Kuil Yasaka

Home / Temple / Kuil Yasaka
Item image

Kuil Yasaka adalah salah satu kuil Shinto tertua di Kyoto. Kuil ini sudah dibangun sejak tahun 656 atau lebih dari 1300 tahun yang lalu. Meskipun bangunan kuil Yasaka tidak semegah Kuil Kiyomizudera atau Kuil Heian Jingu, namun Kuil Yasaka ini terkenal dengan Festival Gion Matsuri. Sebagai informasi bagi teman-teman, Gion Matsuri merupakan festival paling terkenal seantero Jepang. Lebih dari 5 juta orang akan datang ke Kyoto sepanjang bulan Juli, di mana festival Gion Matsuri diadakan. Selain itu, lokasi Kuil Yasaka yang dekat dengan Taman Maruyama dan Kuil Chionin dan Kuil Kiyomizudera, membuat kita bisa mengunjungi kuil-kuil ini sekaligus dalam satu hari. 

1. Melihat ratusan lentera setiap malamnya

Bangunan Kuil Yasaka bisa ditemukan dengan mudah dari Taman Maruyama atau kalau teman-teman berjalan di daerah Higashiyama Kyoto. Kita bisa singgah dan berdoa sejenak di area bangunan utama (Honden). Oiya, di bangunan Honden ini kita bisa melihat ratusan lentera yang menyala sepanjang malam loh! Jadi, saran Tim Info Jepang, teman-teman sebaiknya datang ke Kuil Yasaka menjelang malam. Paling bagus sih setelah melihat matahari terbenam di Kuil Kiyomizudera.

lentera di kuil yasaka gion

Melihat lentera di Kuil Yasaka pada malam hari

2. Ikut serta dalam Gion Matsuri

Gion Matsuri atau Festival Gion adalah festival musim panas yang sangat terkenal di Jepang. Bisa dibilang nomor satu dari segi publikasi dan pengunjungnya. Diadakan selama satu bulan mulai dari 1 Juli hingga 31 Juli, daerah Gion selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang datang untuk menonton parade. Awal mula festival ini adalah doa kepada Kami (dewa orang Shinto), memohon untuk menghentikan wabah penyakit yang terjadi. Menurut catatan sejarah, wabah penyakit kemudian berhenti. Namun, festival ini terus diadakan sebagai ucapan syukur dan doa para penduduk memohon lindungan dari penyakit dan bahaya. 

Gion Matsuri merupakan salah satu festival terbesar di Jepang yang diadakan di kawasan Gion, lebih tepatnya di Kuil Yasaka. Dapatkan kursi terbaik untuk menyaksikan penampilan Yamahoko Junko dengan English Audio Guide yang akan menjelaskan sejarah Gion Matsuri. Reservasi online bisa dilakukan langsung di Website Gion Matsuri.

Festival ini juga selalu diliput luas oleh media elektronik hingga media cetak. Dalam negeri bahkan sampai ke Amerika dan Eropa. Kita bisa bergabung bersama hampir seluruh masyarakat Kyoto yang turut serta dalam parade Gion Matsuri. Anak sekolah, orangtua, para pekerja, hingga Geisha sama-sama turut serta dalam parade berkeliling kota. 

3. Melihat hanami dan momiji di Taman Maruyama

Kalau teman-teman sudah pernah ke Sapporo, pasti sudah tidak asing dengan Taman Maruyama. Meski namanya sama, namun Taman Maruyama di sini adalah taman yang terletak di samping Kuil Yasaka. Taman ini masuk ke dalam salah satu taman dengan pemandangan hanami terbaik di Kyoto loh. Tidak heran, di awal bulan April, kita bisa melihat banyak penduduk kota yang campur baur dengan wisatawan untuk hanami. Bahkan, malam harinya, kita tetap bisa hanami dengan iluminasi lampu yang indah. Sepanjang musim gugur, pohon-pohon maple di taman ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Menikmati warna dedaunan kuning dan merah bisa jadi kegiatan seru teman-teman di Kyoto selama bulan Oktober-November.

Akses menuju Kuil Yasaka

Kuil Yasaka bisa dicapai dari Stasiun Kyotodengan naik bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan turun di halte bus Gion. Melalui area Karamachi, kita dengan mudah bisa menemukan kompleks kuil ini.

Namun, karena kuil Yasaka lebih bagus dinikmati petang atau malam hari, Tim Info Jepang menyarankan kepada teman-teman untuk mengunjungi Kuil Chionin atau Kuil Kiyomizudera terlebih dahulu. Jarak Kuil Chionin hanya 5-10 menit perjalanan melalui Taman Maruyama. Sementara itu jarak ke Kuil Kiyomizudera sekitar 30 menit berjalan kaki. 

Buat kamu yang ingin mengunjungi Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Gion dan Kuil Yasaka, Pasar Nishiki, dan Arashiyama di Kyoto, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkanJR Kansai Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Travellers Inn
1 km away
click for detail
Ryokan Inn Yoshida-sanso
2 km away
from ¥50049/night
Eco and Tec Kyoto
1 km away
click for detail
14004 km away
blog-image

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Nanzenji Kyoto
2 km away
Bangunan utama Hojo di Kuil Nanzenji
Toei Kyoto Studio Park
7 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park
Museum Shigureden Arashiy
10 km away
Pendopo utama Museum Shigureden Arashiyama
Kuil Tofukuji
3 km away
Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji

Sumber gambar : Flickr Matt Perreault,Takashi Hososhima


Recommended for you


Last modified: September 2, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (9)

  1. Kami berdua akan ke Japan kira 2 8 hari dari Jakarta masuk dari Osaka , Kyoto , Tokyo lgs Pulang ke Jakarta
    Kira Osaka 3 hr , Kyoto 3 hr dan Yokyo 2 hari
    Day 1 pagi sdh mendarat di Osaka ke Hotel , mungkin jln 2 sekitar Hotel
    Day 2 Tour di Osaka
    Day 3 Tour di Osaka , dan Ke Kyoto
    Day 4 Di Kyoto
    Day 5 Kyoto
    Day 6 Kyoto , malam atau sore pakai Shinksnshen ke Tokyo dan menginsp di Tokyo
    Day 7 Tokyo
    Day 8 sore kembali ke .Jkt dari Tokyo

    Dengan waktu cuma 8 hr ini
    Bisa di kasih usulan tempat 2 yg dikunjungi

    Osaka mis Day 1 Setengah hr kemana sebaiknya tempat yg dikunjungi dan sebaiknya ambil hotel dimana kami dr Kansai Airport Pesawat mendarat pagi jam 8.00 ?
    Day 2 Tour ke Kuil ?
    Day 3 Tour ke keliling Osaka ?
    Day 4, 5,6 Rencana di Kyoto
    Usul tempat yg di kunjungi Kuil ?
    Atau tempat lain ?
    Tokyo dua hr mungkin kami santai , krn ksmi ddh pernsh kesana

  2. Day ke:
    1.Narita-hotel di ikebukuro (rencana ambil combo tokyo shuttle+tokyo subway pass 72H setelah baca artikel diatas, karena saya masih jalan2 di tokyo untuk 5 hari)
    2. Daerah Shinjuku
    3. Daerah Shibuya
    4. Daerah tokyo dan sekitar (ueno, akihabara, kapabashi St, ginza, tokyo tower, odaiba)
    5-6. Menuju Nagano (mampir karuizawa) -> ini saya bingung mending naik apa, ada saran?
    6. Menuju Kyoto (saya sudah beli JR tiket Kansai Area Pass untuk Osaka, Kyoto, Nara, Kobe)
    7. Arashiyama dan sekitar, menginap di Osaka
    8. Kyoto (fushimi inari, kyomisudera dan sekitar, Yasaka jinja, kuil Kodaiji), balik ke hotel Osaka
    9. Nara dan sekitar + Osaka castle
    10. Mino park+fall
    11. Univ. Studio
    12. Kobe (himeji castle)
    13. Masih menerawang :D
    14. Pulang lewat bandara Kansai (apa ini tercover dgn JR Kansai saya ya?)

    Mohon kalo pas nganggur aja dibaca pak, soalnya saya ngerti juga kalo bales tiap chat satu2 ya pasti pusing :D Terima kasih sekali lg ya :)

    • Nugroho Christian  |  

      Secara umum, ibu bisa membeli JR Pass untuk mengcover ongkos kereta di seluruh Jepang, termasuk ke Nagano dan Kyoto. Namun, karena ibu sudah membeli Kansai Area Pass, jadi mungkin ibu bisa ke Nagano dan Karuizawa dengan tiket kereta ketengan saja. Untuk daerah Shinjuku, Shibuya, Ueno, dan Akihabara (di sepanjang jalur kereta JR), bisa mempertimbangkan membeli kartu Tokunai Pass saja. Tokyo Subway Pass itu agak sulit balik modal kalau tidak banyak tempat yang dikunjungi. Ibu bisa naik kereta limited ekspress (non-reserved) Haruka yang menghubungkan Bandara Kansai dengan Stasiun Tennoji dan Shin-Osaka, dan Stasiun Kyoto dengan Kansai Pass.

    • Aries SF  |  

      wah terima kasih sekali buat jawaban kilatnya dan untuk link2nya, akan segera saya cek dan laksanakan :D sekali lg terima kasih pak nugroho :)

  3. Permisi, terima kasih atas info2nya.
    Minta Saran untuk susunan perjalanan dibawah lebih pakai yang mana ya?:)
    kalo pakai kansai thru pass apa kelebihan dan kekurangannya?
    D1-Datang di Osaka dan menginap di Fushimimachi, Chuo Ward
    D2- horikawa ebisu shrine
    -Namba street
    D3- Universal Studio
    D4-Osaka Castle
    -umeda sky building
    -Osaka Aquarium KAIYUKAN
    -Namba
    -Dotonbori
    D5-kiyomizu dera
    -yasaka shrine
    Gion
    D6-Shimogyo Ward
    -Fushimi Inari shrine
    -arashiyama bamboo forest
    D7-balik bandara kansai

  4. Pagi pak nugroho, kami berencana ke jepang tgl 1 sept sampai 6sept.. ini pertm kalinya kami sekeluarga (sy, suami , anak2 3dan5th) mengunjungi jepang
    Itinerarynya sbb :
    Day 1 : mendrt di kansai int airport siang hr – check ini hotel area namba – jalan2 sekitaran dontonburi, shinsaibashi – back to hotel
    Day 2 : ke usj – kalau smpt pengen ke aquarium – back to hotel
    Day 3 : ke kyoto – fushimi inari, inari market, gion -osaka back to hotel
    Day 4 : ke tokyo – nginap area shinjuku atau shibuya – jalan2 sekitaran hotel – patung hachiko – ginza – back to hotel
    Day 5 : disneyland – back to hotel
    Day 6 : kembali ke jkt melalui bandara haneda

    Apakah itinerary sy uda bagus, mohon pencerahannya utk rute2 kereta dan busway utk ke tmpt2 yg ingin sy kunjungi kalau bs sy jg ingin mengetahui brp biaya kereta dan tiket masuk ke tmpt2 wisata tersebut

    Pertenyaan slnjtnya sy ingin mengetahui dimana ya tmpt utk menyewa kimono di kyoto , terima kasih seblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Itinerary nya sudah bagus dan relatif agak santai. Untuk biaya kereta ibu bisa mencari sendiri dengan Hyperdia, lalu tiket masuknya bisa dicari menggunakan kotak search bewarna biru di bagian atas. Maaf, Tim Info Jepang tidak menuliskannya karena nanti detailnya akan sangat panjang dan membuat bingung pembaca website yang lain. Kalau berminat, Ibu bisa menggunakan layanan Tour Guide Online Info Jepang untuk membantu kamu menyusun itinerary dan menjadi guide online kamu selama di Jepang.
      Untuk informasi penyewaan kimono di Kyoto bisa dibaca di artikel Rental Kimono di Kyoto.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!