Kobe Chinatown

Home / Attraction / Kobe Chinatown
Item image

Kobe Chinatown atau Kobe Nankin-machi adalah kawasan pecinan yang berlokasi di pusat kota Kobe. Kawasan pecinan ini adalah satu-satunya yang ada di wilayah Kansai, menjadi salah satu dari tiga kawasan pecinan yang ada di Jepang bersama dengan Yokohama Chinatown dan yang ada di Nagasaki. Kawasan pecinan ini berkembang dengan pesat khususnya setelah pelabuhan Kobe dibuka untuk perdagangan internasional di tahun 1868. Kita bisa menemukan berbagai restoran yang menjual menu makanan Chinese maupun berbelanja pakaian dan barang elektronik murah. Lokasinya berada di sebelah utara Stasiun Sannomiya, tidak jauh dari pusat kota Kobe di Sannomiya membuat kawasan Nankin-Machi selalu ramai oleh para pengunjung terutamanya yang berasal dari Osaka dan Kyoto yang ingin merasakan suasana pecinan.

Sejak pelabuhan Kobe dibuka tahun 1868 untuk perdagangan internasional, banyak pedagang dari Cina yang datang ke sini. Membentuk sebuah kegiatan ekonomi baru: mulai dari kompleks perumahan yang mayoritas warga Cina, lalu muncul restoran dan toko-toko, dan tentunya juga berdampak pada kebudayaan masyarakat seperti beragam festival Cina seperti perayaan tahun baru yang selalu meriah.

Kegiatan Seru di Kobe Chinatown

1. Berwisata Kuliner khas Cina

Mengunjungi Kobe Chinatown berarti kita harus siap mengunjungi tempat yang dipenuhi oleh banyak orang. Dengan ratusan toko dan restoran dan ribuan orang yang lalu lalang mungkin bukan tempat yang nyaman bagi yang tidak suka keramaian. Namun, di sini, kita bisa mencoba makanan favorit Cina seperti yaitu roti kukus (manju), dimsum, bebek peking, dan tentu saja mie ramen. Harganya makanan di sini juga jauh lebih murah daripada makan di area Kobe Harbor Land atau Sannomiya.

Kalau datang saat bulan Februari saat Chinese New Year, kita juga bisa melihat pertunjukkan barongsai di Kobe Chinatown. Untuk tahun 2018, acaranya dilangsungkan pada tanggal 11, 16-18 Februari 2018, di jalanan utama Kobe Chinatown. Ada acara parade kebudayaan kolosal Cina dan pertunjukkan barongsai dan kebudayaan Cina sepanjang hari.

Namun bagi teman-teman yang beragama muslim, mungkin lebih baik untuk sekadar berjalan-jalan dan mengunjungi toko oleh-oleh di area Nankin-machi. Jangan datang atau  memesan makanan di restoran yang ada di Kobe Chinatown. Karena berdasarkan pengalaman Tim Info Jepang, mayoritas restoran di sini menjual makanan yang tidak halal. Lebih baik untuk mencoba makan di Umie Mosaic di Kobe Harbor Land sambil menikmati keindahan Teluk Osaka.

Panorama Kobe Chinatown

Panorama Kobe Chinatown

2. Membeli oleh-oleh khas Pecinan

Seperti yang khas di kawasan pecinan, kita bisa membeli beragam oleh-oleh khas chinese dengan harga yang murah. Pertama, kita bisa membeli jeruk keberuntungan dari Cina, bentuknya kecil cuma manis banget! Nah, kalau kita memakannya dan rasanya manis, maka kita akan beroleh keberuntungan. Selain itu, ada berbagai teh cina, peralatan masak seperti pisau dan sendok goreng, hingga aneka tatakan dan dekorasi dapur yang unik. Pas banget dijadikan oleh-oleh bagi sanak saudara yang sudah berkeluarga (daripada kaos atau oleh-oleh berupa makanan).

Makanan pecinan di Kobe Chinatown

Makanan pecinan di Kobe Chinatown

3. Puas berkeliling? Langsung lanjut ke Kobe Port Tower atau Museum Maritim Kobe

Kobe Port Tower atau Museum Maritim Kobe lokasinya dekat sekali dengan area Chinatown. Kita hanya tinggal berjalan kaki lima menit ke arah selatan (atau ke arah pelabuhan). Kobe Port Tower adalah sebuah menara setinggi 108 meter, di mana kita bisa menikmati keindahan pemandangan kota Kobe dari ketinggian.Selain itu, di area lantai dasarnya kita bisa membeli oleh-oleh unik boneka Captain-kun yang adalah maskot Kobe Port Tower. Tepat di sebelahnya, ada Museum Maritim Kobe. Museum ini dibangun sebagai perayaan 120 tahun beroperasinya Pelabuhan Kobe. Selain bisa melihat sejarah pelabuhan dan kota Kobe, melihat aneka koleksi perahu dan kapal, bentuk atap bangunan museum juga unik dan sayang untuk dilewatkan.

keindahan kobe port tower malam hari

Keindahan Kobe Port Tower dan Museum Maritim Kobe di malam hari

Akses Menuju Kobe Chinatown

Dari Stasiun Sannomiya kita bisa berjalan ke arah barat menuju stasiun Motomachi. Area Kobe Chinatown bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki, tiga blok di selatan Stasiun Motomachi (Hyogo).

Kalau teman-teman dari Kobe Port Tower atau Museum Maritim Kobe, tinggal berjalan ke arah utara (ke arah stasiun Sannomiya) sejauh tiga blok untuk sampai ke kawasan Kobe Chinatown.

Jika teman-teman dari Stasiun Osaka, bisa naik kereta JR Kobe Line sampai Stasiun Motomachi, lama perjalanannya 30 menit, dengan harga tiket 410 yen. Dari Stasiun Motomachi tinggal berjalan kaki ke arah selatan (ke arah tepi laut) selama 5 menit.

Kobe Chinatown berada di pusat kota Kobe, sehingga ada banyak transportasi yang memudahkan kita mencapainya. Salah satunya adalah dengan naik bus keliling kota. One Day Bus Pass (seharga 660 yen) bisa mengcover ongkos bus keliling Kobe, termasuk akses transportasi bus gratis seharian menuju Kobe Herbs Garden, Kobe Port Tower, Sannomiya, dan Kobe Chinatown.

Cheap Hotels in Kobe Chinatown [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Maple Arima
14 km away
Maple Arima
from ¥11100/night
Himeji City Hotel
49 km away
Himeji City Hotel
from ¥4193/night
Hotel Himeji Plaza
48 km away
Hotel Himeji Plaza
from ¥4602/night
Hotel Morgenrot
13 km away
Hotel Morgenrot
from ¥8700/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Arima Onsen
13 km away
Panorama Arima Onsen
Sannomiya Kobe
1 km away
blog-image
Museum Maritim Kobe
1 km away
keindahan kobe port tower malam hari
Kastil Himeji
48 km away
Sakura di Kastil Himeji

Sumber gambar: Flickr iris, holycalamity, elminium, Alvin Leong


Recommended for you


Last modified: January 25, 2018 by

Close Comments

Comments (8)

  1. Lina Karni Lukman  |  

    Maap klo pertanyaan sy melenceng dr tulisan mas Nugroho. sy mo tny klo naek Limited Express itu bole makan ato nga?? soale jarak yg di tempuh tuh jau jd mo siapin persediaan makan buwat di kereta.

    Makasi

    • Nugroho Christian  |  

      Boleh bu. Ibu bisa beli di atas kereta (dijual oleh petugas namun harganya cukup mahal), atau bisa juga bawa/ beli di mini market sebelum naik kereta. Asal menjaga kebersihan, makan di dalam kereta tidak dilarang. Salam.

  2. Malam mas Nugroho,
    makasi byk dr bbrp bln ini udah ksi saran ke sy yg lg nyusun itin tp nga klar”.
    skrng mo minta saran dr mas Nugroho lg nh….

    sy lg nyari rute tsuruhashi ke shin-kobe di hyperdia, ternyata musti 2x ganti kreta…
    pertama Tsuruhashi (JR osaka loop line – track 1) > Osaka station (Limited exp – track 11) waktu pindah nya 6 menit
    kedua Osaka station (Limited exp – track 12) > Shin-Osaka station (Shinkansen – track 22) waktu pindah 10 menit.
    pertanyaan sy:
    1. apakah jalur JR en Limited exp itu sama ato beda? trus klo yg jalur shinkansen itu gmn?
    2. untuk pindah en jalan ke track yg slanjutnya dengan waktu yg mepet seperti itu cukup kah?
    soale sy ragu bs nyampe tepat waktu ato kga.

    makasi.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Jalurnya berbeda bu. Kereta local JR, limited ekspress sama jalurnya, hanya beda peron/ platform. Sementara jalur Shinkansen itu beda karena rel nya memang beda dnegan kereta biasa.
      2. Saran saya, pindah platform dan jalan di Stasiun harus kasih spare waktu 20 menit. Ibu mungkin saja akan repot bawa tas/koper, ditambah harus membaca mana peron yang benar, kalau salah, tidak seperti di Indonesia yang bisa turun ke rel, ibu harus naik eskalator dan turun di platform yang dituju. Salam.

  3. Malam, utk ke stasiun motomachi dari sannomiya JR kobe line masih beroperasikan ya?
    krn saya cek melalui google map kenapa adanya JR Tokaido-Sanyo line ya?
    pdhl JR tersebut blm tidak masuk dalam list JR kansai wide pass
    Saya hanya mau memastikan saja pak.
    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Masih ada. Google maps hanya memberikan rute perjalanan tercepat, yaitu dengan shinkansen JR Tokaido Line Sanyo Shinkansen. Kalau Tim Info Jepang sudah menuliskan informasinya, mungkin bisa dibaca lebih teliti. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Osaka ke Nara hanya 800 yen, sementara untuk Osaka-Kobe hanya 410 yen. Mayoritas tempat wisata yang kamu kunjungi juga bisa dicapai dengan berjalan kaki dari stasiun. Jadi, tidak perlu membeli pass apapun Ken, silahkan beli tiket ketengan atau mempergunakan ICOCA/ SUICA. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!