Kuil Zuiryuji

Home / Temple / Kuil Zuiryuji
Item image

Kuil Zuiryuji adalah Kuil Buddha yang terletak di Kota Takaoka, Toyama. Kuil Zuiryuji adalah salah satu objek wisata yang harus dikunjungi saat kita berada di Takaoka. Kuil ini dibangun sekitar abad ke 16 (pada jaman Kekaisaran Edo) oleh Toshitsune Maeda, penguasa wilayah Toyama saat itu. Bangunan kuil ini bergaya arsitektur China sebagai akibat dari masuknya kebudayaan China saat agama Buddha diperkenalkan oleh pendeta-pendeta dari China. Seluruh bangunan kuil mulai dari gerbang depan hingga bangunan utamanya sudah masuk sebagai harta nasional Jepang sejak tahun 1997. Simak kunjungan Tim Info Jepang mengunjungi Kuil Zuiryuji dan Kota Takaoka di Toyama berikut ini.

Kita akan mudah menemukan kompleks kuil dari jalanan utama karena ada gerbang Somon dengan atapnya yang bertingkat dua. Ada juga dua patung penjaga Nio yang dipercaya sebagai penjaga kuil dari roh jahat. Oiya, saya lupa, seluruh bangunan di kompleks kuil ini dibangun dengan simetris loh, di mana bangunan di sayap kiri dan sayap kanan terbagi dengan jalan masuk kuil. Semua bangunan ini terhubung oleh lorong dengan taman luas di sekelilingnya.

Patung penjaga Kuil Zuiryuji di Toyama

Patung penjaga Kuil Zuiryuji di Toyama di malam hari

Setelah melewati gerbang Somon, kita akan menemukan gerbang Sanmon. Bentuknya mirip dengan gerbang Sanmon yang ada di Kuil Chionin dan Kuil Tofukuji yang ada di Kyoto. Kita bisa berkeliling dan berfoto di seluruh kompleks kuil, namun pastikan untuk tetap menjaga ketenangan ya. Selain itu, dalam beberapa kesempatan, kita juga bisa menemukan para biksu atau pendeta yang sedang berdoa atau bersemedi di bangunan utama.

Mari kita mulai menjelajahi bangunan kuil. Mulai dari sayap kanan, di mana kita bisa menemukan bangunan Oguri yang dijadikan dapur untuk memasak makanan bagi para biksu atau pendeta Buddha. Di seberangnya (ingat bangunan di sini semuanya simetris loh!) ada bangunan Zendo, tempat para biksu beristirahat dan makan.

Di tengah-tengah Oguri dan Zendo, ada area berumput dengan bangunan Butsuden di tengah-tengahnya. Di sini kita bisa melihat patung Buddha Shakyamuni yang bersejarah. Bangunan Butsuden itu semuanya dibangun dari kayu zelkova, salah satu kayu terkuat dan termahal yang ada di Jepang.

Kemudian ada bangunan Hatto yang digunakan sebagai ruangan ibadah dengan altar dan lantai tatami. Selain untuk kegiatan ibadah, bangunan Hatto juga digunakan sebagai ruang belajar para biksu muda mengenai agama dan filosofi Buddha. Lalu ada bangunan untuk upacara minum teh Daisado disebelah bangunan Hatto.

Dalam beberapa acara atau festival, kompleks kuil akan dibuka sampai malam hari, di mana kita bisa melihat iluminasi lampu-lampu berpadu dengan bangunan klasik yang begitu indah.

Kuil Zuiryuji di Toyama saat malam hari

Kuil Zuiryuji di Toyama saat malam hari

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk area Kuil Zuiryuji, kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar 500 yen. Rasanya cukup sepadan dengan kesempatan berkeliling dan melihat bangunan kuil yang bersejarah ditambah kita bebas mengambil foto di sini.

Akses menuju Kuil Zuiryuji

Kuil Zuiryuji terletak di antara Stasiun Takaoka (di sisi utara) dan Stasiun Shin-Takaoka (di sisi selatan). Kita bisa mencapai kuil ini dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit dari kedua stasiun tersebut.

Untuk mencapai Takaoka, kita bisa naik kereta Shinkansen Hokuriku dari Stasiun Kanazawa (lama perjalanan sekitar 15 menit dengan harga tiket 1.530 yen), dari Stasiun Toyama (lama perjalanan sekitar 8 menit dengan harga tiket 1.180 yen), atau dari Stasiun Tokyo (lama perjalanan sekitar 2 jam dengan harga tiket 13.500 yen). Kereta Shinkansen akan melintasi Stasiun Shin-Takaoka yang terletak sekitar 1,8 kilometer di sisi selatan pusat kota dan Stasiun Takaoka. Semua tiket kereta ini masuk dalam cakupan JR Pass dan Hokuriku Arch Pass (kita tidak perlu  membayar tiket kereta lagi).

Selain itu, kalau teman-teman sedang ada di Toyama dan ingin menghemat biaya transportasi bisa mencoba naik kereta Ainokaze Toyama sampai ke Stasiun Takaoka. llama perjalanan sekitar 17 menit dengan harga tiket 360 yen.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Takaoka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Seven Seven Takaoka
1 km away
from ¥6238/night
Hotel New Otani Takaoka
1 km away
from ¥11645/night
Takaoka Manten Hotel Ekim
1 km away
from ¥6966/night
Asahi City Inn Hotel
1 km away
from ¥4366/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kastil Takaoka
2 km away
Kolam di tengah Taman Kastil Takaoka
Takaoka Otogi no Mori Par
2 km away
Naik Tram Doraemon ke Takaoka Otogi no Mori Park
Kebun Tulip Tonami
12 km away
Suasana Kebun Tulip Tonami di Toyama
Pegunungan Tateyama
42 km away
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas

Sumber gambar: Flickr inazakira, the.Firebottle, the.Firebottle


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!