bila punya waktu banyak berkeliling tempat wisata Kyoto dan Arashiyama. Khusus di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan pegunungan Arashiyama yang bewarna-warni momiji dari dekat sekaligu panorama kota Kyoto dari ketinggian.

Jika teman-teman tidak punya banyak waktu, cukup menyeberangi jembatan Togetsubashi atau berfoto dari pinggir sungai Hozukawa dengan latar belakang jembatan Togetsubashi. Setelah selesai kita bisa melanjutkan perjalanan kembali ke stasiun Arashiyama sambil melihat-lihat toko suvenir yang banyak di sepanjang jalan. Tenang saja, di akhir perjalanan kita bisa mampir untuk membeli oleh-oleh khas kota Kyoto atau mencicipi kuliner khas daerah sini.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Jembatan Togetsubashi

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Jembatan Togetsubashi

3. Menuju ke ikon wisata Arashiyama: Kuil Tenryuuji (sekitar 30 menit, tiket masuk 600 yen)

Siapapun pasti akan terpukau melihat taman dan Kuil Tenryuuji di Arashiyama, yang juga termasuk warisan budaya dunia UNESCO. Namun sayang, banyak yang hanya mengunjungi Jembatan Togetsubashi atau hutan bambu Arashiyama, dan melewatkan Kuil Tenryuuji ini. Padahal kuil ini berada di antara Jembatan Togetsubashi, stasiun Arashiyama, dan hutan bambu Arashiyama. Kita dapat masuk ke kompleks Kuil Tenryuuji dan berfoto dengan latar belakang bangunan utama Kuil Tenryuuji dan pegunungan Arashiyama. Selain itu, kita juga bisa melihat Taman Sogenchi Teien atau Taman Kolam Sogen adalah daya tarik utama Kuil Tenryuuji. Kita bisa turun dan berjalan ke tepi kolam taman dan melihat keindahan taman dari beberapa titik, termasuk pantulan pepohonan di permukaan air kolam yang indah. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kuil Tenryuuji adalah di puncak musim gugur (sekitar September-Oktober), di mana momiji mulai berubah warna menjadi kuning dan merah, memberikan pesona pemandangan musim gugur yang indah.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Kuil Tenryuuji

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Kuil Tenryuuji

4. Dari Kuil Tenryuuji lanjut ke Hutan Bambu Arashiyama (30 menit)

Sepulangnya dari Kuil Tenryuuji kita bisa masuk ke jalan di sebelah kanan kuil Tenryuuji. Setelah melewati pintu gerbang keluar kuil, maka teman-teman akan sampai di jalan setapak hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Meskipun suasananya agak sepi, teman-teman tidak perlu kuatir sebab tempat ini 100% aman. Hanya buat teman-teman yang berlibur bersama dengan anak-anak atau orangtua sebaiknya tidak memaksakan perjalanan menyusuri hutan bambu Arashiyama ini, sebab jalannya sekitar 300 meter agak menanjang. Teman-teman bisa jalan masuk sebentar, berfoto di hutan bambu Arashiyama, untuk kemudian berbalik arah kembali ke arah Arashiyama Station.

Hutan Bambu Arashiyama ini bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Saga-Arashiyama (di jalur kereta JR Sagano Line) atau 15 menit dari Stasiun Arashiyama (di jalur kereta Hankyu).

5. Dari Hutan Bambu Arashiyama ke Villa Okochi Sanso (40 menit)

Setelah menyusuri hutan bambu Arashiyama, teman-teman akan sampai ke pertigaan. Jika belok ke kiri akan menuju ke Villa Okochi Sanso, dan jika ke kanan akan menyusuri jalan sampai ke Kuil Jojakukoji, kuil dengan pemandangan musim gugur nomor 1 di Arashiyama. Kali ini, Tim Info Jepang tidak ke Kuil Jojakukoji, namun ke Villa Okochi Sanso. Buat teman-teman yang ingin mengunjungi tempat wisata lain di Kyoto, bisa melewatkan itinerary perjalanan ke Arashiyama ini.

Villa Okochi Sanso tidak hanya menunjuk pada bangunan villa, namun juga taman Jepang atau Nippon Teien yang jadi ciri khas tempat ini. Taman ini luasnya mencapai 20 ribu meter persegi sehingga kamu mungkin akan tersesat bila tidak berhati-hati. Saran dari Tim Info Jepang, ikutilah penunjuk jalan yang tertulis juga dalam bahasa Inggris. Jangan lupa ambil booklet dan peta penunjuk taman yang tersedia di pintu masuk. Jika mengikuti penunjuk dengan tepat, kita dapat melihat pemandangan taman yang cantik, beberapa bangunan tua Jepang seperti pendopo belajar (Shoin), pendopo kuil (Jibutsudo) atau pendopo minum teh, pemandangan kota Kyoto dari ketinggian, dan juga pemandangan sungai Hozu di bagian selatan. Seluruh bagian taman juga dipenuhi oleh bunga-bunga cantik yang mekar setiap musimnya: ada bunga sakura yang mekar di musim semi, azalea di musim panas, atau pohon maple dan pinus yang berubah warna menjadi kekuningan di musim gugur.

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama Okochi Sanso

Itinerary Perjalanan ke Arashiyama: Okochi Sanso

6. Kembali ke Arashiyama Station

Kita bisa kembali ke Arashiyama Station untuk melanjutkan perjalanan. Perlu teman-teman ingat, bahwa terdapat 3 stasiun utama di Arashiyama, plus satu stasiun kereta wisata Sagano, di mana kita bisa menikmati pemandangan musim gugur dari atas kereta. Buat teman-teman yang memiliki JR Pass atau ingin kembali ke Kyoto Station, bisa naik kereta JR dari Saga Arashiyama Station. Buat teman-teman yang ingin ke Kuil Kinkakuji, Kyoto Imperial Palace, atau Istana Nijo di bagian pusat Kyoto bisa naik kereta Keifuku Line sampai ke Kitano Hakubaicho Station untuk lanjut naik bus kota Kyoto. Sedangkan teman-teman yang ingin ke Gion langsung atau kembali ke Osaka, bisa menyeberangi jembatan Togetsubashi untuk naik kereta Hankyu Kyoto Line dari stasiun Arashiyama di seberang sungai.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Arashiyama, Gion, atau Pasar Nishiki di Kyoto lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Akses Menuju Arashiyama di Kyoto

Karena terkenalnya banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, maka akses pun bermacam-macam. Total ada 3 stasiun terdekat untuk mencapai tempat ini yaitu dengan JR San-in Main Line, Trem Randen, atau Arashiyama Station dengan Hankyuu Arashiyama Line.

Dari Kyoto Station

Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR Sanin Main Line Local atau JR Sagano Line (16 menit, ongkosnya 230 Yen)

Shijoomiya Station (Pusat kota Kyoto) – Arashiyama Station dengan Trem Keifuku Arashiyama Line (20 menit, ongkosnya 200 yen)

Dari Osaka Station

Osaka StationKyoto Station dengan JR San-yo Main Line
Kyoto Station – Saga Arashiyama Station dengan JR San-in Main Line (48 menit, ongkosnya 950 Yen)

Umeda Station (Osaka) – Katsura Station (Kyoto) dengan Hankyu Kyoto Line
Katsura Station – Arashiyama Station dengan Hankyu Arashiyama Line (41 menit, ongkosnya 390 Yen)

Dari Gion di Kyoto

Kalau mau ke Arashiyama, dari Gion bisa jalan kaki ke arah Stasiun Kawaramachi dan naik kereta Hankyu sampai Arashiyama via Katsura Station.

Recomended Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sun Members Kyoto Saga
from ¥15000/night
Ranzan
click for detail
Hotel Binario Saga
from ¥21000/night
Saga Grace Hotel
from ¥21580/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Sungai Kamogawa
Suasana malam hari Sungai Kamogawa Kyoto
Taman Botani Kyoto
Kolam di samping Taman Botani Kyoto
Kuil Kokedera
Bangunan Kuil Kokedera di Kyoto
Kereta Wisata Sagano
Jalur Kereta wisata Sagano

Sumber gambar: Flickr kelly reevesOame,Hiro KobashiAmber, Amber, Vanessaparanda☆UP DATE, ZEKKEI Japan


Recommended for you

Last modified: January 15, 2019

Comments (97)

  1. Siang Pak,
    Utk Kyoto-Osaka sightseeing pass 1day dgn jalur Keihan Railway, apakah mengcover biaya perjalanan dari Osaka-Kyoto pp? Bisakah pass tsb dibeli di Osaka?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Keihan Sightseeing Pass. Kereta keihan di Osaka berangkat dari Kyobashi Station (3 stasiun setelah Osaka Station), dan masuk ke Kyoto dari sebelah timur melalui Stasiun Chuosojima dan Stasiun Tofokuji. Di Osaka, ibu bisa membeli nya di stasiun-stasiun Keihan Line: Yodoyabashi Station, Kitahama Station, Temmabashi Station, Kyobashi Station di Osaka.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bapak bisa jalan kaki baik dari Hankyu Arashiyama Station dan Saga Arashiyama Station. Salam

  2. Admin, mohon saran,
    saya dari osaka mau main seharian di kyoto tgl 17April ini,
    pertama naik JR Kyoto line sampai di Kyoto Station, terus beli Kyoto one day bus card saja untuk keliling dgn rute pertama ke Arashiyama, Kinkakuji, Ginkakuji, Fushimi, Kiyomizudera, Ninenzaka, Gion.
    apakah sudah benar rutenya?
    dan mohon beritahu nomor busnya?

  3. Selamat pagi pak Nugroho,
    Tgl 17 Juni kami sekeluarga berencana ke Kyoto utk 1 hari saja berangkat dari Osaka. Tujuan wisata nya Arashiyama, Kinkakuji, Fushimi Inari, Kiyomizudera, Gion, dan Ninenzaka. Urutan terbaiknya kemana dulu ya pak? dan transportasi terbaiknya ke masing2 tempat dengan apa ya? Mohon infonya ya pak… Terima kasih.

  4. Halo Pak Nugroho, pak saya ingin bertanya. Jika saya dr osaka ingin ke kyoto dan arashiyama tp pulangnya ke tokyo bagaimana ya pak transportasinya?. Rencananya saya hanya 1 hari saya kyoto. Saya sdh beli JR pass utk mengakomodasi transportasi saya selama di jepang. Kemudian, dr osaka ke kyoto tsb saya rencananya akan membawa koper2 krn akan meneruskan ke tokyo, jika demikian koper apa bisa dititipkan ke coin locker atau bagaimana Pak sebaiknya? Di kyoto rencananya saya akan ke fushimi inari dan melanjutkan ke arashiyama utk ke hutan bambu dan kuil. Mohon infonya Pak :) makasih..

    • Atau bisakah koper tsb saya titipkan di coin locker stasiun kyoto dan kemudian berkeling dgn one day kyoto bus pass utk mengunjungi obyek2 wisata disana, dan kembali malam harinya ke stasiun kyoto utk selanjutnya perjalanan ke tokyo pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka, ibu bisa naik JR Kyoto Line ke Stasiun Kyoto, lalu naik JR Sagano Line ke Arashiyama. Pulangnya sama juga naik JR Sagano Line ke Kyoto Station, baru naik kereta Shinknasen ke Tokyo. Kalau mau ke Fushimi Inari, dari Stasiun Kyoto, bisa naik JR Nara Line sampai ke Stasiun Inari. Saran saya, ibu bisa titip koper di Stasiun Kyoto, ada banyak loker penitipan kok. Salam.

  5. Selamat siang Pak Nugroho,
    Liburan ke jpn sy 17-27 Nov, PP OSAKA.
    Sampai Kansai airport 17 Nov jam 21.20 ( nginap d airport ). Pulang 27 Nov pesawat 23.30.
    Susunan kasar rute nya spt ini :
    18nov : osaka
    19nov : siang hari pindah kyoto
    20nov : sagano-arashiyama-nishiki-fushimi
    21nov : kiyomizudera-gion-kinkakuji, malamnya dgn night bus Fujikyu ke Kawaguchiko
    22nov : kawagychiko-oshino hakai-gotemba outles-kawaguchiko
    23nov : kawaguchiko-hakone-kawaguchiko
    24nov: kawagychiko-iyashi no sato-oishi park-music forest, mlm dgn bus Chuo menuju Tokyo
    25nov : tokyo
    26nov : tokyo.lalu mlm dgn wiler bus menuju Osaka
    27nov: Osaka
    Apakah rute spt ini sdh efisien pak?
    Mohon penjelasan bapak:
    1 . Dgn rute spt ini, sebaiknya pass apa yg sy harus pakai?
    2. Kalau sy beli Fuji Hakone Pass, 3hari, sebaiknya sy beli versi yg mana ( sy tdk beli JR pass), beli dimana, dan kpn sy mulai pakai ny?
    3. Utk Osaka, krn di pecah hr pertama dan terakhir,sy masih bingung mau kemana , kalo sy beli OAP, apakah bisa balik modal, dan sebaiknya pakai OAP d tgl brp

    Maaf pak pertanyaan nya banyak.sy tunggu penjelasan dr bpk.
    Thks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Osaka-Tokyo-Osaka sebenernya sudah akan balik modal dengan JR Pass. Tapi kalau ibu mau naik bus malam, cukup beli Fuji Hakone Pass. Sebagai catatan, Fuji Hakone Pass hanya bisa dibeli di Shinjuku atau Odawara, jadi tanggal 21 November, ibu harus ke Tokyo dulu untuk beli Fuji Hakone Pass.
      2. Ibu bisa beli versi Shinjuku supaya ongkos Shinjuku-Kawaguchiko dan Hakone-Shinjuku atau sebaliknya tercover.
      3. Ibu bisa baca penjelasan saya tentang Osaka Amazing Pass, kalau ibu tidak mau mengunjungi banyak tempat wisata, cukup gunakan kartu ICOCA saja (bisa dibeli di Bandara Kansai). Salam.

  6. Haii kak tgl 21 jan nanti insya allah saya akan ke kyoto,tujuan wisatanya pengen ke arasiyama,fushiminari,nishiki market sama mau cobain ayam ya ramen yg halal dan ke gion..saya berangkat dari osaka naik JR…urutan rute terbaiknya kemana dulu yaa kak dan naik bus atau kereta JR? Mohon infonya kak..makasih kak

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka bisa ke Stasiun Kyoto dahulu dengan JR Kyoto Line, lalu ke Fushimi Inari. Setelah itu ke Arashiyama via Stasiun Kyoto dengan JR Sagano Line. Dari Arashiyama, bisa naik kereta Hankyu Arashiyama Line sampai Stasiun Kawaramachi (via Stasiun Katsura). Nanti tinggal jalan kaki ke Gion atau Nishiki Marketnya. Salam.

  7. Dear Pak Nugroho,

    Saya ada rencana untuk main ke daerah Arashiyama sbb:
    – Sagano Scenic Railway
    – Bamboo Groove
    – Togetsukyo bridge
    – Tenryuji
    – Okochi sanso

    1. Sebaiknya jadwalnya seperti apa ya? khususnya Sagano scenic railway yang belum ada di guide bapak, sebaiknya ditempatkan saat kapan?
    2. Setelah menempuh scenic railway, untuk kembali ke Saga-arashiyama apakah harus menggunakan scenic railway lagi?

    Terima kasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Paling baik Sagano Scenic Railway itu ditempatkan di awal pak, biar semuanya searah.
      Kalau mau kembali ke Saga Arashiyama bisa naik JR Sanin Main Line ke Umahori Station. Salam

  8. Selamat pagi dan salam kenal Pak. Saya berencana ke Jepang tgl 24 Jun sampai 5 Jul 2019. SUB-KIX dan HND-SUB. Saya berencana membeli tiker JR Pass West Kansai 4 hari dan JR Pass 7 hari. Osaka 3D2N, Kyoto 3D2N, Mt Fuji 1D (tidak inap), Tokyo 6D6N.
    Pertanyaan :
    1. Apakah sdh benar rencana pembelian JP Pas tersebut?
    2. Melihat beberapa pembahasan transpostasi bus ke tempat2 wisata di Osaka dan Kyoto, apakah bisa memakani JR Pass West Kansai?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Di Osaka dan Tokyo rencananya kemana saja bu? Kalau hanya ke tempat-tempat wisata di dalam kota, bisa diatur supaya menggunakan pass harian. Nah JR PASS 7 harinya bisa untuk perjalanan di antara Osaka-Kyoto-Fuji. Namun kalau dihitung-hitung lagi, ada kemungkinan juga bisa berhemat tanpa membeli JR PASS.
      Salam

    • Osaka:
      Day 1 Osaka Castle, Nara Deer Park, Todaiji, Umeda Sky Building, Shinsaibashi
      Day 2 USJ, Dotonbori
      Kyoto:
      Day 3 Imperial Palace, Kiyomizu Dera, Fushimi Inari Taisha, Nijo Castle
      Day 4 Arashiyama Bamboo Groove, Kinkakuji Temple, Gion
      Mt Fuji:
      Day 5 Level 5, Gotemba
      Tokyo:
      Day 5 Odaiba
      Day 6 Asakusa Temple, Imperial Palace, Shinjuku, Harajuku
      Day 7 Disneyland
      Day 8 Disneysea
      Day 9 Free Time

    • Nugroho Christian  |  

      Melihat rutenya, ibu tidak perlu membeli JR Pass. Cukup menggunakan kartu ICOCA saja, dipadukan dengan tiket terusan bus di Kyoto (Day 4). Sisanya di Tokyo juga bisa dengan kartu ICOCA. Perjalanan dari Kyoto-Fuji dan Fuji-Tokyo bisa dengan tiket kereta ketengan shinkansen.

    • Rencana perjalanan:
      OSAKA
      (1) Osaka Castle-Nara Park-Todaiji-Umeda Sky Building-Shinsaibashi
      (2) USJ-Dotonbori
      KYOTO
      (3) Kiyomishu Dera-Fushimi Inari-Kyoto Imperial-Nijo Castle
      (4) Arashiyama Bamboo Forest-Kinkakuji-Gion
      MT FUJI
      (5) Level 5-Gotemba
      TOKYO
      (5) Odaiba
      (6) Asakusa Temple-Imperial Palace-Shinjuku-Harajuku
      (7) Disneyland
      (8) Disneysea
      (9+10) menyusul : )
      (11) HND-SUB
      Apakah rencana membeli JRPass West Kansai 4 days dan JRPass 7 days adalah benar? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Jika ibu rencana membeli JR Pass West Kansai 4 days dan JRPass 7 days, maka ibu akan rugi banyak.
      Ibu cukup menggunakan ICOCA, One Day Bus Pass di Kyoto untuk hari ketiga dan keempat. Salam

    • Selamat Pagi pak Nugroho. Saya masih ada pertanyaan.
      1. Dari Kansai Airport ke Hotel di Shinsaibasi naik apa ya? Apakah saya beli Osaka Amazing Pass-2 hari” atau “Osaka Oneday Pass”? Beli di Kansai Airport?
      2. Dari Osaka ke Kyoto, naik Bus atau Kereta?
      3. Dengan itinerary saya, apakah menggunakan bus bisa dikunjungi semua?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu sampai di Kansai Airport jam berapa ya? Osaka Amazing pass 2 hari itu tidak mengcover ongkos perjalanan dari Kansai Airport ke Osaka.
      Osaka One Day Pass juga tidak mengcover ongkos perjalanan dari Kansai Airport ke Osaka.
      Perjalanan dari Osaka ke Kyoto itu 30 menit dengan naik kereta.
      Perjalanan ke Kiyomizudera, Fushimi Inari, Kyoto Imperial, Nijo Castle, Arashiyama Bamboo Forest, Kinkakuji, Gion semua bisa dikunjungi dengan One Day Bus Pass kyoto (naik bus).
      Salam

  9. Saya ingin bertanya bagaimana untuk mendapatkan perkhidmatan online tour guide melalui whatsapp .. saya ni dari malaysia.. saya mahu private answer &question about my itenary.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Silakan menghubungi kontak WA di nomor Whatsapp : 0818-221-505/ Patrick. Salam

  10. Pak Nugroho saya ingin bertanya, bisakah dalam 1 hari pp Osaka-Kyoto untuk mengunjungi bbrp tpt wisata menarik di Kyoto? Liburan kami ke jepang, hanya seminggu dan ingin mengunjungi banyak tempat. Kami landing di KIX dan memesan hotel di Osaka utk 2 hari, mungkin kah jika setelah landing, dan drop bagasi di hotel (di Osaka), kemudian perjalanan menuju Kyoto? mohon informasinya…

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, perjalanan Osaka ke Kyoto hanya 30 menit perjalanan dengan JR Kyoto Line. Ibu mau mengunjungi objek wisata apa saja di Kyoto ya? Salam.

    • Pak Nugroho, untuk ke Kyoto saya ingin ke Fushimi Inari dan Arashiyama, sambil mencari coffee shop dan ramen halal disana untuk makan siang (apakah ada rekomendasi? hehe). Selain itu apakah ada rekomendasi destinasi wisata lainnya yg masih terjangkau secara jarak dan waktu, mengingat malam hari kami akan balik ke Osaka? terima kasih Pak Nugroho..

  11. Hi pak Nugroho, kalo saya dari Osaka menginap di dekat Kyobashi station, jika ingin ke Kyoto, manakah rute yang harus saya ambil? (rencana saya ingin ke Arashiyama,Fushimi Inari, Kinkakuji … sebaiknya kemana dulu ya pak?). Rencana mau beli one day bus Pass
    mohon pencerahannya pak. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa ke Stasiun Kyoto dahulu, baru nanti naik kereta JR Line ke Fushimi Inari, balik lagi ke Stasiun Kyoto, lalu naik JR Sagano Line ke Stasiun Arashiyama, dilanjut naik bus ke Kinkakuji. Salam.

    • Pak Nugroho , Kalo hanya sekali naik bus, berarti ngga perlu beli one day bus pass ya Pak? Btw itu bus no brp ya Pak? Terima kasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Arashiyama bisa naik bus nomor 11 sampai halte Yamagoe Nakacho, pindah lagi bus nomor 59 sampai halte Kinkakuji-mae untuk ke Kuil Kinkakuji. Total minimal naik bus 2 kali. Dari Kinkakuji gak balik lagi bu?Salam

    • HI pak Nugroho, dr Kinkakuji balik lg Ke Kyoto station untuk kembali Ke Osaka Pak (pake bus no brp ya Pak?) , jd ada 3x naik bus ya , ok berarti fix perlu beli one day bus pass. Terima kasih infonya Pak

  12. Malam mas Nugroho,

    Saya ada rute Arasiyama – Kinkakuji – Ginkakuji – philosopher path.
    Nah dari Arasiyama ke Kinkakuji gmn ya mas transportasi nya? Kalo bs naik bus aja.
    Mohon dibantu ya mas. Trima kasih ^^

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Arashiyama bisa naik bus nomor 11 sampai halte Yamagoe Nakacho, pindah lagi bus nomor 59 sampai halte Kinkakuji-mae untuk ke Kuil Kinkakuji. Salam

  13. Salam Pak..
    sy dg Anggun.. mau bertanya sy mau ke jepang.. tp ini perdana sy niatnya mau Jelajah daerah Osaka Kyoto Takayama dan Nagoya bersama 2 Anak umur 10th an dan 8th.. klo sy pake Hokuriku Pass kecakup semua ga pak?
    dg iten
    day 1 : Osaka Castle, dotonburi, shinsaibasi
    day 2 : Shirakawago, Takayama
    day 3 : Legoland Nagoya
    day 4: Kyoto (Fushimi Inari), Banmbo forest , Arashimaya
    day 5 : USJ

    mohon pencerahannya pak..terima kasih

  14. Ichwan Hanuranto  |  

    Selamat Siang Pak Nugroho.
    Saya sekeluarga bulan Mei 2018 mau ke Jepang (4 orang dewasa) dengan Itinerary sbb:
    I. Tokyo – Osaka + Kyoto + Nara: Osaka Castle, Dotonbori, Fushimi Inari-Taisha Shrine, Arashimaya Bamboo Forest, Gion, Nara Park, Kobe Mosque (12 – 14 Mei)
    II. Osaka – Tokyo: Ueno Park, Shibuya, Harajuku, Shinjuku, Akihabara, Asakusa, Mt. Fuji – Hakone (14 – 17 Mei)

    Pertanyaan:
    1. Selain JR Pass, apakah ada local pass di Osaka – Kyoto dan di Tokyo yang harus saya beli untuk meng cover tempat-tempat tersebut?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau dalam 1 hari mengunjungi dibawah 4 tempat wisata tidak perlu pass khusus pak.
      Untuk perjalanan ke Fuji dan Hakone rencananya seperti apa ya pak? Mau kemana saja? Rencana menginap kah? Salam

    • Ichwan Hanuranto  |  

      Selamat Pagi pak Nugroho,

      Jadi saya di Osaka 12-14 Mei cukup pakai JR Pass (7 days) saja ya? Tidak perlu beli PASMO atau Kyoto 1 day pass saat ke Arashimaya?

      Untuk Tokyo dan sekitarnya (14 – 17 Mei), ke Fuji Tour tidak menginap (1 day trip tanggal 15 Mei dari Tokyo), jadi JR Pass will do?

      Terima kasih.

  15. Sore pak Nugroho
    Saya menginap di daerah namba, mau ke Kyoto
    Tempat yg saya mau kunjungi
    Fushimi Inari, kiyomizudera, Gion, kuil Shimogamo, Kinkakuji, Arashiyama, potocho River, pertanyaan saya :
    1. Harus dari stasiun mana ke Kyoto kalau saya menginap di namba?
    2. Apakah itenary saya udh oke urutannya?
    3. Apakah memungkinkan dalam waktu 1 hari saya pergi 7 tempat?
    4. Dari Halte kiyomizuchi ke Gion sama ngk No busnya dengan dari Gion ke Kiyomizudera?
    Mohon penjelasannya
    Makasih
    Mohon penjelasannya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Kalau dari Namba, bisa naik subway ke Umeda, lalu jalan kaki ke Osaka lalu naik JR Kyoto Line sampai Stasiun Kyoto.
      2. Sudah oke bu.
      3. Secara teori bisa, asal ibu berangkat pagi-pagi dan ketat jalannya dan jadwalnya.
      4. Iya sama bu, rute busnya berputar balik kok. Salam.

    • Suan Suan Liu  |  

      Pagi pak…maaf nanya lagi kalau dari Arashiyama ke potoncho River saya harus naik bus atau kereta?….kalau naik bus No brp?..,kalau kereta…?
      Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ibu bisa naik kereta Hankyu Line sampai ke Katsura, kemudian pindah kereta ke Hankyu Kyoto Line sampai ke Kawaramachi Station.
      Keluar di Exit 1A/ 1B sudah dekat ke Pontocho. Jauh lebih praktis daripada harus ganti-ganti naik bus. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, di Kyoto Station ada loker dan penitipan koper. Salam

  16. Saya berencana ke jepang bersama istri dan 3 anak saya, berangkat tgl 29 April (tiba di narita pukul 16:30) hingga 8 May (berangkat dr narita 18:00)

    Saya sudah sewa penginapan dr tgl 29 sd tgl 2 May di Osaka, lalu penginapan di tokyo tgl 2-8.
    di osaka hal utama ke Universal studio dan mohon saran tujuan lainnya di osaka yg sebaiknya saya kungjungi, (tgl 29 April-2May)

    Lalu tgl 2 saya sudah di tokyo dan Disney sea dan disney land yang utama, saya mohona saran dan masukkan daerah wisata lain di tokyo pada sisa hari tersebut (dr tgl 2-8)

    Tiket pasa apa saja yang sebaiknya saya beli agar berhemat

    Terima kasih sarannya
    tolong sekalia diemail ke :

    [email protected]

    Suryo
    081290254264

  17. Dear Pak Nugroho,
    seperti artikel Bpk cantumkan bis dari pusat Kyoto ke Arashiyama selalu full, jadi alternatifnya naik Hankyu Kyoto Line (saya rencana berangkat dari Gion), apakah Kereta Hankyu ini bisa bayar menggunakan PASMO Card atau Pass yang lain ?

  18. Salam kenal Pak. Sy rencana ke jepang tgl.3-14 mei 2018. Sy smp narita airport 4mei 9pagi. Rencana itenerary sy: 1. Bli tokyo wide pass pertimbangan u mngirit transport dr bandara narita, u mngelilingi wilayah kanto. Hari ke1 ke yokohama. Bmalam di sana. 2.hari ke 2 wisata gala uzawa 3.hari ke 3 wisata gunung fuji 4.shimizu mngunjungi kerabat bermalam di sana 5.bli keihan kyoto-osaka sight seeing untuk 2 hari. Wisata kyoto hari ke1 6. Wisata kyoto hari ke2 7.universal studio osaka 1 harian 8. Naik bus malam ke tokyo 9.wisata tokyo 3 hari smp tgl 13. Disini sy pakai Suico/Pasmo; apa ada kartu pass lain ya selain tokyo wide pas u mngirot transport?
    Hari ke1tokyo imperial palace; -akihabara-ginza
    Hari ke2:uenopark-kuil sensoji-tokyo skytree Hari ke3:shibuya-harajuku-shinjuku . Tanggal 14 pulang dari bandara narita. Apakah pass yg lain sudah tepat atau sy perlu bli JR pass? Trimakasih banyak sebelumny

    • Nugroho Christian  |  

      Karena ada rute PP Tokyo-Kyoto/ Osaka ibu mungkin lebih baik membeli JR Pass. Namun, kalau ibu memang mau naik bus malam untuk rute Tokyo-Kyoto, sepertinya cukup dengan Tokyo Wide Pass saja. Salam.

    • Apakah itenerary sy sudah pas??? Tadinya sy mau mulai dgn wisata di tokyo selama 3 hari. Supaya berurutan ruteny. Trus ke yohohama trus ke fuji kemudian ke shimizu; trus ke kyoto2 hari lalu osaka, baru balik ke tokyo u pulang ke indo. Tapi mengingat ada tokyo wide pass, jadi sy ubah ke yohohama dulu trus ke gala ozawa; lalu ke fuji baru ke shimizu. Selanjutnya sama, rute terakhir baru ke tokyo. Nah apakah selama 3 hari di tokyo ada kartu pass lainnya kah yg bpk tau u menghemat? Atau dr itenerary sy bisa diubah ruteny dan pakai pass apa biar lbh hemat? Makasih banyak ya Pak sebelumny

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu dari Shimizu ke Kyoto dengan apa ya? Untuk di tokyo 3 hari bisa menggunakan salah satu dari Free Pass di Tokyo (sesuai tempat wisata yang mau dikunjungi), atau kalau tidak banyak tempat wisata yang mau dikunjungi cukup gunakan kartu SUICA/Pasmo saja.

  19. Halo pak, saya mau tanya. Jika itinerary saya seperti berikut ini (day 1-3) apakah dengan kansai thru 3 day pass dapat mengcover semua transport atau sebaiknya saya membeli pass lain?
    Day 1 : osaka ke nara day trip
    Day 2 : osaka ke kyoto, menginap di kyoto. Keliling kyoto: gion, fushimi inari, kiyomizudera
    Day 3 : kyoto ke arashiyama, gion
    Day 4 : kyoto ke Tokyo

    Ditunggu informasinya pak, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan naik JR Sagano Line atau JR Sanin Line dari Arashiyama ke Stasiun Kyoto (tercover dengan JR Pass), lalu naik bus nomor 100 atau 206 dan berhenti di halte Gion

  20. Malam bapak Nugroho,

    Saya berenca akan ke kansai selama 5 hari. Saya membeli Kansai wide area pass.

    Yang mau saya tanyakan:
    1. Tujuan saya ke: Osaka, Kyoto, wakayama, shirahama, kii katsuura, kobe, okayama. Apakah sudah benar jika saya beli Kansai Wide area pass? Atau ada alternatif lain yg lebih baik dan murah?

    2. Saya akan ke kyoto 1 hari, ketempat2 ini: Amanohashidate, Arashiyama bamboo forest, fushimi inari taisha, kiyomizudera dan gion. Baiknya rute yg enak dan tidak membuang2 waktu bagaimana ya? Urutannya mana kemana dulu? Dan baiknya apa saya membeli 1 day bus pass kyoto juga?

    3. Hari terakhir saya mau ke osaka castle dan minoo park. Nah baiknya saya naik dr shin osaka atau dr umeda station ya jika mau ke osaka castle dan ke minoo park?

    Terima kasih pak mohon penjelasannya 1 per satu karena saya sangat bingung dengan transportasi dan rute dijepang.

  21. Selamat malam Pak Nugroho…Saya rencana 3 hari di Kyoto dan menginap di daerah nishikujo inmachi minami ward dan tempat yang saya mau kunjungi Fusimi Inari, Kinkakuji, Gion, Arashima, Kiyomizu temple. Rute kemana baiknya yg saya pilih apakah lebih baik di pisah jadi bbrp hari dan transportasi nya saya pilih naik train. Tolong info JR PASS rute n hrgnya. Boleh juga Pak di info daerah wisata lainnya yang menarik. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Silakan dibaca rute Trayek Bus di Kyoto.
      Maaf Ibu, Tim Info Jepang tidak menuliskan detail perjalanan di website ini karena akan sangat panjang dan membingungkan pembaca lainnya. Ibu bisa bisa menguhubungi Tour Guide Online Info Jepang yang siap membantu membuat itinerary dan menjawab semua pertanyaan selama di Jepang nanti, termasuk jenis-jenis pass kereta yang tepat dipergunakan.

  22. Hi Pak Nugroho

    Pak, saya ingin bertanya mengenai transport utk rute yang akan saya ambil
    1. Dr Inari ke Sagaarashiyama
    2. Dr Arashiyama ke Gion
    3. Dr Gion ke Kiyomizudera
    4. Dr Kiyomizu Gojo ke Shin-Osaka
    Apakah jalur saya bisa naik bus Pak? Mengingat di Kyoto ada one day pass utk bus
    Kalo bole, no bus berapa aj y Pak ?

    Terima kasih

  23. Hi pak, saya mau bertanya mengenai rute di kyoto
    Saya berencana ke arashiyama, fushimi inari, ginkakuji dan kiyomizudera
    Tetapi saya ingin kiyomizudera di sore menjelang malam krn ada festival hanatoro. Sebaikny rutenya yg mana dulu y pak spy sejalur ?

  24. hi.. saya mau tanya mengenai itinerary ke arashiyama
    lebih baik naik kereta sagano (kereta uap) jj dulu & terakhir menuju bamboo forest?
    atau sebaliknya?
    karena saya baca dari info jepang ini.. naik kereta sagano jj keliling setelah selesai perjalanan mau balek lagi dan menuju ke bamboo forest.)
    menurut anda apakah lebih baik ke bamboo forest dulu baru lanjut naik kereta sagano jj siap itu balek ke station n pulang jj ke gion? (lebih mana efisien)

    thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Pada dasarnya sama saja, sebab kereta wisata Sagano ini lokasinya menjauh dari stasiun Arashiyama.
      Jadi kalau dibuat rutenya:
      (1) JR Saga Arashiyama – JR Umahori – jalan ke Stasiun Torokko Kameoka – Stasiun Torokko Arashiyama – Hutan Bambu Arashiyama – Stasiun Arashiyama
      (2) Stasiun Arashiyama – Hutan Bambu Arashiyama – Stasiun Torokko Arashiyama – Stasiun Torokko Kameoka – kembali dari stasiun JR Umahori – JR Saga Arashiyama
      Kalau pulangnya ibu mau ke Gion, mungkin bisa mengikuti rute nomor (1)

  25. Pak Christian,
    Saya bermaksud mengunjungi kyoto seharian aja, karena saya menginap di Namba Osaka.

    1. Transport apa yg saya gunakan dari Namba ke Kyoto, saya pengguna JR pass

    2. Jam berapa paling akhir saya harus balik lagi dari Kyoto ke Namba Osaka, supaya jalan2 saya maximal seharian di kyoto

    3. Tujuan saya di kyoto : arashimaya, fushimi inari, kiyomizudera, kinkakuji, ginkakuji, gion, nishiki market, potoncho,
    Apakah bisa dalam seharian, dan apakah urutannya sudah benar?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Ani bisa naik JR Kobe Line dari Kyoto jam 11.30 sampai Stasiun Osaka (560 yen), lalu jalan kaki ke Stasiun Umeda, dan naik Midosuji Line sampai Namba. Kereta terakhirnya berangkat jam 12.02, ongkosnya 240 yen. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Ani bisa naik JR Kobe Line dari Kyoto jam 11.30 sampai Stasiun Osaka (560 yen)-tercover dengan JR Pass, lalu jalan kaki ke Stasiun Umeda, dan naik Midosuji Line sampai Namba. Kereta terakhirnya berangkat jam 12.02, ongkosnya 240 yen-tidak tercover.
      Urutannya sudah benar, namun rasanya sulit menyelesaikannya dalam sehari apalagi kalau Ani banyak berhenti dan molor waktunya. Ani bisa mengikuti contoh itinerary saya mengunjungi Kuil di Kyoto dan Arashiyama. Di mana arashiyama bisa diganti dengan nishiki market dan potoncho. Salam.

  26. Pak, kalau saya day tour dari osaka mau ke kyoto, niatnya mau naik sagano train, ke bamboo forest, ke kinkakuji temple, fushimi inari, philosopher path, gion, yang paling dan efisien rutenya gmna ya pak? Kalo saya pakai JR pass, saya harus combine dengan kyoto day pass juga untuk objek wisata yg saya sebut diatas ya?

  27. Selamat malam Pak Nugroho,
    mau tanya ya Pak, saya berencana ke arashiyama sore, kemudian dilanjutkan ke gion malamnya, apakah bisa menggunakan bus? Bus no berapa, dan turunnya di halte apa namanya?
    Kemudian apakah kalau jalan sekitar jam segitu masih macet jika menggunakan bus?
    Terimakasih sebelumnya Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau naik bus, Ibu bisa naik bus nomor 11 sampai ke halte Shijo Keihan, kemudian jalan kaki ke Gion.
      Kalau ingin lebih cepat bisa naik kereta Hankyu, tukar di Katsura Station, kemudian naik kereta Hankyu Kyoto sampai Stasiun Kawaramachi di Gion.
      Salam

  28. Sore, kalau saya ke Kyoto dengan urutan Arashiyama-Inari-Kyomizudera-Gion pilihan lebih baik naik bus atau kereta? Pertimbangan kemacetan dan biaya.Thanks.

  29. Om Nugroho mau nanya ya…
    saya rencana ke sana sekitar bulan juni, and untuk menghemat tiket kereta JR Line mau naik bus malam aja hehehe
    garis besar itinerary saya sih : tokyo – kyoto (stay 2 – 3 hari), Kyoto – Osaka (2 – 3 Hari) Osaka – Tokyo (2 – 3 hari) karena balik ke Jakarta dari haneda.
    dgn rencana seperti itu memungkinkan gk naik bus malam? lalu apakah didalam bus ada toilet? mengingat bawa anak kecil. Tq Om

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Bus malam memiliki toilet di bagian belakang, sama seperti bus antar kota di Indonesia.
      Rute bus malam yang bisa digunakan adalah antara Tokyo-Kyoto, kemudian Osaka-Tokyo. Harganya sekitar 3500-4500 per orang.
      Salam

    • Hallo Om,

      Tadi saya sudah browsing karena searching untuk bulan juni masih terlalu lama, saya coba searching untuk minggu ini. tapi harganya rangenya sekitar 8000 – 11.000 yen.

      Mohon sarannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu/ Bapak. Harganya tergantung jenis bus juga, ada yang satu deret 3 bangku ada yang 4 bangku.
      Tentu yang 3 bangku ongkosnya lebih mahal. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka, Ibu bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Shin-Osaka sampai di Stasiun Kyoto. Lama perjalanannya 15 menit dengan harga tiket 3.010 yen. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki, yaitu Hikari dan Kodama (tidak perlu membayar tiket jika dengan JR Pass), atau kereta Nozomi. Kalau kereta shinkansen terasa mahal, teman-teman bisa naik kereta JR Kyoto Line dari Stasiun Osaka ke Stasiun Kyoto. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan harga tiket 560 yen atau gratis dengan JR Pass. Diambil dari Info Wisata di Kyoto.
      Salam

  30. Selmt sore pak ..apakah dari umeda hankyu bisa langsung ke Arashiyama ? bila sy langsung ke arashiyama apakah disana sy bisa beli tiket kyoto one day pass ? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Ibu bisa pergi ke Kyoto Arashiyama dengan kereta Hankyu Kyoto Line. Dan sepertinya tiket one day pass bus Kyoto tidak bisa dibeli di Arashiyama. Silakan ibu naik kereta JR dari Osaka ke Kyoto, turun di Kyoto Station, beli tiket bus, lanjut lagi naik kereta JR dari Kyoto Station ke Arashiyama. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!