Imperial Palace Kyoto

Home / Castle / Imperial Palace Kyoto
Item image

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Kyoto dengan kuil-kuilnya yang megah dengan taman-taman yang indah seperti Kuil Kiyomizudera, Kuil Genkoan atau Kuil Fushimi-Inari namun tidak mengunjungi Imperial Palace Kyoto atau Istana Kekaisaran Kyoto. Kompleks istana ini telah menjadi tempat tinggal Kaisar Jepang selama lebih dari seribu tahun hingga tahun 1868, saat ibukota Jepang dipindahkan ke Tokyo. Dengan area taman yang seluas hampir 9 hektar dan bangunan istana yang sarat akan sejarah, tidak heran jika Istana Kekaisaran Kyoto yang ada di tengah-tengah kota Kyoto ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk dikunjungi.

Pada dasarnya Imperial Palace Kyoto atau Istana Kekaisaran tertutup untuk umum. Hanya beberapa tour berlisensi khusus yang menyediakan jasa pemandu wisata ke dalam Istana Kekaisaran. Namun, tiap tahun ada dua kali kesempatan di mana kita bisa masuk ke dalam kompleks Imperial Palace Kyoto secara langsung tanpa perlu ijin dan tanpa perlu pemandu wisata tertentu. Kesempatan melihat langsung ini biasanya dua kali setahun dan berdurasi kurang lebih satu minggu. Jika teman-teman berminat ke sini, silakan menanyakan perihal ini kepada Tim Info Jepang. Kami akan siap memberikan informasi kepada teman-teman yang memerlukan.

1. Menikmati pemandangan musim semi

Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto

Istana Kekaisaran Kyoto ini dibangun dengan tembok tinggi, dengan beberapa pintu gerbang yang megah, taman-taman yang terawat dengan baik, dan tentunya bangunan kuil dengan arsitektur yang indah. Di area pintu masuk di area Konoe Pond atau kolam Konoe maupun di area Kyoto Gyoen (Taman Istana Kekaisaran Kyoto), kita bisa menikmati pohon-pohon sakura yang mekar di pertengahan hingga akhir April. Suasana di sini biasanya penuh dengan penduduk lokal maupun turis yang ingin hanami. Philosopher Path memang menawarkan pemandangan hanami terbaik, namun di Kyoto Gyoen, kita bisa duduk dan makan bersama sambil hanami.

Selain itu, di hari biasa (bukan musim hanami) kita bisa berkeliling di Kyoto Gyoen (Taman Istana Kekaisaran Kyoto). Taman ini selalu ramai dengan penduduk lokal yang berolahraga, piknik, atau sekadar duduk dan menikmati pemandangan pepohonan selepas bekerja.

Hanami di Imperial Palace Kyoto

2. Menikmati pemandangan musim gugur

Di area taman di Kyoto Imperial Palace (Kyoto Gyoen) ini tumbuh ratusan pohon maple yang berukuran besar. Menurut guide yang menemani kami, hampir semua berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Dedaunan yang berubah warna menjadi kuning kemerahan di puncak musim gugur menawarkan kesempatan untuk momiji di sini. Waktu terbaik untuk menyaksikan momiji di sini adalah sekitar pertengahan November sampai awal Desember.

3. Berkeliling kompleks Kyoto Imperial Palace

Sayangnya untuk alasan keamanan, kita tidak bisa masuk ke bangunan kuil secara bebas. Untuk dapat masuk ke kompleks bangunan istana, kita harus bersama dengan tour guide yang disediakan dari Imperial Household Agency dengan perijinan yang harus dibuat beberapa hari sebelumnya dengan menyerahkan identitas resmi. Jika teman-teman ingin mengunjungi istana ini, bisa menggunakan jasa tour Info Jepang berikut ini.

Selamat datang di Istana Nijo Kyoto

Menikmati keindahan Kyoto di pagi hari dan mengunjungi Nijo Castle atau Istana Nijo, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dalam Tour Kyoto Pagi. Tour ini pilihan terbaik untuk mengunjungi objek wisata terkenal di Kyoto dengan harga yang amat terjangkau.


kuil kiyomizudera

Tur mengunjungi Nijo Castle, Kuil Kinkakuji, Istana Kyoto, dan mengunjungi Kuil Kitano Tenman-gu. Dilanjutkan dengan pergi ke Kuil Heian Jingu, Kuil Sanjusangen-do, dan menikmati keindahan pemandangan di Kuil Kiyomizudera.

Tour akan berlangsung selama kurang lebih satu jam dengan guide berbahasa Inggris atau Jepang. Kita bisa mengelilingi bangunan utama istana, kemudian kompleks istana kekaisaran Sento yang dulu dijadikan tempat tinggal keluarga Kaisar, area taman Katsura yang indah. Namun, untuk area luar atau area taman, kita bisa bebas masuk secara gratis. Jangan lupa, pemandangan musim semi dan musim gugur di Kyoto Gyoen  ini adalah salah satu yang terbaik di Kyoto.

Taman Katsura di Imperial Palace Kyoto

4. Menyaksikan Festival Aoi atau Aoi Matsuri

Aoi Matsuri (lebih dikenal dengan Hollyhock Festival) adalah salah satu tiga festival besar di Kyoto, bersama dengan Gion Matsuri dan Jidai Matsuri. Festival ini diadakan di Kuil Kano (Kuil Shimogamo dan Kuil Kamigamo)  yang diadakan di yang terkenal Kyoto. Festival ini diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei.

Saat Aoi Matsuri, penduduk Kyoto akan berpakaian seperti layaknya seorang pejabat di masa Periode Heian (periode kejayaan Kyoto sebagai ibukota Jepang), kemudian akan berjalan dalam parade besar dari Istana Kekaisaran Kyoto, kemudian Kuil Shimogamo, dan berakhir di Kuil Kamigamo. Parade ini biasanya dimulai sekitar pukul 10.30 di Istana dan berakhir di Kuil Kamigamo sekitar jam 15.30.

Aoi sendiri adalah bahasa Jepang dari daun hollyhock (daun besar dengan warna cerah), yaitu daun yang biasa digunakan oleh penduduk Kyoto selama matsuri ini. Selama matsuri ini, teman-teman bisa bebas berfoto atau bergabung dalam parade di barisan belakang. Namun, pastikan untuk datang agak pagi agar bisa memperoleh spot yang bagus untuk mengabadikan momen.

Aoi Matsuri di Imperial Palace Kyoto

Akses ke Imperial Palace Kyoto

Dari Stasiun Kereta Kyoto, kita bisa naik kereta subway Karasuma Line dan turun di Stasiun Imadegawa (10 menit dengan biaya 260 yen). Kalau naik kereta Hankyu dari Kyoto sampai ke Stasiun Kawaramachi, atau ingin ke Kyoto Imperial Palace setelah dari Gion/ Kiyomizudera/ Kuil Fushimi Inari, bisa naik bus dan lanjut jalan kaki ke halte shijo kawaramachi, dan naik bus nomor 4/17/59/205 sampai ke halte Kawaramachi Marutamachi.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Century Hotel
4 km away
from ¥10487/night
Hotel Gran Ms Kyoto
2 km away
from ¥9774/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
5 km away
from ¥7800/night
Hotel Excellence Kyoto Ek
4 km away
from ¥5000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Eikando
3 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Kuil Ryoanji
4 km away
Taman Kuil Ryoanji di Kyoto
Kuil Tofukuji
6 km away
Gerbang Sanmon di Kuil Tofukuji
Stasiun Kereta Kyoto
4 km away
Pintu masuk Stasiun kereta Kyoto

Sumber gambar: Flickr Kyoto-Picture, Japanexperterna.se, 挪威 企鵝, Bougvla,


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Ayu
2019-07-12 17:30:38
Mau tanya kalau tanggal 26 Nov 2019 ini, Kyoto Imperial Palace dibuka tidak? Rencana mau ke Kyoto tanggal itu. Terimakasih infonya.

Close Comments

Comments (11)

  1. Mau tanya, tanggal 26 November 2019 ini, Imperial Palace dibuka untuk umum tidak? Ditunggu infonya ya, rencana mau ke sana di tanggal itu. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk bulan November 2019, jadwalnya belum keluar ibu. Salam

  2. Mohon info nya,
    Saya berencana mengunjungi Kyoto pada tgl 10-11 Nopember 2017, dan saya tdk menggunakan tour.
    Jumat siang tgl 10 Nopember 2017 sy rencana ingin ke Kyoto Imperial Place.
    Bagaimana cara nya agar sy bisa terdaftar sebagai pengunjung?
    Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa memilih antara Tour Kyoto Pagi dan Tour Kyoto Sehari seperti tertulis di halaman di atas dan mendaftar secara online.
      Salam

  3. Halo..
    November sy insya Allah akan ke Jepang. Jalur Osaka-Kyoto-Tokyo-Yokohama. Sy rencana mau beli JR Pass. Tapi juga mau beli pass yg lain untuk memudahkan. Bingung sebaiknya beli suica, icoca, pasmo atau pas harian. Mohon masukannya.

    Di Tokyo hotel sy dr st JR harus lanjut naik metro. Di Kyoto untuk ke tempat wisata satu dan yg lain mau naik bus. Hari terakhir di Osaka tidak tercover JR. Dari Osaka st ke Kansai international belum tau naik apa.

    Jadi sebaiknya sy pilih kartu yg mana?

    Untuk pengembalian deposit di Kansai airport ada ga ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Maaf Ibu mendarat dari bandara apa dan berangkat dari mana? Lalu bagaimana dengan jadwalnya? Apakah liburannya 9 hari?
      Ibu tidak perlu bingung antara ICOCA, Suica, atau Pasmo karena itu hanya berbeda nama namun fungsinya 100% sama.
      Mohon berikan info lebih detail supaya kami bisa berikan rekomendasi yang paling tepat.
      Salam

    • PP dr kansai airport osaka. rutenya osaka-tokyo. tokyo (keliling). tokyo-lake kawaguchiko-tokyo (hr ptm-3 nginep tokyo). tokyo-yokohama (nginep semalam). yokohama-osaka. osaka-kyoto-osaka. osaka-nara-osaka. s.d plg nginep di osaka. hotel di tokyo hrs pake metro subway lagi (jauh turunnya dr st Jr pass). di kyoto utk keliling pengen naik bus. hr terakhir di osaka blm tercover jr pass. di lake kawaguchiko mau beli one day pass fujikko go bus. jadi sebaiknya pake yg mana? krn pake nya gabungan dengan jalur Jr

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa beli JR Pass saja karena ada rute PP Osaka-Tokyo (cover Shinkansen) dan juga rute ke Nara. Nanti saat ingin ke Kawaguchiko bisa naik kereta sampai Otsuki. Kombinasi bisa dipake dengan SUICA/PASMO/ICOCA. Osaka hari terakhir gapapa beli ketengan (beli tiket setiap kali naik kereta). Salam.

  4. Bagaimana caranya jk ingin menggunakan jasa tour info Jepang, jk ingin berkeliling kompleks Imperial Palace Kyoto di awal bln Juli ini dan berapa biayanya ?
    tks

    • Nugroho Christian  |  

      Halo, ada 2 paket tur yang ditawarkan kalau mau lihat Imperial Palace Kyoto
      1. Tour Kyoto Sehari, bisa langsung dilihat di Tour Kyoto Sehari
      2. Tour Kyoto setengah hari (Pagi), , bisa langsung dilihat di Tour Kyoto Pagi

      Biayanya bisa langsung dibaca di link tersebut.

      Salam dan selamat liburan!

  5. bagaimana caranya memakai jasa tour info jepang utk berkeliling kompleks Imperial Palace Kyoto di awal Juli ini dan berapa biaya nya ?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!