Kuil Sanjusangendo

Home / Temple / Kuil Sanjusangendo
Item image

Jalan-jalan ke Kyoto? Jika hanya pergi ke Kuil Kiyomizudera, Kuil Ginkakuji atau Kuil Kinkakuji rasanya sayang, sebab masih ada banyak kuil bagus yang masih dalam satu jalan. Satu kuil yang juga sering terlewati adalah Kuil Sanjusangendo. Letaknya di sisi timur Stasiun Kyoto, sangat dekat dan mudah untuk diakses. Namun kebanyakan langsung mengambil bus ke arah Higashiyama menuju ke Kuil Kiyomizudera dan melewatkan kuil bersejarah dan indah satu ini. Seperti apa Kuil Sanjusangendo dan apa saja yang bisa kita lakukan di sana? Tim Info Jepang sudah merangkumnya dalam artikel berikut.

1. Melihat 1000 patung Kannon berjejer

Nama Sanjusangendo menunjuk pada 33 tiang penyangga bangunan utama kuil. Kuil Sanjusangendo terkenal dengan 1000 patung kannon pahatan kayu yang disebut ribuan patung bersenjata kannon dalam bahasa Jepang. Ribuan patung kayu ini berada di bangunan utama kuil yang panjangnya mencapai 120 meter, menjadi bangunan kuil terpanjang di seluruh Jepang. Karena tidak diperbolehkan mengambil foto dalam bangunan kuil, untuk dapat melihatnya Anda harus pergi sendiri ke Kuil Sanjusangendo ini.

Bangunan tempat 1000 patung kannon di Kuil Sanjusangendo

Bangunan tempat 1000 patung kannon di Kuil Sanjusangendo

Selain itu, kita juga bisa melihat bangunan tempat lonceng Kuil Sanjusangendo yang bersejarah. Warnanya merah gagah berada di antara bangunan lainnya.

Lonceng Kuil Sanjusangendo

Lonceng Kuil Sanjusangendo

2. Melihat keindahan musim di halaman kuil

Halaman Kuil Sanjusangendo juga menjadi tujuan wisata terkenal, dengan pohon bunga sakura di musim semi dan pohon momiji di musim gugur. Keindahan warna-warni alam berpadu satu dengan bangunan kuil bewarna tua, menciptakan perpaduan warna yang kontras.

Bunga sakura di Kuil Sanjusangendo

Bunga sakura di Kuil Sanjusangendo

Akses Menuju ke Kuil Sanjusangendo

Kuil ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00-17.00 dengan biaya masuk 600 yen. Stasiun terdekatnya adalah Stasiun Shichijo di jalur kereta Keihan yang menghubungkan Osaka dan Kyoto. Dari stasiun Shichijo bisa berjalan kaki sekitar 5 menit ke arah timur. Bisa juga naik bus wisata kota Kyoto dari Stasiun Kyoto dengan nomor 100, 101, 206, atau 208 dan turun di halte hakubutsukan-sanjusangendo-mae. Tim Info Jepang juga sudah merangkum detail informasi trayek bus wisata kota Kyoto atau cara hemat berkeliling Kyoto dengan Bus Pass Kyoto.

Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi tempat ini bila ada waktu lebih di Kyoto atau jika memulai perjalanan jam 08.00 pagi. Ini dikarenakan jam buka Kuil yang agak lama yakni jam 08.00 pagi, lebih lama 2 jam dibandingkan Kuil Kiyomizudera yang buka sejak jam 06.00. Jika memang tidak ada waktu luang, lebih baik berangkat pagi-pagi langsung menuju ke Kuil Kiyomizudera. Untuk informasi contoh detail perjalanan berkeliling Kyoto bisa dibaca berikut: Itinerary perjalanan Kyoto utaraItinerary perjalanan Kyoto timur.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Plaza Hotel
2 km away
from ¥8800/night
Hotel Keihan Kyoto
1 km away
from ¥7000/night
Ryokan Izuyasu
1 km away
from ¥27287/night
Green Rich Hotel Kyoto
2 km away
from ¥7900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Okochi Sanso
10 km away
Panorama musim gugur di Okochi Sanso Arashiyama
Kuil Eikando
4 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Museum Kereta Kyoto
3 km away
Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto
Wisata Hozu River Arashiy
17 km away
Wisata Hozu River Arashiyama di musim gugur

Sumber gambar : Flickr fletcherjcm, Chad Kainz, Chuck Moravec


Recommended for you


Last modified: February 20, 2018 by

Close Comments

Comments (23)

  1. malam pak maaf mengganggu ingin bertanya

    kalau dari shinjuku klo jalur joetsu shinkansen menuju galayuzawa apakah bisa naik dari shinagawa??

    terimakasih

  2. maap saya mau nanya saya dihamamatsu mau maen kekyoto mau pergi ke fushimi inari dan kiyomizu dera jalurnya gmn y pak, sya pergi cm sehari sama kawan2 soalnya pake juhachi-kippu JR, gmn sarannya pak, trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pak budi bisa naik JR Tokaido Line dari Stasiun Hamamatsu sampai Stasiun Kyoto (transfer di Toyohashi, Ogaki dan Maibara) lalu bisa naik JR Nara Line ke Fushimi Inari, dan naik bus ke Kiyomizudera. Harap diperhatikan pak, dari Hamamatsu ke Kyoto sudah menghabiskan waktu 4 jam. Salam.

  3. Hi, mo nanya klo dari fushimi inari mau ke sanjungsagendo trus ke kiyomizudera, kira” nyambung gak ya untuk jadwalnya? Terimakasih sebelumnya pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Dari Kuil Fushimi Inari Taisha, Ibu bisa naik bus Minami 5 sampai ke Kyoto Station, kemudian naik bus nomor 100 atau 206 ke halte Hakubutsukan Sanjusangendo Mae, kemudian naik bus 100 atau 206 juga sampai ke Halte Kiyomizumichi, halte bus terdekat menuju ke Kuil Kiyomizudera. Salam

  4. Selamat siang pak,

    Tks atas jawaban2 sebelumnya, fast response dan sangat bermanfaat. Saya mau tanya mengenai daerah di Kyoto. Rencananya saya akan tiba di Kyoto pada hari Selasa siang dan menetap disana sampai Rabu sore. Berikut ini adalah pertanyaan saya:
    1. Saya ingin mengunjungi
    -Nijo Castle,
    -Kinkakuji,
    -Arashiyama,
    -gion,
    -kiyomizudera,
    -fushimi inari,
    -shimogamo,
    -sanjusangendo (optional),
    -eikando, dan
    -genkoan.

    Dalam waktu 2 hari apakah memungkinkan? Jika iya gambaran besar pembagian itinerary ya bagaimana ya?

    2. Enaknya saya menginap di daerah mana ya agar bisa leluasa mengunjungi kedua daerah itu?

    Terima kasih banyak pak Nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Wilayah timur itu maksudnya adalah Kyoto sebelah timur pak, meliputi wilayah sisi timur Stasiun Kyoto, antara lain Kiyomizudera, Gion, Sannenzaka-Ninenzaka, Kuil Yasaka, Kuil Chionin, dan Kuil Ginkakuji. Beberapa Itinerary Santai Kyoto Timur

    • Muhammad Nabil Musyaffa  |  

      Selamat pagi pak mau tanya,

      Rencananya saya akan sampai di Stasiun Kyoto dan ini tempat2 yang akan saya kunjungi:

      Hari 1 (Sampai Di St Kyoto Jam 12.00)
      Tempat yg ingin dikunjungi:
      -Arashiyama
      -Kinkakuji Temple
      -Genkoan Temple

      Hari 2 (Dari pagi)
      Tempat yang ingin dikunjungi:
      -Fushimi Inari
      -Kiyomizu Temple
      -Gion
      -Shimogamo Temple (Optional)

      Yang mau saya tanyakan:
      1. Apakah one day bus pass berlaku 24 jam? Jika tidak, sebaiknya di hari 1 atau 2 saya membeli tiket busnya?
      2. Untuk hari pertama apakah bisa dikunjungi semua half day? Jika bisa, itinerarynya seperti apa?
      3. Untuk hari kedua juga itinerarynya seperti apa supaya dalam sehari bisa dikunjungi semua?

      Terima kasih banyak pak

    • Muhammad Nabil Musyaffa  |  

      Oh iya pak, lalu mau tanya lagi:
      1. Kalau menuju Genkoan bagaimana caranya? Apakah perjalanan menuju ke Takagamine Genkoan Mae tercover one day bus pass? Atau harus naik bis lain dan beli tiketnya dimana?
      2. Kalau dari Arashiyama ke Genkoan bisa? Apa sebaiknya dipindah ke hari ke 2?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. One Day Bus Pass nya bisa dibeli untuk hari pertama dan hari kedua. Kemudian perjalanan bus ke Genkoan tidak tercover oleh one day bus pass, jadi harus membayar sendiri dengan kartu suica/pasmo atau uang tunai.
      Dari Arashiyama bisa naik bus nomor 11 sampai Yamagoe Nakacho, pindah ke bus nomor 59 sampai Senbon Kitaoji. Kemudian lanjut naik bus sampai ke Takagamine Genkoan Mae. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Harganya tiketnya 230 yen dengan waktu perjalanan 5 menit Pak. Salam

  5. Selamat sore Pak..
    Sy mau tnya kl dari Gion lebih baik routenya ke mana dulu ya Kuil Kinkakuji, Sanjusangendo atau ke Kiyomizudera sebelum kembali ke Kyoto sta.. trs naik busnya nmr berapa sj? Trims

    • Bukan pa.. sy dari Kyoto sta ke Fushimi inari dulu lalu ke Gion shijo naik kereta.. dari Gion sy pgn ke Kuil Kinkakuji, Kiyomizudera dan Sanjusangendo sblm kembali ke Kyoto sta lanjut ke Shinimamiya (apt) cm bingung dgn route bus dari Gion bgmn sebaiknya,
      trims Pak

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Fushimi Inari ibu silakan pergi ke Kuil Kiyomizudera lebih dahulu, baru kemudian ke Gion. Dari Kuil Fushimi Inari naik kereta Keihan Line sampai ke Shichijo Station. Kemudian bisa naik bus nomor 100/205 sampai Halte Kiyomizumichi ke Kuil Kiyomizudera. Pulangnya bisa naik bus nomor 100/202/206/207 sampai ke Gion. Dari Gion kemudian naik bus nomor 12 sampai Halte Kinkakuji michi untuk ke Kuil Kinkakuji. Pulangnya bisa naik bus nomor 205 ke Kuil Sanjusangendo dan terakhir ke Kyoto Station.

    • Trimakasih infonya Pak.. sebetulnya sy pgnnya dari Fushimi Inari langsung ke Gion utk mkn siang dulu dan sewa kimono krn kami startnya jam 11 siang… baru dari sana ke 3 kuil itu.. tp kalau rutenya jd agak muter2 mgkn salah satu hrs dibatalkan spy jalannya searah ke Kyoto station ya Pak.. trimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya tolong disampaikan dengan jelas kalau memang ada plan seperti itu. Kalau begitu Ibu silakan naik kereta Keihan Line dari Fushimi Inari Station sampai ke Gion Shijo Station. Lalu bisa naik bus yang sama ke Kuil Kiyomizudera. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!