Kuil Yasaka

Home / Temple / Kuil Yasaka
Item image

Kuil Yasaka adalah salah satu kuil Shinto tertua di Kyoto. Kuil ini sudah dibangun sejak tahun 656 atau lebih dari 1300 tahun yang lalu. Meskipun bangunan kuil Yasaka tidak semegah Kuil Kiyomizudera atau Kuil Heian Jingu, namun Kuil Yasaka ini terkenal dengan Festival Gion Matsuri. Sebagai informasi bagi teman-teman, Gion Matsuri merupakan festival paling terkenal seantero Jepang. Lebih dari 5 juta orang akan datang ke Kyoto sepanjang bulan Juli, di mana festival Gion Matsuri diadakan. Selain itu, lokasi Kuil Yasaka yang dekat dengan Taman Maruyama dan Kuil Chionin dan Kuil Kiyomizudera, membuat kita bisa mengunjungi kuil-kuil ini sekaligus dalam satu hari. 

1. Melihat ratusan lentera setiap malamnya

Bangunan Kuil Yasaka bisa ditemukan dengan mudah dari Taman Maruyama atau kalau teman-teman berjalan di daerah Higashiyama Kyoto. Kita bisa singgah dan berdoa sejenak di area bangunan utama (Honden). Oiya, di bangunan Honden ini kita bisa melihat ratusan lentera yang menyala sepanjang malam loh! Jadi, saran Tim Info Jepang, teman-teman sebaiknya datang ke Kuil Yasaka menjelang malam. Paling bagus sih setelah melihat matahari terbenam di Kuil Kiyomizudera.

lentera di kuil yasaka gion

Melihat lentera di Kuil Yasaka pada malam hari

2. Ikut serta dalam Gion Matsuri

Gion Matsuri atau Festival Gion adalah festival musim panas yang sangat terkenal di Jepang. Bisa dibilang nomor satu dari segi publikasi dan pengunjungnya. Diadakan selama satu bulan mulai dari 1 Juli hingga 31 Juli, daerah Gion selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang datang untuk menonton parade. Awal mula festival ini adalah doa kepada Kami (dewa orang Shinto), memohon untuk menghentikan wabah penyakit yang terjadi. Menurut catatan sejarah, wabah penyakit kemudian berhenti. Namun, festival ini terus diadakan sebagai ucapan syukur dan doa para penduduk memohon lindungan dari penyakit dan bahaya. 

suasana gion matsuri

 Ramainya Gion Matsuri di Kyoto

Festival ini juga selalu diliput luas oleh media elektronik hingga media cetak. Dalam negeri bahkan sampai ke Amerika dan Eropa. Kita bisa bergabung bersama hampir seluruh masyarakat Kyoto yang turut serta dalam parade Gion Matsuri. Anak sekolah, orangtua, para pekerja, hingga Geisha sama-sama turut serta dalam parade berkeliling kota. 

3. Melihat hanami dan momiji di Taman Maruyama

Kalau teman-teman sudah pernah ke Sapporo, pasti sudah tidak asing dengan Taman Maruyama. Meski namanya sama, namun Taman Maruyama di sini adalah taman yang terletak di samping Kuil Yasaka. Taman ini masuk ke dalam salah satu taman dengan pemandangan hanami terbaik di Kyoto loh. Tidak heran, di awal bulan April, kita bisa melihat banyak penduduk kota yang campur baur dengan wisatawan untuk hanami. Bahkan, malam harinya, kita tetap bisa hanami dengan iluminasi lampu yang indah. Sepanjang musim gugur, pohon-pohon maple di taman ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Menikmati warna dedaunan kuning dan merah bisa jadi kegiatan seru teman-teman di Kyoto selama bulan Oktober-November.

Akses menuju Kuil Yasaka

Kuil Yasaka bisa dicapai dari Stasiun Kyoto dengan naik bisa naik bus nomor 100 atau 206 dan turun di halte bus Gion. Melalui area Karamachi, kita dengan mudah bisa menemukan kompleks kuil ini.

Namun, karena kuil Yasaka lebih bagus dinikmati petang atau malam hari, Tim Info Jepang menyarankan kepada teman-teman untuk mengunjungi Kuil Chionin atau Kuil Kiyomizudera terlebih dahulu. Jarak Kuil Chionin hanya 5-10 menit perjalanan melalui Taman Maruyama. Sementara itu jarak ke Kuil Kiyomizudera sekitar 30 menit berjalan kaki. 

Buat kamu yang ingin mengunjungi Umeda Osaka, Gunung Rokko dan seluruh objek wisata di Sannomiya Kobe, maupun Gion dan Kuil Yasaka, Pasar Nishiki, dan Arashiyama di Kyoto, Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Heian Residence
1 km away
click for detail
Heian Residence Gozan
1 km away
from ¥14152/night
Eco and Tec Kyoto
1 km away
click for detail
Ryokan Inn Yoshida-sanso
2 km away
from ¥50049/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fushimi Inari Taisha
4 km away
Fushimi Inari Taisha di Kyoto
Kuil Kiyomizudera
1 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto
Toji Temple
4 km away
toji temple
Kuil Kodaiji
0 km away
Musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Sumber gambar : Flickr Matt Perreault,Takashi Hososhima, Christian Kaden


Recommended for you


Last modified: March 7, 2017 by

Close Comments

Comments (2)

  1. Permisi, terima kasih atas info2nya.
    Minta Saran untuk susunan perjalanan dibawah lebih pakai yang mana ya?:)
    kalo pakai kansai thru pass apa kelebihan dan kekurangannya?
    D1-Datang di Osaka dan menginap di Fushimimachi, Chuo Ward
    D2- horikawa ebisu shrine
    -Namba street
    D3- Universal Studio
    D4-Osaka Castle
    -umeda sky building
    -Osaka Aquarium KAIYUKAN
    -Namba
    -Dotonbori
    D5-kiyomizu dera
    -yasaka shrine
    Gion
    D6-Shimogyo Ward
    -Fushimi Inari shrine
    -arashiyama bamboo forest
    D7-balik bandara kansai

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!