Pasar Nishiki

Home / Restaurant / Pasar Nishiki
Item image

Pasar Nishiki atau “Nishiki Ichiba” dalam bahasa Jepang adalah pasar rakyat yang terletak di pusat kota Kyoto, di dekat stasiun Kawaramachi dekat Gion. Kita bisa menemukan lebih dari 130 kios sepanjang 400 meter lebih yang menjual berbagai jenis makanan dan jajanan khas kota Kyoto. Pasar Nishiki ini katanya sudah ada sejak jaman Edo yakni 400 tahun lalu dan selalu menjadi pusat ekonomi dan belanja penduduk Kyoto. Ada kakek nenek yang mencari asinan, anak muda yang makan Okonomiyaki, hingga anak kecil yang mengunyah kudapan daging gurita dengan asyiknya. Di sini selain menikmati kuliner murah, kita juga bisa menemukan oleh-oleh atau jajanan enak. Tim Info Jepang sering menganjurkan kepada pengguna Tour Guide Online untuk mampir ke Pasar Nishiki saat makan siang dalam perjalanan mengelilingi kota Kyoto.

Kuliner Kyoto yang terkenal antara lain okonomiyaki, kroket, dan kaiseki ryori. Okonomiyaki mirip seperti martabak, namun berisi sayur kubis, telur, daging yang dipanggang di atas penggorengan panas. Sebenarnya okonomiyaki juga ada di Hiroshima dan Osaka, namun banyak yang bilang okonomiyaki di Kyoto memiliki cita rasa berbeda dengan yang ada di daerah lainnya. Kroket adalah sejenis gorengan dengan adonan lembut di dalamnya. Di Kyoto kita bisa menemukan kroket dengan isi daging, potongan ikan, kepiting, bahkan coklat. Mmm, lezat ya! Sementara kaiseki ryori adalah paket makanan yang berisi beragam jenis hidangan laut yang sudah diolah. Buat kamu yang liburan bersama dengan keluarga atau kerabat, makan kaiseki ryori adalah pilihan tepat karena bisa mencoba kuliner seafood segar dengan harga terjangkau di sini. Selain itu kita juga bisa menemukan sate dan juga goreng-gorengan hidangan laut lainnya di sini. Semuanya murah-murah!

Aneka gorengan tradisional Jepang di Nishiki Market

Aneka gorengan tradisional Jepang di Nishiki Market

Menemukan Nishiki Market ini tidak susah kok, teman-teman cukup mencari Jalan Shijo (salah satu jalan utama di Kyoto). Terbentang di sepanjang jalan sejauh kurang lebih 400 meter, teman-teman akan menemukan banyak restoran yang menjual aneka jajanan hingga toko yang menjual aneka oleh-oleh dan kerajinan tradisional. Pasar Nishiki ini ada 1 blok di sisi utara Jalan Shijo. Biasanya teman-teman yang baru keliling Gion akan mampir ke Pasar Nishiki sebelum kembali ke Stasiun Kyoto.

Toko buah dan sayur di Nishiki Market

Toko buah dan sayur di Nishiki Market

[/image]Suasana nishiki market di Kyoto[/image]

Suasana nishiki market di Kyoto

Setelah berjalan-jalan dan menyantap kudapan di Pasar Nishiki, teman-teman juga bisa mampir di Nishiki Tenmagu Shrine. Kuil ini dipenuhi dengan banyak lentera yang digantung di tembok sisi depannya. Meskipun tidak sebesar Kuil Kitano Tenmangu atau Kuil Dazaifu Tenmangu, namun keunikan kuil ini tetap jadi daya tarik. Kuil ini biasanya ramai dikunjungi para pelajar menjelang waktu ujian atau tes masuk perguruan tinggi, di mana mereka akan menuliskan doa atau keinginan mereka dan menggantungnya di atas pohon plum di depan kuil. Menurut kepercayaan, doa dan keinginan kita akan terkabul..wah!

Akses menuju ke Pasar Nishiki Kyoto

Stasiun terdekat adalah stasiun Shijo di jalur Subway Karasuma dari arah Stasiun Kyoto, lalu Stasiun Kawaramachi di jalur Hankyu Kyoto Line atau stasiun Gion Shijo di jalur Keihan Line. Dari stasiun di atas kita bisa berjalan kaki sekitar 3 menit menuju ke arah keramaian. Supermarket Daimaru atau Mall Loccitane juga bisa dipakai sebagai tanda menuju ke pasar.

Jika teman-teman mau naik bus kota Kyoto, bisa naik bus nomor #5, #205, #206, atau #101 dan berhenti di Stasiun Shijo. Lihat juga: Panduan lengkap jalur bus di Kyoto.

Objek wisata terdekat antara lain Kuil Yasaka, Kuil Chionin, Taman Maruyama dan distrik Gion di sebelah timur, yang semuanya bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit (1 kilometer).

Buat kamu yang ingin mengunjungi Pasar Nishiki, Distrik Gion dan Arashiyama di Kyoto, lalu ke Umeda Osaka, Gunung Rokko dan dan kawasan pusat kota Sannomiya Kobe,Tim Info Jepang menyarankan untuk membeli Hankyu Tourist Pass. Pass seharga 700  yen (satu hari) dan 1.200 yen (dua hari) ini jauh lebih murah dibandingkan JR Kansai Pass.

Cheap Hotels near Nishiki Market [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Eco and Tec Kyoto
1 km away
click for detail
Ryokan Inn Yoshida-sanso
3 km away
from ¥50049/night
Kyoto Travellers Inn
2 km away
click for detail
14003 km away
blog-image

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Daigoji Kyoto
7 km away
Keindahan warisan budaya dunia Kuil Daigoji Kyoto
Kifune Jinja
13 km away
Menuju ke Kifune Jinja di Kyoto
Imperial Palace Kyoto
3 km away
Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto
Kyoto Tower
2 km away
Itinerary Tokyo Kawaguchiko Osaka Hari 6 Kyoto Tower

Sumber gambar: Flickr u dou, Binder.donedat, Thilo Hilberer


Recommended for you


Last modified: February 22, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (57)

  1. Halo pak Nugroho Christian,

    Mau tanya mengenai pajak yang dikenakan sebesar Y.1.000,-. Ini apakah sdh berlaku? Kalau sdh berlaku kita mesti bayar nya waktu sampai di Jepang atau pulangnya? Bayar dimana?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pajaknya sudah dimasukkan ke dalam tiket penerbangan ibu dari Jepang ke Indonesia. Ibu tidak perlu membayarnya, karena harga tiket ibu sudah termasuk pajak 1000 yen tersebut. Salam.

  2. Hallo pak,
    Saya dengar sekarang Jepang mengenakan pajak sebesar Y.1000 kepada para turis. Ini dibayarkan dimana dan pada waktu kita sampai di Jepang atau pada waktu meninggalkan Jepang?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Sayonara Tax itu sudah ditambahkan langsung ke tiket pesawat. Tidak ada yang perlu bapak lakukan. Salam

  3. Selamat siang Pak Nugroho,
    Liburan ke jpn sy 17-27 Nov, PP OSAKA.
    Sampai Kansai airport 17 Nov jam 21.20 ( nginap d airport ). Pulang 27 Nov pesawat 23.30.
    Susunan kasar rute nya spt ini :
    18nov : osaka
    19nov : siang hari pindah kyoto
    20nov : sagano-arashiyama-nishiki-fushimi
    21nov : kiyomizudera-gion-kinkakuji, malamnya dgn night bus Fujikyu ke Kawaguchiko
    22nov : kawagychiko-oshino hakai-gotemba outles-kawaguchiko
    23nov : kawaguchiko-hakone-kawaguchiko
    24nov: kawagychiko-iyashi no sato-oishi park-music forest, mlm dgn bus Chuo menuju Tokyo
    25nov : tokyo
    26nov : tokyo.lalu mlm dgn wiler bus menuju Osaka
    27nov: Osaka
    Apakah rute spt ini sdh efisien pak?
    Mohon penjelasan bapak:
    1 . Dgn rute spt ini, sebaiknya pass apa yg sy harus pakai?
    2. Kalau sy beli Fuji Hakone Pass, 3hari, sebaiknya sy beli versi yg mana ( sy tdk beli JR pass), beli dimana, dan kpn sy mulai pakai ny?
    3. Utk Osaka, krn di pecah hr pertama dan terakhir,sy masih bingung mau kemana , kalo sy beli OAP, apakah bisa balik modal, dan sebaiknya pakai OAP d tgl brp

    Maaf pak pertanyaan nya banyak.sy tunggu penjelasan dr bpk.
    Thks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Karena ada rute PP Osaka-Tokyo-Osaka sebenernya sudah akan balik modal dengan JR Pass. Tapi kalau ibu mau naik bus malam, cukup beli Fuji Hakone Pass. Sebagai catatan, Fuji Hakone Pass hanya bisa dibeli di Shinjuku atau Odawara, jadi tanggal 21 November, ibu harus ke Tokyo dulu untuk beli Fuji Hakone Pass.
      2. Ibu bisa beli versi Shinjuku supaya ongkos Shinjuku-Kawaguchiko dan Hakone-Shinjuku atau sebaliknya tercover.
      3. Ibu bisa baca penjelasan saya tentang Osaka Amazing Pass, kalau ibu tidak mau mengunjungi banyak tempat wisata, cukup gunakan kartu ICOCA saja (bisa dibeli di Bandara Kansai). Salam.

  4. Hai pak.saya mau tanya apabila rute spt ini
    Hari 1: nishiki market.kiyomizudera.KOBE
    Hari 2: tenryuji.kinkakuji.nijo castle

    Krn hri pertama ada mau nampir ke kobe apakah dgn kyoto sightseeing pass suda ckup mengcover smua daera yg saya ingin pegi?layak apa engga klo beli yg ini

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!