Rokkakudo Temple

Home / Temple / Rokkakudo Temple
Item image

Rokkakudo Temple berlokasi di utara Kawaramachi Gion, tepat di samping Museum Ikebana (Seni Merangkai Bunga). Orang-orang percaya bahwa Kuil ini menjadi pusat kota Kyoto. Meskipun di sekitaran Kawaramachi Gion, namun teman-teman tidak bisa berjalan kaki dari Sungai Kamogawa, Gion Kyoto atau Gion Shirakawa, karena jaraknya cukup jauh. Rokkakudo sendiri berarti segi enam dalam bahasa Jepang, menunjuk pada bentuk pendopo utama kuil yang berbentuk segi enam sempurna. Berikut adalah informasi wisata ke Rokkakudo Temple di Kyoto.

Kegiatan Wisata di Rokkakudo Temple

1. Lihat Pohon Willow yang Terkenal

Pohon yanagi atau pohon willow (pohon dengan daun kecil-kecil menjuntai ke tanah) merupakan salah satu spot favorit kuil ini. Ini dikarenakan ada cerita sejarah Emperor Saga dalam mimpinya disuruh dewa untuk pergi ke Rokkakudo Temple. Dan ketika orang suruhan disuruh pergi dan melihat, ada perempuan cantik di bawah pohon willow. Perempuan itulah yang akhirnya menjadi pasangan Emperor Saga sampai akhir hidupnya. Kini orang-orang mengikatkan kertas mikuji (kertas kecil berisikan doa/ permohonan) dan mengikatkannya pada tangkai pohon willow. Konon katanya kedua orang yang mengikatkannya akan dipersatukan selamanya.

Pohon willow di Rokkakudo Temple Kyoto Kyoto

Pohon willow di Rokkakudo Temple Kyoto

2. Temukan batu Heso Ishi

Batu ini berbentuk segi enam, sama seperti bentuk pendopo utama Rokkakudo Temple. Batu ini dipercaya sebagai titik utama dan titik tengah kota Kyoto.

3. Melihat Pemandangan Bunga Sakura

Bunga sakura di Rokkakudo Temple relatif mekar lebih cepat, yakni di akhir bulan Maret. Kenapa begitu? Sebab di sini kita bisa menemukan satu jenis bunga sakura yang langka, yakni Miyuki Zakura. Bunga sakura ini mirip seperti bunga Shidare Zakura yang kelopaknya menjuntai ke arah bawah, namun saat full bloom, kelopaknya berubah menjadi warna merah. Oh iya tepat di bawah pohon Miyuki Sakura, kamu dapat menemukan patung-patung arhat mungil yang lucu ekspresinya loh. Ditambah dengan keindahan bunga sakura yang langka, ini menjadikan Rokkakudo Temple spot wisata favorit di Kyoto kalau datang di pertengahan hingga akhir bulan Maret.

Patung di bawah pohon bunga sakura di Rokkakudo Temple

Patung di bawah pohon bunga sakura di Rokkakudo Temple

Patung budha mungil di bawah pohon sakura

Patung budha mungil di bawah pohon sakura

Akses Menuju Ke Rokkakudo Temple

Dari Gion Kyoto atau Gion Shirakawa bisa jalan menuju ke Kyoto Kawaramachi Station. Kemudian naik kereta Hankyu Kyoto Line sampai di stasiun Karasuma. Ongkosnya adalah 160 yen, dengan waktu perjalanan 2 menit. Dari Karasuma Station, kemudian bisa berjalan kaki 5 menit menuju ke pintu masuk kuil. Kalau berangkat dari Umeda/ Osaka Station, bisa naik Hankyu Kyoto Line Special Express sampai di Karasuma Station, dengan ongkos 400 yen dan waktu perjalanan 42 menit. Seluruh ongkosnya tercover dengan Hankyu Tourist Pass.

Kalau berangkat dari Kyoto Station, bisa naik Kyoto City Subway Karasuma Line dan turun di Karasuma Oike Station. Ongkosnya adalah 220 yen dengan waktu perjalanan 6 menit. Dari Karasuma Oike Station bisa berjalan kaki 3 menit menuju ke pintu masuk kuil.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kyoto Century Hotel
2 km away
from ¥10487/night
Hyatt Regency Kyoto
2 km away
from ¥31812/night
Hotel Keihan Kyoto
3 km away
from ¥7000/night
APA Hotel Kyoto-eki
2 km away
from ¥7534/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Shigureden Arashiy
8 km away
Pendopo utama Museum Shigureden Arashiyama
Kuil Hirano
4 km away
Suasana bunga sakura di Kuil Hirano
Kitano Tenmangu
3 km away
kitano tenmangu
Kuil Chionin
2 km away
Suasana Kuil Chionin di musim gugur

Sumber gambar: Flickr Ming L, Richard, enjoy my life!,


Recommended for you


Last modified: April 22, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!