Amanohashidate

Home / Beach / Amanohashidate
Item image

Amanohashidate terletak di utara kota Kyoto, di teluk Miyazu tepat di pesisir barat Jepang. Amanohashidate menjadi 3 panorama Jepang terbaik bersama dengan Miyajima di Prefektur Hiroshima dan Matsushima di Prefektur Miyagi. Jaraknya sekitar 125 kilometer dari Kyoto (seperti Jakarta-Bandung) dan dapat ditempuh dengan dua jam perjalanan menggunakan kereta dari Kyoto atau Osaka. Objek wisata yang paling terkenal dan menjadi daya tarik utama di sini adalah Amanohashidate sandbar atau gosong pasir. Gosong pasir sendiri adalah daratan yang berada di tengah-tengah laut yang muncul akibat proses alam selama ratusan tahun. Gosong pasir ini sudah lama dikenal sebagai objek wisata alam yang “unik” dan tidak ada duanya di Jepang. Amanohashidate sendiri dalam bahasa daerah setempat berarti jembatan menuju ke langit. Istilah ini muncul karena saat teman-teman berada di tepi daratan utama dan melihat ke arah lautan, daratan Amanohashidate ini akan seperti berujung di langit. Dengan pepohonan pinus, pasir putih pantai, dan ombak lautan luas di depan mata, pengalaman menyusuri tempat ini tak akan terlupakan.

Kegiatan seru di Amanohashidate

1. Berjalan melintasi gosong Amanohashidate

Kita bisa berjalan di daratan gosong pasir Amanohashidate. Gosong ini letaknya dekat dengan stasiun, sekitar 10 menit perjalanan. Jembatan alami ini memiliki kontur yang rata dan keras dan telah dibuat jalan utama sepanjang 3,6 kilometer. Jika berjalan kaki dari ujung ke ujung kira-kira membutuhkan waktu 50 menit. Atau jika ingin bersepeda, tersedia penyewaan sepeda di dekat stasiun. Di kiri dan kanan jalan tumbuh ribuan pohon pinus. Jika berjalan terus ke pinggir laut (khususnya ke sisi barat yang menghadap Teluk Miyazu), teman-teman bisa menemukan pantai berpasir dan bermain di sini. Jika ingin berenang, ombak Teluk Miyazu dikenal tenang dan amat pas bagi perenang pemula.

gosong amanohashidate

Panorama gosong pasir

2. Melihat pemandangan Amanohashidate dari ketinggian

Keindahan pemandangan di sini baru dapat kita benar-benar rasakan saat dari ketinggian. Nah, teman-teman bisa mencoba ke Amanohashidate View Land yang letaknya di atas Gunung Monju di sisi selatan stasiun kereta. Untuk mencapainya, kita bisa berjalan kaki selama lima belas menit atau kalau ingin praktis, naik kursi gantung atau kereta monorail dengan biaya 450 yen (sekali perjalanan) dan 850 yen (rute bolak-balik). Di atas bukit, kita bisa menikmati pemandangan lautan dan gosong pasir. Jangan lupa untuk berfoto di sini. Informasi lebih lengkap mengenai View Land bisa dibaca di website berikut.

Amanohashidate view land

Amanohashidate dari kereta gantung

3. Mengunjungi Kuil Motoise Kono dan Kuil Chionji

Kuil Motoise Kono adalah Kuil Shinto berlokasi di ujung utara gosong Amanohashidate. Kuil ini dibangun untuk menghormati Dewa Pertanian, Toyouke Omikami. Teman-teman bisa mengunjungi taman Jepang di sekitar kuil yang terkenal dengan pepohonan dan lingkungan yang masih alami. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi Kuil Buddha Chionji di seberang stasiun Amanohashidate di jalur kereta Kyoto Tango Line (ujung selatan gosong). Kuil ini didedikasikan untuk Bodhisattva Monju. Kuil ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga 17.00 dan biaya masuknya gratis. Jadi tidak ada salahnya kita mampir di sini. Informasi lebih lanjut mengenai Kuil Chionji bisa dilihat di website offisial berikut.

4. Menyaksikan Pemandangan dari Taman Kasamatsu

Kita juga bisa melihat keindahan Amanohashidate dari Taman Kasamatsu yang berada di sebelah barat. Taman Kasamatsu memang sudah terkenal sebagai spot Amanohashidate yang paling terkenal sejak dahulu. Kita bisa naik Cable Car dan melihat keindahan panorama Amanohashidate dari sudut pandang yang berbeda dengan dari Amanohashidate View Land. Di musim semi, pohon-pohon sakura yang berbunga di sepanjang pinggir Cable Car juga menambah unik keindahan alam ini. Taman ini buka setiap hari, dan untuk informasi lebih lanjut bisa mengeceknya di halaman website berikut. Ongkosnya adalah 330 yen untuk satu arah, dan 660 yen untuk perjalanan pulang pergi.

5. Melihat Amanohashidate terbalik

Ada satu kegiatan unik yang selalu dilakukan oleh para wisatawan yang datang, yakni matanozoki atau melihat gosong pasir Amanohashidate terbalik dari selangkangan kaki. Di beberapa tempat seperti Taman Kasamatsu dan View Land, kita bisa melihat semacam tempat duduk, dimana orang-orang bisa naik dan melihat Amanohashidate terbalik. Dengan melihat secara terbalik, Amanohashidate terlihat seperti jalan ke atas, menuju ke langit. Suatu pemandangan unik yang tidak bisa ditemukan di tempat yang lainnya.

6. Sempurnakan Liburan dengan Menginap di Genmyoan Ryokan

Kalau teman-teman pernah mendengar infinity pool, maka Genmyoan Ryokan di Amanohashidate adalah infinite onsen. Nama Genmyoan sendiri berarti ryokan dengan alam khayangan membuktikan ryokan ini memang bukan ryokan seperti biasanya. Kalau orang-orang lain susah payah mendaki gunung atau naik gondola untuk melihat keindahan Amanohashidate, kamu bisa menikmati pemandangan Amanohashidate dari private onsen yang tersedia di setiap kamar. Gimana? Iri? Cek langsung Genmyoan Ryokan, daripada nyesel.

Genmyoan Ryokan di Amanohashidate

Infinity Onsen Genmyoan Ryokan

Cara ke Amanohashidate

1. Dari Kyoto

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta Limited Ekspress Hashidate (perjalanan langsung tanpa transit, 128 menit, dengan ongkos tiket 3.880 yen) sampai Stasiun Amanohashidate. Jam keberangkatan dari Stasiun Kyoto adalah 09.25, 10.25, 12.25, dan 15.25. Cara ini adalah cara termudah (karena tidak perlu transit) dan termurah. Selain itu, bisa juga dengan naik kereta Limited Ekspress Kinosaki sampai Stasiun Fukuchiyama, kemudian berpindah ke kereta Limited Ekspress Konotori. Lama perjalanannya 130 menit, dengan ongkos tiket 3.880 yen). Ongkos kereta gratis jika menggunakan JR Kansai Wide Pass seharga 8500 yen. Informasi lengkap mengenai JR Kansai Wide Pass bisa dibaca di artikel berikut.

Jika teman-timan tidak memiliki JR Kansai Wide Pass namun ingin ke Amanohashidate dari Kyoto, bisa mempertimbangkan untuk membeli Travel Pass for Amanohashidate. Harganya hanya 3.090 yen, namun sudah mengcover ongkos:

  1. Kereta Tango Railways Kyoto (meliputi kereta lokal, kereta rapid, dan kereta limited express non-reserved)
  2. Bus Tango Kairiku (rute dari Stasiun Miyazu – Stasiun Amanohashidate – dan Stasiun Cable Car Kasamatsu)
  3. Naik kapal sightseeing (rute Dermaga Miyazu – Dermaga Amanohashidate – Dermaga Ichinomiya)
  4. Naik Cable Car (rute Stasiun Fuchu sampai Stasiun Kasamatsu)
  5. Naik Mountain Bus, dengan rute Terminal Bus Kasamatsu – Kuil Nariaiji

Beli Online Travel
Pass Amanohashidate

2. Dari Osaka

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik  kereta Limited Ekspress Konotori sampai Stasiun Fukuchiyama (lama perjalanannya 90 menit, dengan ongkos tiket 3.340 yen). Dari Stasiun Fukuchiyama, kita kemudian berpindah ke kereta Limited Ekspress Konotori atau Hashidate sampai Stasiun Amanohashidate dengan durasi perjalanan 38 menit, dengan tiket 1.420 yen. Total waktu tempuh dari Osaka 140 menit dengan ongkos 4.760 yen.

Selain itu, ada paket day-trip satu hari dari Osaka ke Amanohashidate dengan naik bus. Paket day-trip ini sudah termasuk ongkos PP Namba atau Kyoto, naik sighseeing boat ke Ine no Funaya, naik cable car Amanohashidate dan juga makan siang. Paketnya mulai dari harga 9.990 yen, dan bisa dipesan secara online.

3. Dari Tokyo

Perjalanan dari Tokyo dibagi menjadi Tokyo-Kyoto dengan kereta atau pesawat terbang. Kemudian perjalanan dari Kyoto sama dengan petunjuk di atas.

Dengan kereta Dari Tokyo

Dari Tokyo, teman-teman bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo atau Shinagawa sampai di Stasiun Kyoto. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (138 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 14.110 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (158 menit, dengan harga tiket 13.080 yen untuk kursi biasa dan 13.800 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (220 menit) dengan harga tiket yang lebih murah dengan JR Pass.

Dengan pesawat Dari Tokyo

Teman-teman bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Kansai. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Kyoto dengan kisaran harga tiket 20.000-23.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 9.000-16.000 yen khusus wisatawan asing. Perjalanan dari Bandara Kansai ke Kyoto dengan menggunakan kereta limited ekspress JR Haruka memakan waktu sekitar 70 menit. Biayanya 2.850 yen untuk kursi biasa dan 3.500 yen untuk kursi pesanan. Sementara itu, jika teman-teman memiliki kartu Icoca (khusus wisatawan asing), teman-teman bisa membeli tiket seharga 1.600 yen.

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Green Rich Hotel Kyoto
83 km away
from ¥7900/night
Sakura Terrace The Galler
83 km away
from ¥10589/night
New Miyako Hotel
83 km away
from ¥17000/night
Kyoto Guesthouse
81 km away
from ¥8000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Kodaiji
83 km away
Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto
Kuil Kinkakuji
77 km away
Pergi ke Kuil Kinkakuji saat Liburan di Kyoto
Kuil Tenryuuji
76 km away
Kuil Tenryuuji di Arashiyama Kyoto
Museum Kereta Kyoto
82 km away
Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto

Sumber Gambar: Flickr Kimon BerlinTetsuji Sakakibara, Booking


Recommended for you


Tidak ada tiket masuk/ gratis
Last modified: March 23, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (10)

  1. Meriska Gita Jayanti  |  

    Pagi Pak,
    Kalo mau kesini apa biaya kereta nya sudah tercover JR KANSAI WIDE PASS?

    JR KANSAI MANA SAJA yang sudah mengcover biaya kereta kesini?

    Untuk naik cable car nya biayanya berapa ya pak?
    mohon infonya, terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Seluruh ongkos perjalanan sampai ke Amanohashidate tercover oleh JR Kansai Wide Pass. Untuk cable carnya biayanya 330 yen untuk satu arah, 660 yen untuk ongkos pulang pergi. Salam

    • Meriska  |  

      Pak malam,

      Kalo dari Osaka mau ke Amanihashidate rutenya gimana? naik apa ya? yang sudah di cover Kansai Wide? makasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik  kereta Limited Ekspress Konotori sampai Stasiun Fukuchiyama, kemudian berpindah ke kereta Limited Ekspress Konotori atau Hashidate sampai Stasiun Amanohashidate. Ongkosnya tercover dengan Kansai Wide Pass. Salam.

  2. Kalau dari Kyoto dan ingin ke amanohashidate kira2 1 hari cukup gak ya? Saya sedang di kyoto, membaca ttg amanohashidate jadinya pengen ke sana

    • Info Jepang  |  

      Tentu bisa! Kereta ekspress Hashitate pertama berangkat jam 09.25 dari Kyoto, sedangkan kereta terakhir dari Amanohashidate ke Kyoto jam 18.47.
      Ada 9 jam untuk berkeliling sepuasnya di Amanohashidate.

      Untuk detail kereta, dua jenis kereta yang bisa kita pakai EKSPRESS dan LOKAL

      Lokal harganya lebih murah dibanding ekspress (2260 yen) namun waktu perjalanan paling cepat 3 jam setengah
      Dari Kyoto Station bisa naik kereta ke arah Fukuchiyama (barat laut kota Kyoto)
      lalu dari Fukuchiyama Station bisa naik kereta Kyoto Tango sampai ke Miyazu, terakhir pindah ke Amanohashidate.

      Untuk ekspress bisa naik Hashitate Ekspress dari Stasiun Kyoto (tidak perlu ganti2 kereta)
      Lama perjalanan 2 jam dengan ongkos 3880 yen (biaya kereta lokal 2260+biaya kereta ekspress)
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!