Kereta Wisata Sagano

Home / Nature / Kereta Wisata Sagano
Item image

Jalan-jalan ke Kyoto? Apakah sudah mengunjungi Kuil Kiyomizudera, Kuil Paviliun Emas Kinkakuji, Kuil Paviliun Perak Ginkakuji? Kalau masih ada waktu di Kyoto silakan pergi ke arah barat, dan naik kereta wisata Sagano! Jalur kereta wisata Sagano sangat terkenal di antara wisatawan lokal di Jepang karena pemandangan alam yang luar biasa dari jendela kereta. Tim Info Jepang sudah mengumpulkan informasi dan foto-foto menarik tentang kereta wisata Sagano di Kyoto ini. Silakan membaca!

Kereta wisata Sagano atau Sagano Torokko dalam bahasa Jepang adalah kereta wisata dengan lokomotif kuno dengan mesin uap. Menghubungkan stasiun Torokko Saga Arashiyama dan stasiun Torokko Kameoka di sebelah timur, kereta wisata Sagano berjalan meliuk-meliuk di rel sepanjang sungai Hozukawa. Uap yang mengepul saat kereta berjalan menambah kesan sejarah sekaligus menghidupkan kembali kenangan pada kereta-kereta Jepang jalaman dahulu. Lima gerbong di belakangnya juga menyediakan pemandangan lepas bagi para penumpang. Kita bisa merasakan langsung pemandangan alam pegunungan Kyoto sekaligus merasakan angin yang bertiup dari jendela. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan!

Jalur Kereta wisata Sagano

Jalur Kereta wisata Sagano

1. Menikmati pemandangan alam yang luar biasa

Di rute kereta wisata Sagano sepanjang 7 kilometer yang ditempuh dalam 25 menit, kita dapat menikmati panorama alam yang berubah setiap musim. Melewati lembah, pegunungan dan sungai besar kita bisa menikmati keindahan bunga sakura di musim semi, kesejukan dan keindahan bunga matahari di musim panas, dan koyo atau perubahan warna daun menjadi merah di musim gugur. Sayang kita hanya bisa menikmatinya hingga akhir tahun, karena sejak bulan Januari hingga akhir Maret jalur kereta wisata Sagano ditutup karena salju lebat yang menyelimuti rel kereta.

2. Berjalan di hutan bambu Arashiyama

Selesai melakukan perjalanan dengan kereta wisata, kita bisa melanjutkan perjalanan menyusuri hutan bambu Arashiyama yang terkenal. Atau juga berkeliling tempat wisata di Arashiyama seperti contoh itinerary perjalanan wisata di Arashiyama berikut. Hutan Bambu Arashiyama ini bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Saga-Arashiyama (di jalur kereta JR Sagano Line) atau 15 menit dari Stasiun Arashiyama (di jalur kereta Hankyu).

Informasi kereta Romantic Train Sagano

Kereta wisata ini beroperasi setiap hari di musim liburan musim semi, musim panas, hingga musim gugur setiap jamnya dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Namun, kereta ini tidak beroperasi di hari Rabu dan juga tidak beroperasi pada musim dingin (30 Desember-28 Februari). Ongkos dari stasiun Torokko Saga sampai Stasiun Torokko Kameoka 620 yen untuk sekali jalan dan 310 yen untuk anak-anak.

Buat teman-teman yang ingin mencoba naik kereta wisata ini, bisa memesan tiket satu bulan hingga sehari sebelum rencana naik kereta. Tiketnya sendiri bisa dibeli di loket kereta JR (Midori-no-madoguchi) yang ada di Stasiun Kyoto dan Bandara Kansai atau secara online melalui website Sagano Romantic Train.

Beli Tiket
Kereta Wisata Sagano

Informasi tentang jam keberangkatan kereta: PDF

Akses Menuju Stasiun Kereta Wisata Sagano

Kita bisa memulai perjalanan kereta wisata Sagano dari Stasiun Torokko Saga yang letaknya dekat dengan stasiun JR Saga-Arashiyama. Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Sagano Line sampai Stasiun JR Saga-Arashiyama. Lama perjalanannya sekitar 15 menit dengan ongkos 240 yen, dan tercover dengan JR Pass.

Stasiun terakhir kereta wisata Sagano adalah Stasiun Torokko Kameoka, yang letaknya dekat dengan stasiun Umahori di jalur kereta utama JR. Dari jalur kereta utama JR kita bisa kembali ke Arashiyama atau ke Stasiun Kyoto dengan ongkos 320 yen.

Cheap Hotels in Arashiyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sun Members Kyoto Saga
1 km away
from ¥15000/night
Suiran Luxury Collection
1 km away
from ¥48732/night
Ranzan
1 km away
click for detail
Guest House Atagoya
0 km away
from ¥11347/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Philosophers Path
11 km away
Philosophers Path di musim semi
Kuil Tenryuuji
1 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto
Istana Nijo
6 km away
Keindahan Istana Nijo di Kyoto
Imperial Palace Kyoto
7 km away
Pintu gerbang Imperial Palace Kyoto

Sumber gambar : Flickr Wong Kenny


Recommended for you


Last modified: July 15, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (32)

  1. Pagi pak nugroho,sekrg sy naik sagano romatic train dr stasiun saga arashiyama ,klo sampai di stasiun kameoka mau ke bambu groove lewat mana ya?apakah hrs balik ke stasiun saga arashiyama?klo hrs balik naik apa?thank you

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa naik JR Arashiyama Line kembali dari Kameoka Station ke Saga Arashiyama Station.
      Salam

  2. Selamat sore pak nugroho,

    Saya mau bertanya ,apabila saya mau arah balik ke JR saga arashiyama apakah saya bisa menaiki kereta wisata sagano pak dari Torokko arashiyama menuju torokko saga. karena saya lihat di map torokko saga stasiunnya dekat dgn JR saga arashiyama . Mohon infonya , trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya bisa ibu, bisa naik dari Arashiyama Torokko Station menuju ke Saga Torokko Station. Salam

    • Pak Nugroho, untuk tiket sekali jalan naik kereta wisata sagano ini dapat di beli di stasiun mana pak ?
      Terimakasih infonya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tiket kereta wisata Sagano bisa dibeli di Ticket Office stasiun-stasiun JR, seperti yang sudah dijelaskan di artikel di atas. Salam

  3. pak, krn aula utama kiyomizudera lg direnovasi. kita tdk bisa ke sana ya ? saya mau ke kiyomizudera trus ke kereta segano dr higashimaya (hotel) naik apa ya pak kl saya pakai hankyu pass. atau saya lebih baik beli kyoto one day bus pass

    • Nugroho Christian  |  

      Tetap bisa dikunjungi lita, namun tidak bisa ke area bangunan aula utamanya. Kalau punya Hankyu Pass, kamu bisa naik kereta Keihan dulu dari Kiyomizu-gojo ke Gion-shijo lalu jalan kaki ke Kawaramachi sampai Arashiyama dengan kereta Hankyu, Untuk info lengkapnya, bisa dibaca tulisan saya tentangdi Free Pass Kyoto.

  4. Pak nugroho.. mau tanya dong.. awal november saya mau ke kyoto.. saya mau coba naik kereta ini + ke arashiayama dan fushimi inari.. rute enaknya gmn yaa? Kuil kiyomizudera msh renovasi kah?

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa ke Fushimi Inari dahulu pagi harinya, lalu ke Arashiyama, lalu menuju ke Stasiun Torokko Saga yang letaknya dekat dengan stasiun JR Saga-Arashiyama.. Ibu bisa memesannya langsung secara online. Untuk kuil Kiyomizudera aula utamanya masih direnovasi sampai 2020. Salam.

    • Pak nanya lagi yaa.. kalau saya mau menambahkan gion dan kuil kinkakuji rutenya jadi bagaimana ya?
      apakah cukup dalam sehari? apakah saya perlu beli Kyoto Bus Pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Lebih baik dari Fushimi Inari-Stasiun Kyoto, lalu naik bus ke Gion dan Kinkakuji (naik bus nomor 100 atau 205). Setelah itu naik bus nomor 59 sampai Halte Yamagoe-nakacho, lalu naik bus naik 11 sampai Arashiyama. Lebih baik membeli Kyoto One Day Bus Pass. Salam.

  5. Mas Nug, kalo saya memulai perjalanan naik kereta Sagano dari Kameoka Torokko Station tidak masalah kan ya? Karena rencana, setelahnya ingin langsung explore Arashimaya. Jadi rutenya JR Kyoto Station – JR Umahori Station – Kameoka Torokko Station – Saga Torokko Station – JR Saga Arashimaya Station.

    Thanks.

  6. Pak kalau saya mau naik Sagano Train dari arashiyama station bagaimana caranya ya , harga ticketnya berapa ? dan kembali ke kyoto station . terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Buat teman-teman yang ingin mencoba naik kereta wisata ini, bisa memesan tiket satu bulan hingga sehari sebelum rencana naik kereta. Tiketnya sendiri bisa dibeli di loket kereta JR (Midori-no-madoguchi) yang ada di Stasiun Kyoto dan Bandara Kansai atau secara online melalui website Sagano Romantic Train. Nanti baliknya bisa naik kereta JR Sagano/ Sanin sampai ke Stasiun Kyoto. Salam.

  7. Sore Pak Nugroho. Saya mau tanya bila 1 day trip to Kyoto tujuan ke Arashimaya, kinkakuji dan Nara. Urutan mana yg paling tepat? Terima kasih.

  8. Albert nicholas  |  

    Malam pak Nugroho, saya dari osaka mau jalan seharian di kyoto dg rute fushimi inari,kuil kiyomizudera,gion pasar nishiki dan terakhir naik kereta wisata , apakah cukup Waktunya. Apakah perlu membeli 1 day bus pass kyoto. Apakah jr pass bisa digunakan. Mohon diberi petunjuk cara naik transportasinya

    • Nugroho Christian  |  

      Cukup dengan Kyoto Bus One Day Pass. Setibanya di Stasiun Kyoto, bapak bisa naik kereta JR Nara Line ke Fushimi Inari, balik ke Stasiun Kyoto, lalu naik bus nomor 100 ke Kiyomizudera dan Gion. Setelah itu jalan kaki ke Pasar Nishiki, lalu naik kereta ke Arashiyama. Dari Arashiyama, bisa naik kereta Hankyu ke Osaka. Salam.

  9. Siang pak, kalau rute saya :
    D1: Osaka
    D2: Univ Studio Osaka
    D3: Osaka-Kyoto – Fushimi Inari
    D4: Gion – Arashiyama- Shimogyo
    D5: Mt. Fuji – Gotemba
    D6: Gotemba – Tokyo
    D7: Tokyo Shopping Area
    D8: Disneysea
    D9: Disneyland
    D10 : Transfer airport

    Bila dengan rute seperti ini lebih baik menggunakan JR Pass yg type apa? Apa JR Pass ticket yg 14 hari atau ada opsi lain yg lebih hemat? Terimakasih sebelumnya

  10. selamat malam Pak. saya dari osaka-namba mau ke kyoto (tgl 4 mei 2017) 1 harian untuk mengunjungi:

    1. taman sewaritei
    2. fushimi inari, kiyomizudera, ginkakuji, kinkakuji
    3. philosopher path
    4. arashiyama
    4.1 togetsu bridge
    4.2 kuil tenryuuji
    4.3 hutan bambu
    4.4. saga no train

    transportasi yang cocok dari namba ke kyoto (PP) untuk itnry di atas apa y pak? (saya tidak memiliki JR Pass)
    urutan terbaik di kyotony sprt ap?
    apakh ad pass yg ccok untuk rncana di atas?

    terima kasih sebelumnya.

  11. Pak Christian,
    Saya mau booking sagano train sebulan sebelumnya.
    Apakah bisa beli tiketnya via website sebulan sebelumnya?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Buat teman-teman yang ingin mencoba naik kereta wisata ini, bisa memesan tiket satu bulan hingga sehari sebelum rencana naik kereta. Tiketnya sendiri bisa dibeli di loket kereta JR (Midori-no-madoguchi) yang ada di Stasiun Kyoto dan Bandara Kansai.

  12. Pak Christian,

    Saya berangkat dari Osaka, mau seharian di Kyoto.
    Tujuan pertama saya di Kyoto : ke Arashimaya + naik kereta Sagano.

    Saya bermaksud booking tiket sagano, tapi bingung :

    1. apakah naik dari stasiun saga atau stasion kameoka kalo mau melihat hutan bamboo?
    2.Kira2 Jam berapa saya harus booking kereta sagano, apabila saya berangkat pagi dari Osaka?
    Terima kaih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Hutan Bambu arashiyama bisa dicapai dengan jalan kaki dari Stasiun Arashiyama. Kereta wisata ini tidak melewati Hutan Bambu. Ani harus kembali/ balik ke Stasiun Saga-Arashiyama lalu jalan kaki.
      2. Silahkan booking jam 9/10 saja.

  13. Mas Nugroho ….
    Dari Kyoto St. ke Arashiyama St. bisa pakai Kansai Pass Area ?
    Lalu dari Arashiyama St. ke hutan bambunya masih jauhkah Mas ?
    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Yang tercover dengan Kansai Area Pass adalah ongkos kereta sampai Stasiun Saga Arashiyama saja. Ibu bisa jalan kaki 10 menit sampai Hutan Bambu Arashiyama. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!