Kuil Ginkakuji

Home / Temple / Kuil Ginkakuji
Item image

Kuil Ginkakuji dalam bahasa Jepang berarti Kuil Paviliun Perak, terkenal satu pasang dengan Kuil Kinkakuji (Kuil Paviliun Emas). Mirip-mirip dengan Kuil Paviliun Emas, Kuil Ginkakuji juga dibangun sebagai tempat peristirahatan oleh Shogun Ashikaga Yoshimasa pada tahun 1482.

Dari luar kuil ini nampak biasa saja, namun mengapa dinamakan kuil paviliun perak? Itu karena ruangan utama Kuil Ginkakuji yakni Kannon Hall konon katanya seluruh dindingnya dilapisi oleh kertas perak. Desain kuil Ginkakuji sama persis dengan Kinkakuji yang dibangun oleh kakeknya Ashikaga Yoshimitsu.

Kita dapat melihat keindahan kuil Ginkakuji bersama dengan taman Jepang yang terawat sempurna. Ada juga taman pasir dan beberapa patung yang terkenal dengan keindahannya.

2 Kegiatan yang bisa dilakukan di Kuil Ginkakuji Kyoto

1. Mengeliling Taman Luar Kuil

Keindahan taman Kuil Ginkakuji

Kompleks Kuil terdiri dari 6 buah kuil kecil dan dipisahkan oleh taman Jepang. Kita dapat menyusuri taman di halaman luar melihat keindahan pepohonan dan semak bambu. Khusus untuk dinding-dinding pembatas taman di Kuil Ginkakuji, kita bisa melihat pemandangan dan keindahan taman Jepang di mana pondasi batu, dinding bambu, dan semak camelia ditata teratur. Pepohonan ini menjadi merah pada saat musim gugur sekitar bulan November. Jadi, jangan lupa juga untuk mengambil foto Ginkakuji!

2. Melihat gundukan pasir Moon Viewing Platform

Taman pasir Zen di halaman kuil

Di halaman sebelah luar kuil, kita bisa melihat taman pasir khas Jepang atau sering disebut lautan pasir perak. Di sini tidak ada pepohonan, hanya ada pasir dan batu-batuan dengan alur tertentu. Konon katanya ada makna dari alur-alur tak beraturan ini.

Gundukan pasir di halaman kuil

Di bagian tengah kita bisa menemukan gundukan pasir besar setinggi 2 meter yang bernama kogetsudai atau moon viewing platform dalam bahasa Inggris. Konon katanya gundukan pasir di Kuil Ginkakuji melambangkan Gunung Fuji. Dan di saat malam hari, sinar rembulan akan menerangi pasir itu dan memantulkannya ke Kuil Ginkakuji menjadikannya bewarna perak seperti namanya Silver Pavilion. O ya, jangan lupa juga untuk berfoto di tempat unik ini.

Akses Menuju Kuil

Dari JR Stasiun Kyoto atau Keihan Sanjo Station, naik bus nomor 5 dan turun di halte Ginkakuji Mae. Lalu berjalan kurang lebih 10 menit.

Dari Demachiyanagi Station atau Shijo Station (kereta Keihan Line), naik bus 203 dan turun di halte Ginkakuji Mae. Dilanjutkan berjalan kaki kurang lebih 10 menit.

Kuil Ginkakuji buka tiap hari sepanjang tahun mulai pukul 8:30 – 17:00 (Maret hingga November) dan 9:00 – 16:30 (Desember hingga Februari). Biaya masuknya 500 yen untuk dewasa, dan 300 yen untuk pelajar sekolah.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Gran Ms Kyoto
3 km away
from ¥9774/night
Kyoto Guesthouse
1 km away
from ¥8000/night
Hyatt Regency Kyoto
5 km away
from ¥31812/night
14004 km away
blog-image

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Shigureden Arashiy
11 km away
Pemandangan malam Museum Shigureden Arashiyama
Kuil Eikando
1 km away
eikando iluminasi
Kuil Yasaka
3 km away
kuil yasaka kyoto
Kuil Kiyomizudera
4 km away
Kuil Kiyomizudera di Kyoto

Sumber gambar : Flickr Juha UittoPaul MannixChristabelle‧迴紋針 A


Recommended for you


Last modified: August 3, 2017 by

Close Comments

Comments (7)

  1. Malam pak.. mau nanya lagi ya 🙂
    Kami menginap d rbnb dekat kintetsu tambabashi stasiun.. dalam 1 hari jk ingin k fushimi inari, kiyomizu n sannezaka, ginkakuji dan arashiyama bamboo lbh baik dimulai dr mana ya pak? Rencana mau beli kyoto one day buss pass..
    Mohon arahannya y.. tq

  2. Dear Pak Nugroho,
    Mohon sharingnya jika ingin berkeliling kyoto dengan tujuan fushimi inari,kyoto imperial palace,kinkakuji, ginkakuji, philosopher path dan arashiyama bamboo forest rute yang bagus seperti apa ya agar efektif waktunya

  3. Selamat malam tim infojepang,

    Saya dan suami berencana pergi ke Jepang tgl 14-23 April 2017 via Kansai Airport dengan itinerary:
    Osaka-Kyoto
    14: Osaka to Kyoto, Ginkakuji, Golden Pavillion, Fushimi Inari
    15: Arashiyama, Nishiki, Kiyomizudera, Higashiyama, Gion
    Tokyo
    16: Tsukiji fish market, Ueno park, sensoji temple, Tokyo tower, shibuya, harajuku
    17: Disneyland
    18: Disneysea
    19: Fujiko F Fujio museum, Akihabara, Odaiba, Roppongi
    20: Hakone-Gotemba
    Osaka
    21: USJ, Umeda Sky Building
    22: Osaka Castle, Shinsaibashi-Dotonbori, HEP Five Ferris Wheel

    Pertanyaannya:
    1. Apakah rutenya sudah sesuai?
    2. Apakah jadwalnya memungkinkan? atau terlalu padat?
    3. Rencana kami menginap 1 hari di kyoto, 3/4 hari di tokyo, 2 hari di Osaka, perlukah JR Pass? atau menggunakan day pass untuk masing2 kota dengan pertimbangan naik bus malam ketika pindah antar kota dan naik shinkansen dari tokyo ke osaka? mana yg kira2 lebih efektif?
    Mohon arahannya…
    Salam.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rutenya sudah tepat satu arah dan sepertinya tidak terlalu padat untuk perjalanan orang dewasa. Karena ada perjalanan PP ke Kyoto-Tokyo-Kyoto, jika ibu bapak ingin naik shinkansen PP, maka JR Pass sudah balik modal. Untuk perjalanan di Kyoto sendiri bisa menggunakan one day bus pass Kyoto yang mengcover tiket bus sampai ke dekat tempat wisata. Perlu diketahui, bahwa tempat-tempat wisata di Kyoto banyak yang jauh dari stasiun kereta JR, dan lebih enak kalau naik bus. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Jarak dari Kuil Eikando menuju ke Kuil Ginkakuji cukup jauh sekitar 2 kilometer atau sekitar 20-25 menit jalan kaki.
      Bapak bisa naik bus nomor 100 dari halte terdekat Eikando untuk pergi ke Ginkakuji. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!