Kuil Tofukuji

Home / Temple / Kuil Tofukuji
Item image

Kuil Tofukuji adalah Kuil Buddha aliran Zen terbesar yang terletak di selatan Kota Kyoto. Sejak dibangun oleh Keluarga Fujiwara hampir 800 tahun lalu, kuil ini menjadi pusat pengajaran dan penyebaran agama Buddha di wilayah Kyoto sampai sekarang. Selain Gerbang Sanmon dan bangunan utama Hondo yang memiliki arsitektur yang unik, Kuil Tofukuji terkenal luas karena pemandangan tamannya yang indah. Area Taman Honbo yang ada di sekitar kuil masuk ke dalam situs nasional Jepang karena keindahannya. Sepanjang musim gugur, puluhan ribu orang mengunjungi kuil ini untuk menikmati salah satu pemandangan musim gugur paling terkenal di Jepang. Meskipun tidak se-spektakuler Kiyomizudera, namun perpaduan bangunan kuil, sungai yang jernih, dan ribuan pohon maple yang berwarna kuning kemerahan adalah pemandangan yang tak terlupakan. Simak kunjungan Tim Info Jepang ke Kuil Tofukuji Kyoto.

Kegiatan seru di Kuil Tofukuji

1. Menikmati keindahan musim gugur Musim Gugur

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan musim gugur di Kuil Tofukuji adalah mulai dari pertengahan Oktober sampai awal Desember. Daun-daun pohon maple yang tumbuh di Taman Honbo akan berubah warna menjadi kuning kemerahan. Dari jembatan Tsutenkyo, kita bisa melihat keindahan bangunan utama Hondo yang ditutupi dedaunan maple di belakangnya.

Suasana Kuil Tofukuji di Kyoto

Pemandangan musim gugur Kuil Tofukuji di Kyoto

2. Melihat Sanmon Gate yang bersejarah

Selain pemandangan musim gugur yang indah a.k.a spektakuler, jangan lupa untuk berfoto di Sanmon Gate. Sanmon Gate atau gerbang Sanmon adalah pintu masuk kompleks bangunan utama kuil. Bangunan gerbang Sanmon secara sekilas mirip dengan Kuil Todaiji Nara, namun lebih pendek. Di sini, kita bisa melihat lukisan Buddha bersejarah yang dilukis di langit-langit bangunan. Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa koleksi patung Buddha yang disimpan di dalam bangunan.

Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji

Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji

3. Melihat keajaiban arsitektur Taman Honbo yang indah

Selain terkenal dengan bangunan-bangunan unik dan bersejarah, kompleks Taman Honbo juga punya pesona ajaib. Karena keindahannya, Taman Honbo ini masuk ke dalam situs warisan nasional. Kita bisa melihat keindahan arsitektur ratusan tahun lalu. Salah satu contohnya taman di sisi barat kuil di mana rerumputan tersusun rapi berselang seling dengan bebatuan. Kalau sekarang dibuat mungkin terlihat mudah, namun 800 tahun lalu? Keren bukan?

Taman sebelah barat Kuil Tofukuji

Taman sebelah barat Kuil Tofukuji

Taman di sisi selatan juga tidak kalah unik dan indah. Di sudut taman, kita bisa melihat gundukan lumut yang melambangkan kelima puncak pegunungan suci yang ada dalam kepercayaan Buddha Zen. Bebatuan yang terbagi ke dalam empat grup melambangkan daratan Ellysian yang dipisahkan dengan lautan luas. Kita bisa menikmati seni dan keindahan taman ini dari area teras bangunan Hojo.

Akses ke Kuil Tofukuji Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Nara Line dan turun di Stasiun Tofukuji. Lama perjalanan sekitar 3 menit dengan tiket seharga 140 yen. Dari stasiun, kita tinggal berjalan ke arah timur selama 10 menit sampai ke pintu masuk kuil yakni bangunan gerbang Sanmon yang megah. Setelah mengunjungi Kuil Tofukuji, Tim Info Jepang menyarankan untuk juga mengunjungi Kuil Fushimi Inari Taisha, lokasinya hanya berbeda 1 stasiun dengan menggunakan JR Nara Line dari Stasiun Tofukuji.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Informasi tiket masuk kuil Tofukuji

Untuk masuk ke kompleks kuil, kita tidak dipungut biaya. Teman-teman bisa bebas masuk dan melihat-lihat atau berfoto dengan latar belakangan bangunan kuil atau taman. Namun, untuk melihat Taman Honbo, kita harus membayar tiket seharga 400 yen.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Plaza Hotel
2 km away
from ¥8800/night
APA Hotel Kyoto-eki
2 km away
from ¥7534/night
Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night
Kyoto Century Hotel
2 km away
from ¥10487/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Umekoji Park
3 km away
umekoji park flower
Gion di Kyoto
3 km away
Suasana Festival Gion Matsuri di musim panas
Kuil Nanzenji Kyoto
4 km away
Bangunan utama Hojo di Kuil Nanzenji
Kuil Eikando
5 km away
blog-image

Sumber Gambar: Flickr ttshr1970Tetsuji Sakakibara[cipher]


Recommended for you


Last modified: February 23, 2018 by

Close Comments

Comments (2)

  1. Mohon informasinya,
    untuk JR pass apakah bisa digunakan di line JR Nara ?
    Karena saya berangkat dari tokyo ke kyoto (dgn shinkansen) kemudian menuju penginapan di dekat stasiun Tokufuji.
    terima kasih.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!