Kuil Kodaiji

Home / Temple / Kuil Kodaiji
Item image

Kuil Kodaiji adalah salah satu kuil dengan pemandangan terindah di kota Kyoto. Terletak kurang lebih 10 menit sebelah selatan Kuil Yasaka di pusat distrik Gion, Kuil Kodaiji menjadi favorit wisatawan karena keindahan halaman kuil yang berbeda-beda tiap musim. Khusus di musim gugur, dengan tata cahaya khusus, kita bisa menikmati panorama daun momiji yang berubah warna di malam hari. Tidak hanya pemandangan saat musim gugur saja, bangunan kuil, pagoda, dan taman batu juga sayang bila dilewatkan dalam liburan di kota Kyoto. Seperti apa sih kuil ini dan kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di sini? Berikut liputan lengkap khas Tim Info Jepang mengenai Kuil Kodaiji di Kyoto.

1. Berkeliling area taman

Keindahan taman Kuil Kodaiji memang sudah mendunia. Kuil ini dibangun sekitar tahun 1500-an dengan sebuah harapan untuk perdamaian dunia. Karena itulah kita bisa menyaksikan desain taman komplek kuil yang dibangun dengan asri dan memperhitungkan nilai estetika.

Pagoda di Kuil Kodaiji Kyoto

Pagoda di Kuil Kodaiji Kyoto

Pemandangan musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Pemandangan musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Kita bisa berjalan mengelilingi kompleks taman kuil sambil mengambil foto pemandangannya. Di musim semi, bunga sakura siap menyambut dengan warna merah jambu. Di musim gugur, daun-daun memerah sangat kontras dengan langit biru dan bangunan kuil yang agak gelap.

Di musim gugur, ada hari-hari khusus dimana diadakan iluminasi musim gugur saat daun-daun momiji diterangi oleh lampu-lampu, memberikan pengalaman musim gugur yang lebih indah. Biasanya iluminasi musim gugur diadakan akhir Oktober hingga awal Desember setelah matahari terbenam sampai jam 21.30. Silakan hubungi Tim Info Jepang untuk informasi lengkap jadwal iluminasi di Kuil Kodaiji, karena hari dan jadwal iluminasi berubah setiap tahunnya.

Iluminasi musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Iluminasi musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Suasana iluminasi musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

Suasana iluminasi musim gugur di Kuil Kodaiji Kyoto

2. Melihat bangunan di kompleks Kuil Kodaiji

Beberapa bangunan dalam kompleks kuil seperti seperti Kaisandou (paviliun utama), Otamaya (pendopon untuk membersihkan diri), Kasatei (pendopo untuk menikmati pemandangan sambil minum teh), dan Kangetsudai (pendopo melihat bulan) adalah bangunan warisan budaya Jepang yang tetap terjaga semenjak dibangun 500 tahun yang lalu.

Ada juga bangunan utama bernama Hojyo yang dicat bewarna emas. Di bagian depan Hojyo kita bisa melihat taman batu seperti yang juga terdapat di kuil Ginkakuji.

Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto

Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto

3. Cara pintar pergi ke Kuil Kodaiji

Kuil ini terletak di selatan distrik Gion, di jalan antara Kuil Kiyomizudera dan Kuil Chionin, Kuil Yasaka di distrik Gion yang ramai. Sesuai pengalaman Tim Info Jepang memberikan tour guide online, jalur Kiyomizudera – Kuil Kodaiji – Gion adalah yang paling tepat saat berlibur di Kyoto. Kita bisa pergi ke Kuil Kiyomizudera semejak pagi hari (buka mulai jam 06.00), berjalan kaki melewati Sannenzaka Ninenzaka (di sini ada toko-toko yang menjual oleh-oleh dan kerajinan tangan khas Kyoto), lalu mampir di Kuil Kodaiji sebelum melanjutkan perjalanan ke Kuil Yasaka, Kuil Chionin, Taman Maruyama, dan akhirnya makan siang di distrik Gion atau sekitar Pasar Nishiki.

Akses dan Informasi mengenai Kuil Kodaiji

Kita bisa pergi ke kuil ini dengan naik bus nomor 100 atau 206 dari Stasiun Kyoto dan turun di halte bus Higashiyama Yasui. Dari sana berjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke kompleks Kodaiji.

Jika memerlukan panduan mengenai cara naik bus kota Kyoto, Tim Info Jepang juga sudah merangkum detail informasi trayek bus wisata kota Kyoto atau cara hemat berkeliling Kyoto dengan Bus Pass Kyoto.

Biaya masuk ke kompleks kuil adalah 600 yen untuk orang dewasa dan 250 yen untuk pelajar SMP ke bawah. Meskipun agak mahal dibandingkan dengan biaya masuk kuil-kuil di Kyoto yang lainnya, Tim Info Jepang rasa itu setara dengan keindahan dan panorama dalam kuil ini.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sakura Terrace The Galler
3 km away
from ¥10589/night
Hotel Keihan Kyoto
3 km away
from ¥7000/night
Kyoto Guesthouse
3 km away
from ¥8000/night
Hotel Kanra Kyoto
2 km away
from ¥27185/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Toei Kyoto Studio Park
7 km away
Suasana Toei Kyoto Studio Park
Makan Malam di Pontocho K
1 km away
Suasana tempat makan Pontocho Kyoto
Museum Nasional
1 km away
Museum National Kyoto
Kuil Tenryuuji
10 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto

Sumber gambar : Flickr Tony & Wayne, Mayhem, Annie Guilloret, Annie Guilloret, hslo, Mayhem


Recommended for you


Last modified: September 23, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!