Kinosaki Onsen

Home / Attraction / Kinosaki Onsen
Item image

Kinosaki Onsen terletak di pantai utara Laut Jepang tepatnya di Prefektur Hyogo. Dalam beberapa review wisata Jepang, Kinosaki Onsen selalu masuk ke dalam tiga besar resort onsen terbaik di Jepang, bersama dengan Kusatsu Onsen dan Nakashima Onsen. Nama Kinosaki Onsen sendiri merujuk pada sebuah wilayah kota Kinosaki dengan daya tarik utama yakni pemandian air panas. Sejarah panjang Kinosaki dimulai dari sekitar abad ke-8 di mana keluarga bangsawan Himeji dan Kyoto sering datang ke sini untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan Laut Jepang. Onsen di tempat ini juga dikenal dengan khasiatnya yang bisa menyembuhkan penyakit. Hari ini, buat teman-teman yang sedang berada di Kansai, mari datang ke Kinosaki.

Dikenal sebagai resort onsen, kita bisa menemukan belasan ryokan dengan private onsen. Ditambah dengan onsen umum (sotoyu) dan juga kolam air panas untuk kaki (ashiyu) di seluruh area kota Kinosaki. Yang paling seru, kita bisa berkeliling kota di sepanjang hari (bahkan pada malam hari) dengan menggunakan yukata dan sandal geta dan menikmati beragam pemandian air panas, melihat toko oleh-oleh dan restoran, dan tentunya atraksi malam yang menarik. Khususnya pada musim semi, kita bisa melihat pohon-pohon bunga sakura yang diterangi lampu saat malam hari, atau lebih sering disebut yozakura.

Pemandangan bunga sakura di Kinosaki Onsen

Pemandangan bunga sakura di Kinosaki Onsen

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Pemandangan daerah wisata Kinosaki Onsen

Daftar Onsen Publik dengan Harga Terjangkau di Kinosaki Onsen

Tim Info Jepang sudah melakukan survey kecil-kecilan ke onsen-onsen di Kinosaki. Teman-teman bisa memilih mau mengunjungi yang mana. Sebagai catatan, seluruh onsen publik ini bisa dicapai satu sama lain dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Lalu teman-teman bakalan sering melihat nama onsen berakhiran yu. Yu sendiri dalam bahasa Jepang berarti pemandian air panas.

1. Satono-yu

Satono-yu adalah onsen umum terbesar yang ada di Kinosaki. Aksesnya sangat mudah karena berada persis di sebelah Stasiun Kinosaki. Ada dua jenis kolam pemandiand di sini, yang bergaya tradisional dan modern Romanesque. Satono-yu buka dari jam 13.00-21.00 dan tutup setiap hari Senin. Untuk biayanya cukup terjangkau yakni 800 yen.

2. Kono-yu

Kono-yu adalah onsen tertua yang ada di Kinosaki, dengan pemandangan langsung ke arah hutan di sekitar Kinosaki. Kono-yu sendiri punya cerita sejarah panjang, di mana berendam di sini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kono-yu buka dari jam 07.00-23.00 dan tutup setiap hari Selasa. Untuk tarifnya yakni 600 yen.

3. Ichino-yu

Ichino-yu terkenal dengan desain kolam pemandiannya yang cukup unik. Untuk kolam indoor-nya dilapisi dengan marmer granit sementara kolam outdoor-nya ada di dalam gua. Wah keren deh! Letaknya pun ada di pusat kota. Ichino-yu buka dari jam 07.00-23.00 dan tutup setiap hari Rabu. Untuk biayanya cukup dengan 600 yen. Kalau ingin menikmati private onsen, tersedia juga di Ichino-yu dengan biaya 3.000 yen per 40 menit untuk private onsennya.

4. Goshono-yu

Goshono-yu adalah onsen bertingkat dengan pemandangan langsung ke air terjunnya. Selain itu, ada juga pancuran air panas yang menimbulkan efek “uap” dengan aroma yang khas. Goshono-yu buka dari jam 07.00-23.00 dan tutup setiap hari Kamis (minggu pertama dan ketiga). Untuk tarifnya yakni 800 yen.

5. Jizo-yu

Jizo-yu terletak di jalan utama menuju Stasiun Kinosaki, dengan gaya kubisme modern. Jizo-yu buka dari jam 07.00-23.00 dan tutup setiap hari Jumat. Untuk tarifnya yakni 600 yen. Kalau ingin menikmati private onsen, tersedia juga dengan biaya 3.000 yen per 40 menit untuk private onsennya.

6. Mandara-yu

Mandara-yu cocok buat teman-teman yang ingin suasana yang lebih tenang. Lokasinya yang agak jauh dari pusat kota membuat pengunjungnya tidak sebanyak onsen-onsen lainnya. Namun, ada banyak fasilitas di Mandara-yu termasuk pemandangan ke arah hutan dan kereta gantung Kinosaki. Jizo-yu buka dari jam 15.00-23.00 dan tutup setiap hari Rabu. Untuk tarifnya yakni 600 yen.

7. Yanagi-yu

Yanagi-yu adalah onsen umum paling kecil yang ada di Kinosaki. Desain kolam pemandian dengan berpadu dengan interior kayu membuatnya terasa “lebih hangat” seperti berada di dalam cottage. Yanagi-yu buka dari jam 15.00-23.00 dan tutup setiap hari Kamis. Untuk tarifnya yakni 600 yen.

Suasana tenang malam hari di Kinosaki Onsen

Suasana tenang malam hari di Kinosaki Onsen

Informasi tambahan tentang Kinosaki Onsen

  1. Kalau teman-teman menginap di salah satu ryokan di Kinosaki, semua onsen ini bisa dinikmati secara gratis. Rata-rata wisatawan akan melakukan tur berkeliling onsen dan menikmati onsen-onsen di Kinosaki sambil memakai pakaian tradisional yukata dan sandal geta.
  2. Saat mengunjungi onsen-onsen ini, teman-teman sebaiknya membawa handuk sendiri yang diperoleh dari ryokan tempat menginap.
  3. Sabun atau sampo tersedia di setiap onsen secara gratis.
  4. Buat teman-teman sedang ada di Kinosaki, tersedia layanan ATM Internasional di Kantor Pos Kinosaki. Semua kartu ATM (termasuk dari Indonesia) bisa digunakan untuk memperoleh uang tunai yen. Layanan ini tersedia dari jam 08.45-18.00 (hari kerja), 09.00-17.00 (sabtu), dan 09.00-15.00 (minggu dan hari libur).

Ryokan di Kinosaki Onsen

Berikut ini beberapa rekomendasi ryokan dan hotel yang ada di sekitaran Kinosaki Onsen pilihan Tim Info Jepang.

Ryokan

  1. Nishimuraya Honkan
  2. Koyado Enn
  3. Morizuya Ryokan
  4. Kinosaki Yamamotoya

Hotel

  1. Kinosaki Onsen Nishimuraya Hotel Shogetsutei
  2. Mikiya
  3. Kawaguchiya Kinosaki Riverside Hotel
  4. Ginka Hotel

Atau lihat daftar selengkapnya via booking.com.

Saat menginap di ryokan, kita bisa sekaligus menyelami kehidupan masyarakat Jepang pada umumnya. Selain merasakan sendiri interior dan kehangatan rumah tradisional Jepang, kita bisa juga menikmati set makanan lengkap Jepang yang sungguh menggugah selera.

Menu makan malam di ryokan Kinosaki Onsen

Menu makan malam di salah satu ryokan Kinosaki Onsen

Akses ke Kinosaki Onsen

Dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta limited ekspress Kinosaki atau Hashidate selama kurang lebih 2,5 jam sampai Stasiun Kinosaki Onsen, dengan ongkos 4.320 yen. Keretanya berangkat jam 07.32, 11.25, dan 13.25.

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta Kani-Kani Hamakaze, Konotori, Hamakaze sampai Stasiun Kinosaki Onsen. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 5.600 yen.

Dari Stasiun Kobe, kita bisa naik kereta Kani-Kani Hamakaze, Konotori, Hamakaze sampai Stasiun Kinosaki Onsen. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 5.270 yen.

Semua ongkos transportasinya tercover dengan JR Pass atau Kansai Wide Pass. Sebagai catatan, perjalanan pulang pergi Kyoto/ Osaka ke Kinosaki Onsen sudah akan membuat Kansai Wide Pass balik modal

Cek Juga Objek Wisata di Hyogo Berikut!

Jembatan Akashi Kaikyo
112 km away
Jembatan Akashi Kaikyo Bridge
Kuil Nofokuji
111 km away
Kuil Nofokuji di Kobe
Luminous Kobe
110 km away
Perjalanan malam hari Kobe Luminous
Kobe Harbor Land
110 km away
umie mosaic kobe harbor land

Sumber gambar: Flickr bizmac, bizmac, s o, booking, ZEKKEI Japan


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (15)

  1. Ijin bertanya pak Nugroho, bisakah ke Kinosakionsen dari Kyoto PP dalam sehari, berangkat pagi pulang sore, dgn JR limited ekspress Kinosaki? Karena mencari penginapan ryokan di sana agak susah, rata2 sdh full booking. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya bisa kok bu, berangkat pagi dan kembali sore menjelang malam hari masih keburu, dengan kereta waktunya 2,5 jam. Salam.

  2. Salam Pak Nugroho,

    Itinerary saya adalah sbb:
    Day 1: arrival in Osaka (morning), lalu seharian untuk explore Dotonbori & Shinsaibashi
    Day 2: day trip to Kyoto
    Day 3: day trip to Kobe
    Day 4: day trip to Kinosakionsen
    Day 5: jalan2x di Osaka
    Day 6: menuju Tokyo (dengan Shinkansen)
    Day 7: Sanrio Puroland
    Day 8: jalan2x di Tokyo (Shibuya, Shinjuku, Harajuku, Asakusa, Odaiba, dll)
    Day 9: Disneyland / Disney Sea
    Day 10: Disneyland / Disney Sea
    Day 11: Disneyland / Disney Sea
    Day 12: jalan2x di Tokyo (Shibuya, Shinjuku, Harajuku, Asakusa, Odaiba, dll)
    Day 13: Fujiko F Fujio museum
    Day 14: jalan2x di Tokyo (Shibuya, Shinjuku, Harajuku, Asakusa, Odaiba, dll)
    Day 15: Yokohama
    Day 16: Singapore via Haneda (night) (ke Haneda dengan airport shuttle bus)

    di Osaka, station terdekat dengan hotel adalah Nippombashi, yang mana bukan JR station (dan berhubung membawa 2 anak, agak report untuk lewat JR Namba station, di mana harus jalan jauh).
    sedangkan di Tokyo, station terdekat dengan hotel adalah JR Omori station.

    Pertanyaan nya adalah: dengan itinerary di atas, kira2x pass apa saja yang harus saya beli agar bisa cost efficient? (dan misalkan dengan JR Pass, saya harus beli yang berapa hari, dan kapan sebaik nya saya aktifkan?)

    Terima kasih banyak atas bantuan nya.

    • selamat malam Pak Nugroho,

      dari itinerary di atas, kalau skenario nya saya tidak jadi ke Kinosakionsen (karena saya search, agak susah kalau hanya daytrip).
      jadi kira2x pass apa yang paling cost-efficient untuk dibeli?

      terimakasih atas bantuan nya.

    • terima kasih untuk jawaban nya Pak.
      berarti untuk Osaka-Tokyo menggunakan Shinkansen itu cukup dengan beli one way ticket saja?
      apakah bisa beli melalui website untuk one-way ticket Shinkansen Osaka-Tokyo?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya beli tiket ketengan saja bu, nanti langsung di loket tiketnya secara langsung. Lebih praktis. Salam.

  3. pak, itinerary saya sbb:
    arriving at KIX, stay di Osaka selama 5 malam (selama di Osaka ada rencana untuk ke Kyoto & Kinosakionsen).
    Setelah itu naik shinkansen menuju Tokyo, dan stay di Tokyo selama 10 malam.
    pertanyaan nya, kira2x pass apa yang paling cost-efficient untuk dibeli?
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Pulangnya apa akan dari Bandara mana ya Doreen? Dan selama di Osaka/ Kansai akan mengunjungi mana saja? Salam.

    • pulang nya melalui Haneda, Pak.
      di Osaka akan ke USJ, lalu day trip ke Kinosaki, Kyoto, dan sightseeing di Osaka nya.
      karena kebetulan pergi dengan keluarga dengan anak kecil, jadi menghindari schedule yang terlalu padat.

  4. Tolong kasih saran mas Nugroho,
    kami naik pesawat pp cgk – kix dr tgl 20-28 sept 2017 tp sy lg bingung prihal pass yg mo dipake.
    karena slama 8 ari perjalanan kami di jepang kami cuman didaerah kansai aja en itinerary nya kurang lebih seperti ini.

    ~ 20 sept’17 : cgk – klia 2 (pre-departure)

    ~ 21 sept’17 : landing jam 9.30 pagi di kansai airport (masih bingung antara langsung ke kyoto ato ke rinku premium outlet lanjut ke kyoto) nginep di kyoto dkt stasiun fushimi inari 4 mlm.
    (perlu pake Kyoto Osaka 2 day Pass??).

    ~ 22 sept’17 : kinkakuji, ginkakuji, kiyomizu-dera, sannenzaka, ninnenzaka, gion & potocho
    (apakah transport tercover dgn Kyoto Osaka 2 day Pass?? ato perlu pake kyoto bus pass??)

    ~ 23 sept’17 : fushimi inari taisha & arashiyama (pake icoca)

    ~ 24 sept’17 : kyoto > kinosaki-onsen (pake Kansai Wide Area Pass 5 day)

    ~ 25 sept’17 : kyoto > osaka (nginep di tsuruhashi 3 mlm) > kobe (pake Kansai Wide Area Pass 5 day)

    ~ 26 sept’17 : osaka > himeji (pake Kansai Wide Area Pass 5 day)

    ~ 27 sept’17 : kuromon market, shinsaibashi-suji, den-den town, namba & dotonbori (apakah tempatnya berdekatan??, apakah transport tercover sama Kansai Wide Area Pass?)

    ~ 28 sept’17 : kix > kul > cgk (perjalanan dr penginepan pake Kansai Wide Area Pass)

    sudah benarkah pass yg akan kami pakai selama di jepang? ato mas Nugroho ada saran untuk menggunakan pass yg tepat dengan itinerary sy?
    makasi.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Cara tercepat menuju ke Kinosaki Onsen adalah naik kereta Express Kinosaki.
      Dari Kyoto Station, naik kereta express Kinosaki sampai Toyooka Station, kemudian pindah ke kereta lokal dan turun di Kinosaki Onsen Station.
      Waktu perjalanannya sekitar 2 jam 45 menit, dengan ongkos 3.990 yen (semuanya tercover oleh JR PASS). Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!