Museum Kawasaki World Kobe

Home / Museum / Museum Kawasaki World Kobe
Item image

Kawasaki, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, merek dagang Jepang ini adalah salah satu pemain dalam pasar otomotif, khususnya sepeda motor di Indonesia. Meskipun namanya tidak setenar Yamaha, Honda, atau Suzuki, namun mesin-mesin buatan Kawasaki bisa kita lihat di berbagai mesin produksi pabrik maupun alat transportasi yang ada di Indonesia. Dan, Kawasaki punya sejarah panjang dalam industri alat berat di Jepang khususnya di kota Kobe, Prefektur Hyogo. Bukti nyatanya, kita bisa melihat bangunan megah Museum Kawasaki World atau juga dikenal sebagai Kawasaki Good Times World yang dibangun di pusat kota Kobe di tepi Teluk Osaka. Perayaan ulang tahun ke-100 operasional perusahaan dijadikan sebagai momentum yang baik mengenang seluruh karya, teknologi, dan produk Kawasaki Heavy Industry bagi masyarakat Jepang dan dunia. Simak yuk kunjungan saya ke Museum Kawasaki World Kobe.

Museum Kawasaki World Kobe ini berada di dalam kawasan Museum Maritim Kobe. Mengunjungi museum ini akan membawa kita mengenal sejarah awal perusahaan Kawasaki, produk dan teknologi terapannya yang sudah dikenal di dunia, dan juga harapan dan cita-cita produk perusahaan di masa depan. Semua presentasi mesin maupun replika produk bisa kita sentuh langsung dan tersedia penjelasan dalam bahasa Inggris yang akan memudahkan kita berkeliling di museum ini.

Di dalam museum kita bisa mengunjungi Land Zone (zona daratan), di mana ada replika kereta Shinkansen Seri 0 yang berbentuk seperti peluru. Itu juga alasan mengapa kereta cepat ini akhirnya dikenal sebagai kereta peluru sesuai dengan bentuknya. Nah, jika punya waktu lebih, bisa juga mencoba simulator kereta HO-gauge. Lalu di Air Zone (zona udara), kita bisa melihat replika helikopter Kawasaki Vetrol yang menggunakan mesin kawasaki dan digunakan untuk membawa bantuan saat gempa besar Kobe di tahun 1995. Terakhir, di area Water Zone (zona air/lautan), kita bisa melihat replika kapal laut dan juga jetski buatan Kawasaki.

Replika Shinkansen seri 0 di Museum Kawasaki World Kobe

Replika Shinkansen seri 0 di Museum Kawasaki World Kobe

Koleksi jetski di Museum Kawasaki World Kobe

Koleksi jetski di Museum Kawasaki World Kobe

Helikopter di Museum Kawasaki World Kobe

Helikopter di Museum Kawasaki World Kobe

Perjalanan saya berlanjut ke sayap kanan bangunan, di sini ada Kawasaki World Theater di mana kita bisa melihat beragam produk kawasaki yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari di enam buah layar televisi besar. Ternyata, teknologi dan produk Kawasaki tidak hanya sepeda motor loh, tetapi juga di teknologi robot, kereta api ringan (Light Rail Transport, LRT), dan juga transportasi air.

Koleksi motor di Museum Kawasaki World Kobe

Koleksi motor di Museum Kawasaki World Kobe

Informasi Tiket Masuk

Untuk masuk  kita dikenakan biaya tiket masuk 500 yen untuk orang dewasa dan 250 yen untuk anak-anak. Tiket masuk ini juga bisa digunakan untuk mengunjungi Museum Maritim Kobe. Tersedia kupon untuk potongan tiket masuk museum juga di tautan (link) berikut ini.

Akses Menuju Museum Kawasaki World Kobe

Dari Stasiun Sannomiya atau Stasiun Kobe, teman-teman bisa naik kereta JR Kobe Line atau JR Gakkentoshi Line dan turun di Stasiun Motomachi. Lama perjalanan sekitar 2 menit dengan ongkos tiket 120 yen. Setibanya di Stasiun Motomachi, kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah pelabuhan Kobe. Lokasinya di dalam bangunan berbentuk sangkar burung Museum Maritim Kobe.

Jika dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Motomachi, lama perjalanannya 30 menit, dengan harga tiket 410 yen.

Baca juga: Akses menuju Kobe dari Osaka, Kyoto, atau Tokyo

Cheap Hotels in Kobe [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Kobe-Sannomiya
1 km away
from ¥5400/night
Hotel Claire Higasa
48 km away
Hotel Claire Higasa
from ¥6443/night
Kobe Motomachi Tokyu REI
1 km away
from ¥7300/night
Hotel Himeji Plaza
48 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pantai Suma Kobe
7 km away
pantai suma kobe
Jembatan Akashi Kaikyo
16 km away
Jembatan Akashi Kaikyo Bridge
Gunung Maya Kobe
6 km away
Suasana stasiun bintang di Gunung Maya
Arima Onsen
14 km away
Panorama Arima Onsen

Sumber gambar: Flickr Scott Joyce, Scott Joyce, Scott Joyce, Scott Joyce


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!