Hokuriku Area Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Hokuriku Area Pass

Hokuriku Area Pass adalah salah satu pass kereta yang bisa digunakan untuk bepergian dengan naik kereta dari Fukui, Kanazawa, Toyama, sampai ke Kurobe Unazuki Onsen. Pass ini sangat cocok buat teman-teman yang ingin mengunjungi Tateyama Kurobe Alpine, Kanazawa, Shirakawago, dan Unazuki Onsen. Tempat-tempat wisata apa saja yang tercover oleh Hokuriku Area Pass? Atau kapan sebaiknya saya membeli Hokuriku Area Pass ini? Simak tips dan informasi lengkapnya dengan hitung-hitungan ala Tim Info Jepang.

Berapa harga Hokuriku Area Pass?

Hokuriku Area Pass

Harga (di luar Jepang) Harga (di Jepang)
Dewasa (>12 tahun) 5.000 yen 5.500 yen
Anak-anak (6-11 tahun) 2.500 yen 2.750 yen
Masa berlaku 4 hari berurutan

Hokuriku Area Pass ini berguna bagi teman-teman yang ingin melakukan perjalanan antara kota-kota dan beberapa tempat wisata terkenal berikut ini:

  1. Toyama (Toyama Castle, Kansui Park, Warisan Budaya Kuil Zuiryuji, Tebing Kurobe, Unazuki Onsen)
  2. Kanazawa (Taman Kenrokuen, Kanazawa Castle, Pasar Omicho Ichiba, Museum 21 Century Art, Distrik Higashi Chaya)
  3. Takaoka (Kastil Takaoka, Takaoka Otogi Park)
  4. Desa warisan dunia UNESCO Gokayama
  5. Desa warisan dunia UNESCO Shirakawa-go
  6. Kaga Onsen dan Yamanaka Onsen
  7. Wakura Onsen
  8. Fukui (Museum Dinosaurus Fukui)
Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

Desa Warisan Budaya Dunia Shirakawa-go

Di mana membeli Hokuriku Area Pass?

Hokuriku Area Pass ini hanya berlaku bagi wisatawan asing dengan visa jangka pendek (tidak lebih dari 90 hari, temporary visitor visa). Pass ini bisa dibeli sebelum berangkat ke Jepang melalui internet (pembayaran dengan menggunakan kartu kredit), voucher yang dikirimkan nanti akan ditukar dengan tiket/ pass asli setibanya di Jepang atau beli langsung di Jepang. Namun, jika membeli secara online, kita bisa menghemat 500 yen. Teman-teman bisa membeli dan menukar voucher tiket di stasiun atau tempat-tempat berikut ini.

  1. Bandara Kansai dan wilayah Osaka, JR WEST Ticket Office (pukul 05.30-23.00) dan Travel Service Center Osaka (pukul 08.00-20.00), Di Stasiun Shin Osaka: JR CENTRAL Ticket Office (pukul 05.30-23.10) dan JR WEST Travel Corner (pukul 09.00-20.00), JR WEST Ticket Office Kansai Airport: pukul 05.30-23.00
  2. Stasiun Kyoto
  3. Stasiun Shin-Osaka dan Stasiun Osaka
  4. Bandara Komatsu
  5. Stasiun Toyama
  6. Stasiun Kanazawa

Reservasi bisa dilakukan 27 hari hingga 2 hari sebelum rencana ketibaan dari Jepang. Untuk reservasi onlinenya, bisa langsung dilakukan di website JR West Hokuriku Area Pass.

Bagaimana cara menggunakannya Hokuriku Area Pass?

  1. Seperti penggunaan JR Pass, teman-teman cukup menunjukkan pass dan passport kepada petugas di pintu masuk manual (bukan pintu otomatis) di area stasiun kereta.
  2. Anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun tidak perlu membeli pass ini karena gratis naik kereta. Maksimal 2 orang anak untuk 1 orang dewasa yang membeli Hokuriku Area Pass.
  3. Masa waktu 4 hari berurutan ini adalah sesuai kalender. Artinya masa berlakunya akan berjalan dari jam 00.00-23.59. Bukan dari waktu pembelian atau pengaktifan pass. Oleh karena itu, sebaiknya teman-teman memulai perjalanan pagi-pagi sekali.
  4. Pass ini tidak bisa digunakan untuk naik kereta Tokaido Shinkansen, Sanyo Shinkansen, atau Hokkaido Shinkansen. Rute kereta yang tercover bisa teman-teman temukan di penjelasan berikutnya.

Jalur-jalur kereta yang masuk cakupan Hokuriku Area Pass

Berikut ini adalah jalur kereta dan bus yang bisa kita lalui dengan Hokuriku Area Pass tanpa batas (boleh berkali-kali) tanpa perlu membayar tiket lagi.

  1. Seluruh kereta JR limited ekspress Thunderbird atau Shirasagi maupun kereta lokal yang dioperasikan oleh JR antara Stasiun Tsuruga, Fukui, dan Kanazawa.
  2. Seluruh kereta JR lokal di antara Toyama dan Inotani (menuju ke Takayama).
  3. Kereta JR Hokuriku Shinkansen (Hakutaka/ Tsurugi) dari Stasiun Kanazawa, Stasiun Shin-Takaoka, Stasiun Toyama, sampai Stasiun Kurobe Unazuki Onsen.
  4. Diskon 20% untuk pembelian all World Heritage Bus tickets Bus Kaetsuno yang menghubungkan Shin-Takaoka – Gokayama – Shirakawago.
  5. 1 Day Pass Bus Can di area Kaga Onsen.
  6. 1 Day Pass untuk jalur kereta Noto Railway di Semenanjung Noto (rute Wakura Onsen sampai Anamizu)
  7. Ongkos bus dari Fukui ke Tojinbo dan Kuil Eiheiji.

Catatan: pass ini tidak mengcover ongkos kereta Tokaido Shinkansen dari Nagoya ke Kyoto atau Osaka dan sebaliknya, maupun kereta limited ekspress Thunderbird dari Osaka atau Kyoto ke Kanazawa. Serta, ongkos transportasi PP dari Stasiun Tateyama sampai Kurobe Dam, tidak tercover oleh Hokuriku Area Pass ini.

Objek wisata di Toyama (selengkapnya)

  • Tebing Kurobe Kyokoku

    Tebing Kurobe Kyokoku Toyama di musim gugur

    Di Tateyama-Kurobe Alpine Route, kita juga bisa melihat tebing Kurobe Kyokoku yang terkenal. Proses terbentuknya tebing ini mirip seperti Grand Canyon di Amerika. Sungai Kurobegawa mengalir antara Tateyama dan Ushiro-Tateyama, dan mengerus permukaan tanah beribu-ribu tahun sehingga membuat jurang Ku...


  • Kurobe Dam

    Kurobe Dam di Musim Panas

    Rute Kurobe Dam di Toyama adalah rute perjalanan wisata Jepang paling terkenal di seluruh dunia. Kita bisa menikmati keindahan Laut Jepang, kesejukan kota Toyama, dan menyaksikan kemegahan pegunungan Tateyama di bagian tengah Jepang. ...


  • Kuil Zuiryuji

    Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama

    Kuil Zuiryuji adalah Kuil Buddha yang terletak di Kota Takaoka, Toyama. Bangunan kuil ini bergaya arsitektur China ini memiliki bentuk yang simetris dan sudah masuk sebagai harta nasional Jepang....



Objek wisata di Kanazawa (selengkapnya)

  • Kanazawa Castle

    Kompleks Kastil Kanazawa ini terdiri dari taman dan bangunan kastil di area seluas 12 hektar di tengah kota Kanazawa. Kita bisa mengunjungi taman Kastil Kanazawa dan bangunan kastil yang megah...


  • Stasiun Kanazawa

    Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa

    Tim Info Jepang sudah membahas beragam tempat wisata seru Kastil Kanazawa, Taman Kenrokuen, Museum Seni Abad 21 dan juga distrik Higashi Chaya. Kini kita akan melihat keunikan Stasiun Kanazawa....


  • Distrik Samurai Nagamachi

    Suasana Distrik Samurai Nagamachi di Kanazawa

    Distrik Nagamachi adalah distrik tradisional dengan bermacam-macam bangunan tradisional, rumah samurai, taman-taman yang cantik, museum dengan koleksi sejarah, dengan dinding-dinding batu yang bagus dan pemandangan sungai Onagawa dan Otokogawa yang bersih dan indah....



Kapan kita harus menggunakan Hokuriku Area Pass?

Logikanya sederhana, jika ingin mengunjungi area Hokuriku selama 4 hari: Tateyama Kurobe Alpine, Gokayama, Shirakawago, Kaga Onsen, Wakura Onsen, dan Fukui akan sangat menguntungkan jika menggunakan pass ini. Teman-teman tinggal menambah ongkos kereta Limited Ekspress Thunderbird dari Kyoto ke Tsuruga sebesar 2.840 yen. Jauh lebih menguntungkan ketimbang membeli Takayama Hokuriku Pass seharga 14.000 yen.

Selain itu, teman-teman bisa memadukan penggunaan JR Kansai Wide Area Pass.

Jika dalam itinerary teman-teman ada rencana untuk mengunjungi Tokyo, JANGAN membeli Hokuriku Area Pass ini. Kami sarankan untuk membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass.

Hitung-hitungan Ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah harga tiket kereta dan bus yang masuk cakupan Hokuriku Area Pass, teman-teman bisa membandingkan sendiri keuntungan pass seharga 5.000 yen ini.

  1. Kereta JR limited ekspress Thunderbird atau Shirasagi dari Stasiun Tsuruga, Fukui, dan Kanazawa seharga 4.100 yen.
  2. Kereta JR Hokuriku Shinkansen (Hakutaka/ Tsurugi) dari Stasiun Kanazawa, Stasiun Shin-Takaoka, Stasiun Toyama, sampai Stasiun Kurobe Unazuki Onsen seharga 3.500 yen.
  3. Bus Kaetsuno dari Shin-Takaoka ke Shirakawago seharga 1.800 yen (satu arah).
  4. Potongan 10% dari 1 Day Pass Bus Loop Kanazawa untuk keliling tempat wisata di Kanazawa (seharga 500 yen-> 450 yen).

Tips+Trik Liburan Hemat dengan Free Pass Kereta (selengkapnya)

Joetsu shinkansen bertingkat dua

Rangkuman tips membawa koper saat bepergian naik kereta di Jepang, naik shinkansen atau kereta ekspress dan kereta lokal di dalam kota Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Keindahan alam Kamakura

Mulai tanggal 1 Desember 2017, teman-teman bisa membeli Hakone Kamakura Pass yang bisa digunakan untuk mengunjungi beragam tempat wisata di Hakone dan juga Kamakura dari Tokyo.

Keliling Osaka Kyoto Murah dengan Keihan Sightseeing Pass

Buat kamu yang mau berkeliling dan mengunjungi Osaka dan kuil-kuil bersejarah di Kyoto, Keihan Sightseeing Pass bisa jadi solusi terbaik untuk menghemat ongkos perjalanannya


Jika ada pertanyaan mengenai cara penggunaan Hokuriku Area Pass ini silakan menanyakannya via kotak komentar di bawah ini, Tim Info Jepang akan dengan senang hati berbagi pengalaman dan cara menggunakannya.


Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Recommended Hotels in Kanazawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Guest House East
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
APA Hotel Kanazawa-Katama
from ¥3774/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night
Ryokan Yamamuro
Ryokan Yamamuro
from ¥13400/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr my cottage, jens kuu


Recommended for you

Last modified: September 10, 2018

Comments (54)

  1. Malam pak Nugroho.
    Pak , saya mau tanya.
    Rencana Perjalanan saya.
    Day 1 : Tokyo – Nagoya ( bus )
    Day 2 : Nagoya – Kyoto
    Day 3 : Kyoto – osaka
    Day 4 : osaka – kanazawa – shikarawago – takayama
    25 : takayama
    26 : takayama – kawaguchiko ( bus ) – Tokyo
    27 : Tokyo
    28 : Tokyo – cgk

    Selain membeli tiket bus, saran pak Nugroho kartu pass apa yang bisa mengcover semua. Terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Sebenarnya rutenya sudah akan menguntungkan dengan naik kereta shinkansen dipadukan dengan JR Pass. Karena kalau naik bus, sementara untuk day 2, 3, dan 4 harus naik kereta kayaknya nanggung bu. Salam.

  2. Sore pak, sy mau tanya tadi kan di atas dibilang diskon 20% jika naik bus dari shin takaoka mau ke gokayama dan shirakawa go, nah kalau sy lanjut dari shirakawa go ke takayama apakah saya harus bayar ongkos busnya atau di cover sama hokuriku area pass ini? terus besoknya dari takayama ke toyama apakah dari takayama ke toyama di cover sama hokuriku area pass ini? Terima kasih banyak pak infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. World Heritage Bus itu hanya dari Takaoka sampai ke Shirakawago bu. Mohon dibedakan dengan Nohi Bus yang menghubungkan ke Takayama.
      Lalu ongkos kereta dari Takayama menuju ke Toyama juga tidak tercover oleh Hokuriku Area Pass

  3. pagi pak. saya mau nanya tiket kereta apa yg cocok utk perjalanan saya.
    hari 1 dari haneda ke chiba dan kembali ke asakusa
    hari 2 keliling area asakusa
    hari 3 keliling area shinjuku
    hari 4 ke fuji dan balik ke shinjuku naik bus malam ke shirakawago
    hari 5 keliling shirakawago
    hari 6 dr shirakawago ke kyoto
    hari 7 keliling kyoto
    hari 8 keliling kyoto osaka
    hari 9 keliling osaka trus ke bandara kansai
    mohon bantuannya

  4. pagi pak. Hokuriku pass juga bisa dipakai keliling Toyama,Kanazawa,Shirakawa jadi tidak perlu beli Tayama Hokuriku yang jauh lebih mahal. apa perbedaan yang terbesar antara keduanya ? dan apa sugest bapak untuk pilihan antara ke dua pass tersebut ? saya masih bingung apa beli Hokuriku atau tayama Hokuriku? mohon dijelaskan. thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau Takayama Hokuriku Pass mengcover ongkos ke Nagoya dan Osaka/ Kyoto. Hokuriku Area Pass hanya mengcover ongkos Toyama, Kanazawa. Bus ke Shirakawago, ongkos ke Nagoya dan Osaka/Kyoto tidak tercover bu. Salam

  5. Pak Nugroho, didalam article ini disebutkan Hokuriku Area Pass mencakup juga bus Kaetsuno dari Shin-Takaoka ke Shirakawago. Saya coba buka WestJR website, disini tidak disebutkan dan tercakup didalam map yg tersedia. Mohon konfirmasinya Pak, saya lagi membuat itinerary

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. JR West Pass termasuk Hokuriku Area Pass memberikan diskon 20% untuk tiket all World Heritage Bus tickets.
      Mohon maaf mungkin penulisannya membuat bingung. Salam

    • Tks Pak. Articlenya sangat membantu. Karena naik Kaetsuno bus dari Shin Takaoka ke Shirakawago tidak perlu reservasi dan pembayarannya didalam bus, jadi discount diberikan pada saat pembayaran dan menunjukkan Pass yaa Pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya betul pak. Kaetsuno bus dari Shin Takaoka ke Shirakawago itu bus lokal, tidak ada reservasi dan pembayarannya didalam bus. Diskon diberikan pada saat pembayaran tiket. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Yang tercover itu hanya Bus Kaetsuno yang menghubungkan Shin-Takaoka – Gokayama – Shirakawago. Salam.

    • Namun ini akan mengcover pulang dan pergi atau hanya di cover satu arah sehingga pulang ke Takaoka/shin takaoka harus membeli tiket manual? Terimakasih.

  6. Pak Nugroho minta sarannya ya,

    Saya buat itin:
    8 september : sampai narita menggunakan NEX yang PP langsung ke shinjuku, mengitari shinjuku gyoen, meiji shrine,harajuku, shibuya balik ke shinjuku menuju osaka dengan willer

    9 september seharian di osaka ( osaka castle, umeda sky building, nakanosima rose garden, dotonbori, balik ke hotel deket stasiun dobutsuen mae)

    10 september : mengitari kyoto (ryoanji, kinkakuji, kyoto imperial palace, nijo castle, nishiki market, gion balik ke osaka)

    11 september: mengitari kyoto (fushimi inari, kiyomizudera, hokanji temple, yasaka shrine, chion-in, gion balik ke osaka)

    12 september: mengitari nara park dan sekitarnya dan mampir kyoto balik ke osaka

    13 september : seharian di osaka (osaka city museum, shitennoji, shinsekai, ke umeda building naik willer ke tokyo)

    14 september : disneysea

    15 september : jalan2 tokyo (tokyo sky tree, sensoji, ueno park, imperial palace)

    16 september : mengitari kawaguchiko

    17 september : pulang k jkt

    Yang mau saya tanya pass apa yang cocok? Atau sebaiknya bagaimana?
    Rencana tidak membeli JR pass karena saya rencana beli 3 days buss pass.
    Mohon sarannya terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau naik bus malamnya 2 kali, sepertinya Japan Bus Pass tidak balik modal Pak.
      Salam

    • Halo pak Nugroho nanya lagi ya,

      9 september seharian di osaka ( osaka castle, umeda sky building, nakanosima rose garden, dotonbori, balik ke hotel deket stasiun dobutsuen mae)

      10 september : mengitari kyoto (ryoanji, kinkakuji, kyoto imperial palace, nijo castle, nishiki market, gion balik ke osaka)

      11 september: mengitari kyoto (fushimi inari, kiyomizudera, hokanji temple, yasaka shrine, chion-in, gion balik ke osaka)

      12 september: mengitari nara park dan sekitarnya dan mampir kyoto balik ke osaka

      13 september : seharian di osaka (osaka city museum, shitennoji, shinsekai, ke umeda building naik willer ke tokyo)

      Pertanyaan saya untuk di wilayah osaka-kyoto-nara sebaiknya menggunakan pass apa?

  7. Pak Nugroho, apakah saya bisa hanya membayar selisih penggunaan Thunderbird Express dari Kyoto ke Kanazawa dengan menggabungkan dengan “Hokuriku Area Pass” untuk area Fukui – Kanazawa? Apakah saya harus keluar dulu di stasiun Fukui baru masuk kembali menggunakan “Hokuriku Area Pass”? Atau apakah memungkinkan saya tidak turun tapi membayar selisihnya diatas kereta? Tks Pak infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bapak harus keluar dulu di Fukui Station, kemudian masuk lagi dengan Hokuriku Area Pass. Salam

    • Selamat siang Pak. Apakah Hokuriku Area Pass dapat saya gunakan untuk train Wide View Hida Ltd Express dari Toyama ke Takayama dengan pembayaran tambahan untuk rute Inotani ke Takayama? Kalau bisa apakah pembayaran tambahan dilakukan di Toyama stasiun atau Takayama stasiun pada saat tiba? Tks Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Pembelian tiket kereta ekspress nya bisa dibeli di Toyama Station.
      Gunakan Hokuriku Area Pass untuk perjalanan dari Toyama sampai ke Inotani, kemudian keluar pintu karcis, lalu masuk lagi dengan tiket yang sudah dibeli di Toyama. Naik kereta ekspress sampai ke Takayama. Salam

    • Tks Pak. Hanya perlu konfirmasi. Jadi dengan Hokuriku Area Pass saya bisa menggunakan kereta Wide View Hida limited express? Dan di Inotani artinya saya harus tukar kereta tidak bisa meneruskan dengan kereta yang sama? Mohon konfirmasinya Pak pengertian saya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Pada waktu naik di Toyama, bapak cukup menunjukkan Hokuriku Area Pass, tidak diminta menunjukkan tiket. Nah, kalau bapak keterusan sampai di Takayama, bapak harus membayar full ongkos dari Toyama ke Takayama, karena dianggap tidak memiliki tiket. Salam

  8. Selamat siang Bapak Nugroho Christian,

    Berikut ini saya sampaikan :
    1. 23-26 Nov 2018 saya di Tokyo
    2. 26-27 Nov 2018 saya di Kanazawa, Shirakawago, Tateyama dan sekitarannya
    3. 27-30 Nov 2018 di Tokyo dan kembali ke Indonesia

    Adapun pertanyaan saya adalah :
    1. Pass apa yang cocok utk perjalanan saya tersebut di atas?
    2. Apakah cukup 2 hari 1 malam untuk explorer Kanazawa, Shirakawago, Tateyama?

    Atas bantuan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Budy Widjaja

    • Budy Widjaja  |  

      Maaf Pak, maksudnya Takayama (bukan Tateyama).

      Terima kasih.

      Salam,
      Budy Widjaja

  9. Margareta Aulia Dewi  |  

    Siang, Pak.
    Saya rencana dari Narita langsung ke Kyoto dan Osaka.
    Apa cocok menggunakan hokuriku arch pass ?
    Kalau memakai hokuriku arch pass ini, dari narita turun di Tokyo Station lalu pindah kereta lain atau bagaimana ?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk ke Osaka dan Kyoto, ibu bisa memilih Tokyo Osaka Hokuriku Pass (via Toyama-Kanazawa) atau JR Pass (via Nagoya). Ibu bisa naik kereta Narita Ekspress dahulu dari Narita ke Stasiun Tokyo saja yang ongkosnya tercover dengan kedua pass tersebut. Salam.

  10. Pak transport yg murah dari Tokyo ke Takayama kami naik yg mana ya? Kami mau ke shirakawago tpi mau singgah di Takayama nginap 1 hari disana..

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo, ibu bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen ke Kanazawa dahulu, baru naik bus Nohi dengan rute Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Atau bisa juga rute Tokyo-Nagoya-Takayama-Shirakawago. Lengkapnya bisa langsung dibaca dalam tulisan saya tentang Wisata di Takayama. Salam.

    • Jessly  |  

      Pak kereta hokuriku itu harganya 5000y itu biayanya sudah bisa untuk Pulang pergi tuk kami balik lg ke Tokyo besok harinya? Tpi kembali modal ga ya pak cuma Tokyo ke takayama saja pke hokuriku? Atau tiket hokuriku itu bisa di gunakan di Tokyo jga? Trima ksih

  11. Hi pak Nugroho
    Saya rencana mau pergi dari Tokyo ke Toyama, lalu balik lagi ke Tokyo di hari ke 4, saran bapak paling baik transport apa yang harus saya gunakan?

    Rencana dari Toyama saya mau ke Alpine route dan juga ke Shirakawago. Jadi saya bermalam 3 malam di Toyama.

    Trims pak

    • Victor Timothy  |  

      Pak Chris, kalau saya dari Tokyo mau ke Toyama adakah transport kereta termurah? Jika sudah di Toyama, saya bisa beli hokuriko area pass dan kurobe option ticket apakah lebih murah dibandingkan saya langsung beli tokyo-osaka hokuriku arch pass? Mohon petunjuknya.. rute saya Tokyo-Toyama-Tokyo. Trims pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ongkos shinkansen dari Tokyo ke Toyama saja sudah 12.000 yen Pak. Setelah hari keempat mau kemana pak?
      Lalu kenapa ingin membeli Hokuriku Arch Pass ya? Salam

  12. dear Christian,
    saya masih bingung dgn pass apa saja yg hrs saya beli utk itineary 11 hari trip awal Juli2018
    Kansai airport- direct to Kyoto keliling 3hari
    Kyoto- Kanazawa-Toyama-Alpine Route-Kurobe dam-Toyama-Takayama-Shirakawago-Gokayama-Takayama (4hari)
    Osaka (3hari)
    Kansai airport
    Thank you

  13. Selamat Sore Pak. Brp potongan untuk ongkos PP dari tateyama sta ke kurobe dam ? Dan kurobe dam itu masuk kategori daerah mana y? Apakah Kurobeko?

    Mohon infonya. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sore bu, saya sudah confirm. Mohon maaf, tidak ada potongan harga/ diskon untuk perjalanan di Tateyama, yang ada ibu bisa dapat prangko/stempel. Kurobe Dam itu bisa dicapai dengan berjalan kaki dari Kurobeko (melewati dam nya). Saya sarankan ibu untuk membeli tiket Tateyama Kurobe Option Ticket kalau mau menempuh perjalanan full 1 rute Tateyama. Salam.

  14. selamat malam Pak. saya mau menggunakan 2 pass (Takayama Hokuriku Pass dan Hokuriku Area Pass) karena rute saya:

    – mendarat di KIX langsung menuju Kanazawa (Takayama Hokuriku Pass)
    – saya mau ke Shirakawago dan Gokayama
    – besoknya saya ke Alpine Route (Hokuriku Area Pass)
    – lalu ke daerah kansai.

    pertanyaanny :

    1. apakah kedua pass tersebut tidak akan tumpang tindih? dan pada saat saya tukarkan voucher di JR KIX, apakah tidak akan bermasalah?
    2. apakah benar, saya dari KIX ke Kanazawa menggunakan Nankai Haruka express dan lanjut thunderbird (tercover takayama hokuriku pass)?
    3. rute dari kanazawa ke alpine route saya tercover dengan ke-2 pass ini?

    apakah sudah benar semua pak? jika ada yg salah mohon infonya. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sejujurnya pass tersebut tumpang tindih bu. Takayama Hokuriku Pass itu bisa dibilang mencakup semua yang tercover oleh Hokuriku Area Pass, ditambah coverage ongkos dari Kansai ke Osaka, Kyoto, atau Nagoya.
      2. Namanya kereta limited ekspress Haruka. Nankai itu kereta swasta yang ke Namba Osaka.
      3. Kalau rute dari Kanazawa ke Alpine Route tercover oleh kedua pass tersebut. Rin bisa membaca juga tulisan saya tentang Takayama Hokuriku Pass dan Hokuriku Area Pass. Salam.

    • Saya sudah membaca yg takayama hokuriku pass. Tetapi di sana tidak disebutkan bahwa pass tersebut akan mengcover seluruh ongkos PP dari tateyama sta ke kurobe dam.

      Tetapi di hokuriku area pass dituliskan bahwa pass ini mengcover seluruh ongkos PP dari tateyama sta ke kurobe dam.

      Apakah betul seperti itu?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk takayama hokuriku pass betul tidak tercover, namun untuk Hokuriku Area Pass hanya berupa diskon bu (potongan harga). Salam.

    • Artikelny baru direvisi y? Ok klo begitu,

      Berapa potongan harga yg diberikan dari tateyama sampai kurobe dam? Dan kurobe dam itu sampai kurobeko? Mohon infonya terima kasih

  15. Dear Christian,
    apakah Hokuriku Area Pass dengan Japan Rail Pass tidak sama?
    Kalau tidak sama berarti selain punya JR Pass kita juga harus memiliki HA Pass untuk explore maximum daerah2 tersebut.
    Apakah HA Pass dapat dibeli di Indonesia seperti JR Pass?
    Mohon petunjuk.
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Hokuriku Area Pass cakupannya lebih kecil (hanya Hokuriku saja) daripada JR Pass (seluruh Jepang). Harganya pun jauh lebih murah. Ibu silahkan baca area yang tercover, dan kalau memang mau mengunjungi daerah tersebut, bisa mempertimbangkan membeli Hokuriku Area Pass. Ibu bisa membelinya di Jepang, atau beli secara online sebelum tiba di Jepang (hemat 500 yen) melalalui Website JR West

    • Dear Christian,
      Mohon maaf kekurangfahaman, jd kalau sudah punya JR Pass, tidak perlu beli lagi Hokuriku Area Pass maupun Tokaido Line. Betul begitu?
      Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, kalau sudah memiliki JR PASS tidak perlu lagi membeli Hokuriku Area Pass. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!