Kuil Kiyomizudera

Home / Nature / Kuil Kiyomizudera
Item image

Kuil Kiyomizudera (Kuil air suci) merupakan warisan budaya dunia UNESCO dan termasuk salah satu kuil paling terkenal di Kyoto dan Jepang. Kuil Kiyomizudera ditemukan tahun 780 di dekat mata air Otowa di sisi timur kota Kyoto. Dan dari situlah kuil ini mendapatkan namanya. Kuil ini sangat dekat dengan Buddha Nara, salah satu sekte Buddha tertua di Jepang. Setelah menjadi warisan budaya dunia UNESCO sejak 1994, Kiyomizudera dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya, termasuk dari Indonesia. Bangunan kuil yang megah dan terletak di atas bukit, dikelilingi oleh taman yang indah membuat Kiyomizudera hampir selalu masuk ke dalam daftar itinerary para wisatawan di Kyoto..

Terletak di atas gunung yang tertutupi pohon-pohonan di sebelah timur kota Kyoto, Kuil Kiyomizudera sungguh megah. Kita dapat mencapai Kuil Kiyomizudera dengan mendaki jalan menanjak yang sempit, dipenuhi dengan toko-toko di sepanjang jalan. Kuil Kiyomizudera dibangun pada tahun 1633 tanpa menggunakan sebatang paku sekalipun. Kualitas kayu dan teknik pembangunan Kuil Kiyomizudera inilah yang membuat kuil ini tetap berdiri dengan gagah di ketinggian. Kita dapat menyaksikan keindahan seluruh ruangan kuil, melihat kota Kyoto di kejauhan, atau menikmati keindahan bunga sakura dan momiji di musim gugur. Tempat ini jadi objek wisata favorit rakyat Jepang dan juga wisatawan mancanegara.

Berita Renovasi Kuil Kiyomizudera di Kyoto:
Kuil Kiyomizudera yang juga adalah ikon wisata kota Kyoto akan melakukan renovasi atap bangunan aula utama Honden pertama dalam 50 tahun terakhir. Teman-teman tetap dapat masuk ke kompleks Kuil Kiyomizudera dan melihat kaki penopang kayu kuil yang terkenal, namun tidak bisa masuk ke pendopo utama dan melihat pemandangan musim semi dan musim gugur yang menjadi daya tarik utama kuil di timur kota Kyoto ini. Dari akhir Februari 2020, proses renovasi sudah selesai dan Kuil Kiyomizudera akan dibuka seperti semula.

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kuil Kiyomizudera Kyoto

1. Melihat keindahan Kiyomizudera saat musim semi

Pohon-pohon sakura di sekitar kuil serentak bermekaran di akhir Maret-awal April setiap tahunnya. Kita dapat menyaksikan keindahan bunga bewarna merah muda ini dari atas Kiyomizudera.

Menikmati hanami sakura di Kuil Kiyomizudera

Menikmati hanami sakura di Kuil Kiyomizudera

2. Menyaksikan Kiyomizudera di waktu musim gugur

Kiyomizudera juga pas dikunjungi saat musim gugur. Daun-daun yang memerah menyatu dengan kayu-kayu coklat kuil, memberikan suasana yang romantis dan anggun. Pemandangan Kiyomizudera di musim gugur sering digunakan di dalam iklan-iklan wisata ke Jepang. Lihat deh…keren kan?

kuil kiyomizudera yang megah

Suasana pemandangan Kuil Kiyomizudera di musim gugur

3. Pergi pagi-pagi ke Kiyomizudera

Kiyomizudera buka sejak pukul 6 pagi hingga 6 malam. Jadi lebih baik menjadikan kuil Kiyomizudera sebagai start perjalanan mengelilingi kota Kyoto. Selain itu, kita juga bisa menyaksikan keindahan mentari pagi dari atas kuil tanpa terganggu orang banyak yang lalu lalang. Dari Kiyomizudera, teman-teman bisa jalan kaki untuk menyusuri kawasan Sannenzaka-Ninenzaka, Kuil Chionin, dan Kuil Yasaka.

mengunjungi kuil kiyomizudera

Mengunjungi kuil Kiyomizudera

4. Melihat iluminasi di musim gugur

Di pertengahan bulan November kita juga bisa melihat iluminasi di Kuil Kiyomizudera. Sorotan lampu ditata sedemikian rupa, menerangi daun-daun merah dan jingga, menambah indah kuil atas gunung ini.

Indahnya iluminasi momiji di Kuil Kiyomizudera

Indahnya iluminasi momiji di Kuil Kiyomizudera

5. Membeli oleh-oleh

Kita juga dapat berbelanja dan membeli oleh-oleh khas Kuil Kiyomizudera di toko-toko suvenir yang ada di jalan turun. Turunlah dari Sannenzaka dan Ninnenzaka dan silakan mampir serta mencicipi jajanan khas kota Kyoto. Oh ya, kalau pergi ke Kyoto dan mau membeli oleh-oleh, siap-siap berdesakan karena banyaknya orang yang mengunjungi area ini. Selain itu, ada banyak toko penyewaan kimono dengan harga yang murah, di mana kita bisa menyewa dan berfoto layaknya masyarakat lokal Jepang.

Toko oleh-oleh di jalanan menuju Kuil Kiyomizudera

Toko oleh-oleh di jalanan menuju Kuil Kiyomizudera

6. Ikut serta dalam Festival Kiyomizudera Seiryuu

Kiyomizudera Seiryuue adalah festival tahunan untuk merayakan naga biru Seiryuu yang melindungi kota Kyoto. Menurut cerita rakyat kuno, kota Kyoto dijaga oleh empat hewan suci di keempat penjurunya. Sisi utara dijaga oleh kura-kura hitam bernama Genbu. Sisi barat dijaga oleh harimau putih bernama Byakko. Di sisi selatan kota dijaga oleh burung merah yang bernama Suzaku, dan di sisi timur dijaga oleh naga biru Seiryuu. Perayaan ini dipusatkan di air pancur naga di kompleks Kuil Kiyomizudera.

Suasana Kiyomizudera Seiryuu

Suasana Kiyomizudera Seiryuu

7. Coba minum kopi di Starbucks dengan lantai tatami

Tidak jauh dari area kuil, kita bisa menemukan Starbucks dengan lantai tatami satu-satunya di dunia. Di sini, kita bisa merasakan suasana tradisional Kyoto sambil menyeruput kopi Starbucks yang sudah terkenal. Starbucks di sini terdiri dari 2 lantai, di mana lantai 1 adalah kedai kopi biasa dengan meja dan kursi, sementara di lantai 2, kita bisa menikmati kopi di lantai tatami.

Akses pergi ke Kuil Kiyomizudera

Kiyomizudera buka setiap hari sepanjang tahun mulai dari jam 6 pagi hingga 6 malam. Biaya masuknya 400 yen untuk dewasa dan 200 yen untuk pelajar sekolah.

Dari Stasiun Kyoto bisa naik bus nomor 100 atau 206 menuju halte Gojo-zaka atau halte Kiyomizu-michi. Ongkosnya 230 yen dan lama perjalanannya sekitar 15 menit. Dari sana kita bisa jalan kaki 10 menit sampai ke Kiyomizudera.

Dari Gion, kita dapat naik bus 206, 100, 207, atau nomor 80 menuju Kuil Kiyomizudera. Dengan Kereta Keihan Line (dari Stasiun Gion-Shijo), teman-teman bisa ke Fushimi Inari (jalan kaki dari Fushimi Inari Station di jalur kereta Keihan) atau ke Kiyomizudera (jalan kaki 25 menit dari Kiyomizugojo Station di jalur kereta Keihan).

Tour di Kyoto

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


Kuil Kiyomizudera Musim Gugur

Mengunjungi Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera dalam Tour Kyoto Sore hari. Tour ini pilihan terbaik mengunjungi objek-objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.


kuil kiyomizudera

Mencoba Shinkansen dari Tokyo ke Kyoto dan mengunjungi objek wisata bersejarah di Kyoto, seperti Kuil Sanjusangen-do, Kuil Heian Jingu, dan Kuil Kiyomizudera.


Merasakan sendiri pengalaman menjadi Geisha sambil menyusuri wilayah bersejarah di Gion Kyoto dengan kimono. Kita akan didandani oleh penata rias profesional, lalu bebas memilih desain kimono dan aksesoris pelengkapnya. Lengkap dengan obi, kaos, mantel, syal, tas, tabi dan geta.


Tour untuk yang berada di Kyoto dan ingin mengelilingi objek-objek wisata seperti Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto. Perjalanan dilanjutkan ke Nara dan mengunjungi Kuil Todaiji, Nara Park lalu ke Kuil Kasuga Taisha.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ryokan Izuyasu
2 km away
from ¥27287/night
Hommachi Sanjusangendo &#
2 km away
from ¥5832/night
Rihga Royal Hotel Kyoto
3 km away
from ¥11200/night
Mitsui Garden Hotel Kyoto
3 km away
from ¥11326/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gion di Kyoto
2 km away
Rental Kimono Wargo
3 km away
Berfoto bersama dengan kimono wargo
Kuil Genkoan
8 km away
Jendela Kebijaksanaan di Kuil Genkoan
Take No Michi Kyoto
10 km away
Pemandangan Take No Michi Kyoto

Sumber gambar : Dokumentasi Tim Info Jepang, Flickr nekozuradoki, Kimon Berlin, Ryan Schultz, mawique


Recommended for you


Last modified: May 28, 2022 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (69)

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!